Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Komunikasi Persuasif SKOM4326 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 50 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman kunci jawaban, jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%. Selamat Mengerjakan.
Soal Pilihan Ganda
Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!
Pilihlah salah satu jawaban A, B, C, atau D yang dianggap paling tepat
1. Falsafah menurut Butt juga melandasi falsafah komunikasi persuasif, yaitu....
A. suatu ilmu yang mengkaji hakikat alam dan pandangan hidup
B. ilmu pengetahuan yang mencari sesuatu tentang alam
C. suatu pandangan hidup dalam mengaplikasikan ilmu komunikasi persuasif
D. salah aspek bagaimana seseorang mengetahui apa yang mereka anggap tahu tentang pandangan hidup
2. Salah satu kriteria tanggung jawab persuasif adalah....
A. menjunjung tinggi kehormatan penerima
B. antara komunikator dan komunikan memiliki akses yang sama terhadap media komunikasi
C. pesan dapat mengubah nilai sosial
D. prinsip universal dan prinsip situasional dari proses komunikasi
3. Komunikasi menurut Osgood adalah...
A. komunikasi terjadi bila suatu sumber mempengaruhi yang lain, dengan menggunakan isyarat pilihan yang menghubungkan kedua pihak
B. komunikator memindahkan rangsangan berupa kata untuk mempengaruhi perilaku pihak lain
C. komunikasi meliputi semua prosedur melalui pikiran seseorang sehingga dapat mempengaruhi orang lain
D. kelompok individu yang menggunakan bahasa dan tanda untuk berbagai aktivitas mencapai tujuan
4. Komunikasi persuasif adalah..
A. komunikasi yang bersifat membujuk
B. komunikasi yang menekankan pada kejelasan tujuan
C. komunikasi antara orang per orang
D. nama lain dari komunikasi dialogis
5. Proses komunikasi adalah ....
A. setiap fenomena yang menunjukkan perubahan yang terus menerus sepanjang waktu
B. setiap fenomena yang menunjukkan perubahan
C. setiap perubahan yang terjadi setelah komunikasi dimulai
D. perubahan yang muncul sejak komunikasi dimulai sampai selesai
6. Simons membuat model komunikasi persuasif menjadi...
A. 2
B. 4
C. 5
D. 6
7. ”Rubi menasihati Deeni yang baru menjalankan operasi pergeseran sendi siku untuk menggendong tangannya agar mempercepat proses penyembuhan. Deeni menuruti nasihat Rubi. Itu berarti Rubi adalah persuader yang memiliki eksistensi yang tinggi di bidang...
A. kesiapan dan kesungguhan
B. kesungguhan dan ketulusan
C. kepercayaan dan ketenangan
D. ketenangan dan kesederhanaan
8. Efek komunikasi persuasif adalah....
A. perubahan yang terjadi pada diri persuader akibat pesan melalui proses komunikasi
B. perubahan sikap, pendapat dan perilaku dari suatu kelompok dalam pengaruh komunikasi
C. mengaktifkan perilaku tertentu yang tidak bertentangan dengan norma budaya
D. konteks situasional dari tindakan komunikasi persuasif
9. Pengertian sikap menurut Thurstone adalah sebagai berikut...
A. Sikap adalah konstelasi komponen-komponen kognitif, afektif dan konatif yang saling berinteraksi
B. sikap merupakan suatu kesiapan untuk bereaksi terhadap sesuatu obyek dengan cara-cara tertentu
C. sikap adalah perasaan yang mendukung atau memihak
D. sikap merupakan bentuk evaluasi atau reaksi perasaan
10. Sikap terdiri atas beberapa komponen, salah satunya adalah komponen kognisi yaitu...
A. hasil pengalaman yang terakumulasi yang mengarah pada suatu obyek
B. aspek kecenderungan berperilaku tertentu sesuai dengan sikap yang dimiliki seseorang
C. representasi apa yang dipercayai oleh individu pemilik sikap
D. perasaan suka atau tidak suka
11. Percobaan Pavlov adalah salah satu contoh pendekatan Teori Belajar Classical Conditioning yang paling populer. Teori Classical Conditioning yaitu...
A. bentuk belajar dari suatu organisme yang berinteraksi dengan lingkungannya akibat dari suatu reinforcement dengan perilaku yang spontan, tanpa dikeluarkan secara instinktif oleh stimulus apapun
B. suatu bentuk belajar dari organisime yang memungkinkan timbulnya respon terhadap suatu rangsangan yang sebelumnya tidak memberikan respon tersebut
C. teori belajar yang mengasosiasikan respon-respon bawaan dengan stimulus-stimulus baru
D. belajar membangun beberapa macam argumentasi untuk pertahanan yang berlawanan yang mendukung kepercayaan individu
12. Teori yang mengonsentrasikan pada apa yang terjadi dalam diri individu dalam kaitannya dengan komponen-komponen afektif dan kognitif adalah teori....
A. konsistensi afektif-kognitif
B. disonansi afektif-kognitif
C. konsistensi kognitif-social judgement
D. inokulasi afektif-kognitif
13. Salah satu konsep utama dari Teori Social Judgement adalah pembentukan skala penilaian. Pembentukan skala penilaian terjadi karena...
A. setiap rangsangan memiliki nilai kualitatif serta berdimensi tersendiri berdasarkan perhatian individu
B. setiap rangsangan memiliki nilai kuantitatif yang berdimensi sendiri berdasarkan kepentingan dan perhatian individu
C. dalam menilai serangkaian rangsangan akan menggunakan rangsangan yang terendah (paling sedikit) dan rangsangan yang tertinggi (paling banyak)
D. sikap seseorang tidak hanya sekedar satu titik melainkan merupakan suatu area atau posisi-posisi tertentu.
14. Dasar dari Teori Fungsional adalah perubahan sikap seseorang tergantungan pada kebutuhannya, yang terdiri atas aspek-aspek perubahan tentang sikap ...
A. nilai impresif
B. diskrepansi perilaku
C. ego-defensive
D. nilai utilitarian
15. Aspek penting bagi efektivitas komunikasi persuasif adalah kredibilitas, yaitu....
A. seperangkat persepsi komunikan tentang diri komunikator
B. semantic differential
C. sleeper effect
D. prestige reference
16. Penjelasan tentang penyebab tenggelamnya kapal laut oleh pakar fisika menyebabkan keluarga korban memahami hal tersebut, dikarenakan kredibilitas sumber. Kredibilitas sumber menurut Kelly terdiri atas...
A. safety, qualifitication, dynamism, sosiability
B. expertness dan trustworthiness
C. semantic differential dan sleeper effect
D. rasa aman, sosiabilitas, dan keahlian
17. Rahmat berpendapat bahwa konsep dasar identifikasi dalam komunikasi persuasif dapat terjadi jika...
A. individu mendefinisikan perannya sesuai dengan peranan orang lain
B. sumber komunikasi persuasif mempengaruhi persuadee dengan menggunakan bahasa, gerak tubuh, gaya suara, imajinasi, dan sikap
C. individu mengambil perilaku orang lain atau kelompok lain untuk mendefinisikan dirinya secara memuaskan
D. sumber dapat mengidentifikasi yang menyacu pada pengalaman pendengar dengan mempertimbangkan apa yang dibaca, dilihat, dan didengar
18. Faktor kesamaan atau kemiripan merupakan dasar dari daya tarik untuk semua jenis hubungan manusia, yang menurut Moss dan Tubb....
A. jika terdapat kemiripan pada satu kelompok massa sehingga mereka mempunyai sikap yang sama, mereka tak perlu berkomunikasi
B. kita cenderung tertarik dengan orang yang mempunyai sikap yang mirip dengan sikap kita
C. kesamaan merupakan faktor yang sangat penting dalam efektivitas dan efisiennya komunikasi persuasif
D. bahwa dalam batas-batas tertentu, semakin mirip pihak-pihak yang berkomunikasi, maka akan semakin efektif pula komunikasi di antara mereka.
19. Definisi status menurut Yusuf adalah...
A. suatu fungsi yang memiliki peran dan posisi tertentu di dalam suatu kelompok dan atau sistem sosial
B. kebebasan seseorang dalam posisi tertentu untuk mengambil prakarsa dan mempertahankan tujuan kelompok
C. derajat pengorganisasian posisi
D. penetapan individu dalam suatu kelompok atau masyarakat
20. Jika kita mengeluarkan biaya untuk menambal gigi yang berlubang kepada dokter gigi, berarti kita memiliki kekuasaan dasar yang berpengaruh terhadap hubungan manusia yaitu kekuasaan...
A. Rujukan
B. ganjaran
C. hukuman
D. pengabsahan
21. Speech therapy adalah cara untuk merangsang wicara (community stimuli) yang dapat dikategorikan ke dalam pesan....
A. nonverbal yang disengaja
B. noverbal yang tidak disengaja
C. verbal tidak disengaja
D. verbal disengaja
22. Efektifitas pesan dapat diukur melalui..
A. perbandingan antara makna yang ditangkap persuadee terhadap makna dari persuader
B. seberapa banyak respon dari persuader
C. perbandingan antara makna yang dimaksud oleh penerima terhadap makna yang ditangkap persuader
D. pemahaman atas kerumitan sasaran dalam menanggapi pesan
23. Yang dimaksud dengan arti denotatif adalah
A. hubungan antara simbol dengan makna kata
B. hubungan antara simbol dengan obyek
C. akibat dari faktor-faktor internal individu
D. arti yang tidak pernah tetap
24. Kaitan antara bahasa dan pikiran menurut hipotesis Sapir dan Whorf adalah...
A. dunia dipersepsi secara berbeda oleh para anggota komunitas linguistik
B. bahasa yang kita gunakan mempengaruhi pengalaman kita
C. bahasa adalah alat yang dimiliki bersama untuk mengungkapkan gagasan
D. pikiran dibentuk oleh bahasa
25. Iklan: Nutricia, makanan enak bisa di mana saja. Beli 3 Nutricia Meal Time rasa apa saja, gratis 1 Meal Bowl. Mangkuk makan, lengkap dengan tutup dan sendok. Praktis dan higienies, sehingga si kecil kita bisa makan enak di mana saja. Kumpulkan seluruh koleksinya. Promo berlaku hingga 14 Februari 2008.
Dalam iklan di atas terdapat aspek-aspek yang berkaitan dengan...
A. membentuk opini yang sama tentang produk tersebut
B. menstimuli perilaku konsumen
C. membentuk, memperkuat, dan mengubah tanggapan
D. proses penyandian pengalihan sandi nonverbal
26. Daya guna pesan persuasif yang berfungsi sebagai refeleksi diri adalah...
A. pesan merupakan fenomena yang berjalan pada saluran yang menghubungkan dua sumber atau penerima atau lebih
B. pesan yang merupakan peristiwa perilaku yang berhubungan dengan keadaan internal seseorang
C. bentuk lokasi pikiran dan verbalisasi dalam diri inividu
D. pesan yang merupakan variabel untuk mencari fungsi yang menjadikan bersama
27. Saluran dalam komunikasi persuasif adalah...
A. sarana perjalanan pesan antara persuader dan persuadee
B. penghubung antara sumber dan penerima di luar struktur komunikasi
C. bukan komponen komunikan
D. rangkaian mekanisme antara unit-unit yang saling berpartisipasi di luar proses komunikasi
28. Tahap kejadian yang paling ideal dalam peristiwa komunikasi persuasif adalah...
A. definition physical interdependence
B. interaction
C. action-reaction interdependence
D. interdependence of expectation
29. Interaksi merupakan aspek yang sangat vital untuk terjadinya komunikasi persuasif yang efektif. Interaksi yang terjadi di antara anggota-anggota dalam suatu kelompok ditentukan oleh...
A. hubungan kelompok primerPenyimpanan
B. tekanan konformitas dari kelompok
C. pola komunikasi yang terjadi
D. pengaruh kelompok lain
30. Media yang memberikan kesempatan kepada persuader untuk mengembangkan topik, isu, dan argumentasinya secara penuh, bilamana hal itu perlu adalah ....
A. film
B. televisi
C. kaset dan CD
D. majalah
31. Pengaruh yang menimbulkan penguatan pada khalayak akan pandangan dunia yang sama, peranan yang sama, dan nilai-nilai yang sama pula adalah efek dari terpaan televisi sebagai...
A. the effects of syntetic experience
B. proses selektivitas yang didasarkan pada opini
C. cultivation
D. jarum suntik hipodermik
32. Salah satu aspek dari aktualisasi diri adalah DIRI (SELF) yang merupakan...
A. suatu ekspresi yang bebas dan sempurna dari kebutuhan fisik, keamanan, cinta, dan kepercayaan diri
B. suatu susunan konsep hipotetis yang merujuk pada perangkat yang kompleks dari proses fisik, perilaku, dan kejiwaan seseorang
C. pengembangan dan perluasan diri menurut garis-garis yang telah ada sejak lahir
D. aktivitas tubuh kita dan aktivitas biologis yang berlangsung di dalamnya
33. Konsep aktualisasi diri menurut Maslow dan Rogers adalah
A. suatu ekspresi yang bebas dan sempurna dari kebutuhan fisik, keamanan, cinta, dan kepercayaan diri
B. suatu susunan konsep yang merujuk pada perangkat yang kompleks dan proses fisik, perilaku, dan kejiwaan seseorang
C. sebutan yang diberikan seseorang untuk apa yang dijalaninya yang merupakan kesatuan prinsip yang mempersatukan berbagai aspek kepribadian
D. suatu hasrat dari setiap individu untuk memperoleh penerimaan sikap, dihargai, dan dicintai secara hangat oleh orang lain
34. Komunikasi persuasif berhubungan dengan kebiasaan persuadee yakni kecenderungan persuadee menggunakan metode dalam merespon suatu stimulus. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kekuatan kebiasaan persuadee adalah ....
A. cara mengekspresikan nilai – nilai atau keyakinan
B. jumlah ganjaran
C. waktu antara stimuli dan ganjaran
D. isolasi hubungan stimuli dan belajar
35. Pengaruh komunikasi persuasi terhadap penerima melalui pendekatan tradisional berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa...
A. persuadee yang memiliki harga diri rendah akan mudah terbujuk daripada persuadee yang harga dirinya tinggi
B. ada suatu usaha pemahaman tentang apa yang dipikirkan persuadee sewaktu mereka dihadapkan pada stimulus persuasif
C. ada suatu usaha pemahaman tentang bagaimana proses berpikir persuadee yang berkaitan dengan penentuan perubahan sikap yang akan benar-benar terjadi
D. persuadee mengonsenterasikan dirinya pada peran dan argumentasi yang diterimanya sehingga Ia menerima persuasi melalui jalur netral
36. Persuabilitas dapat diartikan sebagai kerentanan audiens yang berasosiasi dengan faktor-faktor...
A. dogmatis dan harga diri
B. jenis kelamin dan usia
C. intelegensi dan tingkat pendidikan
D. jenis kelamin dan autoritarianisme
37. Teknik persuasi yang dikemukakan oleh Charles Larson adalah...
A. the swap technique
B. don’t ask if, ask which
C. reassurance
D. transfer
38. “Ok kita bertemu hari Rabu, tanggal 28 Januari 2009 untuk membahas penelitian kita yang tertunda.” Teknik persuasi ini adalah teknik...
A. the swap technique
B. reassurance
C. transfer
D. don’t ask if, ask which
39. Pedagang minyak wangi, dalam teknik penjualannya seringkali mengoleskan parfumnya ke bagian tubuh sasarannya atau di selembar kertas atau karton. Teknik yang dilakukan oleh pedagang adalah teknik…
A. ask more, so they settle for less
B. planting
C. getting partial commitment
D. humor
40. Peran humor yang bersifat “mencela diri” antara lain adalah untuk...
A. meningkatkan citra pembicara
B. memperoleh respon “yes” dari persuadee
C. menghindari perdebatan dengan persuadee
D. memberi informasi dengan cara barter
41. Penggunaan humor merupakan teknik yang popular dalam komunikasi persuasive. Berdasarkan pendekatan Teori Belajar humor dapat…
A. membingungkan
B. membuat reinforcement
C. meningkatkan efektivitas persuasi
D. membangkitkan kesukaan terhadap persuade
42. Agar komunikasi persuasif dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, maka strategi yang digunakan perlu dirumuskan terlebih dahulu, yang menurut Scoot M. Cutlip dan Allen H. Center (1978) adalah…
A. rekonsiderasi
B. pengumpulan dan analisis data
C. prinsip familiaritas
D. prinsip evaluasi
43. Berdasarkan pemikiran De Fleur dan Rokeach, asumsi utama strategi the meaning conctruction adalah…
A. ciri-ciri biologis merupakan hal yang diwariskan
B. faktor emosional dan biologis
C. perilaku manusia dipengaruhi oleh kekuatan luar diri individu
D. pengetahuan dapat mempengaruhi perilaku
44. Komunikasi antara dua pihak tidak selalu berjalan dengan lancar. Hambatan dalam komunikasi antara lain dapat terjadi karena hal-hal berikut ini kecuali...
A. kesenjangan generasi
B. kesenjangan kredibilitas
C. kegagalan komunikasi
D. tidak ada persuadee
45. Mengatasi masalah citra adalah dengan cara sebagai berikut...
A. mencari orang yang berpengaruh dalam kelompok
B. memikirkan tentang emosi positif
C. memastikan bahwa sasaran mengetahui tentang kelebihan kita
D. memperhatikan adanya pertentangan dalam diri sasaran
46. Dalam memilih topik yang perlu dianalisis, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah hal-hal berikut ini, kecuali...
A. topik apa
B. dalam bentuk mana
C. persuasi siapa
D. berapa biaya analisis
47. Proses penilaian terhadap suatu kegiatan komunikasi persuasif adalah metode analisis masalah dalam komunikasi persuasif yang termasuk metode...
A. analisis yang berpusat pada pesan
B. evaluasi kritis
C. analisis sebab akibat
D. analisis yang berorientasi teori
48. Analisis penelitian tentang komunikasi persuasif dapat dilakukan dengan berbagai teknik antara lain analisis...
A. evaluasi kritis
B. sebab akibat
C. kuantitatif
D. ilmiah
49. Salah satu tujuan komunikasi persuasif dalam periklanan adalah melakukan pengidentifikasian dan pemeriksaan terhadap ….
A. merek dagang yang diiklankan
B. kemasan iklan
C. slogan iklan
D. dukungan suatu iklan
50. Masalah-masalah komunikasi persuasif periklanan dapat berasal dari hal sebagai berikut, kecuali...
A. strategi komunikasi persuasif
B. sumber iklan
C. saluran
D. lingkungan sosial dan budaya
Untuk mengetahui jawabannya silahkan buka halaman Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Komunikasi Persuasif SKOM4326
Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka
Next
« Prev Post
« Prev Post
Previous
Next Post »
Next Post »
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
ConversionConversion EmoticonEmoticon