Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Ekologi Tumbuhan BIOL4411

6:22:00 am
Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Ekologi Tumbuhan BIOL4411

Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Ekologi Tumbuhan BIOL4411 Universitas Terbuka yang berisi 45 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Ekologi Tumbuhan BIOL4411, Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%.


Kunci Jawaban Soal Latihan No. 1
A. benar, karena Aksi : pengaruh lingkungan fisik (suhu udara, pH tanah, atau fotoperiodesitas) terhadap makhluk hidup. Reaksi : hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan fisiknya, misalnya penutupan terhadap sinar matahari atau struktur dan formasi tanah. Koaksi : hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan makhluk hidup dalam suatu komunitas yang berpengaruh terhadap habitatnya, misalnya antara tumbuhan dengan hewan parasit pada daunnya dalam bentuk kompetisi, atau parasitisme.
B. salah, karena adaptasi bukan merupakan jenis interaksi melainkan usaha penyesuaian makhluk hidup di dalam lingkungan tempat hidupnya untuk memperbaiki kesempatan sintasan atau kelangsungan hidupnya, yang akhirnya meneruskan sifat penyesuaiannya kepada turunannya.
C. salah, karena toleransi bukan merupakan jenis interaksi melainkan kemampuan makhluk hidup untuk menahan dan menyintasi kisaran tertentu dalam keadaan ekstrem.
D. salah, karena adaptasi bukan merupakan jenis interaksi melainkan usaha penyesuaian makhluk hidup di dalam lingkungan tempat hidupnya untuk memperbaiki kesempatan sintasan atau kelangsungan hidupnya, yang akhirnya meneruskan sifat penyesuaiannya kepada turunannya.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 2
A. benar, karena matematika, statistik, fisika, dan kimia termasuk dalam ilmu pengetahuan alam.
B. salah, karena taksonomi dan struktur tumbuhan tidak termasuk dalam ilmu pengetahuan alam, namun termasuk dalam ilmu-ilmu biologi selain ekologi.
C. salah, karena fitogenetika dan biogeografi tidak termasuk dalam ilmu pengetahuan alam, namun termasuk dalam ilmu-ilmu biologi selain ekologi.
D. salah, karena ilmu tanah, geologi, dan geomorfologi tidak termasuk dalam ilmu pengetahuan alam, namun termasuk dalam ilmu tanah, geologi, dan geomorfologi.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 3
A. salah, karena inovatif artinya pengelolaan sumber daya alam yang bersifat pembaruan (kreasi baru), belum tentu untuk kepentingan manusia banyak dan boleh jadi tidak memperhatikan aspek pengelolaan lingkungan, dan pelestarian alam.
B. benar, karena antroposentris memiliki arti sebagian besar untuk kepentingan manusia, terutama untuk pemanfaatan sumber daya alam, pengelolaan lingkungan, dan pelestarian alam.
C. salah, karena kasualistik artinya pemanfaatan sumber daya alam yang bersifat secara kebetulan, tanpa adanya perencanaan pemanfaatan baik terhadap pengelolaan lingkungan maupun untuk keperluan manusia.
D. salah, karena konservatif artinya pemanfaatan sumber daya alam yang bersifat mempertahankan keadaan, kebiasaan, dan tradisi yang berlaku. Pada umumnya tidak bersifat inovatif dalam bidang pengelolaan sumber daya alam.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 4
A. salah, karena jawabannya kurang lengkap
B. salah, karena jawabannya kurang lengkap
C. salah, karena jawabannya kurang lengkap
D. benar, karena yang dimaksud dengan lingkungan biotik adalah semua makhluk hidup yang terdapat di bumi. Sedangkan yang dimaksud dengan lingkungan abiotik adalah komponen habitat dan lingkungan sekitarnya, yang terdiri atas lingkungan daratan (litosfer), lingkungan perairan (hidrosfer), dan lingkungan udara (atmosfer).

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 5
A. salah, karena proses fotosintesis termasuk dalam fungsi ekosistem.
B. salah, karena proses dekomposisi termasuk dalam fungsi ekosistem.
C. salah, karena proses daur biogeokimiawi termasuk dalam fungsi ekosistem.
D. benar, karena ketidak-seimbangan antar komponen bukan termasuk dalam fungsi ekosistem, benarnya yang termasuk adalah keseimbangan antar komponen.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 6
A. salah, karena omnivora merupakan pengelompokan organisme berdasarkan sumber makanan yang dikonsumsi.
B. benar, karena sebagai makhluk konsumen manusia tidak mampu menghasilkan makanan sendiri sebagai sumber energi untuk kehidupannya.
C. salah, karena manusia bukan makhluk produsen yang mampu menghasilkan makanan sendiri sebagai sumber energi untuk kehidupannya. Adapun yang dimaksud makhluk produsen adalah tumbuhan hijau atau fitoplankton.
D. salah, karena manusia bukan termasuk makhluk produsen .

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 7
A. benar, karena Eichornia crassipes (eceng gondok) adalah tanaman yang memiliki habitat pada ekosistem perairan di sawah atau kolam.
B. salah, karena Manihot esculenta (ketela pohon) adalah tanaman yang memiliki habitat pada ekosistem daratan seperti tanah tegalan atau kebun yang tidak membutuhkan banyak air.
C. salah, karena Avicennia apiculata (api-api) adalah tanaman yang memiliki habitat pada ekosistem mangrove, yaitu habitat rawa payau yang terdapat di tepi pantai berlumpur di wilayah tropika.
D. salah, karena Mirabilis jalapa (bunga pukul empat) adalah tanaman yang memiliki habitat pada ekosistem daratan seperti tanah pekarangan yang tidak membutuhkan banyak air.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 8
A. salah, karena faktor geografis meliputi letak geografis, topografi, geologi, dan vulkanisme.
B. salah, karena faktor iklim meliputi cahaya, suhu, curah hujan, kelembaban udara, angin, gas udara.
C. benar, karena faktor edafis meliputi jenis tanah dan faktor fisik, sifat kimia, sifat biotik, erosi.
D. salah, karena jawabannya hanya faktor edafis.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 9
A. salah, karena toleransi terhadap bermacam-macam habitat disebut “Euri-ecious”.
B. salah, karena toleransi terhadap pH tanah beragam disebut “Euri-oksionik”.
C. salah, karena toleransi terhadap kelembaban udara disebut “Euri-higrik”.
D. benar, karena “Euri-halin” adalah bentuk toleransi terhadap kadar garam (salinitas) yang tinggi.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 10
A. benar, karena heliophyta adalah tumbuhan yang menyukai cahaya terbuka.
B. salah, karena sciophyta merupakan tumbuhan naungan atau tumbuhan lindung, contoh pohon kopi.
C. salah, karena calsiphyta merupakan tumbuhan yang menyukai tanah berkapur.
D. salah, karena  halophyta merupakan tumbuhan yang menyukai tanah bergaram.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 11
A. salah, karena Beta vulgaris termasuk dalam tumbuhan berhari panjang.
B. salah, karena Solanum tuberosum merupakan tumbuhan berhari panjang.
C. benar, karena Ipomoea batatas merupakan tumbuhan berhari pendek.
D. salah, karena Nicotiana tabacum merupakan tumbuhan netral.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 12
A. benar, karena jenis hubungan antara tumbuhan gulma (mis. Ageratum conyzoides) dengan tanaman teh termasuk dalam hubungan kompetisi, bersaing untuk mendapatkan air, unsur hara, mineral, dan ruang.
B. salah, karena alelopati merupakan persaingan antar tumbuhan yang menyebabkan beberapa jenis tumbuhan menghasilkan suatu zat kimia yang dapat menghambat tumbuhan lain.
C. salah, karena parasitik merupakan persaingan antar tumbuhan di mana tumbuhan parasit mendapatkan makanan dari tumbuhan inangnya.
D. salah, karena mikoriza merupakan persaingan antar tumbuhan di mana tumbuhan parasit mendapatkan makanan dari tumbuhan inangnya.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 13
A. salah, karena memanfaatkan secara optimal ruang/habitat yang menjadi tempat tumbuhnya merupakan salah satu manfaat habitat sebagai tempat tumbuh.
B. salah, karena meningkatkan pemanfaatan energi cahaya matahari merupakan salah satu manfaat habitat sebagai tempat tumbuh.
C. salah, karena memanfaatkan secara optimal nutrien dan unsur-unsur hara yang ada merupakan salah satu manfaat habitat sebagai tempat tumbuh.
D. benar, karena semua jawaban termasuk manfaat habitat sebagai tempat tumbuh bagi tumbuh-tumbuhan.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 14
A. salah, karena data statistik cenderung menggambarkan daftar jenis secara umum (manusia, barang, tumbuhan dll) di suatu daerah.
B. benar, karena data floristik menggambarkan daftar jenis-jenis tumbuhan yang ada dalam suatu komunitas di suatu daerah.
C. salah, karena data vegetasi menggambarkan banyaknya jenis vegetasi di suatu daerah.
D. salah, karena  data kelimpahan jenis menggambarkan banyak sedikitnya jenis tumbuhan di suatu habitat yang sangat ditentukan oleh frekuensi, kerapatan, dan penutupan tajuk.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 15
A. benar, karena hemikriptofit adalah kelompok tumbuhan yang mempunyai tunas atau pucuk yang tumbuh di permukaan tanah dan tunasnya dilindungi oleh bagian tumbuhan yang mati.
B. salah, karena kamaefit merupakan kelompok tumbuhan yang mempunyai tunas atau pucuk yang tumbuh dekat permukaan tanah (0-2 cm).
C. salah, karena fanerotif merupakan tumbuhan yang mempunyai tunas yang tumbuh > 25 cm di atas tanah.
D. salah, karena  hidrofit  adalah tumbuhan yang tumbuh di tempat habitat yang basah atau tumbuh di air, sebagian atau seluruhnya.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 16
A. salah, karena gas CO tidak pernah dilepas saat proses siklus karbon, gas ini cenderung dihasilkan oleh pembakaran kendaraan bermotor yang tidak sempurna.
B. benar, karena gas CO2 merupakan gas unsur kimia yang dilepas saat proses dekomposisi.
C. salah, karena gas hidrogen merupakan gas unsur kimia dalam proses fotosintesis.
D. salah, karena gas O2 merupakan gas unsur kimia yang dimanfaatkan untuk pernafasan, pembakaran, dan pembusukan sisa-sisa tumbuhan dan hewan.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 17
A. salah, karena susunan rantai makanannya terbalik.
B. salah, karena susunan rantai makanannya terbalik.
C. benar, karena tingkatan yang paling rendah adalah rerumputan dan semak yang merupakan produsen, diikuti oleh belalang sebagai herbivora (konsumen tingkat 1), katak sebagai konsumen tingkat 2, ular sebagai konsumen tingkat 3, dan burung elang sebagai konsumen tingkat tertinggi yaitu kelima.
D. salah, karena susunan rantai makanannya terbalik.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 18
A. benar, karena definisi fotosintesis nyata adalah kecepatan penyimpanan materi organik dalam jaringan tumbuhan, sebagai kelebihan materi organis yang dipakai untuk respirasi.
B. salah, karena produktivitas primer kotor merupakan kecepatan penyimpanan total fotosintesis termasuk pula materi organik yang digunakan dalam respirasi.
C. salah, karena produktivitas sekunder merupakan kecepatan penyimpanan energi potensial pada jenjang tropik konsumen dan pengurai.
D. salah, karena fotosintesis total identik dengan produktivitas primer kotor.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 19
A. salah, karena kelimpahan merupakan parameter untuk mengukur besarnya populasi dalam menentukan kerapatan populasi.
B. salah, karena kepadatan jumlah merupakan parameter untuk mengukur besarnya populasi dalam menentukan kerapatan populasi .
C. salah, karena kepadatan biomassa merupakan parameter untuk mengukur besarnya populasi dalam menentukan kerapatan populasi .
D. benar, karena semua jawaban merupakan parameter untuk mengukur besarnya populasi.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 20
A. salah, karena apabila natalitas < pertumbuhan artinya jumlah individu yang lahir lebih sedikit daripada individu yang tumbuh berkembang, sehingga berpengaruh terhadap penurunan kepadatan suatu populasi.
B. salah, karena apabila mortalitas dan imigrasi bertambah artinya jumlah individu yang mati dan yang berpindah bertambah, sehingga berpengaruh terhadap penurunan kepadatan suatu populasi.
C. benar, karena natalitas artinya salah satu sifat populasi untuk pertambahan individu  baru per satuan waktu melalui berbagai cara reproduksi. Sedangkan mortalitas merupakan kematian individu-individu di dalam populasi per satuan waktu. Apabila natalitas > mortalitas artinya jumlah individu yang lahir lebih banyak daripada individu yang mati, sehingga berpengaruh terhadap kenaikan kepadatan suatu populasi.
D. salah, karena  apabila natalitas dan imigrasi berkurang artinya jumlah individu yang lahir lebih sedikit dan yang berpindah berkurang, sehingga berpengaruh terhadap penurunan kepadatan suatu populasi.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 21
A. salah, karena piramida umur bentuk lonceng memberi gambaran proporsi yang seimbang antara individu kelompok umur dari yang muda, dewasa, dan tua, dengan laju pertumbuhan yang relatif stabil dan konstan.
B. benar, karena piramida umur bentuk lonceng memberi gambaran populasi dengan kelompok tumbuhan muda yang besar, memiliki laju natalitas yang tinggi, pola pertumbuhan populasi bentuk eksponensial.
C. salah, karena piramida umur bentuk kendi memberi gambaran populasi yang mempunyai persentase individu tumbuhan muda yang rendah dan bertambah besar pada individu dewasa dengan proporsi yang semakin kecil pada fase setelah produksi.
D. salah, karena  piramida umur bentuk lonceng dan kendi merupakan jawaban salah, apalagi kombinasinya.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 22
A. salah, karena pola distribusi spasial merupakan gambaran umum dari penyebaran individu populasi secara horizontal dalam suatu habitat.
B. salah, karena pola distribusi seragam terbentuk karena adanya persaingan yang ketat dan keras antar individu populasi sehingga mendorong untuk membagi ruang yang sama.
C. salah, karena pola distribusi berkelompok menggambarkan penyebaran individu dalam populasi yang bergerombol sebagai unit-unit populasi yang lebih kecil, contoh pada tanaman pisang (Musa paradisiaca).
D. benar, karena  pola distribusi random  meripakan pola sebaran individu yang jarang terjadi di alam dan hanya akan terjadi bila kondisi lingkungan individu dalam populasi cenderung homogen.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 23
A. salah, karena ekotipe klimatik disebabkan oleh pengaruh iklim seperti cahaya, suhu udara, air curah hujan atau angin.
B. benar, karena daya adaptasi dan reproduksi Euphorbia  thymifolia cenderung dipengaruhi oleh faktor lingkungan tanah seperti kelembaban tanah atau pH tanah maka termasuk dalam kelompok ekotipe edafik.
C. salah, karena ekotipe fisiologis dihasilkan oleh adanya perubahan faktor-faktor fisiologi seperti penyerapan air dan nutrien, atau fotoperiodisitas.
D. salah, karena ekotipe ketinggian dan garis lintang dihasilkan oleh faktor ketinggian lahan dan letak garis lintang.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 24
A. benar, karena perhitungan frekuensi relatif diperoleh dari prosentase perbandingan antara frekuensi satu jenis dengan frekuensi seluruh jenis.
B. salah, karena prosentase dari perbandingan jumlah individu dengan luas kuadrat cenderung menunjukkan perhitungan kerapatan mutlak.
C. salah, karena perbandingan antar jumlah luas bidang dasar dengan luas unit sampel cenderung tidak menunjukkan perhitungan parameter ekologi.
D. salah, karena perbandingan antara jumlah kuadrat terdapatnya suatu jenis dengan jumlah seluruh unit sampel tidak menunjukkan perhitungan parameter ekologi.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 25
A. salah, karena metode titik menyinggung merupakan metode analisis vegetasi yang tidak menggunakan unit sampel/petak contoh (plotless).
B. salah, karena metode garis menyinggung merupakan metode analisis vegetasi yang tidak menggunakan unit sampel/petak contoh (plotless).
C. benar, karena kurva spesies area merupakan langkah awal dalam analisis vegetasi dengan memakai unit sampel/petak contoh berupa kuadrat. Kurve spesies ini diperlukan untuk menetapkan luas atau besar minimum kuadrat dan jumlah minimum kuadratnya yang dapat mewakili wilayah yang akan diteliti.
D. salah, karena metode transek merupakan metode analisis vegetasi yang tidak menggunakan unit sampel/petak contoh (plotless).

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 26
A. salah, karena Hakea sp. merupakan contoh adaptasi struktural dan fungsional tumbuhan yang hidup di habitat gurun.
B. salah, karena Euphorbia tirucally merupakan contoh adaptasi struktural dan fungsional tumbuhan yang hidup di habitat gurun.
C. benar, karena interaksi yang terjadi antara semut yang hidup dan berada di pohon Acacia  sp. merupakan interaksi ‘koevolusioner’. Tumbuhan beradaptasi dengan membentuk rongga/naungan, sebaliknya kehadiran semut akan membantu tumbuhan dari pemangsa hewan herbivora.
D. salah, karena Ranunculus sp. merupakan contoh adaptasi secara umum untuk proses pertumbuhan dan reproduksi dengan berat biji yang berubah-ubah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 27
A. salah, karena oksilofita merupakan tumbuhan yang tumbuh di lingkungan habitat asam.
B. salah, karena litofita merupakan tumbuhan yang tumbuh di tanah berbatu-batu.
C. benar, karena psamofita merupakan tumbuhan yang mampu beradaptasi di tanah berpasir.
D. salah, karena khasmofita merupakan tumbuhan yang tumbuh di celah-celah batu.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 28
A. benar, karena Dipterocarpus spp. merupakan contoh tumbuhan evergreen yang memiliki kemampuan beradaptasi dengan memodifikasi struktural yang bersifat genetik dan menurun tetapi tidak terpengaruh oleh kondisi lingkungan.
B. salah, karena Equisetum sp.merupakan tumbuhan xerofit yang memodifikasi struktural karena kekeringan dan selalu berasosiasi dengan kondisi kering, karakter ini tidak menurun.
C. salah, karena Calotropis gigantea merupakan tumbuhan xerofit yang memodifikasi struktural karena kekeringan dan selalu berasosiasi dengan kondisi kering, karakter ini tidak menurun.
D. salah, karena karena Duranta sp.merupakan tumbuhan xerofit yang memodifikasi struktural karena kekeringan dan selalu berasosiasi dengan kondisi kering, karakter ini tidak menurun.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 29
A. salah, karena alpin merupakan komunitas rumput dan herba di daerah Arktik (Kutub Utara).
B. salah, karena arktik merupakan komunitas rumput dan herba di daerah puncak pegunungan Alpin.
C. salah, karena pasture merupakan vegetasi dengan tumbuh-tumbuhan yang lebih pendek daripada yang di lapangan rumput, dan habitatnya cenderung lebih terbuka.
D. benar, karena meadow adalah lapangan rumput yang merupakan penghubung antara jenis komunitas rumput yang tersusun dari tumbuhan mesofit dan hidrofit.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 30
A. salah, karena jenis tumbuhan yang dapat digunakan sebagai indikator pencemaran senyawa “peroxy-acetyl nitrite” adalah Chrysanthemum indicum.
B. benar, karena Gladiolus sp. merupakan jenis tumbuhan yang dapat digunakan sebagai indikator pencemaran hidrogen flourida.
C. salah, karena jenis tumbuhan yang dapat digunakan sebagai indikator pencemaran senyawa ozone adalah Pinus merkusii.
D. salah, karena jenis tumbuhan yang dapat digunakan sebagai indikator pencemaran senyawa halogen adalah lumut-lumutan dan lichennes.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 31
A. salah, karena menurut Kumar bioma adalah satuan daerah daratan yang luas di bumi yang bercirikan jenis tumbuhan yang dominan.
B. salah, karena menurut Wolf  bioma merupakan suatu tipe ekosistem dengan komunitas biotik yang serupa.
C. benar, karena menurut Sastrodinoto bioma merupakan suatu wilayah yang mirip dengan ekosistem dalam skala besar, dengan vegetasi yang spesifik dan dipengaruhi oleh faktor iklim.
D. salah, karena menurut Mc Naughton bioma merupakan suatu tipe ekosistem dengan komunitas biotik yang serupa.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 32
A. salah, karena hutan desidua merupakan tipe formasi terestris di biosfer yang memiliki musim berbeda seperti beriklim dingin, sedang atau panas, sehingga aktivitas biologi (proses fisiologi dan pertumbuhan) makhluk hidupnya cenderung mengikuti suatu pola musiman.
B. salah, karena hutan ugahari identik dengan hutan desidua.
C. salah, karena hutan gugur beriklim sedang identik dengah hutan ugahari dan hutan desidua.
D. benar, karena hutan konifer berbeda dengan ketiga hutan jawaban di atas, hutan ini didominasi oleh pepohonan berdaun berbentuk konifer/jarum, struktur hutannya serupa, hanya saja jenis tumbuhannya berbeda, aktivitas biologi makhluk hidupnya tidak mengikuti suatu pola musiman.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 33
A. salah, karena bentuk pertumbuhan roset kecil terjadi pada Ranunculus dan Hipochaeris sp.
B. salah, karena bentuk pertumbuhan rumput merumpun terjadi pada Festuca  sp. dan Muehlenbachia  sp.
C. salah, karena bentuk pertumbuhan perdu berdaun kecil terjadi pada Hypericum  sp
D. benar, karena bentuk pertumbuhan roset raksasa terjadi misalnya pada  Espletia sp. dan Senecio sp.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 34
A. salah, karena krummholz merupakan hutan kerdil beriklim sedang dengan konifer sebagai vegetasi klimaksnya. Lantai hutannya sering ditumbuhi rerumputan dan perdu. Seringkali hutan ini diselingi oleh daerah berupa jalur yang lebar terdiri dari campuran hutan meranggas dan hutan yang selalu hijau.
B. salah, karena hutan semak berduri kumunitas vegetasinya terdiri dari semak, perdu, dan pepohonan kerdil berduri. Vegetasi klimaksnya adalah tumbuhan berkayu rendah dengan berbagai ketinggian, bercabang, mempunyai tajuk dan pelapisan yang tidak teratur.
C. benar, karena chapparal merupakan tipe bioma yang terdapat di wilayah beriklim sedang yang sejuk, pada musim dingin memiliki curah hujan yang cukup banyak namun di musim panas sifatnya kering, contoh chapparal di Mexico. Vegetasi terdiri dari herba, semak atau pepohonan yang daunnya kecil, tebal dan keras, tertutup lilin, dan selalu hijau di musim dingin.
D. salah, karena hutan alpin terdapat di ketinggian 3000 m dengan vegetasi sebagian besar terdiri dari rumput, lumut, herba, dan semak.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 35
A. benar, karena habitat merupakan ciri-ciri letak geografis dari tempat tumbuh vegetasinya dan termasuk dalam kriteria berdasarkan bukan ciri tumbuhan.
B. salah, karena fisiogomis merupakan ciri-ciri bentuk hidup, struktur vegetasi, dan periodesitas musiman dan  termasuk dalam kriteria berdasarkan ciri tumbuhan.
C. salah, karena floristik merupakan ciri-ciri berdasarkan sedikit kelompok unit taksonomi (taksa) vegetasi yaitu 1-3 taksa atau sekumpulan taksa dan  termasuk dalam kriteria berdasarkan ciri tumbuhan.
D. salah, karena numerik merupakan ciri-ciri antara taksa yang berlainan dan  termasuk dalam kriteria berdasarkan ciri tumbuhan.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 36
A. benar, karena contoh formasi hutan yang merupakan tipe formasi daratan basah dan bersifat oligotrofik, adalah hutan gambut.
B. salah, karena hutan tanah kapur merupakan contoh formasi hutan yang merupakan tipe formasi daratan kering dan tanah kapur.
C. salah, karena hutan vegetasi “rheofit” merupakan contoh formasi hutan yang merupakan tipe formasi daratan basah dan bersifat deras.
D. salah, karena hutan hujan sub-alpin merupakan contoh formasi hutan yang merupakan tipe formasi daratan kering dengan elevasi 2400-4150 m.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 37
A. salah, karena hutan gambut memiliki ciri-ciri terdapat di wilayah dataran rendah yang lahannya rata, beriklim selalu basah dengan tanah tergenang air gambut, meskipun juga terdapat di Kalimantan Tengah.
B. benar, karena hutan kerangas memiliki ciri-ciri terdapat di dataran rendah beriklim selalu basah, tanah berpasir podzolik, terdapat di Kalimantan Tengah.
C. salah, karena hutan hujan tropika memiliki ciri-ciri terdapat di wilayah yang tanahnya kering dari bermacam-macam jenis tanah, meskipun juga terdapat di Kalimantan.
D. salah, karena hutan payau memiliki ciri-ciri terdapat di pantai yang terlindung atau muara sungai dan tidak dipengaruhi oleh iklim.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 38
A. benar, karena Alexannder von Humboldt adalah orang yang pada tahun 1808 pertama kali mengemukakan adanya distribusi tumbuhan di bumi.
B. salah, karena Brown dan Gibson adalah yang menyatakan karena gerakan lempengan bumi, daratan Gondwana mengalami pecah dan terpisah menjadi wilayah-wilayah.
C. salah, karena Polunin adalah memandang fitogeografi secara deskriptif.
D. salah, karena Shukla dan Chandel adalah yang medifinisikan “fitogeografi sebagai suatu kajian tentang migrasi dan penyebaran tumbuh-tumbuhan di daratan atau perairan”.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 39
A. salah, karena barier ekologi berperanan penting terhadap proses sebaran tumbuhan dan pembentukan spesies baru.
B. benar, karena secara spasial amplitudo ekologi suatu jenis tumbuhan akan ditentukan dan dipengaruhi oleh “genetic set up” (perangkat genetik).
C. salah, karena yang termasuk parameter ekologi adalah kerapatan, frekuensi, dominansi jenis
D. salah, karena sistem ekologi merupakan kajian tentang struktur ekosistem terdapat tiga hal yang menjadi kunci penelaahan ekologi yaitu individu (jenis atau spesies), populasi, dan komunitas tumbuhan.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 40
A. salah, karena jumlah zona vegetasinya seharusnya tiga.
B. salah, karena jumlah zona vegetasinya seharusnya tiga.
C. salah, karena jumlah zona vegetasinya seharusnya tiga.
D. benar, karena tiga zonasi distribusi flora adalah zona vegetasi bagian barat, zona vegetasi bagian timur, dan zona vegetasi peralihan.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 41
A. salah, karena Lepidodendron sp. merupakan fosil tumbuhan yang pernah ada di Sumatera.
B. benar, karena Dryobalanops spectabilis merupakan satu dari dua spesies anggota suku Dipterocarpaceae yang pernah ada di Jawa.
C. salah, karena Altingia excelsa merupakan fosil tumbuhan anggota suku Gramineae yang pernah ada di Jawa.
D. salah, karena Catanopsis javanica merupakan fosil tumbuhan anggota suku Gramineae yang pernah ada di Jawa.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 42
A. salah, karena Casuarina papuana merupakan jenis cemara yang tumbuh di daratan rendah Papua
B. salah, karena Vatica papuana merupakan anggota Dipterocarpaceae artinya bukan suku anggrek-anggrekan.
C. benar, karena Grammatophyllum papuanum merupakan jenis anggrek yang memiliki tubuh terbesar di dunia.
D. salah, karena Vanda tricolor jenis anggrek endemik di Jawa dan Bali.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 43
A. benar, karena Sumardja berpendapat dalam ekologi keanekaragaman hayati mencakup 3 macam keanekaragaman yaitu keanekaragaman jenis/spesies, keanekaragaman ekosistem, dan keanekaragaman genetik.
B. salah, karena keanekaragaman alfa, beta, gama adalah macam diversitas yang dikemukakan oleh Mc Naughton dan Wolf.
C. salah, karena keanekaragaman alfa1, alfa2, alfa3 tidak ada konsepnya.
D. salah, karena jumlah dan kelimpahan jenis merupakan unsur-unsur yang terdapat dalam keanekaragaman.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 44
A. salah, karena jawaban kurang lengkap.
B. salah, karena jawaban kurang lengkap.
C. salah, karena jawaban kurang lengkap.
D. benar, karena semua pernyataan pada jawaban A, B, dan C benar.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 45
A. salah, karena limbah padat dari pabrik tergolong dalam pencemaran yang disebabkan oleh limbah padat.
B. salah, karena larutan DDT tergolong dalam pencemaran yang disebabkan oleh limbah cair.
C. salah, karena asap dan debu dari pabrik semen tergolong dalam pencemaran yang disebabkan oleh emisi gas.
D. benar, karena suara bising mesin-mesin pabrik tergolong dalam pencemaran yang disebabkan oleh benda tanpa bobot.



Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »