Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Sejarah Kebangsaan Inggris BING3327

6:00:00 am

Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Sejarah Kebangsaan Inggris BING3327 Universitas Terbuka yang berisi 45 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Sejarah Kebangsaan Inggris BING3327, Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%.


Kunci Jawaban Soal Latihan No. 1
A. Orang-orang Neanderthal[1] datang dan menetap di Inggris yang menggantikan homo erectus sekitar tahun 230.000 SM. Bukti atas keberadaan mereka dengan ditemukannya alat-alat yang terbuat dari batu api yang biasa mereka pergunakan sehari-hari di daerah Kent, wilayah selatan Inggris. Jawaban yang Anda pilih BENAR!. [1] Manusia yang memiliki budaya membuat alat-alat dari batu api
B. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 2
A. Tahun hampir berakhirnya zaman es dan Inggris dihuni oleh sekelompok kecil manusia yang hidup dari berburu dan menangkap ikan. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Tahun munculnya manusia modern. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. Sejalan dengan berakhirnya zaman es dan menjadi sebuah pulau yang terpisah dari daratan Eropa, Inggris memasuki babak baru, yaitu zaman Neoliticum[1] (zaman batu baru) yang dimulai sekitar tahun 4000 SM. Jawaban yang Anda pilih BENAR!. [1] Zaman pada saat manusia membuat alat-alat dari batu dengan cara yang lebih halus
D. Tahun berakhirnya zaman Es. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 3
A. Mereka disebut manusia gerabah karena memiliki kepandaian membuat gerabah/benda-benda yang terbuat dari tanah, seperti perlengkapan yang mereka gunakan untuk minum yang banyak ditemukan di seputar bekas kuburan golongan bangsawan dari manusia gerabah. Mereka diidentifikasi masuk melalui Cornwall dan Devon di pantai barat laut Inggris. Jawaban yang Anda pilih BENAR!
B. Bukan melalui tempat ini. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. Bukan melalui pegunungan. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Bukan melalui tumpangan. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 4
A. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Jauh sebelum kedatangan bangsa Kelt, Inggris telah dihuni oleh kelompok masyarakat yang multirasial. Di antara kelompok masyarakat di kepulauan Britania tersebut bangsa Iberia merupakan kelompok yang dominan. Jawaban yang Anda pilih BENAR!
C. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 5
A. Bentuk kerja sama masyarakat Anglo-saxon tercermin dari berdirinya berbagai manor (rumah besar) di beberapa tempat. Bangunan tersebut biasanya digunakan oleh petani untuk membayar upeti (pajak) kepada raja serta digunakan sebagai markas anggota pasukan keamanan Anglo-Saxon yang disebut Fyrd. Jawaban Anda SALAH!
B. Bangsa Anglo-Saxon membagi tanah menjadi sebuah wilayah administrasi baru berdasarkan pada shire, dalam bahasa Saxon berarti county atau pedesaan. Setiap shire dipimpin oleh seorang shire reeve atau sheriff yang berfungsi sebagai wakil raja di daerah. Jawaban Anda SALAH!
C. Di setiap manor dipilih seorang lord of manor atau elderman sebagai ketua dan bertanggung jawab atas keamanan di lingkungannya serta pembagian lahan pertanian. Jawaban Anda BENAR!
D. Jawaban Anda SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 6
A. Tahun ketika rohaniawan keturunan Irlandia, Columba, mampu menembus menyebarkan agama Kristen di kerajaan Northumbria di bawah koordinasi pendeta Aidan. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Penyebaran agama Kristen di Inggris untuk kedua kalinya dimulai pada tahun 597M dengan mengirim Pendeta Augustine ke Inggris oleh Paus Gregory. Jawaban yang Anda pilih BENAR!
C. Tahun pertama ketika Theodorus menjabat sebagai Uskup Agung di Inggris. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Tahun ketika raja Northumbria memutuskan untuk mendukung gereja Roma. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 7
A. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Strategi bangsa Skandinavia untuk menundukkan bangsa Anglo Saxon yang telah mapan yaitu dengan menerima ajaran agama Kristen dan dengan cepat beradaptasi dengan penduduk setempat dan perlahan-lahan mereka mampu menguasai daerah bagian utara dan timur Inggris tanpa ada kecurigaan dari penguasa kerajaan Anglo Saxon. Sedangkan untuk menjaga superioritasnya di tanah jajahan, mereka memberlakukan sistem hukum bangsa Denmark di daerah yang dikuasainya. Mereka kemudian menyebut daerah yang dikuasainya dengan nama Danelaw, yaitu wilayah di mana hukum bangsa Denmark diberlakukan. Jawaban yang Anda pilih BENAR!
C. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Jawaban yng Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 8
A. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. Nama Wales berasal dari bahasa Anglo-Saxon ‘Welsh’ untuk menyebut bangsa Kelt yang lari ke Semenanjung Welsh. Sedangkan orang-orang Kelt lebih suka menyebut dirinya dengan cymry, artinya orang-orang desa. Jawaban yang Anda pilih BENAR!
D. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 9
A. Guna memperlancar rencananya, yaitu untuk mengimbangi kekuatan Godwin, Earl of Wessex, pada tahun 1045 Edward menikahi putri Godwin yang bernama Edith. Jawaban yang Anda pilih BENAR!
B. Tahun kembalinya Godwin bersama putranya, harold, ke Inggris. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. Tahun meninggalnya Godwin yang kemudian digantikan oleh putranya, Harold. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Tahun Harold, yang menggantikan godwin, menaklukkan Wales. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 10
A. Sistem feodalisme pada zaman Anglo Saxon masih belum mantap. Hal ini terbukti oleh banyaknya para freemen di daerah utara yang merupakan nenek moyang dari para yeomen, yaitu orang bebas dan bukan bangsawan yang masih memiliki tanah sendiri. Jawaban yang Anda pilih BENAR!
B. Para laet yang tergolong sebagai orang-orang bebas. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. Orang-orang yang tidak memiliki tanah. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Orang-orang yang memiliki tanah dan rumah sendiri. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 11
A. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Untuk pertama kali perang seratus tahun dinyatakan secara resmi oleh Raja Edward III pada tahun 1337 dan berlangsung hingga tahun 1356. Perang kedua antara Inggris dan Perancis kembali berkecamuk pada tahun 1369. Tahap ketiga perang seratus tahun antara Inggris melawan Perancis terjadi antara tahun 1399 – 1420. Sedangkan periode keempat perang seratus tahun terjadi antara tahun 1422-1453. Jawaban yang Anda pilih BENAR!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 12
A. Dinobatkannya raja Richard II menjadi raja Inggris pada usia 10 tahun.
B. Terbunuhnya wat Tyler, salah seorang pemberontak, oleh raja Richard II keika ia berusia 14 tahun.
C. Richard menggandeng parlemen mencoba menerbitkan undang-undang untuk mencegah kerusuhan yang sering dilakukan oleh para tentara sewaan sepulangnya dari perang. Namun sayang, pemberlakuan undang-undang tersebut tidak bisa efektif dalam mencegah kebiasaan para tentara bayaran. Jawaban yang Anda pilih BENAR!
D. Berakhirnya kekuasaan raja Richard II.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 13
A. Tahun masa pemerintahan raja Henry IV. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Tahun raja Henry V memerintah kerajaan Inggris. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. The War of The Roses adalah perang saudara (civil war) yang terjadi di Inggris antara dua kelompok kekuatan yang berpengaruh pada masa itu, yaitu kelompok pendukung Lancester (Lancesterian) dan kelompok pendukung York (Yorkist). Perang ini berlangsung secara terputus-putus antara tahun 1453 - 1485. Jawaban yang Anda pilih BENAR!
D. Tahun masa berkuasanya raja Edward IV setelah menyingkirkan raja Henry VI. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 14
A. Usia Edward VI ketika naik tahta. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Usia Mary Tuors naik tahta. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. Henry VIII naik tahta pada usia 17 tahun menggantikan ayahnya yang meninggal pada tahun 1509. Jawaban yang Anda pilih BENAR!
D. Usia raja Henry III memegang kekuasan penuh setelah 16 tahun di bawah bimbingan suatu dewan yang terdiri atas justiciar dan uskup yang memerintah atas nama raja. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 15
A. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Edward VI naik tahta ketika berumur 9 tahun menggantikan ayahnya yang meninggal, raja Henry VIII. Walaupun masih belia, namun tubuhnya tegap dan secara intelektual Edward VI telah dewasa melebihi usianya. Dia juga fasih berbahasa Yunani dan Latin. Jawaban yang Anda pilih BENAR!
C. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 16
A. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Bahasa yang dikuasai Edward IV.  Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Semasa kecil Elizabeth mendapat pendidikan yang sangat baik. Dua orang sarjana terkemuka saat itu yakni William Grindal dan Roger Asham menjadi pengajar pribadi ratu Elizabeth. Tidaklah mengherankan bahwa ketika dewasa Elizabeth telah berhasil menguasai lima bahasa. Jawaban yang Anda pilih BENAR!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 17
A. Jumlah anak Henry I.  Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Jumlah anak William I.  Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. Charles I menpunyai anak lebih dari delapan.  Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Charles I dianugerahi empat anak laki-laki dan lima anak perempuan. Mereka adalah Charles yang meninggal ketika masih umur belasan tahun, Charles (anak kedua) yang kemudian menjadi penerus ayahnya bergelar Charles II dan James, selanjutnya Henry. Sedangkan anak perempuan Charles I adalah Mary, Elizabeth, Anne Chaterine dan Henrietta Anne. Jawaban yang Anda pilih BENAR!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 18
A. Dalam perang sipil kedua New Model Army yang dipimpin oleh Oliver Cromwell berhasil mengalahkan parlemen dan akhirnya Oliver Cromwell menyatakan dirinya sebagai kepala negara Inggris yang baru. Setelah Oliver Cromwell berkuasa, dia segera menggantung Raja Charles I. Jawaban yang Anda pilih BENAR!
B. Pangeran dari Belanda yang menginvasi Inggris dengan membawa bala tentara pada tanggal 30 Juni 1688. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. Seorang bangsa Skotlandia yang melakukan perlawanan terhadap pasukan Inggris yang berada diwilayahnya. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Pendiri Industri percetakan pertama di Inggris. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 19
A. Tahun ketika Charles II menghadiahkan daratan Amerika Utara kepada delapan bangsawan yang telah berhasil menghantarkannya menjadi raja Inggris. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Kala itu armada Belanda berhasil memasuki sungai Thames dan berhasil memporak-porandakan armada Inggris dan sebagian besar kapal Inggris berhasil ditenggelamkan. Satu kapal mewah tidak dihancurkan oleh armada Belanda, yaitu kapal kerajaan berhasil yang akhirnya diboyong ke negeri Belanda sebagai tropi kemenangan. Jawaban yang Anda pilih BENAR!
C. Tahun ketika berakhirnya perang antara Inggris dengan Belanda setelah ditandatanganinya perjanjian yang dikenal dengan Treaty of Breda. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Tahun ketika Inggris, dipimpin oleh Charles II, membuat kesepakatan dengan Swedia dan Belanda. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 20
A. James II tidak pernah menjadi penasehat Raja. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. James II tidak pernah menjadi ketua parlemen Inggris. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. James II adalah anak dari Charles I. James II adalah sosok yang sebenarnya telah dipersiapkan lama menjadi pemimpin. Dia adalah penganut agama Katolik Roma. Semasa pemerintahan Charles II, James pernah menjabat sebagai Gubernur di Skotlandia. Jawaban yang Anda pilih BENAR!
D. James II tidak pernah menjadi Panglima Angkatan Laut Inggris. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 21
A. Sekelompok masyarakat suku kelt yang dipimpin oleh suatu kasta pendeta. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Sekelompok bangsawan. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Pada tanggal 30 Juni 1688 sekelompok bangsawan yang dikenal dengan Immortal Seven meminta Raja William of Orange untuk menginvasi Inggris dengan membawa bala tentara. Jawaban yang Anda pilih BENAR!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 22
A. Tahun ketika mendaratnya pasukan William of Orange di Inggris tepatnya pada tanggal 5 November 1688. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Tahun ketika William of Orange berhasil memadamkan pertempuran yang dikenal dengan nama The Battle of Boyne tepatnya pada tanggal 1 Juli 1690. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. Tahun ketika ratu Anne naik tahta. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Pada masa pemerintahan ratu Anne, untuk pertama kalinya pemerintahan Skotlandia, Inggris, dan Wales bersatu pada tahun 1707. Jawaban yang Anda pilih BENAR!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 23
A. Salah seorang negarawan Inggris. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Setelah Revolusi Perancis, tak satu pun Perdana Menteri di Inggris dipersiapkan untuk mempromosikan perubahan parlemen. Namun demikian, oposisi Whig menggunakan masalah ini sebagai platform pemilihan umum dan Earl Grey mengkampanyekan suatu rancangan umum mengenai undang-undang reformasi sejak awal 1793. Jawaban yang Anda pilih BENAR!
C. Salah satu anggota Masyarakat Anti Perbudakan. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Salah satu anggota Masyarakat Anti Perbudakan. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 24
A. Tahun ketika Inggris meloloskan undang-undang bantuan orang miskin yang dikenal sebagai kewajiban negara bagi orang miskin. Hal ini menyebabkan adanya keharusan pajak daerah. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Tahun 1700, balai-balai kerja dididirikan sebagai tempat bagi orang miskin yang diharapkan dapat menolong dirinya sendiri dengan bekerja. Jawaban yang Anda pilih BENAR!
C. Tahun ketika Perdana Menteri Earl Grey mendirikan Komisi Hukum tentang Orang Miskin untuk memeriksa kinerja dari sistem undang-undang itu di Inggris. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Tahun diterbitkannya Undang-undang Amandemen Hukum Orang Miskin. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 25
A. disebut Coloniae. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. disebut Municipa. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. disebut Civitas. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Peninggalan di bidang pertanian adalah tumbuhnya daerah pertanian yang luas yang kerap disebut dengan Villas. Setiap daerah pertanian ini dikuasai oleh seorang bangsawan ketrurunan Roma dan memiliki banyak pekerja. Biasanya villas ini letaknya tidak jauh dari kota dan didukung dengan sarana jalan yang bagus sehingga mempermudah transportasi pengangkutan hasil pertanian. Jawaban yang Anda pilih BENAR!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 26
A. William II menjadi raja Inggris karena pemberian dari bapaknya. William II yang lebih dikenal dengan William the Rufus (dalam bahasa Latin berarti merah karena memang dia memiliki rambut dan wajah yang merah) yang dinobatkan menjadi raja Inggris pada tahun 1087. Jawaban yang Anda pilih BENAR!
B. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 27
A. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. Magna Charta terdiri atas 63 pasal yang merupakan rumusan tentang tuntutan-tuntutan para vassal mengenai hak dan kewajiban serta perlindungan hukum. Beberapa poin penting yang terkandung didalamnya, antara lain: 1. Semua pajak tambahan harus mendapatkan persetujuan dari The Great Council (Majelis Agung) terlebih dahulu. 2. Penangkapan terhadap freeman (orang bebas) tanpa didasari oleh penilaian yang sah dari orang tersebut ataupun tanpa didasari oleh hukum yang berlaku adalah melawan hukum. 3. Ditugaskannya 25 barons untuk mengawasi sejauh mana pentaatan raja terhadap pasal-pasal dari Magna Charta. Bilamana raja melakukan penyimpangan maka para barons tersebut berhak memaksa raja dengan kekuatan senjata. Jawaban yang Anda pilih BENAR!
D. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 28
A. lasan diterbitkannya Charters of Freedom. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Disebut The War of Roses. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. Robert Bruce adalah seorang bangsa Skotlandia yang melakukan perlawanan terhadap pasukan Inggris yang berada diwilayahnya. Puncak perjuangan dari Bangsa Skotlandia adalah dengan keluarnya Declaration of Arboath tahun 1320 yang isinya adalah bangsa Skotlandia bebas memilih rajanya sendiri dan kemerdekaan yang diraih adalah rahamat dari Tuhan. Jawaban yang Anda pilih BENAR!
D. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 29
A. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Pasukan Inggris mengalahkan pasukan Perancis tiga kali dalam setahun di Agincourt terkait dengan dua hal yaitu pertama, kondisi dalam negeri Inggris yang aman dan damai. Kedua, pada saat itu raja Perancis sedang menderita sakit jiwa. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika dalam agresinya Henry V kali ini bersama pasukannya banyak memenangkan pertempuran melawan pasukan Perancis. Jawaban yang Anda pilih BENAR!
C. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 30
A. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Kekalahan Inggris dalam perang seratus tahun ternyata membawa dampak positif terhadap perkembangan bahasa Inggris. Setelah perang seratus tahun berakhir, bahasa Inggris mulai menggeser posisi bahasa Perancis di kalangan bangsawan. Kekalahan Inggris dari Perancis menyebabkan para bangsawan kehilangan kontak dengan vassalnya yang ada di Perancis sehingga secara perlahan bahasa Perancis mulai dilupakan oleh para bangsawan, dan sebaliknya mereka mulai menggunakan bahasa Inggris. Selanjutnya, bahasa Inggris dijadikan bahasa resmi dan digunakan dalam dunia hukum dan pengajaran di sekolah. Jawaban yang Anda pilih BENAR!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 31
A. Jawaban yang Anda pilih BENAR!
B. Disebut traitor. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. Disebut Coroner pada zaman Richard I. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Disebut Speaker. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 32
A. Memiliki julukan Beauclerc. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Pada tahun 1715, George dihadapkan pada pemberontakan yang dilakukan oleh kaum Jacobites3 yang mencoba memprovokasi James Francis Edward Stuart atau James III atau yang kemudian dikenal dengan The Old Pretender. Jawaban yang Anda pilih BENAR!
C. Memiliki julukan Coeur de Lion atau The Lionheart. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Memiliki julukan William the Rufus. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 33
A. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. Raja George III banyak diilhami oleh gagasan-gagasan Bolingbroke, seorang politisi dari Partai Tory.  Dalam karyanya yang berjudul Patriot King, menurut Bolingbroke, seorang raja bukan hanya menjadi simbol, namun dia adalah penguasa pemerintahan tunggal.  Raja harus berdiri sendiri di atas partai politik, sedangkan kabinet adalah hamba-hamba raja. Jawaban yang Anda pilih BENAR!
D. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 34
A. Disebut major barons. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Disebut minor barons. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Kaum yang setia kepada pemerintahan kerajaan Inggris. Jawaban yang Anda pilih BENAR!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 35
A. Disebut open field. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Disebut open field system. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. Pada awal pertengahan abad ke-18, desa-desa di Inggris masih sangat sepi. Para penduduk desa yang bermata pencaharian petani hidup mengelompok di tengah-tengah lahan pertanian milik para lord yang dikerjakan bersama-sama atau disebut dengan ladang umum (common field) dan masih terbuka (open field). Jawaban yang Anda pilih BENAR!
D. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 36
A. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. Penduduk kota-kota di Inggris pada abad ke-18 terdiri atas 4 kelompok, yaitu pengusaha kaya, pengusaha dan pedagang biasa, pekerja yang terampil, serta para buruh yang tidak pasti dengan masa depannya. Mereka hidup secara harmonis. Bahkan keharmonisan kota London telah membuat heran para wisatawan asing karena mereka tidak melihat adanya perbedaan yang mencolok antar golongan. Semua penduduk kota London hidup menyatu tanpa menampakkan ciri kelas sosial mereka meskipun secara pendapatan sangat jauh berbeda. Sebagai contoh, seorang duke of Newcastle memiliki pendapatan £100.000 per tahun, sedangkan pendapatan seorang pekerja yang menggarap tanahnya hanya £ 15 per tahun. Jawaban yang Anda pilih BENAR!
D. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 37
A. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. Revolusi Perancis digerakkan oleh kaum intelektual dari kalangan borjuis, seperti Montesquiue , Rousseau, dan Voltaire yang diikuti oleh kaum urban dan golongan pekerja pabrik. Revolusi tersebut begitu menakutkan negara-negara Eropa lainnya sebab merupakan perpaduan antara pertumbuhan kondisi objektif di Perancis dan gagasan-gagasan revolusioner mengenai nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan yang tercermin dalam slogan "Liberte, Egalite, dan Fraternite" (Kebebasan, Kesamaan/Kesetaraan, dan Persaudaraan). Jawaban yang Anda pilih BENAR!
D. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 38
A. Undang-undang Penghapusan Perbudakan merupakan titik kulminasi dari kampanye yang berkepanjangan yang telah dimulai sejak abad XVIII. Penyusunan undang-undang ini diakhiei dengan adanya Jamaica Act (Undang-undang Jamaika tahun 1839). Parlemen meloloskan Undang-undang Penghapusan Perbudakan pada tahun 1833. Jawaban yang Anda pilih BENAR!
B. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 39
A. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Enam tuntutan perubahan sosial dari People's Charter (Piagam Rakyat) adalah : hak pilih universal bagi laki-laki;kartu suara yang rahasia;dicabutnya persyaratan kekayaan bagi anggota parlemen;gaji bagi anggota parlemen;daerah pemilihan seimbang dengan jumlah orang yang diwakilinya;parlemen dipilih setiap tahun.  Jawaban yang Anda pilih BENAR!
C. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 40
A. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. Undang-undang Jagung ini dibenci oleh masyarakat yang tinggal di kota London yang tengah tumbuh pesat. Masyarakat itu benci karena merekalah yang harus membayar tinggi harga roti. Jawaban yang Anda pilih BENAR!
D. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 41
A. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Benyamin Disraeli (1804-1881) adalah warga Inggris keturunan Yahudi. Setelah empat kali mengajukan diri menjadi anggota parlemen, pada tahun 1837 akhirnya dia terpilih dan dengan cepat dia berkembang menjadi politisi handal. Jawaban yang Andailih BENAR!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 42
A. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Kebencian bangsawan Inggris tidak hanya terbatas pada bangsa Roma namun mereka mulai membenci Raja Henry III. Perasaan antipati ini diawali dari pemberian jabatan-jabatan penting kepada teman-teman raja yang berasal dari Perancis. Mereka mulai merasa tersaingi dengan kedatangan orang asing dinegerinya. Politik luar negeri yang buruk dan sangat mahal terlihat dari kegagalan Henry III dalam usaha merebut kembali tanah-tanah bekas kekuasaannya keluarga Plantagenet di Perancis yang tidak memperoleh hasil. Titik puncak kejengkelan adalah ketika Henry  III terprovokasi oleh politik gereja Roma untuk merebut tahta kerajaan Sisilia yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan kepentingan bangsa Inggris. Jawaban yang Anda pilih BENAR!
C. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 43
A. Dalam parlemen, status dari para knights dalam sidang parlemen masih belum mutlak.  Mereka diperbolehkan berbicara, tetapi hanya sebatas untuk menjawab pertanyaan apabila diinginkan. Kondisi ini mendorong para knights untuk memperlihatkan eksistensi mereka dalam setiap sidang parlemen. Mereka mulai membentuk majelis tersendiri dengan nama House of Common yang kemudian warga kota dan para knights mulai mengadakan sidang tidak resmi untuk memusyawarahkan jawaban kolektif jika mereka diminta oleh para lords. Mereka memilih seorang "speaker" (juru bicara) sebagai wakil golongan commons dalam sidang pleno. Pada akhirnya speaker ini berubah menjadi ketua House of Common. Jawaban yang Anda pilih BENAR!
B. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 44
A. Edward dinobatkan sebagai raja Inggris dengan gelar Edward I pada tahun 1273 setelah raja Henry III meninggal. Dalam menjalankan pemerintahannya Edward I tidak lagi tertarik untuk merebut kembali wilayah yang kini dikuasai oleh Perancis. Sebaliknya dia memiliki ambisi yang besar, yaitu ingin mempersatukan wilayah di seluruh Britain. Jawaban yang Anda pilih BENAR!
B. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
C. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Jawaban yang Anda pilih SALAH!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 45
A. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
B. Menjelang tahun 1250M di Inggris telah berdiri kota-kota baru yang mengandalkan pada dunia perdagangan. Namun demikian, di antara kota-kota tersebut masih banyak yang berdiri di atas tanah feodal. Untuk mengimbangi kekuasaan pada bangsawan lokal, pemerintah pusat pun menempuh berbagai cara untuk mendapatkan keuntungan dari berdirinya kota-kota baru. Untuk itu raja melarang pada tuan tanah setempat untuk memiliki kekayaan di wilayah lain, kemudian menerbitkan piagam yang disebut "Charters of freedom" untuk dijual kepada kota yang baru lahir dengan tujuan membebaskan para penduduk kota dari kewajiban membayar pajak feodal kepada tuan tanah setempat. Jawaban yang Anda pilih BENAR!
C. Jawaban yang Anda pilih SALAH!
D. Jawaban yang Anda pilih SALAH!





Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »