Soal Latihan Mandiri Sistem Politik Indonesia ISIP4213

10:07:00 am

Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Sistem Politik Indonesia ISIP4213 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 50 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman kunci jawaban, jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%. Selamat Mengerjakan.


Soal Pilihan Ganda

Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1. Analisis sistem politik menurut David Easton mengandung kelemahan, diantaranya . . .

 A. terlalu spesifik, sehingga sulit diterapkan untuk menganalisis kebijakan makro  
 B. bebas nilai sehingga sulit mengoperasionalkan konsepnya  
 C. netral sehingga sulit dipetakan nilai-nilai yang dianutnya  
 D. tidak netral dan mengandung nilai-nilai liberal  

2. Sistem politik dapat pula merujuk pada interaksi dan hubungan antara aktor-aktor politik. Berikut yang tidak termasuk dalam aktor politik adalah . . .

 A. presiden  
 B. tokoh masyarakat  
 C. ketua partai politik  
 D. individu atau kelompok tertentu saja  

3. Setiap tanggal 17 Agustus, rakyat Indonesia selalu merayakan Hari Kemerdekaan sebagai haris besar nasional. Kegiatan seperti ini termasuk dalam kapabilitas sistem politik . . .

 A. regulatif  
 B. responsif  
 C. simbolik  
 D. ekstraktif  

4. Komunikasi politik merupakan salah satu fungsi input dari sistem politik ke komunikasi politik dapat berlangsung melalui berbagai cara, kecuali. . .

 A. keluarga  
 B. media massa  
 C. rapat tahunan partai politik  
 D. lobi politik yang dilakukan pejabat pemerintah  

5. Analisis struktural Almond tidak membantu kita dalam membandingkan sistem politik dengan sistem yang lain, namun analisis ini mempunyai kelebihan yang dapat membantu kita untuk . . .

 A. mengoperasionalkan konsep sistem politik sesuai faktor  
 B. melihat sistem politik suatu negara dalam acuan kerangka budaya  
 C. memberikan dasar acuan perbandingan sistem politik dari negara modern dan demokratis  
 D. melihat jumlah partai, bentuk pemerintahan, pengorganisasian badan eksekutif, legislatif, maupun yudikatif  

6. Ketika seseorang di dalam masyarakat mengalami suatu gejala politik, maka akan terbentuk peta kognitif atau tahapan psikologi politik yang menurut Austin Ranney terdiri atas . . .

 A. persepsi, konseptualisasi, dan afeksi  
 B. pengenalan, seleksi, dan institusionalisasi nilai  
 C. penyerapan, institusionalisasi, dan evaluasi  
 D. pengenalan, konseptualisasi, dan perilaku  

7. Ketika pemerintah mencari input untuk membuat regulasi pertanian, Pak Anwar tidak bersedia memberi masukan. Namun ketika kejadian itu sudah diputuskan, barulah Pak Anwar memberi perhatian, sadar bahwa kebijakan ini mempengaruhi nasibnya sebagai pengusaha. Sikap Pak Anwar ini menurut Almond dan Powell dapat dikategorikan ke dalam budaya politik . . .

 A. parokial  
 B. subjek  
 C partisipan  
 D. kognitif  

8. Pasar menjadi objek utama dalam studi ekonomi politik, sebab . . .

 A. negara dapat mempengaruhi pasar melalui kebijakan publik  
 B. Pasar dalam studi ekonomi politik mempunyai peranan yang lebih besar dibanding peran negara  
 C. negara dalam studi ekonomi politik mempunyai peranan yang lebih besar dibanding pasar  
 D. kedudukan pasar setara dengan fungsi negara  

9. Soekarno mengembangkan partisipasi politik masyarakat melalui mobilisasi secara halus melalui pidato-pidatonya yang mengandalkan pada . . .

 A. simbolisme dan kharisma  
 B. populisme dan simbolisme  
 C. populisme dan kharisma  
 D. kharisma dan tradisionalisme  

10. Berikut termasuk kebijakan massa mengembang pada masa Orde Baru, kecuali . . .

 A. pembatasan politik tidak berlaku bagi Golkar  
 B. masyarakat tidak memiliki hubungan dekat dengan partai politik  
 C. memperbolehkan partai politik memiliki perwakilan di tingkat kecamatan  
 D. memberikan kesempatan kepada Golkar untuk menjangkau masyarakat di tingkat desa  

11. Fenomena Golongan Putih (Golput) pada Pemilu Masa Reformasi 2004 semakin meningkat. Banyak anggota masyarakat tidak mau berpartisipasi kerana berbagai alasan, diantaranya alasan . . .

 A. politis, pragmatis, elitis, dan ideologis  
 B. politis, pragmatis, teknis, dan ideologis  
 C. pragmatis, elitis, teknis, dan ideologis  
 D. politis, pragmatis, teknis, dan elitis  

12. Siapapun yang memperoleh suara terbanyak dari suatu daerah pemilihan, maka yang bersangkutan akan menjadi pemenangnya dan mewakili daerah pemilihan tersebut. Asumsi ini merupakan prinsip dasar dari tipe umum pemilu sistem . . .

 A. distrik  
 B. proporsional  
 C. referendum  
 D. perwakilan berimbang  

13. Amerika Serikat dibagi atas beberapa distrik. Dalam pemilihan presiden, setiap distrik memilih seorang kandidat presiden. Pemenangnya adalah calon yang mempunyai jumlah suara terbesar. Sistem seperti ini disebut sistem pemilu distrik pada varian. . .

 A. First post the post plurality system  
 B. Absolute majority system  
 C. Preferential Ballot  
 D. Approval voting  

14. Setiap pemilih diberikan kebebasan seluas-luasnya untuk menyatakan preferensi politiknya kepada beberapa kandidat calon legislatif. Untuk selanjutnya ditetapkan electoral quota berdasar formula tertentu. Pemilih menentukan urutan prefensi dengan memberikan nomor dalam kotak suara di samping nama kandidat tersebut. Asumsi seperti ini mendasari sistem pemilu . . .

 A. Single Transferable Vote System  
 B. Preferential Ballot  
 C. Party List System  
 D. Approval System  

15. Kelemahan utama yang terdapat pada Pemilu legislatif 2004 di Indonesia antara lain . . .

 A. adanya ketentuan nomor urutjika tidak ada yang memperoleh Bilangan Pembagi Pemilih (BPP)  
 B. pemberlakuan ketentuan BPP  
 C. wakil rakyat relatif tidak dikenal masyarakat  
 D. memilih nama calon wakil rakyat  

16. Partai politik yang hidup pada masa Demokrasi Parlementer dengan basis ideologi nasional adalah . . .

 A. PSI  
 B. PNI  
 C. Masyumi  
 D. Syarikat Islam  

17. Peta politik di Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin diwarnai oleh tiga kekuatan politik utama, yaitu . . .

 A. Soekarno, NU, dan PKI  
 B. Soekarno, PNI, dan PKI  
 C. Soekarno, Masyumi, dan PKI  
 D. Soekarno, Angkatan Darat, dan PKI  

18. Pada mada Orde Baru, Golkar menyatakan dirinya bukan sebagai partai politik. Menurut pendapat Anda, hal ini adalah . . .

 A. Benar, sebab Golkar merupakan kelompok kepentingan  
 B. Benar, sebab Golkar memang tidak melakukan fungsi parpol  
 C. Salah, sebab Golkar melakukan fungsi dan peran parpol  
 D. Salah, sebab Golkar adalah kelompok organisasi profesional, fungsional, dan independen  

19. Dominasi perpol di era Reformasi dapat dilihat dari pernyataan di bawah ini, kecuali . . .

 A. kabinet hanya diisi dari kalangan perpol  
 B. calon presiden hanya dapat diajukan oleh parpol  
 C. calon wakil presiden hanya dapat diajukan oleh parpol  
 D. anggota parlemen minimal 2/3 dari parpol, dan maksimal 1/3 dari unsur DPD  

20. Volksraad pada masa pemerintahan kolonial Hindia Belanda tidak dapat menjalankan tugas dan fungsinya sebagai parlemen secara maksimal, sebab . . .

 A. Gubernur Jendral Hindia Belanda dikendalikan oleh pemerintah Belanda  
 B. Gubernur Jendral Hindia Belanda memiliki hak veto terhadap semua peraturan yang dihasilkan Volksraad  
 C. Volksraad dijalankan oleh pribumi yang intelek dan terpandang  
 D. Volksraad dikendalikan oleh Partai Politik yang berkuasa di Belanda  

21. Produktivitas anggota DPR periode 1971 - 1977 menurun dibanding dengan periode sebelumnya, sebab pada periode 1971 - 1977 sebagian hak DPR membuat undang-undang beralih ke . . .

 A. badan eksekutif  
 B. badan yudikatif  
 C. badan federatif  
 D. badan quasi parlemen  

22. Dominasi lembaga eksekutif pada bidang legislatif pada masa Demokrasi Pancasila ditunjukkan dalam . . .

 A. pelaksanaan kebijakan  
 B. penghakiman atas pelanggaran kebijakan  
 C. prakarsa pembuatan undang-undang  
 D. intervensi presiden atas keanggotaan DPR  

23. Politisasi partai politik terhadap birokrasi pada masa Demokrasi Parlementer berdampak pada munculnya . . .

 A. netralitas birokrasi  
 B. pengkotak-kotakan birokrasi berdasar ideologi  
 C. loyalitas birokrasi pada kepentingan masyarakat  
 D. loyalitas birokrasi pada pimpinan instansi bersangkutan  

24. Birokrasi pada Pasca Orde Baru bebas menyalurkan aspirasi politiknya. Ketentuan yang mengatur masalah netralitas birokrasi ini dituangkan dalam . . .

 A. Undang-Undang No. 12 tahun 1999  
 B. Undang-Undang No. 13 tahun 1999  
 C. Undang-Undang No. 43 tahun 1999  
 D. Undang-Undang No. 12 tahun 2003  

25. Ulf. Sundhaussen menyatakan ada berbagai faktor yang mendorong keterlibatan militer dalam politik, diantaranya . . .

 A. alasan eksternal di kalangan militer  
 B. ketiadaan nilai profesionalisme militer  
 C. kegagalan politisi sipil dalam mengelola sistem politik  
 D. ambisi kekuasaan yang tumbuh di kalangan elit militer  

26. Berikut ini termasuk faktor penunjang keterlibatan militer pada masa revolusi kemerdekaan, kecuali . . .

 A. struktur organisasi militer memberi kesempatan tentara untuk melakukan peran yang dilakukan oleh sipil  
 B. adanya pernyataan pemerintah sipil agar tentara terlibat dalam pemerintahan  
 C. perubahan sistem politik dari presidensil ke parlemen  
 D. kelemahan pemerintahan sipil karena situasi perang  

27. Keterlibatan militer di bidang politik pada masa Demokrasi Terpimpin tidak terlepas dari dukungan rakyat yang dilegitimasikan dalam program civic mission. Salah satu perwujudan civic mission ini adalah . . .

 A. melarang kegiatan PKI di Indonesia  
 B. melaksankan program pembangunan  
 C. berusaha menarik dukungan rakyat atas peran sosial politiknya  
 D. menunjukkan kekuatan fisik militer kepada Soekarno  

28. Kekuasaan yudikatif di Indonesia belum sepenuhnya bebas, pada hal ini merupakan syarat mutlak tercapainya masyarakat yang bebas di bawah aturan hukum. Kekuasaan yudikatif yang bebas di Indonesia dapat tercapai apabila . . .

 A. menghindari hakim dari pengaruh politik  
 B. kebebasan hakim tidak menjamin dari proses hukum  
 C. jabatan hakim didasarkan pada pemilihan  
 D. tidak ada jaminan pranata contempt of court  

29. Kekuasaan kehakiman yang bebas sulit ditegakkan di Indonesia sebab hal ini berkaitan dengan prinsip  . . . . yang  berlaku di Indonesia.

 A. pembagian kekuasaan  
 B. pemisahan kekuasaan  
 C. judicial review  
 D. contemt of court  

30. Dewasa ini banyak Peraturan Daerah yang bertetnangan dengan pearturan yang lebih tinggi, misalnya lahirnya Perda Kabupaten Tangerang tentang Kamtibmas yang justru membatasi perempuan untuk keluar malam. Hak untuk menguji secara material Perda tersebut merupakan tugas dari . . .

 A. DPRD Propinsi  
 B. Gubernur  
 C. MA  
 D. Mahkamah Konstitusi  

31. Pada masa reformasi sekarang ini, sangat dimungkinkan eksekutif dan/atau bersama legislatif menghasilkan undang-undang yang justru bertentangan dengan UUD. Lembaga yang berhak melakukan kontrol hukum terhadap produk undang-undang adalah . . .

 A. Mahkamah Agung  
 B. Mahkamah Konstitusi  
 C. DPRD Propinsi  
 D. Presiden  

32. Lembaga yang berhak mengusulkan pengangkatan hakim agung dan menjaga/menegakkan kehormatan, keluhuran martabat serta perilaku hakim adalah . . . .

 A. DPR  
 B. MA  
 C. Mahkamah Konstitusi  
 D. Komisi Yudisial  

33. Invasi tentara AS ke Irak terjadi pasca tragedi 11 September 2001 menunjukkan bahwa respons AS terhadap terorisme sebenarnya bertujuan untuk . . .

 A. menghancurkan pemeritnah Irak  
 B. menguasai sumber minyak di Irak  
 C. menghancurkan Islam fundamental  
 D. melindungi kepentingan nasional AS  

34. Latar belakang perebutan pengaruh antara amerika Serikat dan eks negara Uni Soviet pada masa Demokrasi Parlementer menunjukkan bahwa sebenarnya tujuan utama ini adalah . . .

 A. kerjasama salig megnuntungkan antara negara maju dan negara berkembang  
 B. pertentangan ideologia  
 C. perebutan dominasi  
 D. mengamankan kepentingan nasional negara berkembang  

35. Berdirinya perusahaan-perusahaan multinasional di Indonesia, seperti: PT Freeport Indonesia, PT Newmont, dan lain-lain seringkali menimbulkan perlawanan dengan masyarakat lokal. Perlawanan ini menunjukkkan bahwa penerapan model kapitalisme semu ini mempunyai kelemahan, diantaranya . . .

 A. hubungan ketergantungan teknologi dan modal asing dapat diputus  
 B. tidak ada transfer teknologi kepada SDM dan masyarakat lokal  
 C. pembagian kepentingan proposional antara kapitalis asing dan pemerintah  
 D. masyarakat kurang dilibatkan pada industri padat modal  

36. Meski Indonesia menerapkan Politik Bebas Aktif, namun pada tataran implementasinya seringkali condong pada negara maju. Sikap ini menunjukkan bahwa sebenarnya posisi tawar Pemerintah Indonesia dalam diplomasi internasional adalah . . .

 A. sangat kuat  
 B. sama kuat  
 C. lemah  
 D. mudah didekte  

37. Singapura pernah menuduh Indonesia sebagai sarang teroris pada masa Abdurrahman Wahid. Dalam menetralisir tuduhan ini maka yang dilakukan Presiden Megawati adalah . . .

 A. memperbaiki hubungan dengan Singapura  
 B. memperbaiki hubungan dengan AS  
 C. mempererat hubungan dengan negara-negara Timur Tengah  
 D. meperkuat militer dan ekonomi  

38. Isu-isu di Indonesia seperti: terorisme, pemekaran wilayah, pilkada, pemilihan presiden langsung, lingkungan, sebenarnya tidak terepas dari isu strategis politik luar negeri. Isu strategis ii dapat direspon pemerintah Indonesia sebab . . .

 A. pemerintah tidak ingin dikucilkan dalam pergaulan internasional  
 B. pemerintah tidak mempunyai posisi tawar yang kuat terhadap negara maju  
 C. pemeritnah sangat tergantung pada negara maju  
 D. pemerintah mempunyai kepentingan yang sama  


Untuk soal No. 39 sampai No. 50
Pilihlah A jika pilihan No. 1 dan 2 benar
Pilihlah B jika pilihan No. 1 dan 3 benar
Pilihlah C jika pilihan No. 2 dan 3 benar
Pilihlah D jika pilihan No. 1, 2, dan 3 benar


39. Kebijakan pajak merupakan output dari sistem politik, namun selanjutnya dapat menjadi input sistem ekonomi. Ciri yang membedakan antara sistem politik dengan sistem lainnya terletak pada adanya . . .

  1. identifikasi dan diferensiasi dalam sistem  
  2. input, output, dan integritas dalam sistem  
  3. konvensi dan lingkungan dalam sistem  

40. Berikut yang termasuk faktor penyebab munculnya input yagn berupa tuntutan ke dalam sistem politik adalah  . .

  1. tidak maksimalnya pelayanan yang diberikan pemeritnah  
  2. terenuhinya kebutuhan listrik dan telepon secara baik  
  3. kelangkaan sembako dan terbatasnya sumber energi  

41. Ada beberapa unsur yang berpengaruh dalam proses pembentukan budaya politik nasional. Unsur tersebut menurut Nazaruddin Sjamsuddin adalah  . . .

  1. Unsur sub-budaya politik atau budaya politik asal  
  2. Berbagai sub-budaya politik dari luar lingkungan tempat budaya politik asal itu berada  
  3. Budaya politik nasional itu sendiri  

42. Pada masa Demokrasi Liberal, Program Benteng yang memberikan hak-hak istimewa kepada para pengusaha pribumi dikategorikan . . .

  1. berhasil  
  2. tidak berhasil  
  3. gagal  

43. Strategi yang dipakai para teknokrat pada masa Orde Baru untuk mempercepat pemulihan ekonomi pasca Orde Lama adalah . . .

  1. institusionalisasi lembaga-lembaga perencanaan pembangunan dan restrukturisasi ekonomi  
  2. melakukan penjadwalan ulang utang luar negeri  
  3. mendorong investasi asing  

44. Presiden Megawati berhasil mempertahankan pola hubungan negara dan pasar yang sudah dijalin pada masa pemerintahan sebelumnya dengan cara . . .

  1. meningkatkan suku bunga Surat Berharga Bank Indonesia (SBI)  
  2. melanjutkan pinjaman luar negeri dari IMF  
  3. mengundang investasi swasta dan asing  

45. Partisipasi politik masyarakat Indonesia dalam beberapa Pilkada tahun 2008 berkisar antara 40 - 45%. Hal ini menunjukkan adanya sikap apatis dan sinis masyarakat terhadap politik. Menurut Milbrath, partisipasi politik yang bersifat negatif ini disebabkan karena . . .

  1. tidak adanya perangsang  
  2. adanya komunikasi dua arah  
  3. adanya ketidakpuasan yang meluas di masyarakat  

46. Presiden Soekarno pada masa Demokrasi Terpimpin mengangkat anggota-anggota DPR-GR melalui Keputusan Presiden. Sebab pada masa demokrasi terpimpin . . .

  1. kekuasaan terpusat di tangan presiden  
  2. kekuasaan terpusat di tangan DPR-GR  
  3. pemegang kekuasaan tertinggi di tangan presiden  

47. MPR sesuai hasil amandemen UUD 1945 tidak lagi menjadi lembaga tertinggi negara, sebab . . .

  1. adanya sistem perwakilan dua kamar (bicameral system) merubah struktur hubungan antara berbagai lembaga negara  
  2. fungsi MPR telah digantikan oleh fungsi DPD  
  3. fungsi legislatif dan eksekutif menjadi setara  

48. Berikut ini termasuk faktor penyebab jatuhnya kabinet dalam masa Demokrasi Parlementer yaitu . . .

  1. adanya oposisi dari luar parlemen  
  2. adanya oposisi dari dalam parlemen  
  3. mudah retaknya koalisi dalam kabinet  

49. Dukungan birokrasi pada Golkar pada masa Orde Baru diwujudkan dalam berbagai bentuk, diantaranya . . .

  1. dukungan dana dan kepaniteraan dalam pemilu  
  2. dukungan pemberian suara dalam pemilu  
  3. dukungan kesamaan ideologi antara Golkar dan pegnuasa  

50. Pada masa transisi/pasca Orde baru, demiliterisasi dilakukan dengan berbagai pola di antaranya mencegah . . .

  1. military overreach  
  2. subjective civilian control  
  3. role sharing civil-militer  


Untuk mengetahui jawabannya silahkan buka halaman Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Sistem Politik Indonesia ISIP4213

Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka


Artikel Terkait

Previous
Next Post »