Soal Latihan Mandiri Pemasaran Strategik EKMA4302

5:37:00 am
Soal Latihan Mandiri Pemasaran Strategik EKMA4302

Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Pemasaran Strategik EKMA4302 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 40 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman kunci jawaban, jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%. Selamat Mengerjakan.


Soal Pilihan Ganda

Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1. Perbandingan antara manfaat-manfaat yang didapat dari sebuah produk dengan pengorbanan-pengorbanan yang harus dikeluarkan untuk memperoleh manfaat-manfaat tersebut, merupakan pengertian dari:

a. Pemasaran strategis 
b. Nilai Pelanggan 
c. Kepuasan pelanggan 
d. Migrasi nilai pelanggan 

2. Strategi korporasi yang bercirikan tidak adanya perubahan yang berarti dalam hal-hal yang sedang dikerjakan oleh organisasi pada saat ini, adalah strategi:

a. Strategi Stabilitas 
b. Strategi bertumbuh 
c. Strategi pembaharuan 
d. Strategi kepemimpinan biaya 

3. Konsep dalam pemasaran yang menyatakan bahwa pencapaian sasaran organisasi tergantung kepada pemahaman akan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan seberapa mampu perusahaan memenuhinya dengan cara yang lebih efektif dan efisien dibanding para pesaing adalah konsep:

a. Konsep Produksi 
b. Konsep produk 
c. Konsep penjualan
d. Konsep pemasaran 

4. Melakukan penelitian pasar dalam persiapan sebuah rencana pemasaran tahunan adalah dengan:

a. Tetapkan strategi untuk produk-produk baru, perbaikan-perbaikan produk dan penghapusan-pehapusan produk. 
b. Spesifikan peranan harga dalam strategi pemasaran dan tindakan-tindakan yang direncanakan berkaitan dengan harga. 
c. Identifikasi kebutuhan-kebutuhan informasi dan proyek-proyek, sasaran-sasaran, perkiraan-perkiraan biaya dan jadwal yang direncanakan. 
d. Spesifikasikan tanggung-jawab dan kegiatan-kegiatan setiap departemen yang memiliki pengaruh terhadap strategi pemasaran yang direncanakan. 

5. Sebagai pedoman untuk menentukan sebuah strategi baru atau mengubah strategi yang sudah ada maka perusahaan harus melakukan:

a. Analisis situasi strategis 
b. Penetapan strategi pemasaran 
c. Pedoman Program pemasaran 
d. Pelaksanaan dan Pengelolaan Strategi Pemasaran 

6. Pelanggan dan pesaing merupakan komponen yang paling penting dalam:

a. Analisis lingkungan internal 
b. Analisis lingkungan makro 
c. Analisis lingkungan mikro 
d. Analisis lingkungan global 

7. Segmentasi berdasarakan sikap, opini, minat, motivasi, gaya hidup termasuk dalam variabel:

a. Demografi 
b. Geografi 
c. Perilaku konsumsi 
d. Psikografi 

8. Struktur industri meliputi :

a. Konsentrasi industri, hambatan masuk dan diferensiasi. 
b. Persaingan, hambatan masuk dan diferensiasi 
c. Konsentrasi industri, kinerja perusahaan dan diferensiasi 
d. Konsentrasi industri, hambatan masuk dan market share 

9. Persaingan antar-produk yang memberikan manfaat yang sama sekali berbeda, tetapi memperebutkan uang konsumen yang sama, merupakan persaingan :

a. Merek 
b. Industri 
c. Generik 
d. Manfaat 

10. Pada matrik Pertumbuhan Relatif dan Profitabilitas Relatif yang dimaksud pesaing dengan kategori frenchise adalah:

a. Perusahaan-perusahaan pada tipe ini memiliki profitabilitas di atas rata-rata industri tetapi bertumbuh dengan tingkat pertumbuhan di bawah rata-rata industri. 
b. Merupakan kategori, di mana perusahaan memiliki profitabilitas di bawah rata-rata industri, tetapi dengan pertumbuhan di atas rata-rata industri. 
c. Perusahaan demikian memiliki profitabilitas maupun pertumbuhan di bahwa rata-rata industri. 
d. Perusahaan yang masuk pada tipe ini memiliki profitabilitas dan pertumbuhan lebih tinggi dari rata-rata industri. 

11. Yang dimaksud dengan pemasaran variasi produk pada strategi pemasaran adalah:

a. Penjual memproduksi produk secara massal dan mempromosikan produk secara massal. 
b. Perusahaan memproduksi dua atau lebih varians produk yang berbeda dalam hal fitur, gaya, kualitas, model, harga dan lain-lain. 
c. Perusahaan mengidentifikasi segmen-segmen pasar, memilih segmen untuk dilayani, kemudian membuat produk untuk segmen yang dilayani tersebut. 
d. Perusahaan memilih pasar yang semakin sempit dan menyesuaikan produk secara spesifik dengan kebutuhan dan keinginan target tersebut 

12. Salah satu keuntungan dengan menerapkan Undifferentiated Marketing Strategy adalah :

a. Biaya yang lebih rendah 
b. Efektifitas bauran produk lebih tinggi 
c. Perusahaan dapat memahami kebutuhan pelanggan lebih baik. 
d. Dapat memenuhi kebutuhan spesifik setiap segmen sasaran. 

13. Yang dimaksud dengan Stalemated industry dalam matrik Boston Consulting Group adalah:

a. Hanya sedikit sumber diferensiasi, tetapi setiap diferensiasi memiliki potensi keunggulan bersaing yang besar. 
b. Terdapat banyak sumber diferensiasi, tetapi ukuran potensi keunggulan besaing dari setiap diferensiasi rendah. 
c. Terdapat banyak sumber diferensiasi dan setiap diferensiasi memiliki potensi keunggulan yang besar. 
d. Hanya sedikit sumber diferensiasi. Ukuran potensi keunggulan bersaing darui setiap diferensiasi kecil lagi 

14. Tiga langkah menetapkan posisi produk yaitu:

a. Memilih keunggulan kompetitif yang tepat, mengidentifikasi seperangkat keunggulan kompetitif yang mungkin dan mengkomunikasikan posisi yang dipilih ke pasar. 
b. Mengkomunikasikan posisi yang dipilih ke pasar, memilih keunggulan kompetitif yang tepat dan mengidentifikasi seperangkat keunggulan kompetitif yang mungkin. 
c. Mengidentifikasi seperangkat keunggulan kompetitif yang mungkin, memilih keunggulan kompetitif yang tepat dan mengkomunikasikan posisi yang dipilih ke pasar. 
d. Mengkomunikasikan posisi yang dipilih ke pasar, memilih keunggulan kompetitif yang tepat dan mengidentifikasi seperangkat keunggulan kompetitif yang mungkin. 

15. Yang dimaksud dengan penganjur spesifikasi adalah:

a. Organisasi atau individu yang merekomen-dasikan produk yang sedang mereka gunakan. 
b. Kalangan yang didengarkan calon pelanggan atas dasar keahlian atau pengetahuan mereka pada bidang yang digeluguti perusahaan. 
c. Melakukan perekomendasian perusahaan sebagai profesi 
d. Muncul karena individu atau organisasi sudah tidak mampu memenuhi permintaan, sehingga menganjurkan produk pesaing. 

16. Manfaat merek bagi pembeli adalah :

a. Dengan pemberian merek mutu lebih terjamin dan konsisten 
b. Meningkatkan efisiensi pembelian karena merek menyediakan informasi tentang produk dan tempat pembeliannya 
c. memberikan perlindungan khusus atas ciri khusus ataupun keistimewaan produk 
d. Memberikan nilai emosional dan ekspresi diri 

17. Memperpanjang lini produk dengan menambahkan varian-varian lebih sederhana pada lini produk yang sudah ada, disebut::

a. Memperpanjang ke hulu 
b. Memperpanjang ke hilir 
c. Memperpanjang ke hulu dan ke hilir sekaligus. 
d. Mengisi lini produk 

18. Barang yang memiliki karakteristik unik atau yang diasosiasikan dengan kelompok pembeli yang eksklusif, disebut barang:

a. Convenience goods 
b. Shopping goods 
c. Unsougth goods 
d. Specialty goods 

19. Dari sisi permintaan, salah satu strategi yang dapat dilakukan penyedia jasa adalah:

a. Mempekerjakan pekerja paruh waktu (part-timer) pada puncak permintaan 
b. Mengefisienkan pelayanan. 
c. Memberikan layanan tambahan pada saat puncak permintaan. 
d. Melibatkan pelanggan dalam proses pelayanan. 

20. Dalam indikator menilai kualitas layanan berupa pengetahuan, kemampuan, kesopanan, dan sifat-sifat lain yang membuat karyawan dapat dipercaya merupakan pengertian dari :

a. Keandalan 
b. Berwujud 
c. Ketanggapan 
d. Jaminan 

21. Penetapan harga dengan tujuan untuk mengalahkan pesaingnya dinamakan harga?

a. Coperative pricing 
b. Adaptive pricing 
c. Predatory pricing. 
d. Opportunistic pricing 

22. Langkah ke IV dalam urutan menetapkan harga pasar adalah:

a. Analisis situasi pasar 
b. Analisis potensi keuntungan 
c. Identifikasi faktor-faktor pembatas 
d. Tetapkan sasaran. 

23. Pemotongan harga oleh penjual karena pembeli melakukan fungsi-fungsi tertentu disebut dengan:

a. Cash discount 
b. Quantity discount 
c. Seasional discount 
d. Functional discount 

24. Melunasi saat ini kemudian menerima produk 1 bulan mendatang atau dibayar dimuka merupakan teknik dalam:

a. Promotional Pricing 
b. Menaikkan harga. 
c. Diskriminasi harga 
d. Penetapan harga bauran produk 

25. Penetapan harga yang mengefektifkan proses penciptaan citra produk maupun perusahaan terjadi pada kebijakan penetapan harga:

a. Flesibilitas harga 
b. Penetapan harga untuk perantara 
c. Penetapan harga untuk pasar bisnis 
d. Harga tetap vs harga negosiasi 

26. Proses menjabarkan pesan ke dalam simbol-simbol berupa kata-kata lisan, tulisan, bahasa isyarat, lambang, gambar, warna, maupun kombinasinya, disebut dengan:

a. Sender 
b. Receiver 
c. Encoding 
d. Decoding 

27. Medium yang memungkinkan perusahaan menyampaikan pesan berulang-ulang atau yang memungkinkan iklan disaksikan audiens berulang-ulang dalam karakteristik iklan merupakan pengertian dari:

a. Presentasi publik 
b. Pervasiveness 
c. Dramatisasi pesan 
d. Impersonalitas 

28. Jumlah orang yang terekspos media yang memenuhi karakteristik sebagai target audiens adalah pengertian dari:

a. Sirkulasi 
b. Audiens 
c. Audiens efektif terekspos media 
d. Audiens efektif 

29. Yang dimaksud dengan penjualan solusi adalah:

a. Produk disesuaikan dengan kebutuhan klien dan harga merupakan hal kedua dibanding keberhasilan aplikasi produk. 
b. Penjualan didasarkan pada harga dan produk yang diperjualbelikan berupa komoditi. 
c. Dalam situasi penjualan begini, harga dan fitur sama-sama penting. 
d. Situasi-situasi meliputi relasi serupa konsultan yang menggunakan pendekatan tim. 

30. Public Relation sudah menemukan penyebab timbulnya permasalahan dan sudah siap dengan langkah-langkah pemecahan atau pencegahan, hal ini merupakan tindakan pada tahap:

a. Mendefinisikan permasalahan 
b. Perencanaan dan program 
c. Aksi dan komunikasi 
d. Evaluasi program 

31. Saluran pemasaran untuk bisnis pada tingkat dua terdiri dari:

a. Producer ? customers 
b. Producer ? Retailer ? customers 
c. Producer ? Representative ? Distibutor ? customer 
d. Producer ? Representative ? customer 

32. Salah satu faktor dalam bauran pemasaran dalam pembatas saluran pemasaran adalah:

a. Lebar lini produk 
b. Konsentrasi geografis pasar 
c. Jumlah pembeli potensial. 
d. Lebar bauran produk. 

33. Kerugian utama distribusi selektif adalah:

a. Jumlah banyak, semua tipe dan level outlet 
b. Kontrol saluran terbatas 
c. Potensi penjualan terbatas 
d. Ada kemungkinan sulit mencakup ceruk pasar (market niche) 

34. Kriteria yang mempertimbangkan bagaimana perusahaan dapat menyesuaikan strategi pemasaran apabila terjadi suatu perubahanmerupakan kriteria:

a. Kriteria ekonomi 
b. Kriteria adaptif 
c. Kriteria pengendalian 
d. Alternatif II dalam kriteria pengendalian 

35. Salah satu keuntungan dari perusahaan Late Entry adalah:

a. Kemampuan memperoleh keuntungan dari teknologi terbaru. 
b. Menjadi pilihan pertama 
c. Menentukan aturan permainan. 
d. Skala ekonomi dan pengalaman 

36. Memperoleh dan mempertahankan pangsa pasar produk baru sebesar-besarnya merupakan strategi:

a. Penetrasi ceruk 
b. Skimming dan keluar cepat 
c. Penetrasi massal 
d. Pertahannan sisi 

37. Salah satu strategi bagi pemimpin pasar adalah :

a. Penetrasi ceruk 
b. Skimming dan keluar cepat 
c. Penetrasi massal 
d. Pertahannan sisi 

38. Pesaing target memiliki sumberdaya dan kompetensi relatif rendah, terutama dalam pemasaran dan R&D, rentan terhadap serangan langsung merupakan merupakan karakteristik pesaing untuk strategi:

a. Serangan sisi 
b. Serangan frontal 
c. Serangan loncat katak 
d. Serangan gerilya 

39. Penetrasi relatif tinggi, tetapi frekuensi pemakaian pada satu atau beberapa segmen rendah; produk dipakai secara terbatas untuk saat-saat tertentu saja; pasar relatif homogen dengan beberapa segmen saja merupakan Strategi Perpanjangan Pertumbuhan dengan perluasan penggunaan pada variabel situasional :

a. Sasaran utama 
b. Karakteristik pasar 
c. Karakteristik pesaing 
d. Karateristik perusahaan 

40. Menghasilkan kas dengan memaksimalkan arus uang (cash flow) jangka pendek adalah strategi

a. Strategi mempertahankan 
b. Strategi pemain yang untung 
c. Strategi niche 
d. Strategi memanen 



Untuk mengetahui jawabannya silahkan buka halaman kunci jawaban soal latihan mandiri Pemasaran Strategik EKMA4302


Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka



Artikel Terkait

Previous
Next Post »