Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Linguistik Bandingan PBIN4432 Universitas Terbuka yang berisi 50 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Linguistik Bandingan PBIN4432. Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 1
A. Salah. Pernyataan tersebut merupakan tujuan linguistik bandingan areal.
B. Salah. Pernyataan tersebut merupakan tujuan linguistik bandingan tipologis.
C. Salah. Pernyataan tersebut juga merupakan tujuan linguistik bandingan tipologis.
D. Benar. Tujuan linguistik bandingan historis adalah menemukan keserumpunan dan kekerabatan bahasa
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 2
A. Salah. Makna diakronis berkaitan dengan bilangan dua dan waktu. Jadi diakronis bermakna dua kurun waktu, bukan satu.
B. Benar. Perhatikan penjelasan rambu A.
C. Salah. Makna diakronis tidak berkaitan dengan jumlah bahasa, melainkan berkaitan dengan kurun waktu/masa.
D. Salah. Penjelasan rambu A, B, dan C dapat digunakan sebagai alasan rambu D.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 3
A. Salah. Linguistik bandingan hanya mengkaji bahasa manusia, bukan bahasa sandi atau bahasa yang lain.
B. Salah. Dalam linguistik tidak dikenal adanya bahan bahasa.
C. Benar. Objek kajian linguistik bandingan adalah bahasa manusia yang memang bersifat alami.
D. Salah. Tidak dikenal istilah pergeseran bahasa.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 4
A. Benar. Konsep bahasa induk dan bahasa asal merupakan masalah dalam tema bahasa induk dan bahasa asal, bukan masalah kontak bahasa.
B. Salah. Gejala-gejala yang muncul dalam kontak bahasa merupakan masalah kontak bahasa (bukan opsi pengecualian).
C. Salah. Sebab-sebab kontak bahasa di dalam suatu wilayah juga merupakan masalah kontak bahasa.
D. Salah. Opsi ini juga bukan opsi pengecualian (perhatikan pernyataan opsi tersebut).
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 5
A. Salah. Sumbangan tersebut diberikan oleh ilmu gramatika.
B. Benar. Logaritma dapat membantu linguistik bandingan dalam menentukan bahasa-bahasa yang berkerabat berdasarkan data.
C. Salah. Mengetahui sistem atau struktur bahasa diperoleh atas sumbangan ilmu linguistik deskriptif.
D. Salah. Tipe morfologi suatu bahasa dapat diketahui berdasarkan sumbangan ilmu gramatika
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 6
A. Benar. Objek kajian linguistik bandingan historis adalah. kesamaan-kesamaan yang terdapat dalam dua bahasa atau lebih
B. Salah. Linguistik bandingan apapun tidak ada yang hanya mengkaji perbedaan dalam bahasa.
C. Salah. Pengakajian terhadap tipe-tipe bahasa dilakukan oleh linguistik bandingan tipologi.
D. Salah. Objek kajian tersebut terdapat pada linguistik bandingan areal.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 7
A. Salah. Aspek tersebut merupakan ruang lingkup linguistik bandingan historis.
B. Salah. Aspek tersebut merupakan objek kajian linguistik bandingan historis.
C. Benar. Prinsip pembandingan dan prinsip kesejarahan merupakan dasar linguistik bandingan historis.
D. Salah. Aspek tersebut merupakan ciri kesemestaan bahasa.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 8
A. Salah. Isi dari hipotesis keterhubungan dalam bahasa.
B. Benar. Isi dari hipotesis keteraturan dalam bahasa
C. Salah. Penjelasan tentang bentuk dan makna pada bahasa.
D. Salah. Penjelasan tentang kesamaan yang terdapat dalam bahasa.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 9
A. Salah. Berkaitan dengan usaha membandingkan unsur-unsur fonologi, morfologi, dan sintaksis.
B. Salah. Merupakan usaha menemukan bahasa proto.
C. Salah. Berkaitan dengan rumpun-rumpun bahasa.
D. Benar. Menentukan wilayah asal bahasa tergolong dalam bidang migrasi bahasa.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 10
A. Salah. Bunyi yang dibahas dalam linguistik bandingan adalah bunyi bahasa manusia.
B. Benar. Sesuai dengan penjelasan opsi A.
C. Salah. Bunyi di sini serupa dengan opsi A.
D. Salah. Sudah jelas, pahami penjelasan opsi A dan C.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 11
A. Salah. Hukum bunyi berasal dari istilah sound law
B. Salah. Hukum verner berisi penyempurnaan hukum bunyi yang dimunculkan oleh Carl Verner.
C. Salah. Teori gelombang berasal dari istilah wave theory.
D. Benar. Teori batang pohon terjemahan dari teori famiiy tree.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 12
A. Benar. Kegiatan yang dilakukan dalam proses rekonstruksi adalah mencatan semua korespondensi fonemis bahasa yang dibandingkan.
B. Salah. Kegiatan tersebut dilaksanakan setelah kegiatan awal.
C. Salah. Melakukan rekonstruksi fonem dilakukan pada tahap III.
D. Salah. Hasilnya disimpulkan pada tahap akhir
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 13
A. Salah. Pengertian tersebut dikemukakan oleh Parera tentang teknik leksikostatistik.
B. Salah. Pengertian tersebut dikemukakan oleh Parera tentang teknik glotokronologi
C. Benar. Pengertian tersebut dikemukakan oleh Keraf tentang teknik leksikostatistik
D. Salah. Pengertian tersebut dikemukakan oleh Keraf tentang teknik leksikostatistik
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 14
A. Salah. Hal tersebut merupakan kegiatan pembinaan suatu bahasa
B. Salah. Hal tersebut merupakan kegiatan mengembangkan suatu bahasa yang menjadi tanggung jawab pusat bahasa.
C. Benar. Migrasi bahasa diawali dengan adanya perpindahan penduduk dari satu wilayah yang menggunakan bahasa berbeda dari bahasa penduduk asli
D. Salah. Hal tersebut merupakan kegiatan suatu pembelajaran bahasa, bukan migrasi
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 15
A. Benar. Wilayah dalam teori migrasi bahasa adalah tempat yang secara geografis terdiri atas satu atau lebih daerah dengan satu bahasa baik dibatasi lautan maupun tidak
B. Salah. Wilayah dalam teori migrasi bisa terdiri atas satu daerah atau lebih (daerah dapat menjadi bagian dari wilayah)
C. Salah. Teori migrasi bahasa berbicara tentang perpindahan bahasa dari satu tempat ke tempat lain.
D. Salah. Pernyataan tersebut tentang wilayah dan daerah bahasa terbalik dan tidak berkaitan dengan kegiatan para peneliti.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 16
A. Salah. Pernyataan itu menjelaskan tentang unit migratif.
B. Salah. Pernyataan itu menjelaskan tentang intrusi migratoris.
C. Benar. Intrusi adalah bahasa yang dipakai di daerah baru karena migrasi.
D. Salah. Penutur yang pindah dari satu daerah ke daerah lain disebut emigrant..
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 17
A. Salah. Pernyataan tersebut merupakan penjelasan tentang metatesis pada perubahan bunyi.
B. Salah. Pernyataan tersebut merupakan penjelasan tentang aferesis pada perubahan bunyi.
C. Salah. Pernyataan tersebut merupakan penjelasan tentang sinkop pada perubahan bunyi
D. Benar. Pernyataan tersebut merupakan penjelasan tentang paragog pada perubahan bunyi.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 18
A. Salah. Itu contoh aferesis.
B. Benar. Itu contoh sinkop.
C. Salah. Itu contoh apokop.
D. Salah. Itu contoh protesis
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 19
A. Salah. Istilah untuk proses itu disebut dengan perluasan makna.
B. Salah. Istilah untuk proses itu disebut asosiasi
C. Salah. Istilah untuk proses itu disebut dengan peninggian/penurunan.
D. Benar. Istilah untuk proses itu disebut sintesia
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 20
A. Benar. Kata tersebut muncul karena proses pengimbuhan, kata dasar unggul mendapat akhiran -an.
B. Salah. Kata tersebut dibentuk dengan proses pemajemukan untuk menerjemahkan kata efisien
C. Salah. Kata tersebut dimiliki dengan cara mengadopsi dari kosakata bahasa Jawa.
D. Salah. Kata tersebut dimiliki dengan cara mengadopsi dari kosakata bahasa Sanskerta.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 21
A. Salah. Bahasa Sanskerta adalah bahasa yang bermigrasi dari India.
B. Salah. Bahasa Kawi adalah bahasa yang digunakan oleh di daerah Jawa pada masa prasejarah.
C. Benar. Slametmuljana menyebutnya sebagai bahasa Nusantara atau Austronesia.
D. Salah. Bahasa India merujuk pada bangsa bukan pada bahasa
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 22
A. Salah. Keduanya memiliki bahasa yang serumpun tetapi tidak ada pembahasan dalam modul ini.
B. Benar. Menurut Keraf, bahasa Nusantara berasal dari Indonesia dan Filipina.
C. Salah. Bahasa Austronesia berasal dari Cina dan Kamboja dikemukakan oleh Kern.
D. Salah. Tidak ada pendapat tentang kedua Negara tersebut.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 23
A. Benar. Bukti penggunaan bahasa Melayu sebelum masa kolonial adalah prasasti.
B. Salah. Daftar kata-kata bahasa Melayu ditemukan di masa Kolonial/tahun 1522.
C. Salah. Media cetak mulai bermunculan di masa pergerakan kebangsaan.
D. Salah. Bahasa Indonesia dikembangkan dari bahasa Melayu, dikukuhkan penggunaannya pada tahun 1945 (UUD)
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 24
A. Salah. Masuk kajian linguistik bandingan areal.
B. Salah. Masuk kajian linguistik bandingan historis.
C. Benar. Ciri-ciri struktur merupakan objek kajian linguistik bandingan tipologi.
D. Salah. Masuk kajian linguistik bandingan areal
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 25
A. Salah. Linguistik bandingan tipologi tidak mengklasifikasi bahasa berdasarkan struktur fonologi saja, tetapi juga berdasarkan struktur yang lain.
B. Salah. Pahami rambu A.
C. Salah. Struktur fonologi dan morfologi juga dianalisis untuk menemukan ciri-cirinya.
D. Benar. Seluruh tataran bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantic dikaji untuk ditemukan ciri-ciri/tipe-tipenya.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 26
A. Salah. Relasi sintakmatis hubungan antarunsurnya harus linier.
B. Benar. Relasi sintakmatik adalah relasi yang antarunsurnya bersifat linier.
C. Salah. Relasi seperti itu disebut relasi paradigmatik.
D. Salah. Hubungan seperti itu bukan hubungan/relasi sintagmatik maupun paradigmatik.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 27
A. Salah. Suku kata kedua dari kata konteks adalah teks.
B. Salah. Sistem fonologi berkaitan dengan pola vokal konsonan, perhatikan suku katanya kon-teks.
C. Benar. Suku kata -teks berpola KVKK.
D. Salah. Kata dalam bahasa Indonesia tidak memiliki suku kata yang berpola KVVK
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 28
A. Salah. Kata mendorong memiliki relasi sintagmatik (me-N + dorong).
B. Salah. Kata bapak tidak memiliki relasi apapun
C. Salah. Kata gerobak dan mobil berelasi paradigmatik, namun masih ada kata lain yang berelasi seperti itu
D. Benar. Kedua kata tersebut berelasi paradigmatik.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 29
A. Salah. Jumlah fonem pada dua kata tersebut berbeda
B. Benar. Jumlah fonem kedua kata tersebut sama, struktur fonemnya juga sama, yang berbeda hanya fonem pertama.
C. Salah. Jumlah fonem berbeda, strukturnya berbeda, dalam bahasa Indonesia tidak ada kata rame.
D. Salah. Struktur fonem antarkeduanya berbeda sehingga tidak dapat digolongkan sebagai pasangan kata.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 30
A. Salah. Pernyataan tersebut merupakan satu dari enam prinsip dasar linguistik bandingan tipologis (bukan opsi pengecualian).
B. Salah. Pernyataan tersebut juga merupakan prinsip dasar linguistik bandingan tipologis (bukan opsi pengecualian).
C. Salah. Pernyataan tersebut juga merupakan rinsip dasar linguistik bandingan tipologis (bukan opsi pengecualian).
D. Benar. Kajian pada masing-masing linguistik bandingan tidak saling bergantung/bukan prinsip dasar linguistik bandingan tipologis (opsi pengecualian).
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 31
A. Salah. Pengertian tersebut berlaku untuk bahasa pada umumnya, bukan dalam rangka kajian linguistik bandingan tipologis.
B. Benar. Pernyataan tersebut merupakan penjelasan tentang sistem dalam linguistik bandingan tipologis.
C. Salah. Pernyataan tersebut menjelaskan tentang proses morfologi dalam bahasa aglutinatif.
D. Salah. Pernyataan tersebut merupakan sistem yang terdapat pada bahasa berfleksi.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 32
A. Salah. Ketentuan dalam mengkaji bahasa agar memperoleh hasil yang pasti, bukan keunikan.
B. Salah. Pernyataan tersebut merupakan ciri ketuntasan dari kegiatan pengeklasifikasian.
C. Benar. Bahasa apapun yang dikaji, hasil kajian akan menempatkan bahasa tersebut dalam satu kelas kata (keunikan).
D. Salah. Pernyataan itu merupakan ciri kearbitreran/manasuka/kebebsan menggunakan criteria struktura.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 33
A. Salah. Konsonan bilabial.
B. Benar. Konsonan labiodental
C. Salah. Konsonan apikodental.
D. Salah. Konsonan hambat velar.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 34
A. Salah. Fonem b terdapat pada kata ab-sen, se-bab, dan kata-kata lain.
B. Salah. Fonem f dan g terdapat pada ak-tif, gu-deg, dan yang lain.
C. Benar. Fonem c dan j tidak muncul diakhir kata apapun dalam bahasa Indonesia.
D. Salah. Fonem l dan r dapat muncul pada kata ha-lal, ka-bar, dan yang lain
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 35
A. Benar. Kelas bahasa tersebut merupakan hasil klasifikasi yang dilakukan oleh August von Schlegel.
B. Salah. Kelas bahasa tersebut merupakan hasil klasifikasi yang dilakukan Wilhelm von Humboldt.
C. Salah. Kelas bahasa tersebut juga dua dari empat hasil klasifikasi yang dilakukan Wilhelm von Humboldt.
D. Salah. Kelas bahasa tersebut merupakan hasil klasifikasi yang dilakukan Heymann Steinthal.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 36
A. Salah. Penjelasan tersebut merupakan parameter I.
B. Salah. Penjelasan tersebut merupakan parameter II.
C. Salah. Penjelasan tersebut merupakan parameter III.
D. Benar. Penjelasan tersebut merupakan parameter I
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 37
A. Salah. Penjelasan tersebut tentang kelas kata numeri.
B. Salah. Penjelasan tersebut tentang kelas kata gender.
C. Benar. Konkordansi adalah kelas kata yang berupa persesuaian antara kata benda dan kata sifat.
D. Salah. Kata khusus dan kata umum berkaitan dengan makna, pembahasannya pada tipologi semantik
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 38
A. Benar. Bentuk tunggal dan jamak pada kata termasuk dalam kelas kata numeri.
B. Salah. Gender adalah kelas kata yang berkaitan dengan jenis kelamin (feminism/maskulin).
C. Salah. Konkordasi adalah kelas kata yang berkaitan dengan relasi antara subjek dan predikat
D. Salah. Konyugasi tidak dibahas dalam klasifikasi tipologis.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 39
A. Salah. Motivasi fonetis adalah satu dari tiga tipe motivasi pada kata transparan.
B. Salah. Motivasi morfologis juga merupakan satu dari tiga tipe motivasi pada kata transparan
C. Benar. Pada kata transparan tidak terdapat tipe motivasi sintaksis.
D. Salah. Motivasi semantis juga satu dari tiga tipe motivasi pada kata transparan.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 40
A. Salah. Kata-kata tersebut tergolong kata khusus dari kata umum bunga, buah, dan hewan
B. Salah. Kata-kata tersebut tergolong kata khusus dari kata umum sungai, gunung, kota.
C. Salah. Kata-kata tersebut tergolong kata khusus dari kata umum indra.
D. Benar. Kata-kata tersebut adalah jenis kata-kata umum.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 41
A. Salah. Bukan kesemestaan bahasa, melainkan bahasa internasional.
B. Benar. Kesemestaan bahasa adalah ciri-ciri kebahasaan yang terdapat di hampir semua bahasa di dunia.
C. Salah. Setiap bahasa memiliki kaidahnya sendiri, tidak berkaitan dengan kemestaan bahasa.
D. Salah. Asal-asul bahasa tidak berkaitan dengan di tingkat mana bahasa itu digunakan dan tidak berkaitan dengan kemestaan bahasa.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 42
A. Salah. Tidak berkaitan dengan monogesis sebagai penyebab kesemestaan bahasa
B. Salah. Pernyataan tersebut menjelaskan tentang factor batin dalam kesemestaan bahasa
C. Salah. Pernyataan tersebut menjelaskan dasar fungsional yang menyebabkan kesemestaan bahasa.
D. Benar. Pernyataan tersebut merupakan penjelasan tentang monigesis dalam kesemestaan bahasa.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 43
A. Salah. Kaidah bahasa merupakan wujud kesemestaan formal.
B. Benar. Wujud kesemestaan substansi berupa unsur-unsur bahasa yang terdapat pada tataran fonologi, morfologi, dan sintaksis.
C. Salah. Fungsi bahasa tidak termasuk dalam ciri kesemestaan bahasa.
D. Salah. Sifat-sifat bahasa terlepas dari kesemestaan bahasa.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 44
A. Salah. Kajian bidang fonologi mencakup fonem vokal dan konsonan
B. Benar. Kata merupakan kajian bidang morfologi.
C. Salah. Sintaksis mengkaji tentang kalimat.
D. Salah. Semantik mengkaji tentang berbagai macam makna kata.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 45
A. Benar. Kesemestaan berupaya menemukan kesamaan dan tipologi bahasa berupaya menemukan perbedaan ciri-ciri bahasa.
B. Salah. Penjelasan tersebut terbalik (keliru).
C. Salah. Tugas kesemestaan bahasa berbeda dengan dengan tugas tipologi bahasa, namun keduanya memiliki tujuan yang sama.
D. Salah. Pahami penjelasan pada rambu-rambu sebelum ini (kemestaan bahasa dan tipologi bahasa saling melengkapi).
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 46
A. Salah. Tugas tersebut dilakukan oleh linguistik bandingan historis.
B. Salah. Tugas tersebut dilakukan oleh linguistik bandingan tipologi.
C. Salah. Tugas tersebut dilakukan oleh linguistik bandingan historis.
D. Benar. Tugas tersebut dilakukan oleh linguistik bandingan areal.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 47
A. Benar. Masyarakat bahasa tidak termasuk ke dalam ruang lingkup linguistik bandingan areal (opsi pengecualian).
B. Salah. Tema tersebut merupakan satu dari delapan tema dalam ruang lingkup linguistik bandingan areal (bukan opsi pengecualian).
C. Salah. Tema tersebut merupakan satu dari delapan tema dalam ruang lingkup linguistik bandingan areal (bukan opsi pengecualian).
D. Salah. Tema tersebut merupakan satu dari delapan tema dalam ruang lingkup linguistik bandingan areal (bukan opsi pengecualian).
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 48
A. Salah. Sumbangan kepada ilmu sejarah.
B. Salah. Sumbangan kepada antropologi.
C. Benar. Sumbangan kepada sosiologi.
D. Salah. Sumbangan kepada limu sastra.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 49
A. Salah. Temuan linguistik bandingan berkaitan dengan fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, tidak berkaitan dengan pendekatan.
B. Benar. Fonologi, morfologi, sintaksis, semantik berkaitan dengan materi pembelajaran.
C. Salah. Alat ukur berupa jenis-jenis tes.
D. Salah. Perbaikan pembelajaran berkaitan dengan strategi.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 50
A. Salah. Perencanaan pengkajian/penelitian bahasa memerlukan proposal/usulan bukan memanfaatkan bidang ilmu.
B. Salah. Linguistik bandingan tidak berkaitan dengan cara memilih dan menetapkan evaluasi.
C. Benar. Melalui linguistik bandingan dapat ditemukan masalah-masalah dalam bahasa.
D. Salah. Linguistik bandingan hanya satu bidang ilmu, tidak dapat menjawab masalah bidang ilmu lain.
Sumber latihan mandiri Universitas Terbuka
ConversionConversion EmoticonEmoticon