Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Ekologi Hewan BIOL4412

12:13:00 am
Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Ekologi Hewan BIOL4412

Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Ekologi Hewan BIOL4412 Universitas Terbuka yang berisi 45 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Ekologi Hewan BIOL4412, Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 1
A. salah, karena Krebs berpendapat bahwa ekologi sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari dan menelaah secara ilmiah hubungan yang menentukan distribusi dan kelimpahan makhluk hidup.
B. benar, karena menurut Balgooyen agar batasan ekologi menjadi lebih operasional, maka ekologi didefinisikan sebagai kajian ilmiah yang menjelaskan interaksi komponen ekosistem dalam skala ruang dan waktu yang akan menentukan dan mempengaruhi secara probabilistik kelimpahan dan distribusi populasi suatu organisme.
C. salah, karena Kendeigh berpendapat bahwa ekologi adalah salah satu bagian utama dari ilmu biologi selain morfologi dan fisiologi.
D. salah, karena Earnest Haeckel berpendapat bahwa ekologi adalah kajian tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 2
A. salah, karena spesies saja kurang lengkap sebagai suatu rangkaian sistem biologi yang kompleks
B. salah, karena individu dan komunitas juga kurang lengkap sebagai suatu rangkaian sistem biologi yang kompleks
C. salah, karena jawaban spesies, populasi, dan komunitas juga kurang lengkap sebagai suatu rangkaian sistem biologi yang kompleks
D. benar, karena spektrum biologi merupakan unit-unit kehidupan (mulai dari atom sebagai penyusun materi terkecil, kemudian menjadi sel, spesies, populasi, komunitas, ekosistem sampai biosfer) yang terdapat diberbagai wilayah dan semuanya merupakan suatu rangkaian sistem biologi yang kompleks.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 3
A. salah, karena banteng termasuk dalam kelompok hewan herbivora perumput yaitu hewan yang memakan tumbuhan berupa rerumputan, herba, dan semak.
B. benar, karena jerapah termasuk dalam kelompok hewan herbivora perambah yaitu herbivora yang memakan daun, cabang, dan ranting tumbuhan berkayu.
C. salah, karena kerbau termasuk dalam kelompok hewan herbivora perumput yaitu hewan yang memakan tumbuhan berupa rerumputan, herba, dan semak.
D. salah, karena belalang termasuk dalam kelompok hewan herbivora perumput yaitu hewan yang memakan tumbuhan berupa rerumputan, herba, dan semak.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 4
A. salah, karena relung merupakan peran organisme di habitatnya.
B. salah, karena habitat merupakan suatu tempat yang menjadi tempat tinggal dan menjadi wilayah kehidupan hewan dan makhluk hidup lainnya.
C. benar, karena guild adalah sekelompok organisme yang mengeksploitasi sumber daya yang sama dengan cara yang serupa.
D. salah, karena niche merupakan peran organisme di habitatnya.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 5
A. salah, karena intraspesies merupakan interaksi yang berlangsung antara jenis biota yang sejenis maupun yang berlainan jenis.
B. benar, karena cacing tanah berinteraksi dengan lingkungannya dengan cara mengeluarkan kotoran yang dapat menyuburkan tanah (habitatnya).
C. salah, karena non-trophic interaction merupakan interaksi yang tidak berhubungan dengan jenjang makanan seperti komensalisme, kompetisi, amensalisme, netralisme, polinasi, dan alelokimiawi.
D. salah, karena interspesies merupakan interaksi antar spesies baik sejenis maupun tidak sejenis yang didasarkan atas kebutuhan mendasar untuk keperluan hidup organisme dalam habitatnya.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 6
A. benar, karena genetics drift merupakan suatu perubahan secara acak frekuensi alel dalam suatu populasi sebagai akibat proses selektif segregasi frekuensi alel dalam gamet yang bersifat menurun dan berlangsung sepanjang waktu.
B. salah, karena inbreeding merupakan perkawinan atau berbiak antarhewan sejenis atau silang dalam.
C. salah, karena neighbourhoods merupakan reduksi populasi yang disebabkan kepadatan populasi sehingga terjadi persilangan atau kawin dengan individu tetangga terdekat yang pada akhirnya mungkin tidak menghasilkan keturunan.
D. salah, karena bottleneck population merupakan reduksi populasi yang disebabkan bencana alam .

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 7
A. salah, karena definisi spesiasi awal tidak ada.
B. salah, karena alopatrik merupakan spesiasi yang terjadi karena adanya penghalang fisik seperti sungai, gunung, atau letak geografis.
C. salah, karena filetik merupakan proses yang diduga penyebab pembentukan spesies baru yaitu informasi genetik tertentu.
D. benar, karena simpatrik merupakan spesiasi yang dialami spesies-spesies dalam populasi yang telah mengalami interbreeding awal.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 8
A. benar, karena ayam prairi merupakan contoh kepunahan spesies disebabkan oleh perubahan secara acak antar spesies-spesies dalam populasi atau lingkungannya (kepunahan stokastik).
B. salah, karena burung sparrow merupakan contoh kepunahan spesies yang disebabkan oleh beberapa penyebab atau perubah tanpa diikuti oleh perpindahan biota yang terkena pengaruh penyebab perubahan (kepunahan deterministik).
C. salah, karena burung hantu bercak merupakan contoh kepunahan deterministik.
D. salah, karena burung kesturi merupakan contoh karakteristik umur panjang sebagai salah satu penyebab kepunahan spesies.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 9
A. salah, karena babon merupakan contoh altruisme antara individu yang tidak berkerabat.
B. salah, karena rayap merupakan contoh altruisme dalam kasta.
C. benar, karena bajing tanah merupakan contoh altruisme antara individu yang berkerabat.
D. salah, karena tikus tanah Scalopus sp. merupakan contoh altruisme dalam kasta.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 10
A. benar, karena euryhaline merupakan suatu jenis, populasi, atau individu hewan yang mempunyai kisaran toleransi lebar terhadap salinitas.
B. salah, karena euryhydric merupakan suatu jenis, populasi, atau individu hewan yang mempunyai kisaran toleransi lebar terhadap air.
C. salah, karena euryphagic merupakan suatu jenis, populasi, atau individu hewan yang mempunyai kisaran toleransi lebar terhadap makanan.
D. salah, karena euryhydric merupakan suatu jenis, populasi, atau individu hewan yang mempunyai kisaran toleransi lebar terhadap relung atau habitat.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 11
A. salah, karena ‘dapat menjaga fungsi optimum enzim’ merupakan keuntungan dari regulator.
B. benar, karena ‘dapat mengurangi biaya homeostatis’ merupakan keuntungan conformer.
C. salah, karena ‘kinerja tidak tergantung pada kondisi lingkungan’ merupakan keuntungan dari regulator.
D. salah, karena ‘cenderung memperlihatkan batas toleransi yang lebih sempit’ merupakan keuntungan dari regulator.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 12
A. salah, karena jika distribusi acak sudah pasti teritori hewan pada kondisi lingkungan yang tidak homogen, sehingga individu mempunyai kesempatan yang sama untuk ditemukan di mana pun. Pada distribusi acak lokasi satu individu tidak tergantung pada lokasi individu lainnya.
B. benar, karena distribusi teratur umumnya mempunyai teritori hewan dengan kondisi lingkungan yang relatif homogen sehingga distribusi sumber daya merata dan terdapat interaksi negatif (antagonis) berupa persaingan antar individu di dalam populasi .
C. salah, karena distribusi mengelompok sudah pasti teritori hewan pada kondisi lingkungan yang tidak homogen, sehingga individu-individu ditemukan mengumpul bersama sebagai hasil dari respon hewan terhadap perbedaan habitat.
D. salah, karena distribusi campuran merupakan penggabungan antara distribusi acak, teratur, dan mengelompok, dan distribusi semacam ini tidak dikenal di dalam pola penyebaran.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 13
A. salah, karena kepadatan merupakan karakteristik populasi.
B. salah, karena dispersi merupakan karakteristik populasi.
C. salah, karena rasio kelamin merupakan karakteristik populasi.
D. benar, karena scavenger tidak termasuk dalam karakteristik populasi sebab scavanger adalah organisme yang memakan bangkai atau kotoran, misalnya burung pemakan bangkai, kumbang kotoran (Scarabagus sacer).

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 14
A. benar, karena rasio kelamin merupakan salah satu karakteristik populasi yang mencerminkan proporsi jantan terhadap betina dalam sebuah populasi, sehingga tidak terdapat dalam tabel kehidupan.
B. salah, karena kelangsungan hidup merupakan informasi nyata dan sistematis yang harus tersedia dalam tabel kehidupan.
C. salah, karena natalitas merupakan informasi nyata dan sistematis yang harus tersedia dalam tabel kehidupan.
D. salah, karena mortalitas merupakan informasi nyata dan sistematis yang harus tersedia dalam tabel kehidupan.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 15
A. salah, karena skedul kelangsungan hidup merupakan parameter untuk pembuatan sebuah tabel proyeksi populasi.
B. salah, karena skedul fekunditas merupakan parameter untuk pembuatan sebuah tabel proyeksi populasi.
C. benar, karena distribusi umur populasi bukan merupakan parameter pembuatan tabel proyeksi populasi tetapi sebagai penghitungan lebih lanjut dari hasil pembuatan tabel proyeksi .
D. salah, karena ‘proporsi hewan yang hidup pada setiap kelas umur pada tabel kehidupan’ merupakan parameter untuk pembuatan sebuah tabel proyeksi populasi.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 16
A. salah, karena emigrasi merupakan salah satu parameter yang menentukan besar kecilnya ukuran populasi.
B. salah, karena lahir merupakan salah satu parameter yang menentukan besar kecilnya ukuran populasi.
C. salah, karena mati merupakan salah satu parameter yang menentukan besar kecilnya ukuran populasi.
D. benar, karena kelangkaan bukan merupakan parameter yang menentukan besar kecilnya ukuran populasi, tetapi merupakan parameter untuk menentukan pola distribusi dan kepadatan hewan.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 17
A. salah, karena ciri-ciri hewan yang memiliki model pertumbuhan populasi kontinu adalah bereproduksi terus menerus dan mempunyai generasi tumpang tindih.
B. benar, karena hewan dengan ciri-ciri seperti pada soal 17 memiliki model pertumbuhan populasi diskrit.
C. salah, karena model stokastik adalah model yang akan memprediksi suatu hasil secara pasti dengan kondisi awal tertentu. Misalnya seekor betina tidak mesti menghasilkan satu keturunan, bisa saja tidak menghasilkan keturunan sama sekali.
D. salah, karena model logistik merupakan sebuah model pertumbuhan populasi yang terkait dengan kepadatan. Misalnya kepadatan serangga umumnya lebih tinggi daripada mamalia.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 18
A. salah, karena founder efect merupakan penyebab terjadinya degradasi genetik.
B. benar, karena environmental bukan merupakan penyebab terjadinya degradasi genetik, tetapi berkontribusi pada stokastisitas lingkungan.
C. salah, karena genetic drift merupakan penyebab terjadinya degradasi genetik.
D. salah, karena inbreeding merupakan penyebab terjadinya degradasi genetik.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 19
A. benar, karena laju reproduksi rendah bukan merupakan karakteristik tipikal dari jenis yang terseleksi r, tetapi merupakan tipikal dari jenis yang terseleksi k.
B. salah, karena berukuran kecil merupakan karakteristik tipikal dari jenis yang terseleksi r.
C. salah, karena tingkat kematian muda tinggi merupakan karakteristik tipikal dari jenis yang terseleksi r.
D. salah, karena kemampuan dispersal cepat merupakan karakteristik tipikal dari jenis yang terseleksi r.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 20
A. salah, karena populasi yang terkait kepadatan merupakan jawaban yang tidak jelas, tidak menunjukkan besar kecilnya kepadatan.
B. salah, karena populasi yang tidak terkait kepadatan merupakan jawaban tidak benar seharusnya populasi terkait kepadatan yang rendah.
C. benar, karena efek Allee terjadi pada kepadatan populasi yang rendah
D. salah, karena umumnya persaingan interferensi terjadi pada kepadatan populasi yang tinggi

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 21
A. salah, karena Nicholson merupakan orang yang paling teguh dalam mempertahankan konsep tentang faktor kematian terkait dengan kepadatan populasi.
B. benar, karena Smith merupakan orang pertama yang berpendapat faktor penyebab kematian terkait dengan kepadatan mempunyai efek fakultatif, sedangkan faktor yang tidak terkait dengan kepadatan memiliki pengaruh katastrofi.
C. salah, karena Andrewartha merupakan pembela konsep populasi makhluk hidup di alam diatur oleh faktor-faktor abiotik.
D. salah, karena Birch merupakan pembela konsep populasi makhluk hidup di alam diatur oleh faktor-faktor abiotik.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 22
A. salah, karena faktor kunci terkait dengan kepadatan populasi.
B. salah, karena terkait kepadatan populasi merupakan jawaban kurang tepat, soalnya kepadatan merupakan tujuan dari adanya faktor kunci sehingga apakah berubah atau tidak kepadatan populasi tersebut?
C. salah, karena faktor abiotik dapat dipastikan tidak terkait dengan ukuran populasi.
D. benar, karena faktor kunci merupakan faktor yang menjadi sumber kematian terbesar.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 23
A. salah, karena souce-sink merupakan konsep metapopulasi yang persistensinya tergantung pada keberadaan satu atau beberapa populasi yang tahan terhadap kepunahan.
B. benar, karena patchy merupakan konsep metapopulasi dispersal antarpopulasi atau antarrumpang sangat tinggi sehingga pengkoloni selalu menyelamatkan populasi dari kepunahan. Sehingga sistem ini merupakan sebuah populasi efektif yang tahan terhadap kepunahan.
C. salah, karena nonequilibrium merupakan konsep metapopulasi dimana kepunahan lokal terjadi sebagai bagian penurunan regional umum/menyeluruh.
D. salah, karena Levins merupakan konsep metapopulasi dimana kepunahan lokal terjadi sebagai bagian penurunan regional umum/menyeluruh namun terjadi rekolonisasi.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 24
A. benar, karena radiasi matahari jumlahnya tertentu di lingkungan sehingga tidak dapat tergantikan.
B. salah, karena air jumlahnya tidak terbatas dan dapat tergantikan melalui siklus penguapan.
C. salah, karena hewan jumlahnya tidak terbatas dan dapat tergantikan melalui perkawinan.
D. salah, karena tumbuhan juga termasuk dalam sumber daya yang dapat tergantikan melalui pertumbuhannya.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 25
A. salah, karena d < w menunjukkan semakin besar tumpang tindih relung sehingga semakin besar pula persaingan antarjenis.
B. salah, karena d > w menunjukkan semakin sedikit/kecil tumpang tindih relung sehingga semakin kecil pula persaingan antarjenis.
C. benar, karena d = 0 secara teoretis merupakan tumpang tindih relung yang sempurna, jadi akibat persaingan relung nyata kedua jenis menjadi lebih sempit atau ada pemisahan pemanfaatan sumber daya di antara jenis-jenis yang bersaing.
D. salah, karena d = 1 berarti sejenis makhluk hidup dapat berada di relung fundamennya dengan tanpa kehadiran jenis-jenis pesaing.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 26
A. benar, karena ‘latar belakang tempat’ bukan merupakan asosiasi aposematic tetapi merupakan crypsis bagi bunglon.
B. salah, karena racun sering kali merupakan asosiasi aposematic.
C. salah, karena bau busuk juga sering merupakan asosiasi aposematic.
D. salah, karena senjata dari mangsa juga merupakan asosiasi aposematic.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 27
A. salah, karena jumlah pemangsa dilambangkan oleh huruf C.
B. salah, karena jumlah mangsa dilambangkan oleh huruf N.
C. benar, karena laju serangan pemangsa dilambangkan oleh huruf a'.
D. salah, karena konsumsi mangsa oleh pemangsa dilambangkan oleh huruf a'CN.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 28
A. benar, karena laba-laba memakan sejumlah mangsa dengan proporsi konstan hingga mencapai tingkat kekenyangan termasuk dalam respon fungsional tipe I.
B. salah, karena pada respon fungsional tipe II hanya ditemukan pada pemangsa yang menyebabkan kematian maksimum pada kepadatan mangsa rendah, misalnya pada kebanyakan avertebrata.
C. salah, karena pada respon fungsional tipe III umumnya ditemukan pada pemangsa yang meningkatkan aktivitas pencarian dengan meningkatnya kepadatan mangsa, misalnya pada kebanyakan vertebrata.
D. salah, karena respon fungsional tipe IV tidak ada, menurut Holling (1959) hanya ada 3 tipe utama respon fungsional dari pemangsa.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 29
A. salah, karena superparasitisme merupakan parasitisme satu inang oleh banyak parasitoid dari jenis yang sama.
B. salah, karena kleptoparasitisme merupakan parasitisme terhadap inang yang telah terparasit oleh lebih dari satu jenis parasitoid primer.
C. salah, karena multiparasitisme merupakan parasitisme terhadap inang yang sama oleh lebih dari satu jenis parasitoid primer.
D. benar, karena adelphoparasitisme merupakan parasitisme dimana larva parasitoid jantan memparasiti larva betina dari jenisnya sendiri.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 30
A. salah, karena alkaloid merupakan kelompok senyawa yang mempunyai pertahanan kimia kualitatif.
B. benar, karena lignin merupakan kelompok senyawa yang mempunyai pertahanan kimia kuantitatif.
C. salah, karena terpenoid merupakan kelompok senyawa yang mempunyai pertahanan kimia kualitatif.
D. salah, karena piretroid merupakan kelompok senyawa yang mempunyai pertahanan kimia kualitatif.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 31
A. salah, karena Cactoblastis cactorum merupakan musuh alami kaktus Opuntia yang sempat menyebar cepat dan menjadi gulma tidak terkendali di Australia pada tahun 1925.
B. salah, karena Danaus plexippus merupakan contoh hewan yang memanfaatkan senyawa allelokimia untuk pertahanan diri
C. benar, karena Caryedes brasilliensis merupakan contoh hewan yang memanfaatkan senyawa allelokimia untuk sumber makanannya.
D. salah, karena Chrysolina quadrigemina merupakan kumbang dari Australia yang digunakan sebagai musuh alami tumbuhan Klamath (Hypericum perforatum) di Amerika Serikat pada tahun 1940 sebab sempat menyebar cepat dan menjadi gulma tidak terkendali.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 32
A. salah, karena mutualisme obligat merupakan hubungan timbal balik positif atau saling menguntungkan di antara dua jenis makhluk hidup sehingga tidak ada jenis yang dapat hidup tanpa jenis lainnya, jadi masih bersifat umum belum spesifik.
B. benar, karena hubungan antara mikroba pencerna selulosa di dalam saluran pencernaan rayap dan sapi merupakan mutualisme trofik dimana kedua jenis saling menolong untuk memperoleh makanan.
C. salah, karena mutualisme defensif melibatkan jenis yang menerima makanan atau tempat tinggal dari mitranya sebagai balasan untuk fungsi pertahanan yang diterima. Sehingga fungsi pertahanan dapat melindungi mitra yang satu dari herbivora, pemangsa, atau parasit. Misalnya antara semut dan pohon akasia.
D. salah, karena mutualisme dispersif melibatkan satu jenis makhluk hidup yang menukar makanan untuk pemencaran keturunannya oleh jenis lain, misalnya imbalan nektar untuk balasan dari pemindahan serbuk sari.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 33
A. salah, karena feromon merupakan bahan kimia yang disekresikan suatu makhluk sebagai pembawa pesan informasi kepada individu lain yang sering mengharuskan diberikannya responsi tertentu. Misalnya pada anjing yang sedang mengalami masa kawin.
B. salah, karena nekron merupakan bahan tumbuh dan makhluk mati lain sebelum didekomposisi menjadi humus.
C. salah, karena allomon merupakan kelompok allelokimia yang memberikan keuntungan adaptif pada organisme yang menghasilkannya.
D. benar, karena kairomon merupakan kelompok allelokimia yang memberikan keuntungan adaptif pada organisme yang menerimanya atau yang memakannya.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 34
A. salah, karena ‘mempunyai sifat umum yang memperlihatkan kehadiran bersama berbagai spesies biota’ merupakan salah satu konsep pengertian komunitas.
B. salah, karena ‘terdapat kumpulan spesies yang selalu hidup bersama dalam skala ruang dan waktu yang sama pula’ juga merupakan salah satu konsep pengertian komunitas.
C. benar, karena ‘mempunyai sejarah kehidupan sehingga dapat diprediksi model evolusinya’ bukan merupakan salah satu konsep pengertian komunitas, tetapi merupakan salah satu parameter pertumbuhan populasi.
D. salah, karena ‘berada dalam suatu keadaan keseimbangan dinamis, dan akan pulih kembali jika terganggu’ juga merupakan salah satu konsep pengertian komunitas.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 35
A. benar, karena kanopi pohon merupakan contoh habitat dari komunitas minor yang boleh jadi tidak memiliki komponen komunitas yang lengkap, misalnya tidak ada dekomposer.
B. salah, karena waduk merupakan contoh habitat dari komunitas mayor yang pada umumnya memiliki komponen komunitas yang lengkap sebagai produsen, konsumen, dan dekomposer.
C. salah, karena sungai juga merupakan contoh habitat dari komunitas mayor yang pada umumnya memiliki komponen komunitas yang lengkap sebagai produsen, konsumen, dan dekomposer.
D. salah, karena hutan gambut merupakan contoh habitat dari komunitas mayor yang pada umumnya memiliki komponen komunitas yang lengkap sebagai produsen, konsumen, dan dekomposer.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 36
A. benar, karena elastisitas resilien merupakan elastisitas komunitas untuk mengukur seberapa cepatkah suatu komunitas yang berubah dapat kembali seperti semula.
B. salah, karena amplitudo resilien merupakan resilien untuk mengukur seberapa besarkah amplitudo suatu komunitas yang mengalami perubahan dapat kembali seperti semula.
C. salah, karena resilien merupakan suatu kestabilan komunitas yang mempunyai kecenderungan berubah kembali seperti keadaan semula setelah mendapat gangguan.
D. salah, karena resisten merupakan suatu kestabilan komunitas yang cenderung tidak mengalami perubahan oleh adanya gangguan terhadap komunitasnya, yang tampak sebagai bentuk komunitas stabil yang seolah-olah tidak ada perubahan setelah mendapat gangguan.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 37
A. salah, karena suksesi alogenik merupakan proses suksesi yang dihasilkan dari perubahan komposisi spesies dan sifat-sifat lingkungannya oleh gaya eksternal geofisik.
B. benar, karena suksesi autogenik merupakan proses suksesi yang tahapan/sekuen perubahan suksesinya merupakan modifikasi dari proses biologi, kondisi lingkungan dan sumber daya.
C. salah, karena suksesi degradasi merupakan proses suksesi dalam waktu relatif singkat dan berhubungan dengan tahapan perubahan spesies-spesies yang mengalami degradasi (mati) seperti faeces, dan serasah.
D. salah, karena suksesi autotrof merupakan proses suksesi dimana jaringan dasar makanannya berasal dari organisme fotosintetik.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 38
A. benar, karena Mac Arthur and Wilson merupakan penyusun konsep tentang biogeografi pulau berkaitan dengan keseimbangan spesies. Disebutkan bahwa karakteristik kekayaan spesies yang terdapat pada sebuah pulau adalah fungsi dari luas pulau, topografi, dan ketinggian pulau, serta jaraknya dari sumber (daratan)”.
B. salah, karena Jones merupakan ahli yang mengelompokkan proses suksesi dalam 3 (tiga) tipe suksesi.
C. salah, karena Stiling adalah ahli yang berpendapat bahwa perubahan yang terjadi dalam komunitas umumnya disebabkan oleh bencana alam seperti kebakaran, overgrazing, serangan hama, penyakit atau parasit, dan erosi.
D. salah, karena Clemments merupakan pemrakarsa konsep suksesi yang menyebutkan bahwa dalam suksesi ekologi, proses suksesi vegetasi merupakan serangkaian perubahan awal dari komunitas vegetasi yang searah yang kemudian diikuti oleh perubahan makhluk lainnya.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 39
A. salah, karena yang termasuk dalam herbivora adalah hewan ternak, kelinci, ikan ‘herring’, belalang, dan copepoda.
B. benar, karena laba-laba termasuk dalam karnivora primer, dan selain laba-laba terdapat pula ikan, serigala, singa, dan burung insektivora.
C. salah, karena yang termasuk dalam karnivora sekunder adalah burung elang, anjing laut, barakuda, dan hiu.
D. salah, karena yang termasuk dalam omnivora adalah kepiting, sebgian besar burung, dan manusia.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 40
A. salah, karena jenjang makanan T5 jumlah individu, kalori, atau biomassa suatu organisme paling sedikit, rantai makanannya ditempati oleh dekomposer.
B. salah, karena jenjang makanan T3 jumlah individu, kalori, atau biomassa suatu organisme lebih sedikit dibanding T2, rantai makanannya ditempati oleh karnivora.
C. salah, karena jenjang makanan T2 jumlah individu, kalori, atau biomassa suatu organisme berada pada urutan kedua setelah T1, rantai makanannya ditempati oleh herbivora.
D. benar, karena T1 merupakan jumlah individu, kalori, atau biomassa suatu organisme yang paling besar, rantai makanannya ditempati oleh tumbuhan.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 41
A. salah, karena 40% merupakan nilai efisiensi asimilasi untuk avertebrata yang menempati jenjang makakan herbivora.
B. benar, karena 30% merupakan nilai efisiensi asimilasi dalam setiap jenjang makanan pada ekosistem laut.
C. salah, karena 80% merupakan nilai efisiensi asimilasi untuk avertebrata yang menempati jenjang makakan karnivora.
D. salah, karena 20% merupakan nilai efisiensi asimilasi untuk avertebrata yang menempati jenjang makakan dekomposer.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 42
A. salah, karena pada tahap asimilasi nitrogen sudah terbentuk nitrogen (nitrat, nitrit, dan amonia) yang selanjutnya diserap oleh tumbuhan hijau dan dikonfersi menjadi berbagai senyawa organik nitrat.
B. salah, karena tahap amonifikasi sudah menunjukkan adanya senyawa organik yang berasal dari tumbuhan dan hewan yang mati serta hasil ekskresinya, yang selanjutnya akan dimanfaatkan dan dimetabolisme oleh bakteri dan jamur aktinomisetes.
C. benar, karena tahap konversi nitrogen merupakan tahap nitrogen bebas di atmosfer difiksasi oleh berbagai organisme prokaryota menjadi senyawa nitrogen yang dapat dimanfaatkan oleh makhluk hidup.
D. salah, karena tahap nitrifikasi merupakan tahap di mana beberapa bakteri tertentu (Nitrosomonas, Nitrococcus, dan Nitrospira) yang terdapat dalam tanah dan perairan akan mengkonversi amonia menjadi nitrit dan nitrat.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 43
A. benar, karena menurut Camp “Sumber alam adalah objek, materi, makhluk hidup, atau energi yang terdapat di alam yang diperoleh manusia dan dimanfaatkannya”.
B. salah, karena Ireland berpendapat bahwa sumber daya alam adalah unsur-unsur lingkungan alam, baik fisik atau hayati yang diperlukan oleh manusia dan makhluk hidup lainnya untuk memenuhi kebutuhannya dan kelangsungan hidupnya.
C. salah, karena Turk berpendapat bahwa pemanfaatan sumber alam dan masalah lingkungan, sering terkait dengan beberapa hal yang memerlukan bantuan kajian ekologi, yaitu masalah: kelebihan penduduk, penurunan sumber alam, pencemaran, perubahan kondisi global, dan peperangan.
D. salah, karena Kumar berpendapat bahwa sumber alam dapat terdiri dari sumber alam hayati dan nonhayati, termasuk sumber alam mineral dan industri, kehidupan liar, pertanian dan kehutanan, termasuk bahan makanan yang diperoleh dari tumbuhan dan hewan serta perairan.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 44
A. salah, karena suku aborigin tinggal di Australia.
B. salah, karena suku bushman tinggal di barat daya Afrika.
C. salah, karena suku anak dalam tinggal di Sumatera
D. benar, karena suku pygmies tinggal di Afrika Tengah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 45
A. salah, karena ‘habitat dan spesies-spesies yang komersial’ merupakan ekosistem yang mempunyai nilai ekonomi tinggi.
B. salah, karena ‘spesies yang memiliki kepentingan dalam rekayasa genetika’ merupakan ekosistem yang mempunyai nilai ekonomi tinggi.
C. salah, karena ‘alokasi penangkapan paus biru’ merupakan tempat penangkapan ikan paus biru yang ditetapkan berdasarkan peraturan International Whaling Commission.
D. benar, karena hewan yang memiliki jenjang makanan tertinggi, seperti harimau, elang, dan ‘vulture’ merupakan habitat dan biota yang memiliki nilai estetika.



Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »