Soal Latihan Mandiri Metode Pengembangan Kognitif PAUD4101

5:19:00 am

1. Kognitif adalah teknik untuk memproses informasi yang disediakan oleh indera. Pendapat tersebut dikemukakan oleh ....

Untuk menjawab soal ini Anda baca modul 1 Hakikat Pengembangan Kognitif Kegiatan Belajar 1, Batasan dan Teori Pengembangan Kognitif

 A. Terman 
 B. Hunt 
 C. Henman 
 D. Colvin 

A. Salah! Terman berpendapat bahwa kognitif adalah kemampuan untuk berpikir secara abstrak
B. Benar! Hunt berpendapat bahwa kognitif adalah teknik untuk memproses informasi yang disediakan oleh indera.
C. Salah! Henman berpendapat bahwa kognitif adalah intelektual ditambah dengan pengetahuan.
D. Salah! Colvin berpendapat bahwa kognitif adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan.


2. Thurstone berpendapat bahwa kognitif adalah penjelmaan dari berbagai kemampuan primer yaitu berbahasa, mengingat, berpikir logis, pemahaman ruang, bilangan, penggunaan kata-kata dan kecepatan pengamatan. Teori perkembangan kognitif ini sering disebut dengan teori ....

Untuk menjawab soal ini Anda baca modul 1 Hakikat Pengembangan Kognitif Kegiatan Belajar 1, Batasan dan Teori Pengembangan Kognitif

 A. primary mental abilities 
 B. multiple intelligences 
 C. triachic of intelligence
 D. two factors 

A. Tepat! Teori Thurstone tersebut disebut teori primary mental abilities.
B. Salah! Teori multiple intelligence membagi kecerdasan ke dalam 7 jenis
C. Salah! Teori triachic of intelligence menjeskan bahwa kognitif merupakan hasil dari penerapan strategi berpikir, mengatasi masalah-masalah baru secara cepat, dan penyesuaian terhadap konteks dengan menyeleksi dan beradaptasi dengan lingkungan.
D. Salah! Teori two factors mengemukakan bahwa kognitif meliputi kemampuan umum dan kemampuan khusus.


3. Tentang kognitif, Cameron dan Barley berpendapat bahwa ...
      
Untuk menjawab soal ini Anda baca modul 1 Hakikat Pengembangan Kognitif Kegiatan Belajar 2, Pandangan Para Ahli Psikologi dan Pendidikan

 A. Kognitif adalah kecerdasan melalui pikiran yang dapat digunakan untuk mengatasi situasi dalam memecahkan masalah. 
 B. Terdapat 3 aspek kemampuan dalam intelegensi yaitu konsentrasi, adaptasi, dan bersikap kritis 
 C. Aktivitas kognitif tergantung pada kemampuan berbahasa baik secara lisan maupun tulisan karena bahasa adalah alat berpikir 
 D. Struktur kognitif terdiri dari kombinasi aktivitasmental operasi, materi, dan produk 

A. Salah! Pendapat tersebut disampaikan oleh Witherington.
B. Salah! Pendapat tersebut disampaikan oleh Alfred Binet.
C. Benar! Pendapat tersebut disampaikan oleh Cameron & Barley.
D. Salah! Pendapat tersebut disampaikan oleh Guilford.


4. Anggi, anak TK kelompok B, menemukan sebuah bando cantik yang terjatuh di halaman TK. Dia tertarik sekali dengan model bando itu, tetapi dia segera menyerahkannya ke ibu guru karena ia yakin bando tersebut milki salah seorang temannya. Perbuatan Anggi sudah memenuhi kriteria tindakan intelijen, yaitu dalam hal ....

Untuk menjawab soal ini Anda baca modul 1 Hakikat Pengembangan Kognitif Kegiatan Belajar 2, Pandangan Para Ahli Psikologi dan Pendidikan

 A. kemampuan abstraksi dalam memecahkan masalah
 B. penjelasan dari solusi dapat diterima masyarakat
 C. perbuatan sesuai dengan tujuan, cepat dan akurat
 D. konsentrasi yang tinggi dalam melakukan sesuatu 

A. Salah! Ilustrasi di atas tidak menunjukkan penggunaan abtraksi
B. Benar! Ilustrasi tersebut menunjukkan alasan yang dapat diterima masyarakat yaitu tidak mau mengambil milik orang lain
C. Salah! Ilustrasi di atas tidak menunjukkan strategi kecepatan dan keakuratan dalam melakukan sesuatu.
D. Salah! Ilustrasi di atas tidak menunjukkan penggunaan ilustrasi yang tinggi


5. Sekolah memegang peranan penting dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak, terutama pada anak usia dini karena di sekolah diajarkan berbagai materi yang akan mengasah nalar dan konsentrasi anak. Peranan sekolah ini termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak, yaitu faktor ....
   
Untuk menjawab soal ini Anda baca modul 1 Hakikat Pengembangan Kognitif Kegiatan Belajar 2, Pandangan Para Ahli Psikologi dan Pendidikan

 A. keturunan 
 B. lingkungan
 C. pembentukan
 D. kematangan 

A. Salah! Faktor keturunan berkaitan dengan potensi genetik anak yang dibawa sejak lahir
B. Salah! Faktor lingkungan berkaitan dengan pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh dari lingkungan.
C. Benar! Faktor pembentukan meliputi segala keadaan di luar anak baik dari lembaga formal maupun informal
D. Salah! Faktor kematangan berkaitan dengan telah siapnya organ tubuh terhadap suatu tugas tertentu


6. Karakteristik anak usia 3 tahun antara lain adalah ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 2 Karakteristik, Klasifikasi dan Profil Kemampuan Kognitif Kegiatan Belajar 1 Karakteristik dan Teori Perkembangan Kognitif

 A. sering bertanya karena ingin tahu. 
 B. rasa egosentrisme masih kuat 
 C. daya khayal makin menipis 
 D. mulai mengembangkan tahap bermain kooperatif 

A. Salah! Sering bertanya karena ingin tahu biasanya terjadi pada anak usia 4 tahun.
B. Benar! Salah satu ciri anak usia 3 tahun adalah masih kuatnya egosentrisme
C. Salah! Menipisnya daya khayal biasanya terjadi pada anak usia 4 tahun
D. Salah! Mulai mengembangkan tahap bermain koperatif biasanya terjadi pada anak usia akhir 4 tahun


7. Hadi senang sekali memainkan alat genitalnya. Kadang saat dia buang air kecil juga dengan sengaja ia membuat bentuk-bentuk tertentu dari air seninya. Tingkah laku Hadi merupakan wujud rasa ingin tahunya tentang seksual yang biasanya muncul pada anak usia ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 2 Karakteristik, Klasifikasi dan Profil Kemampuan Kognitif Kegiatan Belajar  1 Karakteristik dan Teori Perkembangan Kognitif

 A. 2 tahun
 B. 3 tahun
 C. 4 tahun
 D. 5 tahun 

A. Salah! Anak 2 tahun biasanya belum menunjukkan perilaku tersebut
B. Salah! Anak 3 tahun biasanya belum menunjukkan perilaku tersebut
C. Benar! Anak usia 4 tahunan sering menunjukkan perilaku tersebut.
D. Salah! Anak usia 5 tahun sudah lebih teratur dan sering dianggap orang dewasa cilik.


8. Pernyataan Hurlock yang berkaitan dengan teori perkembangan kognitif anak antara lain adalah bahwa anak usia 3-5 tahun disebut dengan....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 2 Karakteristik, Klasifikasi dan Profil Kemampuan Kognitif Kegiatan Belajar  1 Karakteristik dan Teori Perkembangan Kognitif

 A. masa bermain 
 B. tahap falish 
 C. masa peka 
 D. tahap praoperasional 

A. Benar! Hurlock menyebut anak usia 3-5 tahun dengan usia bermain
B. Salah! Tahap falish adalah sebutan dari Sigmund Freud
C. Salah! Masa peka adalah sebutan dari Maria Montessori
D. Salah! Tahap praoperasional adalah sebutan dari Jean Piaget


9. Saat kegiatan inti, Bu Ani mengajak anak-anak kelompok A merobek kertas tisu, dilanjutkan merobek kertas koran, lalu kertas HVS. Anak-anak dapat melakukan dengan mudah saat merobek kertas tisu, namun cukup kesulitan saat diminta merobek kertas HVS. Kegiatan tersebut merupakan upaya pengembangan kognitif melalui bidang pengembangan ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 2 Karakteristik, Klasifikasi dan Profil Kemampuan Kognitif Kegiatan Belajar 1 Klasifikasi dan Profil Kemampuan Kognitif

 A. auditory 
 B. visual 
 C. taktil 
 D. kinestetik 

A. Salah! Pengembangan auditory berhubungan dengan bunyi atau pendengaran anak.
B. Salah! Pengembangan visual berhubungan dengan indera penglihatan anak.
C. Salah! Pengembangan taktil berkaitan dengan tekstur dan indera peraba.
D. Benar! Pengembangan kinestetik berkaitan dengan motorik halus anak


10. Salah satu aspek perkembangan kognitif menurut Jean Piaget adalah cara orang tua mengasuh anak dan pola pendidikan yang diperoleh seseorang dalam dari masyarakat. Hal ini termasuk dalam aspek  ...

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 3 Teori Perkembangan Kognitif 1 Kegiatan Belajar 1 Arti Kognisi dan Tahap Perkembangan Kognitif

 A. pengalaman awal
 B. kematangan 
 C. transmisi sosial 
 D. ekuilibrasi 

A. Salah! Pengalaman awal merupakan hubungan timbal balik antara organisme dengan lingkungannya.
B. Salah! Kematangan merupakan pengembangan dari susunan syaraf.
C. Benar! Transmisi sosial merupakan pengaruh yang diperoleh seseorang dalam hubungannya dengan lingkungan sosial
D. Salah! Ekuilibrasi merupakan kemampuan anak untuk mempertahankan keseimbangan dan penyesuaian diri terhadap lingkungan.


11. Tahap perkembangan kognitif menurut Piaget yang ditandai dengan kemampuan dalam berpikir sistematik terhadap objek yang konkret disebut dengan tahap ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 3 Teori Perkembangan Kognitif 1 Kegiatan Belajar 1 Arti Kognisi dan Tahap Perkembangan Kognitif

 A. sensorimotor 
 B. praoperasional 
 C. konkret operasional 
 D. formal operasional 

A. Salah! Tahap sensorimotor ditandai dengan kemampuan dalam mempersepsikan ketetapan suatu objek
B. Salah! Tahap praoperasional ditandai dengnan penggunaan simbol dan penyusunan tanggapan internal.
C. Benar! Tahap konkret operasional ditandai dengan kemampuan berpikir sistematik terhadap objek konkret.
D. Salah! Tahap formal operasional ditandai dengan kemampuan berpikir sistematik terjadap hal-hal abstrak.


12. Perhatikan 2 gambar berikut:

1. •••••••
2. • • • • • • •

Doni mengatakan bahwa bulatan pada gambar 2 jumlahnya lebih banyak karena untaiannya lebih panjang. Cara berpikir Doni ini merupakan salah satu ciri khas tahapan perkembangan kognitif, yaitu tahap ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 3 Teori Perkembangan Kognitif 1 Kegiatan Belajar 1 Arti Kognisi dan Tahap Perkembangan Kognitif

 A. sensorimotor 
 B. praoperasional 
 C. konkret operasional 
 D. formal operasional 

A. Salah! Tahap sensorimotor masih didominasi pola reflektif dan persepsi yang tetap terhadap suatu objek
B. Benar! Tahap praoperasional antara lain ditandai dengan pemusatan pikiran pada satu aspek, misalnya panjang saja
C. Salah! Tahap konkret operasional justru sudah dapat berpikir dari banyak aspek, misalnya panjang dan jumlah
D. Salah! Tahap operasional formal sudah jauh lebih tinggi, sudah dapat menyatakan hipotesis.


13. Melalui eksplorasi pada dunia sekitarnya, anak akan memperluas wawasan berpikirnya dan membangun pengetahuan. Hal ini merupakan salah satu kegunaan alat berpikir menurut Vygotsky, yaitu dalam hal ...

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 4 Teori Perkembangan Kognitif 2 Kegiatan Belajar 1 Pandangan dan Prinsip Dasar Vygotsky tentang Perkembangan Kognitif

 A. membantu memecahkan masalah 
 B. memudahkan dalam bertindak 
 C. memperluas kemampuan 
 D. melakukan sesuai kapasitas  

A. Salah! Pernyataan di atas tidak menunjukkan fungsi pemecahan masalah
B. Salah! Pernyataan di atas tidak menunjukkan kemudahan bertindak melalui alat berpikir
C. Benar! Pernyataan di atas menunjukkan bahwa alat berpikir akan memperluas wawasan dan membangun pengetahuan.
D. Salah! Pernyataan di atas tidak menunjukkan tindakan sesuai kapasitas berpkir seseorang


14. Setelah bercakap-cakap tentang susu di kelas, Bu Hana mengajak anak-anak berkunjung ke peternakan sapi perah yang tak jauh dari KB Ceria. Di peternakan tersebut, anak-anak diberikan kesempatan untuk bertanya jawab dengan pemilik petenakan, mengamati berbagai kegiatan sapi, dan juga mencoba memerah susu dari sapi. Menurut Vygotsky, kegiatan seperti ini akan memacu alat berpikir untuk ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 4 Teori Perkembangan Kognitif 2 Kegiatan Belajar 1 Pandangan dan Prinsip Dasar Vygotsky tentang Perkembangan Kognitif

 A. membantu memecahkan masalah 
 B. memudahkan dalam bertindak 
 C. memperluas kemampuan 
 D. melakukan sesuai kapasitas 

A. Salah! Pernyataan di atas tidak menunjukkan fungsi pemecahan masalah
B. Salah! Pernyataan di atas tidak menunjukkan kemudahan bertindak melalui alat berpikir
C. Benar! Pernyataan di atas menunjukkan bahwa alat berpikir akan memperluas wawasan dan membangun pengetahuan
D. Salah! Pernyataan di atas tidak menunjukkan tindakan sesuai kapasitas berpkir seseorang


15. Contoh perilaku anak yang menggambarkan sudah tercapainya tahap ZPD kedua yaitu tindakan yang didasarkan atas inisiatif sendiri adalah .....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 4 Teori Perkembangan Kognitif 2 Kegiatan Belajar 1 Pandangan dan Prinsip Dasar Vygotsky tentang Perkembangan Kognitif

 A. Rani, anak TK kelompok A, masih harus disuapi saat sarapan pagi dan belum mau mandi sendiri 
 B. Dinda, anak TK kelompok A, mau memakai sepatunya sendiri meskipun kadang kesulitan saat mengikatkan talinya. 
 C. Roni, anak TK kelompok B, sudah dapat memakai sepatu dan bajunya sendiri tanpa dibantu. 
 D. Danang, anak TK kelompok B, sudah terbiasa bangun, makan, dan memakai baju sendiri tiap pagi tanpa diingatkan lagi. 

A. Salah! Ilustrasi tersebut menggambarkan tahap ZPD tahap ke-1 yaitu tindakan anak masih dipengaruhi/dibantu orang lain.
B. Benar! Ilustrasi tersebut menggambarkan tahap ZPD ke-2 yaitu tindakan anak didasarkan atas inisiatif sendiri
C. Salah! Ilustrasi tersebut menggambarkan tahap ZPD ke-3 yaitu tindakan anak berkembang spontan dan terinternalisasi.
D. Salah! Ilustrasi tersebut menggambarkan tahap ZPD ke-4 yaitu tindakan spontan akan terus diulang hingga anak siap berpikir secara abstrak.


16. Aktivitas terprogram yang dapat dilakukan untuk anak usia prasekolah antara lain adalah ...

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 4 Teori Perkembangan Kognitif 2 Kegiatan Belajar 2 Tujuan dan Implementasi Model Pembelajaran Vygotsky

 A. komunikasi emosional 
 B. manipulasi objek 
 C. aktivitas bermain 
 D. kegiatan belajar 

A. Salah! Komunikasi emosional merupakan aktivitas terprogram untuk bayi
B. Salah! Manipulasi objek merupakan aktivitas terprogram untuk anak usia toddler
C. Benar! Bermain merupakan aktivitas terprogram untuk anak usia prasekolah
D. Salah! Belajar merupakan aktivitas terprogram untuk anak usia SD


17. Anak-anak usia dini dapat diminta untuk menggambarkan perasaan atau pengalaman yang menarik setelah melakukan suatu kegiatan melalui sebuah kertas sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan orang lain. Kegiatan ini merupakan salah satu tahapan kerja block building dalam hal ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 4 Teori Perkembangan Kognitif 2 Kegiatan Belajar 2 Tujuan dan Implementasi Model Pembelajaran Vygotsky

 A. penyatuan rencana 
 B. pemetaan kerja 
 C. permainan drama
 D. penulisan jurnal 

A. Salah! Pernyataan di atas tidak menunjukkan diskusi sebelum kegiatan untuk menyatukan sebuah rencana.
B. Salah! Pernyataan di atas tidak menunjukkan pembagian kerja dalam suatu kegiatan
C. Salah! Pernyataan di atas tidak menunjukkan adanya permainan drama
D. Benar! Anak dapat diminta menulils jurnal dengan cara menggambar


18. Salah satu jenis pengetahuan bersumber dari proses interaksi seseorang dengan budaya, norma, dan moral orang lain. Pengetahuan ini menurut Piaget disebut pengetahuan ....

      
Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 5 Membangun Pengetahuan pada Anak Kegiatan Belajar 1 Membangun Pengetahuan pada Anak

 A. fisik 
 B. logika 
 C. bahasa 
 D. sosial 

A. Salah! Pengetahuan fisik berasal dari lingkungan fisik anak seperti bentuk, warna, suara, gerak, dll.
B. Salah! Pengetahuan logika meliputi kemampuan membandingkan, mengurutkan, mengelompokkan, menghitung, dan berpikir.
C. Salah! Pengetahuan bahasa tidak termasuk jenis pengetahuan menurut Piaget
D. Benar! Pengetahuan sosial merupakan hasil interaksi dengan budaya, norma, dan moral orang lain.


19. Bu Dita membawa sekardus balok berisi berbagai bentuk geometri tanpa warna. Setelah itu, dia meminta Haris untuk mengambil balok-balok berbentuk segitiga lalu diletakkan di atas meja, dan Haris dapat melakukannya dengan baik. Pengetahuan yang dimiliki Haris menurut Piaget termasuk jenis pengetahuan ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 5 Membangun Pengetahuan pada Anak Kegiatan Belajar 1 Membangun Pengetahuan pada Anak

 A. fisik 
 B. logika 
 C. bahasa 
 D. sosial 

A. Salah! Ilustrasi tersebut tidak menunjukkan adanya kemampuan beradaptasi dengan lingkungan fisik
B. Benar! Ilustrasi tersebut menunjukkan kemampuan mengelompokkan benda
C. Salah! Tidak ada jenis pengetahuan bahasa menurut Piaget
D. Salah! Ilustrasi tersebut tidak menunjukkan adanya pengaruh budaya


20. Pengetahuan dapat diperoleh anak dari hasil pembentukan pemikiran terhadap hubungan antar objek yang ditemuinya. Hal ini merupakan salah satu teori dalam mendapatkan pengetahuan yaitu melalui ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 5 Membangun Pengetahuan pada Anak Kegiatan Belajar 1 Membangun Pengetahuan pada Anak

 A. peniruan 
 B. konstruktivism 
 C. transformasi 
 D. pembiasaan 

A. Salah! Melalui peniruan, anak mengamati sesuatu/seseorang lalu menirunya untuk mendapatkan pengetahuan
B. Benar! Melalui kontruktivism, anak tidak sekedar meniru tapi juga membentuk pemikirannya
C. Salah! Transformasi mempelajari tentang bagaimana objek bergerak atau berubah bentuk
D. Salah! Pembiasaan berkaitan dengan pembentukan perilaku, bukan pembentukan pengetahuan


21. Anak-anak diberikan media dengan tekstur yang bervariasi seperti kapas, kertas amplas, daun teratai, sikat cuci, kulit salak, kerikil, pasir, dan terigu. Setelah itu anak-anak diminta mengurutkan benda dengan tekstrur yang paling lembut sampai yang paling kasar. Kegiatan ini bertujuan mengembangkan pengetahuan ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 5 Membangun Pengetahuan pada Anak Kegiatan Belajar 1 Membangun Pengetahuan pada Anak

 A. fisik 
 B. logika 
 C. non-fisik 
 D. sosial 

A. Benar! Pengenalan tekstur halus dan kasar termasuk pada pengetahuan fisik
B. Salah! Ilustrasi tersebut tidak menunjukkan penggunaan logika dan pemecahan masalah
C. Salah! Tidak dikenal jenis pengetahuan non-fisik menurut Piaget
D. Salah! Ilustrasi tersebut tidak menunjukkan pengembangan perilaku atau bahasa


22. Bu Erni ingin mengenalkan cara lebah bekerja sama dalam sebuah sarang. Untuk memudahkan anak memahami penjelasannya, Bu Erni memutarkan film yang menggambarkan dengan jelas tentang kehidupan lebah. Anak-anak tampak sangat tertarik dengan film tersebut. Bu Erni telah berupaya mengembangkann pengetahuan anak-anak melalui metode ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 5 Membangun Pengetahuan pada Anak Kegiatan Belajar 1 Membangun Pengetahuan pada Anak

 A. praktek langsung 
 B. demonstrasi 
 C. bermain peran 
 D. eksperimen 

A. Salah! Metode praktek langsung menuntut tindakan anak untuk melakukan suatu kegiatan
B. Benar! Demonstrasi tersebut dilakukan secara tidak langsung melalui sebuah film
C. Salah! Metode bermain peran menuntut kegiatan berbagi peran tentang orang lain pada anak
D. Salah! Metode eksperimen berupa perlakuan pada suatu objek yang dilakukan untuk mengetahui akibat dari perlakuan tersebut


23. Bu Nurul akan mengenalkan sebuah lagu berjudul ‘Becak’. Karena anak-anak belum dapat membaca, Bu Nurul mendiktekan kalimat demi kalimat lalu ditirukan anak-anak. Lalu menyanyikan baris demi baris dan diikuti anak-anak. Kegiatan itu dilakukan beberapa kali sampai akhirnya anak-anak hafal dan dapat menyanyikan lagu tersebut. Cara yang dilakukan Bu Nurul termasuk membangun pengetahuan dengan memerankan dirinya sebagai ...
      
Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 5 Membangun Pengetahuan pada Anak Kegiatan Belajar 2. Peran Guru dalam Membangun Pengetahuan pada Anak

 A. model yang baik 
 B. motivator 
 C. teman bermain 
 D. fasilitator 

A. Benar! Bu Nurul menjadikan dirinya sebagai contoh untuk ditiru anak-anak
B. Salah! Ilustrasi tersebut tidak memperlilhatkan peran guru dalam memberikan motivasi pada anak
C. Salah! Ilustrasi tersebut tidak memperlihatkan kegiatan guru yang menemani anak saat bermain
D. Salah! Ilsustrasi tersebut tidak memperlihatkan kegiatan guru dalam memberikan sarana/media yang diperlukan anak


24. Pernyataan berikut yang bukan merupakan teori Gardner tentang kecerdasan adalah ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 6. Kecerdasan Majemuk di TK Kegiatan Belajar 1. Hakikat dan Dasar Teori Kecerdasan Majemuk

 A. meliputi pengenalan seseorang terhadap ciri-ciri tertentu dari berbagai benda di sekitarnya 
 B. kemampuan untuk menciptakan produk yang efektif atau menyumbangkan sesuatu yang bernilai dalam budaya 
 C. sebuah perangkat keterampilan seseorang untuk memecahkan permasalahan dalam hidupnya 
 D. potensi untuk menemukan jalan keluar dari masalah yang melibatkan penggunaan pemahaman baru 

A. Benar!  Pernyataan tersebut merupakan teori Piaget tentang pengetahuan fisik
B. sebuah perangkat keterampilan seseorang untuk memecahkan permasalahan dalam hidupnya
C. Salah! Pernyataan tersebut merupakan salah satu definisi kecerdasan menurut Gardner
D. Salah! Pernyataan tersebut merupakan salah satu definisi kecerdasan menurut Gardner


25. Salah satu fungsi yang biasa dilakukan oleh belahan otak kiri adalah ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 6. Kecerdasan Majemuk di TK Kegiatan Belajar 1. Hakikat dan Dasar Teori Kecerdasan Majemuk

 A. mengembangkan kemampuan visual dan spasial 
 B. menekankan pada cara berpikir sintesis 
 C. mengembangkan kemampuan bicara dan berhitung 
 D. mengembangkan kreativitas dan estetika 

A. Salah! Fungsi tersebut dilakukan oleh belahan otak kanan
B. Salah! Fungsi tersebut dilakukan oleh belahan otak kanan
C. Benar! Salah satu fungsi belahan otak kiri adalah dalam bicara dan berhitung
D. Salah! Fungsi tersebut dilakukan oleh belahan otak kanan


26. Kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan memvisualisasikan gambar untuk memecahkan suatu masalah disebut kecerdasan ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 6. Kecerdasan Majemuk di TK Kegiatan Belajar 2. Kecerdasan Majemuk dan Strategi Belajar di TK

 A. intrapersonal 
 B. visual spatial 
 C. logika matematika 
 D. interpersonal 

A. Salah! Kecerdasan intrapersonal berhubungan dengan kemampuan merefleksikan kelebihan dan kekurangan diri
B. Benar! Kecerdasan visual spatial berhubungan dengan kemampuan memvisualisasikan gambar
C. Salah! Kecerdasan logika matematika berhubungan dengan angka dan logika berpikir
D. Salah! Kecerdasan interpersonal berhubungan dengan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain.


27. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kecerdasan intrapersonal antara lain melalui kegiatan ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 6. Kecerdasan Majemuk di TK Kegiatan Belajar 2. Kecerdasan Majemuk dan Strategi Belajar di TK

 A. mengajak anak berjalan-jalan ke pegunungan untuk menikmati indahnya alam 
 B. membiasakan anak untuk berdoa sebelum dan sesudah makan 
 C. mengajak anak bermain tebak-tebakan kata atau merubah syair lagu 
 D. meminta anak menggambar yang dilihatnya sendiri melalui sebuah cermin 

A. Salah! Cara tersebut lebih tepat untuk mengembangkan kecerdasan naturalis
B. Salah! Cara tersebut lebih tepat untuk mengembangkan kecerdasan eksistensial
C. Salah! Cara tersebut lebih tepat untuk mengembangkan kecerdasan bahasa
D. Benar, cara tersebut sesuai untuk mengembangkan kecerdasan intrapersonal


28. Cara menyampaikan suatu materi dengan bertutur atau memberikan penjelasan melalui cerita disebut dengan metode ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 7. Metode Pengembangan Kognitif Kegiatan Belajar 1. Metode yang Digunakan pada Pengembangan Kognitif

 A. percobaan 
 B. bercerita 
 C. bersyair 
 D. peragaan 

A. Salah! Metode percobaan adalah dengan dengan melakukan suatu percobaan yang dapat dilakukan anak sesuai tingkat usianya
B. Benar! Metode bercerita adalah cara menyampaikan suatu materi melalui cerita
C. Salah! Metode bersyair  adalah cara menyampaiakn materi melalui syair/puisi yang menarik
D. Salah! Metode peragaan adalah cara menunjukkan sesuatu dari suatu kejadian/peristiwa


29. Kumpulan catatan singkat yang bersifat spesifik tentang sikap dan perilaku anak dalam situasi tertentu disebut ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 7. Metode Pengembangan Kognitif Kegiatan Belajar 2 EvaluasiPengembangan Kognitif

 A. asesmen kinerja 
 B. bundel portofolio 
 C. buku jurnal 
 D. catatan anekdot 

A. Salah! Asesmen kinerja adalah penilaian yang dilakukan melalui tugas/perbuatan anak yang dapat diamati
B. Salah! Bundel portofolio adalah kumpulan kerja anak yang menunjukkan perkembangan anak secara bertahap dari waktu ke waktu
C. Salah! Buku jurnal adalah lembaran tulisan/gambar yang dibuat sendiri oleh anak yang menggambarkan perasaan/pengalaman dia sendiri
D. Benar! Catatan anekdot adalah kumpulan catatan singkat yang bersifat spesifik tentang sikap dan perilaku anak dalam situasi tertentu


30. Bu Ana ingin mengetahui apakah anak-anak sudah dapat melempar dan menangkap bola besar dalam jarak 2 meter dengan baik. Alat penilaian yang paling sesuai untuk digunakan Bu Ana adalah ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 7. Metode Pengembangan Kognitif Kegiatan Belajar 2 Evaluasi Pengembangan Kognitif

 A. asesmen diri 
 B. bundel portofolio 
 C. asesmen kinerja 
 D. catatan anekdot 

A. Salah! Asesmen diri menekankan pada penilaian anak terhadap dirinya sendiri
B. Salah! Bundel portofolio lebih sesuai digunakan untuk menilai hasil karya anak dan perkembangannya
C. Benar! Asessmen kinerja menekankan pada kegiatan yang perlu langsung dipraktekkan anak
D. Salah! Catatan anekdot lebih sesuai untuk melihat tentang perkembangan perilaku anak secara khusus


31. Melalui media yang menarik dan menantang, anak dapat dirangsang untuk menemukan gagasan-gagasan baru berkaitan dengan materi yang sedang dibicarakan. Dalam hal ini, media berfungsi untuk ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 8. Media dalam Pengembangan Kognitif
Kegiatan Belajar 1. Media dalam Pengembangan Kognitif

 A. mengembangkan kreativitas 
 B. menghilangkan verbalisme 
 C. menyelidiki sesuatu 
 D. melaksanakan tugas 

A. Benar! Media dapat mengembangkan kreativitas anak jika melalui media tersebut anak tertantang untuk menemukan berbagai gagasan baru
B. Salah! Verbalisme berkaitan dengan dominasi bahasa lisan yang ingin dikurangi melalui pengadaan media
C. Salah! Menyelidiki sesuatu berkaitan dengan media yang membangkitkan rasa ingin tahu anak
D. Salah! Media untuk melaksanakan tugas biasanya berupa alat-alat tulis atau 3M


32. Untuk mengembangkan kognitif, sedapat mungkin pendidik memilihkan media yang memungkinkan anak dapat membongkar pasang media tersebut, bukan media jadi yang hanya dapat dilihat atau didengar saja. Hal ini merupakan salah satu syarat dalam pemilihan media untuk anak, yaitu ....
      
Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 8. Media dalam Pengembangan Kognitif
Kegiatan Belajar 1. Media dalam Pengembangan Kognitif

 A. tampilan menarik 
 B. dapat dimanipulasi 
 C. ukuran sesuai 
 D. tidak membahayakan 

A. Salah! Pernyataan tersebut tidak menunjukkan tentang penampilan media
B. Benar! Pernyataan tersebut mengarah bahwa media sebaiknya dapat dimanipulasi
C. Salah! Pernyataan tersebut tidak menunjukkan tentang bentuk dan ukuran media
D. Salah! Pernyataan tersebut tidak menunjukkan tentang kriteria media yang aman bagi anak


33. Berikut ini yang merupakan penerapan dari syarat media untuk anak bahwa media yang digunakan tidak membahayakan adalah ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 8. Media dalam Pengembangan Kognitif
Kegiatan Belajar 1. Media dalam Pengembangan Kognitif

 A. Gambar terlihat oleh seluruh anak di dalam ruangan 
 B. Buku cerita bergambar penuh warna dan tulisan kata sederhana 
 C. Boneka dibuat dari bahan yang dapat dilepas anggota tubuhnya 
 D. Juluran kabel listrik tertutup rapat dan terpasang rapi 

A. Salah! Contoh tersebut berkaitan dengan ukuran media yang sesuai
B. Salah! Contoh tersebut berkaitan dengan penampilan media yang menarik
C. Salah! Contoh tersebut berkaitan dengan media yang dapat dimanipulasi
D. Benar! Contoh tersebut berkaitan dengan media yang tidak membahayakan anak


34. Salah satu media yang dapat digunakan untuk anak antara lain adalah 2 sisi gambar pada suatu kotak horisontal yang dibatasi dengan garis tengah. Biasanya salah satu sisi berupa gambar benda, dan sisi yang lain berupa angka atau huruf. Media ini disebut ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 8. Media dalam Pengembangan Kognitif
Kegiatan Belajar 2. Penerapan Media dalam Pengembangan Kognitif

 A. loto berpasangan 
 B. kartu domino 
 C. gambar seri 
 D. kotak merjan 

A. Salah! Loto berpasangan adalah 2 baris serangkaian gambar. Baris pertama berisi gambar benda-benda pada penampang tersebut, sedang baris kedua adalah gambar lepas yang dapat dilepas. Setiap gambar di baris pertama memiliki 1 pasangan yang sesuai dengan gambar di baris kedua
B. Benar! Pernyataan tersebut mengarah pada medua kartu domino
C. Salah! Gambar seri adalah serangkaian gambar yang menunjukkan suatu urutan cerita
D. Salah! Kotak merjan dalah kotak berderet horisontal untuk menyimpan benda-benda kecil (merjan) berbentuk kubus, bola, roda, silinder, dll


35. Salah satu dimensi perilaku guru menurut model perilaku kognitif-afektif dari Willliams adalah strategi untuk mengemukakan ciri-ciri sesuatu yang mencerminkan identitas atau lambang. Strategi ini disebut ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 9. Model Pengembangan Kognitif Kegiatan Belajar 1. Model Perilaku Kognitif Afektif dari Williams & Model Intelektual dari Guilford

 A. analogi 
 B. diskrepansi 
 C. atribut 
 D. paradoks 

A. Salah! Analogi adalah kesamaan tentang sesuatu
B. Salah! Diskrepansi adalah ketidaksesuain tentang suatu fakta
C. Benar! Atribut adalah ciri-ciri yang mencerminkan identitas sesuatu
D. Salah! Paradoks adalah dugaan yang tampak saling bertentangan


36. Salah satu jenis operasi dari model struktur intelektiual Guilford adalah pemberian jawaban atau penarikan kesimpulan dengan penekanan pada satu jawaban yang paling tepat. Hal ini disebut berpikir....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 9. Model Pengembangan Kognitif Kegiatan Belajar 1. Model Perilaku Kognitif Afektif dari Williams & Model Intelektual dari Guilford

 A. divergen 
 B. evaluatif 
 C. konvergen 
 D. kognitif 

A. Salah! Berpikir divergen adalah pemberian kemungkinan bermacam-macam jawaban berdasar informasi yang diberikan
B. Salah! Berpikir evaluatif adalah membuat pertimbangan dengan membandingkan bahan informasi sesuai dengan tolok ukur tertentu
C. Benar! Berpikir konvergen ialah pemberian jawaban dengan satu jawaban yang paling tepat
D. Salah! Berpikir kognitif ialah penerimaan dan pengenalan kembali informasi untuk terbentuknya suatu pengertian


37. Bu Ani bertanya pada anak-anak, “Ayo, siapa yang tahu, bulu ayam yang ibu pegang ini dapat digunakan untuk apa saja ya? Pada saat tersebut, Bu Ani sedang mengajak anak melakukan salah satu bentuk operasi menurut Guilford yaitu berpikir ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 9. Model Pengembangan Kognitif Kegiatan Belajar 1. Model Perilaku Kognitif Afektif dari Williams & Model Intelektual dari Guilford

 A. divergen 
 B. evaluatif 
 C. konvergen 
 D. kognitif 

A. Benar! Cara di atas termasuk berpikir divergen karena berpikir divergen adalah pemberian kemungkinan bermacam-macam jawaban berdasar informasi yang diberikan
B. Salah! Berpikir evaluatif adalah membuat pertimbangan dengan membandingkan bahan informasi sesuai dengan tolok ukur tertentu
C. Salah! Berpikir konvergen ialah pemberian jawaban dengan satu jawaban yang paling tepat
D. Salah! Berpikir kognitif ialah penerimaan dan pengenalan kembali informasi untuk terbentuknya suatu pengertian


38. Perilaku kognitif berupa menggabungkan unsur-unsur yang kecil menjadi suatu kesatuan menurut Bloom disebut dengan ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 9. Model Pengembangan Kognitif Kegiatan Belajar 2. Model Taksonomi BS Bloom beserta Contoh Penerapannya

 A. analisis 
 B. pemahaman 
 C. sintesis 
 D. penerapan 

A. Salah! Analisis adalah menguraikan suatu materi menjadi unsur-unsur sehingga kedudukan tiap unsur menjadi jelas
B. Salah! Pemahaman adalah kemampuan untuk mengingat dan menggunakan informasi tanpa menggunakannya dalam situasi baru
C. Benar! Sintesis adalah menghimpun atau menyusun unsur-unsur membentuk suatu keseluruhan
D. Salah! Penerapan adalah menggunakan hal-hal yang bersifat abstrak dalam situasi yang khusus dan kongkret


39. Pagi itu Bu Heni menyiapkan berbagai jenis makanan di dalam kelas. Ada pepes tahu, tempe bacem, jagung rebus, roti tawar, nasi putih, bubur sagu, ayam goreng, ikan bakar, sop daging, sayur bayam, cap cay, tumis buncis, dan telur mata sapi. Selanjutnya anak-anak secara bergiliran diminta untuk mengelompokkan makanan yang berupa sayuran di meja kuning, lauk-pauk di meja merah, dan makanan pokok di meja biru. Kegiatan yang dilakukan Bu Heni ini termasuk mengembangkan perilaku kognitif berupa ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 9. Model Pengembangan Kognitif Kegiatan Belajar 2. Model Taksonomi BS Bloom beserta Contoh Penerapannya

 A. analisis 
 B. pemahaman 
 C. sintesis 
 D. penerapan 

A. Benar! Pada contoh tersebut ada kegiatan mengelompokkan/memisahkan menjadi beberapa bagian
B. Salah! Pada contoh tersebut tidak hanya dituntut kemampuan mengingat informasi
C. Salah! Sintesis justru menggabungkan unsur-unsur, bukan memisahkan unsur-unsur
D. Salah! Pada contoh tersebut tidak hanya menggunakan sesuatu yang bersifat kongkret, tetapi sampai menggabungkan


40. Kurikulum PAUD di Indonesia hendaknya juga mempertimbangkan kekhasan budaya dan kondisi tiap daerah. Hal ini sejalan dengan salah satu ciri kurikulum berbasis kompetensi, yaitu ...

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 10. Pengembangan Kognitif pada Kurikulum 2004 Kegiatan Belajar 1. Latar Belakang Perubahan Kurikulum 2004

 A. berorientasi pada keberagaman 
 B. menggunakan metode yang bervariasi 
 C. ketercapaian kompetensi anak didik 
 D. sumber belajar berpusat pada anak 

A. Benar! Pernyataan di atas menunjukkan adanya keragaman budaya di Indonesia
B. Salah! Pernyataan tersebut tidak mengaitkan dengan metode yang perlu digunakan
C. Salah! Pernyataan tersebut tidak membicarakan tentang kompetensi anak didik
D. Salah! Sumber belajar berpusat pada anak artinya guru dan orang tua tidak dominan tetapi sebagai fasilitator saja


41. Pernyataan langsung berupa kesan tentang hal-hal yang telah dilakukan merupakan salah satu prinsip dasar pembelajaran kontekstual yang disebut ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 10. Pengembangan Kognitif pada Kurikulum 2004
Kegiatan Belajar 1. Latar Belakang Perubahan Kurikulum 2004

 A. inquiri 
 B. refleksi 
 C. modelling 
 D. questioning 

A. Salah! Inquiri adalah proses mencari dan menemukan sendiri suatu pengetahuan
B. Benar! Refleksi adalah pengungkapan kesan yang dapat disampaikan secara langsung atau gambar/tulisan
C. Salah! Modelling adalah sikap/perilaku yang dapat ditiru dan dicontoh anak
D. Salah! Questioning adalah kegiatan menggali informasi, mengecek pemahaman dan membangkitkan keingintahuan anak


42. Proses pembelajaran di PAUD perlu diarahkan pada kemampuan anak untuk mengurus dirinya sendiri dan kemampuan bertahan hidup dalam lingkungan yang lebih luas. Hal ini merupakan salah satu prinsip dasar pendekatan pembelajaran di PAUD, yaitu ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 10. Pengembangan Kognitif pada Kurikulum 2004
Kegiatan Belajar 2. Struktur Kurikulum Berbasis Kompetensi TK dan RA

 A. menggunakan pendekatan tematik 
 B. menyediakan lingkungan yang kondusif 
 C. menerapkan bermain sambil belajar 
 D. mengembangkan kecakapan hidup 

A. Salah! Pendekatan tematik artinya pembelajaran menggunakan tema yang menarik minat anak.
B. Salah! Lingkungan yang kondusif artinya lingkungan yang menarik dan menyenangkan sehingga anak betah di dalamnya
C. Salah! Bermain sambil belajar artinya pembelajaran dilakukan dalam situasi yangn menyenangkan seperti bermain
D. Benar! Pengembangan kecakapan hidup dilaksanakan dengan pembiasaan agar anak dapat menolong dirinya sendiri


43. Salah satu alat penilaian yang dapat digunakan di PAUD adalah berupa tugas yang harus dikerjakan anak dalam waktu yang realtif lama. Alat penilaian ini disebut ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 10. Pengembangan Kognitif pada Kurikulum 2004
Kegiatan Belajar 2. Struktur Kurikulum Berbasis Kompetensi TK dan RA

 A. portofolio 
 B. performansi 
 C. proyek 
 D. produk 

A. Salah! Portofolio adalah penilaian berdasarkan kumpulan hasil kerja anak yang menggambarkan perkembangan keterampilan anak
B. Salah! Performansi atau unjuk kerja adalah penilaian yang menuntut anak melakukan tugas yang dapat diamati seperti menyanyi dan olah raga
C. Benar! Proyek atau penugasan adalah tugas yang harus dikerjakan anak dalam waktu cukup lama, misalnya eksperimen
D. Salah! Produk atau hasil karya adalah hasil kerja anak setelah melakukan suatu kegiatan


44. Melalui permainan matematika sejak dini, diharapkan anak akan merasa mampu dan menyukai bidang matematika sehingga tidak menganggap matematika sebagai suatu bidang studi yang sulit. Hal ini merupakan salah satu manfaat dari permainan matematika yaitu dalam ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 11. Permainan matematika di TK Kegiatan Belajar 1. Hakikat Permainan Matematika di TK

 A. membelajarkan dengan konsep yang benar dan menarik 
 B. membantu anak belajar matematika secara alami 
 C. menghindari ketakutan terhadap matematika 
 D. mengarahkan anak menjadi ahli matematika 

A. Salah! Konsep matematika yang benar dan menarik disajkan melalui media dan teknik yang sesuai untuk anak usia dini.
B. Salah! Membantu anak belajar matematika secara alami artinya tidak disajikan secara kaku tetapi melalui kejadian sehari-hari
C. Benar! Jika sejak kecil anak merasa mampu dengan bidang matematika, anak tidak akan takut lagi terhadap bidang studi matematika
D. Salah! Permainan matematika pada anak tidak dimaksudkan untuk mengarahkan anak menjadi ahli matematika


45. Saat bermain matematika, anak dapat diajak untuk menyusun rangkaian warna, bentuk, nada, atau kombinasi gerakan yang berulang. Keterampilan semacam ini disebut ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 11. Permainan matematika di TK Kegiatan Belajar 1. Hakikat Permainan Matematika di TK

 A. mengelompokkan benda 
 B. menyusun pola 
 C. mengurutkan bilangan 
 D. menyortir bentuk 

A. Salah! Mengelompokkan benda adalah menngolong-golongkan kumpulan benda bedasarkan kriteria tertentu
B. Benar! Menyusun pola dapat dilakukan untuk warna, bentuk, nada, maupun gerakan tertentu
C. Salah! Mengurutkan bilangan adalah menyeleksi bilangan dari yang terkecil ke yang terbesar
D. Salah! Menyortir bentuk adalah mengambil suatu benda dari sekumpulan benda yangn beragam berdasar kriteria tertentu


46. Permainan matematika dapat dilakukan dengan cara mengajak anak bermain patah gunung atau bongkar puzzle unit. Kegiatan ini terutama akan mengembangkan aspek ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 11. Permainan matematika di TK Kegiatan Belajar 1. Hakikat Permainan Matematika di TK

 A. kreativitas 
 B. visual 
 C. fisik 
 D. sosial 

A. Salah! Pengembangan kreativitas mengarah pada munculnya gagasan-gagasan baru saat bermain
B. Salah! Pengembangan visual berkaitan dengan kemampuan indera penglihatan
C. Benar! Pengembangan fisik berkaitan dengan motorik halus dan motorik kasar
D. Salah! Pengembangan sosial berkaitan dengan kemampuan anak berinteraksi dengan anak lain


47. Untuk menyiapkan area pasir dan air menjadi tempat yang nyaman dalam bermain matematika bagi anak, maka hal yang perlu dilakukan adalah ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 11. Permainan matematika di TK Kegiatan Belajar 2. Kegiatan Belajar dalam Permainan Matematika

 A. menyiapkan berbagai kostum, perabot rumah tangga dan alat dapur berbagai ukuran 
 B. menyediakan balok berbagai ukuran dan bentuk yang menarik 
 C. menyiapkan cat, kertas, kuas, tanah liat, lilin dan celemek 
 D. menyediakan ember, sekop, baskom, corong, cangkir, dan karton 

A. Salah! Persiapan tersebut lebih sesuai untuk area bermain drama
B. Salah! Persiapan tersebut lebih sesuai untuk area balok
C. Salah! Persiapan tersebut lebih sesuai untyuk area seni
D. Benar! Persiapan tersebut memang sesuai untuk area pasir dan air


48. Siang itu, Bu Neni membawa beberapa ikat lidi dengan panjang yang berbeda-beda. Secara berkelompok, anak-anak diminta menyusun lidi dari yang paling pendek sampai yang paling panjang. Kelompok yang paling cepat dapat menyusun lidi itu dengan benar diberikan hadiah. Permainan matematika yang dilakukan Bu Neni bertujuan mengembangkan konsep ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 11. Permainan matematika di TK Kegiatan Belajar 2. Kegiatan Belajar dalam Permainan Matematika

 A. bilangan ganjil-genap 
 B. pasangan jumlah benda-lambang bilangan 
 C. urutan panjang-pendek 
 D. perbandingan lebih kecil-lebih besar 

A. Salah! Pada contoh tersebut tidak membicarakan tentang bilangan
B. Salah! Pada contoh tersebut tidak membicarakan tentang jumlah benda dengnan lambang bilangan
C. Benar! Contoh tersebut mengajak anak mengurutkan benda dari yangn terpendek sampai yang terpanjang
D. Salah! Pada contoh tersebut tidak membicarakan tentangn perbandingan jumlah/ukuran suatu benda


49. Permainan sains melalui percobaan pada berbagai hewan dan tumbuhan akan dapat mengembangkan sikap menyayangi dan menghargai sesama makhluk. Hal ini berarti permainan sains dapat juga mengembangkan aspek ....

Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 12. Permainan Sains di TK Kegiatan Belajar 1. Pengembangan Sains pada Anak

 A. kognitif 
 B. motorik 
 C. bahasa 
 D. emosional 

A. Salah! Pengembangan kognitif melalui sains antara lain upaya memecahkan masalah, menyelidiki, atau mmprediksi
B. Salah! Pengembangan motorik melalui sains antara lain melalui berbagi kombinasi gerakan anak untuk melakukan percobaan
C. Salah! Pengembangan bahasa melalui sains antara lain melalui penguasaan kosa kata baru yang berkaitan dengan dunia alam
D. Benar! Pengembangan emosional melalui sains dapat dipupuk dengan tumbuhnya rasa saling menyayangi dan menghargai makhluk


50. Anak-anak TK Kenanga akan mengadakan percobaan sederhana tentang air . Bu Nia telah menyiapkan air dalam beberapa wadah, dan media berupa beberapa lembar daun talas, daun pisang, plastik, kain perca, kertas koran, dan kapas. Secara berkelompok, anak diajak untuk mencelupkan satu persatu media tersebut ke dalam air bergantian. Tiap suatu media dicelupkan, anak-anak diminta mengamati apakah media tersebut dapat meresap atau tidak dapat meresap jika terkena air. Setelah itu anak-anak diminta mengelompokkan media tersebut dalam 2 kategori yaitu media yang dapat menyerap air dan media yang tidak dapat menyerap air. Permainan sains di TK ini terutama mengembangkan konsep ...
      
Untuk menjawab soal ini silahkan Anda baca modul 12. Permainan Sains di TK Kegiatan Belajar 2. Penerapan Sains pada Usia TK

 A. membedakan volume air 
 B. menyelidiki kapilaritas 
 C. memprediksi ukuran 
 D. membandingkan benda padat 

A. Salah! Kegiatan tersebut tidak menunjukkan pengembangan konsep membedakan volume air
B. Benar! Kegiatan di atas memang mengembangkan konsep menyelidiki kapilaritas air pada berbagi benda
C. Salah! Kegiatan tersebut tidak menunjukkan pengembangan konsep memprediksi ukuran
D. Salah! Kegiatan tersebut tidak menunjukkan konsep membandingkan 2 benda padat


Artikel Terkait

Previous
Next Post »