Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Pemasaran Strategik EKMA4302

5:40:00 am
Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Pemasaran Strategik EKMA4302

Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Pemasaran Strategik EKMA4302 Universitas Terbuka yang berisi 40 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Pemasaran Strategik EKMA4302, Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%.


Kunci Jawaban Soal Latihan No. 1
a. Salah, pemasaran strategis adalah sebuah proses pengembangan strategi yang didorong oleh pasar yang memperhitungkan sebuah lingkungan bisnis yang selalu berubah dan kebutuhan untuk menyampaikan nilai pelanggan yang superior.
b. Benar, sudah jelas
c. Salah, kepuasan pelanggan adalah sejauh mana persepsi kinerja sebuah produk dibandingkan dengan harapan-harapan seorang pembeli.
d. Salah, migrasi nilai pelanggan adalah proses perpindahan pembelian oleh para pelanggan menjauhi dari produk-produk yang dihasilkan oleh desain-desain bisnis yang sudah tertinggal zaman kepada produk-produk baru yang menawarkan nilai yang superior.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 2
a. Benar , sudah jelas
b. Salah, Strategi bertumbuh adalah sebuah strategi korporasi yang digunakan bila sebuah organisasi ingin bertumbuh baik dengan cara menambah jumlah produk yang ditawarkannya atau memperluas pasar yang dilayaninya, baik melalui bisnis atau bisnis-bisnisnya yang ada sekarang ataupun melalui bisnis atau bisnis-bisnis baru.
c. Salah, strategi pembaharuan adalah sebuah strategi korporasi yang didisain untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan organisasi yang menyebabkan kinerjanya menurun.
d. Salah, strategi kepemimpinan biaya adalah strategi yang menjadikan efisiensi sebagai sumber keunggulan dibanding pesaing.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 3
a. Salah, Konsep produksi (production concept) berpendapat bahwa para konsumen akan menyukai produk-produk yang tersedia luas dan sangat terjangkau harganya.
b. Salah, Konsep produk (product concept) berpendapat bahwa para konsumen menyukai produk-produk yang menawarkan mutu, kinerja, serta fitur-fitur inovatif yang terbaik. Dengan kata lain, faktor utama yang menyokong keberhasilan pemasaran adalah kualitas produk.
c. Salah, Konsep penjualan (selling concept) berpendapat bahwa para konsumen tidak akan membeli produk-produk perusahaan dalam jumlah yang cukup jika tidak dilakukan upaya promosi dalam skala besar.
d. Benar, sudah jelas

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 4
a. Salah, strategi produk adalah menetapkan strategi untuk produk-produk baru, perbaikan-perbaikan produk dan penghapusan-pehapusan produk.
b. Salah, strategi harga adalah Spesifikan peranan harga dalam strategi pemasaran dan tindakan-tindakan yang direncanakan berkaitan dengan harga.
c. Benar, sudah jelas
d. Salah, koordinasi dengan fungsi-fungsi bisnis lainnya adalah Spesifikasikan tanggung-jawab dan kegiatan-kegiatan setiap departemen yang memiliki pengaruh terhadap strategi pemasaran yang direncanakan.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 5
a. Benar, sudah jelas
b. Salah, Penetapan strategi pemasaran bertujuan untuk memilih satu atau beberapa atau bahkan mungkin seluruh segmen pasar untuk dilayani dalam sebuah pasar-produk.
c. Salah, Pedoman Program pemasaran meliputi program-program pengembangan produk-produk yang sudah ada, pengembangan produk-produk baru, program-program penciptaan dan pengembangan ekuitas merek, program-program penetapan harga, program-program pengembangan saluran distribusi dan logistik serta hubungan-hubungan dengan para pelanggan (customer relationships).
d. Salah, sebuah proses yang terus menerus (ongoing process) dari pembuatan keputusan-keputusan, melaksanakan keputusan-keputusan tersebut, dan mengukur efektivitas pelaksanaan keputusan-keputusan tersebut sepanjang waktu.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 6
a. Salah, analisis lingkungan internal memeriksa kinerja strategi pemasaran saat ini dalam hal volume penjualan, profitabilitas, pangsa pasar, dan ukuran-ukuran lain yang relevan.
b. Benar, sudah jelas
c. Salah, Lingkungan mikro adalah pelaku-pelaku di luar perusahaan yang mempengaruhi kemampuan perusahaan mencapai sasarannya.
d. Salah, analisis lingkungan global komponen-komponen yang selayaknya dianalisis dalam pemasaran global, seperti budaya, politik, dan nilai tukar.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 7
a. Salah, variabel demografi (jenis kelamin, usia, pendapatan, pekerjaan, pendidikan, etnisitas, dan lain-lain)
b. Salah, geografi (tempat tinggal, kota, pulau, kepadatan penduduk, dan lain-lain)
c. Salah, perilaku konsumsi (tingkat pemakaian, tipe produk yang dibeli, frekuensi pembelian, lama berlangganan, dan seterusnya).
d. Benar, sudah jelas

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 8
a. Benar, sudah jelas
b. Salah, struktur industri yang benar adalah terdiri dari : Konsentrasi industri, hambatan masuk dan diferensiasi
c. Salah, struktur industri yang benar adalah terdiri dari : Konsentrasi industri, hambatan masuk dan diferensiasi
d. Salah, struktur industri yang benar adalah terdiri dari : Konsentrasi industri, hambatan masuk dan diferensiasi.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 9
a. Salah, Persaingan merek (brand competition), yaitu persaingan antara produk setipe dan sekelas, yang hanya dibedakan oleh merek.
b. Salah, Persaingan industri (industry competition), yaitu persaingan antara produk tidak setipe atau tidak sekelas, tetapi masih dalam industri yang sama.
c. Benar, sudah jelas
d. Salah, Persaingan manfaat (benefit competition). Ini terjadi antar produk dari industri berbeda tetapi memberikan manfaat yang sama.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 10
a. Salah, Harvest. Perusahaan-perusahaan pada tipe ini memiliki profitabilitas di atas rata-rata industri tetapi bertumbuh dengan tingkat pertumbuhan di bawah rata-rata industri.
b. Salah, Unprofitable growth. Merupakan kategori, di mana perusahaan memiliki profitabilitas di bawah rata-rata industri, tetapi dengan pertumbuhan di atas rata-rata industri.
c. Salah, Under-performer. Perusahaan demikian memiliki profitabilitas maupun pertumbuhan di bahwa rata-rata industri.
d. Benar, sudah jelas

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 11
a. Salah, Pemasaran massal adalah penjual memproduksi produk secara massal mempromosikan produk secara massal.
b. Benar, sudah jelas
c. Salah, Pemasaran bersasaran (target marketing). Di sini, perusahaan mengidentifikasi segmen-segmen pasar, memilih segmen untuk dilayani, kemudian membuat produk untuk segmen yang dilayani tersebut.
d. Salah, kastemisasi pemasaran (costumized marketing), yaitu memilih pasar yang semakin sempit dan menyesuaikan produk secara spesifik dengan kebutuhan dan keinginan target tersebut.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 12
a. Benar, sudah jelas
b. Salah, Differentiated Marketing Strategy efektifitas bauran produk lebih tinggi
c. Salah, Concentrated Marketing Strategy perusahaan dapat memahami kebutuhan pelanggan lebih baik.
d. Salah, Differentiated Marketing Strategy kebutuhan spesifik setiap segmen sasaran

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 13
a. Salah, Volume industry, hanya sedikit sumber diferensiasi, tetapi setiap diferensiasi memiliki potensi keunggulan bersaing yang besar.
b. Salah, Fragmented Industry terdapat banyak sumber diferensiasi, tetapi ukuran potensi keunggulan besaing dari setiap diferensiasi rendah.
c. Salah, Specialized Industry terdapat banyak sumber diferensiasi dan setiap diferensiasi memiliki potensi keunggulan yang besar.
d. Benar, sudah jelas

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 14
a. Salah, langkah yang benar adalah Mengidentifikasi seperangkat keunggulan kompetitif yang mungkin, memilih keunggulan kompetitif yang tepat dan mengkomunikasikan posisi yang dipilih ke pasar.
b. Salah, langkah yang benar adalah Mengidentifikasi seperangkat keunggulan kompetitif yang mungkin, memilih keunggulan kompetitif yang tepat dan mengkomunikasikan posisi yang dipilih ke pasar.
c. Benar, sudah jelas
d. Salah, langkah yang benar adalah Mengidentifikasi seperangkat keunggulan kompetitif yang mungkin, memilih keunggulan kompetitif yang tepat dan mengkomunikasikan posisi yang dipilih ke pasar.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 15
a. Benar, sudah jelas
b. Salah, Penganjur ahli adalah : kalangan yang didengarkan calon pelanggan atas dasar keahlian atau pengetahuan mereka pada bidang yang digeluguti perusahaan.
c. Salah, Penganjur profesional: melakukan perekomendasian perusahaan sebagai profesi
d. Salah, Pengajur pelengkap adalah: muncul karena individu atau organisasi sudah tidak mampu memenuhi permintaan, sehingga menganjurkan produk pesaing.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 16
a. Salah, Manfaat merek bagi masyarakat dengan pemberian merek mutu lebih terjamin dan konsisten.
b. Salah, Manfaat merek bagi masyarakat meningkatkan efisiensi pembelian karena merek menyediakan informasi tentang produk dan tempat pembeliannya.
c. Salah, manfaat merek bagi penjual memberikan perlindungan khusus atas ciri khusus ataupun keistimewaan produk
d. Benar, sudah jelas

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 17
a. Salah, Memperpanjang ke hulu (upward stretching), yaitu menambahkan varian baru yang lebih tinggi dari varian paling tinggi yang telah ada.
b. Benar, sudah jelas
c. Salah, Memperpanjang ke hulu dan ke hilir sekaligus yaitu dengan menambahkan varian terendah dan tertinggi sekaligus
d. Salah, Mengisi lini produk adalah Tindakan ini dilakukan dengan membuat varian produk baru yang harga dan kualitasnya lebih tinggi dari varian terendah tetapi lebih rendah dari varian tertinggi dalam lini produk.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 18
a. Salah, Convenience goods adalah barang-barang yang pembeliannya sering, perlu ada segera, dan usaha konsumen untuk membanding-bandingkan pilihan sebelum memutuskan pembelian rendah.
b. Salah, Shopping goods adalah barang yang dalam pembeliannya, sebelum memutuskan pembelian, pembeli membandingkan-bandingkan satu pilihan dibanding pilihan lain.
c. Salah, Unsougth goods merupakan barang-barang yang belum dikenal atau pembeli sudah kenal tetapi tidak berpikir untuk membeli walaupun punya kemampuan dan kesempatan untuk membelinya.
d. Benar, sudah jelas

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 19
a. Salah, dari sisi penawaran strategi yang dapat dipilih penyedia layanan adalah: Mempekerjakan pekerja paruh waktu (part-timer) pada puncak permintaan.
b. Salah, dari sisi penawaran strategi yang dapat dipilih penyedia layanan adalah: Mengefisienkan pelayanan.
c. Benar, sudah jelas
d. Salah, sisi penawaran strategi yang dapat dipilih penyedia layanan adalah: Melibatkan pelanggan dalam proses pelayanan.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 20
a. Salah, Keandalanyakni kemampuan memberikan layanan yang dijanjikan dengan segera, akurat, dan memuaskan.
b. Salah, Berwujud yaitu bukti-bukti fisik layanan, seperti fasilitas fisik, perlengkapan dan peralatan yang dipergunakan, dan sarana komunikasi.
c. Salah, Ketanggapan yakni, ketanggapan para staf untuk melayani pelanggan.
d. Benar, sudah jelas

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 21
a. Salah, Coperative pricing terdapat kesepakatan resmi atau tidak resmi mengenai harga.
b. Salah, adaptive pricing mengikuti harga yang ditetapkan pesaing lebih besar.
c. Benar, sudah jelas
d. Salah, opportunistic procing pesaing mencari kesempatan memotong harga atau menunda kenaikan harga setelah pesaing menaikkan harga

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 22
a. Salah, Langkah I : Analisis situasi pasar
b. Benar, sudah jelas
c. Salah, Langkah II: Identifikasi faktor-faktor pembatas.
d. Salah, Langkah III: Tetapkan sasaran.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 23
a. Salah, cash discount adalah : penurunan harga kepada pembeli yang cepat membayar tagihan.
b. Salah, quantity discount adalah: penurunan harga yang diberikan karena volume pembelian yang besar.
c. Salah, sessional discount dalah potongan harga yang diberikan di luar musim.
d. Benar, sudah jelas

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 24
a. Salah, promotional pricing: menggunakan teknik harga untuk menstimulasi pembelian awal.
b. Benar, sudah jelas
c. Diskriminasi harga terjadi pada saat perusahaan menjual produk dengan dua atau lebih tingkat harga dimana perbedaan harga tidak mencerminkan perbedaan biaya.
d. Salah, penetapan harga bauran produk adalah harga sekumpulan produk dari satu perusahaan harus diatur sedemikian untuk memperoleh keuntungan yang optimal.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 25
a. Benar, sudah jelas
b. Salah, penetapan harga untuk perantara harga dapat berfungsi sebagai insentif agar perantara (toko) merekomendasikan suatu produk.
c. Salah, penentuan harga dilakukan bersama-sama antara penjual dan pembeli, untuk kepentingan bersama pula.
d. Salah, Pengenaan harga berdasarkan daftar harga secara kaku membuat semua konsumen mendapat harga yang sama.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 26
a. Salah, pihak yang mengirimkan pesan pada pihak lain
b. Salah, pihak yang menerima pesan.
c. Benar, sudah jelas
d. Salah, merupakan proses yang dilakukan penerima untuk menerjemahkan simbol-simbol pesan yang dibuat pengirim.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 27
a. Salah, presentasi publik Presentase publik merupakan sebuah pengesahan dan penyeragaman standar produk.
b. Benar, sudah jelas
c. Salah, pesan dapat didramatisasi melalui warna, estetika, suara, dan gambar.
d. Salah, impersonalitas dimana Audiens tidak memiliki kewajiban memperhatikan iklan.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 28
a. Salah, Sirkulasi, yaitu jumlah unit secara spesifik yang membawa iklan.
b. Salah, Audiens, yaitu jumlah orang yang terekspos media.
c. Salah, Audiens efektif terekspos media, yaitu jumlah target audiens yang benar-benar menyaksikan iklan.
d. Benar, sudah jelas

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 29
a. Benar, sudah jelas
b. Salah, Penjualan trasaksional: Penjualan didasarkan pada harga dan produk yang diperjualbelikan berupa komoditi.
c. Salah, Penjualan fitur/manfaat: Dalam situasi penjualan begini, harga dan fitur sama-sama penting.
d. Salah, Penjualan nilai-tambah: Situasi-situasi meliputi relasi serupa konsultan yang menggunakan pendekatan tim.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 30
a. Salah, Mendefinisikan permasalahan: PR harus mampu mengenal gajala dan penyebabnya.
b. Benar, sudah jelas
c. Salah, Aksi dan komunikasi menjawab pertanyaan bagaimana kita melakukan rencana serta program yang telah diputuskan dan mengomunikasikannya
d. Salah, evaluasi program mengevaluasi langkah-langkah yang telah diambil

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 31
a. Salah, tingkat nol : Producer ? customers
b. Salah, tingkat satu pasar konsumen : Producer ? Retailer ? customers
c. Benar, sudah jelas
d. Salah, tingkat tiga : Producer? Representative ? customer

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 32
a. Benar, sudah jelas
b. Salah, konsentrasi geografis pasa termasuk dalam faktor pasar
c. Salah, Jumlah pembeli potensial termasuk dalam faktor pasar.
d. Salah, lebar bauran produk termasuk dalam faktor organisasional.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 33
a. Salah, karakteristik perantara distribus insentif Jumlah banyak, semua tipe dan level outlet
b. Salah, kerugian utama distribus insentif : kontrol saluran terbatas
c. Salah, kerugian utama distribusi ekslusif : potensi penjualan terbatas
d. Benar, sudah jelas

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 34
a. Salah, kriteria ekonomi yang dipertimbangkan adalah biaya dan hasil penjualan
b. Benar, sudha jelas
c. Salah, kriteria pengendalian, kriteria ini mempertimbangkan tingkat kemudahan pengendalian masing-pasing saluran pemasaran.
d. Salah, alternatif II dalam kriteria pengendalian terdapat dua perantara yang terlibat dalam penyaluran produk.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 35
a. Benar, sudah jelas
b. Salah, keuntungan pionir adalah menjadi pilihan utama
c. Salah, keuntungan pionir adalah menentukan aturan permainan
d. Salah, keuntungan pionir adalah dalam skala ekonomi dan pengalaman

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 36
a. Salah, penetrasi ceruk : perusahaan memilih pasar sasaran terbatas (tidak semua segmen) untuk produk barunya.
b. Salah, skimming dan keluar cepat : Setelah pesaing masuk, yang umumnya menawarkan harga lebih rendah, sang pionir menarik diri, lalu membuat inovasi yang selangkah lebih maju
c. Benar, sudah jelas
d. Salah, pertahanan sisi : pemimpin pasar mengeluarkan versi-versi baru produk.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 37
a. Salah, Strategi penetrasi ceruk strategi bagi perusahaan pionir
b. Salah, Strategi skimming dan keluar cepat bagi perusahaan pionir
c. Salah, Strategi penetrasi massal nagi perusahaan pionir
d. Benar, sudah jelas

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 38
a. Salah, serangan sisi : Pesaing target memiliki sumberdaya dan kompetensi relatif kuat, terutama dalam pemasaran dan R&D,mampu bertahan dari serangan
b. Benar, sudah jelas
c. Salah, serangan loncat katak: Satu atau lebih pesaing saat ini memiliki sumberdaya dan kompetensi kuat dalam pemasaran, tetapi teknologi cenderung sederhana dan kompetensi R&D rendah
d. Salah, serangan gerilya : Sejumlah pesaing memiliki pemasaran, R&D, sumberdaya dan kompetensi relatif kuat, dan/atau bioaya rendah, mampu bertahan dari serangan langsung.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 39
a. Salah, sasaran utama: Meningkatkan jumlah produk yang digunakan rata-rata pelanggan dengan frekuensi pemakaian atau mengembangkan cara baru menggunakan produk
b. Benar, sudah jelas
c. Salah, karakteristik pesaing: Pangsa pasar pesaing relatif kecil; sumberdaya dan kompetensi yang relatif kecil membuat produk pesaing kecil kemungkinan dibeli untuk penggunaan baru yang dikembangkan
d. Salah, karakteristik perusahaan : Pangsa pasar paling tinggi dalam industri; memiliki sumberdaya dan kompenetensi pemasaran untuk membuat dan mempromosikan penggunaan baru

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 40
a. Salah, strategi mempertahankan : Strategi pemasaran yang diterapkan dan membawa perusahaan pada posisi kuat dalam tahap dewasa, tetap dipertahankan
b. Salah, strategi pemain yang untung : perusahaan memiliki pangsa pasar yang tinggi yakin akan keunggulan bersaingnya.
c. Salah, strategi niche : memusatkan perhatian pada segmen kecil yang memiliki kebutuhan khusus, dan tidak menarik bagi pemain besar saking kecilnya.
d. Benar, sudah jelas.


Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »