Soal Latihan Mandiri Sistem Informasi Akuntansi EKSI4312

4:45:00 pm

Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Sistem Informasi Akuntansi EKSI4312 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 45 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman kunci jawaban , jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%. Selamat Mengerjakan.


Soal Pilihan Ganda

Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!


1. Deskripsi umum dari sistem adalah ...

 a. Sebuah jaringan yang terdiri dari beberapa elemen yang tidak terintegrasi dan menghasilkan output yang berbeda-beda
 b. Sekumpulan subsistem, komponen ataupun elemen yang saling bekerjasama dengan tujuan yang sama untuk menghasilkan output yang sudah ditentukan sebelumnya
 c. Gabungan dari komponen yang tidak bertautan untuk mencapai sasaran tertentu yang tidak ditentukan sebelumnya
 d. Komponen yang menghasilkan output data yang belum diproses dari tujuan yang belum ditentukan sebelumnya

2. Informasi yang disediakan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) berkaitan dengan ...

 a. Seluruh data organisasi, baik data keuangan maupun non-keuangan
 b. Keputusan teknis maupun non-teknis
 c. Hasil pengolahan transaksi organisasi yang bersifat keuangan
 d. Perubahan fungsi secara manual dan komputerisasi

3. Ciri-ciri sistem adalah ...

 a. Mempunyai komponen, komponen sistem harus terintegrasi, mempunyai batasan sistem, mempunyai tujuan sistem yang jelas, mempunyai lingkungan, dan mempunyai input, proses, output
 b. Mempunyai sub-komponen, tidak mempunyai batasan sistem, dan komponen sistem tidak terintegrasi satu dengan lainnya
 c. Mempunyai sub-sistem, tidak mempunyai batasan sistem, mempunyai tujuan sistem yang jelas, dan menghasilkan output yang tidak direncanakan
 d. Mempunyai komponen yang kompleks dan tidak terintegrasi, mempunyai proses dan output, dan mempunyai tujuan yang jelas

4. Yang dimaksud dengan lingkungan dalam sistem adalah ...

 a. Lingkungan yang berada di dalam sub-sistem
 b. Lingkungan diluar batas-batas sistem
 c. Lingkungan yang tidak mempunyai batasan sistem
 d. Lingkungan yang mewadahi komponen-komponen (subsistem) dalam sistem

5. Manfaat pengaplikasian Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah

 a. Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien
 b. Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
 c. Meningkatkan efisiensi
 d. Jawaban (a.), (b.) dan (c.) benar semua


6. Metode Pengembangan Sistem atau yang dikenal dengan System Development Life Cycle (SDLC) adalah sebuah proses logika yang digunakan oleh system analyst untuk mengembangkan sebuah sistem informasi yang melibatkan ...

 a. Planning, Analysis, Design, Implementation, dan Use
 b. Requirements, Validation, Training, dan pemilik sistem
 c. Coding dan Testing
 d. Operation, Maintenance, dan Disposition

7. Tahapan dalam SDLC Waterfall dimana analis mencoba untuk menguraikan permasalahan sistem dan menggambarkannya ke dalam beberapa diagram untuk menggambarkan situasi yang sedang berjalan serta mendesain sebuah solusi yang akan diberikan kepada user adalah tahapan ...

 a. Initiation atau Planning
 b. Build atau Coding
 c. Requirement Gathering dan Analysis
 d. Design

8. Salah satu teknik pengembangan sistem yang merupakan pengembangan dari metode SDLC adalah prototyping. Menurut McLeod dan Scheel (2007), requirement prototype adalah ...

 a. Prototype yang dibuat oleh pengembang dengan mendefinisikan fungsi dan prosedur sistem dimana pengguna atau pemilik sistem tidak bisa mendefinisikan sistem tersebut
 b. Prototype yang dikembangkan untuk menjelaskan kepada pengembang tentang kebutuhaan sistem yang mereka inginkan
 c. Prototype yang dibuat dan dikembangkan untuk menyesuaikan prototype dengan keinginan user apakah sesuai atau tidak dengan kebutuhan sistem
 d. Prototype yang secara terus menerus dikembangkan hingga prototype tersebut memenuhi fungsi dan prosedur yang dibutuhkan oleh sistem

9. Yang membedakan antara waterfall dengan RAD adalah ...

 a. Pada teknik waterfall pengguna atau pemilik sistem akan ikut berpartisipasi dalam tahap requirement planning sedangkan pada RAD pada tahap cutover
 b. Pada teknik waterfall pengguna atau pemilik sistem akan ikut berpartisipasi dalam tahap construction sedangkan pada RAD pada tahap user design
 c. Pada teknik waterfall pengguna atau pemilik sistem akan ikut berpartisipasi dalam tahap requirement planning sedangkan pada RAD pada tahap construction
 d. Pada teknik waterfall pengguna atau pemilik sistem akan ikut berpartisipasi dalam tahap cutover sedangkan pada RAD pada tahap construction

10. Teknik pengembangan sistem yang melibatkan pengguna atau pemilik sistem dalam melakukan pengembangan sistem, dimana ada tahap-tahap yang dilakukan dengan cara mendiskusikan sistem dalam bentuk meeting diantara orang-orang yang terlibat dalam pengembangan sistem adalah ...

 a. Prototyping
 b. Rapid Application Development (RAD)
 c. Joint Application Development (JAD)
 d. Computer-Aided Software Engineering

11. Hardware merupakan resource yang digunakan sebagai media untuk menjembatani antara brainware (pengguna) dengan software (perangkat lunak). Secara umum peralatan hardware dibedakan menjadi ...

 a. Keyboard, scanner, dan digitizer
 b. Monitor, printer, dan speaker
 c. Hard disk dan floopy disk
 d. Peralatan input, pemroses, output, dan media penyimpanan

12. Laudon (2008) mendefinisikan Infrastruktur Teknologi Informasi melalui dua pendekatan, yaitu pendekatan Technology dan Service Cluster. Berdasarkan pendekatan Technology, infrastruktur teknologi informasi adalah ...

 a. Resource yang menghubungan komputer, karyawan, konsumen, supplier ke dalam lingkungan digital termasuk didalamnya mainframe, desktop computer, personal digital assistan (PDA) dan internet
 b. Sekumpulan hardware dan software yang dibutuhkan untuk mengoperasikan sistem perusahaan
 c. Layanan yang bisa diberikan oleh hardware ataupun software
 d. Program-program komputer yang mengintegrasikan semua proses bisnis di perusahaan

13. Model sistem informasi berbasis komputer yang merupakan sistem terkomputerisasi yang melibatkan seluruh resource manajemen dalam sebuah perusahaan adalah ...

 a. Virtual Office System
 b. Enterprise Resource Planning
 c. Management Information System
 d. Decision Support System

14. Menurut Romney dan Steinbart (2006) terdapat komponan Accounting Information System, yaitu ...

 a. User, Procedure, Data, Software, Information Technology Infrastructure, Internal Control dan Security Measures
 b. Database, Model Base, dan Software System
 c. Virtual Office System, Enterprise Resource Planning, dan Decision Support System
 d. Office Automation Application

15. Dalam hirarki data, data dapat diorganisasikan menjadi enam tingkatan. Kumpulan dari bit-bit yang membentuk suatu karakter dinamakan ...

 a. Bit
 b. Database
 c. Byte
 d. Field

16. Hierarchical Database Structure pertama kali dikembangkan oleh Database Management System IDS (Integrated Data Store) pada tahun 1964 yang kemudian menjadi standar di ...

 a. Network Database Structures
 b. Relational Database Structures
 c. Committee on Data System Language
 d. Self-Describing Set of Related Data

17. Menurut McLeod dan Schell (2007), Database Management System adalah ...

 a. Interface yang menghubungkan database dengan program lainnya
 b. Software aplikasi yang digunakan untuk memudahkan proses pengolahan data
 c. Software aplikasi yang digunakan untuk menyimpan struktur database, data, relasi database dan tabel, form dan report
 d. Interface (jembatan) antara database dengan program lainnya

18. Menurut Romney dan Steinbart (2006), salah satu keuntungan menggunakan DBMS adalah cross-functional analysis, yaitu ...

 a. Meminimalisir duplikat data dan ketidakkonsistensian data
 b. Pembuatan reporting akan menjadi lebih mudah, dimana dapat dilakukan pengambilan data sesuai dengan kebutuhan dengan cepat dan mudah
 c. Mampu mengubah struktur data tanpa mengubah program aplikasi
 d. Dengan konsep relasional database, pengembang sistem akan lebih mudah dalam melakukan analisis dan perancangan sistem

19. Hoffer (2008 mengatakan terdapat dua pendekatan yang digunakan dalam melakukan perancangan database, yaitu ...

 a. Normalization dan Semantic Data Modeling
 b. Primary dan Foreign Key
 c. External Level dan Conceptual Level
 d. Process Oriented dan Enterprise Modeling

20. Yang dimaksud dengan pendapatan operasional adalah ...

 a. Pendapatan yang didapat ketika perusahaan mendapatkan pesanan barang dari pelanggan
 b. Pendapatan hasil usaha yang diperoleh dari aktivitas operasi utama atau bidang utama yang dijalankan sebuah perusahaan
 c. Pendapatan yang diperoleh dari aktifitas verifikasi pesanan yang diminta oleh pelanggan
 d. Pendapatan hasil usaha yang didapat dari penjualan aset terlepas dari proses produksi dan distribusi

21. Proses entri pesanan penjualan mencakup tiga tahap utama, kecuali ...

 a. Mengambil pesanan dari pelanggan
 b. Memeriksa dan menyetujui permintaan pembayaran kredit dari pelanggan
 c. Memeriksa logo perusahaan
 d. Memeriksa ketersediaan persediaan

22. Mengambil dan mengepak pesanan, serta pengiriman pesanan merupakan dua bagian dari ...

 a. Entri pesanan penjualan
 b. Pengiriman
 c. Penerimaan pembayaran
 d. Penagihan piutang usaha

23. Beberapa resiko yang dihadapi dalam siklus pendapatan yaitu, kecuali ...

 a. Penyimpanan persedian di lokasi yang aman dan dilengkapi pembatasan akses secara fisik
 b. Pencurian persediaan
 c. Penjualan kredit ke pelanggan yang catatan kreditnya buruk
 d. Kegagalan menagih piutang

24. Dalam Activity Diagram Siklus Pengeluaran, tahapan setelah update data pengeluaran adalah ...

 a. Mengidentifikasi pemasok
 b. Mengirimkan pesanan barang
 c. Memeriksa ketersediaan barang
 d. Membayar tagihan

25. Tujuan dari Material Requirements Planning (MRP) adalah ...

 a. Meminimalkan biaya pergudangan maupun biaya karena kekurangan persediaan
 b. Mengidentifikasi kebutuhan persediaan dan memverifikasi kebutuhan persediaan sebelum dilakukan pemesanan barang tersebut
 c. Menghitung seberapa banyak barang yang harus dipesan
 d. Mengurangi tingkat persediaan yang dibutuhkan dengan cara menjadwalkan produksi, bukan memperkirakan kebutuhan

26. Keputusan penting dalam aktivitas pembelian adalah memilih pemasok untuk menyediakan berbagai barang persediaan. Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam membuat keputusan adalah ...

 a. Menerima jumlah barang yang berbeda dari jumlah yang dipesan, menerima barang rusak, dan menerima barang dengan kualitas rendah
 b. Memutuskan apakah akan menerima barang, dan memverifikasi jumlah serta kualitas barang yang dikirim
 c. Harga barang, kualitas barang, dan pengiriman barang
 d. Mengecek tagihan dari pemasok, dan membayar tagihan kepada pemasok

27. Dalam aktivitas pembayaran, fungsi pembayaran tagihan biasanya dipisahkan dari fungsi pengecekan tagihan, hal ini dilakukan untuk ...

 a. Memperkecil resiko penyelewengan yang mungkin bisa saja dilakukan oleh pegawai bagian pembelian
 b. Menunjukkan ketersediaan kas yang cukup
 c. Mengidentifikasi pemasok, daftar tagihan yang belum dibayar, dan menunjukkan jumlah bersih yang harus dibayar
 d. Menetapkan apakah akan memanfaatkan diskon dengan melakukan pembayaran diawal atau tidak

28. Yang dimaksud dengan kickback adalah ...

 a. Menerima dan membayar barang yang tidak dipesan
 b. resiko kelemahan yang biasanya ada dalam siklus pengeluaran
 c. Pemberian hadiah dari pemasok untuk bertugas baguan pembelian dengan tujuan mempengaruhi pilihan
 d. Pencurian persediaan

29. Tahapan setelah memperhitungkan anggaran produksi dimana pada tahapan ini biasanya sudah membicarakan aspek teknis yang akan dilakukan dalam proses produksi adalah ...

 a. Spesifikasi teknis
 b. Mengecek ketersediaan bahan baku yang diperluakan untuk proses produksi
 c. Persiapan produksi
 d. Perencanaan produksi

30. Proses bisnis siklus produksi dibagi menjadi tahapan, yaitu ...

 a. Input, proses, output
 b. Bahan baku, tenaga kerja langsung, overhead pabrik
 c. Memberikan informasi biaya yang berkaitan dengan proses perencanaan, memberikan data biaya yang akurat mengenai produk, mengumpulkan informasi yang digunakan untuk menghitung persediaan
 d. Desain produk, perencanaan dan penjadwalan, operasi produksi, akuntansi biaya

31. Metode perencanaan produksi yang mencari pola keseimbangan antara kapasitas produksi yang ada dan kebutuhan bahan baku untuk memenuhi perkiraan permintaan penjualan adalah ...

 a. Material Requirements Planning (MRP)
 b. Just In Time (JIT)
 c. Economic Order Quantity (EOQ)
 d. Work in process

32. Peran akuntan dalam perencanaan dan penjadwalan adalah ...

 a. Mengintegrasikan informasi dari siklus pendapatan, pengeluaran dan produksi
 b. Membantu perusahaan untuk memilih antara metode MRP atau JIT untuk melihat metode manakah yang lebih tepat untuk perencanaan dan penjadwalan produksi perusahaan
 c. Memberikan data biaya yang akurat mengenai produk untuk digunakan dalam menetapkan harga serta keputusan bauran produk
 d. Mengumpulkan dan memproses informasi yang digunakan untuk menghitung persediaan serta harga produk penjualan yang muncul di laporan keuangan perusahaan

33. Dalam mencegah resiko kelebihan dan kekurangan produksi, maka dibutuhkan ...

 a. Pengumpulan data yang akurat tentang hubungan antara komponen dengan barang jadi
 b. Pengesehan pelepasan bahan baku ke bagian produksi
 c. Pengotomatisasian pengumpulan data dengan memanfaatkan teknologi informasi
 d. Prediksi penjualan yang akurat disertai dengan data persediaan yang memadai untuk merencanakan proses produksi yang baik

34. Aktifitas pembayaran pajak dan premi asuransi selesai dilakukan ketika ...

 a. Membayarkan gaji ke masing-masing pegawai
 b. Sudah dinyatakan besaran pembayaran sesuai dengan yang seharusnya
 c. Dicatat waktu kerja setiap pegawai
 d. Diotomatisasi untuk menghitung jumlah hak pendapatan setiap pegawai

35. Prosedur updating file pegawai dimaksudkan untuk ...

 a. Menyelesaikan perubahan yang terjadi, seperti bertambahnya atau berkurangnya pegawai dan perubahan tingka gaji
 b. Mendokumentasikan jumlah gaji yang dibayar
 c. Memberikan kontribusi atau menanggung keseluruhan pembayaran premi asuransi kesehatan, jiwa, maupun kecelakaan kerja untuk pegawai
 d. Menawarkan pada pegawainya rencana kompensasi fleksibel

36. Karakteristik updating potongan serupa dengan updating data induk penggajian, yaitu ...

 a. Perubahan tarif potongan akan mempengaruhi rate perhitungan gaji untuk masing-masing pegawai
 b. Perubahan kebijakan penggajian ataupun perubahan kebijakan kepegawaian
 c. Perhitungan terhadap besaran gaji yang akan diterima setiap pegawai berdasarkan data-data yang telah dimiliki
 d. Penyimpanan langsung gaji bersih ke rekening bank pribadi

37. Proses updating file induk penggajian dilakukan secara

 a. Tidak tetap
 b. Periodik
 c. Berangsur tidak pasti
 d. Perlahan

38. Prosedur pengendalian terbaik yang dapat dilakukan untuk mencegah kehilangan atau pengungkapan data tanpa otorisasi adalah ...

 a. Penggunaan pegawai independen untuk merekonsiliasi rekening bank untuk penggajian
 b. Penggunaan rekening kliring untuk penggajian
 c. Menggunakan sandi dan pengamanan secara fisik atas akses terhadap database yang berhubungan dengan pegawai
 d. Pembatasan akses terhadap cek penggajian kosong dan penandatanganan cek, penggunaan nomor cetak untuk semua cek penggajian dan perhitungan cek penggajian secara periodik

39. Secara umum, penggambaran aktivitas dari sistem pelaporan dimulai dari ...

 a. Penyesuaian terhadap transaksi tertentu
 b. Pengumpulan bukti transaksi yang sudah dilakukan masing-masing unit bisnis
 c. Penyusunan laporan keuangan sesuai kebutuhan dan sesuai dengan aturan akuntansi yang berlaku
 d. Pembuatan catatan dalam bentuk jurnal per transaksi

40. Transaksi yang mencerminkan berbagai kegiatan yang terjadi walaupun arus kas  belum diterima atau dikeluarkan secara tunai disebut …

 a. Unearn revenue
 b. Prepaid expenses
 c. Depreciation
 d. Accrued expenses

41. Laporan keuangan yang pertama dibuat dengan menggunakan data dari saldo akun pendapatan dan biaya di neraca saldo disesuaikan adalah ...

 a. Laporan manajerial
 b. Laporan laba rugi
 c. Laporan anggaran
 d. Laporan kinerja

42. Pengendalian edit input dan pemrosesan dilakukan misalnya dengan pemeriksaan saldo nol, yaitu untuk …

 a. Memverifikasi total debit sama dengan total kredit untuk sebuah jurnal
 b. Mendeteksi apabila kesalahan dibuat selama proses pembaruan buku besar
 c. Membandingkan saldo akun pengendali buku besar dengan saldo total buku besar pembantu terkait
 d. Membantu mengidentifikasi sumber kesalahan apapun yang terjadi dalam proses memperbaharui buku besar

43. Kehilangan data buku besar dapat diakibatkan gangguan yang tidak dapat diprediksi, yaitu ...

 a. Kerusakan teknis
 b. Kerusakan operasional
 c. Bencana alam
 d. Tidak ada jawaban yang benar


Petunjuk: Untuk soal nomor 44 dan 45, pilihlah:

A.JIKA 1) DAN 2) BENAR
B.JIKA 1) DAN 3) BENAR
C.JIKA 2) DAN 3) BENAR
D.JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR

44. Wilkinson, et al (2000) mengatakan bahwa pengendalian internal adalah suatu status bahwa manajemen bekerja keras untuk mencapai dan menyediakan jaminan yang beralasan agar tujuan perusahaan dapat tercapai. Tujuan pengendalian internal adalah ...

  1) Menjamin manajemen perusahaan agar tujuan perusahaan dapat tercapai
  2) Menjamin manajemen perusahaan agar laporan keuangan yang dihasilkan perusahaan dapat dipercaya
  3) Menjamin manajemen perusahaan agar kegiatan perusahaan sejalan dengan hukum dan kegiatan yang berlaku

45. Salah satu resiko yang dihadapi dalam siklus pendapatan adalah pesanan pelanggan yang tidak lengkap atau tidak akurat. Beberapa pengendalian yang dapat dilakukan diantaranya adalah ...

  1) Pemeriksaan kelengkapan untuk memastikan bahwa semua data yang dibutuhkan telah dimasukkan
  2) Uji kewajaran untuk membandingkan jumlah yang dipesan dengan catatan penjualan terdahulu
  3) Menelepon kembali pelanggan tersebut untuk memastikan pesanannya


Silahkan cek jawaban anda di halaman kunci jawaban soal latihan mandiri Sistem Informasi Akuntansi EKSI4312

Sumber latihan mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »