Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Parasitologi BIOL4424

6:44:00 am
Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Parasitologi BIOL4424

Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Parasitologi BIOL4424 Universitas Terbuka yang berisi 45 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Parasitologi BIOL4424, Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%.


Kunci Jawaban Soal Latihan No. 1
A. salah, karena virus tidak dipelajari dalam parasitologi tetapi dalam ilmu tersendiri yaitu virologi.
B. salah, karena bakteri tidak dipelajari dalam parasitologi tetapi dalam bakteriologi.
C. benar, karena protozoa merupakan salah satu kelompok organisme parasitis yang harus dipelajari di dalam parasitologi.
D. salah, karena jamur tidak dipelajari dalam parasitologi tetapi dalam mikologi.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 2
A. benar, karena toxoplasmosis merupakan jenis penyakit parasitis dari Protozoa yang dapat mengakibatkan keguguran atau bayi lahir dalam keadaan mati.
B. salah, karena hidatidosis merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh Cestoda.
C. salah, karena askariasis merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh Nematoda.
D. salah, karena hymenolepsis merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh Cestoda.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 3
A. salah, karena siklo propagatif merupakan jenis transmisi parasit patogen secara biologis yang disamping mengalami perubahan bentuk juga mengalami perkembangbiakan.
B. salah, karena dalam transmisi parasit patogen tidak dikenal istilah siklo prerogatif.
C. benar, karena siklo developmental merupakan jenis transmisi parasit patogen secara biologis yang hanya mengalami perubahan bentuk saja dan tidak mengalami perkembangbiakan.
D. salah, karena dalam transmisi parasit patogen tidak dikenal istilah siklo devotional.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 4
A. salah, karena hiperparasitisme merupakan keadaan parasitisme dimana parasit terkena parasit lainnya dalam jumlah yang sangat banyak sekali.
B. benar, karena superparasitisme merupakan parasit yang berparasit pada organisme parasit lain.
C. salah, karena poliparasitisme merupakan kondisi parasitisme dimana terjadi investasi oleh bermacam-macam jenis penyakit pada satu individu inang.
D. salah, karena istilah monoparasitisme tidak dikenal dalam bentuk istimewa parasitisme

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 5
A. salah, karena  insidental merupakan sifat keparasitan yang terjadi hanya kebetulan saja atau karena kecelakaan dan terdapat pada inang yang tidak biasanya.
B. salah, karena obligat merupakan sifat organisme yang untuk kelangsungan hidupnya dan existensi jenisnya, mutlak membutuhkan organisme lain sebagai inangnya.
C. salah, karena eratika adalah sifat keparasitan dimana parasit berada pada inang yang biasanya, tetapi berada pada lokasi yang bukan seperti biasanya.
D. benar, karena fakultatif merupakan sifat keparasitan yang karena sesuatu hal berubah dari sifat hidup normal menjadi bersifat parasit.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 6
A. salah, karena  sifat yang mampu bertahan terhadap perubahan limgkungan yang buruk merupakan salah satu sifat utama dari jenis Trematoda.
B. salah, karena  toleransi yang tinggi hanya merupakan sifat biasa saja dari suatu organisme parasit.
C. benar, karena kesuburan yang luar biasa merupakan salah satu sifat utama dari Cestoda untuk mengatasi rintangan di dalam siklus hidupnya.
D. salah, karena dalam parasitisme tidak dikenal istilah hypotropisme.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 7
A. benar, karena globulin merupakan substansi dalam ASI yang diperoleh secara pasif dan berfungsi sebagai antibodi.
B. salah, karena globulin yang terdapat dalam ASI bukan merupakan substansi antibodi yang diperoleh secara aktif tetapi secara pasif.
C. salah, karena globulin yang terdapat dalam ASI bukan merupakan substansi "bawaan", tetapi merupakan kekebalan yang "didapat".
D. salah, karena globulin yang terdapat dalam ASI bukan merupakan substansi "bawaan" secara pasif ataupun secara aktif.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 8
A. salah, karena kontak langsung merupakan modus penularan yang terdapat misalnya pada kutu rambut atau kutu kepala manusia yaitu Pediculus humanus capitis.
B. benar, karena melalui mulut manusia memang merupakan modus penularan trikinosis dari Nematoda parasitis ke manusia.
C. salah, karena melalui kulit merupakan modus penularan yang dapat ditemui misalnya secara aktif oleh larva dari cacing tambang (N. americanus) dan secara pasif oleh Plasmodium.
D. salah, karena urogenital merupakan modus penularan dari penyakit dourine (siphilis pada kuda) yang disebabkan oleh Trypanosoma equiperdum ke manusia.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 9
A. salah, karena getah cerna merupakan ekologi dalam tubuh inang yang dapat lebih mempengaruhi viabilitas dari larva Ascaris lumbricoides.
B. salah, karena temperatur tubuh inang lebih banyak mempengaruhi proses penetasan telur dan viabilitas pada larva Ascaris.
C. salah, karena sistem sirkulasi pada inang lebih banyak mempengaruhi ultrastruktur dari parasit tersebut daripada viabilitas parasit tersebut.
D. benar, karena pH lambung inang memang merupakan lingkungan dalam tubuh inang yang mana larva Trichinella spiralis mempunyai viabilitas yang tinggi terhadap pH lambung inangnya.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 10
A. salah, karena larva pada Nematoda bukan merupakan suatu tingkatan dari siklus hidupnya yang tahan terhadap temperatur tinggi.
B. benar, karena telur merupakan salah satu tingkatan siklus hidup dari Nematoda yang mempunyai kemampuan lebih tahan terhadap temperatur tinggi.
C. salah, karena mirasidium merupakan salah satu tingkatan siklus hidup helminth dari Trematoda.
D. salah, karena  pleroserkoid merupakan salah satu bentuk siklus hidup helminth dari jenis Cestoda.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 11
A. benar, karena makrodistribusi memang merupakan sifat penyebaran dari Dendrocolium dendriticum di alam.
B. salah, karena mikrodistribusi merupakan tingkat penyebaran dari sejenis kutu yaitu Crypturellus obsoletus.
C. salah, karena homodistribusi merupakan istilah yang tidak dikenal di dalam parasitologi.
D. salah, karena heterodistribusi merupakan istilah yang tidak dikenal di dalam parasitologi.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 12
Jawaban yang benar D karena pernyataan 1, 2 dan 3 benar
1. benar, karena Schistosoma mansonii merupakan jenis helminth yang termasuk ke dalam kelompok zooanthroponoses.
2. benar, karena Strongyloides stercoralis merupakan jenis helminth yang tergolong dalam kelompok zooanthroponoses.
3. benar, karena Brugia malayi memang merupakan salah satu jenis helminth yang termasuk ke dalam kelompok zooanthroponoses.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 13
A. salah, karena opisthorkinesis merupakan penyakit pada hati (hepar) kucing yang disebabkan oleh sejenis Trematoda hati.
B. salah, karena klonorkiasis merupakan penyakit pada hati (hepar) manusia yang disebabkan oleh sejenis Trematoda hati.
C. benar, karena hidatidosis memang merupakan penyakit yang sering menginfeksi masyarakat yang mempunyai hubungan erat dengan anjing peliharaan dan penyakit ini disebabkan oleh sejenis Cestoda jaringan.
D. salah, karena sparganosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh stadium larva dari Cestoda intestinalis.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 14
A. salah, karena cuaca merupakan kondisi lingkungan yang menentukan jenis parasit apa yang telah ada di suatu daerah yang akan berkembang dan menular pada hospesnya pada waktu dan tahun tertentu.
B. benar, karena iklim merupakan salah satu aspek penentu zoonosis, jenis parasit apa yang umum terdapat pada waktu tertentu.
C. salah, karena ekologi hanya merupakan atau menjadi fokus bagi penyakit tertentu saja.
D. salah, karena kebiasaan masyarakat akibatnya lebih jelas terlihat menentukan hanya pada lebih banyaknya masyarakat yang terserang penyakit yang berasal dari hewan.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 15
A. benar, karena paragonimiasis merupakan salah satu penyakit zoonosis yang terjadi akibat adanya pembuatan danau baru (buatan) atau kolam-kolam besar.
B. salah, karena toxoplasmosis merupakan jenis penyakit yang muncul akibat terlalu lamanya pangan yang ditimbun (misalnya: di dalam gudang).
C. salah, karena sparganosis terjadi akibat adanya polusi lingkungan (misalnya: persediaan air yang tercemar oleh tinja kucing atau anjing dan sebagainya yang mengandung sejenis Cestoda).
D. salah,  karena sistiserkosis  terjadi akibat  kebiasaan  masyarakat yang memasak daging setengah matang (kurang matang) terutama pada daging babi.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 16
A. salah, karena Enteromonas homini bukan merupakan jenis protozoa parasitis yang penularannya melalui stadium trophozoite, tetapi melalui stadium kista.
B. salah, karena Embadomonas intestinalis bukan protozoa parasitis yang penularannya melalui stadium trophozoite, tetapi juga melalui stadium kista.
C. benar, karena Dientamoeba fragilis memang merupakan protozoa parasitis dari kelas Mastigophora(Flagellata) yang penularannya melalui stadium trophozoite.
D. salah, karena Iodamoeba butschlii penularannya melalui stadium kista.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 17
A. salah, karena Balantidium coli bukan merupakan protozoa dari kelas Rhizopoda, tetapi dari kelas Ciliata.
B. salah, karena Entamoeba coli merupakan kelompok Rhizopoda, tetapi tidak bersifat patogen.
C. salah, karena Entamoeba hartmani juga merupakan kelompok Rhizopoda tetapi bersifat bersifat tidak patogen.
D. benar, karena Entamoeba histolytica merupakan jenis Rhizopoda yang untuk melanjutkan siklus hidupnya pada hospes barunya hanya dengan suatu stadium yaitu stadium kista.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 18
A. salah, karena hidatidosis merupakan jenis penyakit yang muncul karena adanya aktivitas parasitis dari kelas Cestoda.
B. benar, karena isosporiasis memang merupakan penyakit yang muncul karena adanya aktivitas protozoa parasitis dari kelas Sporozoa.
C. salah, karena bilharziasis merupakan jenis penyakit yang muncul karena adanya aktivitas dari kelas Trematoda.
D. salah, karena skabies merupakan jenis penyakit yang muncul karena adanya aktivitas dari phyllum Arthropoda.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 19
A. salah, karena kulit dan kaki merupakan tempat banyak dijumpainya helminth dari jenis Nematoda.
B. salah, karena rambut dan kulit kepala merupakan tempat banyak berparasitnya kutu rambut (Pediculus humanus capitis)
C. salah, karena uretra dan prostat merupakan tempat berparasitnya Trichomonas vaginalis.
D. benar, karena mulut dan gigi memang merupakan bagian tubuh manusia yang paling banyak dijumpai Trichomonas tenax sebagai protozoa parasitis.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 20
A. benar, karena Trypanosoma evansi memang merupakan protozoa parasitis penyebab penyakit surra pada sapi dengan melalui hospes perantaranya Stomoxys calcitrans (lalat kandang).
B. salah, karena Trypanosoma gambiense merupakan penyebab penyakit "sleeping sickness" dengan hospes perantaranya lalat Glossina sp.
C. salah, karena Plasmodium falciparum merupakan penyebab penyakit malaria falsiparum.
D. salah, karena Plasmodium vivax merupakan penyebab penyakit malaria tertiana benigna.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 21
A. salah, karena Plasmodium vivax merupakan protozoa yang menyebabkan pembengkakan, pengerasan dan kekenyalan pada limpa manusia.
B. salah, karena Plasmodium malariae mengakibatkan splegmomegali dan anemia.
C. benar, karena Plasmodium falciparum merupakan penyebab penyakit malaria yang dapat mengakibatkan tersumbatnya kapiler darah pada otak manusia.
D. salah, karena Plasmodium ovale merupakan protozoa parasitis yang tidak mengakibatkan penyakit yang berat tetapi dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 22
A. salah, karena Leishmania braziliensis menyebabkan tersumbatnya saluran limfe dan menyebabkan destruksi tulang rawan pada hidung atau telinga.
B. benar, karena Leishmania donovani memang merupakan jenis Mastigophora parasitis yang mempunyai daya virulensi tinggi dan berbahaya bagi hati dan limpa manusia.
C. salah, karena Leishmania tropica menyebabkan penyakit pada jaringan kulit dan kadang-kadang pada selaput mukosa.
D. salah, karena Leishmania evansi bukan merupakan nama yang dikenal dalam parasitologi dan bukan merupakan nama spesies dari kelompok Mastigophora.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 23
A. salah, karena cara akut dalam infeksi toxoplasmosis hospesnya akan mengalami rasa nyeri dengan disertai pembengkakan limpa.
B. salah, karena cara subakut dapat mengakibatkan sel-sel hospes menjadi rusak, imunitas hospes berkurang secara perlahan dan mengakibatkan lesi pada paru-paru, hati, otak, jantung dan mata.
C. salah, karena cara kronis yang terus menerus dapat mengakibatkan kerusakan pada mata.
D. benar, karena kongenital memang merupakan cara toxoplasmosis menginfeksi ibu hamil beserta bayi yang dikandungnya.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 24
A. benar, karena rostellum merupakan sejenis batil penghisap yang dilengkapi dengan kait-kait berkhitin yang terdapat pada Cestoda.
B. salah, karena bothria bukan merupakan alat penghisap berbentuk lekukan atau celah yang memanjang yang terdapat pada Cestoda.
C. salah, karena sucker merupakan alat penghisap pada Cestoda yang berbentuk seperti cangkir.
D. salah, karena scolex merupakan kepala dari Cestoda yang dilengkapi dengan alat pelekat dan berfungsi sebagai alat penghisap darah dan zat makanan yang terdapat di dalam usus kucing.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 25
A. salah, karena individu jantannya justru lebih kecil daripada individu betina.
B. salah, karena pada Nematoda tidak bersifat hermaphrodite, tetapi bersifat uniseksual.
C. salah, karena tubuh Nematoda tidak bersegmen dan tubuhnya tidak pipih dorsoventralis tetapi berbentuk gilig (seperti benang).
D. benar, karena ujung posterior yang melengkung dan mempunyai spekulum atau bursa copulatrix merupakan ciri khas dari Nematoda parasitis pada manusia.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 26
A. benar, karena Fasciolopsis buski memang merupakan jenis Trematoda parasitis intestinalis yang mempunyai ukuran terbesar yang pernah ditemukan dalam tubuh manusia.
B. salah, karena Fasciola hepatica merupakan Trematoda parasitis yang terdapat pada hepar kambing atau sapi.
C. salah, karena Schistosoma hepaticum merupakan Trematoda parasitis pada darah.
D. salah, karena Taenia solium merupakan jenis Cestoda parasitis pada intestinalis babi.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 27
A. salah, karena Dipylidium caninum merupakan Cestoda parasitis yang terdapat pada anjing.
B. salah, karena Dipylidium diminuta bukan merupakan nama yang dikenal dalam parasitologi.
C. benar, karena Diphyllobothrium latum merupakan jenis Cestoda intestinalis parasitis  pada ikan dan dapat  menginfeksi  pada masyarakat  yang sering  mengkonsumsi  ikan air  tawar  mentah.
D. salah, karena Diphyllobothrium mansoni merupakan Cestoda intestinalis yang terdapat pada binatang misalnya pada anjing, kucing dan hewan sejenisnya.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 28
A. salah, karena Ancylostoma caninum merupakan jenis cacing tambang atau cacing kait yang hidup dalam usus halus anjing atau kucing.
B. benar, karena Ascaris lumbricoides memang merupakan jenis Nematoda parasitis penyebab penyakit Sindroma Loeffler.
C. salah, karena Echinococcus granulosus bukan merupakan parasit dari jenis Nematoda, tetapi merupakan jenis Cestoda.
D. salah, karena Hymenolepis diminuta bukan merupakan parasit dari jenis Nematoda, tetapi dari jenis Cestoda.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 29
A. salah, karena Ancylostoma braziliense merupakan jenis tambang yang menginfeksi usus halus kucing.
B. salah, karena Trichinella spiralis merupakan Nematoda parasitis yang lebih banyak terdapat pada daging babi yang dimasak kurang matang.
C. salah, karena Toxocara canis merupakan cacing gelang (Nematoda) yang terdapat pada lumen usus halus anjing.
D. benar, karena Oxyuris vermicularis merupakan jenis Nematoda parasitis intestinalis yang lebih banyak menginfeksi rectum anak-anak atau anak wanita.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 30
Jawaban yang benar A karena pernyataan yang benar 1 dan 2
1. benar, karena keong Bulinus merupakan hospes perantara dari cacing hati cina (Clonorchis sinensis) di dalam siklus hidupnya.
2. benar, karena ikan Cyprinidae memang merupakan hospes perantara dari cacing hati cina (Clonorchis sinensis) di dalam siklus hidupnya.
3. salah, karena udang Cambarus merupakan hospes perantara dari cacing daun paru-paru (Paragonimus westermani).

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 31
A. salah, karena Schistosomiasis merupakan kasus penyakit yang disebabkan oleh aktivitas dari jenis Trematoda darah.
B. salah, karena Clonorchiasis merupakan kasus penyakit yang disebabkan oleh aktivitas dari jenis Trematoda hati manusia.
C. salah, karena faskioliasis merupakan  merupakan kasus penyakit yang disebabkan oleh  aktivitas dari jenis Trematoda  hati  atau saluran empedu pada biri-biri.
D. benar, karena paragonimiasis memang merupakan kasus penyakit yang disebabkan oleh aktivitas dari jenis Trematoda paru-paru yaitu Paragonimus westermani.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 32
A. salah, karena Schistosoma mansoni merupakan jenis Trematoda yang menyerang bagian kolon dan rectum usus manusia.
B. salah, karena Schistosoma viverini bukan merupakan nama yang dikenal dalam parasitologi.
C. benar, karena Schistosoma japonicum memang merupakan jenis Trematoda darah penyebab kasus terberat Schistosomiasis di danau Lindu, Sulawesi Tengah.
D. salah, karena Schistosoma haematobium merupakan jenis Trematoda yang menyerang vena kandung kemih manusia.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 33
Jawaban yang benar B karena pernyataan yang benar 1 dan 3
1. benar, karena minum air yang kurang bersih dan mengandung Cyclops invektif yang merupakan salah satu penyebab manusia terinfeksi sparganosis.
2. salah, karena kulit tubuh yang lunak bukan merupakan penyebab sparganosis dan pseudocercoid bukan merupakan bentukan dari mikroorganisme yang infektif.
3. benar, karena memakan daging yang telah mengandung plerocercoid merupakan salah satu penyebab terjadinya sparganosis pada manusia.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 34
Jawaban yang benar A karena pernyataan yang benar 1 dan 2
1. benar, karena bentuk dewasa dari Wuchereria bancrofti hidup pada kelenjar dan saluran limfe manusia.
2. benar, karena bentuk mikrofilaria dari Wuchereria bancrofti ini hidup di dalam darah manusia.
3. salah, karena telurnya yang terdapat di dalam air payau bukan merupakan suatu bentukan daur hidup yang dialami oleh Wuchereria bancrofti.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 35
A. salah, karena Heterophyes heterophyes merupakan Trematoda parasitis intestinalis pada manusia atau mamalia pemakan aves.
B. salah, karena Multiceps multiceps merupakan Cestoda parasitis pada anjing atau carnivora seperti misalnya anjing hutan.
C. salah, karena pada Trichiura trichiura disini, nama genusnya bukan merupakan nama genus dari jenis Nematoda parasitis pada jaringan tubuh manusia.
D. benar, karena Loa loa merupakan jenis Nematoda parasitis yang menimbulkan penyakit Calabar Swelling dan rasa nyeri pada mata manusia.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 36
A. salah, karena bilharziasis merupakan penyakit parasitis zoonosis yang disebabkan oleh Trematoda pembuluh darah.
B. salah, karena sparganosis merupakan penyakit zoonosis yang disebabkan oleh Cestoda dalam jaringan otot manusia.
C. benar, karena trichinosis merupakan penyakit zoonosis yang disebabkan oleh Nematoda yang terdapat pada daging mentah atau daging yang telah dimasak kurang matang.
D. salah, karena paragonimiasis merupakan jenis penyakit zoonosis yang disebabkan oleh Trematoda paru-paru.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 37
A. salah, karena Chrysops dimidiata bukan merupakan jenis pinjal tetapi merupakan jenis lalat dan tidak berperan sebagai vektor penyakit pes.
B. benar, karena Xenopsylla cheopsis  merupakan  Arthropoda dari jenis pinjal yang berperan sebagai vektor dari penyakit sampar (pes) yang dapat menular dari tikus ke manusia.
C. salah, karena Onchocerca volvulus merupakan jenis Nematoda atau cacing gilig.
D. salah, karena Diphyllobothrium latum merupakan jenis Cestoda atau cacing pita.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 38
A. benar, karena Sarcoptes scabiei merupakan tungau dari kelas Arachnida yang dapat menyebabkan penyakit gudigan (kudisan) pada kulit manusia.
B. salah, karena Ornithodoros moubata merupakan sejenis caplak lunak dan merupakan ektoparasit pada burung atau penghisap darah pada ayam.
C. salah, karena Xenopsylla cheopsis merupakan pinjal pada tikus dan berperan sebagai vektor dari penyakit sampar (pes).
D. salah, karena Ctenocephalides canis merupakan pinjal pada anjing dan berperan sebagai vektor dari penyakit cacing pita pada anjing yaitu Dipylidium caninum.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 39
A. salah, karena Hymenolepis nana merupakan kelompok Cestoda parasitis pada mukosa usus anak-anak.
B. salah, karena Hymenolepis diminuta merupakan kelompok Cestoda parasitis pada intestinum tikus.
C. benar, karena Pediculus humanus capitis memang merupakan jenis Anoplura parasitis bertipe penggigit yang sangat mengganggu kenyamanan kepala manusia sehari-hari.
D. salah, karena Pediculus humanus corporis merupakan Anoplura parasitis yang sangat mengganggu kenyamanan manusia bukan pada kepala, tetapi pada badan, dada dan ketiak manusia.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 40
A. salah, karena individu jantan dan betina yang menghisap darah manusia adalah pada lalat kandang (Stomoxys calcitrans).
B. benar, karena pada Tabanus sp memang hanya pada individu lalat betina saja yang menghisap darah manusia.
C. salah, karena bukan pada tengah hari  lalat Tabanus sp menghisap darah manusia, tetapi pada pagi hari sebelum jam 10.00 pagi.
D. salah, karena bukan pada malam hari lalat Tabanus sp menghisap darah manusia, tetapi pada sore hari sekitar pukul 16.00 sampai senja hari.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 41
A. salah, karena Pediculus humanus capitis merupakan insekta penggigit yang terdapat pada rambut manusia.
B. salah, karena Pediculus humanus corporis merupakan insekta penggigit yang terdapat pada badan, dada  atau ketiak manusia.
C. salah, karena Cimex lumbricoides bukan merupakan nama jenis kutu busuk dan tidak dikenal dalam parasitologi.
D. benar, karena Cimex hemipterus merupakan kutu penghisap darah manusia yang banyak terdapat di Indonesia dan dikenal sebagai kutu busuk.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 42
A. benar, karena metode Anal Swab merupakan metode yang umum dipakai untuk pemeriksaan adanya infeksi telur Enterobius vermicularis (cacing kremi)
B. salah, karena metode bearman dipakai untuk pengamatan pembiakan larva Ancylostoma duodenale dan Necator americanus.
C. salah, karena metode harada mori ini dipakai untuk mengidendifikasi larva A.duodenale, N. americanus, Strongyloides stercoralis dan Trichostrongyloides colubriformis.
D. salah, karena metode metiolet dipakai untuk mendiagnosis secara klinis adanya Amoeba dan Giardia lamblia di dalam tinja.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 43
A. salah, karena Borax Carmin dipakai untuk pewarnaan jenis Cestoda dan Trematoda
B. salah, karena Lugol Iodine merupakan media untuk melihat Amoeba dan Giardia lamblia.
C. benar, karena lactophenol merupakan larutan yang dipakai untuk merendam dahulu Nematoda agar dapat langsung diamati di bawah mikroskop.
D. salah karena eosin merupakan larutan yang dipakai sebagai media untuk pengamatan secara cepat  bentuk trophozoite dari Amoeba

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 44
A. salah, karena metode preparat apus darah tipis dipakai untuk mempelajari morfologi parasit dan keadaan sel darah.
B. benar, karena metode preparat darah apus tebal memang merupakan metode untuk pemeriksaan Protozoa parasitis secara cepat.
C. salah, karena metode preparat permanen dipakai untuk pengamatan Trichomonas vaginalis.
D. salah, karena untuk pengamatan atau pemeriksaan protozoa parasitis tidak dikenal adanya metode preparat semi permanen.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 45
A. salah, karena asam laktat 60% dipakai untuk pengamatan jenis pinjal yang tidak begitu tebal lapisan khitinnya.
B. salah, karena minyak cengkeh juga digunakan untuk pengamatan jenis pinjal yang tidak begitu tebal lapisan khitinnya.
C. salah, karena larutan alkohol 90% dipakai untuk dehidrasi di dalam pembuatan slide preparat jenis pinjal atau kutu.
D. benar, karena asam asetat pekat memang digunakan untuk mengamati jenis pnjal yang mempunyai lapisan khitin tebal.



Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »