Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Drama PBIN4217

12:18:00 am
Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Drama PBIN421 Universitas Terbuka yang berisi 45 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Drama PBIN421. Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali.


Kunci Jawaban Soal Latihan No. 1
A. salah, karena teater adalah tempat pertunjukan bukan tempat kegiatan mengolah peran
B. benar, bahwa teater adalah tempat pertunjukan
C. salah, karena teater adalah tempat pertunjukan bukan peralatan pertunjukkan
D. salah, karena teater adalah tempat pertunjukan bukan pertunjukkan dan bukan tontonan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 2
A. benar, karena manfaat mempelajari drama salah satunya untuk meningkatkan keterampilan berbahasa lisan, sedang yang dicari yang bukan, jadi yang bukan adalah A
B. salah, menambah pengetahuan budaya merupakan salah satu manfaat mempelajari drama, sedangkan yang ditanya yang bukan manfaat
C. salah, karena mengembangkan daya kreasi siswa termasuk manfaat mempelajari drama
D. salah, karena mempermudah pembentukan watak termasuk manfaat mempelajari drama

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 3
A. salah, karena langkah 1  3 adalah langkah strategi analisis bukan strategi strata
B. salah, karena Langkah 2 sampai 4 merupakan langkah strategi analisis bukan langkah strategi strata
C. salah, karena strategi analisis dan strategi strata sama-sama melakukan langkah 1 dan 2
D. benar, ciri utama langkah strategi strata melakukan langkah keempat rekreasi yang terdapat pada langkah ke 4

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 4
A. salah, karena membaca naskah drama merupakan cara pembelajaran drama bagi siswa, sedangkan yang ditanya yang bukan pembelajaran drama bagi siswa SLTP/SLTA
B. salah, karena berlatih membawakan peran termasuk cara melakukan pembelajaran drama bagi siswa sedangkan yang ditanya yang bukan
C. benar, membiarkan siswa menampilkan adegan drama sesuai kemauannya sangat tidak dibenarkan dalam pembelajaran drama bagi siswa SLTP/SLTA
D. salah, karena melafalkan kata-kata sambil berlatih gerakan adalah cara melakukan pembelajaran drama yang dipersyaratkan sedangkan yang diminta adalah yang bukan termasuk dari melakukan pembelajaran drama

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 5
A. benar, sebuah pertunjukan yang ditujukan menyambut kelahiran seorang bayi disebut dalang jemblung
B. salah, Cepung adalah seni membaca kitab lontar yang diiringi musik bukan upacara kelahiran bayi
C. salah, Sinrili adalah pertunjukan cerita tutur yang diiringi rebab
D. salah, Kaba adalah cerita yang dituturkan oleh tukang kaba

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 6
A. salah, Randaiadalah teater rakyat dari Minangkabau bukan dari Betawi
B. salah, Cepung berasal dari Lombok yaitu seni membaca kitab lontar yang diiringi musik
C. salah, Bapandung adalah teater rakyat dari Kalimantan Selatan
D. benar, Lenong Blantek adalah teater rakyat dari Betawidengan pemakaian bahasa yang sangat kental

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 7
A. salah, karena pembaguan sastra menjadi a) kebangkitan dan b) pembangunan, dan masa 1950-1063 adalah Periode sastra tersebut menurut Boen Sri Oemaryati
B. benar, Periode sastra tersebut menurut Jakob Sumardjo
C. salah, karena Periode sastra Balai pustaka, Pujangga Baru, Angkatan 45, Angkatan 50 dan Angkatan 70an merupakan periodesasi sastra secara umum
D. salah, karena Periode sastra Nusantara Kuno, Nusantara Hindu, Nusantara Islam merupakan periodisasi sastra Nusantara

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 8
A. salah, karena Pujangga Baru ciri kemajuannya bersifat simbolik
B. salah, karena Drama Mutakhir berciri naskah setengah jadi
C. salah, karena Drama Sesudah Kemerdekaan hanya diperkuat oleh dua kubu yaitu lekra dan religius
D. benar, drama-drama Zaman Jepang berisi patriotisme dan cinta tanah air sehingga menyuarakan bangkitnya bangsa-bangsa Asia, perjuangan kemerdekaan Indonesia

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 9
A. benar, komedi kritikan dengan gaya humordan film Naga Bonar termasuk komedi
B. salah, karena farse termasuk yang cenderung fulgar dan konyol
C. salah, karena opera menggabungkan musik dan drama
D. salah, karena tragedi adalah drama yang mengisahkan kemuraman dan kesedihan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 10
A. salah, karena drama tragedi bersifat tragis
B. salah, komedi bersifat humor tetapi bukan ejekan terhadap kondisi manusia
C. salah, karena melodrama adalah  gabungan antara musik dan drama dan jalan ceritanya bervariasi tidak selalu komik
D. benar, farce adalah jenis drama yang bersifat komik, penuh ejekan terhadap kondisi seseorang

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 11
A. benar, karena ucapan tokoh memandang rendah dan jelek semua orang yang ada di desa.
B. salah, karena semua ucapan pelaku tidak ada pernyataan yang menunjukkan watak pengasih.
C. salah, karena watak humoris dinyatakan dengan ucapan-ucapan yang mengandung tawa.
D. salah, karena dari kutipan dialog menunjukkan kesombongan, bukan keseriusan.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 12
A. salah, cuplikan karya di atas tidak ada hubungangannya dengan biografi pengarang
B. salah, karena sisi pemikiran biasanya berhubungan dengan ilmu filsafat dan cabang-cabangnya. Kutipan di atas tidak mencerminkan pemikiran yang dalam terutama pada baris ke 3
C. benar, kutipan di atas mencerminkan kebiasaan hidup dan budaya kita sehari-hari yang seringkali bicara tanpa dipikirkan terlebih dahulu
D. salah, karena dari dialog tersebut tidak menunjukkan pendidikan tetapi pembicaraan yang tanpa dipikir

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 13
A. salah, karena mencari kata-kata yang bernuansa sastra hanya terdapat pada puisi
B. benar, menemukan diksi yang karakternya mempertentangkan antagoniis dan protogonis merupakan tujuan analisis unsur bahasa
C. salah, karena menemukan ciri drama dilihat dari sis sifatnya, seperti tragedi, komedi, melodrama dan force
D. salah, yang benar menemukan diksi yang karakternya mempertentangkan antagoniis dan protogonis

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 14
A. salah, karena kata bernuansa satra tidak selalu melambangkan karakter yang diucapkan
B. benar, fokus bahasa di dalam drama untuk mewujudkan ketepatan karakter antagonis dan protagonis
C. salah, keindahan karya drama dibangun oleh unsur intrinsik dan ekstrinsik drama
D. salah, karena fokus bahasa di dalam dialog drama untuk mewujudkan ketepatan karakter antagonis dan protagonis, bukan merekam drama

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 15
A. benar, karena tema adalah gagasan pokok yang penyampaiannya didukung oleh jalinan antar unsur drama
B. salah, karena gagasan pokok drama adalah premis bukan tema
C. salah, karena kerangka dasar drama adalah premis bukan tema, karena tema perlu dilihat hubungan antar unsur drama pada saat dipertunjukkan
D. salah, bagian-bagian drama tidak dapat dijadikan tema karena tema harus diwujudkan oleh jalinan antar unsur drama seperti unsur interinsik, ekstrinsik, dan unsur bahasa, ketiganya saling mendukung

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 16
A. benar, karena amanat bersifat objektif, sedangkan tema bersifat subjektif.
B. salah, karena teks bacaan dan makna teks merupakan wujud sebuah drama yang dibangun oleh tema dan amanat
C. salah, amanat merupakan penafsiran pembaca/penonton drama, sedangkan tema merupakan gagasan penulis drama, bukan gagasan pemain drama
D. salah, karena amanat bukan penafsiran penulis drama tetapi penafsiran pembaca atau penonton demikian juga tema merupakan gagasan penulis drama bukan gagasan penonton

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 17
A. salah, karena Ibrahim bukan hanya teguh pendirian tetapi keyakinan kepada Tuhan sangat kuat
B. salah, Ibrahim tidak egois tetapi taat pada perintah Tuhan.
C. salah, karena pesan yang ingin disampaikan pembaca bahwa menghadapi iblis harus teguh pendirian karena iblis akan melaporkan tipu daya diantaranya kelicikan
D. benar, lbrahim sangat tegas jika menyangkut perintah Tuhan seperti pada kutipan baris ke 3 dan ke 4

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 18
A. salah, karena menilai perilaku orang lain bukan termasuk cara mengenal diri
B. salah, karena meniru perilaku orang bukan termasuk cara mengenal diri sendiri
C. salah, karena mengamati semua yang ada di luar dirinya bukan cara mengenal diri sendiri
D. benar, tahapan ekspresi mengenal diri sendiri dilakukan dengan cara mencatat semua yang dirasakan diri setiap hari secara lengkap

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 19
A. salah, karena kesadaran Indra ditujukan untuk melatih panca indra dan tidak berhubungan dengan ekspresi memperbaiki penghayatan
B. benar, karena murni saat casting sudah menghayati tokoh yang diperankan, berarti ekspresinya sudah baik
C. salah, untuk menghayati peran pemain perlu melakukan berbagai latihan termasuk latihan pernapasan, tetapi pernapasan baik saja belum menjamin penghayatan menjadi baik
D. salah, karena improvisasi adalah mencipta, menyajikan sesuatu tanpa persiapan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 20
A. salah, karena ekspresi adalah penghayatan yang baik
B. benar, peristiwa tiba-tiba seperti adegan cerita tersebut sangat kuat improvisasinya
C. salah, karena gerakan tidak berhubungan dengan pernapasan
D. salah, karena laku adalah cara pemain melatih anggota tubuh untuk membantu kelenturan ekspresi

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 21
A. salah, pemunculan bukan untuk ucapan tetapi untuk tampilan
B. benar, pengucapan dengan tekanan keras dilakukan dengan menggunakan teknik memberi tekanan pada dinamik
C. salah, nada adalah tinggi rendahnya suara ketika seseorang berucap
D. salah, tempo adalah cepat atau lambatnya ucapan seseorang

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 22
A. salah, pementasan adalah hasil akhir dari proses drama bukan tahap mengubah skenario
B. salah, opsi B adalah langkah sebelum pernapasan
C. salah, opsi C merupakan proses sebelum pementasan
D. benar, bahwa pementasan drama adalah hasil perwujudan dari naskah yang dimainkan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 23
A. salah, karena tim artistik tidak bertugas memilih naskah, pemain, dan melatih para pemain
B. salah, pemain hanya bertugas memerankan tokoh
C. salah, pengurus produksi hanya bertangung jawab terhadap bagian administrasi dan perlengkapan
D. benar, yang mengurus semua komponen pementasan drama adalah tugas sutradara

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 24
A. salah, opsi A tidak hanya dilakukan di sekolah tetapi bisa juga di rumah
B. salah, opsi B merupakan tujuan semua kegiatan ekstrakurikuler di sekolah bukan hanya kegiatan drama
C. benar, tujuan teater sekolah untuk melatih pengalaman dan tanggung jawab kepada siswa
D. salah, ketidaksukaan pada kegiatan lain tidak mesti masuk kegiatan teater sekolah

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 25
A. salah, opsi A merupakan aturan umum pengetikan tulisan
B. salah, opsi B tidak selalu dapat di dramatisasikan
C. salah, naskah  yang terpilih tidak selalu merupakan pengalaman penulis
D. benar, karena naskah yang baik secara sastra adalah naskah yang, isinya baik dan mendidik.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 26
A. benar, Pada awalnya pantomim adalah acara selingan untuk menimbulkan gelak tawa penonton
B. salah, opsi B bisa juga dilakukan oleh binaragawan, dramawan, penari, dan lain-lain
C. salah, opsi C tidak berhubungan dengan sejarah pantomin yang ditujukan untuk selingan yang menghibur
D. salah, opsi D berhubungan dengan pengertian pantomin bukan berhubungan dengan sejarah pantomin

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 27
A. benar, manfaat pantomim agar gerakan tubuh dan tangan semakin luwes dan ekspresif
B. salah, menjiwai karakter tidak harus melalui pantomin
C. salah, opsi C dilakukan melalui berlatih laku dan ekspresi
D. salah, opsi D bukan tujuan pantomin

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 28
A. benar, improvisasi adalah kemampuan bermain pantomim
B. salah, opsi B kebalikan dari opsi A
C. salah, opsi C kebalikan dari opsi B
D. salah, opsi D kebalikan dari opsi A

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 29
A. salah, improvisasi adalah gerakan tiba-tiba
B. benar, Guru melatih kemampuan indra pengecap para siswa disamping indra-indra lainnnya
C. salah, sikap tubuh berhubungan dengan kelenturan tubuh bukan berhubungan dengan ekspresi
D. salah, emosi merupakan muara dari semua latihan yang diwujudkan dalam ekspresi

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 30
A. salah, drama panggung  sangat besar  resikonya terutama ekspresi  dan hapalan  dialog
B. benar, Resiko pada drama reading tidak sebesar drama panggung
C. salah, karena drama panggung lebih beresiko jika kurang hapalan dan kurang latihan
D. salah, pada drama reading yang dibutuhkan hanya ekspresi yang disesuaikan dengan suara

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 31
A. salah, yang menilai semua orang punya hak menulis
B. salah, yang menyiapkan  konsumsi  boleh sembarang orang
C. salah, tahap pementasan biasanya ditentukan oleh produser bukan sutradara
D. benar, bahwa peran sutradara adalah menggarap naskah, melatih pemain, dan mengarahkan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 32
A. salah, membedakan dialog tiap karakter pemain bukan hanya untuk pemain drama reading saja
B. salah, karena kiatnya menyebutkan nama tokoh yang diajak bicara bukan yang diperankan
C. salah, kiatnya menyebutkan nama tokoh yang diajak bicara
D. benar, agar drama reading memiliki kualitas, setiap pemain harus memiliki vokal yang baik dan mampu menghayati isi naskah.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 33
A. salah, perselisihan hanya terjadi antara pemeran antagonis dan protagonis
B. benar, tanpa konflik sebuah drama tidak pernah ada
C. salah, emosi pelakon akan terwujud sesuai dengan perannya
D. salah, peristiwa yang dialami pemain bukan bagian dari konflik di dalam drama

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 34
A. benar, bahwa motif bersumber pada kegiatan manusia, situasi fisik dan sosial, interaksi sosial, dan pola watak.
B. salah, karena aspek-aspek yang terdapat pada opsi B hanya merupakan bagian kecil dari sumber motif
C. salah, opsi C hanya merupakan bagian kecil dari sumber motif
D. salah, motif bersumber pada opsi A, sedangkan opsi B, C, dan D hanyalah penjelasan dari salah satu bagiannya

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 35
A. salah, dari kutipan opsi A tidak jelas menggambarkan keharusan memilih
B. salah, bukan gambaran  kedekatan tapi penyataan kekesalan
C. salah, penyataan gadis  sudah jelas  menggambarkan kriteria pria  pilihannya
D. benar, Nilai yang terkandung adalah dalam dialog tersebut adalah wanita tidak pernah suka pada pria lemah

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 36
A. salah, tidak semua  titipan cerita  memperburuk cerita yang disajikan
B. benar, Penyampaian nilai secara tidak langsung membuat cerita berjalan secara wajar karena lebih terpadu dan utuh
C. salah, karena menerka sendiri tidak selalu memuaskan penonton
D. salah, drama yang tidak baik ditandai muatan nilai yang terlalu langsung sehingga terkesan kasar

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 37
A. salah, Pada tahap penjelajahan guru menugasi siswa untuk membaca dan memahami teks drama bukan langsung ditugasi memerankan
B. benar, Tahap penjelajahan guru menugasi siswa untuk membaca dan memahami teks drama
C. salah, opsi C merupakan tahap penafsiran
D. salah, opsi D merupakan tahap rekreasi

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 38
A. salah,  membaca naskah drama adalah tahap penghayatan
B. benar, tahap interpretasi adalah tahap mencari informasi tentang kesan dan muatan karya tersebut melalui analisis terhadap unsur-unsur pembangun karya drama.
C. salah, pengubahan ke dalam bentuk lain adalah tahap rekreasi
D. salah, memerankan adalah aplikasi

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 39
A. benar, nilai yang baik jika pemain mampu menanggapi dialog lawan mainnya secara wajar dan tepat
B. salah, tidak mudah merespon lawan meskipun mendengarkan secara serius
C. salah, opsi C tidak menunjukkan daya tangkap pemain sudah baik
D. salah, dengan berusaha menghapal dialog sendiri berarti daya tanggap seorang pemain belum baik

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 40
A. benar, opsi A komponen yang harus ada pada format penilaian drama
B. salah, opsi B hanya bagian kecil yang dinilai dari keseluruhan penilaian
C. salah, opsi C bukan komponen format yang seharusnya digunakan untuk menilai pemain drama
D. salah, opsi D adalah komponen untuk penilaian puisi

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 41
A. salah, nilai Rubi  yang baik hanya pada kualitas ujaran saja
B. salah, Nilai Vena hanya baik dalam kerja sama, tempo permainan, dan kualitas ujaran
C. salah, nilai Arini memenuhi standar  bermain drama
D. benar, dari nilai rata-rata yang dihasilkan dapat disimpulkan Arini sudah mampu bermain drama

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 42
A. salah, karena tema dan alur merupakan dua hal yang berbeda
B. salah, karena metafisika justru mengarah ke hal yang tidak realistis
C. benar, karena drama nonkonvensional berciri pada hal-hal yang tidak nyata atau bersifat metafisika
D. salah, karena hal ini bertentangan dengan sifat metafisika

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 43
A. benar, guna menulis ringkasan untuk mengembangkan daya kreasi, konsentrasi, dan pemahaman pemain
B. salah, pemain harus membaca naskah aslinya untuk memancing penghayatan
C. salah, naskah asli harus dibaca untuk membuat ringkasan
D. salah, dengan membaca ringkasan berarti pemain tidak mungkin dapat menghayati, karena hanya dengan membaca naskah utuh naskah dapat diterjemahkan menjadi peran

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 44
A. salah, gagasan harus tetap mengikuti kalimat penulis asli naskah
B. salah, peringkas tidak boleh menafsir/mengubah dari makna aslinya
C. benar, salah satu cara adalah mengubah dari sudut pandang dari orang pertama menjadi orang ketiga
D. salah, penulis ringkasan tidak boleh mengubah hasil ringkasan dengan situasi yang dihadapi

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 45
A. salah, terjemahan harfiah adalah terjemahan kata demi kata
B. salah, alih bahasa adalah terjemahan satu bahasa ke bahasa lain sesuai isi
C. benar, menyadur artinya yang diambil hanya ide-ide pokoknya dan dikembangkan sesuai kreasi si penerjemah
D. salah, karena penerjemah dinamistetap mempertahankan makna kata teks secara keseluruhan


Sumber: latihan mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »