Kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Sistem Pengendalian Manajemen EKSI4416

9:34:00 am
Kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Sistem Pengendalian Manajemen EKSI4416
Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Sistem Pengendalian Manajemen EKSI4416 Universitas Terbuka yang berisi 40 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Sistem Pengendalian Manajemen EKSI4416, Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%.


Kunci Jawaban Soal Latihan No. 1
A. Jawaban salah. Siklus merujuk pada rangkaian kejadian yang berulang-ulang, secara tetap dan teratu.
B. Jawaban benar. Sebuah sistem dapat didefinisikan sebagai kumpulan dari dua atau lebih komponen yang saling bekerja sama dan berhubungan untuk mencapai tujuan tertentu (Romney dan Steinbart, 2006).
C. Jawaban salah. Fungsi adalah bagian dari sistem
D. Jawaban salah. Skema merujuk pada bagan, rancangan, kerangka.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 2
A. Jawaban benar. Menurut Anthony dan Govindarajan (2007), sistem pengendalian membutuhkan beberapa elemen utama, yaitu: a) Pelacak (detector) – perangkat yang digunakan untuk mengukur apa yang sesungguhnya terjadi dalam proses yang sedang dikendalikan, b) Penaksir (assessor) – perangkat yang menentukan signifikansi dari peristiwa aktual dengan membandingkannya dengan beberapa standar atau ekspektasi dari apa yang seharusnya terjadi, c) Pelaksana (effector) – perangkat yang mengubah perilaku jika assessor mengindikasikan kebutuhan yang perlu dipenuhi, d) Jaringan komunikasi (communication network) – perangkat yang meneruskan informasi antara detector dan assessor, dan antara assessor dengan effector.
B. Jawaban salah.
C. Jawaban salah
D. Jawaban salah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 3
A. Jawaban benar. Tipe pengendalian hasil juga disebut dengan pengendalian yang terdesentralisasi, karena manajemen bersikap menunggu umpan balik (feed back) dari para pegawainya untuk menilai efektivitas sistem kerja, baru kemudian membuatkan sistem pengendaliannya.
B. Jawaban salah. Pengendalian tindakan lebih dominan action manajemen.
C. Jawaban salah. Pengendalian personil lebih bersifat self-monitoring.
D. Jawaban salah. pengendalian lingkungan merujuk pada budaya kerja organisasi.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 4
A. Jawaban salah.
B. Jawaban salah.
C. Jawaban benar. Untuk dapat merancang sebuah sistem pengendalian Merchant dan Stede (2011) mengatakan diperlukan pemahaman atas beberapa konsep dasarnya yaitu sebagai berikut. Komponen operasi yang terpasang secara terus-menerus. Pengendalian manajemen adalah suatu rangkaian tindakan dan aktivitas yang terjadi pada seluruh kegiatan organisasi dan berjalan secara terus-menerus. Pengendalian manajemen dipengaruhi oleh manusia. Sistem pengendalian manajemen dapat berjalan efektif jika dilaksanakan dengan sungguh-sungguh oleh manusia. Tanggung jawab berjalannya sistem pengendalian manajemen sangat tergantung pada manajemen. Karakter dan motivasi manusia memegang peranan penting dalam membangun suatu sistem pengendalian manajemen yang efektif. Memberikan keyakinan yang memadai, bukan keyakinan yang mutlak. Perancangan dan pelaksanaan sistem pengendalian yang baik dalam suatu organisasi tidak secara langsung menjamin sebuah organisasi dapat mencapai tujuannya, karena sistem pengendalian merupakan salah satu komponen dalam pencapaian tujuan.
D. Jawaban salah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 5
A. Jawaban salah.
B. Jawaban salah.
C. Jawaban benar. Di antara ketiga tipe pengendalian, manajemen sebaiknya memulai dari pengendalian personil dan budaya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan karena pengendalian personil dan budaya bersifat sentral dan cenderung tidak terlalu mengeluarkan biaya yang besar. Apabila suatu organisasi sudah memiliki personil dan budaya kerja yang dapat diandalkan, hal ini akan sangat memudahkan dalam proses pengendalian lainnya. Kedua faktor itu juga dapat menentukan keberhasilan pelaksanaan tipe-tipe pengendalian lainnya.
D. Jawaban salah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 6
A. Jawaban salah.
B. Jawaban salah.
C. Jawaban salah.
D. Jawaban benar. Seorang manajer sebaiknya memiliki perpaduan yang tepat antara pengetahuan secara konseptual dan praktik. Sehingga dapat membuat sebuah formulasi pengelolaan organisasi yang harmonis antara perencanaan dan pelaksanaannya. Seorang manajer harus turun langsung ke lapangan untuk mengetahui permasalahan sebenarnya yang terjadi. Manajer yang baik juga diharapkan bisa menjadi pemimpin yang dapat menjadi contoh bagi bawahannya. Manajer/pemimpin merupakan inti dari manajemen, artinya suatu proses manajemen akan tercapai tujuannya jika ada pemimpin.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 7
A. Jawaban salah
B. Jawaban salah.
C. Jawaban salah.
D. Jawaban benar. Sifat dasar dari sebuah perencanaan dapat dilihat dari empat prinsip utama (Koontz, et al, 1990), yaitu sebagai berikut. 1. Kontribusi kepada tujuan dan sasaran. Tentu saja makna utama dari adanya sistem perencanaan adalah untuk mempermudah seluruh pihak yang terlibat dalam penggambaran pencapaian tujuan dan sasaran. 2. Aspek primer dari perencanaan. Rencana sangat erat kaitannya dengan pelaksanaan dan pengendalian, karena rencana merupakan tolak ukur proses pelaksanaan dan pengendalian. 3. Aspek daya resap perencanaan. Perencanaan yang baik adalah perencanaan yang dapat dilaksanakan secara maksimal oleh para pelaksana, jangan sampai rencana hanya menjadi retorika tanpa ada pelaksanaan yang jelas. 4. Efisiensi rencana. Rencana yang dibuat harus memiliki kontribusi maksimal kepada sasaran yang dicapai, dengan tingkat biaya atau pengorbanan yang minimal.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 8
A. Jawaban salah.
B. Jawaban salah.
C. Jawaban benar. Output dari proses pengorganisasian ini salah satunya akan tergambar sebagai sebuah struktur organisasi. Struktur organisasi akan berjalan efektif bila struktur tersebut memungkinkan setiap personil saling memberikan manfaat dalam pencapaian tujuan.
D. Jawaban salah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 9
A. Jawaban salah.
B. Jawaban salah.
C. Jawaban benar. Fungsi penggerakan adalah proses mempengaruhi bawahan untuk bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing secara maksimal dalam upaya pelaksanaan tujuan yang sudah direncanakan.
D. Jawaban salah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 10
A. Jawaban salah.
B. Jawaban salah.
C. Jawaban benar. Perkembangan zaman menuntut organisasi tidak hanya menjalankan kegiatannya dengan memperhatikan aspek ekonomis saja. Sehingga aspek-aspek sosial kemasyarakatan pun harus juga diperhatikan. Hal ini hendaknya tidak dipandang sebagai bentuk tambahan beban bagi organisasi, tetapi dipandang sebagai bentuk saling keterkaitan antara organisasi dengan lingkungannya.
D. Jawaban salah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 11
A. Jawaban salah.
B. Jawaban benar. Tujuan dari dikembangkannya konsep CSR yaitu agar suatu organisasi tidak hanya mengeksploitasi manfaat yang didapatkannya saja, namun organisasi tersebut harus juga memberikan manfaat secara langsung kepada lingkungan di sekitarnya. Meskipun dalam perjalanannya banyak organisasi yang memanfaatkan program CSR yang dibuatnya sebagai salah satu strategi pemasaran untuk menarik minat konsumen. Tentu saja hal itu sulit untuk dihindari karena motif utama bisnis.
C. Jawaban salah.
D. Jawaban salah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 12
A. Jawaban salah.
B. Jawaban salah.
C. Jawaban benar. Pengendalian yang baik mempertimbangkan beberapa aspek, yaitu: 1. pengendalian harus berorientasi jangka panjang; 2. pengendalian dapat membantu organisasi dalam mencapai tujuannya; 3. pengendalian mempertimbangkan berbagai aspek ekonomis dan non ekonomis.
D. Jawaban salah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 13
A. Jawaban benar. Berikut yang tergolong sebagai bentuk dari pengendalian/eliminasi masalah (Merchant dan Stede, 2011). 1. Mengeliminasi Aktivitas. Terkadang ada beberapa aktivitas dan pekerjaan yang berhubungan dengan upaya pencapaian organisasi, namun komponen internal organisasi tersebut belum cukup mampu untuk mengerjakannya. Bentuk yang dapat dilakukan dalam kategori mengeliminasi aktivitas ini di antaranya adalah kerja sama, subkontrak, pembelian dari pihak lain, dan sebagainya. 2. Otomatisasi. Di era modern seperti sekarang ini sebagian besar prosedur manual sudah mulai ditinggalkan, diubah menjadi proses yang terotomatisasi. Alasannya adalah untuk efektivitas proses pengerjaan dan untuk efisiensi (personil, biaya, waktu). 3. Sentralisasi. Sentralisasi bermakna pembatasan akses pengambilan keputusan pada level tertentu saja, artinya semua keputusan yang diambil berasal dari satu meja saja sehingga meminimalisir distorsi terhadap keputusan yang diambil. 4. Membagi/Menyebar Risiko. Membagi risiko terutama digunakan untuk membagi risiko permasalahan yang bersifat fisik. Pembagian risiko dilakukan dalam upaya meminimalisir risiko dengan bekerja sama dengan pihak eksternal. Salah satu contoh praktik pembagian risiko yang paling populer yaitu dengan memanfaatkan jasa asuransi. Penggunaan jasa asuransi adalah salah satu contoh yang paling mudah untuk menggambarkan upaya pembagian risiko.
B. Jawaban salah.
C. Jawaban salah.
D. Jawaban salah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 14
A. Jawaban salah.
B. Jawaban salah.
C. Jawaban benar. Strategi juga memiliki sudut pandang tujuannya (Glueck, 1987), pembagian ini dibagi menjadi empat kategori yang meliputi berikut ini. 1. Strategi pertumbuhan. Strategi ini bertujuan memperbesar organisasi dan ekspansi kegiatan organisasi tersebut. 2. Strategi pengurangan. Dilakukan dengan cara mengurangi skala organisasi untuk kepentingan efisiensi dan meningkatkan kinerja. 3. Strategi stabilitas. Strategi dengan tetap berfokus pada kegiatan yang telah dilakukan saat ini dengan mengurangi tekanan untuk pertumbuhan dan tanpa mengurangi komitmen pada beberapa perubahan operasi utama. 4. Strategi kombinasi. Melakukan kombinasi dari beberapa strategi yang ada, untuk menghadapi lingkungan yang dinamis dengan tingkat persaingan yang tinggi dan kompleks.
D. Jawaban salah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 15
A. Jawaban benar. Beberapa kegunaan lain dari sistem anggaran adalah sebagai berikut. 1. Memperjelas perencanaan strategis yang sudah dibuat. 2. Sebagai alat koordinasi dan komunikasi antarlini organisasi. 3. Sebagai bentuk pembagian tanggung jawab untuk manajemen. Sebagai dasar untuk evaluasi kinerja. Anggaran yang telah disetujui bersama adalah sebuah komitmen kerja manajemen dalam pencapaian tujuannya.
B. Jawaban salah.
C. Jawaban salah.
D. Jawaban salah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 16
A. Jawaban salah.
B. Jawaban benar. Urutan penyusunan anggaran adalah: 1. Pengorganisasian. Proses pengorganisasian bertujuan menyamakan persepsi dan mengetahui kebutuhan proporsi anggaran masing-masing bagian. Termasuk di dalamnya terdapat menyusun sistem pengendalian penggunaan anggaran. 2. Pembuatan pedoman. Pedoman berisi tentang garis besar pelaksanaan anggaran dan panduan penggunaan anggarannya. 3. Pengajuan proposal anggaran. Proposal anggaran merupakan bentuk pengajuan anggaran dari setiap bagian pengguna anggaran untuk kegiatan operasional masing-masing bagian selama satu periode kepada bagian anggaran. 4. Negosiasi. Pada proses negosiasi ini bagian anggaran berdiskusi dengan pengusul anggaran membahas proposal anggaran yang diajukan dengan berbagai asumsi dan dibandingkan pula dengan pelaksanaan anggaran periode sebelumnya. 5. Review dan persetujuan. Tahap selanjutnya adalah proses review, pengalokasian anggaran, dan persetujuan dari pimpinan organisasi untuk anggaran periode tersebut. Revisi anggaran. Revisi anggaran dimungkinkan untuk dilakukan agar tidak terjadi ketidaksesuaian antara anggaran yang telah disusun dengan keadaan yang terjadi.
C. Jawaban salah.
D. Jawaban salah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 17
A. Jawaban benar. Pengukuran menggunakan balance scorecard mencakup beragam dimensi pengukuran strategis dalam kegiatan organisasi, seperti faktor keuangan dan non keuangan, faktor internal dan eksternal, serta perspektif jangka pendek dan jangka panjang. Balance scorecard menggunakan empat pendekatan pengukuran (Kaplan dan Norton, 1996), meliputi: finansial; pelanggan; proses bisnis dan pihak internal;
inovasi dan pembelajaran.
B. Jawaban salah.
C. Jawaban salah.
D. Jawaban salah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 18
A. Jawaban salah.
B. Jawaban salah.
C. Jawaban salah.
D. Jawaban benar. Analisis varians digunakan untuk pengukuran kinerja yang dilihat dari sisi finansial, perbandingan yang digunakan dapat dilakukan dengan membandingkan antara anggaran dengan realisasi, parameter pengukuran yang sama dalam periode waktu yang berbeda.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 19
A. Jawaban salah.
B. Jawaban benar. Beberapa metode penilaian kinerja yang dapat digunakan menurut Mondy, et al (1993) adalah: 1. Written essays, merupakan teknik penilaian kinerja dengan cara menulis deskripsi mengenai kinerja pegawai yang telah dikerjakan, potensinya, dan memberikan saran-saran untuk pengembangan pekerja tersebut. 2. Critical incidents, merupakan teknik penilaian kinerja dengan cara mencatat mengenai apa saja perilaku/pencapaian terbaik dan terburuk. 3. Graphic rating scales, merupakan teknik penilaian kinerja dengan menggunakan skala dalam mengukur faktor-faktor kinerja. 4. Behaviourally Anchored Rating Scales (BARS), merupakan teknik penilaian kinerja berdasarkan beberapa jenis perilaku kerja yang mencerminkan dimensi kinerja dan membuat skalanya. 5. Multiperson comparison, merupakan teknik penilaian kinerja dengan cara membandingkan seorang pegawai dengan rekan kerjanya yang selevel. Management by objectives. Metode penilaian kinerja ini dilakukan dengan mengukur kinerja berdasarkan pencapaiannya atas tujuan-tujuan spesifik yang telah ditentukan sebelumnya .
C. Jawaban salah.
D. Jawaban salah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 20
A. Jawaban benar. Jackson, et al (2010) menjelaskan bahwa persepsi keadilan mencerminkan sedikitnya tiga fitur permasalahan utama, yaitu sebagai berikut. 1. Keadilan distributif. Mencerminkan persepsi mengenai bagaimana pencapaian kinerja masing-masing dibandingkan dengan pencapaian pihak lain atau dengan standar yang ada. Contohnya adalah seorang personil yang merasa telah mencapai kinerja sesuai standar, akan membandingkan dengan personil lainnya dengan membandingkan apa yang telah dia capai dan apa yang didapatkannya. 2. Keadilan prosedural. Keadilan prosedural lebih mengarah pada persepsi yang dibuat terhadap bagaimana prosedur yang dibuat untuk melakukan penilaian atas apa yang dikerjakannya. Contohnya adalah seseorang melihat apakah prosedur penilaian kinerja yang digunakan organisasi untuk memberikan kompensasi sudah benar-benar baik. 3. Keadilan interaksional. Prinsip yang digunakan untuk menilai tingkat keadilan berdasarkan pada aspek subjektivitas proses interaksi yang ditangkap. Contohnya adalah personil yang menilai seberapa besar dia diperlakukan adil oleh pimpinannya berdasarkan atas proses komunikasi dan interaksi yang dilakukan pimpinan tersebut kepada dirinya.
B. Jawaban salah.
C. Jawaban salah.
D. Jawaban salah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 21
A. Jawaban salah.
B. Jawaban benar. Bentuk dari kompensasi secara umum terdiri dari kompensasi dasar/tetap, kompensasi variabel/tidak langsung. Secara jelas kompensasi tersebut dapat diberikan dalam bentuk: 1. Gaji yang diterima secara periodik. 2. Tunjangan maupun fasilitas tertentu. 3. Bonus dalam bentuk uang, fasilitas berlibur, dan hadiah dalam bentuk lainnya. 4. Jenjang karier yang baik. 5. Jaminan kesehatan dan keselamatan kerja. 6. Kenyamanan kerja.
C. Jawaban salah.
D. Jawaban salah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 22
A. Jawaban salah.
B. Jawaban salah.
C. Jawaban benar. Kegiatan perekrutan personil bertujuan untuk mendapatkan personil berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan organisasi, untuk ditempatkan pada posisi tertentu.
D. Jawaban salah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 23
A. Jawaban salah.
B. Jawaban benar. Sering terjadi kasus di mana proses rekrutmen dianggap gagal karena personil yang diterima tidak mampu menjalankan program kerja yang telah dibuat. Hal ini dikarenakan proses rekrutmen dan seleksi dipengaruhi faktor-faktor tertentu yang mengesampingkan aspek teknis kebutuhan personil yang sebenarnya, seperti penerimaan kerja yang dilatarbelakangi karena faktor kekerabatan, kedekatan, penilaian subjektif, dan faktor lainnya.
C. Jawaban salah.
D. Jawaban salah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 24
A. Jawaban benar. Pusat biaya adalah unit aktivitas organisasi yang menjalankan fungsi kegiatannya dengan mengeluarkan sejumlah biaya, namun manfaat yang diberikan tidak dapat secara langsung dihitung dalam suatu satuan uang yang jelas.
B. Jawaban salah. Pusat pendapatan merupakan unit aktivitas organisasi yang bertugas menghasilkan pendapatan/keuntungan dari penjualan produk maupun pemberian jasa.
C. Jawaban salah. pusat laba merupakan fungsi di dalam organisasi yang bertugas mengelola keseimbangan pendapatan dan biaya untuk dapat menghasilkan sejumlah laba.
D. Jawaban salah. Pusat investasi digunakan untuk menjalankan aktivitas organisasi dengan memperhitungkan pemanfaatan atas investasi aset yang dilakukan dalam upaya memberikan kontribusi maksimal terhadap laba yang didapatkan.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 25
A. Jawaban benar. Dalam analisis sensitivitas, setiap variabel berubah sebesar persentase nilai tertentu, sementara variabel lainnya dianggap tidak mengalami perubahan. Sehingga dari pelaksanaan analisis sensitivitas tersebut dapat dibuatkan sebuah gambaran visual mengenai seberapa besar pengaruh perubahan setiap variabelnya terhadap variabel lainnya.
B. Jawaban salah.
C. Jawaban salah.
D. Jawaban salah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 26
A. Jawaban benar. Siklus akuntansi dibuat berdasarkan transaksi keuangan yang terjadi, output akhirnya dari kumpulan transaksi-transaksi keuangan yang telah dicatat dibuatkan intisarinya dalam bentuk laporan keuangan dalam berbagai bentuk pelaporan.
B. Jawaban salah.
C. Jawaban salah.
D. Jawaban salah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 27
A. Jawaban benar. Nilai fungsional berkaitan dengan kelebihan secara teknis dari produk yang ditawarkan. Terdiri dari kemampuan, keandalan, dan kualitas produk yang ditawarkan.
B. Jawaban salah.
C. Jawaban salah.
D. Jawaban salah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 28
A. Jawaban salah.
B. Jawaban salah.
C. Jawaban benar. Nilai emosional merupakan nilai yang bersifat abstrak dan sulit diukur menggunakan satuan ukur tertentu karena bersifat sangat subjektif. Nilai emosional berkaitan dengan gengsi dan kebanggaan yang diperoleh atas kepemilikan produk.
D. Jawaban salah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 29
A. Jawaban benar. Konsep bauran pemasaran 4P menggambarkan sudut pandang penjual tentang alat-alat pemasaran yang digunakan untuk mempengaruhi konsumen. Namun bauran pemasaran tersebut perlu dihubungkan dengan perspektif pembeli yang didefinisikan oleh Lauterborn, et al (1994) ke dalam konsep Empat C, yang terdiri dari: 1. konsumen (consumer), berkaitan dengan bauran pemasaran produk; 2. biaya (cost), berkaitan dengan bauran pemasaran harga. 3. kenyamanan (convenience), berkaitan dengan bauran pemasaran tempat; 4. komunikasi (communication), berkaitan dengan bauran pemasaran promosi.
B. Jawaban salah.
C. Jawaban salah.
D. Jawaban salah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 30
A. Jawaban salah.
B. Jawaban salah.
C. Jawaban benar. Tempat (place). Tempat berkaitan dengan di mana produk tersedia dalam sejumlah saluran distribusi yang memungkinkan konsumen dapat dengan mudah memperoleh suatu produk. Pemilihan tempat yang baik harus mengombinasikan berbagai dasar pertimbangan.
D. Jawaban salah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 31
A. Jawaban salah.
B. Jawaban benar. Salah satu konsep yang dapat dilakukan guna memelihara proses komunikasi dengan konsumen yaitu dengan dikembangkannya konsep Customer Relationship Management (CRM). CRM adalah sebuah sistem terintegrasi, yang mengintegrasikan kegiatan komunikasi pemasaran yang mencakup aktivitas-aktivitas sebelum penjualan dan setelah penjualan.
C. Jawaban salah.
D. Jawaban salah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 32
A. Jawaban salah.
B. Jawaban salah.
C. Jawaban benar. Sejauh ini seluruh program pemasaran yang direncanakan dan dijalankan sudah sejalan dengan target pemasaran yang ditentukan manajemen, mencakup seluruh golongan masyarakat, dari masyarakat kelompok menengah ke atas sampai kelompok masyarakat menengah ke bawah. Tentu saja ada perbedaan dalam produk yang dipasarkan untuk kedua kelompok tersebut, dan media pemasaran yang digunakan juga berbeda. Untuk masyarakat kelas menengah ke atas pembangunan citra dagang yang higienis dan sehat lebih ditonjolkan. Sementara produk untuk kelas menengah ke bawah yang lebih ditonjolkan adalah harga jual produk yang murah.
D. Jawaban salah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 33
A. Jawaban salah.
B. Jawaban salah.
C. Jawaban salah.
D. Jawaban benar. Faktor produksi dapat dikelompokkan menjadi lima bagian (Griffin dan Elbert, 2009), yaitu: 1. Sumber daya fisik. Sumber daya fisik dapat diartikan sebagai seluruh kekayaan alami (seperti tanah, air, cuaca, angin, sumber daya energi, sumber daya non-energi, dan lainnya) dan bahan mentah lainnya yang digunakan untuk menghasilkan produk. 2. Tenaga kerja. Tenaga kerja adalah sumber daya insani yang bekerja secara langsung maupun tidak langsung untuk mengolah faktor-faktor produksi lain berdasarkan kemampuannya untuk menghasilkan produk. 3. Modal. Modal adalah barang atau peralatan yang digunakan untuk proses produksi. Berdasarkan bentuknya modal dibagi menjadi dua bagian, yaitu modal konkret contohnya mesin, gedung, peralatan, dan uang; dan modal abstrak seperti nama baik, hak paten, dan hak merek. 4. Kewirausahaan. Kewirausahaan merupakan keahlian atau keterampilan yang digunakan untuk mengoordinasikan faktor-faktor produksi lainnya, yang sering juga disebut dengan istilah kemampuan manajerial. 5. Sumber daya informasi. Yang dimaksud dengan sumber daya informasi adalah segala macam informasi yang dibutuhkan perusahaan dan berhubungan dengan proses produksi yang dilaksanakan.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 34
A. Jawaban benar. Konsep JIT serupa dengan konsep Zero Inventory yang mengarah pada upaya untuk meniadakan persediaan di gudang penyimpanan, sehingga organisasi mendapatkan beberapa manfaat di antaranya adalah: 1. meminimalisir biaya-biaya yang dapat ditimbulkan karena menyimpan barang terlalu lama di gudang; 2. biaya yang sebelumnya dialokasikan untuk pembelian barang, dapat dimanfaatkan terlebih dahulu untuk penggunaan kebutuhan lain yang sifatnya lebih mendesak; 3. meminimalisir risiko barang gagal dijual; 4. menghindari risiko barang mengalami kerusakan selama disimpan di gudang; 5. menghindari risiko pencurian barang di gudang.
B. Jawaban salah.
C. Jawaban salah.
D. Jawaban salah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 35
A. Jawaban salah.
B. Jawaban salah.
C. Jawaban salah.
D. Jawaban benar. Motif organisasi non-profit pada umumnya berbasis motif moral, sosial, kemasyarakatan. Tidak dikenal istilah pembagian kepemilikan pada organisasi. Apabila ada permasalahan hukum terkait dengan kepemilikan sebuah organisasi non-profit, pemerintah memiliki hak untuk mengambil alihnya. Pola manajemen kolaboratif, aspek utama yang ditekankan yaitu partisipasi dan kebersamaan seluruh pihak.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 36
A. Jawaban salah.
B. Jawaban salah.
C. Jawaban benar. Dalam PSAK no. 45 dijelaskan bahwa komponen laporan keuangan pada organisasi nirlaba meliputi berikut ini. 1. Laporan posisi keuangan. Laporan ini bertujuan untuk menyediakan informasi mengenai posisi aktiva, kewajiban dan aktiva bersih, serta mengetahui hubungan di antara unsur-unsur tersebut pada waktu tertentu. Laporan ini juga menyediakan informasi yang relevan mengenai likuiditas, fleksibilitas keuangan, dan hubungan antara aktiva dan kewajiban 2. Laporan aktivitas. Laporan aktivitas bertujuan untuk menyediakan informasi yang berhubungan dengan aktivitas penggunaan sumber daya organisasi dalam pelaksanaan program kerjanya. Beberapa informasi yang disajikan berkaitan dengan jumlah perubahan aktiva bersih terikat permanen, terikat temporer dan tidak terikat dalam suatu periode perhitungan. 3. Laporan arus kas. Tujuan laporan arus kas antara organisasi non-profit dan organisasi profit hampir serupa, yaitu untuk menyajikan informasi mengenai penerimaan dan pengeluaran kas dalam suatu periode. Sama seperti organisasi profit, laporan arus kas pada organisasi non-profit dibagi berdasarkan kepentingan aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan. Catatan atas laporan keuangan. Sama seperti catatan atas laporan keuangan organisasi non-profit, pada organisasi non-profit catatan atas laporan keuangan berisi ringkasan dan penjelasan dari komponen-komponen yang ada pada laporan keuangan lainnya.
D. Jawaban salah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 37
A. Jawaban salah.
B. Jawaban salah.
C. Jawaban salah.
D. Jawaban benar. Dalam PSAK no. 45 dijelaskan bahwa komponen laporan keuangan pada organisasi nirlaba meliputi berikut ini. 1. Laporan posisi keuangan. 2. Laporan aktivitas. 3. Laporan arus kas.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 38
A. Jawaban salah.
B. Jawaban benar. Terikat permanen. Merupakan prinsip pembatasan penggunaan sumber daya yang digunakan dan dimanfaatkan untuk kepentingan tertentu secara permanen. Terikat temporer. Merupakan prinsip pembatasan penggunaan sumber daya yang digunakan dan dimanfaatkan untuk kepentingan tertentu sampai batas waktu dan penggunaan yang telah ditetapkan. Tidak terikat. Merupakan prinsip penggunaan sumber daya yang penggunaannya tidak dibatasi untuk tujuan tertentu.
C. Jawaban salah.
D. Jawaban salah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 39
A. Jawaban salah.
B. Jawaban salah.
C. Jawaban salah.
D. Jawaban benar. Secara teknis pencatatan organisasi nirlaba dapat dilakukan dengan metode cash basis, accrual basis, maupun modified accrual basis.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 40
A. Jawaban salah.
B. Jawaban benar. Pada organisasi non-profit sumber pendanaan untuk melakukan aktivitas kerjanya dapat diperoleh melalui: donasi dari pihak tertentu, seperti donator, sukarelawan, maupun masyarakat umum yang tidak mengharapkan imbalan apapun, Iuran anggota.
C. Jawaban salah.
D. Jawaban salah.





Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »