Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Lingkungan Sosial Budaya LING1113 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 45 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman kunci jawaban, jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%. Selamat Mengerjakan.
Soal Pilihan Ganda
Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!
Pilihlah salah satu jawaban A, B, C, atau D yang dianggap paling tepat
Pilihlah salah satu jawaban A, B, C, atau D yang dianggap paling tepat
1. Manusia sebagai makhluk hidup tidak mungkin terlepas dari kehidupan bermasyarakat. Ini berarti bahwa manusia adalah sebagai makhluk yang mempunyai sifat sosial. Sebutkan salah satu pernyataan di bawah ini yang merupakan sifat manusia bukan sebagai makhluk sosial ......
A. ingin selalu bekerjasama dalam suatu pekerjaan
B. ingin selalu berbagi pengalaman dalam melakukan pekerjaan bersama
C. ingin selalu bekerja sendiri dalam menangani setiap pekerjaan
D. ingin selalu menolong teman
B. ingin selalu berbagi pengalaman dalam melakukan pekerjaan bersama
C. ingin selalu bekerja sendiri dalam menangani setiap pekerjaan
D. ingin selalu menolong teman
2. Hidup ditandai dengan adanya eksistensi vital, yaitu dimulai dengan …..
A. Proses metabolime, kemudian pertumbuhan, perkembangan, reproduksi dan adaptasi internal yang selanjutnya berakhir.
B. Proses metabolisme, kemudian perkembangan, pertumbuhan, reproduksi dan adaptasi internal, yang selanjutnya berakhir
C. Proses adaptasi internal, kemudian pertumbuhan, perkembangan, reproduksi dan adaptasi internal yang selanjutnya berakhir
D. Proses reproduksi, kemudian pertumbuhan, perkembangan, reproduksi, kemudian adaptasi internal yang selanjutnya berakhir.
B. Proses metabolisme, kemudian perkembangan, pertumbuhan, reproduksi dan adaptasi internal, yang selanjutnya berakhir
C. Proses adaptasi internal, kemudian pertumbuhan, perkembangan, reproduksi dan adaptasi internal yang selanjutnya berakhir
D. Proses reproduksi, kemudian pertumbuhan, perkembangan, reproduksi, kemudian adaptasi internal yang selanjutnya berakhir.
3. Lingkungan hidup terdiri dari berbagai proses ekologi dan merupakan satu kesatuan. Proses ini merupakan siklus yang mendukung lingkungan hidup itu sendiri. Siklus tersebut berupa ....
A. siklus hidrologi yang mengatur tata perairan saja
B. siklus hara yang mengatur tata makanan saja
C. siklus energi dan bahan yang mengatur penggunaan danperubahan bentuk energi saja
D. seluruh siklus yang ada yang merupakan struktur dasar ekosistem
B. siklus hara yang mengatur tata makanan saja
C. siklus energi dan bahan yang mengatur penggunaan danperubahan bentuk energi saja
D. seluruh siklus yang ada yang merupakan struktur dasar ekosistem
4. Pernyataan yang berhubungan dengan lingkungan sosial budaya berikut ini yang paling tidak tepat adalah ...
A. pola-pola hubungan sosial serta kaidah pendukungnya yang berlaku dalam suatu lingkungan spatial
B. sesuatu yang ruang lingkup ditentukan oleh pola-pola hubungan sosial dan dan tingkat rasa integritas
C. lingkungan sosial budaya terbentuk mengikuti keberadaan manusia di muka bumi
D. lingkungan sosial budaya sudah ada sebelum makhluk manusia ada dan diciptakan
B. sesuatu yang ruang lingkup ditentukan oleh pola-pola hubungan sosial dan dan tingkat rasa integritas
C. lingkungan sosial budaya terbentuk mengikuti keberadaan manusia di muka bumi
D. lingkungan sosial budaya sudah ada sebelum makhluk manusia ada dan diciptakan
5. Dalam kedudukannya, manusia yang serba bisa adalah sebagai bagian dari kehidupan kolektif yang mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, maka manusia dapat disebut sebagai ...
untuk membuat komoditi perikanan ..
untuk membuat komoditi perikanan ..
A. homo politicus
B. homo faber
C. homo economicus
D. homo religius
B. homo faber
C. homo economicus
D. homo religius
6. Kesatuan manusia yang bergaul dan berinteraksi dapat dikatakan sebagai masyarakat apabila mempunyai unsur-unsur yang menjadi ciri suatu masyarakat. Berikut ini ada salah satu yang bukan merupakan unsur yang menjadi ciri masyarakat adalah ....
A. tinggal dalam suatu wilayah tertentu secara terus menerus
B. antar warga saling berinteraksi
C. mempunyai adat istiadat yang bersifat kontunu
D. tidak memiliki norma dan sistem nilai yang diakui bersama
B. antar warga saling berinteraksi
C. mempunyai adat istiadat yang bersifat kontunu
D. tidak memiliki norma dan sistem nilai yang diakui bersama
7. Dari kelompok kesatuan manusia berikut ini yang termasuk wujud dari masyarakat adalah ... ..
A. kerumunan dan komunitas
B. kelompok dan perkumpulan
C. kelompok dan golongan sosial
D. komunitas dan kelompok
B. kelompok dan perkumpulan
C. kelompok dan golongan sosial
D. komunitas dan kelompok
8. Kebudayaan adalah keseluruhan dari ungkapan-ungkapan jiwa manusia yang timbul dalam mengadakan berbagai hubungan timbal-balik di dalam suatu masyarakat, adalah pendapat dari ....
A. E.B. Taylor
B. J. Ph. Dayvendak
C. Koentjaraningrat
D. Sol Tax
B. J. Ph. Dayvendak
C. Koentjaraningrat
D. Sol Tax
9. Kemampuan berfikir dari orang-orang yang hidup bermasyarakat sehingga menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi , ini merupakan wujud kebudayaan yang paling tepat sebagai ......
A. hasil cipta
B. hasil rasa
C. hasil karsa
D. konsep tingkah laku
B. hasil rasa
C. hasil karsa
D. konsep tingkah laku
10. Dari unsur-unsur di bawah ini yang merupakan bagian dari tujuh unsur kebudayaan universisal, yang dikemukakan oleh Koentjaraningrat adalah ......
A. bahasa, sistem pengetahuan, dan pendidikan
B. organisasi sosial, sistem peralatan dan masyarakat
C. sistem pengetahuan, sistem religi dan kesenian
D. sistem mata pencaharian, sistem pergaulan dan komunikasi
B. organisasi sosial, sistem peralatan dan masyarakat
C. sistem pengetahuan, sistem religi dan kesenian
D. sistem mata pencaharian, sistem pergaulan dan komunikasi
11. Tahap perkembangan budaya dimana sikap manusia yang tidak hidup lagi dalam kepungan kekuasaan mistis,melainkan yang secara bebas ingin meneliti segala hal ikhwal, disebut tahap ...
A. mistis
B. antologis
C. fungsional
D. substansi
B. antologis
C. fungsional
D. substansi
12. Suatu proses sosial yang berupa penyatuan aktivitas hidup antara suatu kelompok masyarakat dengan kelompok masyarakat lainnya sehingga tercipta suatu kesatuan yang utuh disebut ....
A. adaptasi
B. integrasi
C. asimilasi
D. sugesti
B. integrasi
C. asimilasi
D. sugesti
13. Kota adalah pemukiman yang relatif besar, padat dan permanen, dihuni oleh orang-orang yang heterogen kedudukan sosialnya, akibatnya hubungan sosial menjadi longgar, acuh dan tidak pribadi. Pendapat tersebut dikemukakan oleh ....
A. Max Weber
B. Cristaller
C. Sjoberg
D. Wirth
B. Cristaller
C. Sjoberg
D. Wirth
14. Dengan memperhatikan definisi kota yang dikemukakan oleh para ahli, maka kota dapat berfungsi sebagai pusat pemerintahan atau ibukota negara, ini disebut fungsi kota sebagai ....
A. political capital
B. production center
C. divercified cities
D. cultural center
B. production center
C. divercified cities
D. cultural center
15. Faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan lokasi suatu kota ditinjau dari segi ekonomi adalah ......
A. pola vegetasi, topografi dan jenis tanah
B. pola vegetasi, ongkos minimum dan sumber bahan baku
C. ongkos minimum, efisiensi, dan jumlah penduduk
D. topografi, efisiensi, dan sumber bahan baku
B. pola vegetasi, ongkos minimum dan sumber bahan baku
C. ongkos minimum, efisiensi, dan jumlah penduduk
D. topografi, efisiensi, dan sumber bahan baku
16. Masyarakat kota adalah sekelompok orang-orang dalam jumlah tertentu, hidup dan bertempat tinggal bersama di wilayah kota, dengan karakteristik sebagai berikut ...
A. cenderung berfikir rasional, berdasarkan untung rugi dan tidak mempunyai pembagian kerja yang luas dan bervariasi;
B. cenderung tidak berfikir rasional, berdasarkan untung rugi dan hidup berdasarkan hukum yang disadap dari ilmu pengetahuan
C. berfikir rasional, hidup berdasarkan hukum yang disadap dari ilmu pengetahuan dan mempunyai pembagian kerja yang luas dan bervariasi
D. berfikir rasional, hidup berdasarkan hukum yang disadap dari ilmu pengetahuan dan tidak mempunyai pembagian kerja yang luas dan bervariasi
B. cenderung tidak berfikir rasional, berdasarkan untung rugi dan hidup berdasarkan hukum yang disadap dari ilmu pengetahuan
C. berfikir rasional, hidup berdasarkan hukum yang disadap dari ilmu pengetahuan dan mempunyai pembagian kerja yang luas dan bervariasi
D. berfikir rasional, hidup berdasarkan hukum yang disadap dari ilmu pengetahuan dan tidak mempunyai pembagian kerja yang luas dan bervariasi
17. Desa adalah suatu kesatuan hukum dimana bertempat tinggal suatu masyarakat yang berkuasa mengadakan pemerintahan sendiri, adalah pendapat seorang tokoh ahli pedesaan bernama ....
A. Sutardjo Kartohadikusumo
B. Brunne
C. Finch
D. William
A. Sutardjo Kartohadikusumo
B. Brunne
C. Finch
D. William
18. Pola lokasi desa (pengaturan ruang lingkup desa), yaitu pengaturan lahan untuk perumahan, persawahan pertambangan dan penggembalaan ternak, jika diamati pola lokasi desa di pegunungan atau dataran rendah di Jawa zaman dulu pada umumnya menganut pola ....
A. melingkar
B. mendatar
C. konsentris
D. memanjang
B. mendatar
C. konsentris
D. memanjang
19. Menurut Sanapiah Faizal dalam bukunya Asy’ari, ciri khas masyarakat pedesaan adalah sebagai masyarakat keluarga yang dapat dikatakan sebagai masyarakat paguyuban, karena ....
A. saling kenal dengan baik, memilki keintiman yang tinggi, dan memiliki rasa persaudaraan yang rendah
B. memiliki keintiman yang tinggi, memiliki rasa persaudaraan yang tinggi dan memilki jalinan emosional yang rendah
C. memilki rasa persaudaraan yang rendah, memiliki jalinan emosional yang kuat dan saling tolong-menolong atas dasar kekeluargaan
D. saling kenal dengan baik, memiliki rasa persaudaraan yang tinggi dan saling tolong-menolong atas dasar kekeluargaan
B. memiliki keintiman yang tinggi, memiliki rasa persaudaraan yang tinggi dan memilki jalinan emosional yang rendah
C. memilki rasa persaudaraan yang rendah, memiliki jalinan emosional yang kuat dan saling tolong-menolong atas dasar kekeluargaan
D. saling kenal dengan baik, memiliki rasa persaudaraan yang tinggi dan saling tolong-menolong atas dasar kekeluargaan
20. Interaksi sosial merupakan bagian yang sangat penting dari kehidupan sosial, karena dengan adanya interaksi sosial pasti selalu akan terjadi ...
A. kerjasama antara individu dan kelompok
B. persaingan antar kelompok
C. persaingan antar individu
D. kehidupan bersama
B. persaingan antar kelompok
C. persaingan antar individu
D. kehidupan bersama
21. Interaksi sosial merupakan hubungan sosial yang dinamis, yang meliputi hubungan antara masing-masing individu perorangan, antara kelompok-kelompok manusia maupun antara individu perorangan dengan kelompok manusia, dan dapat disebut syarat-syarat terjadinya interaksi sosial adalah ...
A. adanya kontak sosial tetapi belum tentu ada komunikasi secara langsung
B. adanya kontak sosial dan tidak harus ada komunikasi secara langsung
C. tidak harus ada kontak sosial tetapi harus ada komunikasi
D. adanya kontak sosial dan komunikasi
B. adanya kontak sosial dan tidak harus ada komunikasi secara langsung
C. tidak harus ada kontak sosial tetapi harus ada komunikasi
D. adanya kontak sosial dan komunikasi
22. Bentuk interaksi sosial dimana ada kerjasama atau usaha bersama antara orang per orang atau kelompok manusia untuk mencapai tujuan bersama disebut ....
A. cooperation
B. akomodasi
C. kompetisi
D. toleransi
B. akomodasi
C. kompetisi
D. toleransi
23. Hubungan manusia dengan lingkungannya bersifat imanen, artinya .....
A. manusia menjadi penguasa di seluruh permukaan bumi
B. manusia dalam berevolusi tetap menjadi bagian utuh dari alam
C. manusia mencintai makhluk hidup lainnya sebagaimana sesama ciptaan Tuhan
D. manusia dilarang berbuat kerusakan di muka bumi
B. manusia dalam berevolusi tetap menjadi bagian utuh dari alam
C. manusia mencintai makhluk hidup lainnya sebagaimana sesama ciptaan Tuhan
D. manusia dilarang berbuat kerusakan di muka bumi
24. Yang dimaksud dengan persepsi lingkungan aliran interaksionisme adalah ......
A. aliran yang menganggap tidak semua stimulus yang sama akan memberikan R (tingkah laku) yang sama pada setiap orang
B. aliran yang berpendapat bahwa setiap perbedaan pada stimulus akan mengakibatkan perbedaan R (response tingkah laku)
C. aliran yang menekankan bahwa tingkah laku yang muncul dari stimulus tertentu merupakan tingkah laku khusus pada tempat dan waktu yang khusus pula, bukanlah tingkah laku secara umum
D. stimulus yang dapat memberikan rangsangan pada syaraf yang ditangkap oleh pancaindera
B. aliran yang berpendapat bahwa setiap perbedaan pada stimulus akan mengakibatkan perbedaan R (response tingkah laku)
C. aliran yang menekankan bahwa tingkah laku yang muncul dari stimulus tertentu merupakan tingkah laku khusus pada tempat dan waktu yang khusus pula, bukanlah tingkah laku secara umum
D. stimulus yang dapat memberikan rangsangan pada syaraf yang ditangkap oleh pancaindera
25. Faktor objek fisik yang mempengaruhi persepsi manusia terhadap lingkungannya berikut ini adalah .....
A. jarak, ukuran dan budaya manusia
B. jarak, ukuran dan lokasi
C. jarak, lokasi dan budaya manusia
D. ukuran, lokasi dan budaya manusia
B. jarak, ukuran dan lokasi
C. jarak, lokasi dan budaya manusia
D. ukuran, lokasi dan budaya manusia
26. Bagaimana seorang individu mempersepsikan lingkungannya dapat dilihat dari gejala-gejala persepsi mereka terhadap ruang sebagai lingkungan tempat tinggal. Salah satu dari gejala-gejala persepsi terhadap lingkungan tersebut adalah suatu batas maya (tidak tampak) yang mengelilingi diri kita yang tidak boleh dilalui oleh orang lain, disebut ....
A. privacy
B. territoriality
C. personal space
D. stress
B. territoriality
C. personal space
D. stress
27. Konsep pembangunan yang diartikan untuk membangun kondisi suatu negara yang telah hancur yang diperkenalkan kepada negara-negara sekutu yang diakibatkan kalah perang oleh adanya perang dunia II, ini disebut ....
A. modernization
B. westernization
C. growth
D. reconstruction
B. westernization
C. growth
D. reconstruction
28. Urut-urutan dalam perkembangan teori/konsep pembangunan yang menjadi acuan pembangunan di Indonesiadiuraikan olah Emil Salim adalah ....
A. teori pembangunan berimbang; teori pembangunan memenuhi kebutuhan pokok; teori pemerataan; teori pembangunan dengan kualitas hidup
B. teori pembangunan berimbang, teori pembangunan memenuhi kebutuhan pokok; teori pembangunan; teori pemerataan dengan kualitas hidup
C. teori pembangunan memenuhi kebutuhan pokok; teori pembangunan berimbang; teori pemerataan; teori pembangunan dengan kualitas hidup
D. teori pemerataan; teori pembangunan dengan kualitas hidup; teori pembangunan berimbang
B. teori pembangunan berimbang, teori pembangunan memenuhi kebutuhan pokok; teori pembangunan; teori pemerataan dengan kualitas hidup
C. teori pembangunan memenuhi kebutuhan pokok; teori pembangunan berimbang; teori pemerataan; teori pembangunan dengan kualitas hidup
D. teori pemerataan; teori pembangunan dengan kualitas hidup; teori pembangunan berimbang
29. Berikut ini contoh-contoh dari dampak positif pembangunan wilayah di Indonesia yang berwawasan lingkungan, yaitu .....
A. penebangan kayu hutan dalam volume yang besar untuk menambah devisa negara
B. pengambilan sumberdaya alam tambang tembaga dan emas di Tembagapura
C. padatnya pembangunan gedung-gedung bertingkat di Jakarta
D. penambahan wilayah taman di Jakarta
B. pengambilan sumberdaya alam tambang tembaga dan emas di Tembagapura
C. padatnya pembangunan gedung-gedung bertingkat di Jakarta
D. penambahan wilayah taman di Jakarta
30. Pembangunan berkelanjutan menurut komisi dunia untuk lingkungan dan pembangunan (WECD) adalah ....
A. perbaikan mutu kehidupan manusia dengan tetap berusaha tidak melampaui kemempuan ekosistem yang mendukung kehidupannya
B. upaya meleburkan atau melarutkan lingkungan ke dalam pembangunan
C. pembangunan yang memenuhi kebutuhan masa kini tanpa mengorbankan hak pemenuhan generasi mendatang
D. upaya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia
B. upaya meleburkan atau melarutkan lingkungan ke dalam pembangunan
C. pembangunan yang memenuhi kebutuhan masa kini tanpa mengorbankan hak pemenuhan generasi mendatang
D. upaya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia
31. Bentuk perubahan sosial dimana perubahan tersebut bisa dikendalikan dan juga bisa tidak, tetapi denganlingkungan yang dimanipulasikan, disebut perubahan ...
A. evolusioner
B. revolusioner
C. dialektikal
D. dipaksakan
B. revolusioner
C. dialektikal
D. dipaksakan
32. Bentuk perubahan budaya yang berupa penyerapan unsur asing ke dalam unsur asli, misalnya pembangunan gedung bertingkat banyak dengan teknologi modern, tetapi masih disisipi kebudayaan setempat yang bersifat kepercayaan misalnya menanam kepala kerbau, ini disebut ....
A. akulturasi
B. asimilasi
C. difusi
D. sinkretisme
B. asimilasi
C. difusi
D. sinkretisme
33. Modernisasi adalah salah satu bentuk proses perubahan sosial yang berasal dari revolusi industri di negara ....
A. Belanda dan Jepang
B. Inggris dan Perancis
C. Amerika dan Jerman
D. Spanyol dan Italia
B. Inggris dan Perancis
C. Amerika dan Jerman
D. Spanyol dan Italia
34. Prinsip yang mencerminkan kewajiban untuk peduli kepada orang lain dan kepada bentuk kehidupan lainsekarang dan masa mendatang adalah prinsip ....
A. memperbaiki kualitas hidup manusia
B. berusaha tidak melampaui kapasitas daya dukung bumi
C. memelihara dan menghormati komunitas kehidupan
D. melestarikan daya hidup dan keragaman bumi
B. berusaha tidak melampaui kapasitas daya dukung bumi
C. memelihara dan menghormati komunitas kehidupan
D. melestarikan daya hidup dan keragaman bumi
35. Di bawah ini adalah komponen-komponen Indeks Pembangunan Manusia (Human Development Index =HDI) kecuali .....
A. kebebasan berpendapat
B. panjang usia yang diukur dari harapan hidup sejak lahir
C. tingkat pengetahuan dan pendidikan, yang diukur dari tingkat melek huruf dewasa serta lama bersekolah
D. penghasilan yang diukur dari produk domestik bruto
B. panjang usia yang diukur dari harapan hidup sejak lahir
C. tingkat pengetahuan dan pendidikan, yang diukur dari tingkat melek huruf dewasa serta lama bersekolah
D. penghasilan yang diukur dari produk domestik bruto
36. Salah satu indikator berkelanjutan dimana akan mengukur efektifitas aksi untuk mengurangi konsumsi dan memantapkan jumlah penduduk berikut ini yang sesuai adalah indikator ....
A. kualitas hidup
B. keberlanjutan ekologi
C. menjamin keberlanjutan penggunaan sumberdaya terbarukan dan meminimumkan sumberdaya tak terbarukan
D. berusaha tidak melampaui daya dukung ekosistem
B. keberlanjutan ekologi
C. menjamin keberlanjutan penggunaan sumberdaya terbarukan dan meminimumkan sumberdaya tak terbarukan
D. berusaha tidak melampaui daya dukung ekosistem
37. Terjadinya perubahan sistem nilai yang menyerap dari unsur-unsur luar, cara berfikir dan penalaran yang lebih kritis dan rasional adalah dampak penerapan teknologi terhadap lingkungan sosial budaya yang menjangkau ....
A. bidang ekonomi
B. bidang sosial
C. bidang politik
D. pandangan hidup masyarakat
B. bidang sosial
C. bidang politik
D. pandangan hidup masyarakat
38. Salah satu prinsip yang mendefinisikan kriteria masyarakat berkelanjutan yang dapat memberikan arah menuju masyarakat berkelanjutan pada tingkat internasional adalah ....
A. mengubah gaya hidup orang per orang
B. mendukung kreatifitas untuk memelihara lingkungan sendiri
C. menyediakan kerangka kerja nasional untuk memadukan upaya pembangunan dan pelestarian
D. menciptakan kerjasama global
B. mendukung kreatifitas untuk memelihara lingkungan sendiri
C. menyediakan kerangka kerja nasional untuk memadukan upaya pembangunan dan pelestarian
D. menciptakan kerjasama global
39. Kemampuan suatu masyarakat dalam mencapai masyarakat yang berkelanjutan tidak bisa terlepas dari kemampuan masyarakat menjaga kelestarian sosial budayanya. Berikut ini beberapa hal upaya menjaga kelestarian lingkungan sosial budaya (menurut Kismadi, 1988), kecuali ....
A. memelihara disintegritas struktur sosial
B. membina integritas sosial budaya
C. membina integritas sosial budaya
D. meningkatkan teknologi dan kemampuan bersama termasuk kemampuan hidup bermasyarakat
40. Secara etimologi, etika mempunyai pengertian .....
B. membina integritas sosial budaya
C. membina integritas sosial budaya
D. meningkatkan teknologi dan kemampuan bersama termasuk kemampuan hidup bermasyarakat
40. Secara etimologi, etika mempunyai pengertian .....
A. kaidah
B. adat-istiadat
C. aturan
D. norma
B. adat-istiadat
C. aturan
D. norma
41. Etika kewajiban yang harus dilakukan atau tidak berdasarkan norma dan nilai moral yang ada, disebut ....
A. teori etika teleologi
B. teori etika keutamaan
C. teori etika deontologi
D. teori antroposentrisme
B. teori etika keutamaan
C. teori etika deontologi
D. teori antroposentrisme
42. Teori etika lingkungan yang menuntut perlakuan sama bagi semua makhluk hidup, hanya karena alasan bahwa semuanya memiliki kehidupan, disebut ....
A. etika antroposentrisme
B. etika anti spesiesisme
C. etika ekosentrisme
D. etika yang berpusat pada kehidupan
43. Di bawah ini yang merupakan kelemahan dari teori etika utilitarianisme menurut Keraf adalah ......
B. etika anti spesiesisme
C. etika ekosentrisme
D. etika yang berpusat pada kehidupan
43. Di bawah ini yang merupakan kelemahan dari teori etika utilitarianisme menurut Keraf adalah ......
A. mendasarkan penilaian dan pertimbangan moral pada kriteria rasional
B. adanya kebebasan individu dalam menentukan sikap moral
C. manfaat yang dimaksudkan sering dilihat dalam jangka pendek
D. tidak mengutamakan kepentingan sendiri
B. adanya kebebasan individu dalam menentukan sikap moral
C. manfaat yang dimaksudkan sering dilihat dalam jangka pendek
D. tidak mengutamakan kepentingan sendiri
44. Menurut Taylor, kewajiban utama manusia sebagai pelaku moral terhadap alam sebagai subjek moral adalah menghargai dan menghormati alam. Salah satu wujud sikap hormat terhadap alam tersebut adalah ....
A. kewajiban untuk tidak melakukan sesuatu yang merugikan alam dan segala isinya
B. kewajiban untuk ikut mencampuri kebebasan organisme untuk berkembang
C. kesetiaan terhadap janji untuk tidak melestarikan binatang yang merusak alam
D. kewajiban untuk menyerahkan kelestarian alam kepada generasi penerusnya
B. kewajiban untuk ikut mencampuri kebebasan organisme untuk berkembang
C. kesetiaan terhadap janji untuk tidak melestarikan binatang yang merusak alam
D. kewajiban untuk menyerahkan kelestarian alam kepada generasi penerusnya
45. Pengakuan bahwa semua organisme dan makhluk hidup adalah anggota yang sama statusnya dari suatu keseluruhan yang terkait sehingga mempunyai martabat yang sama, disebut ....
A. prinsip biospheric egalitarianism
B. prinsip non-antroposentrisme
C. prinsip realisasi diri
D. hubungan simbiosis
Untuk mengetahui jawabannya silahkan buka halaman Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Lingkungan Sosial Budaya LING1113
B. prinsip non-antroposentrisme
C. prinsip realisasi diri
D. hubungan simbiosis
Untuk mengetahui jawabannya silahkan buka halaman Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Lingkungan Sosial Budaya LING1113
Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka
ConversionConversion EmoticonEmoticon