Soal Latihan Mandiri Perbandingan Pemerintahan IPEM4541

6:00:00 am
Soal Latihan Mandiri Perbandingan Pemerintahan IPEM4541

Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Perbandingan Pemerintahan IPEM4541 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 45 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Perbandingan Pemerintahan IPEM4541, jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%. Selamat Mengerjakan.


Soal Pilihan Ganda

Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1. Pengertian perbandingan pemerintahan adalah menyejajarkan unsur-unsur pemerintahan dalam arti
 
 A. sempit untuk mendapatkan persamaan-persamaan dari suatu objek dengan alat pembandingnya
 B. luas untuk mendapatkan persamaan-persamaan dari suatu objek dengan alat pembandingnya
 C. sempit dan luas untuk mendapatkan persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan dari suatu objek dengan alat pembandingnya
 D. sempit untuk mendapatkan perbedaan-perbedaan dari suatu objek dengan alat pembandingnya

2. Dalam pendekataan Institusional, yang dipelajari adalah sejauh mana terdapat lembaga-lembaga dalam kehidupan sebuah negara dan huhubungan antara lembaga-lembaga tersebut. Oleh karena itu pendekatan ini disebut sebagai pendekatan
 
 A. legal rasional
 B. legal formal
 C. induktif-deduktif
 D. induktif historikal

3. Perbedaan antara pendekatan Institusional dan pendekatan Tingkah Laku dalam hal fakta dan nilai dalam studi ilmu politik adalah pada pendekatan Institusional, fakta dan nilai
 
 A. saling terkait sedangkan pada pendekatan Tingkah Laku dipisahkan
 B. dipisahkan sedangkan pada pendekatan Tingkah Laku terkait
 C. diikat pada tindakan dan relevansi sedangkan pada pendekatan Tingkah Laku dipisahkan
 D. dipisahkan sedangkan pada pendekatan Tingkah Laku diikat pada tindakan dan relevansi

4. Jika orang diarahkan untuk percaya bahwa mereka akan mencapai hasil-hasil yang cepat di dalam mobilitas sosial berkat pendidikan, kesejahteraan, dan manfaat-manfaat lain yang meningkat namun ternyata hasil-hasil tersebut terlalu lambat atau tidak datang, maka muncul keluhan-keluhan hingga dapat menimbulkan tindakan-tindakan agresif. Kesenjangan besar antara aspirasi dan realisasinya tersebut menghasilkan
 
 A. skala-F
 B. kurva-J
 C. tolerance threshold
 D. kerugian-relatif

5. Ciri khas konstitusi sebagai kerangka kerja kelembagaan, terletak pada cara
 
 A. memisahkan kekuasaan
 B. menyatukan kekuasaan
 C. mendistribusikan kekuasaan
 D. menentukan kekuasaan

6. Persamaan sistem pemerintahan campuran dengan sistem pemerintahan presidensil dalam hal masa jabatan eksekutif adalah
 
 A. presiden hanya dapat dipilih untuk satu periode
 B. perdana menteri dipilih untuk masa jabatan 5 tahun
 C. lama jabatan eksekutif ditentukan dengan pasti dalam konstitusi
 D. jabatan eksekutif ditentukan oleh mosi dari parlemen

7. Menurut Aristoteles, bentuk merosot dari monarki dimana penguasa berusaha mewujudkan kepentingan sendiri adalah
 
 A. oligarki
 B. tirani
 C. aristokrasi
 D. polity

8. Bila dilihat dari model sistem politik menurut David Easton, kebijakan pemerintah dalam menaikkan harga elpiji termasuk dalam
 
 A. input
 B. output
 C. umpan balik
 D. konversi

9. Bila dilihat dari model sistem politik menurut Gabriel Almond, bila suatu kelompok masyarakat menyampaikan kepentingannya kepada pemerintah dengan tujuan agar pemerintah mengeluarkan kebijakan sesuai dengan kepentingannya itu, maka kelompok masyarakat tersebut melakukan fungsi
 
 A. input
 B. output
 C. konversi
 D. umpan balik

10. Kelebihan analisis struktural fungsional dari Gabriel Almond dibandingkan dengan analisa sistem politik dari David Easton adalah

 A. lebih rumit
 B. indikator analisis lebih jelas
 C. dapat membandingkan sistem politik yang berbeda secara mendalam
 D. dapat digunakan dalam masyarakat yang menganut nilai tradisional

11. Menurut model sistem politik dari Mitchell, output sistem politik terdiri dari
 
 A. tuntutan dan dukungan
 B. tuntutan, harapan, dan dukungan
 C. tujuan, nilai, biaya, dan kontrol
 D. pembuatan aturan, penerapan aturan, dan penilaian aturan

12. Teori ketergantungan non-marxis yang berasumsi bahwa ekonomi-ekonomi terbelakang dicirikan oleh kurangnya infrastruktur transportasi dan komunikasi oleh ekonomi ganda dengan wilayah-wilayah maju hadir diantara wilayah-wilayah subsistem, dan oleh ketergantungan terhadap keputusan-keputusan eksternal yang berhubungan dengan produk barang-barang primer, adalah teori ketergantungan dengan pendekatan
 
 A. Kutub-kutub Pembangunan
 B. Kolonialisme Internal
 C. Desarollista
 D. Kapitalisme Monopoli

13. Ketidakseimbangan distribusi produksi yang ekstrim utamanya dalam melayani kebutuhan pusat yang dominan, merupakan ciri negara-negara terbelakang dalam teori
 
 A. Ketergantungan
 B. Modernisasi
 C. Keterbelakangan
 D. Ketidakmerataan Pembangunan

14. Menurut Abraham, tipe modernisasi yang merupakan suatu perubahan yang sengaja, direncanakan dan dipimpin oleh badan-badan administrasi negara yang terpusat, disebut modernisasi
 
 A. endogen
 B. sosial
 C. yang diarahkan
 D. hibrida

15. Huntington dan Nelson menguji partisipasi dalam hubungannya dengan lima model pembangunan, yaitu Model Liberal, Borjuis, Otokratis, Teknokratis dan Populis. Yang dimaksud dengan Model Otokratis yaitu
 
 A. rendahnya partisipasi politik, tingginya investasi asing, partisipasi dibatasi demi pembangunan ekonomi dan perbaikan ketidakmerataan pendapatan
 B. kewenangan pemerintah dapat menggunakan kekuasaan negara untuk menekankan partisipasi kelas menengah dan mengamankan dukungan kelas-kelas yang lebih rendah
 C. menekankan tingginya partisipasi politik maupun pemerataan ekonomi seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang rendah
 D. memperhitungkan kebutuhan-kebutuhan politik suatu kelas menengah yang sedang tumbuh, dimana tuntutan-tuntutan berpusat pada pertumbuhan ekonomi perkotaan dan pengembangan institusi-institusi pemilihan umum dan legislatif

16. Menurut Organski, corak kehidupan masyarakat dan politik yang perlu diraih oleh masyarakat sedang berkembang dalam perjalanannya ke arah modernisasi politik, diwujudkan dalam unsur
 
 A. demokrasi
 B. liberalisasi
 C. tradisionalisasi
 D. westernisasi

17. Masyarakat yang tidak mengharapkan apa pun dari sistem politik yang berlangsung, atau tidak ada kepedulian terhadap sistem politik, disebut mempunyai budaya politik
 
 A. partisipan
 B. subyektif
 C. afektif
 D. parokial

18. Bila seorang warga negara pada saat pemilihan umum memilih seorang calon presiden hanya berdasarkan penampilan fisik, maka warga negara tersebut dapat dikatakan mempunyai orientasi politik
 
 A. subyektif
 B. afektif
 C. kognitif
 D. evaluatif

19. Menurut Samuel P. Huntington dan Joan M. Nelson, upaya kelompok Green Peace menghubungi pejabat-pejabat di kementrian lingkungan hidup dalam rangka mempengaruhi keputusan-keputusan mereka mengenai penebangan hutan ilegal, dikategorikan sebagai partisipasi politik berbentuk
 
 A. kegiatan organisasi
 B. tindak kekerasan
 C. lobbying
 D. mencari koneksi

20. Struktur pemerintahan di Amerika Serikat digambarkan dengan nama democracy on the grass root atau demokrasi akar rumput, karena
 
 A. kekuasaan legislatif, eksekutif dan yudikatif saling membatasi satu sama lain
 B. rakyat dapat ikut berpartisipasi di dalam pemilihan jabatan publik yang ada di semua tingkat pemerintahan
 C. adanya jaminan hak-hak kebebasan dan kemerdekaan individu
 D. negara-negara bagian mempunyai hak yang sama, sama sederajat dan tidak diberi hak istimewa oleh Pemerintah Pusat

21. Suatu rancangan undang-undang di Amerika Serikat yang sudah disetujui oleh Senat dan House of Representatives, dapat gagal menjadi undang-undang apabila presiden Amerika Serikat
 
 A. tidak menandatangani RUU tersebut selama 10 hari setelah sampai di tangannya
 B. menandatangani RUU tersebut
 C. dikalahkan hak vetonya oleh 2/3 anggota Senat dan 2/3 anggota House of Representatives
 D. menggunakan hak pocket veto terhadap RUU tersebut

22. Ketiadaan konstitusi tertulis di Inggris dianggap sebagai keuntungan bagi pemerintah, karena pemerintah
 
 A. dapat melakukan tindakan-tindakan tanpa melalui dasar hukum apa pun
 B. mempunyai kekuasaan dan wewenang yang tidak terbatas
 C. dapat menyesuaikan tindakan-tindakan dan lembaga-lembaganya terhadap perubahan yang terjadi dan tuntutan masyarakat tanpa kesulitan prosedur
 D. dapat melaksanakan kekuasaan dan prosedur-prosedur yang tidak jelas bagi rakyat

23. Kewenangan House of Lords di Inggris lebih banyak bersifat
 
 A. yudisial
 B. politis
 C. ekonomis
 D. sosial

24. Kelas birokrasi di Inggris yang menduduki jabatan non-politis tertinggi dalam pemerintahan Inggris adalah
 
 A. executive
 B. administrative
 C. clerical
 D. manipulative

25. Tingkat kedua dari pemerintahan Perancis yang berfungsi sebagai wakil pemerintah pusat di daerah dinamakan
 
 A. Komune
 B. Pemerintah Nasional
 C. Negara Bagian
 D. Departemen

26. Di Perancis, yang berhak mengangkat dan memberhentikan perdana menteri adalah
 
 A. parlemen
 B. rakyat
 C. Dewan Konstitusional
 D. presiden

27. Pemerintah Rusia terdiri dari tiga cabang kekuasaan yaitu eksekutif, legislatif dan yudikatif, dimana kekuasan dominan terdapat pada
 
 A. legislatif
 B. yudikatif
 C. eksekutif
 D. eksekutif dan legislatif

28. Lembaga peradilan tertinggi di Rusia adalah
 
 A. Mahkamah Agung
 B. Mahkamah Konstitusi
 C. Mahkamah Agung Arbitrase
 D. Pengadilan Tinggi

29. Jepang sebagai penganut sistem pemerintahan parlementer, maka anggota kabinet di Jepang ditunjuk dan diberhentikan oleh
 
 A. Perdana Menteri
 B. Kaisar
 C. Diet
 D. House of Councillors

30. Bentuk negara Malaysia adalah
 
 A. republik
 B. kesatuan
 C. federal
 D. presidensial

31. Pada masa sekarang presiden Singapura dipilih oleh
 
 A. parlemen
 B. rakyat
 C. kabinet
 D. perdana menteri

32. Lembaga yang berwenang menyelidiki dan mengajukan tuntutan terhadap setiap lembaga pemerintahan yang diduga melakukan penyimpangan atau terlibat kasus-kasus penyuapan dan korupsi di Filipina, adalah
 
 A. Mahkamah Agung
 B. Ombudsman
 C. House of Representative
 D. Senat

33. Sistem pemerintahan Myanmar pada masa sekarang adalah
 
 A. kerajaan
 B. federal
 C. parlementer
 D. presidensial


Petunjuk untuk Soal No. 34 s/d No. 45 Pilihlah:
A. Jika 1 dan 2 Benar
B. Jika 1 dan 3 Benar
C. Jika 2 dan 3 Benar
D. Jika 1, 2, dan 3 Benar


34. Fokus perhatian atau penekanan utama dari studi perbandingan pemerintahan dibedakan dalam fase

1. institusionalisme
2. tingkah laku
3. neo-institusionalisme

35. Menurut S.L Witman dan J.J West ciri dan syarat sistem pemerintahan presidensiil antara lain

1. eksekutif tidak mempunyai kekuasaan untuk membubarkan legislatif
2. tidak ada tanggungjawab timbal balik antara presiden dan kabinetnya, kabinet bertanggungjawab kepada kepala eksekutif
3. adanya pemisahan kekuasaan

36. Pada awal sejarahnya, cikal bakal parlemen di Inggris adalah badan penasihat raja atau Great Council yang terdiri dari unsur

1. bangsawan
2. rakyat biasa
3. ulama

37. Pokok-pokok pikiran James Madison tentang cikal bakal negara federal Amerika Serikat dikenal dengan sebutan Virginia Plan, yang isinya antara lain

1. konfederasi negara-negara republik yang masing-masing berdaulat diganti dengan republik nasional dengan eksekutif tunggal, legislatif bikameral dan yudikatif mandiri
2. selama suatu negara republik (bekas koloni) mempertahankan kedaulatannya maka negara tersebut berada di luar bangsa
3. tidak menghilangkan sama sekali peranan negara-negara republik walaupun statusnya turun menjadi negara bagian

38. Pemerintahan aristokrasi, oligarki, dan pluktokrasi dapat dikatakan sebagai pemerintahan otoriter, karena

1. mayoritas warga negara tidak mempunyai peranan langsung atau terlembaga dalam pembuatan kebijakan
2. warga negara tidak bisa berperan serta dalam pemilihan umum
3. warga negara tidak terorganisasikan ke dalam partai-partai politik yang bersaing atau kelompok kepentingan yang mudah dikenali

39. Klasifikasi teori ketergantungan yang dikemukakan oleh Cardoso antara lain

1. pembangunan nasional yang otonom
2. ketergantungan dan imperialisme
3. kapitalisme monopoli internasional

40. Dalam memproyeksikan budaya dunia, Lucian Pye membedakan beberapa model komunikasi menjadi model komunikasi

1. tradisional
2. transisional
3. modern

41. Dalam sosialisasi politik muatan yang disosialisasikan kepada masyarakat antara lain

1. nilai
2. sikap
3. teori

42. Syarat menjadi anggota House of Representatives di Amerika Serikat antara lain

1. berdomisili di negara bagian yang memilih mereka
2. menjadi warga negara Amerika Serikat minimal 7 tahun dari hasil naturalisasi
3. minimal berusia 30 tahun

43. Parlemen Perancis bersifat bikameral yang terdiri dari Majelis Umum dan Senat, namun Majelis Umum mempunyai kekuasaan yang lebih besar dari Senat meskipun keduanya menjalankan kewenang legislatif, yang terlihat dari hal sebagai berikut

1. Senat dapat menunda tetapi tidak dapat menolak suatu peraturan perundang-undangan
2. Majelis Umum dipilih oleh rakyat sedangkan Senat dipilih oleh electoral college
3. jika Majelis Umum tidak sepakat tentang suatu RUU maka keputusan akhir berada di tangan Majelis Umum

44. Keanggotaan Kongres Rakyat Nasional yang merupakan badan perwakilan di Cina, terdiri dari

1. wakil-wakil yang dipilih oleh Kongres tingkat provinsi
2. angkatan bersenjata
3. orang-orang Cina perantauan

45. Sistem hukum di Cina terdiri dari beberapa komponen antara lain

1. administrasi keamanan publik atau berkaitan dengan tugas kepolisian
2. sistem peradilan dan kejaksaan
3. sistem penjara dan kamp-kamp kerja paksa




Untuk mengetahui jawabannya silahkan buka halaman Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Perbandingan Pemerintahan IPEM4541


Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka


Artikel Terkait

Previous
Next Post »