Soal Latihan Mandiri Bahasa Indonesia MKDU4110

1:58:00 pm

Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Bahasa Indonesia MKDU4110 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 54 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman kunci jawaban, jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%. Selamat Mengerjakan.


Soal Pilihan Ganda

Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1. Alasan bahasa Melayu menjadi dasar lahirnya bahasa Indonesia adalah ... .

 A. merupakan bahasa para raja  
 B. sudah dikenal di banyak wilayah Nusantara  
 C. memiliki fonem lebih banyak dibandingkan dengan bahasa lain  
 D. memiliki sifat bersahaja  

2. Butir pertama sumpah pemuda berbunyi “Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.” Butir ketiga berbunyi ... .

 A. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.  
 B. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bernegara yang satu, negara Indonesia.  
 C. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbahasa yang satu, bahasa Indonesia.  
 D. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.  

3. Bangsa Indonesia seharusnya memiliki kebanggaan dalam menggunakan bahasa Indonesia. Dalam hal ini bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa nasional dengan fungsi sebagai ... .

 A. lambang kebanggaan nasional  
 B. lambang identitas nasional  
 C. alat pemersatu berbagai suku bangsa  
 D. alat perhubungan antardaerah dan antarbudaya  

4. Contoh penggunaan kata yang benar dan berkaitan dengan pengetahuan agama adalah ... .

 A. Ka’bah adalah bangunan berbentuk kubus yang berada di Masjidilharam di Mekah.  
 B. Kaabah adalah bangunan suci yang terletak di dalam Masjidilharam di Mekah.  
 C. Kabah adalah bangunan yang dikelilingi umat Islam ketika melakukan tawaf.  
 D. Kakbah adalah kiblat umat Islam ketika melakukan salat, bukan bangunan yang disembah.  

5. Pernyataan yang menyatakan bahwa pada hakikatnya bahasa adalah ujar atau lisan adalah ... .

 A. ragam bahasa terdiri atas ragam lisan dan ragam tulis  
 B. komunikasi sudah terjadi sejak manusia pertama ada ketika itu belum ada bahasa tulis  
 C. orang lebih banyak menggunakan bahasa lisan ketika berkomunikasi dibandingkan dengan bahasa tulis  
 D. bahasa tulis hanya dapat digunakan oleh orang-orang terpelajar  

6. Sebagai alat komunikasi, bahasa baru dikatakan efektif jika dipahami oleh pelaku komunikasi. Hal ini berarti bahwa bahasa adalah ... .

 A. ujaran  
 B. tulisan  
 C. memiliki makna  
 D. memiliki fungsi  

7. Sondang yang berasal dari Batak belum dapat melafalkan fonem /e/ menjadi /?/, kata apel selalu dilafalkan [apel). Hal ini menunjukkan bahwa bahasa memiliki sifat ... .

 A. dinamis  
 B. variatif.  
 C. konvensional  
 D. arbitrer  

8. Mengapa hewan kecil yang hidup bergerombol di lubang disebut semut bukan nyamuk atau gajah? Hal ini menunjukkan bahwa bahasa memiliki sifat ... .

 A. variatif  
 B. dinamis  
 C. manusiawi  
 B. dinamis  

9. Menyimak dan membaca merupakan keterampilan berbahasa yang bersifat reseptif. Arti reseptif di sini adalah keterampilan yang berupa kegiatan ... .

 A. menerapkan sebuah pengetahuan  
 B. memahami pesan atau gagasan  
 C. menyampaikan pesan atau gagasan  
 D. mengolah pengetahuan dengan teknik tertentu  

10. Menyimak yang dalam kurikulum mata pelajaran bahasa Indonesia sering disebut mendengarkan adalah kegiatan ... .

 A. memahami pesan atau gagasan yang disampaikan secara lisan  
 B. memahami pesan atau gagasan yang disampaikan secara tertulis  
 C. menyampaikan pesan atau gagasan yang disampaikan secara lisan  
 D. menyampaikan pesan atau gagasan yang disampaikan secara tertulis  

11. Ilustrasi ini menunjukkan adanya hubungan antara keterampilan menulis dengan membaca.

 A. Amin sedang menulis garis-garis besar pembicaraan yang akan disampaikan pada acara pembukaan yayasan TPA As-Salam.  
 B. Rakhmat sedang membaca buku yang berisi tentang falsafah hidup yang akan disampaikan dalam ceramahnya besok pagi.  
 C. Ridwan sedang menyelesaikan artikelnya, sesekali ia berhenti menulis untuk membaca buku-buku yang berserakan di meja kerjanya.  
 D. Erni mendengarkan ceramah agama sambil mencatat hal-hal yang dianggapnya penting.  

12. Faktor intelegensi sangat berpengaruh terhadap daya simak kemampuan menyimak seseorang. Hal ini disebabkan oleh ... .

 A. menyimak sebagai suatu keterampilan  
 B. menyimak merupakan suatu kegiatan yang sulit  
 C. banyaknya unsur bahasa yang harus dipahami oleh seorang penyimak  
 D. menyimak adalah kegiatan yang dilakukan oleh para pelajar  

13. Faktor kemampuan menarik kesimpulan sangat berpengaruh terhadap daya simak seseorang. Artinya orang yang memiliki kemampuan menyimak yang baik akan ... .

 A. memberikan kesimpulan yang salah pada akhir kegiatan menyimak  
 B. menjelaskan isi simakan yang berbeda dengan bahan simakan  
 C. memberikan kesimpulan sesuai dengan bahan yang disimaknya  
 D. menulis rangkuman yang tidak sesuai dengan bahan simakan  

14. Kakak teman Pak Gatot dari Jember/ baru datang/ tadi pagi. Kalimat tersebut diucapkan oleh seorang adik kepada kakaknya dengan intonasi yang A. Salah. Intonasi yang tepat adalah ... .

 A. Kakak/ teman Pak Gatot dari Jember baru/ datang tadi pagi.  
 B. Kakak teman Pak Gatot/ dari Jember baru datang/ tadi pagi.  
 C. alat pemersatu berbagai suku bangsa  
 D. Kakak teman Pak Gatot/ dari Jember/ baru datang tadi pagi.  

15. Bonar sedang mencuci motor, ketika sebuah stasiun radio memperdengarkan lagu ‘Arti Sahabat’ yang dinyanyikan oleh kelompok Nidji, Bonar makin semangat mencuci motor sambil menyanyi. Jenis menyimak yang dilakukan Bonar adalah menyimak ... .

 A. estetis  
 B. kritis  
 C. kreatif  
 D. sekunder  

16. Para siswa dengan penuh perhatian mendengarkan pembacaan petunjuk yang dibacakan guru. Jenis kegiatan menyimak yang dilakukan para siswa adalah menyimak ... .

 A. interaktif  
 B. pasif  
 C. estetis  
 D. konsentratif  

17. Membaca merupakan suatu proses merekonstruksi makna. Artinya membaca adalah kegiatan ... .

 A. mengubah lambang visual (katon) menjadi lambang bunyi  
 B. mengubah kode-kode atau lambang-lambang verbal menjadi bunyi-bunyi bahasa yang dapat dipahami  
 C. menangkap informasi atau makna sesuai dengan informasi yang disampaikan penulis  
 D. menjelaskan informasi sesuai dengan informasi yang disampaikan penulis  

18. Beberapa kemampuan mikro yang harus dimiliki seorang pembaca intensif adalah sebagai berikut, kecuali... .

 A. mengenali lambang-lambang tulis  
 B. memahami makna tersirat  
 C. memahami kata-kata sulit  
 D. memahami informasi tersurat  

19. Pengertian pemahaman literal dalam kegiatan membaca adalah kemampuan pembaca dalam memahami ... .

 A. makna kata yang digunakan penulis  
 B. makna kata-kata sulit yang terdapat dalam bacaan  
 C. makna atau pesan secara tersurat  
 D. makna di balik pesan yang terdapat di dalam bacaan  

20. Untuk memperoleh informasi dari karya-karya ilmiah pendek teknik CATU tepat untuk digunakan, yaitu dengan cara ... .

 A. catat dan tulis kembali  
 B. catat, tulis-kembali, dan uji  
 C. catat, tanya, dan ulang  
 D. catat atau tuliskan  

21. Salah satu karakteristik membaca ekstensif berkaitan dengan pembaca, adalah ... .

 A. bahan bacaan sesuai dengan minat atau keperluan pembaca  
 B. cakupannya lebih luas, lebih banyak, dan lebih variatif  
 C. kegiatannya bersifat individual  
 D. waktu membaca tidak mengikat  

22. Tujuan membaca cepat dengan teknik skimming adalah ... .

 A. mengisi waktu luang  
 B. memahami isi bacaan secara mendalam  
 C. mencari informasi tertentu dari sebuah bacaan  
 D. menghayati isi bacaan agar dapat menceritakan isinya dengan baik  

23. Karakteristik karya ilmiah populer adalah ... .

 A. bentuknya lebih kecil dari karya ilmiah murni  
 B. isinya lebih sederhana dibandingkan karya ilmiah murni  
 C. bahasanya lebih ringan, mudah dimengerti, dan enak dibaca  
 D. ilustrasinya lebih banyak sehingga maksudnya menjadi lebih jelas  

24. Tesis adalah sebuah karya ilmiah yang disusun oleh seorang ... .

 A. calon mahasiswa  
 B. mahasiswa program S1  
 C. mahasiswa program S2  
 D. mahasiswa program S3  

25. Contoh karya ilmiah populer berbentuk deskriptif- ekspositoris adalah ... .

 A. sejarah berdirinya Candi Borobudur  
 B. hasil penelitian tentang ragam bahasa Betawi  
 C. jenis-jenis ikan hias lokal  
 D. kisah 26 Desember 2004  

26. Kemampuan tertinggi yang dimiliki pembaca dengan pemahaman literal adalah ... .

 A. menghubungkan simbol-simbol bahasa menjadi kata yang bermakna  
 B. merekonstruksi makna-makna menjadi suatu informasi yang utuh  
 C. menangkap pesan atau informasi yang terdapat dalam bacaan  
 D. menangkap makna di balik informasi yang dituangkan dalam bacaan  

27. Seorang pembaca yang memiliki tingkat pemahaman interpretatif mampu ... .

 A. menangkap makna kata-kata  
 B. menangkap makna tersurat  
 C. menangkap makna tersirat  
 D. menilai isi bacaan  

28. ”Tsunami yang menimpa Aceh terjadi pada tanggal 25 Desember 2004.” Seorang pembaca kritis yang membaca wacana tersebut akan ... .

 A. menangkap informasi tersebut apa adanya  
 B. menangkap makna di balik kejadian yang terdapat dalam bacaan tersebut  
 C. membuat cerita atau puisi berdasarkan bacaan tersebut  
 D. memperbaiki kesalahan yang terdapat dalam wacana itu  

29. Setelah membaca bacaan yang berisi tingkah laku seekor hewan yang lucu, Anggi membuat sebuah puisi tentang kebesaran Allah. Dalam hal ini Anggi tergolong pembaca dengan tingkat pemahaman ... .

 A. literal  
 B. interpretatif  
 C. kritis  
 D. kreatif  

30. Peletak dasar utama teknologi pertelevisian adalah Paul Nipkow dari Jerman. Pada tahun 1884 ia menemukan sebuah alat, kemudian disebut sebagai Jantra Nipkow. Penemuan tersebut telah melahirkan electrische teleskop atau televisi elektris. Isi paragraf di atas adalah ... .

 A. kehidupan Paul Nipkow  
 B. penemu televisi elektris  
 C. stasiun televisi di Jerman  
 D. teknologi pertelevisian  

31. Rina membaca sebuah wacana yang terdiri atas 1200 kata dalam waktu 3 menit. Ia mejawab dengan benar 7 dari 10 pertanyaan bacaan yang diajukan. Dengan demikian, dikatakan Sella memiliki kemampuan efektif membaca (KEM) yaitu ... .

 A. 240 KPM  
 B. 260 KPM  
 C. 280 KPM  
 D. 300 KPM  

32. Salah satu cara untuk mengetahui baik buruknya sebuah tulisan adalah menilai organisasi tulisan yaitu ... .

 A. pendahuluan, isi, dan penutup  
 B. pilihan kata, penyusunan kalimat, dan penyusunan paragraf  
 C. daftar isi, kata pengantar, dan isi  
 D. daftar isi, isi, dan daftar pustaka  

33. Dengan berbicara seseorang dapat menyatakan perasaan dan pikirannya. Pernyataan ini menjelaskan bahwa berbicara merupakan kegiatan ... .

 A. yang dilakukan secara secara lisan  
 B. mengekspresikan diri  
 C. yang bersifat produktif  
 D. berbahasa yang unik  

34. Salah satu contoh konteks fisik yang berpengaruh terhadap kegiatan berbicara nonformal adalah ... .

 A. peserta komunikasi  
 B. emosi para pelaku komunikasi  
 C. karakteristik budaya  
 D. malam hari  

35. Para pahlawan nasional yang ... di medan perang tergolong orang-orang yang mati sahid. Kata yang tepat untuk mengisi bagian yang kosong pada kalimat tersebut adalah ... .

 A. gugur  
 B. meninggal  
 C. wafat  
 D. mati  

36. Pandangan mata sebagai faktor nonkebahasaan sangat penting dalam kegiatan berbicara formal, karena ... .

 A. dapat membantu pendengar dalam memahami apa yang dibicarakan  
 B. menumbuhkan hubungan psikologis antara pembicara dengan pendengar  
 C. dapat mengundang perhatian pendengar sehingga menjadi lebih fokus  
 D. akan membangun penampilan dan percaya diri pembicara  

37. Hal yang pertama dan sangat penting, harus dilakukan seorang pembicara adalah ... .

 A. membuat persiapan  
 B. mencari referensi  
 C. berlatih  
 D. membuat simpulan  

38. Isi bagian pembuka sebuah tulisan yang baik adalah ... .

 A. pengantar menuju inti persoalan yang hendak disajikannya pada bagian isi  
 B. pengalaman hidup si penulis  
 C. paparan pokok-pokok inti tulisan  
 D. simpulan, keinginan-keinginan, atau harapan-harapan yang ingin dicapai  

39. Satu dari beberapa syarat kalimat efektif adalah memiliki bentuk yang sejajar, contohnya adalah ... .

 A. Dia belajar dengan sungguh-sungguh agar memperoleh nilai yang baik.  
 B. Dia sangat tidak suka dengan orang yang membuang sampah tidak pada tempatnya.  
 C. Dia yang mencari uang, membeli bahan makanan, memasak, dan menyajikan makanan tersebut untuk keluarganya.  
 D. Dia orang yang tidak pernah mengeluh, apapun masalah yang menimpanya dihadapinya dengan sabar.  

40. Sebuah tulisan dikatakan baik jika kalimat-kalimatnya disusun secara efektif. Kalimat yang tidak efektif akan membuat pembaca menjadi bingung dan dapat menimbulkan salah penafsiran, seperti contoh berikut ini “Gempa bumi di Tasikmalaya banyak memakan korban, 60 orang meninggal, tetapi tidak ada yang melapor.” Jenis paragraf di atas adalah ... .

 A. narasi  
 B. argumentasi  
 C. deskripsi  
 D. persuasi  

41. Unsur-unsur bahasa berikut ini terdapat dalam sebuah paragraf yang memenuhi syarat kepaduan, kecuali ... .

 A. repetisi atau pengulangan kata kunci  
 B. kata ganti (orang, tunjuk)  
 C. semua kalimat saling berkaitan satu dengan lainnya  
 D. kata transisi dan paralelisme  

42. Predikat adalah bagian kallimat yang memberitahukan hal-hal yang berkenaan dengan subjek. Subjek adalah bagian kalimat yang bertindak sebagai pelaku. Predikat dapat berupa kata atau frasa, sebagian besar berkelas verba atau adjektiva. Letak predikat tidak pernah berjauhan dengan subjek. Paragraf tersebut tidak memenuhi syarat kesatuan. Hal ini disebabkan oleh adanya kalimat ... .

 A. pertama  
 B. kedua  
 C. ketiga  
 D. ketiga  

43. Predikat adalah bagian kallimat yang memberitahukan hal-hal yang berkenaan dengan subjek. Predikat dapat berupa kata atau frasa, sebagian besar berkelas verba atau adjektiva. Letak predikat tidak pernah berjauhan dengan subjek. Ia juga senantiasa diikuti oleh objek. Teknik yang digunakan dalam mengembangkan paragraf di atas adalah … .

 A. secara alamiah  
 B. klimaks  
 C. perbandingan  
 D. sebab akibat  

44. Indonesia merupakan satu-satunya negara paling aneh di dunia. Orang Barat terheran-heran mendengarkan nada-nada musik tradisional Indonesia yang pentatonis itu, tidak dapat diukur oleh garpu tala. Orang-orang dari negara tetangga juga heran melihat perilaku bangsa ini yang katanya murah senyum, tetapi sering kali bersikap anarkis (tawuran, merusak, membunuh) dan kekerasan yang lain. Katanya 90% penduduknya penganut agama yang baik, tetapi senang sekali menyusahkan orang lain. Negaranya sangat kaya dengan hasil pertanian/perkebunan, barang tambang, dan hasil hutan kayu, rotan, dan tumbuhan obat-obatan, tetapi rakyatnya banyak yang kelaparan. Peringkat orang kaya meningkat, tetapi jumlah si miskinnya bertambah. Teknik pengembangan yang digunakan dalam menyusun paragraf tersebut adalah pengembangan ... .

 A. analogi  
 B. contoh-contoh  
 C. perbandingan  
 D. sebab akibat  

45. Bogor dikenal dengan sebutannya sebagai Kota Hujan. Bogor memang berada di ketinggian beberapa ribu kaki di atas permukaan laut. Letaknya yang tinggi ini membuat awan-awan tebal di atas kota Bogor cepat mencair menjadi hujan. Di samping itu, Bogor juga dikelilingi gunung dan perbukitan dengan hutannya yang masih rimbun. Keadaan alam inilah yang sering kali mampu menahan awan-awan tebal untuk kemudian menghasilkan curahan hujan yang cukup banyak. Teknik pengembangan yang digunakan dalam menyusun paragraf di atas adalah pengembangan ... .

 A. deduktif  
 B. induktif  
 C. klimaks  
 D. antiklimaks  

46. Membaca adalah kegiatan yang pertama kali harus dilakukan oleh seorang penulis ringkasan. Kegiatan ini dilakukan untuk ... .

 A. mengenali pengarang secara lebih dalam  
 B. memilah-milah bagian inti dan bukan inti  
 C. mengetahui tujuan penulis, pokok masalah atau tema tulisan  
 D. gaya yang digunakan penulis dalam tulisannya  

47. Abstrak adalah ringkasan sebuah karya ilmiah yang disusun dengan memenuhi kriteria sebagai berikut, kecuali ... .

 A. disajikan dalam bentuk paparan informatif  
 B. bahasa yang digunakan lugas, singkat, padat, dan jelas  
 C. sekurang-kurangnya berisi masalah, tujuan, kesimpulan dan saran  
 D. riwayat hidup penulis  

48. Resensi dapat diartikan sebagai ... .

 A. tulisan dalam bentuk buku  
 B. tulisan yang berisi ulasan mengenai nilai sebuah buku  
 C. lukisan/gambar yang digunakan sebagai ilustrasi sebuah buku  
 D. lukisan/gambar yang digunakan sebagai sampul depan sebuah buku  

49. Resensi biasanya disusun dengan menggunakan pola sebagai berikut ... .

 A. judul, perwajahan, pembukaan, pembahasan, penutup, identitas peresensi  
 B. perwajahan, judul, pembukaan, pembahasan, penutup, identitas peresensi  
 C. pembukaan, judul, perwajahan, pembahasan, penutup, identitas peresensi  
 D. identitas peresensi, judul, perwajahan, pembukaan, pembahasan, penutup  

50. Teknik cutting and glueing dalam pembuatan resensi adalah … .

 A. memotong-motong bagian-bagian buku yang sedang diresensi  
 B. memotong bagian-bagian penting dan menarik dari isi buku dan merekatkan satu dengan yang lainnya  
 C. mengambil bagian penting isi buku dan memadukannya dengan isi buku lain yang bertema sama  
 D. mengambil bagian yang sangat penting dalam buku yang sedang diresensi  

51. Penulisan resensi yang berfokus pada bagian yang sangat penting atau sangat menarik adalah penulisan yang menggunakan teknik ... .

 A. cutting and glueing  
 B. comparing  
 C. focusing.  
 D. scanning  

52. Pengertian kerangka karangan dalam proses menulis adalah ... .

 A. bahan-bahan yang akan digunakan di dalam kegiatan menulis  
 B. alat-alat yang akan digunakan di dalam kegiatan menulis  
 C. rencana atau rancangan yang berisi topik dan subtopik yang disusun secara sistematis  
 D. ide atau gagasan yang akan dikembangkan menjadi sebuah masalah yang akan ditulis  

53. Akhmadi, M. 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa Indonesia. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh. (1990). Penulisan daftar pustaka tersebut tidak tepat, yang tepat adalah … .

 A. M., Akhmadi. 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa Indonesia. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.  
 B. M., Akhmadi. Dasar-dasar Komposisi Bahasa Indonesia. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh. (1990).  
 C. Akhmadi, M. Dasar-dasar Komposisi Bahasa Indonesia. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh. (1990).  
 D. Akhmadi, M. 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa Indonesia. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.  

54.... Retorika merupakan seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”. Jika ini sebuah kutipan langsung, maka terdapat beberapa kesalahan, seharusnya adalah ... .

 A. Lis berpendapat bahwa, “Retorika merupakan seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.  
 B. Lis berpendapat (2000: 14) ; “Retorika merupakan seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.  
 C. Lis berpendapat bahwa “Retorika merupakan seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.  
 D. Lis (2000: 14) berpendapat bahwa “Retorika merupakan seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.  

Untuk mengetahui jawabannya silahkan buka halaman Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Bahasa Indonesia MKDU4110

Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka



Artikel Terkait

Previous
Next Post »