Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Public Speaking SKOM4312

7:54:00 am

Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Public Speaking SKOM4312 Universitas Terbuka yang berisi 45 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Public Speaking SKOM4312, Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%.

Kunci Jawaban Soal No. 1
A. Salah. Mempengaruhi dunia sekitar dimanifestasikan dalam bentuk menularkan ide kepada orang lain agar menerima dan melaksanakan ide kita.
B. Benar. Dengan kemampuan menyampaikan ide kepada orang lain secara  lebih efektif akan memperbesar kemungkinan ide kita diterima dan diterapkan.
C. Salah. Peningkatan karir dimanifestasikan misalnya dalam bentuk kemampuan mempresentasikan rencana kerja di hadapan atasan.
D. Salah. Tujuan utama penguasaan keterampilan public speaking bukan agar kita menjadi orang terkenal.

Kunci Jawaban Soal No. 2
A. Salah. Meyakinkan diri kita bahwa kita pasti bisa melakukan  public speaking merupakan salah satu aspek berpikiran positif.
B. Benar. Formula 5W+1H bermanfaat untuk memersiapkan siapa audiens kita, apa yang kita sampaikan, kapan, di mana, mengapa kita harus menyampaikan dan bagaimana cara menyampaikannya.
C. Salah. Berlatih mengucapkan kata-kata yag sulit merupakan sala satu aspek mempersiapkan diri dengan berlatih.
D. Salah. Membayangkan diri kita berada di atas panggung merupakan salah satu aspek menggunakan kekuatan visualisasi diri.

Kunci Jawaban Soal No. 3
A. Salah. Sebaiknya sebelum tampil, kita mengonsumsi air putih.
B. Salah. Pakaian baru berisiko untuk dikenakan saat berbicara di depan publik, karena kemungkinan bisa terjadi bahan kusut atau kurang pas di badan.
C. Benar. Melakukan kontak mata dengan audiens, bisa mengurangi rasa cemas, selain itu bisa menunjukkan rasa penghargaan kita kepada audiens.
D. Salah. Alat bantu visual hanya sebagai penunjang penampilan kita, kalau terlalu berlebihan justru akan mengganggu penyampaian pesan utama.

Kunci Jawaban Soal No. 4
A. Salah. Pihak-pihak yang bertikai saling beradu argumentasi untuk mempengaruhi keputusan hakim dan juri untuk memenangkan mereka  merupakan aplikasi public speaking di bidang hukum.
B. Salah. Kaum sofis banyak mengajarkan kemampuan menjadi pemimpin yang terdiri dari nilai-nilai positif, manajemen citra, dan pengembangan diri.
C. Salah. Berbagai puisi indah yang dihasilkan oleh kaum sofis  merupakan cara yang dilakukan kaum sofis untuk  menarik audiens.
D. Benar. Rapat besar kerap diadakan di tempat-tempat terbuka yang hanya boleh dihadiri oleh warga kelas atas untuk bisa berargumentasi yang akan menghasilkan keputtusan yang bersifat politis.

Kunci Jawaban Soal No. 5
A. Salah. Ethos berkenaan dengan kredibilitas pembicara.
B. Benar. Pathos adalah kemampuan seorang pembicara dalam menggugah emosi pendengar.
C. Salah. Logos berkenaan dengan pembuktian logika.
D. Salah. Nomos sama sekali tidak bertalian dengan pembuktian retorika.

Kunci Jawaban Soal No. 6
A. Benar. Tahap ini berhubungan erat dengan konsep logika (logos) dalam tiga pembuktian retorika, di mana pembicara menyusun berbagai argumen yang mendukung materi yang disampaikan.
B. Salah. Dispositio merupakan tahap penyusunan argumentasi yang terdiri atas introduksi, isi, dan simpulan.
C. Salah. Elucutio  menyangkut pemilihan bahasa yang dipakai, termasuk istilah yang dipakai serta kepantasan berbahasa.
D. Salah. Tahap Memoria adalah tahap di mana pembicara harus memiliki ingatan/pengetahuan tentang subyek atau materi yang disampaikan.

Kunci Jawaban Soal No. 7
A. Salah. Publik tidak selalu menentukan siapa pembicara sebuah kegiatan public speaking.
B. Benar. Publik akan menentukan apakah sebuah kegiatan ps sukses atau tidak, terutama jika pesan yang disampaikan diterima dengan baik oleh publik dan pembicara berhasil menggugah emosi publik.
C. Salah. Publik tidak menentukan materi publik speaking.
D. Salah. Publik belum tentu menentukan tempat dan waktu kegiatan publik speaking.

Kunci Jawaban Soal No. 8
A. Salah. Kita tidak dapat mengantisipasi keinginan publik sebelum kegiatan ps dilakukan.
B. Salah. Mempersiapkan materi secara baik adalah bagian dari tahapan publik speaking.
C. Salah. Bersikap memberikan perhatian pada publik bukan temasuk kategori keuntungan ”mendengarkan”
D. Benar. Dengan mendengarkan, kita akan tahu apa sebenarnya reaksi publik terhadap pesan kita dan apa yang menjadi keinginan mereka.

Kunci Jawaban Soal No. 9
A. Salah. Informasi yang meragukan tidak boleh disampaikan kepada publik.
B. Salah. Memanipulasi informasi berarti pembicara melakukan kebohongan publik.
C. Benar. Sebaiknya informasi yang meragukan tidak disampaikan agar tidak menimbulkan kekisruhan.
D. Salah. Meminta publik memastikan kebenaran informasi tersebut justru akan menurunkan kredibilitas pembicara.

Kunci Jawaban Soal No. 10
A. Benar. Orang penting yang hadir pada suatu acara, harus menapat kehormatan disapa secara khusus pada saat seorang pembicara mengawali pembicaraannya.
B. Salah. Seorang pembicara yang baik tidak perlu merasa harus mendapatkan posisi yang sama dengan orang penting yang hadir di acara tersebut.
C. Salah. Kredibilitas pembicara tidak ditentukan oleh siapa orang-orang penting yang pernah menjadi audiensnya.
D. Salah. Imbalan materi seorang pembicara tidak dipengaruhi oleh orang penting yang menjadi audiensnya.

Kunci Jawaban Soal No. 11
A. Salah. Penyajian argumentasi terlalu berat untuk dijadikan sebagai icebreaking, yang tepat adalah menyampaikan sebaiknya hal-hal yang ringan.
B. Salah. Memuji diri sendiri akan memberi kesan arogan dan over-confidece pada diri pembicara.
C. Salah. Audiens tidak akan merasa nyaman bila dievaluasi. Hal ini justru akan menimbulkan rasa tidak enak pada diri audiens.
D. Benar. Memulai pembicaraan dengan menyampaikan cerita lucu akan mencairkan suasana dan menjembatani gap yang mungkin ada antara pembicara dan audiens.

Kunci Jawaban Soal No. 12
A. Benar. Dengan mengomunikasikan pesan kita, kita bisa secara natural menyampaikan pesan dan memperhatikan  yang diberikan audiens.
B. Salah. Menjelaskan terkesan menggurui dan sifatnya satu arah.
C. Salah. Sekedar menyampaikan juga terkesan hanya  bersifat 1 arah.
D. Salah. Mengarahkan terkesan pembicara menggurui audiens.

Kunci Jawaban Soal No. 13
A. Salah. Hal yang menjadi pembicaraan hangat di masyarakat memang bagus untuk dijadikan topik pembicaraan. Namaun, jika seoramg pemula tidak menguasainya, sebaiknya tidak memilih topik ini, karena bisa menimbulkan maslah pada saat presentasi.
B. Salah. Belum tentu saran yang diberikan penyelenggara dikuasai oleh, sehingga akan bisa menimbulkan masalah pada saat presentasi.
C. Benar. Mengungkapkan sesuatu yang kita sukai dan atau kuasai, misalnya tentang hobi kita, tentang pengalaman kita, akan lebih mudah dan lebih natural disampaikan oleh seorang pemula.
D. Salah. Permintaan audiens bila tidak kita kuasasi justru bisa mempersulit kita.

Kunci Jawaban Soal No. 14
A. Salah. Ini merupakan metode pengalaman pribadi.
B. Benar. Meode brainstorming dilakukan dengan cara membuat pengelompokkan topik yang dibuat di dalam tabel-tabel.
C. Salah. Ini merupakan metode mencari referensi.
D. Salah. Ini merupakan metode menggali informasi melalui internet.

Kunci Jawaban Soal No. 15
A. Salah. Ini merupakan aspek kredibilitas pembicara di mata audiens.
B. Benar. Tampil apa adaya menunjukkan bahwa kita berani tampil sebagai diri  sendiri tanpa dibayangi-bayangi oleh sosok siapapun.
C. Salah. Ini merupakan aspek kita menyukai topik yang kita sampaikan.
D. Salah. Ini merupakan aspek kita menyukai topik audiens.

Kunci Jawaban Soal No. 16
A. Salah.
B. Salah.
C. Benar. Topik yang dipilih akan dipengaruhi oleh usia audiens, apakah kaum muda atau orang tua yang juga akan mempengaruhi gaya berbicara pembicara.
D. Salah.

Kunci Jawaban Soal No. 17
A. Salah. Pengaturan tempat presentasi dengan Theater style tidak mampu mengakomodasi kebutuhan audiens yang harus saling berdiskusi
B. Salah. Pengaturan tempat presentasi dengan Class room tidak mampu mengakomodasi kebutuhan audiens yang harus saling berdiskusi.
C. Benar. Pengaturan tempat presentasi dengan U shape akan memudahkan audiens dalam melakukan diskusi sepanjang acara presentasi.
D. Salah. Pengaturan tempat presentasi dengan Herring bone tidak mampu mengakomodasi kebutuhan audiens yang harus saling berdiskusi.

Kunci Jawaban Soal No. 18
A. Salah. Ini cara yang dilakukan untuk audiens dengan kategori friendly.
B. Benar. Bagi audiens yang berkatagori subordinate, mereka perlu diberi instruksi dan dimotivasi agar bekerja lebih baik. Untuk itu, pembicara perlu berbicara dengan cara yang energik dan semangat.
C. Salah. Ini cara yang dilakukan untuk audiens dengan kategori intelllectual.
D. Salah.Ini cara yang dilakukan untuk audiens dengan kategori dominant.

Kunci Jawaban Soal No. 19
A. Benar. Cara ini dilakukan agar audiens lebih memahami materi yang sudah kita sampaikan sebelumnya.
B. Salah. Cara dilakukan untuk menjawab pertanyaan publik yang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap.
C. Salah. Cara dilakukan untuk menjawab pertanyaan publik yang hanya ingin mencari perhatian di hadapan kita maupun publik lainnya
D. Salah. Cara dilakukan untuk menjawab pertanyaan publik yang ingin menguji kredibilitas kita.

Kunci Jawaban Soal No. 20
A. Salah. Hal ini akan memberi kesan pembicara tidak menghargai pertanyaan publik.
B. Salah. Memberi penjelasan materi di luar topik pembicaraan akan banyak membuang waktu dan fokus utama bisa tidak tercapai.
C. Benar. Jika pembicara memang tidak dapat menjawab pertanyaan publik, sebaiknya meminta maaf dan menjelaskan bahwa materi yang ditanyakan di luar topik pembicaraan.
D. Salah. Hal ini akan menjatuhkan kredibilitas pembicara.

Kunci Jawaban Soal No. 21
A. Benar. Kredibiltas penulis bisa dijadikan indikator validitas data yang kita gunakan sebagai sumber, misalnya artikel di jurnal yang telah melewati proses seleksi yang ketat.
B. Salah. Yang diperlukan adalah objektivitas informasi.
C. Salah. Data yang paling sering diakses belum tentu data yang valid.
D. Salah. Data yang masih belum banyak diacu belum tentu merupakan data yang bagus dan valid.

Kunci Jawaban Soal No. 22
A. Salah. Kredibilitas pembicara lebih dibuktikan dengan kemampuannya menyampaikan argumentasi yang valid.
B. Benar. Dengan pemberian contoh, publik bisa lebih memahami materi yang disampaikan pembicara.
C. Salah. Mempengaruhi publik dilakukan dengan penyajian argumentasi yang valid.
D. Salah. Seperti halnya kredibilitas, kualitas pembicara lebih ditentukan oleh kemampuannya menyajikan argumen/data yang valid. Akurat, dan relevan.

Kunci Jawaban Soal No. 23
A. Salah. Bagus atau tidaknya sebuah penelitian ditentukan oleh banyak faktor, bukan faktor populasi semata.
B. Salah. Ini bukan alasan yang baik, karena belum tentu di antara anggota populasi saling mengenal.
C. Salah. Dalam hal ini pembicara bukan mewakili kepentingan populasi.
D. Benar. Jika setiap setiap anggota populasi memperoleh kesempatan yang sama untuk diteliti, maka data yang diperoleh semakin valid dan mewakili kondisi populasi.

Kunci Jawaban Soal No. 24
A. Salah. Dalam hal ini, kesaksian dibagi dua kategori, yaitu saksi ahli dan saksi awam, tidak ada saksi biasa.
B. Salah. Dalam hal ini, kesaksian dibagi dua kategori, yaitu  dari saksi ahli dan dari saksi awam, tidak ada saksi umum.
C. Benar. Saksi ahli merupakan kesaksian dari pihak yang memiliki pengetahuan dan otoritas tertentu sehubungan dengan topik PS yang kita sampaikan diperoleh dari saksi ahli.
D. Salah. Kesaksian awam artinya kesaksian dari orang biasa yang memiliki kriteria serupa dengan kita, bukan orang terkemuka atau memiliki otoritas dalam topic tersebut.

Kunci Jawaban Soal No. 25
A. Benar. Pernyataan yang dramatis atau provokatif akan memusatkan perhatian dan ketertarikan audiens ke topik pembicaraan
B. Salah. Pernyataan yang menyejukkan belum tentu mampu membangkitkan ketertarikan audiens.
C. Salah. Pernyataan yang humoris belum tentu mampu membangkitkan ketertarikan audiens.
D. Salah. Pernyataan yang menenangkan belum tentu mampu membangkitkan ketertarikan audiens.

Kunci Jawaban Soal No. 26
A. Salah. Tes mikrofon dilakukan sebelum acara dimulai
B. Salah. Pembicara tidak perlu secara verbal meminta audiens untuk diam
C. Salah. Materi pembicaraan dicek pada tahap persiapan
D. Benar. Dengan diam dan menyebar pandangan, pembicara seakan-akan memberitahukan kepada seluruh public bahwa acara akan dimulai dan meminta perhatian mereka

Kunci Jawaban Soal No. 27
A. Salah. Belum tentu semua audiens mengetahui topik pembicaraan, seandainya pun mereka sudah mengetahui, pembicara tetap perlu menyampaikan topik.
B. Benar. Ini adalah cara untuk menyampaikan topik/judul presentasi sesuai dengan permintaan panitia.
C. Salah. Ungkapan ini belum menyampaikan topik/judul presentasi.
D. Salah. Topik pembicaraan sebaiknya sesuai dengan permintaan panitia, bukan berharap sesuai.

Kunci Jawaban Soal No. 28
A. Salah. Dalam menyampaikan humor, isi humor sebaiknya berkaitan dengan materi presentasi dan tidak mengandung unsur SARA.
B. Salah. Dalam menyampaikan humor, isi humor sebaiknya tidak mengandung unsur SARA.
C. Benar. Humor yang disampaikan tidak harus sampai membuat audiens tertawa terpingkal-pingkal.
D. Salah. Dalam menyampaikan humor, perlu disesuaikan dengan selera humor audiens.

Kunci Jawaban Soal No. 29
A. Salah. Pada metode kronologis, presentasi mengikuti waktu atau cerita tentang rentetan kejadiannya.
B. Benar. Pada metode spatial, presentasi diorganisasikan mengikuti pola arah, misalnya dari bawah ke atas, dari kiri ke kanan, dari dalam ke luar, dari kanan ke kiri, atau arah lainnya.
C. Salah. Pada metode sebab – akibat, presentasi diorganisasikan dengan main point yang menunjukan sebab dan akibatnya.
D. Salah. Pada metode masalah - solusi, presentasi dibuat dalam dua main points yaitu yang pertama menggambarkan masalah yang ada dan serius, di bagian ke dua mempresentasikan bagaimana solusi atas masalah tersebut.

Kunci Jawaban Soal No. 30
A. Salah. Ungkapan tersebut bukan bentuk ringkasan poin-poin utama.
B. Salah. Ungkapan tersebut bukan bentuk persuasi publik.
C. Benar. Ungkapan tersebut merupakan bentuk penyampaian harapan dengan pernyataan positif.
D. Salah. Ungkapan tersebut bukan bentuk pemberian reward and punishment.

Kunci Jawaban Soal No. 31
A. Salah. Table-top flip chart  adalah papan berukuran folio dengan penjepit kertas di atasnya digunakan oleh pembicara untuk memberikan informasi tambahan.
B. Salah. Hand-outs adalah materi yang disampaikan oleh pembicara kepada publik. Dapat dicetak dalam bentuk lembaran kertas atau dijilid bila jumlahnya banyak.
C. Salah. Kostum adalah penampilan khusus yang dikenakan oleh pembicara.
D. Benar. Alat bantu presentasi yang digunakan untuk mendemonstrasikan cara penggunaan, manfaat, dan bentuk suatu objek.

Kunci Jawaban Soal No. 32
A. Benar. Dalam slide gunakan tata bahasa yang baik, pilih kata-kata yang tepat dan dapat dimengerti publik
B. Salah. Penggunaan singkatan sebaiknya dihindari
C. Salah. Penggunaan gambar sesuai kebutuhan
D. Salah. Kata-kata tidak efektif dituangkan seluruhnya dalam slide

Kunci Jawaban Soal No. 33
A. Benar. Pembicara harus tetap menjaga pandangan dan melakukan kontak mata dengan seluruh audiens meskipun presentasi menggunakan alat bantu visual.
B. Salah. Berbicara dengan sebagian audiens akan membuat audiens lain merasa tidak dihargai.
C. Salah. Berkonsentrasi hanya dengan audiens yang masuk katagori VIP akan membuat audiens lain merasa tidak dihargai.
D. Salah. Berkonsentrasi pada materi di alat bantu berarti tidak berbicara dengan audiens.

Kunci Jawaban Soal No. 34
A. Salah. Meminta maaf untuk kesalahan yang belum dilakukan hanya menunjukkan rasa tidak percaya diri pembicara.
B. Benar. Kalimat pembukaan disampaikan secara meyakinkan menunjukkan rasa percaya diri pembicara.
C. Salah. Kata ganti “kita” tidak tepat digunakan, yang tepat adalah “kami”.
D. Salah. Kata ganti “aku” tidak tepat digunakan pada forum resmi, yang tepat adalah kata “saya”.

Kunci Jawaban Soal No. 35
A. Salah. Memandang hanya bagian dahi audiens akan membuat audiens merasa bahwa kita tidak sungguh-sungguh berbicara dengan mereka.
B. Salah. Hanya memandang audiens yang dikenal akan membuat audiens lain merasa tidak dihargai.
C. Salah. Menjaga pandangan hanya pada orang-orang penting yang hadir akan membuat audiens lain merasa tidak dihargai.
D. Benar. Pembicara harus mampu melakukan kontak mata dengan audiens. Jika grogi, kemampuian ini harus terus dilatih.

Kunci Jawaban Soal No. 36
A. Salah. Busana berwarna gelap lebih tepat dikenakan malam hari
B. Salah. Aksesoris sebaiknya tidak digunakan secara berlebihan
C. Benar. Warna mengkilat tidak tepat dikenakan pada pagi atau siang hari.
D. Salah. Formal atau tidaknya pakaian disesuaikan dengan acara.

Kunci Jawaban Soal No. 37
A. Benar. Simbol panah melengkung adalah simbol nada suara meninggi
B. Salah. Simbol garis miring adalah symbol jeda/pause
C. Salah. Simbol garis tegak dua sejajar adalah symbol titik
D. Salah. Simbol titik-titk adalah symbol berbicara lebih lambat

Kunci Jawaban Soal No. 38
A. Salah. Ketinggian nada suara.
B. Salah. Artikulasi adalah kejelasan pengucapan kata
C. Benar. Intonasi adalah irama suara
D. Salah. Volume adalah kekerasan suara.

Kunci Jawaban Soal No. 39
A. Salah. Materi yang bersifat abstrak bisa dimispersepsikan oleh audiens.
B. Salah. Cerita yang didramatisasi akan mengalihkan konsentrasi audiens.
C. Salah. Penggunaan bahasa teknis akan mempersulit audiens menangkap informasi yang disampaikan.
D. Benar. Materi harus disampaikan secara sederhana agar mudah dipahami audiens.

Kunci Jawaban Soal No. 40
A. Salah. Klasifikasi proses menginformasikan tentang serangkaian tindakan untuk menghasilkan sesuatu.
B. Salah. Klasifikasi peristiwa menginformasikan berbagai peristiwa, mulai dari peristiwa yang bersifat internasional, nasional sampai peristiwa lokal di lingkungan internal.
C. Salah. Klasifikasi konsep menginformasikan tentang pengetahuan, ide, prinsip, kepercayaan, dan sejenisnya.
D. Benar. Menginformasikan hal yang berhubungan dengan sesuatu yang berbentuk maupun tidak berbentuk, seperti: manusia, tempat, binatang, sesuatu yang bergerak, disebut klasifikasi objek.

Kunci Jawaban Soal No. 41
A Benar. kecakapan pembicara, pengalamannya dan pengetahuannya terhadap subjek adalah factor kompetensi yang mempengaruhi kredibilitas pembicara di mata audiens.
B Salah. faktor karakter yang mempengaruhi kredibilitas pembicara di mata audiens terkait dengan meliputi ketulusan pembicara dan keperdulian pembicara terhadap publik untuk bisa menerima informasi secara baik dan benar
C Salah. Itikad bukan faktor uatama yang mempengaruhi kredibilitas pembicara di mata audiens
D Salah. Penampilan bukan factor uatama yang mempengaruhi kredibilitas pembicara di mata audiens

Kunci Jawaban Soal No. 42
A. Salah. Bukti yang popular belum tentu bukti yang baik untuk diajukan.
B. Salah. Bukti yang fenomenal belum tentu baik untuk disampaikan.
C. Benar. Bukti-bukti yang spesifik lebih mempersuasi daripada bukti yang bersifat umum.
D. Salah. Bukti-bukti umum kurang bisa mempersuasi audiens.

Kunci Jawaban Soal No. 43
A. Benar. Audiens dipancing rasa takutnya dengan pernyataan akan bahaya rokok agar mereka menjauhi rokok.
B. Salah. Contoh kalimat tersebut tidak memancing rasa bangga audiens.
C. Salah. Contoh kalimat tersebut tidak memancing rasa belas kasihan audiens.
D. Salah. Contoh kalimat tersebut tidak memancing rasa marah audiens.

Kunci Jawaban Soal No. 44
A. Benar. Pada acara formal, penyebutan gelar secara lengkap akan menambah kredibilitas pembicara.
B. Salah. Status pernikahan bersifat pribadi, tidak perlu diinformasikan kepada audiens.
C. Salah. Usia bersifat pribadi, tidak perlu diinformasikan kepada audiens.
D. Salah. Nomor telepon selular bersifat pribadi, tidak perlu diinformasikan kepada audiens.

Kunci Jawaban Soal No. 45
A. Salah. Meringkas poin utama yang sudah diberikan bisa disampaikan pembicara pada penutup presentasi.
B. Salah. Menambah pernyataan yang bisa memperkuat isi bisa disampaikan pembicara pada penutup presentasi.
C. Salah. Menyampaikan kata-kata yang membuat publik mengingat dan terkesan dengan presentasi kita bisa disampaikan pembicara pada penutup presentasi.
D. Benar. Meminta maaf karena presentasi kita tidak sempurna bisa menurunkan kredibilitas pembicara.





Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »