Kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Ekonomi Pembangunan Lanjutan ESPA4324

4:34:00 am
Kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Ekonomi Pembangunan Lanjutan ESPA4324

Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Ekonomi Pembangunan Lanjutan ESPA4324 Universitas Terbuka yang berisi 40 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Ekonomi Pembangunan Lanjutan ESPA4324, Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%.


Kunci jawaban soal latihan no. 1
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda Benar. Menurut Meier & Rouch (2000) selama dekade 1950-an hingga awal dekade 1960-an, kebijakan-kebijakan pembangunan ditujukan terutama sekali pada maksimisasi pertumbuhan GNP melalui proses akumulasi modal dan industrialisasi. Oleh karena adanya pandangan yang tidak mempercayai mekanisme pasar dan pendapat tentang terjadinya kegagalan pasar (market failure), maka pemerintah mengambil kebijakan-kebijakan antara lain menerapkan sistem perencanaan terpusat untuk meningkatkan investasi modal fiskal, pemanfaatan surplus tenaga kerja, pengembangan industri substitusi impor (ISI), dan mencari bantuan luar negeri. Strategi pembangunan saat itu ditekankan pada pembangunan ekonomi, khususnya pertumbuhan ekonomi, sementara pembangunan di bidang lainnya diarahkan untuk menunjang keberhasilan pembangunan ekonomi dan mengikuti irama pembangunan di bidang ini.
D. Jawaban anda salah. 

Kunci jawaban soal latihan no. 2
A. Jawaban anda Benar. Perubahan yang paling mendasar pada fokus ekonomi pembangunan terjadi selama dekade 1970-an dan dekade 1980-an yang dikenal dengan istilah era ‘kebangkitan ekonomi neoklasik’ (resurgence of neoclassical economics). Jika pada dekade 1950-an para ekonom pembangunan mencoba merumuskan teori yang dianggap bisa berlaku umum (grand theories) dan strategi-strategi yang bersifat umum di dalam upaya memecahkan permasalahan di NSB, pada dekade 1970-an dan 1980-an sebaliknya. Fokus kajian ekonomi pembangunan sudah lebih ditekankan pada analisis tentang keberagaman NSB dan pengidentifikasian faktor penyebab mengapa terjadi perbedaan tingkat kinerja ekonomi dari setiap negara. Analisis berubah dari model pertumbuhan yang sangat makro agregatif menuju ke model mikro yang disagregatif. Studi mulai diarahkan pada kekhususan karakteristik suatu negara berdasarkan kondisi empirisnya dan penggunaan asumsi yang berbeda-beda ketika menganalisis masalah di setiap NSB
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci jawaban soal latihan no. 3
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda Benar. Pembangunan ekonomi itu bersifat multidimensi yang mencakup berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat, bukan hanya salah satu aspek (ekonomi) saja. Pembangunan ekonomi dapat didefinisikan sebagai setiap kegiatan yang dilakukan suatu negara dalam rangka mengembangkan kegiatan ekonomi dan taraf hidup masyarakatnya. Dengan adanya batasan tersebut, maka pembangunan ekonomi pada umumnya dapat didefinisikan sebagai suatu proses yang menyebabkan kenaikan pendapatan riil per kapita penduduk suatu negara dalam jangka panjang yang disertai oleh perbaikan sistem kelembagaan

Kunci jawaban soal latihan no. 4
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda Benar. Salah satu kelemahan mendasar dari pendapatan per kapita sebagai sebuah indikator pembangunan terletak pada ketidakmampuannya untuk menggambarkan tingkat kesejahteraan masyarakat secara utuh. Seringkali adanya kenaikan pendapatan per kapita suatu negara tidak disertai oleh perbaikan kualitas hidup masyarakatnya. Sebenarnya, sudah sejak lama ada keraguan pada konsep pendapatan per kapita sebagai sebuah cerminan dari tingkat kesejahteraan yang dinikmati oleh seluruh anggota masyarakat. Namun, kita harus tetap menyadari bahwa tingkat pendapatan masyarakat merupakan salah satu faktor yang menentukan tingkat kesejahteraan mereka, meskipun di samping itu ada beberapa faktor lain (non-ekonomi) yang dinilai cukup penting dalam menentukan tingkat kesejahteraan mereka. Faktor-faktor non-ekonomi - seperti adat istiadat, keadaan iklim dan alam sekitar, serta ada atau tidaknya kebebasan dalam mengeluarkan pendapat dan bertindak merupakan faktor-faktor yang juga dapat menyebabkan adanya perbedaan tingkat kesejahteraan di negara-negara yang mempunyai tingkat pendapatan per kapita yang relatif sama. Misalnya, apabila penduduk di daerah pegunungan kita asumsikan mempunyai tingkat pendapatan yang relatif sama dengan penduduk yang hidup di daerah dataran rendah. Berdasarkan pada perbedaan kondisi alam dapat dikatakan bahwa tingkat kesejahteraan penduduk di daerah dataran rendah adalah lebih tinggi, karena pada umumnya penduduk di daerah dataran rendah menghadapi tantangan alam yang relatif lebih ringan dibandingkan dengan penduduk di daerah pegunungan. Di daerah dataran rendah, iklimnya tidak terlalu dingin, pekerjaan bertani dan bercocok tanam pun lebih mudah dilakukan, dan energi yang dikeluarkan untuk perpindahan dari satu tempat ke tempat lainnya relatif lebih sedikit.
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci jawaban soal latihan no. 5
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda salah.  
C. Jawaban anda Benar. Pada tahun 1979, MorrisD. Morris memperkenalkan satu indikator alternatif dalam mengukur kinerja pembangunan suatu negara yaitu Indeks Kualitas Hidup (IKH) atau Physical Quality of Life Index. Ada tiga indikator utama yang dijadikan acuan pada indeks ini yaitu tingkat harapan hidup pada usia satu tahun, tingkat kematian bayi, dan tingkat melek huruf. Berdasarkan setiap indikator tersebut dilakukan pemeringkatan terhadap kinerja pembangunan suatu negara, kinerja tersebut diberi skor antara 1 sampai 100, angka 1 melambangkan kinerja terburuk dan angka 100 melambangkan kinerja terbaik. Untuk indikator harapan hidup, batas atas (upper limit) 100 ditetapkan 77 tahun (harapan hidup tertinggi pada saat studi tersebut dilakukan dicapai oleh Swedia). Sedangkan batas bawah (lower limit) adalah 28 tahun (tingkat harapan hidup terendah di Guinea-Bissau pada tahun 1950). Antara batas atas dan batas bawah itulah, tingkat harapan hidup suatu negara diperingkatkan dengan skor antara 1 sampai 100. Demikian pula untuk tingkat kematian bayi, batas atasnya 9 kematian per 1.000 kelahiran (juga dicapai Swedia pada tahun 1973), sedangkan batas bawahnya adalah 229 kematian per 1.000 kelahiran (tingkat kematian bayi tertinggi, di Gabon). Angka Indeks Kualitas Hidup (IKH) dapat diperoleh dengan rumus: di mana IHH adalah indeks harapan hidup, IKB adalah tingkat kematian bayi per 1.000 kelahiran, dan IMH adalah indeks melek huruf.
D. Jawaban anda salah. 

Kunci jawaban soal latihan no. 6
A. Jawaban anda salah.  
B. Jawaban anda salah.  
C. Jawaban anda salah.  
D. Jawaban anda benar. kemiskinan dapat pula kita ukur dengan memperbandingkan tingkat pendapatan orang dengan tingkat pendapatan yang dibutuhkan untuk memperoleh kebutuhan dasarnya. Tingkat pendapatan minimum merupakan pembatas antara keadaan miskin dan tidak miskin atau sering disebut sebagai garis batas kemiskinan. Konsep ini sering disebut dengan kemiskinan absolut. Konsep ini dimaksudkan untuk menentukan tingkat pendapatan minimum yang cukup untuk memenuhi kebutuhan fisik terhadap makanan, pakaian, dan perumahan untuk menjamin kelangsungan hidup.

Kunci jawaban soal latihan no. 7
A. Jawaban anda salah.  
B. Jawaban anda Benar. Menurut Sumodiningrat et al. (1999), penyebab kemiskinan dapat dibedakan menjadi dua faktor, yaitu: Kemiskinan disebabkan oleh faktor eksternal atau faktor yang berada di luar jangkauan individu. Secara konkret, faktor ini merupakan hambatan kelembagaan atau struktur yang menghambat seseorang untuk meraih kesempatan. Artinya, kondisi miskin seseorang bukan terjadi karena seseorang tidak mau bekerja, melainkan karena adanya struktur yang menjadi hambatan. Kemiskinan yang disebabkan oleh faktor eksternal ini biasa disebut kemiskinan struktural.Kemiskinan disebabkan oleh faktor internal yang berasal dari dalam diri seseorang atau lingkungannya. Oleh karena itu, fenomena demikian bukan bermula dari struktur sosial tapi berasal dari karakteristik khas orang miskin tersebut sendiri atau sebagai akibat dari nilai-nilai dan kebudayaan yang dianut sekelompok masyarakat. Kemiskinan yang disebabkan oleh faktor internal ini biasa disebut kemiskinan kultural
C. Jawaban anda salah.  
D. Jawaban anda salah.  

Kunci jawaban soal latihan no. 8
A. Jawaban anda salah.  
B. Jawaban anda Benar. Dari sisi permintaan modal, corak lingkaran kemiskinan mempunyai bentuk yang agak berbeda. Di negara sedang berkembang, faktor pendorong untuk kegiatan investasi relative rendah karena luas pasar untuk berbagai jenis barangnya terbatas. Terbatasnya pasar disebabkan oleh pendapatan masyarakat yang rendah sebagai akibat tingkat produktivitas yang rendah. Produktivitas yang rendah ini bisa terjadi karena tingkat pembentukan modal yang rendah di masa lalu sebagai akibat adanya kekurangan pada faktor pendorong kegiatan investasi.
C. Jawaban anda salah.  
D. Jawaban anda salah.  

Kunci jawaban soal latihan no. 9
A. Jawaban anda salah.  
B. Jawaban anda salah.  
C. Jawaban anda Benar. Intervensi pemerintah di bidang kesehatan masyarakat juga merupakan salah satu alat kebijakan penting untuk mengurangi kemiskinan. Ada tiga faktor utama yang mendasari kebijakan ini. Pertama, berkurangnya beban penderitaan secara langsung dapat memuaskan kebutuhan atas konsumsi barang-barang pokok yang juga merupakan tujuan kebijakan sosial yang sangat penting. Kedua, perbaikan kesehatan akan meningkatkan produkvitas golongan miskin, kesehatan yang lebih baik akan meningkatkan daya kerja, mengurangi hari tidak bekerja dan meningkatkan output energi. Ketiga, penurunan tingkat kematian bayi dan anak-anak secara tidak langsung juga berperan dalam mengurangi kemiskinan yaitu menurunkan tingkat kesuburan, tingkat kematian yang semakin rendah tidak saja membantu para orang tua untuk mencapai jumlah keluarga yang mereka inginkan, namun juga membuat mereka menginginkan keluarga yang yang lebih kecil.
D. Jawaban anda salah.  

Kunci jawaban soal latihan no. 10
A. Jawaban anda salah.  
B. Jawaban anda salah.  
C. Jawaban anda salah.  
D. Jawaban anda Benar. Memasuki masa reformasi, pada masa pemerintahan presiden B.J. Habibie, program pengentasan kemiskinan yang dicanangkan adalah: (1) Jaring Pengaman Sosial (JPS), (2) Program Penanganan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP), (3) Program Pembangunan Prasarana Pendukung Desa Tertinggal (P3DT), dan (4) Program Pengembangan Kecamatan (PPK).

Kunci jawaban soal latihan no. 11
A. Jawaban anda Benar. Selama lebih dari dua atau dekade yang lalu, fokus perhatian ekonomi dunia ditujukan pada berbagai macam upaya guna meningkatkan pertumbuhan pendapatan nasional riil. Para ekonom memandang bahwa pertumbuhan pendapatan nasional riil dapat digunakan sebagai sebuah ukuran kinerja (performance) perekonomian suatu negara
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci jawaban soal latihan no. 12
A. Jawaban anda Benar. Menurut para ekonom, kemajuan teknologi merupakan faktor yang paling penting bagi pertumbuhan ekonomi. Dalam bentuknya yang paling sederhana, kemajuan teknologi disebabkan oleh adanya cara-cara baru atau mungkin cara-cara lama yang diperbaiki dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan tradisional, seperti cara menanam padi, membuat pakaian, atau membangun rumah. Ada tiga macam klasifikasi mengenai kemajuan teknologi yaitu: (1) kemajuan teknologi yang bersifat netral, (2) kemajuan teknologi yang bersifat menghemat tenaga kerja (labor saving), dan (3) kemajuan teknologi yang bersifat menghemat modal (capital saving). Suatu kemajuan teknologi dikatakan mempunyai sifat yang netral jika tingkat output yang dicapai lebih tinggi dari kuantitas dan kombinasi input yang sama. Inovasi-inovasi yang timbul dari adanya pembagian kerja (division of labor) yang tepat akan menghasilkan tingkat output total yang lebih tinggi dan konsumsi yang lebih banyak untuk semua orang. Dalam hubungannya dengan analisis kemungkinan produksi (PPC), kemajuan teknologi dikatakan mempunyai sifat yang netral jika output total mengalami kenaikan sebesar dua kali pada saat semua input produktifnya dikalikan dua
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci jawaban soal latihan no. 13
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda Benar. Menurut Rodrik et al (2000), ada empat fungsi institusi dalam kaitannya dengan mendukung kinerja perekonomian yaitu: Menciptakan pasar (market creating): institusi yang melindungi hak kepemilikan dan memastikan pelaksanaan kontrakMengatur pasar (market regulating): institusi yang bertugas mengatasi kegagalan pasar yakni institusi yang mengatur masalah eksternalitas, skala ekonomi (economies of scale), dan ketidaksempurnaan informasi untuk menurunkan biaya transaksi (misalnya: lembaga-lembaga yang mengatur telekomunikasi, transportasi, dan jasa-jasa keuangan)Menjaga stabilitas (market stabilizing): institusi yang menjaga agar tingkat inflasi rendah, meminimumkan ketidakstabilan makroekonomi, dan mengendalikan krisis keuangan (misalnya: bank sentral, sistem devisa, otoritas moneter dan fiskal)Menglegitimasi pasar (market legitimizing): institusi yang memberikan perlindungan sosial dan asuransi, termasuk mengatur redistribusi dan mengelola konflik (misalnya: sistem pensiun, asuransi untuk pengangguran, dan dana-dana sosial lainnya)
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci jawaban soal latihan no. 14
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda Benar. Tingginya tingkat pertumbuhan produktivitas merupakan salah satu karakteristik pertumbuhan ekonomi moderen. Tingkat produktivitas faktor produksi (tenaga kerja) naik beberapa kali lipat dibandingkan pada masa pra-moderen. Sebagai contoh, diperkirakan bahwa tingkat kenaikan produktivitas sekitar 50 sampai 70 persen. Atau dengan kata lain, kemajuan teknologi yang mampu mendorong peningkatan sumberdaya fisik dan manusia telah memacu peningkatan GNP per kapita
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci jawaban soal latihan no. 15
A. Jawaban anda Benar. Cara lain untuk menganalisis distribusi pendapatan perorangan adalah membuat kurva yang disebut kurva Lorenz yang diambil dari nama Conrad Lorenz, seorang ahli statistika dari Amerika Serikat. Pada tahun 1905, ia menggambarkan hubungan antara kelompok-kelompok penduduk dan pangsa (share) pendapatan mereka.
Gambar diatas menunjukkan bagaimana cara menggambarkan kurva Lorenz tersebut. Jumlah penerima pendapatan digambarkan pada sumbu horisontal, tidak dalam angka mutlak namun dalam persentase kumulatif. Misalnya, titik 20 menunjukkan 20 persen penduduk termiskin (paling rendah pendapatannya), dan pada titik 60 menunjukkan 60 persen penduduk terbawah pendapatannya, dan pada ujung sumbu horisontal menunjukkan jumlah 100 persen penduduk yang dihitung pendapatannya.
Sumbu vertikal menunjukkan pangsa pendapatan yang diterima oleh masing-masing persentase jumlah penduduk. Jumlah ini juga kumulatif sampai 100 persen, dengan demikian kedua sumbu itu sama panjangnya dan akhirnya membentuk bujur sangkar.
Sebuah garis diagonal kemudian digambarkan melalui titik origin menuju sudut kanan atas dari bujur sangkar tersebut. Setiap titik pada garis diagonal tersebut menunjukkan bahwa persentase pendapatan yang diterima sama persis dengan persentase penerima pendapatan tersebut. Sebagai contoh, titik tengah dari diagonal tersebut betul-betul menunjukkan bahwa 50 persen pendapatan diterima oleh 50 persen jumlah penduduk. Demikian juga titik 75 atau 25. Atau dengan kata lain, garis diagonal tersebut menunjukkan distribusi pendapatan dalam keadaan kemerataan sempurna (perfect equality). Oleh karena itu, garis tersebut dapat juga disebut sebagai garis kemerataan-sempurna.  
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci jawaban soal latihan no. 16
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda Benar. Dua keadaan yang berbeda di mana satu keadaan bersifat superior dan keadaan lainnya bersifat inferior yang hidup berdampingan pada ruang dan waktu yang sama. Misalnya, hidup berdampingannya antara metode produksi moderen di perkotaan dengan metode produksi tradisional di perdesaan, antara orang kaya berpendidikan tinggi dengan orang miskin yang tidak berpendidikan sama sekali, antara negara-negara industri yang kuat dan kaya dengan negara-negara lemah. Semua itu merupakan penjelmaan dari keadaan yang dualistis
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci jawaban soal latihan no. 17
A. Jawaban anda Benar. Dualisme teknologi adalah suatu keadaan di mana di dalam suatu kegiatan ekonomi tertentu digunakan teknik produksi dan organisasi produksi yang moderen yang sangat berbeda dengan kegiatan ekonomi lainnya dan pada akhirnya akan mengakibatkan timbulnya perbedaan tingkat produktivitas yang sangat besar. Ada beberapa kegiatan ekonomi yang tergolong dalam sektor moderen, misalnya: industri minyak, industri pertambangan lainnya, perkebunan yang diusahakan secara besar-besaran, industri-industri pengolahan, transportasi, dan sebagainya. Sedangkan kegiatan-kegiatan ekonomi yang teknologinya rendah, misalnya: pertanian pangan, industri rumah tangga, pertanian barang ekspor yang menggunakan metode dan organisasi produksi yang tradisional
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci jawaban soal latihan no. 18
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda Benar. Studi Chris Manning (1980) Manning menunjukkan adanya perbedaan upah dan manajemen pasar tenaga kerja dari pekerja dalam industri manufaktur di Jawa. Manning menyatakan bahwa terjadinya pengelompokkan di pasar tenaga kerja terkait dengan penggunaan teknologi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, berbasis pada pernyataan tersebut, Manning berargumen bahwa kondisi dalam pasar tenaga kerja tersebut membuat pasar tenaga kerja tidak dapat dipisahkan secara dualistik menjadi dua kutub, tetapi harus dikelompokkan menjadi lebih dari dua kelompok, berdasarkan variasi teknologi yang digunakan. Fields (2006) menyebut hal ini sebagai segmentasi pasar tenaga kerja. Menurut Fields, segmentasi pasar adalah suatu kondisi dimana pasar terdiri dari berbagai segmen dengan jenis lapangan kerja yang, secara kualitatif, berbeda. Menurut Manning (1980), terdapat 4 karakteristik utama dari segmentasi pasar tenaga kerja, yaitu: Perbedaan upah yang besar secara terus menerus antara berbagai segmen pasar Adanya konsentrasi pekerja dengan karakteristik yang berbeda (menurut pengalaman, pendidikan, dan jenis kelamin) Mobilitas pekerja antar segmen pasar yang terbatasProduktivitas tenaga kerja lebih tinggi di segmen yang lebih tinggi

Kunci jawaban soal latihan no. 19
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda Benar. Dualisme teknologi akan membawa tiga dampak negatif, yaitu: (1) membatasi kemampuan sektor moderen dalam menciptakan kesempatan kerja, (2) membatasi kemampuan sektor pertanian untuk berkembang, dan (3) memperburuk masalah pengangguran.

Kunci jawaban soal latihan no. 20
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda Benar. Pertumbuhan penduduk, kualitas sumberdaya manusia (SDM) yang rendah, dan sempitnya kesempatan kerja merupakan akar permasalahan kemiskinan. Jadi aspek demografis mempunyai kaitan erat dengan masalah kemiskinan yang dihadapi NSB, termasuk Indonesia, pada saat ini. Daerah miskin sering ditinggalkan penduduknya untuk bermigrasi ke tempat lain dengan alasan mencari kerja. Mereka dapat berpindah secara permanen, menjadi migran ulang-alik, menjadi migran sirkuler yakni bekerja di tempat lain dan pulang ke rumahnya sekali dalam beberapa minggu atau beberapa bulan, atau menjadi migran musiman, misalnya bekerja di kota setelah musim tanam dan musim panen
D. Jawaban anda salah. 

Kunci jawaban soal latihan no. 21
A. Jawaban anda Benar. Malthus menjelaskan tentang adanya kecenderungan umum dari penduduk suatu negara untuk tumbuh menurut deret ukur, yaitu menjadi dua-kali lipat setiap 30-40 tahun. Sementara itu, pada saat yang sama, karena hasil yang menurun dari faktor produksi tanah, persediaan pangan hanya tumbuh menurut deret hitung. Oleh karena laju pertumbuhan persediaan pangan tidak mampu mengimbangi laju pertumbuhan penduduk yang cepat dan tinggi, maka tingkat pendapatan per kapita (dalam masyarakat tani didefinisikan sebagai produksi pangan per kapita) akan cenderung menurun secara terus-menerus, yang menyebabkan jumlah penduduk menjadi tidak stabil, atau hanya sedikit di atas tingkat subsisten. Oleh karena itu, Malthus berkeyakinan bahwa satu-satunya cara untuk menghapuskan tingkat kehidupan yang rendah atau kemiskinan absolut adalah dengan menganjurkan masyarakat untuk menahan hawa nafsu (moral restraint) dan membatasi jumlah keturunannya sehingga Malthus dianggap sebagai "Bapak" dari gerakan pengendalian kelahiran moderen.
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci jawaban soal latihan no. 22
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda Benar. Pengangguran terbuka: baik sukarela (mereka yang tidak mau bekerja karena mengharapkan pekerjaan yang lebih baik) maupun secara terpaksa (mereka yang mau bekerja namun tidak memperoleh pekerjaan)
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci jawaban soal latihan no. 23
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda Benar. Proporsi sektor informal  bisa menjadi salah satu indikator kemajuan yang dicapai oleh suatu perekonomian. Kemajuan perekonomian sebuah negara ditandai dengan adanya transformasi ke arah penurunan pekerja fisik (blue collar) yang merepresentasikan pekerja di sektor informal. Pekerja blue collar dapat dimaknai sebagai pekerja pada pekerjaan yang mengandalkan kekuatan fisik, pada kelompok lapangan usaha di Indonesia dan biasanya dimasukkan ke dalam jenis pekerjaan di sektor usaha pertanian, kehutanan, perburuan, perikanan, tenaga produksi, alat angkut dan pekerja kasar. Di sisi lain, pekerja manajerial (white collar) yang merepresentasikan pekerja sektor formal terdiri dari tenaga profesional, teknisi dan sejenisnya, tenaga kepemimpinan dan ketatalaksanaan, tenaga tata usaha dan sejenisnya, tenaga usaha penjualan, serta tenaga usaha jasa.
D. Jawaban anda salah. 

Kunci jawaban soal latihan no. 24
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda Benar. Pendekatan Wanita dalam Pembangunan (Women in Development) memfokuskan pada bagaimana cara mengintegrasikan wanita dalam berbagai bidang kehidupan, tanpa banyak mempersoalkan sumber-sumber yang menyebabkan posisi wanita dalam masyarakat bersifat inferior, sekunder, dan berada dalam hubungan subordinasi terhadap pria. Dalam pendekatan ini, diasumsikan struktur sosial yang ada dipandang sudah given. Indikator integrasi wanita dalam pembangunan diukur dengan indikator seperti partisipasi angkatan kerja; akses terhadap pendidikan, hak-hak politik dan kewarganegaraan, dan sebagainya

Kunci jawaban soal latihan no. 25
A. Jawaban anda Benar. Migrasi juga sering dianggap sebagai suatu proses yang dapat menghilangkan ketidakseimbangan struktural antara desa-kota dengan dua cara. Pertama, dari sisi penawaran, migrasi internal yang tidak proporsional akan menaikkan tingkat pertumbuhan pencari kerja di perkotaan sehubungan dengan adanya pertumbuhan penduduk perkotaan, karena proporsi dari penduduk usia muda yang berpendidikan cukup baik mendominasi arus migrasi ini. Kehadiran mereka ini cenderung akan menambah pertumbuhan penawaran tenaga kerja perkotaan, sementara itu terjadi penurunan jumlah sumberdaya manusia di perdesaan. Kedua, dari sisi permintaan, penciptaan lapangan kerja di perkotaan relatif lebih sulit daripada penciptaan lapangan kerja di perdesaan karena sektor industri cenderung membutuhkan sumberdaya komplementer (misalnya, modal dan mesin-mesin). Di sisi lain, adanya kenaikan penawaran atas tenaga karja yang begitu cepat dan pertumbuhan permintaan yang lambat cenderung untuk mengubah masalah ketidakseimbangan tenaga kerja dalam jangka pendek menjadi surplus tenaga kerja di daerah perkotaan dalam jangka panjang.
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci jawaban soal latihan no. 26
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda Benar. Aliran-aliran konsesional tersebut secara teknis disebut pinjaman pembangunan resmi atau official development assistance, namun lazimnya dikenal dengan istilah pinjaman luar negeri. Jenis pinjaman ini dapat dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu: (1) pinjaman bilateral, sebuah pinjaman yang diberikan langsung oleh sebuah negara kepada negara lainnya, dan (2) pinjaman multilateral, sebuah pinjaman yang dananya mengalir ke sebuah badan-badan internasional, seperti PBB, Bank Dunia, dan bank pembangunan regional (misalnya, The Asian Development Bank untuk negara-negara di kawasan Asia), yang selanjutnya badan-badan internasional tersebut meminjamkan atau menyalurkan dana yang tersedia ke NSB.
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci jawaban soal latihan no. 27
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda Benar. Aplikasi model Harord-Domar memang relevan untuk dijadikan sebagai basis strategi untuk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi di beberapa negara Eropa Barat dan Jepang yang hancur karena perang dunia kedua. Dalam hal ini, tambahan modal yang disuntikan oleh Amerika Serikat ke sejunmlah negara Eropa Barat dan Jepang melalui Marshal Plan berhasil mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan sejumlah negara tersebut. Di sisi lain, dengan menggunakan pendekatan two gap model, pinjaman dan tabungan luar negeri dipandang sebagai kontributor terbesar untuk investasi atau bisa juga sebagai salah satu instrumen untuk memperbesar impor (melalui penyediaan devisa yang lebih banyak). Karena devisa merupakan faktor yang langka, maka peranan pinjaman luar negeri dalam pertumbuhan ekonomi proporsional dengan kontribusinya untuk peningkatan impor.

Kunci jawaban soal latihan no. 28
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda Benar. Utang luar negeri yang terus bertambah juga dapat terjadi karena adanya kemiskinan yang akut dan berkepanjangan di sejumlah negara berkembang yang disertai dengan masalah kelaparan, gelandangan, dan masalah sosial lainnya, sementara NSB tidak memiliki modal finansial yang mencukupi untuk mengeluarkan masyarakatnya dari masalah kemiskinan tersebut. Akhirnya, utang luar negeri menjadi salah satu cara yang diambil untuk membiayaai pengentasan kemiskinan.
D. Jawaban anda salah. 

Kunci jawaban soal latihan no. 29
A. Jawaban anda Benar. International Monetary Fund (IMF) mendefinisikan krisis utang sebagai suatu kondisi ketika utang yang gagal dibayar atau spread obligasi pada pasar sekunder melebihi batas kritis.
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci jawaban soal latihan no. 30
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda benar. Negara yang menerapkan strategi pembangunan berorientasi ekspor memiliki pertumbuhan ekspor yang sangat cepat dan pertumbuhan ekonomi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan negara yang menerapkan kebijakan substitusi impor sehingga lebih mampu menghindari masalah utang luar negeri. Pencapaian strategi pembangunan berorientasi ekspor memerlukan liberalisasi perdagangan dan peningkatan derajat keterbukaan suatu negara, yang mendorong kompetisi. Selanjutnya, kompetisi akan mendorong peningkatan efisiensi, teknologi, dan produktivitas yang selanjutnya mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi dan kapasitas untuk menangkal kebutuhan akan utang

Kunci jawaban soal latihan no. 31
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda benar.  Undang-undang Nomor 1 Tahun 1967 pasal 1 tentang Penanaman Modal Asing mendefinisikan cakupan penanaman modal asing (PMA) dalam tiga aspek berikut:
alat pembayaran luar negeri yang tidak merupakan bagian dari kekayaan devisa Indonesia, yang dengan persetujuan pemerintah, digunakan untuk pembiayaan perusahaan di Indonesia.alat-alat untuk perusahaan, termasuk penemuan-penemuan baru milik orang asing dan bahan-bahan, yang dimasukkan dari luar ke dalam wilayah Indonesia, selama alat-alat tersebut tidak dibiayai dari kekajaan devisa Indonesia.bagian dari hasil perusahaan yang berdasarkan Undang-undang ini diperkenankan ditransfer, tetapi dipergunakan untuk membiayai perusahaan di Indonesia.
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci jawaban soal latihan no. 32
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda Benar. Penanaman modal asing melalui pembangunan pabrik-pabrik baru  yang berarti juga penambahan output atau produk domestik bruto (PDB), total ekspor  dan kesempatan kerja. Ini merupakan dampak langsung dari adanya PMA. Selanjutnya, pertumbuhan ekspor akan mendorong penambahan cadangan devisa  yang selanjutnya meningkatkan kemampuan dari negara tujuan PMA untuk membayar utang luar negeri  dan impor.
D. Jawaban anda salah. 

Kunci jawaban soal latihan no. 33
A. Jawaban anda Benar. Salah satu faktor yang mendorong tumbuh dan berkembangnya TNC dewasa ini adalah adanya berbagai struktur dan elemen yang memperlancar arus globalisasi. Satu langkah pertama yang dilakukan TNC untuk menyiasati persaingan yang begitu ketat di era globalisasi ini adalah dengan menciptakan mekanisme globalisasi dalam sistem dan proses produksi. Konsolidasi sistem fabrikasi dunia pada dasarnya merupakan usaha penciptaan jaringan produksi dan perdagangan dalam skala global oleh perusahaan-perusahaan TNC.
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci jawaban soal latihan no. 34
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda benar. Kebijakan privatisasi BUMN juga didorong oleh masalah ekonomi (seperti keterkaitan BUMN dengan anggaran pemerintan dan pajak), masalah keuangan (strategi keuangan yang harus diambil dalam kebijakan privatisasi sesuai dengan tujuan privatisasi tersebut), masalah property rights, hukum bisnis dan masalah politik. Kebijakan privatisasi dapat dipakai untuk berbagai alasan, seperti untuk: (1) mendapatkan kas, (2) mendapatkan nilai tukar luar negeri, (3) mendapatkan utang luar negeri, (4) mendorong pengembangan industri yang spesifik, (5) mendorong investasi asing, (6) memperbaiki atau mengembangkan pasar modal, (7) menyebarkan kepemilikan diseluruh sektor ekonomi, dan (8) implementasi pasar bebas. Program privatisasi juga dapat membantu pemerintah untuk mengurangi defisit anggaran dengan mengakhiri biaya subsidi bagi BUMN.
D. Jawaban anda salah. 

Kunci jawaban soal latihan no. 35
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda benar. Management/Employee Buy Out, pelaksanaannya dengan mengalokasikan sejumlah saham untuk dibeli oleh para manajer dan karyawan BUMN, atau koperasi karyawan BUMN. Strategi ini sesuai untuk transfer kepemilikan BUMN dari pemerintah kepada para manajer dan karyawan BUMN. Dengan memiliki saham, para manajer dan karyawan BUMN diharapkan akan bekerja lebih serius, sehingga kinerja BUMN akan meningkat. Strategi ini juga sesuai untuk BUMN yang akan diprivatisasi, namun belum layak untuk melakukan public offering karena kinerjanya yang belum memenuhi standar
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci jawaban soal latihan no. 36
A. Jawaban anda benar. Perusahaan Perseroan, yang selanjutnya disebut Persero, adalah BUMN yang berbentuk perseroan terbatas yang modalnya terbagi dalam saham yang seluruh atau paling sedikit 51 % (lima puluh satu persen) sahamnya dimiliki oleh Negara Republik Indonesia yang tujuan utamanya mengejar keuntungan
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci jawaban soal latihan no. 37
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda Benar. Proses industrialisasi dan pembangunan industri ini sebenarnya merupakan satu jalur kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dalam dua pengertian sekaligus, yaitu tingkat hidup yang lebih maju dan taraf hidup yang lebih berkualitas. Atau dengan kata lain, pembangunan industri itu sendiri merupakan suatu fungsi dari tujuan pokok kesejahteraan rakyat, bukan merupakan kegiatan mandiri yang hanya sekedar berorientasi pada pemenuhan kebutuhan fisik belaka.
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci jawaban soal latihan no. 38
A. Jawaban anda benar. Permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan kebijakan industri substitusi impor (ISI) di berbagai NSB, yaitu: Pertama, kualitas barang yang dihasilkan. Kualitas barang yang dihasilkan di dalam negeri sebagai barang substitusi impor seringkali jauh lebih rendah daripada hasil produksi luar negeri. Kualitas barang yang rendah ini akan sulit untuk diekspor. Dengan demikian, ISI ini bukannya menghemat penggunaan devisa namun juga menurunkan penerimaan ekspor. Kedua, biaya produksi. Pada tahap awal industrialisasi, biasanya dibutuhkan biaya yang sangat besar yang digunakan untuk mendidik tenaga kerja, membeli mesin-mesin, dan membeli bahan-bahan baku yang diperlukan. Jadi, modal yang dibutuhkan sangatlah banyak. Oleh karena sebagian besar NSB hanya memiliki modal dalam jumlah yang sedikit, maka dalam tahap awal industrialisasinya mereka terpaksa mendatangkan modal dan tenaga kerja dari luar negeri.
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci jawaban soal latihan no. 39
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda Benar. Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang memiliki, dikuasai atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar yang memenuhi kriteria sebagai berikut:
memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) sampai dengan paling banyak Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha; ataumemiliki hasil penjualan tahunan lebih dari Rp300.000.000,00 (tiga ratus juta rupiah) sampai dengan paling banyak Rp2.500.000.000,00 (dua milyar lima ratus ribu rupiah).
D. Jawaban anda salah. 

Kunci jawaban soal latihan no. 40
A. Jawaban anda Benar. Berbagai kebijakan dan upaya tersebut tidak membawa hasil yang, secara nyata, mendorong pengembangan IKM. Hal ini, antara lain, terjadi karena: Jumlah pelaku IKM yang dapat mengakses bentuk pelaksanaan kebijakan dan upaya tersebut sangat rendah. Terkait dengan hal ini, seringkali terdapat perlakuan yang berbeda antara IKM dengan skala usaha dalam mengakses suatu kebijakan atau program.Asistensi yang diberikan tidak mampu mendorong pertumbuhan dan penciptaan tenaga kerja IKM. Hal ini dapat terjadi karena materi asistensi tidak mencukupi (tidak sesuai) dengan kondisi pelaku IKM.Program seringkali hanya bersifat jangka pendek (tidak berkelanjutan).
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 







Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka


Artikel Terkait

Previous
Next Post »