Kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Analisis Informasi Keuangan EKSI4204

4:22:00 am
Kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Analisis Informasi Keuangan EKSI4204

Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Analisis Informasi Keuangan EKSI4204 Universitas Terbuka yang berisi 40 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Analisis Informasi Keuangan EKSI4204, Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%.


No. 1
Kunci Jawaban : C
A, B dan D tidak benar karena bukan pihak perantara informasi dalam pasar modal yang dipenuhi ide ”buruk” melainkan perantara keuangan. 


No 2
Kunci Jawaban Jawaban : A
B, C, dan D merupakan fungsi yang dilaksanakan perantara informasi (yaitu: perantara informasi, interpretasi informasi, analisis prospektif, dan rekomendasi).


No 3
Kunci Jawaban Jawaban : D
A, B, dan C adalah kelemahan yang dihadapi akuntansi kas sehingga diperlukan akuntansi akrual. Poin D adalah jawaban soal, biaya dan pendapatan tidak selalu dapat diukur  pengaitannya dalam waktu yang sama.


No. 4
Kunci Jawaban Jawaban : C
A, B, dan D adalah bagian dari analisis keuangan; sedangkan yang termasuk analisis strategi bisnis adalah analisis industri, persaingan usaha, dan korporasi. 
       
No. 5
Kunci Jawaban Jawaban: D
Identifikasi keunggulan  kompetitif perusahaan dalam industrinya merupakan bagian analisis strategi bisnis, sebelum dilakukan analisis akuntansi, keuangan, dan prospektif.


No. 6
Kunci Jawaban Jawaban : C
Hanya poin jawaban C yang dapat menghambat masuknya pendatang baru ke suatu industri; yaitu sebagai keunggulan perusahaan pelopor. Dengan adanya perjanjian eksklusif perusahaan pioneer (pendahulu) akan menyulitkan pendatang baru masuk  khususnya dalam hal perolehan bahan baku.



No. 7
Kunci Jawaban: C
Poin a dan b adalah sebagian cara perusahaan mencapai keunggulan produk melalui diferensiasi, sedangkan poin d justru akan meningkatkan jumlah biaya

No. 8
Kunci Jawaban: B
Poin a, c, dan d merupakan karakteristik beban, sedangkan poin b seharusnya pengakuan biaya


No. 9
Kunci Jawaban: C
Poin jawaban a, b, dan d merupakan hal-hal yang harus dipertanyakan oleh analis ketika menilai kualitas pengungkapan laporan keuangan perusahaan. Poin C adanya moral hazard pihak manajemen tentunya tidak diungkapkan secara penuh (full disclosure) oleh manajemen.  Namun, analis yang kompeten dapat mendeteksi adanya moral hazard.


No. 10
Kunci Jawaban: B
Transaksi dengan pihak yang memiliki hubungan istimewa (misal: induk-anak perusahaan, karyawan Kunci Jawaban dalam suatu perusahaan, keluarga dekat, dsb.) harus diwaspadai karena objektivitasnya yang dipertanyakan.


No. 11
Kunci Jawaban : B
Tiga hal yang menyebabkan sulitnya membandingkan kinerja antarwaktu dalam satu perusahaan dan antarperusahaan adalah perbedaan terminologi, klasifikasi, format laporan keuangan.


No. 12
Kunci Jawaban: C
Aktiva sewa guna usaha adalah aktiva yang paling mungkin meyebabkan terjadinya distorsi akuntnasi karena permasalahan siapa yang mengendalkan atau memiliki aktiva tsb. Hal ini tergantung dari kontrak awal sewa guna usaha.


No. 13
Kunci Jawaban: A
Metode depresiasi aktva tidak mempengaruhi distorsi aktiva


No. 14
Kunci Jawaban: B
Dua hal yang menyebabkan distorsi kewajiban karena adanya ketidakpastian apakah kewajiban telah terjadi dan adanya kesulitan pengukuran nilai kewajiban.

No. 15
Kunci Jawaban: C
Utang obligasi yang diterbitkan bersama waran adalah jenis hybrid securitiies (sekuritas gabungan); yang bisa menyebabkan distorsi ekuitas. Waran adalah surat berharga yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli saham biasa pada waktu dan harga yang sudah ditentukan. Aturan akuntansi yang tidak memisahkan utang obligasi dengan waran maka akan memiliki implikasi bahwa utang disajikan terlalu rendah dan ekuitas disajikan terlalu tinggi.


No. 16
Kunci Jawaban : A
Jawaban B-D adalah jenis kewajiban lancar yang berasal dari aktivitas operasi


No. 17
Kunci Jawaban : A

No. 18
Kunci Jawaban : D
Jawaban a-c merupakan sebagian fitur penting analisis kewajiban, sedangkan pilihan d bukan, apalagi akuntansi memang tidak mengenal pencatatan ayat tunggal.
 

No. 19
Kunci Jawaban : D
Sejalan dengan konsep konservatisme dalam pelaporan keuangan, perusahaan tidak mengakui keuntungan kontinjensi dalam laporan keuangan. Namun jika kemungkinan terealisasinya, perusahaan dapat mengungkapkannya dalam catatan atas laporan keuangan.


No. 20
Kunci Jawaban: C
Kelemahan konseptual depresiasi garis lurus adalah asumsi depresiasi yang pada tahun awal sama dengan tahun berikutnya saat aktiva mulai kurang efisien dan butuh biaya pemeliharaan yang tinggi….


No. 21
Kunci Jawaban: D
Saham ABC memiliki tingkat pengembalian lebih tinggi yaitu sebesar 2,1% (200-165/165)



No. 22
Kunci Jawaban : A
Laba ekonomi biasanya diartikan sebagai arus kas ditambah dengan perubahan nilai wajar aktiva.


No. 23
Kunci Jawaban : C
Laba permanen sering kali diebut kemampuan laba yang terus menerus (sustainable earning power) yang merupakan konsep penting bagi analis penilaian ekuitas maupun analis kredit


No. 24
Kunci Jawaban : A
Dua kondisi wajib untuk dapat diakui bahwa pendapatan harus: a)  realized or realizable b) earned.


No. 25
Kunci Jawaban : C
Terdapat tiga aspek penting dalam laba operasi: 1) laba yang berasal dari aktivitas operasi, 2) terpusat pada laba perusahaan secara keseluruhan, bukan hanya untuk pemegang ekuitas, 3) hanya terkait dengan aktivitas usaha yang masih berlangsung.

No. 26
Kunci Jawaban : B
Keterbatasan laporan arus kas adalah

No. 27
Kunci Jawaban : C
Dalam analisis rasio, seorang analis dapat: 1) membandingkan rasio suatu perusahaan selama beberapa tahun …..dst.

No. 28
Kunci Jawaban : B



No. 29
Kunci Jawaban : C
Perusahaan dengan strategi keunggulan kualitas, peluncuran produk baru, pelayanan purna jual yang bagus seringkali memiliki biaya penjualan dan administrasi yang lebih tinggi.


No. 30
Kunci Jawaban : C


No. 31
Kunci Jawaban : C
Perusahaan dalam poin A, B, dan D memiliki laba kuartalan yang relatif stabil sepanjang tahun.


No. 32
Kunci Jawaban : C
Kerugian penjualan aktiva tetap merupakan kerugian dari pos luar biasa yang sifatnya insidental


No. 33
Kunci Jawaban : B
Tidak ada batas kemungkinan skenario yang mungkin terjadi. Salah satu pendekatan sistematis terhadap analisis sensitivitas ..............

No. 34
Kunci Jawaban : C
Dari perspektif teoritis, nilai pemegang saham adalah nilai sekarang dari dividen yang dibayarkan.

No. 35
Kunci Jawaban: B
Feedback: Berikut adalah jenis aktiva yang digunakan sebagai jaminan kredit dan besarnya kredit yang diberikan dari jumlah aktiva jaminan kreidtnya, real estat = 80%,mesin pabrik dan peralatan kantor maksimal 50%, persediaan 20-60%.

No. 36
Kunci Jawaban : C
Poin A dan B adalan analisis strategi bisnis, D adalah analisis keuangan.

No. 37
Kunci Jawaban B.
Pengungkit keuangan mengacu pada jumalh pendanaan utang dalam struktur modal perusahaan. ...


No. 38
Kunci Jawaban : A.
 ... faktor indikasi bahwa suatu perusahaan akan menghadapi kesulitan keuangan adalah tingkat profitabilitas, volatilitas laba, dan tingkat pengungkit.

No. 39
Kunci Jawaban : A.
Tiga faktor yang menambah kredibilitas informasi keuangan adalah standar akuntansi dan auditing, pengawasan oleh analis keuangan, dan reputasi manajemen.

No. 40
Kunci Jawaban : C.
Peran dan Fungsi Komite Audit. Komisi audit terdiri dari 3 atau 4 komisaris eksternal ....




Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »