Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Sejarah Sastra PBIN4110

12:50:00 am
Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Sejarah Sastra PBIN4110 Universitas Terbuka yang berisi 50 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Sejarah Sastra PBIN4110. Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 1
A. Salah, sejarah sastra memang bagian dari ilmu sastra tetapi tidak merekam semua lingkup budaya. 
B. Salah, tidak semua kegiatan sastra termasuk ke dalam sejarah sastra. 
C. Salah, sejarah sastra ada yang berbentuk buku, bisa juga bentuk lainnya yang berisi sastra secara kronologis. 
D. Benar, sejarah sastra adalah perjalanan secara kronologis karya sastra suatu bangsa dari masa ke masa, dari waktu ke waktu, dari periode ke periode berikutnya. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 2
A. Salah, genre sastra adalah objek sejarah sastra, bukan kecualinya. 
B. Salah, sastra nasional dan daerah merupakan objek kajian sejarah sastra, bukan kecualinya. 
C. Benar, pandangan penilai karya sastra merupakan kegiatan kritik sastra, bukan kajian sejarah sastra. 
D. Salah, resepsi sastra oleh pembaca adalah objek kajian sejarah sastra, bukan kecualinya. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 3
A. Benar, karya sastra menampilkan karya tentang kehidupan berdasarkan situasi, kondisi, dan zaman tertentu sebagaimana yang diangkat dalam karya sastra yang akhirnya menjadi sejarah sastra. 
B. Salah, memang teori sastra merupakan acuan bagi karya sastra tetapi bukan bahan sejarah sastra. 
C. Salah, teori sastra bukan bagian dari sejarah sastra tetapi sama-sama bagian dari ilmu sastra. 
D. Salah, sejarah sastra menyimpan perkembangan peristiwa sastra sedangkan teori sastra merupakan hukum/prinsip sastra jadi tidak bisa saling mengganti. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 4
A. Salah, pendidikan bagi kaum terjajah dalam rangka memperkuat politik Belanda. 
B. Benar, dengan berdirinya Balai Pustaka sastra Indonesia sudah mulai terarah dan terbina. 
C. Salah, larangan penggunaan bahasa Belanda bertujuan agar proses pencetakan tenaga rendahan cepat. 
D. Salah, keinginan Belanda mempunyai karyawan bergaji rendah memang awal perubahan bagi bangsa tetapi belum ada mengarah ke sastra. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 5
A. Benar, sastra Indonesia modern merupakan kelanjutan dari sastra Melayu klasik, sedangkan sastra Melayu modern sastra yang berada di Semenanjung Melayu. 
B. Salah, sastra Indonesia modern bukan kelanjutan dari sastra di Semenanjung Melayu melainkan kelanjutan dari sastra Melayu klasik. 
C. Salah, sastra Indonesia bernama dan sudah realistis, sedangkan sastra Melayu modern masih banyak yang anonim. 
D. Salah, para penulis pada sastra Indonesia modern berbahasa Melayu dengan tujuan demi persatuan, sedangkan sastra Melayu modern hingga kini masih berbahasa Melayu sebagai bahasa daerah. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 6
A. Benar, sejak diikrarkan Sumpah Pemuda mengenai bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan maka sastra yang tidak berbahasa Indonesia disebut sastra daerah. 
B. Salah, menjamurnya karya sastra pada masa penjajahan karena bangsa Indonesia baru disadarkan dari kebodohannya dengan mendirikan taman bacaan. 
C. Salah, berubahnya sastra lisan menjadi tertulis dimulai pada saat bangsa Indonesia mengenal huruf, bukan dimulainya sastra Indonesia. 
D. Salah, berdirinya Balai Pustaka sebagai taman bacaan adalah upaya menghimpun intelektual, bukan latar belakang lahirnya sastra Indonesia. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 7
A. Salah, pendapat Slamet mulyanaKesusastraan Indonesia lahir bersamaan dengan kemerdekaan Negara Indonesia benar, bukan kecualinya. 
B. Benar, Kesusastraan Indonesia lahir bersamaan dengan diterbitkannya tiga karangan awal Balai Pustaka bukan pendapat Umar Yunus, melainkan pendapat ahli lain. 
C. Salah, Kesusastraan Indonesia lahir bersamaan dengan munculnya puisi sebagai peralihan dari larangan pemerintah Belanda untuk berpolitik ini benar pendapat A. Teeaw. 
D. Salah, Ayip Rosidi Kesusastraan Indonesia lahir bersamaan dengan munculnya kesadaran intelektual rasa kebangsaan bangsa Indonesia ini benar, bukan kecualinya. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 8
A. Benar, bahwa periode adalah bagian waktu yang dikuasai oleh standar sastra yang dapat dirunut sisi kemunculannya, penyebarannya, dan kelenyapannya. 
B. Salah, periode bukan waktu yang berisi banyak peristiwa yang memiliki nilai tertinggi dalam karya tetapi peristiwa dalam sastra yang bisa dirunut. 
C. Salah, periode bukan hanya untuk pengarang yang kreatif saja tapi mewakili tiap situasi, tempat, dan keadaan. 
D. Salah, periode memang babakan dalam sastra yang memiliki penggalan-penggalan tertentu tetapi harus bisa dirunut. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 9
A. Salah, pernyataan Angkatan 45 tidak ada bedanya dengan Pujangga Baru adalah pernyataan STA, bukan pernyataan Idrus. 
B. Salah, Saya lebih suka dengan nama Angkatan Pujangga Baru adalah pernyataan Ahdiat Karta Miharja. 
C. Salah, Angkatan 45 tidak ada bedanya dengan angkatan sebelumnya adalah pernyataan STA karena Angkatan sebelumnya adalah Pujangga Baru. 
D. Benar, Angkatan 45 mengingatkan kita pada keadaan perang adalah pernyataan Idrus. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 10
A. Salah, masa perkembangan adalah periodisasi yang dikemukakan oleh Ayip Rosidi. 
B. Benar, Periode Kesusastraan Melayu dikemukakan oleh Zuber Usman, H.B. Yasin, dan J.S. Badudu. 
C. Salah, Periode Kesusastraan Purba dikemukakan oleh Basaria Simorangkir Simanjuntak. 
D. Salah, Periode Kesusastraan Hindu dikemukakan oleh Sabaria, J.S. Badudu, dan Sabarudin Ahmad. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 11
A. Salah, munculnya kepercayaan masyarakat pada roh halus tidak berkaitan dengan sastra. 
B. Salah, percaya bahwa roh halus terdapat di mana-mana tidak berkaitan dengan sastra. 
C. Benar, pawang berpengaruh untuk membina masyarakat terutama melalui cerita. 
D. Salah, perkembangan sastra lisan semakin pesat tidak berkaitan dengan sastra. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 12
A. Salah, kisah percintaan antara Rama dan Sinta tidak ada hubungannya dengan ajaran moral. 
B. Benar, epos Ramayana banyak contoh ajaran moral tentang cara hidup yang benar. 
C. Salah, pertarungan antara tokoh jahat dengan tokoh baik tidak ada hubungannya dengan ajaran moral. 
D. Salah, kandungan sastranya sangat tinggi tidak ada hubungannya dengan ajaran moral. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 13
A. Benar, Lesmana adalah salah satu tokoh epos Ramayana yang melambangkan kesetiaan dan tanggung jawab. 
B. Salah, kelemahan dan mudah terpengaruh dilambangkan oleh tokoh Dasarata. 
C. Salah, suami ideal yang ksatria lambing dari tokoh Rama. 
D. Salah, kesetiaan dan patuh dilambangkan tokoh Sinta. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 14
A. Salah, Kresna adalah lambang kekuatan dengan prinsip bukan pengasih. 
B. Salah, yang bimbang malah Arjuna. 
C. Salah, keragu-raguan ditunjukkan oleh Arjuna. 
D. Benar, Kresna kuat pada prinsipnya sehingga hal tersebut mempengaruhi Arjuna yang bimbang. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 15
A. Salah , nama judul cerita bernafas Islam adalah ciri pengaruh Islam, bukan kecualinya. 
B. Salah, terdapat tokoh nabi dan pahlawan Islam adalah ciri pengaruh Islam, bukan kecualinya. 
C. Salah, mengandung ajaran Islam ciri pengaruh Islam, bukan kecualinya. 
D. Benar, yang bukan pengaruh Islam adalah keajaiban yang selalu dialami tokoh. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 16
A. Salah, Raja Ali Haji tidak menulis prosa melainkan syair gurindam sedangkan Abdullah menulis prosa. 
B. Salah, yang benar Raja Ali Haji penulis syair religi Gurindam 12 sedangkan Abdullah menulis realita seperti kisah dan biografi. 
C. Salah, jawaban malah sebaliknya Raja Ali Haji penulis di dalam dan sekitar istana sedangkan Abdullah menulis tentang luar istana. 
D. benar karena apabila baru menaman hyacinths, tanaman baru tersebut harus ditempatkan di tempat teduh dan gelap, jadi apabila ditempatkan di tempat yang panas, dan terang kemungkinan pohon akan mati. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 17
A. Salah, Balai Pustaka berdiri untuk membina bacaan rakyat, bukan keinginan Belanda. 
B. Benar, Balai Pustaka adalah tempat atau wadah bagi penulis dan pembaca. 
C. Salah, pendidikan bagi kaum bumi putra memang untuk mencari pegawai, tetapi tidak sampai pada berdirinya penerbitan. 
D. Salah, penjajah tidak pernah berkeinginan meningkatkan pendidikan bagi kaum terjajah. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 18
A. Salah, Adi Negoro Balai Pustaka jadi bukan kecuali. 
B. Salah, Abdul Muis Balai Pustaka jadi bukan kecuali. 
C. Benar, Sutan Takdir Alisyahbana bukan periode Balai Pustaka melainkan periode Pujangga Baru. 
D. Salah, Merari Siregar Balai Pustaka jadi bukan kecuali. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 19
A. Benar, Sanusi Pane termasuk ke dalam Balai Pustaka bukan yang di luar Balai Pustaka. 
B. Salah , Mas Marco Kartodikromo pengarang di luar Balai Pustaka, bukan kecuali. 
C. Salah, G. Francis pengarang di luar Balai Pustaka, bukan kecuali. 
D. Salah, Eduard Dowes Dekker pengarang di luar Balai Pustaka, bukan kecuali. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 20
A. Salah, semua roman beralur lurus baik di luar maupun di lingkungan Balai Pustaka. 
B. Benar, didaktis adalah sifat sastra masa Balai Pustaka, sedangkan yang di luar Balai Pustaka pemberontakan. 
C. Salah, semua sastra menggunakan sudut pandang orang ketiga baik di luar maupun di lingkungan Balai Pustaka. 
D. Salah, ciri bahasa yang dipergunakan di luar Balai Pustaka berupa lambang atau perumpamaan, jadi bukan kecuali. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 21
A. Benar, Pujangga Baru adalah wadah bagi para sastrawan, budayawan, dan kaum pelajar untuk memperjuangkan cita-citanya. 
B. Salah, keinginan merdeka tidak selalu berwujud majalah. 
C. Salah, yang didasari minat baca tulis adalah dasar lahirnya Balai Pustaka. 
D. Salah, bentuk perjuangan rakyat tidak selalu berbentuk majalah. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 22
A. Salah, Polemik dalam Majalah Pujangga Baru melahirkan majalah bernama Konfrontasi, bukan Siasat. 
B. Benar, Polemik dalam Majalah Pujangga Baru melahirkan majalah bernama Konfrontasi. 
C. Salah, Polemik dalam Majalah Pujangga Baru melahirkan majalah bernama Konfrontasi, bukan Pembaharuan. 
D. Salah, Polemik dalam Majalah Pujangga Baru melahirkan majalah bernama Konfrontasi, bukan Sastra dan Budaya. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 23
A. Salah, Chairil Anwar Angkatan 45, bukan Angkatan Pujangga Baru. 
B. Salah, Marah Rusli Balai Pustaka, bukan Angkatan Pujangga Baru. 
C. Salah, Adi Negoro Angkatan Balai Pustaka, bukan Angkatan Pujangga Baru. 
D. Benar, Amir Hamzah Angkatan Pujangga Baru. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 24
A. Benar, kekuatan roman Belenggu terletak pada kekuatan penggambaran gerak batin tokohnya, keberanian mengungkapkan fakta meskipun dianggap tabu, dan akhir cerita yang diserahkan pada pembaca. 
B. Salah, kekuatan roman Belenggu bukan pada permainan kata, tetapi kekuatan penggambaran gerak batin tokohnya. 
C. Salah, kekuatan roman Belenggu bukan pada penggambaran fisik tokoh tetapi pada kekuatan penggambaran gerak batin tokohnya. 
D. Salah, kekuatan roman Belenggu bukan pada penyampaian amanat, tetapi pada kekuatan penggambaran gerak batin tokohnya. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 25
A. Salah, penggunaan bahasa perbandingan adalah ciri puisi Pujangga Baru, bukan kecualinya. 
B. Salah, menggunakan kata-kata indah, bersajak dan rimaadalah ciri puisi Pujangga Baru, bukan kecualinya. 
C. Benar, mementingkan kekutan kata dari pada persajakan adalah ciri puisi Angkatan 45, bukan ciri puisi Pujangga Baru. 
D. Salah, pada puisi baru masih terasa pengaruh puisi lama adalah ciri puisi Pujangga Baru, bukan kecualinya. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 26
A. Benar, salah satu cirri ekstrinsik angkatan Pujangga Baru adalah masalah kehidupan masyarakat kota. 
B. Salah, salah satu cirri ekstrinsik angkatan Pujangga Baru adalah masalah kehidupan masyarakat kota, bukan masyarakat desa. 
C. Salah, salah satu cirri ekstrinsik angkatan Pujangga Baru adalah masalah kehidupan masyarakat kota, bukan kehidupan penjajah. 
D. Salah, salah satu cirri ekstrinsik angkatan Pujangga Baru adalah masalah kehidupan masyarakat kota, bukan masalah kehidupan remaja masa kini. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 27
A. Salah, ciri bahasa Idrus kasar dan cenderung kotor sebagai makian atau celaan, bukan simbolik. 
B. Benar, keberanian Idrus adalah menggunakan kata-kata kasar di dalam karyanya. 
C. Salah, ciri bahasa Idrus kasar, dan cenderung kotor sebagai makian atau celaan kepada penjajah Jepang, bukan sebaliknya. 
D. Salah, salah ciri bahasa Idrus kasar dan cenderung kotor sebagai makian atau celaan, bukan menggunakan bahasa perlambang seperti masa Balai Pustaka. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 28
A. Benar, ciri bahasa idrus kasar, dan cenderung kotor sebagai makian atau celaan kepada penjajah Jepang. 
B. Salah, Armyn Pane bukan masa Jepang tetapi masa Pujangga Baru. 
C. Salah, Chairil Anwar keistimewaannya pada penggunaan kata singkat dan tepat dalam puisi. 
D. Salah, Sutan Takdir Alisyahbana hadir pada masa Pujangga Baru bukan zaman Jepang. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 29
A. Benar, kemunculan drama yang menjamur akibat sensor tidak seketat pada prosa dan puisi. 
B. Salah, penindasan tetap tetapi pada seniman drama lebih longgar. 
C. Salah, Jepang tidak pernah menginginkan Indonesia merdeka, apaklagi membantu. 
D. Salah, pada masa ini masyarakat belum terbebas dari penjajahan karena pengaruh Jepang. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 30
A. Salah, pertentangan kaum muda dengan kaum tua adalah ciri Periode Pujangga Baru dan Balai Pustaka. 
B. Benar, sudah menuliskan apa adanya secara alamiah (natural) tidak lagi menggunakan ungkapan orang ketiga (individualistis. 
C. Salah, didaktis adalah ciri Periode Pujangga Baru dan Balai Pustaka. 
D. Salah, bahasa simbolik tidak dikenakan pada drama Periode Jepang. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 31
A. Salah, Kerikil Tajam judul Puisi Chairil Anwar Angkatan 45. 
B. Salah, Puspa Mega puisi Sanusi Pane tergolong Angkatan Balai Pustaka. 
C. Benar, Bunglon adalah judul puisi Zaman Jepang. 
D. Salah, Nyanyi Sunyi adalah judul Puisi Amir Hamzah Angkatan Pujangga Baru. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 32
A. Salah, menggunakan bahasa sehari-hari adalah ciri puisi Angkatan 45 bukan kecualinya. 
B. Salah, punya visi dan misi yang berbeda adalah ciri puisi Angkatan 45 bukan kecualinya. 
C. Salah, menghidupkan bahasa sehari-hari menjadi indah adalah ciri puisi Angkatan 45 bukan kecualinya. 
D. Benar, mengembalikan kata agar berfungsi magis merupakan ciri Angkatan 70-an. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 33
A. Salah, Krisis sastra terjadi karena adanya krisis politik adalah pendapat Soedjatmoko. 
B. Salah, krisis sosial terjadi bukan disebabkan krisis kepemimpinan tetapi karena adanya jurang antara kebutuhan objektif rakyat Indonesia dan kenyataan sosial yang ada, adalah pendapat Boeyoeng Saleh. 
C. Salah, memang terjadi kebuntuan tapi sementara karena belum adanya hubungan antara antara hidup kekotaan dan kedesaan adalah pendapat Asrul Sani. 
D. Benar, pendapat Nugroho Notosusanto di antaranya kalangan muda ikut terpengaruh dengan lesunya kesastraan Belanda. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 34
A. Salah, ketidakharmonisan hubungan sastrawan muda dan sastrawan terdahulu bukan latar belakang munculnya sastra majalah. 
B. Salah, sastra majalah tidak terkait dengan minat baca. 
C. Benar suramnya dunia penerbitan melahirkan sastra majalah. 
D. Salah, kesibukan politikus dalam mengisi kemerdekaan tidak terkait dengan sastra majalah. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 35
A. Salah, Pernyataan A bukan pernyataan H.B. Jassin. 
B. Salah, Benarkah dia Manfalutfi Indonesia? merupakan judul tulisan Abdullah Sp yang menuduh HAMKA. 
C. Benar, Terdapat persamaan plot tetapi terdapat pengungkapan, pengalaman, dan permasalahan sendiri adalah pernyataan HB Jassin. 
D. Salah, pernyataan D bukan ungkapan H.B. Jassin. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 36
A. Benar, Semangat larang-melarang itu tidak sehat adalah pernyataan Taufik Ismail. 
B. Salah, Para kritikus harus dipensiunkan adalah pernyataan Slamet Kirnanto. 
C. Salah, Para penyair mapan harus dibuang ke pulau terpencil! adalah pernyataan Slamet Kirnanto. 
D. Salah,  Sastra Indonesia itu buruk, belum sebagus sastra Jawa Kuno! adalah pernyataan para saksi. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 37
A. Benar, menurut Rahmat Djoko Pradopo Angkatan 70-an itu telah memulai karyanya pada tahun 60 bahkan 65. 
B. Salah, ciri politik 65 dilontarkan oleh H.B. Jassin. 
C. Salah, memiliki perbedan dengan ciri-ciri karangan sebelumnya bukan pendapat Rahmat DJoko Pradopo. 
D. Salah, mewadahi minat menulis masyarakat adalah ciri Angkatan Balai Pustaka. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 38
A. Salah, Rahmat Djoko Pradopo justru tidak menyetujui adanya angkatan (terutama 66) karena tidak berciri kesasraan. 
B. Benar, akan lahirnya generasi baru sastra setiap 15/25 tahun adalah prediksi H.B. Jassin. 
C. Salah, Dami N Toba memproklamasikan adanya Angkatan 70-an. 
D. Salah, Abdul Hadi W.M. pendukung Dami N Toba tentang kelahiran Angkatan 70-an 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 39
A. Salah, cenderung anti plot merupakan ciri fiksi nonkonvensional, bukan kecualinya. 
B. Salah, alurnya melompat-lompat merupakan ciri fiksi nonkonvensional, bukan kecualinya. 
C. Salah, temanya tentang kegelisahan manusia merupakan ciri fiksi nonkonvensional, bukan kecualinya. 
D. Benar, mewadahi minat baca tulis masyarakat Indonesia adalah ciri Balai Pustaka. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 40
A. Benar , sastra konvensional berciri beralur utuh; latar jelas; gambaran tokoh jelas, sedangkan sastra nonkonvensional beralur absurd, latar tidak jelas, gambaran tokoh jtidak jelas. 
B. Salah, alur absurd; latar tidak jelas; gambaran tokoh tidak jelas justru ciri yang nonkonvensional, sedangkan yang konvensional sebaliknya. 
C. Salah, plot pada yang konvensional mudah diikuti, sedangkan pada yang nonkonvensional sebaliknya. 
D. Salah, plot pada yang konvensional mudah diikuti, sedangkan pada yang nonkonvensional sebaliknya. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 41
A. Benar, W.S. Rendra adalah penulis drama nonkonvensional Dekade 70-an. 
B. Salah, Ahmad Tohari penulis novel bukan drama. 
C. Salah, JB Mangun Wijaya penulis novel bukan drama. 
D. Salah, Usmar Ismail penulis drama masa Pujangga Baru. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 42
A. Salah, humor untuk lawak sebagai hiburan dan tujuan utama tetapi bagi teater nonkonvensional merupakan bagian dari komunkasi dengan penonton. 
B. Benar, dalam teater nonkonvensional memuat cara berkomunikasi dengan humor yang cerdas. 
C. Salah, teater bukan mengutamakan penonton tetapi pemain. 
D. Salah, penonjolan unsur humor hanya salah satu dari enam ciri teater nonkonvensional. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 43
A. Benar, memilih kata seefisien mungkin adalah ciri estetika puisi angkatan 45. Jadi termasuk yang kecualinya. 
B. Salah, menggugat kata dengan alat bantu bunyi adalah ciri estetika 70-an. 
C. Salah, menggugat kata dengan alat bantu bentuk grafis adalah ciri estetika 70-an. 
D. Salah, menggugat kata dengan alat bantu kesenyapan dan lain-lain adalah ciri estetika 70-an. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 44
A. Salah, ungkapan dan petuah bukan pernyataan A. Teeuw. 
B. Benar, A. Teaw berpendapat bahwa puisi 70-an mengembalikan nilai magis yang merupakan peran hakiki kata. 
C. Salah, adalah pernyataan Sapardi Djoko Damono, bukan A.Teeauw. 
D. Salah, menyimpang dari tata bahasa normatif demi memperkuat daya makna dan daya ungkap baru adalah pendapat Rahmat Djoko Pradopo. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 45
A. Benar, turunnya nilai tukar rupiah terhadap dolar tidak berhubungan langsung dengan sastra. 
B. Salah, terjadinya peristiwa sosial politik yang traumatik. 
C. Salah, munculnya para penulis baru yang karyanya inovati. 
D. Salah, munculnya beberapa pengikut sastra yang sesuai dengan aliran yang baru. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 46
A. Salah, memilih kata seefisien mungkin adalah ciri estetika puisi Angkatan 45. 
B. Salah, puisi merupakan kumpulan enjabemem hubungan antarbaris/antarkata merupakan puisi Sutarji. 
C. Benar, puisi tanpa dibatasi bait sehingga dapat dibaca sungsang adalah estetikanya Afrizal Malna. 
D. Salah, menyimpang dari tata bahasa normatife demi memperkuat daya makna dan daya ungkap baru merupakan ciri puisi Sutarji. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 47
A. Benar, memiliki kisah utuh dengan jalinan bahasa terpelajar adalah ciri estetika Ashadi Siregar. 
B. Salah, cenderung mengekspos adegan seronok ciri estetik sastra Motinggo Busye. 
C. Salah, mengungkapkan sifat kedetektifan novel pop pengaruh Cina. 
D. Salah, mengungkapkan kesulitan hidup dengan jalinan bahasa sehari-hari ciri sastra karya Idrus Angkatan 45. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 48
A. Salah, sastra popular salah satunya hanya sekedar merupakan hiburan bagi pembaca. 
B. Salah, salah satu ciri sastra popular bersifat sentimental. 
C. Salah, salah satu ciri sastra popular mengandalkan kekuatan suspensi. 
D. Benar, banyak terdapat digresi merupakan ciri novel Balai Pustaka, jadi termasuk kecuali. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 49
A. Benar, novel popular untuk kalangan tertentu tentang upaya mengatasi kelemahan pelaku dengan gaya humor. 
B. Salah, novel popular yang khusus untuk remaja sebagai alat komunkasi antarsesamanya bukan chicklit. 
C. Salah, novel popular yang khusus untuk anak-anak sebagai arahan bagi kedua orang tuanya bukan chicklit. 
D. Salah, novel ringan berisi persoalan yang dihadapi tokoh utama bukan chicklit. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 50
A. Salah, yang diutamakan bukan bahasa sehari-harinya, tetapi bahasa remaja yang menonjolkan rasa humor. 
B. Salah, pada teenlit ciri utamanya berbahasa remaja sehari-hari, bukan bahasa baku. 
C. Salah, alur yang melompat-lompat merupakan cirri sastra yang absurd. 
D. Benar, teenlit adalah novel remaja yang berisi kisah remaja dengan bahasa remaja dan penuh humor, seperti pada kutipan karya di atas. 


Sumber latihan mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »