1. Manusia dapat mengukuhkan eksistensinya sebagai manusia, oleh sebab itu menurut Aristoteles manusia disebut sebagai makhluk ....
Pelajari kembali modul 1 Kb 1 tentang manusia sebagai makhluk sosial.
A. berbudaya
B. susila
C. beragama
D. sosial
A. salah, karena Aristoteles tidak melihat manusia sebagai makhluk yang berbudaya
B. salah, sebab faktor susila tidak dianggap penting
C. salah, sebab agama dianut oleh manusia setelah mereka ada
D. benar, karena inti dari manusia sebagai makhluk adalah mereka tidak dapat hidup secara sendiri-sendiri
2. Kelahiran manusia mengandung segala kemungkinan, dan ditandai dengan segala kekurangan. Hal ini disebabkan karena perkembangan manusia ....
Pelajari kembali modul 1 KB 2 uraian tentang Hubungan hakekat manusia dengan pendidikan
A. bersifat tertutup
B. berbeda dengan hewan
C. bersifat terbuka
D. memiliki kodrat dengan sebutan animal educandum
A. salah, karena perkembangan manusia bersifat terbuka
B. salah, sebab secara fisik manusia memang berbeda dengan hewan
C. benar, karena perkembangan manusia bersifat terbuka, oleh sebab itu manusia dapat dididik
salah, sebab perbedaan antara manusia dengan hewan cukup banyak
3. Manusia pada dasarnya berpotensi untuk berperilaku baik, dan bisa menjadi manusia ideal, jika ia dididik sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku di masyarakat. Pernyataan tersebut merupakan asas dari ....
Pelajari kembali Modul 1 KB 2 tentang Hubungan hakekat manusia dengan pendidikan
A. potensialitas
B. moralitas
C. dinamika
D. sosialitas
A. salah, sebab asas potensialitas lebih mengutamakan potensi yang ada pada diri setiap manusia
B. benar, sebab asas moralitas mengajarkan bahwa manusia memiliki dimenasi moralitas yang memungkinkan manusia dapat dididik
C. salah, sebab asas dinamika berpendapat bahwa manusia selalu aktif dalam aspek fisiologis maupun spiritualnya
D. salah, sebab asas sosialitas berpendapat bahwa manusia harus selalu hidup secara bersama-sama dengan manusia lainnya
4. Pendidikan merupakan suatu upaya untuk membantu manusia agar mampu hidup sesuai dengan martabat kemanusiaannya. Hal ini karena pendidikan bersifat ....
Pelajari kembali modul 1 KB 3 tentang Pendidikan, martabat, dan hak asasi manusia
A. humanisasi
B. individualitas
C. sosialitas
D. potensialitas
A. benar, sebab tujuan dari humanisasi adalah upaya memanusiakan manusia
B. salah, sebab individualitas merupakan orang perorangan
C. salah, sebab sifat manusia selain bersifat individualitas, mereka juga sebagai makhluk sosial
D. salah, sebab definisi di atas tidak melmperihatkan adanya aspek potensi manusia
5. Alfred adalah siswa kelas IV SD Kertajaya, ayahnya seorang pengusaha kaya, bila kesekolah ia diantar oleh sopir pribadi. Hal ini membuat ia disayang oleh semua guru, padahal kecerdasannya pas-pasan saja. Nandy juga bersekolah di sekolah yang sama, ayahnya seorang pemulung, Nandy seringkali menunggak SPP maupun uang buku, sehingga seringkali ia mendapat skorsing dari sekolah. Hal ini mengakibatkan Nandy menjadi pendiam dan rendah diri, padahal sebenarnya ia adalah anak yang cerdas. Tindakan sekolah yang membeda-bedakan murid karena status ekonominya adalah salah, karena pendidikan itu ....
Pelajari kembali Modul 1, KB 3 tentang pendidikan, martabat, dan hak asasi manusia
A. merupakan martabat orang perorang
B. hanya boleh diikuti oleh orang yang memupunyai uang
C. hak asasi manusia
D. pendidikan dapat membentuk kepribadian manusia menjadi baik
A. salah, sebab pendidikan itu bukan martabat seseorang, namun pendidikan dapat mengangkat martabat seseorang
B. salah, sebab pendidikan boleh diikuti oleh siapa saja, tidak ada batasan untuk mengikuti pendidikan
C. benar, sebab pendidikan merupakan hak asasi setiap orang, oleh sebab itu tidak ada batasan untuk mengikuti pendidikan
D. salah, sebab pendidikan bukan satu-satunya sarana yang dapat merubah kepribadian seseorang
6. Landasan pendidikan jenis ini memiliki asumsi yang bersumber pada disiplin ilmu sebagai titik tolaknya. Landasan pendidikan yang dimaksud adalah ....
Pelajari kembali Modul 2 KB 1 Landasan Yuridis pendidikan dan landasan filosofis pendidikan
A. religius pendidikan
B. ilmiah pendidikan
C. filosofis pendidikan
D. yuridis dan hukum pendidikan
A. salah, sebab asumsi religius pendidikan bersumber dari agama sebagai titik tolak praktek pendidikan
B. benar, sebab asumsi landasan ilmiah pendidikan bersumber dari berbagai disiplin ilmu sebagai titik tolak pendidikan
C. salah, sebab asumsi filisofis pendidikan bersumber dari filsafat sebagai titik tolak praktek pendidikan
D. salah, sebab asumsi yuridis atau hukum pendidikan bersumber dari aturan dan perundang-undangan yang berlaku sebagai titik tolak pendidikan
7. Yang bukan merupakan landasan yuridis pendidikan di bawah ini adalah ....
Pelajari kembali Modul 1 KB 1 Landasan yuridis pendidikan dan landasan filosofis pendidikan
A. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 42 Tahun 2006
B. Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945
C. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003
D. Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1990
A. benar, sebab Peraturan Menteri RI Nomor 42 Tahun 2006 merupakan landasan yuridis pendidikan di Indonesia
B. salah, sebab hanya Batang Tubuh UUD RI 1945 yang dijadikan landasan yuridis pendidikan Indonesia
C. salah, sebab UU RI Nomor 20 Tahun 2003 mengatur tentang Sistem Pendidikan Nasional
D. salah, sebab PP Nomor 28 Tahun 1990 mengatur tentang Pendidikan Dasar
8. Landasan Pendidikan Nasional adalah Pancasila, oleh sebab itu semuanya dimulai dengan asumsi-asumsi metafisika, epistemologi, dan aksiologi Pancasila, serta diikuti dengan uraian implikasinya terhadap pendidikan. Pernyataan di atas merupakan landasan ....
Pelajari kembali Modul 1 KB 1 Landasan Yuridis pendidikan dan landasan filosofis pendidikan
A. mental spiritual
B. filosofis
C. yuridis pendidikan
D. moral dan agama
A. salah, sebab berbagai asumsi di atas tidak ada kaitannya dengan mental spiritual
B. benar, sebab landasan mental spiritual dimulai dengan berbagai asumsi di atas
C. salah, sebab landasan yuridis pendidikan bersumber kepada UUD 1945, UU, PP, atau yang lainnya yang masih berlaku disuatu tempat
D. salah, sebab landasan moral agama adalah ajaran-ajaran agama dan kitab suci masing-masing agama
9. Idris Sardi adalah pemain biola terkenal di Indonesia, tetapi kepiawaiannya bermain biola tidak satupun yang menurun kepada anak-anaknya. Salah satu penyebabnya adalah tidak satupun anak-anak Idris Sardi yang memiliki bakat bermain musik. Contoh di atas merupakan pendapat dari aliran pendidikan menurut ....
Pelajari kembali modul 1 KB 2 Landasan pendidikan
A. Nativisme
B. Empirisme
C. Konvergensi
D. Behaviour
A. benar, sebab menurut aliran Nativisme faktor bawaan dan bakat adalah faktor yang paling dominan yang dimiliki seseorang
B. salah, sebab Empirisme memandang faktor lingkungan dan pendidikanlah yang paling penting dan paling berpengaruh pada diri seseorang
C. salah, sebab Konvergensi memandang bahwa faktor keturunan, bawaan, bakat, pendidikan, dan lingkungan, sama-sama berpengaruh terhadap seseorang
D. salah, sebab menurut aliran Behaviour perubahan tingkah laku seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor
10. Pranata sosial adalah sebagai suatu sistem peran dan norma sosial yang saling berhubungan dan terorganisasi disekitar pemenuhan kebutuhan atau fungsi sosial yang penting. Pernyataan di atas dikemukakan oleh ....
Pelajari kembali Modul 1 KB 2 Landasan ilmiah pendidikan
A. Peter L. Berger
B. Komblum
C. Theodorson. G.A
D. Piaget
A. salah, sebab Peter L. Berger mendefinisikan tentang pengendalian sosial
B. salah, sebab Komblum mendefinisikan struktur sosial yaitu hubungan individu/kelompok secara berulang-ulang
C. benar, sebab definisi di atas dikemukakan oleh Theodorson G.A
D. salah, sebab Piaget membahas tentang perkembangan anak dari usia 0 - 21 tahun
11. Landasannya merupakan seperangkat asumsi yang bersumber dari hasil studi dan disiplin ilmu yang dijadikan titik tolak dalam rangka praktek pendidikan. Pernyataan tersebut merupakan landasan dari ....
Pelajari kembali Modul 1 KB 2 Landasan ilmiah pendidikan
A. psikologi
B. sosiologi
C. antropologi
D. pedagogik
A. salah, sebab psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia
B. salah, sebab sosiologi adalah ilmu yang mengkaji tentang hubungan manusia satu dengan manusia lain, baik secara individu maupun kelompok
C. benar, sebab definisi di atas merupakan bidang kajian Antropologi
D. salah, sebab pedagogik adalah ilmu yang mempelajari tentang berbagai ilmu pendidikan/ilmu mendidik
12. Manakah pernyataan di bawah yang merupakan landasan historis pendidikan Indonesia ....
Pelajari kembali Modul 1 KB 2 Landasan ilmiah pendidikan
A. zaman pengaruh Spanyol dan Portugis
B. Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945
C. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003
D. Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1990
A. benar, sebab zaman pengaruh Spanyol dan Portugis merupakan landasan historis pendidikan di Indonesia
B. salah, sebab UUD RI Tahun 1945 merupakan landasan yuridis pendidikan Indonesia
C. salah, sebab UU RI Nomor 20 Tahun 2003 mengatur tentang Sistem Pendidikan Nasional
D. salah, sebab PP Nomor 28 Tahun 1990 mengatur tentang Pendidikan Dasar
13. Maju mundurnya ekonomi suatu negara terletak pada maju atau tidaknya pendidikan di negara tersebut, hal ini membuktikan bahwa pendidikan merupakan salah satu landasan ekonomi dan memandang pendidikan sebagai ....
Pelajari kembali Modul 1 KB 2 Landasan ilmiah pendidikan
A. ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani
B. Human invesment
C. deviant behaviour
D. pranata sosial
A. salah, sebab pernyataan di atas mengemukakan tentang bagaimana peranan guru di Indonesia
B. benar, sebab dengan pendidikan menyebabkan seseorang menjadi pandai dan ini merupakan sebuah investasi
C. salah, sebab deviant behaviour merupakan penyimpangan tingkah laku
D. salah, sebab pranata sosial merupakan sistem/peran dan norma sosial yang saling berhubungan dan terorganisasi
14. Pak Masjuki dan Istri adalah seorang guru, gaji bulanannya hanya pas-pasan untuk membiayai pendidikan anak-anaknya yang empat orang itu, namun semua anaknya bersekolah di sekolah negeri sampai kuliahnyapun demikian. Sekarang kedua anak tertuanya sudah bergelar master dan sudah bekerja pada kantor pemerintah. Anak ketiganyapun telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri terkenal. Keberhasilan keluarga pak Masjuki disebabkan oleh ....
Pelajari kembali Modul 3 KB 1 Lingkungan pendidikan Tripusat pendidikan: Keluarga, sekolah dan masyarakat
A. mereka berasal dari keluarga guru yang hidupnya pas-pasan
B. anak-anaknya menjadi pintar karena semuanya bersekolah di sekolah negeri
C. dibiayai dengan uang yang diperoleh secara halal
D. semua anak-anaknya dididik secara prihatin dan secara kebetulan mereka memiliki kecerdasan di atas rata-rata
A. salah, sebab tidak semua keluarga guru yang hidupnya pas-pasan mempunyai anak-anak yang pandai
B. salah, sebab belajar di sekolah negeri bukan jaminan anak akan menjadi pandai
C. salah, sebab sumber biaya bukan penyebab anak menjadi pandai
D. benar, sebab anak yang dididik secara prihatin, dan memiliki kecerdasan di atas rata-rata akan cepat menjadi pandai
15. Bentuk keluarga dibedakan atas keluarga patriarhat, keluarga matrilineal, keluarga patrilineal, dan keluarga equaliterian. Semua bentuk keluarga tersebut dibedakan berdasarkan ....
Pelajari kembali Modul 3 KB 1 Lingkungan pendidikan Tripusat pendidikan: Keluarga, sekolah dan masyarakat
A. garis keturunan
B. pemegang kekuasaan
C. bentuk perkawinan
D. keutuhan keluarga
A. salah, sebab berdasarkan garis keturunannya, keluarga dibedakan dalam tiga bentuk yaitu patrilineal, matrilineal, dan bilateral
B. benar, sebab berdasarkan pembagiannya, pemegang kekuasaan dibagi seperti tersebut di atas
C. salah, sebab dari bentuk perkawinan, keluarga dibagi menjadi keluarga poligami, monogami, dan poliandri
D. salah, sebab berdasarkan keutuhannya, keluarga dibedakan atas keluarga utuh, keluarga bercerai, dan keluarga pecah semu
16. Secara umum, tujuannya adalah memberikan bekal kemampuan kepada peserta didik dalam mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga negara, dan sebagai makhluk Tuhan. Tujuan yang dimaksud adalah tujuan dari ....
Pelajari kembali Modul 3 KB 1 Lingkungan pendidikan ripusat: Keluarga, sekolah dan masyarakat
A. instruksional umum
B. instruksional khusus
C. pendidikan nasional
D. pendidikan sekolah
A. salah, sebab TIU merupakan tujuan yang ingin dicapai secara umum
B. salah, sebab TIK adalah tujuan operasional pembelajaran secara khusus
C. salah, Tujuan Pendidikan Nasional adalah membentuk manusia Indonesia berpancasila, berkepribadian, dan bertaqwa kepada Tuhan YME
D. benar, sebab tujuan pendidikan sekolah adalah seperti tersebut di atas
17. Pilihlah contoh pendidikan nonformal di bawah ini yang penyelenggaraannya dilakukan secara tidak terstruktur dan tidak berjenjang, tetapi pelaksanaanya membutuhkan waktu yang cukup lama ....
Pelajari kembali Modul 3 KB 1 Lingkungan pendidikan Tripusat: Keluarga, sekolah dan masyarakat
A. kursus bahasa Inggris
B. kejar Paket A dan Paket B
C. secara rutin memanggil ahli agama kerumah untuk memberi ceramah tentang agama kepada anak-anak dan keluarga
D. kursus komputer dan perbengkelan
A. salah, sebab kursus bahasa Inggris selalu dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang
B. salah, sebab kejar Paket A dan B dilaksanakan seperti pendidikan yang dilaksanakan di sekolah pada umumnya
C. benar, memanggil guru agama kerumah untuk berceramah, umumnya tidak dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang
D. salah, sebab kursus komputer dan perbengkelan dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang
18. Sekolah yang baik dan unggul adalah sekolah yang ditandai oleh banyaknya lulusan/alumni yang diterima jika mendaftar di sekolah/di perguruan tinggi negeri (khususnya), maupun akan melamar pekerjaan. Contoh di atas diakibatkan oleh faktor-faktor yang paling dominan. Pilihlah faktor yang dimaksud di bawah ini ....
Pelajari kembali Modul 3 KB 1 Lingkungan pendidikan Tripusat: Keluarga, sekolah dan masyarakat
A. guru, siswa dan orang tua murid saling mencari kepandaian secara sendiri-sendiri
B. kompetensi mengajar guru sangat baik, tetapi jarang mengajar karena disibukkan oleh tugas tambahannya sebagai wakil kepala sekolah
C. baik guru, siswa, dan orang tua murid memiliki kesadaran untuk bisa maju secara bersama-sama
D. siswa memiliki kompetensi belajar yang sangat baik, tetapi tidak pernah diperhatikan oleh orang tua maupun sekolah
A. salah, sebab mencari kepandaian secara sendiri-sendiri belum tentu siswa akan memperoleh hasil yang maksimal
B. salah, sebab kesibukan guru di luar jam mengajar, mengakibatkan pelajaran yang diperoleh dari guru tersebut tidak maksimal
C. benar, sebab jika kesadaran untuk maju sudah tumbuh secara bersama-sama, maka tujuan pembelajaran akan mudah dicapai
D. salah, sebab jika kompetensi siswa tidak mendapatkan perhatian dari orang tua dan guru, akan mengakibatkan siawa menjadi frustasi
19. Menurut Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, bahwa kaum pendidik hanya dapat menuntun tumbuh dan hidupnya kekuatan-kekuatan lahir batin agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kodrat alam. Dari pernyataan di atas, implikasinya bagi guru adalah ....
Pelajari kembali Modul 3 KB 2 Pendidikan merupakan suatu proses
A. semua sarana, materi pendidikan, dan cara-cara mendidik harus dipilih sesuai dengan hakikat peserta didik
B. semua guru harus menguasai berbagai kompetensi mengajar
C. kurikulum harus dikembangkan dengan memperhatikan faktor perkembangan peserta didik
D. media pembelajaran yang digunakan guru harus tepat dan sesuai dengan jenjang pendidikan siswa
A. benar, sebab hakikat peserta didik harus disesuaikan dengan semua hal yang berkaitan dengan pendidikannya
B. salah, sebab kompetensi mengajar guru yang bagus, bukan implikasi pernyataan di atas
C. salah, sebab kurikulum itu hanya salah satu bagian yang digunakan dalam proses pendidikan
D. salah, sebab media hanya merupakan satu bagian dari sarana pendidikan yang dimaksud
20. Tidak semua pergaulan maupun pengaruh orang dewasa kepada seorang anak disebut perbuatan mendidik. Ada kriteria/karakteristik khusus untuk bisa dikatakan perbuatan mendidik, yaitu ....
Pelajari kembali Modul 3 KB 2 Pendidikan merupakan suatu proses
A. pengaruh harus diciptakan oleh orang dewasa dengan tujuan untuk menciptakan kedewasaan anak
B. harus ada undang-undang tersendiri yang mengatur hubungan dan pergaulan tersebut
C. ada sarana dan prasarana sebagai media pergaulan antara anak dan orang dewasa
D. memiliki waktu khusus seperti layaknya jam belajar di sekolah
A. benar, sebab menurut Langeveld, salah satu karakteristik yang mengandung pendidikan adalah seperti tersebut di atas
B. salah, sebab hubungan dan pergaulan dengan sesama manusia tidak perlu menggunakan undang-undang
C. salah, sebab pergaulan yang mengandung pendidikan tidak harus memiliki sarana dan media
D. salah, sebab pergaulan yang mengandung pendidikan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja
21. Pak Bonar adalah guru yang terkenal sangat galak, ia suka memukul siswa yang dianggap bersalah, para siswa menjadi takut tetapi hormat kepadanya. Berbeda dengan pak Ali yang guru Agama. Ia pendiam, penyabar, sangat teliti dan murah senyum, anak-anak menjadi segan dan hormat kepadanya. Adakah perbedaan rasa hormat siswa kepada kedua orang guru di atas? jika ada apa penyebabnya?
Pelajari kembali Modul 3 KB 2 Pendidikan merupakan suatu proses
A. pak Bonar dihormati siswa karena kegalakannya, dan pak Ali dihormati karena pendiamnya
B. pak Bonar dihormati siswa karena ia guru matematika, pak Ali dihormati siswa karena ia guru agama
C. dengan pak Bonar anak menjadi takut melakukan kesalahan, tetapi dengan pak Ali anak menjadi acuh tak acuh dan masa bodoh
D. guru yang dihormati siswa karena wibawanya adalah guru yang memperhatikan dan menyayangi siswanya
A. salah, sebab rasa hormat anak kepada pak Bonar karena ada unsur takut, sementara dengan pak Ali karena mereka segan
B. salah, sebab seharusnya rasa hormat anak kepada guru, tidak dibeda-bedakan dengan bidang studi yang diajarkannya
C. salah, rasa takut untuk berbuat kesalahan harus tumbuh menjadi kesadaran diri bukan karena terpaksa
D. benar, sebab guru yang berwibawa dan menyayangi mereka akan menumbuhkan rasa segan dan hormat dengan sendirinya
22. Pendidikan dianggap mampu mengubah terutama dalam hal membina kebudayaan baru yang memungkinkan dapat menyelamatkan manusia dimasa depan yang semakin komplek, apalagi di era globalisasi sekarang ini. Pandangan ini dikemukakan oleh aliran ....
Pelajari kembali Modul 4 KB 1 Progresivisme dan Esensialisme
A. Behavior
B. Progresivisme
C. Humanisme
D. Psikologi kognitif
A. salah, sebab behavior memandang tingkah laku yang baik adalah akibat adanya aksi, dan reaksi organisme terhadap lingkungannya
B. salah, Progresivisme merupakan gerakan yang dilandasi oleh filsafat tertentu dan menentang sekolah atau pendidikan yang tradisional
C. benar, sebab pandangan humanisme terhadap pendidikan seperti tersebut di atas
D. salah, aliran ini menganggap guru perlu untuk menekankan pemahaman hubungan pengorganisasian dan kebulatan dalam belajar
23. Menurut Mohammad Noor Syam bahwa pengalaman manusia mempunyai empat karakteristik, yaitu spasial, temporal, dinamis, dan pluralistis. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengalaman itu adalah pluralistis? Pengalaman itu ....
Pelajari kembali Modul 4 KB 1 Progresivisme dan Essensialisme
A. terjadi dimana saja dalam kehidupan manusia
B. baik alam, kebudayaan, dan pengalaman selalu berkembang setiap saat
C. hidup, dan menuntut adaptasi dan readaptasi dalam semua perubahan yang terjadi secara terus menerus
D. terjadi selama adanya hubungan dan interaksi dan selama individu terlibat pergaulan
A. salah, sebab rumusan butir A merupakan uraian dari spasial
B. salah, sebab rumusan butir B merupakan uraian dari temporal
C. salah, sebab rumusan butir C merupakan uraian dari dinamis
D. benar, sebab pluralistis membicarakan tentang pentingnya hubungan yang dapat menimbulkan pengalaman
24. Pendidikan bertugas memberikan pengetahuan tentang nilai-nilai kebenaran yang pasti, absolut, dan abadi yang ada pada kebudayaan masa lampau, dan dipandang sebagai kebudayaan yang ideal. Pandangan tentang pendidikan tersebut, dikemukakan oleh ....
Pelajari kembali Modul 4 KB 2 uraian tentang Perenialisme dan Kontruktivisme
A. Behaviorisme
B. perenialisme
C. Nativisme
D. Konvergensi
A. salah, sebab behaviorisme adalah aliran yang memandang bahwa perubahan tingkah laku dalam belajar yang terpenting
B. betul, sebab pendidikan menurutnya adalah nilai-nilai kebenaran yang pasti, absolut dan abadi
C. salah, sebab nativisme adalah aliran yang berpandangan bahwa hereditas adalah faktor yang paling penting bagi pertumbuhan manusia
D. salah, sebab konvergensi adalah aliran yang berpandangan bahwa faktor hereditas, lingkungan dan pendidikan, sama-sama pentingnya bagi manusia
25. Aliran ini berimplikasi terhadap pendidikan, khususnya bidang sains dan matematika. Aliran ini merupakan aliran filsafat yang tema utamanya berkaitan dengan hakikat pengetahuan. Aliran yang dimaksud adalah ....
Pelajari kembali Modul 4 KB 2 uraian tentang Perenialisme dan Kontruktivisme
A. Perenialisme
B. Progresivisme
C. Kontruktivisme
D. Esensialisme
A. salah, sebab perenialisme adalah aliran yang percaya pada nilai-nilai dan norma-norma yang abadi dalam kehidupan
B. salah, sebab aliran ini merupakan gerakan pendidikan yang dilakukan oleh suatu perkumpulan yang dilandasai oleh filsafat tertentu
C. benar, sebab aliran ini berimplikasi pada dunia pendidikan yang berlandaskan norma dan nilai-nilai yang abadi
D. salah, sebab esensialisme merupakan aliran yang berusaha mencari dan mempertahankan hal-hal yang esensial
26. Pada masa ini pendidikan dianggap sebagai hak semua orang, oleh sebab itu pendidikan bersifat demokratis, dan tidak otokratis. Pendidikan pada masa ini tidak mengenal kurikulum, kalaupun ada kurikulumnya tidak tertulis. Situasi pendidikan seperti ini terdapat pada zaman kerajaan ....
Pelajari kembali Modul 5 KB 1 uraian tentang kondisi pendidikan di Indonesia
A. Hindu - Budha
B. Islam
C. Pengaruh Portugis dan Spanyol
D. Kolonial Belanda
A. salah, pendidikan pada masa ini masih bersifat aristokratis, pendidikan ditujukan hanya kepada anak-anak Brahmana dan Kesatrya saja
B. benar, sebab pendidikan pada masa Islam tidak membeda-bedakan peserta didiknya
C. salah, sebab pendidikan pada masa ini lebih menekankan kepada penyebaran agama Katolik
D. salah, sebab awal misi pendidikan zaman ini adalah misi keagamaan (penyebaran agama Protestan)
27. Selain jiwa UUD 1945 yang dijadikan landasan konstitusi pendidikan pada periode awal kemerdekaan (1945 - 1950), terdapat Undang-Undang lain yang digunakan, yaitu ....
Pelajari kembali Modul 5 KB 1 uraian tentang kondisi pendidikan di Indonesia
A. UUD RIS Tahun 1950
B. UU Nomor 7 Tahun 1950
C. UU RI Nomor 12 Tahun 1954
D. UU RI Nomor 4 Tahun 1950 de fakto
A. salah, sebab UUD ini tidak pernah digunakan sebagai landasan pendidikan di Indonesia
B. salah, sebab UU ini digunakan sebagai pengganti UUD RIS dan UU sementara RI
C. salah, sebab UU ini adalah UU terbaru yang digunakan setelah tahun 1954
D. benar, sebab UU ini digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan di Indonesia
28. Salah satu kendala yang dihadapi dalam rangka meningkatkan kinerja dan mutu pendidikan nasional adalah ....
Pelajari kembali Modul 5 KB 1 Uraian tentang kondisi pendidikan di Indonesia
A. masih rendahnya relevansi pendidikan
B. terbatasnya jumlah guru yang bermutu
C. masih tingginya angka putus sekolah yang merupakan bagian dari tantangan
D. kurangnya peranan dunia usaha dalam pendidikan nasional
A. salah, sebab rendahnya relevansi pendidikan merupakan bagian dari tantangan
B. benar, sebab terbatasnya jumlah guru yang berkualitas merupakan kendala yang belum dapat dipenuhi oleh pemerintah
C. salah, sebab tingginya angka putus sekolah merupakan bagian dari tantangan
D. salah, sebab kurangnya peran dunia usaha dalam pendidikan nasional merupakan bagian dari tantangan
29. Pada awal berdirinya lembaga pendidikan ini memiliki tujuh asas pendidikan, kemudian sesudah proklamasi kemerdekaan, asasnya dirubah menjadi Panca Darma. Lembaga pendidikan yang dimaksud adalah ....
Pelajari kembali Modul 5 KB 2 uraian tentang Aliran pendidikan di Indonesia
A. Taman Siswa
B. Muhamadiyah
C. Institut Nasional Syafei (INS) Kayu Tanam
D. Pesanteren Tebu Ireng
A. benar, sebab Taman Siswa pernah dua kali memiliki asas pendidikan, yaitu asas Taman Siswa 1922 dan Panca Darma
B. Salah, sebab Muhamadiyah merupakan salah satu organisasi yang memiliki asas agama Islam
C. Salah, sebab INS memiliki asas lebih kepada latihan skill
D. Salah, sebab Pesantern Tebu Ireng berasaskan agama Islam
30. Salah satu karakteristik kebudayaan adalah seperti di bawah ini ....
Pelajari kembali Modul 6 KB 1 uraian tentang Kebudayaan, kepribadian dan pendidikan
A. sistem religi dan upacara keagamaan
B. keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia
C. sebagai suatu komplek aktivitas kelakuan berpola dari manusia
D. stabil dan berubah
A. salah, sebab sistem religi dan upacara keagamaan merupakan unsur-unsur universal kebudayaan
B. salah, sebab keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia, merupakan definisi kebudayaan
C. salah, sebab suatu komplek aktivitas kelakuan berpola dari manusia merupakan wujud kebudayaan
D. benar, sebab merupakan salah satu karakteristik kebudayaan
31. Suatu proses dimana seseorang individu menyerap melalui cara berfikir, bertindak, dan merasa, yang mencerminkan kebudayaannya. Pernyataan tersebut merupakan definisi dari kebudayaan sebagai ....
Pelajari kembali Modul 6 KB 1 uraian tentang kebudayaan, kepribadian, dan pendidikan
A. pranata kebudayaan
B. hubungan kebudayaan dan pendidikan
C. Pendidikan sebagai proses enkulturasi
D. pendidikan sebagai stabilitas dan perubahan kebudayaan
A. salah sebab pranata kebudayaan merupakan uraian dari kebudayaan dan pendidikan
B. salah, sebab hubungan kebudayaan dan pendidikan merupakan uraian dari kebudayaan dan pendidikan
C. betul, sebab pernyataan di atas merupakan definisi dari pendidikan sebagai proses enkulturasi
D. salah, sebab pendidikan sebagai stabilitas dan perubahan kebudayaan meruapakan uraian dari kebudayaan dan pendidikan
32. Kelakuan berpola dari manusia dalam kebudayaannya yang mengacu kepada sistem ide, nilai-nilai, gagasan, norma-norma, peraturan, dan sebagainya. Pernyataan di atas merupakan definisi dari ....
Pelajari kembali modul 6 KB 1 uraian tentang kebudayaan, kepribadian, dan pendidikan
A. pranata kebudayaan
B. pendidikan sebagai ekulturasi
C. hubungan kebudayaan dan pendidikan
D. kepribadian dan kepribadian bangsa
A. benar, merupakan definisi dari pranata kebudayaan
B. salah, sebab enkulturasi meruapakan faktor yang mempengaruhi kebudayaan manusia
C. salah, sebab di dalam hubungan antara kebudayaan dan pendidikan terdapat hubungan komplementer
D. salah, sebab kepribadian dan kepribadian bangsa meruapakan bagian dari kebudayaan dan kepribadian
33. Ras ini memiliki karakteristik antara lain: kulit agak kuning, rambut lurus, tinggi badan kurang lebih satu setengah meter, dan bentuk kepala pendek. Ras yang dimaksud adalah ras ....
Pelajari kembali modul 6 KB 2 uraian tentang karakteristik dan kemajemukan sosial budayan Indonesia
A. Melayu
B. Vedoid (Wedda)
C. Negroid (Negrito)
D. Mongoloid
A. salah, sebab ras Melayu terbagi menjadi dua bagian, yaitu proto melayu, dan deutoro melayu
B. salah, sebab ras Vedoid memiliki karakteristik sama dengan ras Mongoloid
C. salah, ras Negroid memiliki karakteristik sama dengan ras Mongoloid
D. benar, sebab ras Mongoloid memiliki ciri-ciri seperti tersebut di atas
34. Salah satu karakteristik lingkungan fisik manusia (masyarakat) di Indonesia adalah ....
Pelajari kembali modul 6 KB 2 uraian tentang karakteristik dan kemajemukan sosial budaya Indonesia
A. terdiri dari lingkungan pendidikan, dan lingkungan pergaulan
B. terletak diantara dua benua dan dua samudera
C. lingkungan sosial
D. terdiri dari RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan
A. salah, sebab lingkungan pendidikan dan pergaulan bukan merupakan lingkungan fisik manusia
B. benar, sebab lingkungan fisik manusia Indonesia terletak diantara dua benua dan dua samudera
C. salah, sebab lingkungan sosial bukan merupakan lingkungan fisik manusia
D. salah, sebab RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan merupakan sistem kemasyarakatan
35. Setiap wilayah yang ada di Indonesia umumnya memiliki adat istiadat, dan setiap adat memiliki pemimpin masyarakat. Berilah contoh bentuk kepemimpinan tertinggi terhadap sistem kemayarakatan pada kepulauan Sawu, Sumba, dan Alor
Pelajari kembali modul 6 KB 2 uraian tentang karakteristik dan kemajemukan sosial budaya Indonesia
A. Wanua dipimpin oleh Karaeng dan dibantu oleh Sulewatang
B. Keuchi dibantu oleh teungku sebagai pimpinan agama dan orang-orang tua sebagai wakil penduduk
C. pimpinan berada ditangan dua orang kepala suku yang disebut duae maramba, dan duae kepu, deorai, atau mangun tanah
D. Huta atau penghulu yang dipilih oleh marga namora-mora. Dalam tugasnya dibantu oleh senina
A. salah, sebab Wanua merupakan bentuk kepemimpinan tertinggi yang ada pada masyarakat Makasar
B. salah, sebab keuchi merupakan bentuk kepemimpinan tertinggi yang ada pada masyarakat Aceh
C. betul, sebab kepemimpinan pada masyarakat kepulauan Sawu, Sumba, dan Alor bentuk kepemimpinannya seperti di atas
D. salah, sebab huta atau penghulu merupakan bentuk kepemimpinan tertinggi yang ada pada masyarakat Batak
36. Karakteristik manusia Indonesia terhadap pendidikan harus berakar pada nilai-nilai agama dan kebudayaan nasional, oleh sebab itu implikasi pendidikan nasional harus dikembangkan dengan berakar kepada ....
Pelajari kembali modul 6 KB 3 uraian tentang karakteristik dan kemajemukan sosial budaya Indonesia
A. nilai-nilai pendidikan dan pergaulan
B. nilai-nilai agama dan kebudayaan bangsa
C. UU RI No 20 Tahun 2003
D. Pembukaan UUD 1945
A. salah, sebab nilai-nilai pendidikan dan pergaulan bukan akar implikasi pendidikan nasional
B.benar, sebab nilai-nilai agama dan kebudayaan bangsa merupakan akar implikasi pendidikan nasional
C. salah, sebab UU RI No 20 Tahun 2003 mengatur tentang Sistem Pendidikan Nasional
D. salah, sebab Pembukaan UUD 1945 merupakan landasan pendidikan nasional
37. Implikasi dari kebijakan dalam pengelolaan pendidikan nasional yang bersifat dekonsentrasi, namun dapat berlangsung secara efisien dan efektif diatur dalam sistem pendidikan nasional sebagai berikut ....
Pelajari kembali modul 6 KB 3 uraian tentang karakteristik dan kemajemukan sosial budaya Indonesia
A. Undang-Undang RI NO 14 Tahun 2005
B. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 Tahun 2005
C. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003
D. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun 2007
A. salah, sebab PP RI No 14 Tahun 2005 mengatur tentang guru dan dosen
B. salah, sebab PP RI No 19 Th 2005 mengatur tentang Standar Nasional Pendidikan
C. benar, UU RI No 23 Th 2003 mengatur tentang Sistem Pendidikan Nasional
D. salah, sebab Peraturan Menteri Pendidikan No 16, tahun 2007 mengatur tentang Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
38. Kepribadian bangsa Indonesia bukanlah kepribadian keseluruhan, tetapi juga mencerminkan ciri-ciri suku bangsa, keagamaan, dan lain-lain. Oleh sebab itu implikasi dari pengembangan kurikulum dan menjadi syarat yang tidak boleh ditinggalkan adalah bahwa kurikulum harus ....
Pelajari kembali modul 6 KB 3 uraian tentang karakteristik dan kemajemukan sosial budaya Indonesia
A. berbasis kepada kompetensi dan berpusat kepada siswa
B. memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan siswa sesuai dengan usia mereka masing-masing
C. berjenjang dari tingkat SD, SLTP, maupun SLTA
D. bersifat nasional dan bermuatan lokal
A. salah, sebab Kurikulum Berbasis Kurikulum (KBK) merupakan kurikulum yang terbit tahun 2004 dan berbasis pada kompetensi siswa
B. salah, sebab pertumbuhan dan perkembangan siswa merupakan syarat pengembangan kurikulum bukan implikasinya
C. salah, sebab jenjang pendidikan merupakan bentuk kurikulum berdasarkan tingkatan kelas dan sekolah
D. benar, sebab implikasi dari pengembangan kurikulum adalah bahwa pengembangan kurikulum harus bersifat nasional bermuatan lokal
39. Gerakan wajib belajar (wajar) 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah pada tanggal 2 Mei 1984, mempunyai implikasi terhadap karakteristik sosial budaya Indonesia, diantaranya adalah ....
Pelajari kembali modul 6 KB 3 uraian tentang karakteristik dan kemajemukan sosial budaya Indonesia
A. meningkatnya standar nasional mutu pendidikan
B. terbinanya kepribadian bangsa Indonesia
C. keragaman lingkungan fisik masyarakat Indonesia yang sebagian besar berada di pedesaan terpencil dan terisolasi
D. relevansi pendidikan secara lokal sesuai dengan keadaan lingkungan dan sosial budaya daerah
A. salah, sebab meningkatnya standar nasional mutu pendidikan adalah isi dari tantangan dari lingkungan fisik dan sosial budaya
B. salah, sebab terbinanya kepribadian bangsa Indonesia adalah isi dari tantangan dari lingkungan fisik dan sosial budaya
C. benar, sebab keragaman lingkungan fisik masyarakat Indonesia adalah aspek yang ditinjau dari karakteristik antropologi
D. salah, sebab relevansi pendidikan secara lokal adalah isi dari tantangan dari lingkungan fisik dan sosial budaya
40. Ibu Kamal sudah dua tahun ditinggal suaminya karena kecelakaan lalu lintas, ia mempunyai empat orang anak yang semuanya masih bersekolah, ada yang di SMA, di SMP, di SD, dan di TK, berhubung tidak ada lagi yang membiayai, semuanya berhenti sekolah. Untunglah ia mempunyai tetangga yang kaya dan dermawan dan mau membantu membiayai anak-anak ibu Kamal sehingga mereka bisa sekolah kembali. Tindakan tetangga yang dimaksud disebut ....
Pelajari kembali modul 6 KB 3 uraian tentang karakteristik dan kemajemukan sosial budaya Indonesia
A. orang tua asuh
B. orang tua angkat
C. calon ayah anak-anak Ibu Kamal
D. relawan dan dermawan
A. benar, sebab orang tua asuh adalah orang yang rela membantu anak fakir miskin untuk membiayai sekolahnya
B. salah, sebab orang tua angkat belum tentu mau membiayai sekolah anak-anak angkatnya
C. salah, sebab tindakan tetangga ibu Kamal dilakukan tanpa pamrih dan tanpa mengharapkan akan mengawini ibu Kamal
D. salah, sebab relawan dan dermawan bisa membantu siapa saja dan untuk keperluan apa saja, tidak harus untuk biaya pendidikan saja
41. Di kelas Anda memiliki siswa yang sangat nakal, dia sering mengganggu teman-temannya, prestasi belajarnyapun kurang begitu bagus, sebenarnya sekolah ingin mengelurkan anak tersebut tetapi tidak mampu karena orang tuanya termasuk orang yang berpengaruh terhadap kelangsungan sekolah tersebut. Jika Anda menjadi guru kelas dari anak tersebut, tindakan apa yang akan Anda ambil?
Pelajari kembali modul 6 KB 3 uraian tentang karakteristik dan kemajemukan sosial budaya Indonesia
A. tetap bertekad akan mengeluarkan anak tersebut
B. tetap mengajar dengan sebaik-baiknya dan masa bodoh dengan siswa tersebut
C. melakukan pendekatan persuasif dan kekeluargaan kepada orang tua siswa dan menjelaskan keadaan yang sebenarnya tentang anaknya dengan bukti-bukti yang dapat dimengerti mereka
D. melakukan pendekatan dengan orang tua siswa dengan harapan mendapatkan imbalan dari mereka
A. salah, sebab tindakan seperti itu akan memperburuk keadaan yang bisa jadi akan merugikan diri sendiri
B. salah, sebab perhatian guru terhadap siswa merupakan faktor utama dalam menunjang proses keberhasilan pembelajaran guru
C. benar, sebab pendekatan yang baik oleh guru diharapkan dapat menyadarkan orang tua terhadap anaknya selama di sekolah
D. salah, sebab tindakan guru seperti itu bukan tindakan seorang guru yang memiliki kode etik dan nama baik seorang guru
42. Sebuah hukum atau teori dikatakan benar apabila evidensi sesuai dalam mendukung skema induktif. Pernyataan tersebut merupakan penjelasan tindaklanjut dari sebuah pembuktian tentang ....
Pelajari kembali modul 7 KB 1 uraian tentang spek-aspek penyebab perubahan sosial
A. penyelidikan ilmiah
B. metode induksi - deduksi
C. proses originasi
D. hukum difusi
A. benar, sebab tindaklanjut dari penyelidikan ilmiah adalah pembuktian tentang penyelidikan ilmiah
B. salah, sebab metode ini digunakan oleh Aristoteles untuk menerangkan tentang dalil atau premis tertentu
C. salah, sebab originasi merupakan proses perubahan melalui penemuan elemen-elemen baru
D. salah, sebab difusi merupakan peminjaman elemen budaya baru dari kebudayaan lain
43. Ada beberapa pertimbangan tentang perlunya diselenggarakan kebijakan otonomi daerah menurut Undang-Undang No 22 Tahun 1999, yaitu tentang ....
Pelajari kembali modul 7 KB 2 uraian tentang perubahan sosial masyarakat Indonesia
A. untuk memberikan kekuasaan kepada daerah untuk menyelenggarakan otonomi
B. bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat
C. agar penyelenggaraan pemerintah dapat dilaksanakan lebih demokratis
D. agar penyelenggaraan otonomi daerah dipandang perlu untuk lebih menekankan pada prinsip-prinsip demokrasi, dan peran serta masyarakat
A. salah, sebab memberikan keleluasaan kepada daerah merupakan dasar pemikiran lahirnya UU Nomor 22 Tahun 1999
B. salah, sebab tujuan di atas merupakan pendapat yang dikemukakan oleh Indra Djati Sidi
C. salah, sebab tujuan di atas merupakan tujuan penyerahan wewenang beberapa urusan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah
D. benar, sebab tujuan di atas merupakan pertimbangan tentang perlunya diselenggarakan otonomi daerah
44. Sistem ini merupakan suatu pendekatan tentang cara berfikir mengenai fenomena secara keseluruhan yang meliputi bagian-bagiannya, komponennya, sub sistemnya dan titik beratnya pada interaksinya. Definisi di atas merupakan uraian dari ....
Pelajari kembali modul 8 KB 1 uraian tentang Sistem dan sistem pendidikan
A. problem solving
B. filsafat sistem
C. analisis sistem
D. manajemen sistem
A. salah, sebab problem solving merupakan suatu teknik pemecahan masalah
B. benar, sebab filsafat sistem merupakan suatu pendekatan tentang cara berfikir mengenai fenomena secara keseluruhan
C. salah, sebab analisis sistem merupakan suatu metode atau teknik dalam memecahkan masalah
D. salah, sebab manajemen sistem merupakan aplikasi teori sistem dalam rangka mengelola sistem organisasi
45. Menurut pasal 15 Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, jenis pendidikan ini merupakan pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu yang setara dengan program sarjana. Jenis pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan ....
Pelajari kembali modul 8 KB 2 uraian tentang sistem pendidikan nasional
A. umum
B. khusus
C. akademik
D. vokasi
A. salah, sebab pendidikan umum merupakan pendidikan dasar dan menengah yang mengutamakan perluasan pengetahuan
B. salah, sebab pendidikan khusus merupakan penyelenggaraan pendidikan untuk mereka yang berkelainan
C. salah, sebab pendidikan akademik merupakan pendidikan tinggi program sarjana dan pasca sarjana
D. benar, sebab pendidikan vokasi merupakan pendidikan tinggi yang disiapkan untuk anak didik untuk memiliki pekerjaan
46. Pilihlah bentuk perubahan yang terjadi sebagai akibat dari adanya inovasi/pembaharuan di bawah ini ....
Pelajari kembali modul 9 KB 1 uraian tentang Inovasi dan difusi inovasi pendidikan
A. terjadinya perubahan fisik pada anak sesuai dengan pertumbuhan usianya
B. akibat dipupuk dan disiram setiap hari, tanaman bunga menjadi subur dan besar
C. ditemukannya teknik membaca Alqur'an secara cepat melalui metode iqro
D. akibat hujan turun dengan derasnya, Jakarta menjadi banjir dan terjadi kemacetan disemua jalan
A. salah, sebab perubahan fisik terjadi karena proses alami
B. salah, sebab pertumbuhan bunga yang subur dan besar, juga bersifat alami
C. benar, sebab ditemukannya metode iqro akibat dari penelitian yang dilakukan dengan waktu yang panjang dan secara terus menerus
D. salah, sebab hujan dan banjir terjadi secara alami
47. Salah satu faktor yang mempengaruhi difusi inovasi adalah komunikasi. Ada dua bentuk komunikasi yang sangat mempengaruhi proses difusi inovasi yaitu komunikasi konvergen dan komunikasi linear. Ciri utama dari komunikasi konvergen adalah ....
Pelajari kembali modul 9KB 1 uraian tentang Inovasi dan difusi inovasi pendidikan
A. dilakukan oleh dua individu/kelompok yang memiliki kesamaan satu sama lain
B. saling mempengaruhi dan menyampaikan informasi sehingga diperoleh saling pengertian
C. dimana partisipan berbagi informasi untuk mencapai pengertian satu sama lain
D.adanya informasi, ketidakmenentuan, adanya saling pemahaman, adanya saling persetujuan, kegiatan bersama, dan hubungan jaringan
A. salah, sebab penjelasan di atas merupakan definisi dari komunikasi homofil
B. salah, sebab penjelasan di atas merupakan penjelasan dari ragam komunikasi
C. salah, sebab penjelasan di atas merupakan definisi dari komunikasi
D. benar, sebab ciri-ciri utama komunikasi konvergen adalah seperti tersebut di atas
48. Sistem sosial yang melaksanakan kegiatan inovasi pendidikan meliputi: ukuran dan kewilayahan, kegiatan pemeliharaan terbatas, fasilitas fisik, penggunaan waktu, tujuan yang ingin dicapai, prosedur yang digunakan, dan seterusnya. Dari sistem sosial di atas, pilihlah jawaban yang paling sesuai dengan definisi berikut "suatu sistem sosial yang secara nyata membatasi dari pelaksanaan suatu perubahan pendidikan"
Pelajari kembali modul 9 KB 1 uraian tentang Inovasi dan difusi inovasi pendidikan
A. ukuran dan kewilayahan
B. kegiatan pemeliharaan terbatas
C. fasilitas fisik
D. prosedur yang digunakan
A. salah, sebab difinisi ukuran dan kewilayahan mempersyaratkan kelompok orang atau geografis untuk melaksanakan inovasi
B. benar, sebab pernyataan di atas merupakan definisi dari kegiatan pemeliharaan terbatas
C. salah, sebab fasilitas fisik adalah sistem sosial yang mengaitkan berbagai fasilitas dan teknologi
D. salah, sebab prosedur yang digunakan merupakan sistem sosial yang mengaitkan berbagai prosedur dan teknologi
49.
a. Sebagian kecil masyarakat Indonesia masih ada yang berpikir bahwa pendidikan bagi anak perempuan tidak perlu tinggi-tinggi, bagi mereka jika sudah menikah pada akhirnya akan ke dapur juga. Anggapan mereka bagi wanita cukup bisa membaca dan menulis saja
b. Di daerah tertentu, jika musim panen tiba, sekolah menjadi sepi karena ditinggalkan oleh murid-muridnya. Pada saat seperti ini anak-anak dilarang oleh orang tuanya untuk bersekolah karena waktu mereka akan diisi dengan kegiatan memanen padi di sawah, sehingga mereka tidak punya waktu untuk belajar.
Kedua contoh di atas merupakan hambatan dalam adopsi inovasi dalam bidang ....
Pelajari kembali modul 9 KB 1 uraian tentang Inovasi dan difusi inovasi pendidikan
A. mental block barries
B. culture block
C. sosial block
D. fisical block
A. salah, sebab mental block barries merupakan hambatan yang lebih disebabkan oleh sikap mental
B. salah, sebab contoh di atas bukan merupakan bentuk dari culture block
C. benar, sebab sosial block merupakan hambatan sebagai akibat dari faktor sosial dan pranata masyarakat sekitar
D. salah, sebab fisical block lebih cenderung kepada hambatan yang diakibatkan oleh fisik yang kurang sempurna, walau demikian ketidaksempurnaan fisik belum tentu menghambat adopsi inovasi
50. Pada dasarnya upaya pembaharuan pendidikan tertuju pada peningkatan mutu proses dan produk sistem pendidikan nasional. Proses dan produk tersebut terutama tertuju/tersangkut dalam bidang ....
Pelajari kembali modul 9 KB 2 uraian tentang Adopsi dan pelaksanaan inovasi pendidikan
A. peningkatan pemerataan kesempatan belajar
B. pembebasan biaya pendidikan pada pendidikan dasar
C. cara mengatasi kendala terhadap pelaksanaan inovasi pendidikan
D. pendemokrasian pendidikan di Indonesia
A. benar, sebab dasar dari upaya pembaharuan pendidikan tertuju pada peningkatan pemerataan kesempatan belajar
B. salah, sebab dasar dilaksanakannya inovasi pendidikan bukan untuk pembebasan biaya pendidikan khususnya pada pendidikan dasar
C. salah, sebab cara mengatasi kendala terhadap pelaksanaan inovasi pendidikan bukan dasar dari pada inovasi pendidikan
D. salah, sebab sejak berkembanganya Islam di Indonesia, demokrasi pendidikan sudah dilaksanakan
ConversionConversion EmoticonEmoticon