Soal Latihan Mandiri Penelitian Tindakan Kelas IDIK4008

6:16:00 pm

1. PTK adalah suatu bentuk inkuiri yang didahului dengan refleksi. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
      
untuk menjawab soal ini, baca Modul 1 KB 1

 A. McTaggard 
 B. Carr dan Kemmis 
 C. Rochman 
 D. Schmuck 

Jawaban A salah, karena di luar konteks
Jawaban B benar, karena mereka menyatakan bahwa PTK adalah penelitian yang dimulai dengan refleksi diri.
Jawaban C salah karena di luar konteks (tidak ada dalam modul)
Jawaban D salah bukan bahan rujukan


2. Maksud dari self-reflective inquiry adalah penelitian yang ....
      
Untuk menjawab soal ini baca Modul 1 KB 1

 A.berbasis refleksi diri 
 B. metode yang longgar dan fleksibel 
 C. berbasis hasil pengamatan dan renungan guru 
 D. disesuaikan dengan kemampuan guru 

jawaban A benar, karena sesuai dengan self-reflective inquiry
jawaban B salah, karena tetap mengikuti kaidah penelitian ilmiah
jawaban C salah, karena tidak rasional
jawaban D salah, karena guru harus menguasai metode PTK yang baku


3. Dibandingkan dengan penelitian formal, sampel yang digunakan dalam PTK termasuk jenis ....
      
untuk menjawab soal ini Anda diharapkan mempelajari Modul 1 KB 1

 A. sampel representatif
 B. sampel purposif
 C. sampel acak 
 D. kasus khusus yaitu kelas 

jawaban A salah karena sampel tidak mewakili populasi tertentu
jawaban B salah karena pengambilan sampel dalam PTK tidak didasarkan pada sistem purposif (kesengajaan)
jawaban C salah, karena sampel dalam PTK tidak diambil secara acak
jawaban D benar, karena PTK memang khusus dirancang untuk penelitian oleh guru di kelasnya sendiri


4. Perbedaan antara PTK dengan non-PTK ditinjau dari hasil akhir yang ingin dicapai terletak pada ....

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda diharapkan mempelajari Modul 1 KB 1

 A. teori belajar yang akan diuji 
 B. temuan penelitian yang dapat digeneralisasikan 
 C. perbaikan hasil belajar siswa 
 D. meningkatnya kemampuan guru dalam melakukan penelitian 

jawaban A salah, karena PTK tidak bertujuan membuktikan kebenaran sebuah teori
jawaban B salah, karena hasil PTK tidak dapat digeneralisasikan
jawaban C benar, karena hasil akhir yang ingin dicapai guru melalui PTK adalah terjadinya perbaikan/ peningkatan kualitas pembelajaran a.l. perbaikan hasil belajar siswa.
jawaban D salah, karena tujuan utama PTK bukan ini (jawaban C)


5. Manfaat PTK bagi sekolah adalah untuk meningkatkan ....
      
Untuk menjawab pertanyaan ini, bacalah Modul 1 KB 2

 A. kemampuan guru di bidang instruksional 
 B. kualitas pendidikan di sekolah yang bersangkutan 
 C. daya inovasi pada diri guru 
 D. kualitas pembelajaran di kelas 

jawaban A salah, karena tidak relevan dengan pertanyaan
jawaban B benar, sesuai dengan tujuan pertanyaan yang diajukan
jawaban C salah, karena hal ini adalah merupakan dampak dari kemampuan guru sebagai peneliti
jawaban D salah karena ini adalah tujuan PTK bagi guru


6. Berikut adalah keterbatasan PTK dibandingkan dengan penelitian formal, kecuali ....
      
Untuk menjawab pertanyaan ini, bacalah Modul 1 KB2

 A. peneliti 
 B. validitas 
 C. metodologi 
 D. instrumen 

Jawaban A benar karena PTK umumnya dilakukan hanya oleh guru
jawaban B benar, karena validitas PTK masih banyak dipertanyakan dan jadi bahan polemik di antara pakar
jawaban C benar karena metodologi PTK yang longgar dan dianggap kurang ilmiah
jawaban D salah, tepai merupakan pilihan dari pertanyaan No. 6. Instrumen PTK cukup valid dan reliabel karena dibuat oleh guru sendiri.


7. Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar PTK dapat diterapkan secara kelembagaan, kecuali ....
      
Baca Modul 1 KB 2

 A. dukungan dari pihak sekolah 
 B. kebebasan bagi guru untuk melakukan penelitian di kelasnya 
 C. pengawasan dari Kepala Sekolah 
 D. kerjasama antar personil sekolah 

jawaban A benar, karena PTK oleh guru harus mendapat dukungan dari pihak sekolah
jawaban B benar karena untuk masalah pembelajaran di kelasnya, guru memiliki kebebasan untuk melakukan penelitian di kelasnya dalam upaya memperbaiki kualitas pembelajaran di kelasnya.
Jawaban ini salah, karena Kepala Sekolah tidak harus melakukan pengawasan. guru cukup menyampaikan pemberitahuan untuk melakukan PTK di kelasnya
jawaban ini benar, karena guru perlu dukungan dalam melaksanakan PTK. dalam pengumpulan data, meminta pendapat teman sejawat, dll.


8. Langkah awal PTK oleh guru dimulai dengan melakukan ....
      
Pelajari Modul 2 KB 1

 A. perumusan masalah 
 B. identifikasi masalah 
 C. analisis masalah 
 D. pembatasan masalah 

jawaban ini salah, karena perumusan masalah merupakan langkah ke-4, dilakukan setelah analisis masalah
jawaban B benar, karena identifikasi masalah merupakan langkah awal dengan mengajukan/membuat pertanyaan penelitian
jawaban C salah, karena analisis masalah merupakan langkah ke-3 setelah pembatasan masalah
jawaban ini salah, karena pembatasan masalah dilakukan setelahidentifikasi masalah. tujuan pembatasan ini adalah untuk memfokuskan metodologi pada tujuanpenelitian.


9. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat ditempuh dalam melakukan analisis masalah, kecuali ....
      
Bacalah Modul 2 KB 1

 A. melakukan refleksi 
 B. mengkaji dokumen-dokumen kelas tentang siswa 
 C. berdiskusi dengan teman sejawat 
 D. melakukan studi banding ke sekolah lain 

Jawabab A benar, karena salah satu upaya identifikasi masalah adalah melalui refleksi
jawaban B benar, karena salah satu upaya identifikasi masalah adalah melalui kajian dokumen kelas
jawaban C benar, karena salah satu upaya identifikasi masalah adalah melalui diskusi dengan teman sejawat
jawaban D salah, karena dalam konteks PTK analisis masalah tidak perlu studi banding. walaupun hal ini dapat juga dilakukan.


10. Hipotesis tindakan adalah ....
      
Baca Modul 2 KB1 tentang Rencana dan Pelaksanaan PTK

 A. tindakan perbaikan yang dirancang pada saat menyusun Rencana Perbaikan 
 B. alternatif tindakan perbaikan yangakan diujicobakan 
 C. dugaan-dugaan tentang upaya perbaikan pembelajaran yang rasional dan perlu dibuktikan 
 D. kajian teori yang relevan dengan masalah penelitian 

hipotesis tidak sama dengan tindakan
karena hipotesis tidak sama dengan tindakan yang dipilih
hipotesis adalah dugaan-dugaan yang rasional yang dirumuskan oleh peneliti dalam sebuah kegiatan penelitian. Dan sesuai dengan kaidah penelitian ilmiah, dugaan-dugaan tersebut perlu dibuktikan salah/benar.
hipotesis tidak sama dengan kajian teori


11. Langkah awal dalam pelaksanaan PTK adalah ....

      
Baca Modul 2 KB 1 tentang Rencana dan Pelaksanaan PTK

 A. menentukan metode pengolahan data yang tepat 
 B. mempersiapkan diri sebagai peneliti 
 C. menyusun Rencana Pembelajaran (RP) dan Skenario Tindakan (ST) 
 D. mempersiapkan sarana pendukung penelitian 

Opsi (A) salah, karena metode pengolahan data direncanakan pada saat menyusun proposal
Opsi (B) salah, karena persiapan diri merupakan langkah paling awal di luar kegiatan penelitian. persiapan diri sama seperti "niat" untuk melakukan sesuatu
Opsi (C) benar, karena menyusun RP dan ST merupakan langkah awal PTK
Opsi (D) salah, karena sarana pendukung seperti instrumen, alat evaluasi, media dan lain-lain merupakan bagian dari pelaksanaan penelitian


12. Yang dimaksud dengan high inference observation adalah model pengamatan ....
   
Untuk dapat menjawab soal ini, bacalah Modul 2 KB2: Pengumpulan, Analisis Data dan Tindak Lanjut

 A. tanpa penafsiran 
 B. langsung sebagaimana yang teramati oleh peneliti 
 C. tidak langsung, yaitu tanpa sepengatahuan subyek penelitian (candid camera) 
 D. yang membutuhkan penafsiran 

(A) salah High inference observation membutuhkan penafsiran
(B) salah, karena yang ditanya disini adalah masalah penafisiran (inference)
(C) salah karena tidak relevan dengan penafsiran
(D) benar karena sesuai dengan istilah high inference observation yaitu pengamatan yang membutuhkan penafsiran si pengamat untuk kemudian dibuat kesimpulan sebagai hasil penafsiran sebagai bentuk dari hasil pengamatan.


13. Jika seorang guru ingin mengetahui suasana verbal dan nonverbal sekaligus, maka ia akan melakukan observasi ....
   
Baca Modul 2 KB2. Pengumpulan, analisis data dan tindak lanjut

 A. terfokus 
 B. sistematis 
 C. terstruktur 
 D. terbuka 

A. salah, karena untuk mendapatkan suasana verbal dan nonverbal, dibutuhkan observasi yang rinci dan terstruktur, bukan terfokus.
B. benar, karena suasana verbal dan nonverbal membutuhkan observasi yang rinci dan terstruktur, jadi digunakan observasi sistematis karena dibutuhkan kategori yang lebih sistematis.
C. salah, karena observasi terstruktur apabila kita sudah menentukan variabel-variabel yang ingin diukur
D. salah, karena observasi terbuka adalah untuk mencatat semua kejadian sebagaimana yang teramati tanpa ada fokus atau kategori tertentu.


14. Berikut adalah teknik-teknik lain di samping observasi yang dapat digunakan guru sebagai peneliti PTK untuk mengumpulkan data, kecuali ....
      
Baca Modul 2 KB2: Pengumpulan, analisis data dan tindak lanjut.

 A. wawancara 
 B. studi dokumen kelas 
 C. pengisian kuesioner 
 D. survai 

wawancara termasuk pilihan pengumpulan data PTK di samping observasi
Studi dokumen kelas dapat dilakukan guru disamping observasi
pengisian kuesioner jugadapat dilakukan guru untuk memperoleh informasi dari siswa di samping observasi.
survai tidak dapat dilakukan di kelas, karena PTK adalah penelitian khusus tentang kelas. bukan melihat kondisi kelompok sosial tertentu.


15. Refleksi paling tepat dilakukan oleh peneliti PTK pada saat ....
      
Baca Modul 2 KB2. Pengumpulan, analisis data dan tindak lanjut.

 A. sebelum menyusun proposal 
 B. sesudah mengidentifikasi masalah 
 C. sesudah menentukan upaya tindakan perbaikan 
 D. sesudah melakukan upaya perbaikan 

A. salah, karena menyusun proposal adalah persyaratan penelitian
B. salah, karena angkah sesudah identifikasi masalah adalah analisis dan perumusan masalah
C. salah, karena sesudah menentukan upaya tindakan perbaikan adalah melaksanakan perbaikan.
D benar karena langkah paling tepat sesudah melakukan upaya perbaikan adalah refleksi. disini guru merenung apa hasil tindakan yang sudah diberikan, bagaimana dampaknya terhadap siswa dan pembelajaran, apakah perbaikan sudah cukup atau ia perlu meneruskan ke siklus berikutnya.
 


16. Yang dimaksud dengan perencanaan tindak lanjut dalam PTK adalah ....

      
Baca Modul 2 KB2. Pengumpulan, analisis dan tindak lanjut.

 A. menyusun tindakan perbaikan untuk siklus berikutnya 
 B. merevisi pedoman observasi 
 C. menyusun proposal PTK 
 D. menentukan metode yang akan digunakan 

A. benar, karena perencanaan tindak lanjut adalah membuat rencana untuk perbaikan sekanjutnya atau penelitian dilanjutkan ke siklus berikutnya.
B. salah karena tidak relevan. perencanaan tindak lanjut berkaitan dengan tindakan (action)
C. salah karena tidak relevan. menyusun proposal adalah persyaratan penelitian
D. salah karena menentukan metode termasuk metodologi penelitian, bukan tindakan.


17. Apabila sebagian besar siswa Anda malas mengerjakan tugas-tugas yang Anda berikan, maka PTK yang akan Anda laksanakan dapat dikategorikan ke dalam domein ....

      
Baca Modul 3 KB1. Langkah-langkah perencanaan PTK.

 A. kenakalan remaja 
 B. disiplin belajar 
 C. interaksi belajar 
 D. prestasi belajar 

A salah, karena kenakalan remaja bukan domein PTK, tetapi lebih pada domein ilmu psikologi perkembangan.
B. benar, karena malas tidak mengerjakan PR termasuk domein disiplin belajar
C. salah malas tidak mengerjakan PR tidak termasuk interaksi pembelajaran. yang termasuk interaksi belajar antara lain adalah proses belajar-mengajar di kelas.
D. salah, yang termasuk domein prestasi belajar antara lain hasil belajar, nilai raport/ujian, dll.


18. Berikut adalah kriteria yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan apakah masalah yang muncul di kelas layak diteliti atau tidak, kecuali ....

   
Baca Modul 3 KB1. Langkah-langkah perencanaan PTK

 A. masalah pembelajaran bersifat spesifik dan bermanfaat bagi siswa 
 B. guru mampu untuk melaksanakannya 
 C. relevan dengan pengembangan sekolah 
 D. mendapat persetujuan dari Kepala Sekolah. 

A. salah, karena tidak perlu dipertimbangkan. sudah jelas
B benar, perlu dipertimbangkan. karena kalau guru tidak mampu melaksanakan PTK maka tindakan perbaikan tidak akan berhasil.
Salah, karena tidak perlu dipertibangkan sudah jelas
tidak perlu dipertibangkan sudah jelas


19. Bagi guru yang peneliti PTK, langkah awal dalam analisis masalah adalah ....

      
Pelajari Modul 3 KB1. Langkah langkah perencanaan penelitian.

 A. melakukan kajian dokumen kelas 
 B. melakukan introspeksi diri tentang pembelajaran di kelas 
 C. mewawancarai siswa 
 D. memberikan tes formatif 

A. salah, karena kajian dokumen kelas lebih tepat dilakukan pada saat identifikasi masalah dilakukan
B. benar, karena langkah awal analisis masalah adalah refleksi alias introspeksi diri tentang pembelajaran di kelas.
C. salah, karena mewawancarai siswa merupakan salah satu metode pengumpulan data
D. salah, karena memberi tes formatif dapat dilakukan untuk melihat dampak dari tindakan perbaikan yang kita berikan.


20. Hasil analisis masalah menunjukkan (1) siswa tidak mau menyimak pelajaran, (2) guru menjelaskan dengan metode ceramah, dan (3) siswa tidak ada yang bertanya kepada guru tentang pelajaran yang barusaja disajikan guru. Permasalahan yang dapat dirumuskan berdasarkan kasus-kasus di atas adalah, kecuali....

      
Bacalah Modul 3. Merancang PTK. KB1. Langkah-langkah perencanaan PTK.

 A. metode apa yang sebaiknya digunakan agar siswa mau menyimak pelajaran? 
 B. strategi apa yang sebaiknya digunakan agar siswa mau menyimak? 
 C. bagaimana cara saya menyelesaikan masalah ini? 
 D. bagaimana cara saya memotivasi siswa agar mau mau bertanya? 

A. Benar, sudah jelas
B. benar, sudah jelas
C. salah. Justru guru harus merumuskan permasalahan yang ada di kelasnya dengan menkaji/melihatnya dari aspek strategi, metode atau dari siswanya sendiri.
D. benar, sudah jelas


21. Berikut adalah beberapa alternatif cara mengembangkan alternatif tindakan, kecuali ....

      
Baca Modul 3 KB1. Langkah-langkah perencanaan PTK

 A. mengkaji teori-teori pembelajaran yang relevan 
 B. mempelajari hasil penelitian yang relevan 
 C. melakukan refleksi atas pengalaman mengajar selama ini 
 D. mengkopi hasil PTK rekan sejawat 

A. benar. Mempelajari teori-teori yang relevan merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan dalam proses pengembangan atau menentukan tindakan karena dapat menemukan alasan secara ilmiah.
B benar. Mempelajari laporan-laporan penelitian yang relevan juga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan dalam proses pengembangan atau menentukan tindakan karena dapat memprediksi dampak dari tindakan yang diberikan
C. benar. Melakukan refleksi juga merupakan langkah awal sebelum menentukan alternatif tindakan, melalui refleksi guru akan melakukan perenungan yang mendalam tentang permasalahan yang dihadapinya di kelasnya.
D. salah. Alternatih tindakan tidak bisa dilakukan dengan mengkopi hasil PTK sejawat, karena permasalahan setiap kelas/individu adalah spesifik dan tidak dapat digeneralisasikan.


22. Cakupan Rencana Pembelajaran dan Rencana Perbaikan Pembelajaran nyaris sama, kecuali pada butir ....
      
Baca Modul3 KB1. Langkah-langkah dalam perencanaan PTK

 A. tujuan perbaikan 
 B. TIU 
 C. TIK 
 D. Kegiatan pembelajaran 

A. benar. Tujuan PTK adalah perbaikian pembelajaran, sedangkan RP tidak selalu perbaikan
B. salah. Sudah jelas
C. salah. Sudah jelas
D salah. Sudah jelas


23. Agar mampu mengembangkan RPP dengan efektif dan memberikan hasil yang signifikan, hal yang paling penting dilakukan sebelum memberikan tindakan perbaikan adalah ....

Modul3. KB2. Rencana dan proposal PTK

 A. mempelajari proposal PTK 
 B. melakukan simulasi perbaikan 
 C. berdiskusi dengan rekan sejawat 
 D. memvalidasi RPP 

A. salah. Mempelajari proposal sebaiknya dilakukan pada sebelum memulai penelitian.
B. benar. Melakukan simulasi perbaikan merupakan tindakan konkrit sebelum tindakan yang sebenarnya, sehingga sangat efektif untuk koreksi kesalahan tindakan.
C. salah. Berdiskusi dengan rekan sejawat dapat dilakukan pada saat peneliti mengalami kesulitan, sehingga C salah. Karena salah satu cara adalah berdidkusi dengan rekan sejawatuntuk meminta tanggapan, masukan atau pertimbangan.
D salah. Memvalidasi RPP tidak perlu dilakukan.


24. Yang dimaksud dengan proposal PTK pada dasarnya adalah ....

      
Baca Modul3 KB2. Rencana dan proposal PTK

 A. penelitian yangdilakukan guru di sekolah 
 B. prosedur penelitian yangharus dipatuhi guru pada saat melakukan penelitian 
 C. rencana penelitian yang diusulkan guru untuk memperbaiki pembelajaran dikelasnya 
 D. rencana kegiatan penelitian yang diusulkan guru 

A. salah. Proposal PTK bukan penelitian sekolah
B. salah. Proposal PTK tidak hanya tentang prosedur penelitian
C. benar. Proposal PTK adalah tentang rencana penelitian tentang perbaikan pembelajaran di kelas
D. jawaban tidak spesifik


25. Kolaborasi dalam PTK dimaksudkan untuk membangun....

      
Baca: Modul4 KB1. Perbedaan peran guru sebagai pengajar dan peneliti.

 A. relasi antar-guru kelas 
 B. kerjasama antar pihak-pihak terkait 
 C. persamaan persepsi 
 D. citra guru sebagai peneliti 

A. salah. Relasi antar guru-guru kelas bukan bentuk kolaborasi, tetapi lebih sebagai kerjasama.
B. benar. Kerjasama antar pihak-pihak terkait dapat dikatakan benar karena pihak-pihak terkait kemungkinan memiliki latar belakang yang berbeda dengan profesi guru. kolaborasi adalah kerjasama antara 2 orang/kelompok atau lebih dengan orang/kelompok lain yang berbeda latar belakangnya. seperti kolaborasi antara musisi dengan pelukis.
C. salah. Kolaborasi tidak sama dengan persamaan persepsi
D. salah. Opsi D tidak relevan dengan pertanyaan.


26. Tindakan perbaikan dilanjutkan ke Siklus 2 apabila Siklus 1 ....

      
Baca Modul 4 KB1. Perbedaan peran guru sebagai pengajar dan peneliti.

 A. proses pelaksanaan tindakan 1 belum selesai dilakukan 
 B. sudah berhasil 
 C. belum menunjukkan perbaikan 
 D. tidak memperlihatkan dampak yang signifikan 

A. salah. Kelanjutan sebuah tindakan perbaikan tidak ditentukan oleh selesai atau tidaknya sikuls 1
B. salah. Opsi tidak jelas, berhasil dalam hal apa?
C. benar karena kelanjutan ke siklus 2 dilakukan apabila belum terjadi perbaikan.
D. salah. Opsi tidak spesifik. dampak yangsignifikan dalam hal apa?


27. Hasil pengamatan yang dilakukan Pak Siswa di kelasnya berbentuk catatan-catatan tentang perilaku siswa dalam membaca sebuah teks di depan kelas. Hal ini dilakukan setelah Pak Siswo menjelaskan bagaimana cara membaca teks yang baik. Setiap anak diberi waktu 2 menit untuk membaca dan Pak Siswo mencatat perilaku siswa, seperti teknik membaca, sikap badan, ucapan/ejaan dan lain-lain. Data yang dikumpulkan Pak Siswo adalah data ....

      
Baca Modul 5 KB1. Analisis, penyajian dan interpretasi data

 A. ordinal 
 B. kuantitatif 
 C. kualitatif 
 D. numerik 

Salah. Data ordinal adalah data hasil penggolongan seperti baik sekali, baik, cukup, kurang cukup, buruk.
Salah. Data kuantitatif berbentuk angka
Benar. Data yang dikumpulkan berupa penjelasan/catatan tertulis tentangsikap dan perilaku siswa, jadi bukan hasil pengukuran berupa angka-angka.
bukan data nominal atau angka-angka


28. Berikut adalah beberapa cara penyajian hasil analisis data hasil PTK, kecuali ....

      
Modul 5 KB1. Analisis, penyajian dan interpretasi data

 A. penyajian seluruh hasil pengukuran yang dilakukan selama penelitian 
 B. grafik histogram 
 C. narasi tentang perilaku siswa 
 D. matriks-matriks sesuai variabel-variabel yang digunakan 

A. benar. Penyajian seluruh hasil pengukuran selama penelitian bukan merupakan hasil penyajian data, tetapi lebih cocok disebuthasil pengumpulan data.
Salah. Grafik histogram merupakan salah satu bentuk penyajian data, karenamenunjukkan sebaran data.
Salah. Narasi merupakan salah satu bentuk penyajian data kualitatif
Salah. Matriks-matriks sesuai variabel-variabel yang digunakan merupakan salah satu bentuk penyajian data, karena menunjukkan adanya kategorisasi.


29. Kesimpulan hasil PTK sebaiknya merupakan penjelasan-penjelasan yangdisusun sesuai dengan ....
      
Modul5 KB1. Analisis, penyajian dan interpretasi data.

 A. urutan identifikasi masalah 
 B. pertanyaan penelitian 
 C. temuan penelitian 
 D. hasil analisis data 

A. salah. Tujuan penelitian adalah mencari jawaban atas pertanyaan penelitian, bukan urutan tentang masalah yang dapat diidentifikasi.
B. benar. Tujuan melakukan penelitian adalah mencari jawab atas permasalahan penelitian atau membuktikan hipotesi yang dibuat peneliti. dimana hal-hal yang ingin dicari jawabnya diekspresikan dalam bentuk pertanyaan penelitian. jadi agarlaporan penelitian mudah dimengerti dan dapatcepat diidentifikasi hasilnya maka penjelasan disampaikan sesuai urutan pertanyaan penelitian.
C. salah. Temuan penelitian muncul setelah pengolahan dan interpretasi data
D. salah. Analisis data menghasilkan temuan sementara.


30. Mengapa PTK harus dilakukan per daur? Untuk ....

      
Baca Modul 4 KB2

 A. mempertinggi akurasi 
 B. memperoleh hasil yang valid 
 C. memperoleh perbaikan yang optimal 
 D. memperoleh presisi yang tinggi sesuai tujuan penelitian 

salah. akurasi berhubungan dengan instrumen yangdigunakan.
salah. Validitas dalam PTK tidak perlu dipersoalkan.
benar. karena upaya perbaikan oleh guru harus dilakukan secara terus-menerus sampai terjadi perbaikan pembelajaran yangoptimal.
salah. Presisi berkaitan dengan ketepatan instrumen penelitian


31. Secara spesifik laporan PTK memuat tentang ....

   
Modul 6. KB1. Hakikat laporan pendidikan

 A. temuan penelitian 
 B. kesimpulan hasil penelitian 
 C. rekomendasi 
 D. saran-saran perbaikan pembelajaran 

A. salah. Temuan penelitian dapat dilihat di berbagai bentuk laporan penelitian, bukan spesifik PTK
B. salah. Kesimpulan hasil penelitian dapat dilihat di berbagai bentuk laporan penelitian, bukan spesifik PTK
C. salah. Rekomendasi dapat dilihat di berbagai bentuk laporan penelitian, bukan spesifik PTK
D. benar. Laporan PTK secara spesifik memuat saran-saran perbaikan pembelajaran


32. Judul PTK harus menggambarkan ....

      
Modul 6. KB1. Hakikat laporan pendidikan

 A. upaya perbaikan pembelajaran 
 B. masalah pembelajaran 
 C. masalah pendidikan 
 D. perbaikan sistem persekolahan 

A. benar. PTK adalah jenis penelitian yang berfokus pada perbaikan pembelajaran di kelas, bukan masalah pembelajaran secara umum, masalah pendidikan atau persekolahan. jadi judul PTK harus menggambarkan upaya perbaikan pembelajaran.
B. salah. jelas
C. salah. jelas
D. salah. jelas.


33. Sistematika PTK sebagaimana ditetapkan Ditjen DIKTI (2004) harus memuat abstrak penelitian. Berikutrambu-rambu penulisan abstrak penelitian, kecuali ....

      
Modul6 KB1. Hakikat dan laporan PTK

 A. difokuskan pada saripasi penelitian 
 B. menggambarkan aspek terpenting dari temuan penelitian 
 C. disajikan secararuntut, singkatdan padat 
 D. merupakan ringkasan penelitian 

A. salah. Yang ditanyakan adalah yang bukan (kecuali)
B. salah. Yang ditanyakan adalah yang bukan (kecuali)
C. salah. Yang ditanyakan adalah yang bukan (kecuali)
D. benar. Abstrak penelitian bukan ringkasan (summary), tetapi merupakan intisari/saripati atau aspek penelitian atau dianggap penting. Abstrak disajikan secara runtut, singkat dan padat.


34. Dalam menyusun laporan PTK, masalah penelitian ditulis/disajikan di bagian ....

      
Modul6 KB1. Hakikat laporan PTK

 A. identifikasi masalah 
 B. perumusan masalah 
 C. pendahuluan 
 D. Kesimpulan 

A. salah. Identifikasi masalah dilakukan untuk memfokuskan permasalahan penelitian
B. salah. Perumusan masalah memuat tentang permasalahan yang akan dicari penyelesaiannya. Biasanya ditulis dalam bentuk kalimat tanya.
C. benar. Masalah/isu yanghendak diangkat umumnya diletakkan di bagian pendahuluan sebagai latar belakang alasan dilaksanakannya penelitian.
salah. sudah jelas.


35. Karena mau cepat selesai, pada saat penelitiannya masih harus dilanjutkan ke Daur 3, Pak Irsan sudah menghentikannya hanya sampai Daur 2. Ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah menunjukkan hasil positif. Sesuai etika penulisan laporan, Pak Irsan telah mengabaikan ....

      
Modul 6 KB2. Menulis dan mendiseminasikan laporan PTK

 A. estetika 
 B. logika 
 C. kejujuran 
 D. ke-konsistenan (keajegan) 

A. salah. kebohongan tidak relevan dengan estetika
B. salah. Kebohongan tidak pakai logika logika
C. benar. Peneliti sudah berbohong berarti dia sudah melanggar kode etik peneliti.
D. salah. konsisten relevan dengan penggunaan istilah ataupun pendapat, dll.


36. Tulisan tentang sebuah topik biasanya disusun berdasarkan paragraf-paragraf. yang dimaksud dengan paragraf dalam laporan PTK adalah .....

      
Modul 6 KB2. Menulis dan mendiseminasikan laporan PTK.

 A. kumpulan gagasan yang ditulis peneliti 
 B. ungkapan penulis yangmemiliki kesatuan ide dan pikiran 
 C. kumpulan kalimat kuranglebihsebanyak setengah halaman yangdimulai dengan barisbaru 
 D. buah pikiran parapakar yang dikutip penulis 

A. salah. Sudah jelas
B. salah. Sudah jelas
C. benar. Paragraf adalah kumpulan kalimat kurang lebih sebanyak setengah halaman yangdimulai dengan baris baru
Salah. Jelas


37. Berikut adalah aspek dibahas dalam bab kajian pustaka. Salah satu hal yang tidak sesuai sebagai aspek kajian pustaka adalah ....

      
Modul 6 KB1. Menulis dan mendiseminasikan laporan PTK

 A. teori-teori yang elevan 
 B. kerangka berpikir 
 C. metodologi 
 D. pertanyaan penelitian atau hipotesis 

A. salah. Teori-teori yang relevan sesuai sebagai salah satu aspek kajian pustaka
B. salah. Kerangka berpikir sesuai sebagai salah satu aspek kajian pustaka, karena merupakan pola berpikirpeneliti berdasarkan teori yang digunakan sebagai dasar penelitian.
C. benar. Metodologi tidak sesuai sebagai salah satu aspek kajian pustaka
D. salah. Hipotesis sesuai sebagai salah satu aspek kajian pustaka


38. Diseminasi laporan PTK dilakukan untuk tujuan ....

   
Baca Modul 6 KB1

 A. proses sosialisasi laporan ilmiah 
 B. penyebarluasan hasil penelitian 
 C. publikasi temuan ilmiah 
 D. dimanfaatkan orang banyak terutama guru. 

salah. jawaban masih kurang tepat
Salah. Jawaban masih kurang tepat
salah. idem
Benar. pengalaman guru dalam memperbaiki pembelajaran akan dapat dijadikan pelajaran atau pengalaman bagi guru lain dalam menghadapi masalah pembelajaran yangsama.


39. Manfaat diseminasi laporan PTK bagi sekolah adalah ....

      
Baca Modul 6 KB1

 A. dihasilkannya laporan ilmiah bagi sekolah 
 B. dihasilkannya metode perbaikan pembelajaran di kelas 
 C. meningkatnya kredibilitas sekolah. 
 D. meningkatnya intelektualitas staf guru. 

Salah. Jawaban kurang tepat.
Salah. Jawaban tidak relevan dengan pertanyaan.
Benar. laporan PTK dapat meningkatkan kredibilitas sekolah. menunjukkan bahwa sekolah yang bersangkutan sangat peduli dengan kegiatan akademik.
salah. tidak relevan.


40. Karena mau cepat selesai maka pada saat penelitiannya masih harus dilanjutkan ke daur 3 pak yusril sudah menghentikannya sampai daur 2. ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah menunjukkan hasil positif. sesuai keetika penulisan laporan pak Yusri telah mengabaikan unsur ....
      
baca modul 6 KB 2

 A. estetika 
 B. logika 
 C. kejujuran 
 D. keajegan 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »