Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini PAUD4503

5:51:00 pm
Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini PAUD4503 Universitas Terbuka yang berisi 50 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini PAUD4503. Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 1
A. Salah, pernyataan tersebut tidak menunjukkan tentang 
B. Salah, pernyataan tersebut tidak menunjukkan ciri-ciri perkembangan 
C. Benar, asesmen di atas bertujuan untuk membuat perencanaan program 
D. Salah, pernyataan tersebut tidak menunjukkan identifikasi masalah perkembangan 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 2
A. Tepat! Pernyataan tersebut termasuk prinsip asesmen otentik 
B. Salah! Prinsip akurat adalah fakta disajikan dengan tepat dan lengkap 
C. Salah! Rahasia artinya informasi hanya diberikan pada pihak yang berhak saja 
D. Salah! Fair artinya terbuka 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 3
A. Salah! Koordinasi mata-tangan dan keterampilan visual motorik termasuk perkembangan motorik halus 
B. Benar! Perkembangan personal sosial diukur dengan cara melihat inisiatif, kemandirian, interaksi dan sikap empati anak terhadap teman. 
C. Salah! Observasi lingkungan, membedakan dan meniru perilaku termasuk perkembangan pemahaman situasi 
D. Salah! Makan, memakai sepatu dan membereskan mainan sendiri termasuk perkembangan menolong diri sendiri 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 4
A. Salah! Kolom rubrik justru sesuai untuk aanak usia dini 
B. Salah! Skala rating juga sesuai untuk anak usia dini 
C. Salah! Daftar ceklis juga sesuai untuk anak usia dini 
D. Benar! Tes tertulis tidak sesuai untuk asesmen anak usia dini 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 5
A. Salah! Kegiatan prereferal dilakukan dengan cara tim guru berdiskusi 
B. Salah! Tahap referal awal dilakukan bersama antara guru, orang tua, profesional, atau anak yang bersangkutan 
C. Benar! Pembahasan bersama antar ahli tersebut disebut evaluasi multidisipliner 
D. Salah! Konferensi kasus adalah pertemuan hasil temuan yang dihadiri guru, orang tua, anak, dan profesional 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 6
A. Salah! Pemaparan tersebut bersifat objektif dan tidak ada unsur perasaan dari penilai 
B. Salah! Pemaparan tersebut bersifat objektif dan tidak ada unsur perasaan dari penilai 
C. Salah! Pemaparan tersebut bersifat kurang lengkap 
D. Benar! Pernyataan tersebut merupakan narasi hasil observasi yang bersifat subjektif karena ada unsur perasaan atau dugaan dari penilai 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 7
A. Salah! Observing adalah proses mengumpulkan informasi melalui pengamatan 
B. Benar! Upaya mendokumentasikan hal yang kita amati dengan berbagai cara disebut komponen recording 
C. Salah! Interpreting adalah merefleksikan makna hal yang kita obervasi 
D. Salah! Tidak ada proses decoding dalam observasi 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 8
A. Tepat! Running record sesuai digunakan untuk membuat catatan yang bagus dan lengkap tentang perilaku 
B. Salah! Time sample digunakan untuk mencatat intensitas terjadinya perilaku tertentu 
C. Salah! Skala rating digunakan untuk mengevaluasi kemampuan anak dalam mencapai tujuan 
D. Salah! Event sample digunakan untuk memahami sebab dan waktu terjadinya perilaku tertentu 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 9
A. Salah! Running record ditandai dengan pencatatan perilaku pada jeda waktu tertentu. 
B. Salah! Catatan anekdot hanya mencatat perilaku tertentu secara singkat 
C. Benar! Narasi merupakan catatan perilaku anak secara lengkap dan rinci 
D. Salah! Time sampling merupakan catatan perilaku dan intensitasnya 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 10
A. Benar! Independen artinya anak tidak terlalu membutuhkan bantuan orang dewasa lagi 
B. Salah! Sosialisasi tidak berkaitan dengan kondisi tidak berdaya pada seorang anak, tapi berkaitan dengan school adjusment 
C. Salah! Rasa senang dengan keteranpilan baru berhubungan dengnan perkembagan konsep diri anak 
D. Salah! Sosialisasi anak berhubungan dengan peran motorik dalam penerimaan oleh teman sebaya 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 11
A. Benar! Otak besar bertugas menerima dan memproses informasi pengindraan 
B. Salah! Basal ganglia menyebabkan gerakan tanpa direncanakan terlebih dahulu 
C. Salah! Otak kecil mengatur pergerakan dan koordinasi seluruh tubuh 
D. Salah! Batang otak menyeleksi informasi dan membiarkan otak bereaksi sesuai kebutuhan 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 12
A. Salah! Reaksi mengedip terjadi jika bayi mendengar suara keras atau ada benda yang mendekat padanya dengan cepat. 
B. Benar! Refleks moro terjadi saat bayi melengkungkan punggung dan menggerakkan lengan dan tungkainya ke udara seolah-olah ingin meraih sesuatu 
C. Salah! Refleks menghisap menyebabkan bayi secara instink langsung dapat menyusu pada ibunya 
D. Salah! Refleks berdiri tidak pernah terjadi pada bayi 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 13
A. Benar! Mengamati suatu gerakan lalu dia memberi respon serupa dengan gerakan yang diamatinya disebut keterampilan imitasi. 
B. Salah! Manipulasi adalah keterampilan menggunakan konsep dalam melakukan suatu gerakan 
C. Salah! Artikulasi adalah merangkaikan bermacam gerakan secara berkesinambungan 
D. Salah! Presisi adalah melakukan suatu gerakan dengan benar dan teliti 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 14
A. Salah! merangkak dengan koordinasi yang lebih baik terjadi pada anak usia 9 bulan 
B. Salah! menunjukkan tanda-tanda awal untuk berjalan secara terjadi pada anak usia 12 bulan 
C. Salah! mengambil suatu benda di lantai tanpa jatuh terguling terjadi pada anak usia 15-18 bulan 
D. Benar! Anak usia 2,5  3 tahun sudah dapat melompat dari posisi berdiri dan mendarat tanpa jatuh 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 15
A. Benar! Anak usia 14 bulan sudah dapat memegang krayon dengan tangan, tidak langsung dimasukkan ke mulut 
B. Salah! memotong kertas menjadi 2 bagian dengan gunting meskipun belum rapi terjadi pada anak usia 2,5 -3 tahun 
C. Salah! menyusun balok kecil membuat menara atau gedung bertingkat terjadi pada anak usia 19-21 bulan 
D. Salah! menjulurkan tangan ke arah benda yang berada dalam jangkauan pandangannya terjadi pada anak usia 3 bulan 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 16
A. Benar! Memperhatikan masa peka anak termasuk aspek penilaian diri dalam mengases perkembangan fisik anak 
B. Salah! Masa peka anak tidak berkaitan dengan kesesuaian alat 
C. Salah! Respon anak berkaitan dengan reaksi dan tanggapan anak setelah melakukan kegiatan tertentu 
D. Salah! Masa peka anak tidak berkaitan dengan kesesuaian bahan 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 17
A. Salah! Pembandingan antara satu anak dengan anak lainnya justru menimbulkan kecemasan pada anak 
B. Salah! Individual bukan berarti hanya mengamati 1 anak saja setiap harinya 
C. Benar! Individual artinya dengan cara membandingkan perkembangan anak saat ini dengan sebelumnya 
D. Salah! Individual bukan berarti hanya mengamati perkembangan satu anak saja sepanjang tahun 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 18
A. Salah! Manfaat asesmen untuk anak tidak berkaitan dengan tujuan spesifik dari asesmen 
B. Salah! Reliabilitas dan validitas berhubungan dengan alat pengumpul data yang tepat dan dapat dipertanggungjawabkan 
C. Salah! Disesuaikan dengan kemampuan anak berhubungan dengan kegiatan yang dilaksanakan selama asesmen 
D. Benar! Manfaat asesmen untuk anak artinya asesmen harus membawa keuntungan bagi anak 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 19
A. Benar! Tugas atau tes lisan dari guru termasuk strategi teacher-designed measure 
B. Salah! Catatan harian merupakan kesan-kesan tentang perorangan maupun kelompok yang dicatat pada akhir kegiatan 
C. Salah! Check list perkembangan merupakan daftar indikator perkembangan anak dalam aspek perkembangan tertentu 
D. Salah! Skala sikap dibuat menurut tingkatan keberadaan perkembangan anak sebagai garis kontinum 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 20
A. Benar! mengobservasi dan memonitor anak dalam situasi formal dan informal termasuk tahap global assesment 
B. Salah! Screening assesment adalah tahap yang melilbatkan anak dalam tes yang telah distandardisasi 
C. Salah! Ongoing qualitative assesment melibatkan kegiatan monitoring dan observasi kualitatif pada berbagai area keterampilan 
D. Salah! Individual assesment berupa penggunaan ceklis untuk menemukan penyebab kesulitan anak 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 21
A. Benar! Tabel tersebut adalah instrumen check list 
B. Salah! Rubric biasanya dikembangkan untuk mengevaluasi asesmen otentik dan tampilan 
C. Salah! Rating scale hampir mirip dengan ceklis tapi memuat tingkatan perkembangan sebagai garis kontinum 
D. Salah! Decoding adalah catatan dengan memberikan kode pada aspek perkembangan tertentu yang diamati. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 22
A. Salah! menggoyang-goyangkan kerincingannya berulang-ulang termasuk reaksi sirkuler sekunder 
B. Salah! memasukkan benda yang dia pegang ke dalam mulut termasuk reaksi sirkuler sekunder 
C. Benar! Perilaku yang termasuk gerakan refleks adalah menggenggam erat jari-jari di tangannya sendiri 
D. Salah! menarik taplak meja untuk mengambil mainan di atasnya termasuk reaksi perilaku tersier 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 23
A. Benar! Anna masih berpikir berdasar persepsinya sendiri 
B. Salah! Egosentrisme artinya memandang segala sesuatu dari sudut pandangnya sendiri 
C. Salah! Uni dimensi artinya hanya berpikir pada salah 1 aspek saja, misalnya warna saja, atau bentuk saja 
D. Salah! Transduktif artinya adalah memahami hubungan sebab akibat secara sederhana dari sudut pandang saja 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 24
A. Salah! mengulang kegiatan yang pernah dia lakukan sebelumnya termasuk perilaku memecahkan masalah dalam menunjukkan keingintahuan 
B. Salah! menggunakan lebih dari 1 indera untuk mendapatkan informasi termasuk memecahkan masalah dalam hal mengamati dan menyelelidiki 
C. Salah! mencari benda yang hilang dengan cara yang sistematis termasuk memecahkan masalah dalam hal menunjukkan pikiran yang konstruktif 
D. Benar! Perilaku memecahkan masalah dalam membuat perkiraan dan rencana adalah memperkirakan serangkaian kejadian 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 25
A. Salah! Pernyataan tersebut tidak berkaitan dengnan penghargaan terhadap guru sebagai assesor 
B. Benar ! Asesmen yang dilakukan Bu Rossi telah melibatkan pendekatan yang konkret dan langsung dialami anak 
C. Salah! Pernyataan tersebut tidak menunjukkan pertimbangan pada perencana sebagai tujuan utama 
D. Salah! Pernyataan tersebut tidak menunjukkan contoh proses assesmen yang berkesinambungan 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 26
A. Salah! Menganalisis teori adalah mencari, mendeskripsikan, dan menyintesiskan teori yang bekaitan dengan perkembangan. 
B. Salah! Menyusun definisi operasional adalah membuat batasan aspek perkembangan kognit sehingga mudah diukur 
C. Benar! Membuat tabel yang terdiri dari kode, aspek, indikator, sub indikator, pertanyaan, dan jumlah item disebut menyusun kisi instrumen 
D. Salah! Membuat konstruk konseptual adalah mendefinisikan aspek perkembangan sesuai teori 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 27
A. Benar! Contoh perilaku kognitif anak usia 0-6 bulan adalah meniru ekspresi wajah orang dewasa yang dikenalnya 
B. Salah! Menunjuk pada suatu benda yang diinginkannya termasuk perilaku kognitif anak usia 6-12 bulan 
C. Salah! Memilih benda-benda dengan kategori tertentu termasuk perilaku kognitif anak usia 12-18 bulan 
D. Salah! Menemukan benda yang hilang dari pandangan termasuk perilaku kognitif anak usia 18-24 bulan 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 28
A. Salah! Penggambaran adalah menggambarkan suatu benda dengan ciri tertentu 
B. Benar! Pengidentifikasian misalnya dengan pemberian nama atau menjawab pertanyaan apa ini? 
C. Salah! Pengklasifikasian artinya mengelompokkan beberapa benda dengan kategori tertentu 
D. Salah! Penginterpretasian misalnya dengan menemukan sebab akibat atau menyusun fakta-fakta 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 29
A. Benar! Bermain cilukba merupakan cara mengases perkembangan kognitif bayi dalam hal mencari objek yang tidak terlihat 
B. Salah! mengulang perilaku terhadap tubuhnya sendiri dapat dilakukan dengan menyediakan berbagai mainan di dekat bayi 
C. Salah! Mengingat objek dalam waktu singkat dapat dilakukan dengan mengganti mianan yang tersedia lalu diperkenalkan kembali 
D. Salah! memanfaatkan benda untuk bermain pura-pura dilakukan dengan menyediakan mainan realistis, seperti cangkir untuk minum 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 30
A. Salah! Echolalia adalah menyebut ungkapan dengan satu suku kata saja, misalnya ma 
B. Benar! Pola ungkapan dengan satu kata dinamakan holophrases 
C. Salah! Vocables adalah suara mendekati kata tetapi dengan kreasi anak sendiri 
D. Salah! Gurgling artinya meraban 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 31
A. Salah! Gambar untuk bayi justru perlu berukuran besar 
B. Salah! Gambar untuk buku pada bayi sebaiknya tentang objek yang dia kenal 
C. Salah! Gambar untuk buku bayi perlu diwarnai dengan terang dan jelas 
D. Benar! Buku untuk bayi tidak perlu disertai tulisan kalimat utuh 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 32
A. Benar! Menangis dan bahasa isyarat termasuk perkembangan bahasa pra bicara. 
B. Salah! Tingkat pemunculan nama misalnya dengan anak mengatakan num, mik. 
C. Salah! Tingkat kombinasi kata misalnya anak mengatakan mama topi 
D. Salah! Tingkat tata bahasa misalnya dengan penggunaan kalimat dalam pola dan aturan 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 33
A. Salah! Penggunaan kata kepemilikan misalnya dengan mengatakan, Ini mamaku 
B. Benar! Rani sedang dalam perkembangan tata bahasa pengkoreksian ungkapan penggunaan kata. 
C. Salah! Contoh tersebut tidak memperlihatkan pengungkapan cerita oleh anak 
D. Salah! Pada contoh tersebut anak belum menggunakan kata depan 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 34
A. Salah! Pada contoh tersebut tidak terlihat upaya identifikasi konsep 
B. Benar! Kegiatan pengembangan bahasa tersebut melalui menghubungkan tema buku dengan kegiatan lain 
C. Salah! Pada contoh tersebut tidak terlilhat guru sedang merespon pertanyaan anak tentang isi buku 
D. Salah! Pada contoh tersebut tidak terlihat guru sedang meningkatkan pemahaman tentang aspek cerita dari buku 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 35
A. Salah! Contoh tersebut tidak menunjukkan penambahan informasi baru 
B. Benar! Strategi perkembangan bahasa tersebut menggunakan perluasan kalimat. 
C. Salah! Pengisian struktur percakapan adalah dengan melontarkan kalimat yang tidak lengkap untuk diteruskan anak 
D. Salah! Pembicaraan paralel adalah dengan memberikan informasi tambahan lain yang setara dengan kalimat sebelumnya, sesuai kalimat yang diucapkan anak 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 36
A. Salah! Sebagai pengets guru mengajukan pertanyaan yang bersifat mengecek 
B. Salah! Sebagai pengoreksi kesalahan guru membetulkan ucapan anak yang belum tepat 
C. Salah! Sebagai pengingat kesukaan guru dapat memulai percakapan dari hal-hal yang disukai anak 
D. Benar! Sebagai penolong guru membantu melengkapi kalimat anak saat anak menginginkan sesuatu. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 37
A. Salah! Menangis dengan cara yang berbeda belum diperlihatkan anak usia 4 bulan 
B. Benar! Menangis dengan cara yang berbeda merupakan ciri perkembangan bahasa anak usia 8 bulan 
C. Salah! Anak usia 12 bulan sudah mulai menagatkan satu suku kata, bukan hanya menangis keras 
D. Salah! Anak usia 18 bulan susdah dapat menggunakan kata sederhana untuk menyatakan kebutuhannya 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 38
A. Benar! Pengumpulan data dengan cara mencatat nama pertama anak tentang berbagai informasi masing-masing anak di kelas dikenal dengan metode daftar nama 
B. Salah! Jurnal refleksi adalah pengumpulan data dengan cara mencatat dalam buku harian anak yang bersifat pribadi 
C. Salah! Catatan anekdot adalah pencatatan kejadian secara detil pada seorang anak 
D. Salah! Perhitungan frekuensi adalah pencatatan tentang seringnya tingkah laku terjadi 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 39
A. Benar! Analisis data tersebut disebut reduksi data karena membuat ringkasan dari data asli 
B. Salah! Tabulasi data adalah membuat tampilan data dalam bentuk berbagai tabel, tapi tidak meringkas 
C. Salah! Analisis data adalah langkah umum setelah data dikumpulkan, dari reduksi data hingga kesimpulan 
D. Salah! Display data adalah penyajian data dalam bentuk berbagai grafik atau diagram 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 40
A. Salah! Pendidikan adalah hubungan antara anak dengan orang dewasa dengan maksud membantu anak tersebut mencapai kedewasaannya 
B. Benar! Kekuatan hubungan emosi antara ibu dan anak sebagai wujud kasih sayang yang saling menguntungkan dan keinginan untuk merawat kedekatan disebut kelekatan. 
C. Salah! Perlindungan biasanya dilakukan orang tua terhadap anaknya, terutama pada anak yang belum mandiri atau masih belum dewasa. 
D. Salah! Kenyamanan merupakan salah satu kebutuhan manusia, tetapi bukan pengertian dari pernyataan di atas. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 41
A. Benar! Anak masih egosentris, artinya kejadian dan situasi yang dialami orang lain dianggap sama dengan yang dialaminya 
B. Salah! Anak usia dini justru belum memahami kompetisi dalam kehidupan 
C. Salah! Paham individualis biasanya dimiliki orang dewasa denga penuh kesadaran, bukan anak-anak 
D. Salah! Anak usia dini memang dapat mengembangkan sikap kooperatif, tapi bukan itu yang dimaksud 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 42
A. Benar! Anak usia 8-12 bulan suka menonton dirinya sendiri di depan cermin 
B. Salah! menikmati keramaian dan bertepuk tangan bersama orang terlihat pada anak usia 12-18 bulan 
C. Salah! mengenali perbedaan anggota/bukan anggota keluarga terlihat pada anak usia 4-8 bulan 
D. Salah! kadang mengungkapkan emosinya dengan mengamuk terlihat pada anak usia 18-24 bulan 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 43
A. Benar! Salah satu kelebihan dari running record adalah mencatat kejadian alami dari anak secara rinci tiap saat 
B. Salah! Sulit bagi guru untuk mengetahui pikiran anak dengan metode running record 
C. Salah! Running record tidak disajikan secara narasi, sehingga datanya tidak selengkap narasi 
D. Salah! Running record tidak memfokuskan pada hasil karya, tetapi pada perilaku dan perkataan anak 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 44
A. Benar! Upaya tersebut termasuk reduksi data karena membuat ringkasan dari hasil pengamatan 
B. Salah! Pernyataan tersebut belum menunjukkan upaya penyajian data dalam berbagai grafik/diagram 
C. Salah! Pernyataan tersebut belum memberikan kesimpulan secara umum berdasarkan data yang dirujuk pada teori perkembangan 
D. Salah! Analisis data adalah langkah secara umum setelah pengambilan data, dari reduksi sampai verfifikasi data. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 45
A. Salah! Analisis adalah langkah awal setelah pengumpulan data dilakukan 
B. Benar! Langkah membuat penafsiran data yang telah dianalisis disebut interpretasi 
C. Salah! Sintesis adalah menggabungkan data yang sudah dianalisis sebelum dilakukan interpretasi 
D. Salah! Komunikasi adalah memberikan hasil pengamatan perkembangan tersebut secara apa adanya pada orang tua anak 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 46
A. Salah! Pernyataan tersebut tidak membicarakan tentang format pelaporan 
B. Salah! Pernyataan tersebut tidak membicarakan tentang isi laporan 
C. Benar! Upaya tersebut menjawab tentang bagaimana membantu pengguna menginterpretasi dan menggunakan laporan 
D. Salah! Pernyataan tersebut tidak membicarakan tentang pihak yang akan menerima laporan 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 47
A. Salah! Prediksi masa depan artinya laporan digunakan untuk memperkirakan bakat dan minat anak sebagai pijakan dasar dalam pemilihan karirnya 
B. Benar! Manfaat laporan untuk menentukan anak sudah atau belum siap masuk SD termasuk upaya seleksi dan sertifikasi 
C. Salah! Umpan balik pembelajaran artinya laporan digunakan untuk melakukan revisi terhadap rencana kegiatan pengembangan yang akan datang. 
D. Salah! Diagnosis perkembangan artinya dari laporan dapat terlihat gambaran kemajuan perkembangan anak dari waktu ke waktu 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 48
A. Benar! mudah berpindah perhatiannya termasuk dalam tingkat dan lama perhatian anak. 
B. Salah! Kemandirian artinya melihat kesanggupan anak untuk melakukan sesuatu sendiri tanpa bantuan 
C. Salah! Jumlah dan kualitas gerakan dapat dilihat dari aktif atau pasifnya gerakan yang dilakukan anak 
D. Salah! Komunikasi verbal dan nonverbal dilihat dari cara anak mengungkapkan kebutuhan dan gagasannya 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 49
A. Salah! Pertumbuhan fisik meliputi gambaran fisik dan kemampuan gerakan anak secara umum 
B. Benar! Kesukaan terhadap aktivitas, mainan, atau pengalaman tertentu disebut minat 
C. Salah! Perkembangan emosi meliputi kemampuan kontrol, cara berekspresi, dan reaksi terhadap aturan 
D. Salah! Penyesuaian sosial meliputi kemampuan memimpin, mengikuti aturan, berbagi, bekerja sama, dan bersikap santun pada orang tua 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 50
A. Benar! Pernyataan tersebut termasuk dalam pelaporan perkembangan bidang kesehatan anak. 
B. Salah! Pernyataan di atas tidak menunjukkan kegiatan rutin yang dilakukan anak 
C. Salah! Pernyataan di atas tidak menunjukkan kesukaan anak terhadap objek/kegiatan tertentu 
D. Salah! Pernyataan diatas tidak menunjukkan proses/hasil kreatif yang dilakukan anak 


Sumber latihan mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »