Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Writing II BING3304

6:00:00 am
Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Writing II BING3304 Universitas Terbuka yang berisi 10 soal pilihan ganda, 10 mencari kesalahan kata dan meneruskan sebuah cerita. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Writing II BING3304, Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%.



Kunci Jawaban Soal Latihan No. 1
A. Kata kerja di atas menunjukkan kata kerja bentuk present (plant) sedangkan keterangan waktu pada kalimat di atas mengacu kepada keterangan waktu bentuk simple past tense. Jawaban Anda kurang tepat!
B. Kata kerja di atas menunjukkan kata kerja bentuk present (plant) khususnya yang digunakan oleh orang ketiga tunggal (adanya penambahan huruf s). Jawaban Anda kurang tepat!
C. Jawaban Anda benar! Kalimat di atas adalah bentuk kalimat past tense yaitu kalimat yang digunakan untuk menyatakan kejadian yang telah terjadi di masa/waktu lampau. Kalimat bentuk past tense ini menggunakan bentuk kata kerja ke 2 dengan diikuti bentuk keterangan waktu lamapu (pada kalimat ini: last year)
D. Kata kerja planting adalah bentuk dari present participle yang terlebih dahulu harus diikuti oleh be (is, am, are) yang bisa berarti sedang atau akan. Jawaban Anda kurang tepat!


Kunci Jawaban Soal Latihan No. 2
A. Jawaban Anda benar! Kalimat di atas menggunakan Present Perfect Progressive Tense yang menyatakan kejadian yang masih dilakukan sampai sekarang yang telah dimulai pada waktu tertentu.
B. Bentuk waktu yang digunakan adalah Present Perfect yang menunjukkan kejadian yang telah dimulai pada waktu tertentu dan telah pula selesai dilaksanakan. Jawaban Anda kurang tepat!
C. Bentuk waktu yang digunakan adalah Simple Past yang menunjukkan sautu keajdian yang dimulai pada waktu tertentu dan selesai pada waktu tertentu pula. Jawaban Anda kurang tepat!
D. Bentuk waktu yang digunakan adalah Past Perfect yang menunjukkan kejadian yang telah dimulai pada waktu tertentu dan telah pula selesai dilaksanakan di masa lampau. Jawaban Anda kurang tepat!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 3
A. Kata kerja di atas menunjukkan bentuk kata kerja murni sedangkan keterangan waktu pada kalimat di atas mengacu kepada keterangan waktu bentuk simple present tense yang diikuti oleh subyek orang ketiga tunggal. Jawaban Anda kurang tepat!
B. Jawaban Anda benar! Kalimat di atas adalah bentuk kalimat present tense yaitu kalimat yang mengungkapkan kegiatan yang dilakukan secara rutin. Kata kerja yang digunakan dalam kalimat bentuk present tense ini adalah kata kerja bentuk pertama (basic verb). Keterangan waktu yang ditunjukkan pada kalimat ini adalah every day.
C. Kata ini bukanlah kata kerja melainkan kata sifat. Kalimat di atas membutuhkan kata kerja. jawaban Anda kurang tepat!
D. Kata kerja reading adalah bentuk dari present participle yang terlebih dahulu harus diikuti oleh be (is, am, are) yang bisa berarti sedang atau akan. Jawaban Anda kurang tepat!


Kunci Jawaban Soal Latihan No. 4
A. Kalimat di atas adalah kalimat Passive Voice yaitu kalimat yang bermakna pasif. Kata kerja yang digunakan dalam Passive Voice ini adalah kata kerja bentuk Past Participle atau kata kerja bentuk ke 3 yang terlebih dahulu harus diikuti oleh to be. Jawaban Anda kurang tepat!
B. Kalimat di atas adalah kalimat Passive Voice yaitu kalimat yang bermakna pasif. Kata kerja yang digunakan dalam Passive Voice ini adalah kata kerja bentuk Past Participle atau kata kerja bentuk ke 3 yang terlebih dahulu harus diikuti oleh to be. Jawaban Anda kurang tepat!
C. Kalimat pasif di atas menggunakan bentuk waktu simple past dengan adanya keterangan waktu "... minggu lalu." Jawaban Anda kurang tepat!
D. Jawaban Anda benar! Kalimat di atas adalah kalimat pasif dengan bentuk waktu simple past. Pola dalam bentuk kalimat pasif ini adalah subyek diikuti oleh to be dan kata kerja bentuk past participle atau kata kerja bentuk ke 3.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 5
A. Fluent adalah kata sifat. Sedangkan kalimat di atas membutuhkan kata keterangan (adverb). Jawaban Anda kurang tepat!
B. Jawaban Anda benar! Bentuk kata fasih dalam kalimat ini adalah bentuk kata keterangan. Perubahan bentuk kata fasih atau fluent, sebagai kata sifat (adjective), ke bentuk kata keterangan (adverb) adalah fluently.
C. Fluency adalah kata benda. Sedangkan kalimat di atas memerlukan kata keterangan (adverb).
D. Fluencies adalah bentuk jamak dari kata benda fluency. Jawaban Anda kurang tepat!


Kunci Jawaban Soal Latihan No. 6
A. Kalimat di atas adalah kalimat Reported Speech dalam bentuk waktu lampau (past). Oleh karena itu bentuk kata kerja dalam kalimat laporannya harus bentuk kata kerja lampau. Jawaban Anda kurang tepat!
B. Bentuk ini digunakan untuk menyatakan kejadian yang belum terjadi atau yang akan direncanakan. Jawaban Anda kurang tepat!
C. Jawaban Anda Benar! Kalimat di atas adalah bentuk kalimat Repoted Speech yaitu bentuk kalimat laporan di mana kalimat yang laporkan atau yang diutarakan harus berbentuk lampau (past).
D. Bentuk dari modals atau auxiliary verbs harus diikuti oleh kata kerja murni. Jawaban Anda kurang tepat!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 7
A. Kalimat di atas adalah kalimat berbentuk Question Tag negatif maka penekannya harus positif. Jawaban Anda kurang tepat!
B. Jawaban Anda Benar! Kalimat di atas adalah kalimat Question Tag yaitu kalimat yang mengandung penekanan pernyataan di akhir kalimat. Bila kalimat pernyataan yang tertera positif maka penekanannya negatif begitu pula sebaliknya. Bentuk waktu dalam Question Tag ini harus setara antara kalimat pernyataan dan penekanannya.
C. Kalimat di atas adalah kalimat berbentuk Question Tag negatif dengan terdapat to be dalam kalimatnya bukan kata kerja. Jawaban Anda kurang tepat!
D. Kalimat di atas adalah kalimat berbentuk Question Tag negatif dengan terdapat to be dalam kalimatnya bukan kata kerja. Jawaban Anda kurang tepat!


Kunci Jawaban Soal Latihan No. 8
A. Jawaban Anda Benar! Kata "tertarik" pada kalimat di atas mempunyai arti berminat terhadap sesuatu. Oleh karena itu kata "interseted in" harus diikuti oleh kata kerja berbentuk present participle dalam hal ini reading.
B. Kata "interested in" adalah kata sifat yang bila diikuti oleh kata kerja maka kata kerja tersebut harus bebentuk present participle atau berakhiran ing (reading). Jawaban Anda kurang tepat!
C. Kata "interested" adalah kata sifat yang mempunyai pasangan preposisi atau kata depan "in" bukan "for". Jawaban Anda kurang tepat!
D. Penggunaan kata "pulled" pada kalimat ini kurang tepat karena kata tersebut adalah kata kerja bukan kata sifat yang memang diperlukan pada kalimat di atas. jawaban Anda kurang tepat!

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 9
A. Jawaban Anda Benar! Bentuk kalimat di atas adalah bentuk kalimat yang menggunakan kata "wish". Bila kata "wish" dalam bentuk kalimat utamanya present maka anak kalimatnya berubah menjadi bentuk past.
B. Bentuk kalimat di atas adalah bentuk kalimat yang menggunakan kata "wish". Bila kata "wish" dalam bentuk kalimat utamanya present maka anak kalimatnya berubah menjadi bentuk past. Jawaban Anda kurang tepat!
C. Bentuk kalimat di atas adalah bentuk kalimat yang menggunakan kata "wish". Bila kata "wish" dalam bentuk kalimat utamanya present maka anak kalimatnya berubah menjadi bentuk past. Jawaban Anda kurang tepat!
D. Bentuk kalimat di atas adalah bentuk kalimat yang menggunakan kata "wish". Bila kata "wish" dalam bentuk kalimat utamanya present maka anak kalimatnya berubah menjadi bentuk past. Jawaban Anda kurang tepat!


Kunci Jawaban Soal Latihan No. 10
A. Bentuk Conditional If dalam arti unreal present menggunakan bentuk simple past pada anak kalimatnya bukan simple present.
B. Bentuk Conditional If dalam arti unreal present menggunakan bentuk simple past pada anak kalimatnya bukan present perfect.
C. Bentuk Conditional If dalam arti unreal present menggunakan bentuk simple past pada anak kalimatnya bukan past perfect.
D. Jawaban Anda Benar! Bentuk Conditional If dalam arti unreal present menggunakan bentuk simple past pada anak kalimatnya.


Comparing Answers Finding Mistakes
1. simply (line 1), Kata yang benar adalah simple karena kata ini adalah kata sifat (adjective) yang menerangkan kata benda "question".
2. debating (line 2), Setelah modal atau auxiliary kata kerja yang digunakan harus kata kerja bentuk pertama. Maka kata yang benar adalah debate.
3. loving (line 3), Kata "to" di sini berfungsi sebagai infinitive yang harus diikuti oleh kata kerja bentuk pertama. Maka kata yang benar adalah love.
4. has (line 4), Kata yang benar adalah had karena kalimat yang digunakan seharusnya menggunakan bentuk past tense.
5. richness (line 4), Ada dua kata sifat pada kalimat ini yang menerangkan kata benda "life" yaitu full dan rich. Sedangkan richness adalah kata benda (noun) bukan kata sifat.
6. personal (line 7), Kalimat ini memerlukan kata keterangan (adverb) setelah kata kerjanya ("believe"). Maka kata yang benar adalah personally
7. hid (line 9), Kata "to" di sini juga berfungsi sebagai infinitive yang harus diikuti oleh kata kerja bentuk pertama. Maka kata yang benar adalah love.
8. use (line 10), Kata kerja yang berada pada kalimat ini harus berkna pasif yan berarti kata kerjanya berbentuk past participle. Maka kata yang benar adalah used.
9. spends (line 12), Kata yang benar adalah spent karena kalimat yang digunakan seharusnya menggunakan bentuk past tense.
10. starting (line 14), Kata yang benar adalah started yang berfungsi sebagai kata kerja dari kalimat yang menggunakan bentuk present perfect.


Model Answer Making Composition
My Saddest Experience
I still remembered that it was on February 8th 2001 when my grandfather passed away at his house in Bogor. He died peacefully on Thursday at around 5.30 in the morning. I was there when he was dying. He died on my tight. My big family and I were very surprised for our grandfather looked healthy after he did a bed rest for almost two months. We really didn’t know that he would leave us for good.
My grandfather was born in Jakarta in March 1925. He came from a big family with five brothers and four sisters. He had only one younger brother and had passed away a year before. When he was young he worked as a car mechanic. Once he worked in Garuda Indonesian Airways (GIA) from 1960 to 1970. He was really a hard and honest worker.
From his marriages, he had five daughters and five sons. My mother is the second daughter and we live close to his house. My grandfather married my step grandmother when his first wife passed away in 1975.
It had been two years before he passed away, he had some complication diseases. We were really sad because he had to be in bed for two months in the hospital. He had to stay there for his disease needed some rest for himself. The doctor told him not to think about his disease and he also told us to cheer him up always. It was all for his health.
After one month staying at home, my grandfather passed away. It happened in the morning after he finished praying Subuh. Suddenly, my mother and step grandmother called me loudly when my grandfather slipped over and fell on the bathroom floor. It happened when he wanted to take some water for wudhu but he didn’t realize that the bathroom was wet and slippery. He fell and was unconscious in the bathroom.
I hurriedly carried him to a couch. I still remembered when he endured his pain and his mouth said something slowly and repeatedly. I thought he tried to mention the God’s name. Then I helped him say the words and whispered them to his right ear slowly and repeatedly. He seemed to hear my voice and followed it slowly. I was really sad at that time for I saw him dying on my tight repeating my words. Slowly but sure, he released his last breath and died. My family and I couldn’t stand for what had been happening and we all cried. We didn’t believe that he had gone. He actually, as we noticed, was already fine after coming back from the hospital. But destiny is destiny. No one can do anything without a God’s help.
Since then, it becomes the saddest experience in my life for I love my grandfather very much. We have spent a lot of good memories since I was kid until I graduated from my collage. I felt my self close to him than to my parents. One thing that I still remember is that he really wanted to see me getting married and having children. Tears sometimes come out from my eyes when I remember that and his love to me.
 




Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »