Rangkuman Psikologi Komunikasi

7:03:00 pm
PENGERTIAN PSIKOLOGI KOMUNIKASI
Apakah kalian pernah terfikir untuk tidak melakukan proses komunikasi?? jika pernah maka anda harus menjauhkan pikiran tersebut karena kita tidak dapat menghindar dari yang namanya proses komunikasi. Mungkin kalian menganggap berdiam diri termasuk tidak melakukan proses komunikasi, tapi sebenarnya diam itu termasuk dalam proses komunikasi. Misalkan anda marah dengan orang-orang di rumah anda. Anda mengatakan kepada mereka, "saya tidak akan mau berbicara dengan kalian orang-orang di rumah ini!" lalu anda membanting pintu kamar, menguncinya, dan seharian tidak keluar dari kamar anda. Anda ingin memutuskan kontak dengan orang-orang rumah. Anda diam di kamar, merenung, mendengarkan musik, membaca komik di kamar. Anda mengatakan pada diri anda seolah olah anda tidak mau lagi berkomunikasi. Akan tetapi, sesungguhnya bantingan pintu kamar anda, diamnya anda seharian di kamar menunjukan bahwa anda berkomunikasi. Mengapa demikian?? karna perilaku anda tersebut menyampaikan  pesan kepada orang-orang rumah bahwa anda marah.
Pengertian Psikologi
Psikologi adalah studi ilmiah mengenai perilaku dan proses mental menurut papalia & olds 1985. Psikologi menurut arti kata berasal dari bahasa latin psyche  yang artinya jiwa atau soul dan logos artinya kata atau wacana. Untuk menjelaskan perilaku manusia dalam menanggapi lingkungannya, manusia mempunyai empat reaksi dasar yaitu :
1. Reaksi instrumental 
Reaksi ini berupa tindakan atau menyangkut gerakan. seperti berjalan, makan, berbicara.
2. Reaksi kognitif
Sistem reaksi ini terdiri dari berfikir, membuat rencana dan berimajinasi.
3. Reaksi afektif
Reaksi afektif termasuk dalam sistem. contohnya perilaku emosional.
4. Reaksi persepsi
Melibatkan satu atau lebih alat indra kita, serperti indra penglihatan, pendengaran, peraba, pengecap.

Dalam kajian psikologis terdapat empat tujuan, menurut papalia & olds (1985), yakni sebagai berikut.
1.Deskriptif. artinya psikologi memberikan informasi tentang apa yang sedang terjadi. contoh : ada hubungannya antara tingkat pendidikan dengan makin panjang usia seseorang. kita tidak mengetahui mengapa hubungan itu terjadi, kita hanya mengetahui hubungan itu ada.
2.Eksplanasi. psikologi memberikan informasi tentang mengapa sesuatu terjadi. contoh yang sudah disebutkan diatas : mungkin saja orang yang berpendidikan tinggi akan memiliki usia yang lebih panjang karena mereka hidup lebih baik dan lebih mengetahui apa saja yang harus di lakukan ketika sakit.
 3.Prediksi. artinya psikologi bertujuan untuk meramalkan peristiwa yang terjadi di masa depan. contoh : tes IQ digunakan untuk memprediksi keberhasilan siswa di sekolah.
 4.Modifikasi. tujuannya untuk mengubah atau mengontrol perilaku. contohnya yang sudah di sebutkan pada butir 3, apabila tes IQ menunjukan siswa pemilih taraf kecerdasan yang tinggi, tetapi prestasi belajarnya sangat rendah maka perlu dilakukan terapi tertentu untuk mengoptimalkan fusi kecerdasan siswa tersebut.

SEJARAH PERKEMBANGAN PSIKOLOGI

Sejarah psikologi dapat dilacak sejak masa kuno, ketika orang mulai mengajukan pertanyaan tentang hakikat manusia dan mencoba menjelaskan tentang perilaku manusia. Filsuf Yunani dan Romawi mulai membahas apakah pikiran itu dan dimanakah letaknya. 

Aristoteles
Ia memperkenalkan konsep pikiran sebagai "tabula rasa" (keadaan kosong), yang tetap akan kosong sampai dengan di tulis oleh pengalaman.

John Locke (1632-1704)
Beliau adalah filsuf yang berasal dari inggris. Ia mengadopsi istilah yang disebutkan oleh aristoteles yaitu tabula rasa untuk mengekspresikan pandangannya mengenai pikiran manusia yang kemudian dikenal sebagai teori tabula rasa, artinya manusia di lahirkan ibarat selembar kertas kosong. Pengalamanlah yang mencoret-coret kertas tersebut.

Rene Descartes
berpendapat berlawanan dengan John Locke, menurutnya kita dilahirkan dengan gagasan dan kemampuan-kemampuan tertentu. descartes berpandangan bahwa tubuh dan pikiran adalah dua bagian yang terpisah namun saling mempengaruhi satu sama lain.
Semua pandangan ini berusaha mengkaji mengenai manusia, tetapi itu bukanlah psikologi yang sesungguhnya. mengapa demikian?? semua pandangan tersebut lebih didasarkan pada pendapat, bukan hasil suatu kajian ilmiah.
Philipp Melanchton
Ia lah yang menyebut istilah psikologi pertama kali, tepatnya pada tahu 1530. beliau berasal dari jerman. istilang psikologi digunakan  sebagai judul topik ceramah akademisnya mengenai jiwa. penggunaan istilah tersebut agar untuk membedakan dengan topik pneumatologi. peneumatologi adalah studi mengenai jiwa manusia yang berkaitan dengan malaikat, roh jahat dan tuhan.
Wilhelm Wundt
Tahun 1879 dinggap sebagai tahun kelahiran psikologi sebagai ilmu. ini dikarenakan beliau membangun sebuah labolatorium psikologi pertama di Leipzig, Jerman. wundt juga menyatakan dirinya sebagai ahli psikologi, maka dari situlah beliau di juluki bapak psikologi.
Semula psikologi merupakan hasil perkawinan filsafat dengan ilmu faal (fisiologis). Kombinasi antara minat menjelaskan perilaku dan minat terhadap penggunaan metode ilmu pengetahuan alam menyebabkan psikologi memisahkan diri menjadi satu disiplin ilmu tersendiri.

William James
Di Amerika Serikat juga berkembang disiplin ilmu psikologi pada tahun 1875. kajian pertama mengenai psikologi eksperimental dan di selenggarakan di Harvard University oleh beliau.

G. Stanley Hall
Hall adalah dokter psikologi pertama di Amerika (1878). pada tahun 1883 Hall mendirikan laboratorium di John Hopkins University. laboratorium tersebut merupakan  laobaratorium psikologi pertama yang berada di Amerika serikat.
PSIKOLOGI SOSIAL
Psikologi sosial adalah kajian ilmiah mengenai perilaku individu dalam konteks sosial menurut Sears dkk, 1985. studi ini menyangkut bagaimana kita memahami orang-orang lain dan situasi sosial, bagaimana respon mereka pada kita, dan secara umum bagaimana kita di pengaruhi oleh situasi sosial.
Pada tahun 1992 Weber menjelaskan bahwa diantara bidang-bidang kajian psikologi, psikologi sosial mengadopsi lebih banyak hal-hal eksternal dan lebih menekankan faktor-faktor situasional daripada faktor-faktor personal.
Rakhmat (1992) menulis buku pertama tentang psikologi sosial. Ia mendefinisikan psikologi sosial sebagai ilmu yang berusaha memahami dan menguraikan keseragaman dalam perasaan, kepercayaan atau kemauan juga tindakan yang diakibatkan oleh interaksi sosial.
SEJARAH BERDIRINYA ILMU KOMUNIKASI
Dilihat dari sejarah perkembangannya, ilmu komunikasi memang banyak dibesarkan oleh para peneliti psikologi. Wilbur Schram (1981) mengidentifikasi ada empat "Bapak Studi Komunikasi", yaitu 

Paul Lazarsfeld
Psikolog imigran dari Vienna yang banyak dipengaruhi pemikiran "Bapak Psikoanalisis" Sigmund Freud. sumbangan beliau yang paling besar adalah dalam studi komunikasi massa, khususnya efek media massa.

Kurt Lewin
Ilmuan Jerman yang bermigrasi ke Amerika Serikat pada awal 1930-an karena melarikan diri dari rezim Nazi Hitler. Ia ahli psikologi eksperimental dari Universitas Berlin. Lewin adalah ilmuan yang mengawinkan riset psikologi sosial dasar dengan terapan dan ia seorang ahli psikologi dinamika kelompok. Ia juga sorang pionir dalam kajian komunikasi kelompok.

Carl Hovland
Beliau ahli psikologi eksperimental. Pada tahun 1930-an dan 1940-an, ia adalah salah satu dari sejumlah ilmuan sosial Amerika terpenting yang mengadakan riset komunikasi. Hovland memperkenalkan tradisi penelitian mikro mengenai perubahan sikap individu.


LINGKUP PSIKOLOGI KOMUNIKASI

Setiap penglaman komunikasi menghasilkan satu atau lebih fungsi. Ada tiga fungsi komunikasi yaitu 
(i) memahami diri sendiri dan orang lain 
(ii) memapankan hubungan yg bermakna
(ii) mengubah sikap dan perilaku

HUBUNGAN PSIKOLOGI DENGAN KOMUNIKASI

Ahli komunikasi Jalaluddin Rakhmat menyatakan bahwa dalam psikologi, komunikasi memiliki makna yang luas. Komunikasi meliputi segala penyampaian energi,gelombang suara,tanda diantara tempat,sistem atau organisme.
Psikologi berusaha melihat komunikasi dalam kaitan perilaku manusia dan mencoba menyimpulkan proses kesadaran yang menyebabkan terjadinya perilaku itu. komunikasi disini cenderung di bahas dalam konteks sosial.

PSIKOLOGI KOMUNIKASI

George Miller mengartikan psikologi komunikasi sebagai ilmu yang berusaha menguraikan, meramalkan dan mengendalikan peristiwa mental dan behavioral (perilaku) dalam komunikasi. Menguraikan berarti menganalisis suatu tindakan komunikasi dapat terjadi.
Ada lima tolak ukur efektifitas komunikasi menurut Tubbs dan Moss , yaitu sebgai berikut.
1.Pengertian. artinya menerima yang cermat dari sisi stimuli seperti yang dimaksudkan komunikator.
2.Kesenangan. komunikasi di tunjukkan untuk menunjukan kesenangan, komunikasi yang demikian menjadikan hubungan kita dengan orang lain menjadi hangat,akrab, dan menyenangkan.
3.Pengaruh pada sikap. Inilah komunikasi yang paling sering kita lakukan untuk mempengaruhi orang lain. dalam hal ini di kenal dengan sebutan persuasi.
4.Hubungan yg makin baik. komunikasi juga bertujuan untuk menumbuhkan hubungan sosial yang baik.
5.Tindakan. terkait dengan persuasi makan komunikasi dimaksudkan untuk melahirkan tindakan yang dikehendaki

Artikel Terkait

Previous
Next Post »