Soal Latihan Mandiri Pemasaran Sosial SOSI4313

3:03:00 pm

Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Pemasaran Sosial SOSI4313 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 50 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman kunci jawaban, jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%. Selamat Mengerjakan.



Soal Pilihan Ganda


Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!


1. Kerangka tindakan yang terdapat dalam pemasaran sosial umumnya berupa .. 


 A. konsep dan ide  

 B. konsep dan perencanaan  

 C. perencanaan dan pelaksanaan  

 D. perencanaan dan ide  


2. Kepercayaan merupakan salah satu bentuk dari produk sosial yang berupa..... 


 A. ide  

 B. praktik sosial  

 C. objek terukur  

 D. nilai  


3. Pendekatan yang dilakukan terhadap Sri Sultan sebagai tokoh yang mewakli masyarakat Jogja merupakan karakter dari target adopter berdasarkan karakteristik.. 

   

 A. Sosio-Demografis  

 B. Profil Psikologis  

 C. perilaku  

 D. objektif  


4. Untuk mempertahankan produk yang cocok pada target adopter yang bisa dilakukan dalam tahap pertama adalah.. 

   

 A. Tidak melakukan perubahan apa pun pada produk, melainkan melaksanakan komunikasi persuasif yang lebih intensif  

 B. Melakukan Kampanye menggunakan produk terukur yang membutuhkan presentasi dan demonstrasi  

 C. Mengubah produk dari bentuk padat menjadi cair  

 D. melakukan riset dan pengawasan terhadap kondisi masyarakat  


5. objek yang ditargetkan dalam promosi dari pemasaran sosial disebut.... 

   

 A. producer  

 B. purchaser

 C. product

 D. probing  


6. Producer yang dianggap paling efektif dalam pemasaran sosial adalah ..    


 A. pemerintah  

 B. LSM  

 C. Partai politik  

 D. Organisasi massa  


7. Penentuan mengenai target adopter yang tepat biasanya dilakukan dalam mata rantai 

   

 A. konsep  

 B. strategi  

 C. pelaksanaan  

 D. monitoring  


8. Fokus yang dituju dalam pemasaran sosial adalah. 

 

 A. Pemilhan strategi yang akan dilakukan  

 B. sekelompok orang yang dijadikan target sasaran  

 C. produk yang akan dipasarkan  

 D. sarana yang akan digunakan  


9. Strategi melibatkan tetua adat dalam pemasaran sosial didasarkan pada pandangan bahwa tetua adat merupakan.. 

   

 A. stakeholder  

 B. gatekeepers  

 C. informal leader  

 D. target adopter  


10. perubahan yang sangat cepat di mana faktor-faktor pengubah relatif sulit diperkirakan merupakan gambaran dari Perubahan lingkungan yang..... 

  

 A. stabil  

 B. transisional  

 C. tidak stabil  

 D. tidak menentu  


11. Ketidakmampuan pemerintah daerah dalam menerapkan berbagai aturan otonomi daerah yang terlalu cepat menggambarkan bentuk perubahan lingkungan yang. 

  

 A. Tidak menentu  

 B. Tidak stabil  

 C. transisional  

 D. stabil  


12. metode yang dilakukan dengan menyurvei target/audience yang semua pertanyaannya diarahkan untuk mengetahui opini-opini mereka adalah metode. 

 

 A. Opinion leader survey  

 B. Desk research  

 C. Media content analysis  

 D. survey  


13. analisis yang berupaya untuk mengkaji kekuatan, kelemahan, peluang-peluang, dan ancaman, adalah .. 

  

 A. metode skenario  

 B. analisis swot  

 C. identifikasi isu dan analisis metode  

 D. content analysis  


14. bagian kecil dari suatu segmen pasar yang kebutuhannya tidak dilayani secara baik oleh pemasar sebab mereka menginginkan perlakuan yang sangat spesifik merupakan tingkatan  

 

 A. ceruk pasar  

 B. lokal  

 C. individu  

 D. segmen  


15. segmentasi berdasarkan variabel daur hidup keluarga merupakan segemnetasi yang berdasarkan.... 


 A. geografis 

 B. demografis  

 C. cohort  

 D. psikografis  


16. Dalam segmentasi berdasarkan tingkat kesetiaan, apabila masyarakat mengikuti pola A, A, B, B, A, A, dapat dikatakan masyarakat tersebut termasuk kelompok .. 


 A. kesetiaan yang berganti-ganti  

 B. kesetiaan yang terbagi  

 C. kesetiaan yang berpindah  

 D. tidak setia  


17. Pemasar yang memprioritaskan pada segmen yang lebih besar, yaitu masyarakat yang lebih luas, termasuk dalam kriteria.. 

   

 A. Dapat diakses  

 B. Cukup besar  

 C. Dapat diukur  

 D. Sesuai tujuan 


18. Jika pemasar ingin berkonsentrasi pada produk sosial tertentu yang disediakan untuk beberapa segmen, maka sebaiknya pemilihan segmen dilakukan dengan cara. 


 A. Konsentrasi segmen tunggal  

 B. Spesialisasi produk  

 C. Spesialisasi selektif  

 D. Menggarap seluruh pasar  


19. Dalam melihat produk sosial, persepsi masyarakat pada umumnya tidak rasional, hal ini karena.. 


 A. Masyarakat selalu memahami produk sosial sebagaimana pemasar  

 B. Konsumen akan menilai produk sosial dengan cara yang sama dengan target adopter  

 C. Persepsi masyarakat akan tertuju pada manfaat yang seringkali samar  

 D. Persepsi Masyarakat selalu didasari kesadaran  


20. Ketika seorang pemasar lebih memfokuskan pada posisi produk yang lain dari kenyataan produk itu sendiri, maka strategi positioning yang tepat digunakan adalah. 


 A. Positioning berdasarkan ciri-ciri khusus  

 B. Positioning berdasarkan manfaat  

 C. Positioning berdasarkan posisi melawan pesaing tertentu  

 D. Positioning berdasarkan disosiasi kelas produk 


21. Dalam pola mode yang menggambarkan pola daur hidup di dalam pemasaran sosial, ditandai dengan kecenderungan .    


 A. Perkenalan secara tiba-tiba  

 B. pertumbuhan secara cepat  

 C. populer untuk sepanjang waktu  

 D. menurun secara perlahan  


22. Dalam daur hidup produk, tahap perkenalan adalah suatu periode pertumbuhan yang..... 

   

 A. berjalan lambat  

 B. ditandai dengan kestabilan penjualan  

 C. ditandai dengan penurunan yang semakin tajam  

 D. tingkat penjualan relatif sama dengan tahap pertumbuhan  


23. Karakteristik arus dana yang terjadi dalam tahap perkenalan adalah. 


 A. negatif  

 B. sedang  

 C. tinggi  

 D. rendah  


24. Ketika produk yang akan diluncurkan tidak membutuhkan pembangunan infrastruktur baru untuk jalur distribusi, transportasi jasa, serta komunikasi, maka Waktu yang diperlukan untuk tahap perkenalan .. 


 A. lebih lama dan pertumbuhan akan lebih singkat  

 B. lebih singkat dan pertumbuhan akan lebih lama  

 C. dan pertumbuhan akan lebih singkat  

 D. dan pertumbuhan akan lebih lama  


25. Dalam kondisi harga yang ditetapkan untuk produk yang diluncurkan tinggi, demikian pula dengan promosi yang dilakukan juga tinggi, maka strategi yang dilakukan adalah strategi....    


 A. pengambilan laba cepat  

 B. pengambilan laba lamban  

 C. penerobosan cepat  

 D. penerobosan lambat  


26. makna subjektif yang ada di dalam target adopter disebut ..... 

   

 A. ide produk  

 B. gagasan produk  

 C. citra produk  

 D. konsep produk  


27. strategi yang dilakukan dengan memberi pelanggan suatu produk atau jasa yang memang dapat diandalkan dengan harga yang bersaing termasuk strategi.... 


 A. Operasi yang cemerlang  

 B. Keakraban pelanggan  

 C. Keunggulan produk  

 D. citra produsen  


28. Dalam kondisi perusahaan yang telah memiliki posisi pasar yang sangat kuat dan berdasar analisis memiliki kemungkinan peningkatan jumlah penjualan dan laba yang lebih baik cenderung melakukan pola diversifikasi yang .. 

   

 A. Selaras dengan Produksi dan Penjualan  

 B. Selaras dengan Produksi dan Menyimpang dari Penjualan  

 C. Menyimpang dari Produksi dan Selaras dengan Penjualan  

 D. Menyimpang dari Produksi dan Penjualan  


29. Dalam tipe perilaku mengurangi ketidakcocokkan, keputusan adopter pada saat itu biasanya didasarkan pada pertimbangan..

   

 A. kemudahan memperoleh produk  

 B. Kesamaan produk  

 C. Keunikan produk  

 D. Kesamaan bentuk  


30. Tipe perilaku membeli yang mengurangi ketidakcocokan selalu ditandai dengan keterlibatan yang .. 


 A. Tinggi disertai dengan adanya perbedaan nyata antarmerek  

 B. Tinggi disertai dengan adanya sedikti perbedaan antarmerek  

 C. Rendah disertai dengan adanya perbedaan nyata antarmerek  

 D. Rendah disertai dengan adanya sedikti perbedaan antarmerek  


31. Tahap awal yang dilalui seseorang dalam perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan adalah 

  

 A. sikap  

 B. nilai  

 C. kepercayaan  

 D. tindakan  


32. suatu rangsangan kuat dari dalam diri seseorang untuk mendesak dan mendorong ke arah perbuatan dalam teori pembelajaran dijelaskan dengan konsep.. 


 A. drive  

 B. stimuli  

 C. clues  

 D. reinforcement  


33. Salah satu contoh bauran promosi dalam bentuk penawaran sosial adalah.... 

   

 A. konferensi pers  

 B. publisitas  

 C. seminar  

 D. pameran  


34. Kegiatan yang bisa dilakukan dalam mengidentifikasi audien sasaran adalah.. 


 A. media identitas  

 B. konferensi pers  

 C. analisis citra  

 D. presentasi penawaran  


35. Bentuk iklan yang  bisa digunakan untuk meyakinkan bahwa produk sosial tersebut mempunyai berbagai manfaat adalah iklan... 

   

 A. inovatif  

 B. educatif  

 C. persuasif  

 D. komparatif  


36. Dengan menghitung jumlah  penonton  yang menonton tayangan Acara Aku adalah AKU sebanyak 50 dari 100 yang diteliti, pemasar bisa menghitung .. 

   

 A. rating  

 B. home using TV  

 C. people using tv  

 D. share  


37. pemberian contoh produk secara gratis, merupakan salah satu bentuk sasaran dari promosi penawaran, yaitu.... 


 A. merangsang pengadopsian  

 B. Merangsang mencoba produk sosial yang ditawarkan  

 C. Menggunakan ulang  

 D. Mendorong menggunakan lebih banyak  


38. Huruf P dalam konsep PENCILS yang diperkenalkan oleh Kotler memiliki arti.... 


 A. Publication  

 B. producer  

 C. price  

 D. product  


39. Titik konsumsi pada pemasaran sosial dalam produk yang berupa ide atau gagasan adalah  


 A. agen  

 B. produsen  

 C. penyalur  

 D. adopter  


40. Saluran pemasaran adalah sebuah jaringan yang berupa lembaga dan agen yang terlibat dalam tugas memindahkan suatu produk dari titik  


 A. distribusi ke titik konsumsi  

 B. produksi ke titik distribusi  

 C. produksi ke titik konsumsi  

 D. konsumsi ke titik produksi  


41. Terkait dengan bentuk dari produk tak nyata, maka .. 


 A. dalam distribusinya tidak memerlukan distributor  

 B. dalam distribusinya tetap memerlukan distributor  

 C. memerlukan distributor yang sama dengan produk nyata  

 D. memakai distributor jika produk tak nyata tersebut menjadi produk nyata  


42.  Arus pemasaran yang telah dilakukan oleh para anggota sebuah saluran pemasaran ini diistilahkan sebagai service .... 


 A. output  

 B. product  

 C. adopter  

 D. marketing  


43. Proses yang dilakukan setelah mengembangkan   dasar produk yang baku adalah.. 

  

 A. Mengembangkan promosi untuk menentukan posisi  

 B. Mengembangkan  prototipe dasar produk yang baku  

 C. Mengembangkan disain kemasan 

 D. Mempersiapkan uji coba produksi dalam skala besar  


44. Teknik yang sesuai untuk mengambil keputusan berkaitan dengan Keistimewaan produk nyata dasar adalah. 


 A. Riset penempatan posisi  

 B. Pengujian produk  

 C. Uji pemasaran  

 D. Pre tes materi komunikasi  


45. Dalam menentukan berapa banyak sampel yang sebaiknya diambil, maka semakin banyak variabel yang digunakan sebaiknya.. 


 A. Jumlah sampel sama dengan jumlah  variabel  

 B. Semakin banyak sampel yang diambil  

 C. Semakin sedikit sampel yang diambil  

 D. Jumlah sampel menjadi tidak signifikan lagi  


46. jenis penelitian murni dikelompokkan dalam klasifikasi ..... 


 A. manfaat  

 B. dimensi waktu  

 C. teknik pengumpulan data  

 D. tujuan  


47. Untuk mengetahui dugaan sikap target adopter,  penelitian yang bisa dilakukan adalah . 

   

 A. Focus Group Discussion  

 B. eksperimen  

 C. survei  

 D. regresi  


48. Tahapan yang merupakan suatu pengukuran prestasi dari suatu kegiatan yang dilakukan melalui suatu kegiatan riset dalam evaluasi pemasaran dimulai dengan pertanyaan. 


 A. Apa yang ingin kita capai?  

 B. Apa yang terjadi?  

 C. Kenapa hal itu terjadi?

 D. Apa yang harus kita lakukan?  


49. Dalam pemasaran sosial, audit yang dilakukan bersifat.. 


 A. fungsional  

 B. komprehensif  

 C. internal  

 D. komunal 

 

50. Kesalahan-kesalahan yang umumnya terjadi dalam menggarap masalah harga jual adalah sebagai berikut, kecuali.. 


 A. harga jual berubah-ubah mengikuti kurs mata uang  

 B. penetapan harga sangat mengarah pada biaya  

 C. harga jual kurang sering ditinjau padahal pasar selalu berubah  

 D. harga jual kurang bervariasi bagi jenis produk dan segmen pasar yang berlainan  




Untuk mengetahui jawabannya silahkan buka halaman Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Pemasaran Sosial SOSI4313



Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »