Soal Latihan Mandiri Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini PAUD4503

5:49:00 pm
Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini PAUD4503 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 50 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini PAUD4503 Universitas Terbuka, jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Selamat Mengerjakan.


Soal Pilihan Ganda

Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1. Asesmen untuk anak dapat digunakan untuk melihat sejauh mana kemajuan anak tersebut dalam mencapai tujuan program kegiatan pengembangan, sehingga dapat dilakukan penyempurnaan program kegiatan pada periode berikutnya. Dalam hal ini, asesmen bertujuan untuk .... 

 A. membuat diagnosa masalah  
 B. mengetahui perkembangan secara umum  
 C. membuat perencanaan program  
 D. mengidentifikasi masalah perkembangan  

2. Asesmen harus menggambarkan tentang cara tiap anak saat membangun pengetahuannya dalam kehidupan sehari-hari. Pernyataan ini merupakan salah satu prinsip asesmen, yaitu ... 

 A. otentik  
 B. akurat  
 C. rahasia  
 D. fair  

3. Tes Minnesota Child Development Inventory untuk mengukur perkembangan personal-sosial anak usia usia 1- 6 tahun dengan cara melihat .... 

 A. koordinasi mata-tangan dan keterampilan visual motorik anak  
 B.inisiatif, kemandirian, interaksi dan sikap empati anak terhadap teman  
 C. observasi lingkungan, membedakan dan meniru perilaku  
 D.makan, memakai sepatu dan membereskan mainan sendiri  

4. Anak usia dini masih dalam masa tumbuh kembang awal dan umumnya belum dapat membaca dan menulis, sehingga teknik asesmen yang sesuai untuk anak usia dini adalah berikut ini, kecuali ... 

 A.kolom rubrik  
 B. skala rating  
 C. daftar ceklis  
 D. tes tertulis  

5. Masalah cukup berat yang dihadapi anak dapat dibahas bersama oleh beberapa ahli dalam bidang ilmu yang berkaitan dengan anak. Hasil diskusi tersebut kemudian dibuat laporan secara tertulis. Tahapan asesmen ini disebut .... 

 A. kegiatan prereferal  
 B. referal awal  
 C. evaluasi multidisipliner  
 D. konferensi kasus  

6. Salah satu contoh pemaparan hasil observasi pada anak yang bersifat subjektif adalah sebagai berikut. 

 A. Dinda hari ini cenderung diam saja, tidak lincah seperti biasanya  
 B. Budi adalah anak laki-laki umur 3 tahun dari keturunan Jawa-Sunda  
 C. Fera adalah seorang anak perempuan di TK Kuntum  
 D. Dodo pagi ini tampak murung, mungkin tadi dimarahi ibunya  

7. Salah satu komponen observasi adalah mendokumentasikan hal yang kita amati dengan berbagai cara. Komponen ini disebut .... 

 A. observing  
 B. recording  
 C. interpreting  
 D. decoding  

8. Jika tujuan obervasi adalah untuk membuat catatan yang bagus dan lengkap tentang perilaku anak, maka teknik observasi yang paling sesuai digunakan adalah .... 

 A. running record  
 B. time sample  
 C. skala rating  
 D. event sample  

9. Perhatikan contoh hasil observasi berikut ini. 

Kegiatan mengamati semut dan bereksperimen tentang makanan yang disukai semut berjalan lancar. Seluruh anak antusias mengikuti kegiatan, meskipun awalnya anak-anak takut memegang semut karena takut digigit. Pada awalnya persediaan kaca pembesar yang kurang membuat suasana gaduh karena Budi dan Darma tidak sabar menunggu giliran dan saling berebut. Setelah diberikan pengertian oleh guru tentang aturan melakukan eksperimen, barulah mereka tenang. 
Hasil observasi tersebut dituangkan dalam bentuk .... 

 A. running record  
 B. anekdot  
 C. narasi  
 D. time sampling  

10. Keterampilan motorik membuat anak dapat mengatasi kondisi tidak berdaya pada kondisi yang lebih independen. Artinya .... 

 A. awalnya anak harus dibantu dalam memenuhi kebutuhannya, dan bantuan makin berkurang seiring dengan perkembangan keterampilan motoriknya  
 B. anak kecil perlu diberikan sosialisasi tentang berbagai aturan sebelum dia dapat memutuskan sendiri segala sesuatu yang diinginkannya  
 C. anak akan merasa senang jika telah dapat menguasai keterampilan tertentu sehingga gerakannya makin lincah  
 D. awalnya anak kurang dapat bersosialisasi, tetapi dengan gerakan motorik yang makin luas dia dapat bertemu dengan teman-temannya  

11. Bagian otak yang merupakan pusat kontrol dan bertugas menerima dan memproses informasi pengindraan adalah .... 

 A. otak besar  
 B. basal ganglia  
 C. otak kecil  
 D. batang otak  

12. Sejak lahir, bayi secara refleks dapat melengkungkan punggungnya dan menggerakkan lengan dan tungkainya ke udara seolah-olah ingin meraih sesuatu. Gerakan ini disebut refleks .... 

 A. mengedip  
 B. moro  
 C. menghisap  
 D. berdiri  

13. Tingkat keterampilan psikomotor yang paling rendah akan terjadi saat anak mengamati suatu gerakan lalu memberi respon serupa dengan gerakan yang diamatinya. Keterampilan ini disebut .... 

 A. imitasi  
 B. manipulasi  
 C. artikulasi  
 D. presisi  

14. Pada usia 2,5  3 tahun gerakan motorik kasar anak ditandai dengan salah satu hal berikut .... 

 A. merangkak dengan koordinasi yang lebih baik  
 B. menunjukkan tanda-tanda awal untuk berjalan secara mandiri  
 C. mengambil suatu benda di lantai tanpa jatuh terguling  
 D. melompat dari posisi berdiri dan mendarat tanpa jatuh  

15. Pada usia 14 bulan gerakan motorik halus anak ditandai dengan salah satu hal berikut .... 

 A. memegang krayon dengan tangan, tidak langsung dimasukkan ke mulut  
 B. memotong kertas menjadi 2 bagian dengan gunting meskipun belum rapi  
 C. menyusun beberapa balok kecil membuat menara atau gedung bertingkat  
 D. menjulurkan tangan ke arah benda yang berada dalam jangkauan pandangannya  

16. Untuk mengases perkembangan fisik/motorik anak usia dini, pendidik seharusnya memperhatikan masa peka anak dan memberikan kegiatan yang sesuai dengan tingkat kesukaran yang dihadapi anak. Hal ini termasuk aspek yang perlu diperhatikan pendidik dalam hal .... 

 A. penilaian diri  
 B. kesesuaian alat  
 C. respon anak  
 D. kesesuaian bahan  

17. Asesmen perkembangan fisik/motorik anak sebaiknya dilakukan secara individual, dengan cara .... 

 A. membandingkan antara satu anak dengan anak lainnya  
 B. mengamati perkembangan hanya satu anak setiap harinya  
 C. membandingkan perkembangan anak saat ini dengan sebelumnya  
 D. mengamati perkembangan satu anak saja sepanjang tahun  

18. Asesmen yang dilakukan terhadap batita, diharapkan manfaatnya tidak hanya dirasakan pendidik (orang tua dan guru), tetapi terutama justru dapat dirasakan oleh anak tersebut. Hal ini merupakan salah satu prinsip asesmen anak usia dini menurut National Early Childhood Assesments Resource Groups, yaitu bahwa asesmen .... 

 A. dikaitkan dengan tujuan yang spesifik  
 B. mempertimbangkan reliabilitas dan validitas  
 C. disesuaikan dengan kemampuan anak  
 D. membawa keuntungan bagi anak  

19. Salah satu strategi asesmen untuk anak usia dini adalah dengan menyiapkan tugas tertentu atau tes lisan dari guru. Strategi ini disebut .... 

 A. teacher-designed measure  
 B. catatan harian  
 C. check list perkembangan  
 D. skala sikap  

20. Untuk menganalisis data perkembangan fisik/motorik anak, pendidik perlu mengobservasi dan memonitor anak dalam situasi formal dan informal. Tahap analisis data ini disebut .... 

 A. global assesment  
 B. screening assesment  
 C. ongoing qualitative assesment  
 D. individual assesment  

21. Bu Inna menyiapkan tabel pengamatan untuk mengases perkembangan motorik anak-anak di KB Cahaya. Kolom tabel tersebut berisi aspek-aspek keterampilan motorik yang akan diamati, lalu kolom hasil pengamatan dibagi 2 yaitu kolom ya dan tidak. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa Bu Inna menggunakan instrumen .... 

 A. check list  
 B. rubric  
 C. rating scale  
 D. decoding  

22. Perilaku bayi yang termasuk gerakan refleks di bawah ini adalah .... 

 A. menggoyang-goyangkan kerincingannya berulang-ulang  
 B. memasukkan benda yang dia pegang ke dalam mulutnya  
 C. menggenggam erat jari-jari di tangannya sendiri  
 D. menarik taplak meja untuk mengambil mainan di atasnya  

23. Anna ditunjukkan cairan berwarna masing-masing 60 cc dalam 2 buah gelas. Gelas A berdiameter kecil dan tinggi, sedang gelas B berdiameter lebih besar namun pendek. Saat ditanya pendapatnya tentang cairan dalam 2 gelas tersebut, Anna menjawab cairan di gelas A lebih banyak dari pada di gelas B. Pendapat Anna sesuai dengan kemampuan berpikirnya pada tingkat praoperasional, yaitu berpikir berdasar.... 

 A. persepsi  
 B. egosentrisme  
 C. uni dimensi  
 D. transduktif  

24. Perilaku kognitif Hamdan yang menunjukkan aspek motivasi dan kemampuan memecahkan masalah dalam membuat perkiraan dan rencana antara lain adalah .... 

 A. mengulang kegiatan yang pernah dia lakukan sebelumnya  
 B. menggunakan lebih dari 1 indra untuk mendapatkan informasi  
 C. mencari benda yang hilang dengan cara yang sistematis  
 D. memperkirakan serangkaian kejadian  

25. Bu Rossi mengajak anak-anak menyusun balok dan membangun menara untuk melihat kemampuan motorik halus anak. Saat anak bekerja, sambil memberikan bimbingan ia mengamati proses kegiatan tersebut dan mencatatnya. Bu Rossi telah melakukan asesmen yang sesuai pada anak usia dini, dalam hal .... 

 A. menghargai guru sebagai assesor  
 B. melibatkan pendekatan yang konkret dan langsung dialami anak  
 C. mempertimbangkan perencana insruksi sebagai tujuan utama  
 D. merupakan proses yang berkesinambungan  

26. Langkah yang dilakukan untuk mengases perkembangan anak, setelah langkah menentukan indikator kita perlu membuat tabel yang terdiri dari kode, aspek, indikator, sub indikator, pernyataan, dan jumlah item. Langkah ini disebut .... 

 A. menganalisis teori perkembangan  
 B. menyusun definisi operasional  
 C. menyusun kisi instrumen  
 D. membuat konstruk konseptual  

27. Salah satu contoh perilaku kognitif anak usia 0-6 bulan adalah .... 

 A. meniru ekspresi wajah orang dewasa yang dikenalnya  
 B. menunjuk pada suatu benda yang diinginkannya  
 C. memilih benda-benda dengan kategori tertentu  
 D. menemukan benda yang hilang dari pandangan  

28. Bayu, 2 tahun, diminta mengambil sepatu di antara berbagai benda seperti baju, sepatu, piring, dan gelas. Bayu dapat mengambil sepatu dengan tepat. Dia juga dapat mengambil piring atau benda lain yang diminta. Keterampilan sains yang diperlihatkan Bayu termasuk .... 

 A. penggambaran  
 B. pengidentifikasian  
 C. pengklasifikasian  
 D. penginterpretasian  

29. Bermain cilukba dengan tangan atau bantal merupakan salah satu cara mengases perkembangan kognitif bayi terutama dalam hal .... 

 A. mencari objek yang tidak terlihat  
 B. mengulang perilaku terhadap tubuhnya sendiri  
 C. mengingat objek dalam waktu singkat  
 D. memanfaatkan benda untuk bermain pura-pura  

30. Anak usia 20 bulan kadang mengatakan susu yang maksudnya adalah saya ingin minum susu atau susu untuk saya mana?. Pola ungkapan bahasa ini disebut .... 

 A. echolalia  
 B. holophrases  
 C. vocables  
 D. gurgling  

31. Buku-buku yang dapat dipergunakan pada bayi sebaiknya adalah buku-buku bergambar dengan krieria gambar berikut, kecuali .... 

 A. berukuran besar  
 B. berupa objek yang dikenal  
 C. diwarnai dengan terang dan jelas  
 D. disertai tulisan dalam kalimat utuh  

32. Awalnya, bayi menyatakan kebutuhannya dengan bahasa isyarat atau menangis. Menurut Benner, hal ini termasuk perkembangan bahasa tingkat .... 

 A. pra bicara  
 B. pemunculan nama  
 C. kombinasi kata  
 D. tata bahasa  

33. Rani, 2 tahun, menunjuk kaleng susu milliknya dan mengucapkan, cucu. Pengasuh segera menanggapi dengan berkata, O iya, ini susu. Rani ingin minum susu? Ucapan Rani menurut Bryen & Gallaher termasuk tahap perkembangan tata bahasa.... 

 A. penggunaan kata kepemilikan  
 B. pengkoreksian ungkapan penggunaan kata  
 C. pengungkapan urutan cerita sehari-hari  
 D. pengungkapan beberapa kata depan  

34. Setelah membacakan buku tentang kelinci di kelas, Bu Anna mengajak anak-anak ke kandang kelinci lalu memberi makan kelinci dengan kangkung. Sambil memberi makan, Bu Anna memberi penjelasan ringan dan singkat tentang ciri-ciri kelinci. Pengembangan bahasa yang dilakukan Bu Anna merupakan bagian kegiatan membaca dalam kelompok, yaitu melalui .... 

 A. mengidentifikasi konsep yang penting dalam buku  
 B. menghubungkan tema buku dengan kegiatan lain  
 C. merespon pertanyaan anak tentang isi buku  
 D. meningkatkan pemahaman tentang aspek cerita  

35. Andi, 2 tahun, berjalan sambil membawa mobil-mobilan, tiba-tiba dia tersandung dan mobil-mobilannya jatuh. Dia berkata, jatuh. Bu Syifa menimpali, O, mobil-mobilannya jatuh. Menurut Kratcoski dan Katz, Bu Syifa sedang menggunakan strategi memfasilitasi perkembangan bahasa dengan cara .... 

 A. perluasan dan penambahan informasi baru  
 B. perluasan kalimat  
 C. pengisian struktur percakapan  
 D. pembicaraan paralel  

36. Anak usia dini umumnya belum dapat mengungkapkan gagasannya dengan jelas secara verbal. Oleh karena itu, pendidik perlu membantunya dengan menanggapi ucapan anak dengan kalimat penjelas atau pertanyaan. Hal ini merupakan salah satu peran guru sebagai model berbahasa bagi anak, yaitu sebagai .... 

 A. pengetes  
 B. pengoreksi kesalahan  
 C. pengingat kesukaan  
 D. penolong  

37. Jika lapar ataupun mengompol, Dito akan menangis keras. Irama tangisannya terdengar berbeda saat dia lapar atau mengompol. Hal ini merupakan salah satu indikator perkembangan bahasa anak, khususnya pada usia .... 

 A. 4 bulan  
 B. 8 bulan  
 C. 12 bulan  
 D. 18 bulan  

38. Observasi dengan cara mencatat nama pertama anak tentang berbagai informasi masing-masing anak dalam suatu kelas dikenal dengan metode .... 

 A. daftar nama  
 B. jurnal refleksi  
 C. catatan anekdot  
 D. perhitungan frekuensi  

39. Berdasar catatan lapangan tentang percakapan yang dilakukan Yenni hari itu selama di KB, Bu Ita membuat ringkasannya dalam bentuk tabel, yang terbagi atas 4 kolom yaitu kolom pertanyaan terbuka, pertanyaan tertutup, pernyataan terbuka, dan pernyataan tertutup. Upaya analisis data yang dilakukan Bu Ita disebut .... 

 A. reduksi data  
 B. tabulasi data  
 C. analisis data  
 D. display data  

40. Kekuatan hubungan emosi antara ibu dan anak sebagai wujud kasih sayang yang saling menguntungkan dan keinginan untuk merawat kedekatan, disebut.... 

 A. pendidikan  
 B. kelekatan  
 C. perlindungan  
 D. kenyamanan  

41. Anak usia dini sering beranggapan bahwa kejadian dan situasi yang dialami orang lain sama dengan yang dialaminya. Hal ini karena anak masih berpandangan .... 

 A. egosentris  
 B. kompetitif  
 C. individualis  
 D. kooperatif  

42. Salah satu perilaku sosioemosional yang biasa diperlihatkan anak usia 8-12 bulan adalah .... 

 A. suka menonton dirinya sendiri di depan cermin  
 B. menikmati keramaian dan bertepuk tangan bersama orang lain  
 C. mengenali perbedaan anggota/bukan anggota keluarga  
 D. kadang mengungkapkan emosinya dengan mengamuk  

43. Salah satu kelebihan dari running record dalam mengases perkembangan sosioemosional anak adalah .... 

 A. mencatat kejadian alami dari anak secara rinci setiap saat  
 B. mengetahui pikiran anak tentang alasan berperilaku tertentu  
 C. menggambarkan perkembangan anak secara lengkap melalui narasi  
 D. membandingkan dengan tahap sebelumnya melalui hasil karya  

44. Bu Endah membuat running record tentang perilaku sosioemosional Cici selama 30 menit. Pencatatan tersebut dibantu dengan rekaman. Berdasarkan data yang didapat, Bu Endah membuat tabel 2 kolom, yaitu kolom kata-kata dan kolom perilaku, lalu memindahkan data tersebut ke dalam tabel. Upaya Bu Endah ini termasuk dalam tahap .... 

 A. reduksi data  
 B. display data  
 C. verifikasi data  
 D. Analisis data  

45. Salah satu langkah dalam pembuatan laporan perkembangan adalah membuat penafsiran karakteristik perkembangan anak yang telah diamati, serta kemajuan dan hambatan perkembangan pada diri anak tersebut. Langkah ini disebut .... 

 A. analisis  
 B. interpretasi  
 C. sintesis  
 D. komunikasi  

46. Selain dengan narasi, laporan perkembangan anak dapat dilengkapi dengan grafik berbagai bidang perkembangan anak tersebut sehingga memudahkan orang tua dalam melihat perkembangan anaknya. Hal ini menjawab salah satu pertanyaan kunci dalam pelaporan, yaitu ... 

 A. Bagaimana format pelaporan perkembangan yang digunakan?  
 B. Apa saja isi yang harus termuat dalam laporan?  
 C. Bagaimana membantu pengguna menginterpretasi dan menggunakan laporan?  
 D. Siapa yang akan menerima laporan perkembangan?  

47. Berdasarkan rangkuman laporan perkembangan pada akhir tahun pelajaran, guru TK dapat menentukan apakah seorang anak sudah siap untuk memasuki sekolah dasar atau belum. Dalam hal ini, laporan perkembangan bermanfaat untuk .... 

 A. prediksi masa depan anak  
 B. seleksi dan sertifikasi  
 C. umpan balik pembelajaran  
 D. diagnosis kemajuan perkembangan  

48. Anak mudah berpindah perhatiannya dari suatu kegiatan ke kegiatan yang lain, tetapi kadang juga asyik memperhatikan suatu objek dalam waktu yang cukup lama. Hal ini merupakan salah satu perilaku anak yang perlu diperhatikan dalam perkembangan, yaitu dalam hal .... 

 A. tingkat dan lama perhatian  
 B. kemandirian dan keberanian  
 C. jumlah dan kualitas gerakan  
 D. komunikasi verbal dan nonverbal  

49. Anak menyukai aktivitas, mainan, atau pengalaman tertentu yang tidak sama antara anak satu dengan lainnya. Hal ini menurut Linberg dan Swedlow termasuk dalam perilaku area .... 

 A. pertumbuhan fisik  
 B. perkembangan minat  
 C. perkembangan emosi  
 D. penyesuaian sosial  

50. Andri memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Dalam setahun ini belum pernah ijin tidak datang ke KB karena sakit. Namun demikian, Andri memiliki alergi terhadap jenis ikan laut tertentu. Setelah makan ikan tersebut badannya akan langsung gatal-gatal. Pernyataan tersebut merupakan contoh pelaporan perkembangan anak dalam hal .... 

 A. kesehatan  
 B. rutinitas  
 C. kesukaan  
 D. kreativitas  




Sumber latihan mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »