Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Pemasaran Jasa EKMA4568

7:27:00 am
Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Pemasaran Jasa EKMA4568

Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Pemasaran Jasa EKMA4568 Universitas Terbuka yang berisi 40 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Pemasaran Jasa EKMA4568, Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%.


Kunci Jawaban Soal Latihan No. 1
A. Jawaban anda salah, variabel konsumen yaitu kebutuhan, keinginan dan harapan yang berubah-rubah
B. Jawaban anda salah, yang termasuk dalam variabel pesaing adalah persaingan antar perusahaan yang bergerak dibidang yang sama
C. Jawaban anda salah, yang termasuk dalam salah satu variabel ekonomi adalah inflasi
D. Jawaban anda Benar

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 2
A. Jawaban anda salah, Value Pricing merupakan strategi perusahaan untuk menghadapi krisis. Value Pricing adalah pengurangan promosi : atau mempertahankan harga murah (everyday low price) dapat menjadi kunci sukses perusahaan mempertahankan pelanggan, daripada menggunakan kupon, diskon, rabat untuk meningkatkan penjualan menjadi tidak efektif
B. Jawaban anda salah, Adding Value : Perusahaan harus dapat menerapkan konsep baru dari sisi konsumen. Pada situasi krisis value dimata konsumen adalah manfaat, inovasi dan harga realistis
C. Jawaban anda Benar, Go Global adalah cara memanfaatkan terbukanya pasar global untuk memperluas pasar dengan menerapkan fleksibelitas harga khusus pada produk/jasa yang berada pada posisi pasar yang belum dewasa (less mature market)
D. Jawaban anda salah, Afilliate Marketing merupakan strategi pemasaran

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 3
A. Jawaban anda salah, Intangibility merupakan karakteristik jasa, Intangibility: adalah Fitur yang tidak nampak
B. Jawaban anda salah, inseparability merupakan karakteristik jasa, inseparability: adalah tidak terpisahkan antara produksi dan konsumsi
C. Jawaban anda salah, Perishability merupakan karakteristik jasa, Perishability: adalah mudah rusak
D. Jawaban anda Benar, Karena jasa bersifat Heteroginity bukan bersifa homoginity

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 4
A. Jawaban anda Salah, Produktivitas : seberapa efisien pengubahan input jasa menjadi output yang menambah nilai bagi pelanggan
B. Jawaban anda Benar
C. Jawaban anda Salah , Nilai : Harga tindakan atau objek tertentuterkait dengan kebutuhan seseorang pada waktu tertentu
D. Jawaban anda Salah, Proses : Metode pengoperasian atau serangkaian tindakan tertentu, yang umumnya berupa langkah-langkah yang diperlukan dalam suatu urutan yang telah ditetapkan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 5
A. Jawaban anda salah, Intangibility implikasi manajemennya produk bersifat abstrak; lebih bersifat tindakan dan pengalaman
B. Jawaban anda salah, inseparability implikasi manajemennya konsumen terlibat dalam produksi.kontak dan interaksi penting sekali
C. Jawaban anda salah, Perishability implikasi manajemennya tidak dapat disimpan ; tidak ada persediaan
D. Jawaban anda Benar

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 6
A. Jawaban anda salah, Information merupakan kelompok facilitating service
B. Jawaban anda salah, Order taking Information merupakan kelompok facilitating service
C. Jawaban anda salah, Billing Order taking Information merupakan kelompok facilitating service
D. Jawaban anda Benar, Consultation merupakan kelompok dari enchancing service bukan kelompok facilitating service

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 7
A. Jawaban anda Benar
B. Jawaban anda salah, ini merupakan pengertian dari builders
C. Jawaban anda salah, ini merupakan pengertian dari Getting Started
D. Jawaban anda salah, ini merupakan pengertian dari Youth

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 8
A. Jawaban anda salah, Contactors adalah kriteria atau pengaruh aspek orang yang mempengaruhi konsumen
B. Jawaban anda Benar, Complexity merupakan salah satu cara dari Proses
C. Jawaban anda salah, Modifier adalah kriteria atau pengaruh aspek orang yang mempengaruhi konsumen
D. Jawaban anda salah, Influencers adalah kriteria atau pengaruh aspek orang yang mempengaruhi konsumen

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 9
A. Jawaban anda salah. Contactors, people berinteraksi langsung dengan konsumen dalam frekuensi yang cukup sering dan sangat mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli
B. Jawaban anda salah, Complexity. berhubungan dengan langkah-langkah dan tahap proses
C. Jawaban anda salah, Modifier. Tidak secara langsung mempengaruhi konsumen tetapi cukup sering berhubungan dengan konsumen
D. Jawaban anda Benar

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 10
A. Jawaban anda Salah. Saluran elektronik adalah Saluran distribusi yang tidak melibatkan interaksi manusia secara langsung karena menggunakan media (video, internet, jaringan computer, TV)
B. Jawaban Anda salah. Pialang adalha Pihak yang melaksanakan pembelian dan atau penjualan saham atas perintah investor
C. Jawaban anda Benar
D. Jawaban anda Salah. Warlaba merupakan bentuk pemberian izin pembukaan outlet-outlet jasa melalui pemberian lisensi dari suatu perusahaan induk untuk menyajikan konsep jasa yang unik yang telah diciptakan atau dipopulerkan oleh perusahaan induknya

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 11
A. Jawaban Anda salah, Service Development and Testing merupakan tahap dari Imlementasi
B. Jawaban Anda salah, Marketing Testing merupakan tahap dari Imlementasi
C. Jawaban Anda salah, Commercialization merupakan tahap dari Imlementasi
D. Jawaban Anda Benar. Busines Analysis bukan merupakan tahap dari Implementasi

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 12
A. Jawaban Anda Salah. Pelanggan (Customer) termasuk dalam tambahan perspektif keuangan
B. Jawaban Anda Benar. Interaksi (interaction) bukan termasuk dalam tambahan perspektif keuangan
C. Jawaban Anda Salah. Operasi (Operation) termasuk dalam tambahan perspektif keuangan
D. Jawaban Anda Salah. Pembelajaran (learning) termasuk dalam tambahan perspektif keuangan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 13
A. Jawaban Anda Salah. Personnel Administration tools and Human resources management : manajemen perlu menyiapkan program perencanaan SDM yang tepat dan efektif agar dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan strategi yang ditetapkan oleh perusahaan
B. Jawaban Anda Salah. Developing a service Culture : Manajemen perusahaan harus dapat menciptakan suatu pola yang sama bagi setiap SDM agar kinerjanya memuaskan konsumen
C. Jawaban Anda Benar
D. Jawaban Anda Salah. Management Support and Internal Interactive Communication : yaitu sarana kerjasama yang efektif dari kalangan manajemen perusahaan kepada SDM pelaksana dan juga membuka kesempatan komunikasi dua arah dari karyawan kepada atasan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 14
A. Jawaban anda salah. Fasilitataor merupakan fungsi dari servicespace. Fasilitator di desain untuk menigkatkan efisiensi aliran aktifitas didalam lingkungan jasa, membuatnya lebih mudah atau lebih sulit bagi pelanggan dan karyawan untuk mencapai tujuan mereka
B. Jawaban anda salah. Pembungkusan merupakan fungsi dari servicespace. Pembungkusan berperan menyampaikan citra kepada pelanggan mengenai kualitas jasa yang ada lingkungan fisik menawarkan peluang kepada perusahaan untuk menyampaikan sebuah citra diri tidak berbeda seperti individu yang memilih “dress for success”
C. Jawaban anda salah. Differensiasi merupakan fungsi dari servicespace dimana untuk membedakan sebuah perusahaan dari pesaingnya
D. Jawaban anda Benar. Asosiasi bukan merupakan fungsi dari servicespace

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 15
A. Jawaban anda Benar
B. Jawaban anda salah, Segmentasi berdasarkan manfaat merupakan segmentasi berdasarkan karakteristik pelanggan
C. Jawaban anda salah. Segmentasi geografik merupakan segmentasi berdasarkan karakteristik pelanggan
D. Jawaban anda salah. Segmentasi psikografik merupakan segmentasi berdasarkan karakteristik pelanggan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 16
A. Jawaban anda salah. Segmentasi berdasarkan manfaat membagi pasar menjadi kelompok menurut beraneka manfaat yang dicari pelanggan dari jasa
B. Jawaban anda Benar
C. Jawaban anda salah. Segmentasi Spikografik membagi pembeli menjadi kelompok berbeda berdasarkan pada prilaku, gaya hidup atau kepribadian
D. Jawaban anda salah. Segmentasi geografik membagi pasar menjadi beberapa unit secara geografik seperti, Negara, pulau, propinsi, kota, desa, pantaipegunungan atau kelompok perumahan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 17
A. Jawaban anda salah. Kebutuhan sosial dimana Sesuatu barang/jasa dapat memuaskan kebutuhan sosial melalui asosiasinya dengan segmen demografis, sosioekonomis atau etnik kulturmasyarakat tertentu. Contohnya , seorang eksekutif muda membeli sedan mewah untuk menunjukkan bahwa dirinya adalah eksekutif sukses dan masuk dalam kalangan berpenghasilan tinggi
B. Jawaban anda salah. Kebutuhan fungsional dimana sesuatu Barang/jasa bisa memuaskan kebutuhan melalui tujuan/kegunaan fisik atau fungsionalnya. Misalnyasabun cuci untuk membersihkan kotoran; obat untuk membasmi kuman penyakit atau mengurangi rasa sakit; dan sepatu untuk melindungi kaki sewaktu berjalan atau berlari
C. Jawaban anda Benar. Kebutuhan yang tergantung pada waktu
D. Jawaban anda salah. Kebutuhan emosional dimana sesuatu barang/jasa tertentu dapat memuaskan kebutuhan melalui penciptaan emosi dan perasaan yang tepat, misalnya rasa senang, bahagia, cinta kasih atau respek yang dirasakan seseorang setelah menerima kado

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 18
A. Jawaban anda salah. Tipe proyek adalah sejumlah aktivitas yang saling terkaitdan dirumuskan dengan jelas, serta diselesaikan dengan tahap-tahap tertentu
B. Jawaban anda benar
C. Jawaban anda salah. Tipe lini adalah tipe yang berhubungan dengan penyampaian jasa yang telah dilakukan sehingga rangkaian operasi yang dilakukan relatif sama (seperti aliran lini perakitan atau assembling)
D. Jawaban anda salah.Proses berkesinambungan misalnya beroprasi 24 jamsehari, 7 hari dalam seminggu. Jasa yang selalu ada apabila dibutuhkan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 19
A. Jawaban anda salah. Lebih susah untuk dikontrol dan diatur, harga yang ditawarkan belum tentu diminati oleh pelanggan
B. Jawaban anda salah. Pernyataan diatas merupakan kerugian dari proses jasa dalam meningkatkan kompleksitas
C. Jawaban anda salah, pernyataan diatas merupakan kerugaian dari proses jasa dalam mengurangi komleksitas
D. Jawaban anda benar

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 20
A. Jawaban anda salah, mengurangi keragaman menggunakan strategi mengarahkan pada penyeragaman,menggeser strategi positioning pada volume oriented pada skala ekonomis
B. Jawaban anda salah, meningkatkan keragaman menggunakan strategi lebih besar pada kustomisasi dan fleksibelitas dari jasa yang ditawarkan, dengan lebih spesifik menargetkan ceruk pasar yang lebih kecil
C. Jawaban anda benar
D. Jawaban anda salah, meningkatkan kompleksitas  menggunakan strategi ditujukan untuk menembus pasar dengan menambah jasa/layanan atau memperluas jasa yang sudah ada

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 21
A. Jawaban anda Benar. Karena sama tidak termasuk kedalam kriteria untuk dipenuhi untuk sebuah keunggulan
B. Jawaban anda salah, penting merupakan kritetia yang harus dipenuhi untuk sebuah keunggulan menurut kotler
C. Jawaban anda salah, Superior (unggul) merupakan kritetia yang harus dipenuhi untuk sebuah keunggulan menurut kotler
D. Jawaban anda salah. Polopor merupakan kritetia yang harus dipenuhi untuk sebuah keunggulan menurut kotler

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 22
A. Jawaban anda salah, Overpositioning. Dimana pelanggan mempunyai gambaran yang sempit mengenai suatu atribut
B. Jawaban anda salah, Confused Positioning, dimana pelanggan tidakmerasa pasti dengan citra suatu produk karena terlalu banyak janji yang diberikan atau positioning yang terlalu banyak berubah
C. Jawaban anda salah, Doublful positioning dimana pelanggan merasa ragu dengan janji produk tersebut seperti kemampuan produk, harga dan hasilnya
D. Jawaban anda Benar

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 23
A. Jawaban anda salah, kategori passive dimana kelompok pelanggan ini cenderung tidak mengambil tindakan sama sekali
B. Jawaban anda salah, kategori Voicers dimana pelanggan jenis ini secara aktif menyampaikan komplainkepada penyediajasa, tetapi mereka cenderung tidak menyukai menyebarkan negative word of mouth, atau berganti kepada penyedia jasa lain
C. Jawaban anda benar
D. Jawaban anda salah, kategori activist dimana pelanggan tipeini akan mengkomplain penyedia jasa, mereka akan menceritakan ketidakpuasan mereka kepada pihak lain, dan mereka menyukai untuk menyampaikan komplain mereka kepada pihak ketiga dibandingkan jenis complainers yang lain

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 24
A. Jawaban anda benar
B. Jawaban anda salah
C. Jawaban anda salah
D. Jawaban anda salah

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 25
A. Jawaban anda Salah, produk fisik murni dimana penawaran hanya semata-mata hanya terdiri dari produk fisik, misalnya pasta gigi, sabun mandi, bumbu masak dan sabun cuci tanpa ada jasa lain yang melengkapinya
B. Jawaban anda benar
C. Jawaban anda salah, produk hybrid dimana komponen jasa dan barang sama besar porsinya
D. Jawaban anda salah, jasa murni dimana pemawaran hampir semuanya berupa jasa, misalnya fisioterapi, konsultasi psikologi, jasa tukang pijat dan lain-lain

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 26
A. Jawaban anda salah, advertising memiliki tujuan untuk emberikan informasi secara rutin tentang kegiatan-kegiatan perusahaan serta jasa-jasa yang tersedia
B. Jawaban anda salah, menawarkan suatu produk secara langsung di tempat calon konsumen
C. Jawaban anda salah. Sales promotion.kegiatan promosi yang ditujukan kepada konsumen akhir, agen biro perjalanan, para wiraniaga dan lainnya yang termasuk kedalam sales promotion
D. Jawaban anda Benar

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 27
A. Jawaban anda salah. Kapasitas keahlian, kapasitas sumber daya, kapasitas waktu termasuk kedalam faktor yang mempengaruhi sebuah perusahaan untuk memproduksi
B. Jawaban anda benar. Kapasitas waktu, pengawasan termasuk kedalam faktoryang mempengaruhi sebuah perusahaan untuk memproduksi, tetapi kapasitas konsumsi tidak termasuk
C. Jawaban anda salah. Kepercayaan (trust), Kapasitas waktu, pengawasan termasuk kedalam faktor yang mempengaruhi sebuah perusahaan untuk memproduksi
D. Jawaban anda salah.Kapasitas waktu, keuntngan ekonomi(economic rewards), Kapasitas Sumber dayatermasuk kedalam faktor yang mempengaruhi sebuah perusahaan untuk memproduksi

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 28
A. Jawaban anda salah. Flexible Pricing dimana teknik penentuan harga jasa bersifat fleksibel, dipengaruhi factor bisnis jasa itu sendiri
B. Jawaban anda Benar
C. Jawaban anda salah. Discount Pricing dimana teknik penentuan harga dibawah harga standar
D. Jawaban anda salah. Diversionary Pricing dimana adnya pembedaan teknik dasar dalam menetapkan harga yang murah pada jasa inti

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 29
A. Jawaban anda Benar
B. Jawaban anda salah
C. Jawaban anda salah
D. Jawaban anda salah

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 30
A. Jawaban anda salah
B. Jawaban anda Benar
C. Jawaban anda salah
D. Jawaban anda salah

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 31
A. Jawaban anda salah. Pemberi jasa mendatangi konsumen : dalam hal ini lokasi tidak terlalu penting, tetaapi yang harus diperhatikan adalah penyampaian jasa harus tetap berkualitas
B. Jawaban anda salah. Pemberi jasa dan konsumen tidak bertemu secara langsung : berarti perusahaan dan konsumen berinteraksi melalui sarana tertentu seperti telepon, komputer atau surat, dalam hal ini lokasi menjadi sangat tidak penting selama komunikasi antara kedua belah pihak dapat terlaksana
C. Jawaban anda Benar
D. Jawaban anda salah. Karena A dan B Salah tetapi yang Benar hanya C

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 32
A. Jawaban anda benar
B. Jawaban ada salah.Cost Plus PricingmerupakanPenentuan harga dilakukan dengan menaikkan (mark up) sekian persendari total biayanya
C. Jawaban anda salah. Rate of return pricingmerupakan harga ditentukan untukmencapai tingkat return on Investment (ROI) atau Return On asset (ROA) yang ditargetkan penentuan harga ini disebut juga target return pricing
D. Jawaban anda salah,Competitive Parity Pricingmerupakan harga yang ditentukan berdasarkan harga pemimpin pasar (market leader)

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 33
A. Jawaban anda salah. Loss Leading Pricing ; harga awal ditetapkan pada harga yang murah, terkadang malah merugikan dengan tujuan jangka pendek yaitu untuk menddapatkan posisi dipasar atau menigkatkan pangsa pasar
B. Jawaban anda Benar
C. Jawaban anda salah. Guaran tee Pricing ; pemberi jasa memberikan jaminan akan produknya namun dengan harga relatif lebih mahal
D. Jawaban anda salah. Highprice maintenance Pricing; pemberi jasa berani memberikan harga yang tinggi, karena kalau harga turun, maka reputasi akan turun

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 34
A. Jawaban anda Benar
B. Jawaban anda salah. karena pernyataan diatas adalah pernyataan dari Highprice maintenance Pricing
C. Jawaban anda salah. karena pernyataan diatas adalah pernyataan dari Loss Leading Pricing
D. Jawaban anda salah.karena pernyataan diatas adalah pernyataan dariCompetitive Parity Pricing

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 35
A. Jawaban anda salah.karena pernyataan diatas adalah pernyataan dari Offset Pricing
B. Jawaban anda benar
C. Jawaban anda salah.karena pernyataan diatas adalah pernyataan dariFirst – Degree Price Discrimination
D. Jawaban anda salah.  karena pernyataan diatas adalah pernyataan dari  Second-degree Price Discrimination

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 36
A. Jawaban anda salah, strategi Prospector, mencari peluang-peluang baru dan siap mengambil resiko
B. Jawaban anda Benar
C. Jawaban anda salah. Reactor; jarang sekali membuat penyesuaian kecuali mereka dihadapkan pada tekanan yang ada dilingkungannya
D. Jawaban anda salah. Defenders; merupakan orang yang ahli dibidangnya dan cenderung tidak memperdulikan peluang yang ada di luar bidang keahliannya

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 37
A. Jawaban anda salah. Outcome Fairness termasuk kedalam komplain yang diharapkan pelanggan. Outcome Fairnes; pelanggan mengharapkan hasil, atau kompensasi moneter, permintaan maaf, layanan bebas biaya dimasa yang akan dating
B. Jawaban anda salah. Procedural Fairness termasuk kedalam komplain yang diharapkan pelanggan. Procedural Fairness; konsumen mengharapkan keadilan dari sisi kebijakan, peraturan dan batas waktu dari proses komplain. kemudahan akses dan kecepatan pelayanan
C. Jawaban anda salah. Interactional Fairness termasuk kedalam komplain yang diharapkan pelanggan. Interactional Fairness; pelanggan mengharapkan diperlakukan dengan sopan, dengan kepedulian dan kejujuran
D. Jawaban anda Benar. Internal fairness bukan termasuk kedalam complain yang diharapkan pelanggan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 38
A. Jawaban anda Benar
B. Jawaban anda salah. Procedural Fairness termasuk kedalam komplain yang diharapkan pelanggan. Procedural Fairness; konsumen mengharapkan keadilan dari sisi kebijakan, peraturan dan batas waktu dari proses komplain. kemudahan akses dan kecepatan pelayanan
C. Jawaban anda salah. Interactional Fairness termasuk kedalam komplain yang diharapkan pelanggan. Interactional Fairness;pelanggan mengharapkan diperlakukan dengan sopan, dengan kepedulian dan kejujuran
D. Jawaban anda Salah. Internal fairness bukan termasuk kedalam complain yang diharapkan pelanggan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 39
A. Jawaban anda Salah. Kinerja (Performance); merujuk pada karakter produk inti yang meliputi merek, atribut-atribut yang dapat diukur dan aspek-aspek kinerja individu
B. Jawaban anda Salah. Kesesuaian (Comformance); kesesuaian produk dengan standar dalam industrinya, diukur dari tingkat akurasi dan waktu penyelesaian termasuk juga perhitungan kesalahan yang terjadi, keterlambatan yang tidak dapat diantisipasi dan beberapa kesalahan lain
C. Jawaban anda Benar
D. Jawaban anda Salah. Keragaman Produk (Features) ; berbentuk produk tambahan dari suatu produk inti yang dapat menambah nilai suatu produk

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 40
A. Jawaban anda salah. Tangibles atau berwujud yaitu kemampuan suatu perusahaan dalam menunjukkan eksistensinya kepada pihak eksternal
B. Jawaban anda benar
C. Jawaban anda salah. Responsiveness atau ketanggapan yaitu suatu kebijakan untuk membantu dan memberikan pelayanan yang cepat (responsive) dan tepat kepada pelanggan dengan penyampaian informasi yang jelas
D. Jawaban anda salah. Assurance atau jaminan dan kepastian yaitu pengetahuan, kesopansantunan, dan kemampuan para pegawai perusahaan untuk menumbuhkan rasa percaya para pelanggan kepada perusahaan




Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »