Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Pembaharuan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia PBIN4405 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 50 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Pembaharuan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia PBIN4405 Universitas Terbuka, jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Selamat Mengerjakan.
Soal Pilihan Ganda
Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!
1. Pernyataan yang lebih tepat untuk menjelaskan istilah pembaharuan adalah ....
A. perubahan yang menjadikan setiap orang lebih tenang
B. perubahan yang menyebabkan seseorang berada dalam situasi berbeda dan memerlukan penyesuaian diri
C. perubahan yang pada satu sisi kehidupan seseorang atau segolongan
D. perubahan yang bersifat homogen dalam suatu masyarakat
2. Secara makro, dampak dalam pembaharuan dapat berkelompok pada ....
A. perubahan struktur organisasi atau lembaga, termasuk di dalamnya budaya dan suatu kepemimpinan
B. keseluruhan aspek secara secara heterogen atau kompleks di dalam masyarakat
C. keluasan, baik nasional maupun regional
D. perubahan perilaku seseorang
3. Perubahan demografi ditandai dengan perubahan penduduk dalam jumlah, struktur, umur, dan status pendidikan, perubahan tersebut merupakan....
A. penyulut perubahan pada pola konsumsi baik jenis konsumen maupun volume
B. perubahan pada tata nilai yang dianut
C. perpaduan antara sejarah, pengalaman, penelitian, dan ilmu pengetahuan
D. inovasi yang berawal dari kesenjangan antara kemampuan dan tujuan pelaksanaan suatu pekerjaan
4. Keberadaan unsur-unsur dalam pembaharuan seperti gagasan, kegiatan, objek yang baik adalah ....
A. tidak selalu harus baru, tapi berbeda dari sebelumnya
B. dapat berupa reinvention
C. harus benar-benar baru, belum pernah ada sebelumnya
D. merupakan adopsi dari hal-hal yang lama
5. Pengertian metode tulang ikan adalah ....
A. metode yang digunakan untuk menentukan sebab dan akibat dari kinerja yang buruk
B. metode yang menerapkan sistem berpikir terhadap pengelolaan dan masalah yang mencakup produk dan jasa yang berkaitan dengan pelayanan prima
C. metode yang digunakan untuk membandingkan mutu kerja suatu institusi dengan institusi lain yang lebih baik
D. metode yang digunakan untuk mengubah peran setiap individu dalam proses perubahan
6. Di samping dilakukan secara langsung dan gamblang cara penolakan secara terbuka (overt) juga diiringi dengan ....
A. diperlukan waktu yang lama dalam sikap tegas dan keras
B. sikap lemah lembut
C. kata-kata membujuk
D. alasan dan argumentasi
7. Ibrahim mendefinisikan bahwa inovasi adalah....
A. ide, barang, metode yang dirasakan atau diamati sebagai hal yang baru dan sengaja diusahakan untukmencapai tujuan tertentu
B. perubahan yang baru dan sengaja diusahakan untuk mencapai tujuan tertentu
C. perubahan yang menyebabkan seseorang berkarya secara lebih baik lagi
D. perubahan yang baru dan secara kualitatif berbeda dengan sebelumnya
8. Belajar aktif dalam pendekatan CBSA berarti :
A. siswa memiliki keinginan melakukan hal-hal yang menunjukkan kehebatannya di dalam kelas
B. siswa menjadi penentu utama dalam pembelajaran, keterlibatannya terjadi secara intelektual dan emosional
C. guru aktif bersama siswa menyelesaikan tugas-tugasnya di kelas
D. memungkinkan terjadinya kegiatan yang saling menguntungkan di dalam kelas
9. Kegiatan orientasi pada kegiatan pembelajaran kreatif dan produktif adalah ....
A. interaksi langsung dengan sumber belajar, baik sumber belajar berupa lingkungan sekitar, buku-buku, atau kegiatan masyarakat.
B. kegiatan yang dilakukan untuk mengomunikasikan dan menyepakati tugas dan langkah pembelajaran
C. melakukan kegiatan analisis, diskusi, tanya jawab, dan simulasi
D. kegiatan menghasilkan sesuatu yang mencerminkan pemahamannya terhadap masalah yang dikaji dengan kreasi yang baru
10. Contoh tahap orientasi pada pembelajaran kreatif dan produktif ....
A. setiap siswa diberikan kesempatan untuk menyelesaikan tugas di dalam kelompok kecil
B. siswa membuat kesimpulan bersama-sama sehingga persepsi mereka terhadap masalah yang dikaji menjadi sama
C. siswa menggali informasi yang dibutuhkan dengan mewawancarai narasumber
D. siswa diberi kesempatan untuk merespon, setelah guru menyampaikan tujuan kompetensi, dan pengenalan topik yang akan dikaji
11. Model belajar kooperatif adalah
A. belajar mengurus sebuah koperasi
B. belajar bersama dan bekerjasama di dalam kelompok, baik kelompok besar maupun kelompok kecil
C. siswa belajar menjadi mitra dan saling membantu dalam memecahkan masalah kehidupan
D. siswa belajar bersaing dalam meraih prestasi melalui berbagai cara
12. Teori motivasi sebagai bagian dari landasan berpikir belajar kooperatif, menyiratkan bahwa ....
A. kesuksesan perorangan dan persaingan sehat, sangat mempengaruhi kesuksesan kelompok
B. prestasi akademik, perilaku, termasuk motivasi merupakan bagian yang terangkum di dalamnya
C. keberhasilan tim yang dinyatakan atau ditandai dengan adanya perhargaan tertentu jika tim tersebut telah mencapai apa yang diharapkan dalam tugasnya
D. interaksi antarsiswa dalam tim merupakan faktor yang berpengaruh terhadap penguasaan konsep penting
13. Metode belajar berpasangan pada model belajar kooperatif, yaitu metode belajar :
A. berpasangan, dimana kedua siswa, berperan sebagai tutor dan siswa
B. siswa-siswa diharuskan aktif mendukung penyelesaian pekerjaan sesuai kemampuan setiap orang
C. setiap tim memilih topik yang didiskusikan dalam kelas
D. kelompok siswa, terdiri dari 4-5 orang dengan latar belakang heterogen, dan dievaluasi berdasarkan hasil kerja seluruh anggotanya
14. Belajar kooperatif, membutuhkan ketergantungan positif dari para anggotanya, dimana ketergantungan itu sendiri memiliki arti ....
A. setiap siswa memiliki kemungkinan untuk memperoleh kesempatan berlatih mengenai kepemimpinan, pembuatan keputusan, dan pengelolaan konflik
B. keberhasilan tim merupakan hasil kerja seluruh anggotanya
C. para siswa dapat melakukan interaksi memecahkan masalah belajar bersama selain membahas materi ajar
D. semakin besar kesempatan untuk berkembang bagi setiap anggota yang menimbulkan rasa tanggung jawab
15. Berikut ini yang termasuk ciri Team-Games-Tournament yaitu ....
A.penyajian dalam kelas yang digunakan untuk memberikan informasi pada tim
B.permainan terdiri atas pertanyaan yang disesuaikan dengan materi yang diajarkan
C.penggunaan istilah super team
D.pengelompokkan siswa secara homogen
16. Dasar pengelompokan siswa yang bersifat homogen ....
A.kemampuan akademik dan prestasi belajar yang sama
B.kesamaan kemampuan akademik dan jenis kelamin
C.kesamaan keyakinan dan prestasi belajar
D.kemampuan akademik dan persepsi yang sama
17. Model belajar kooperatif kepala bernomor (Numbered Heards) memberi kesempatan kepada siswa dalam tim untuk berbagi ....
A. pengetahuan dan keterampilan
B. ide atau gagasan
C. pengalaman atau pengetahuan
D. benda-benda yang disenangi
18. Berikut ini yang termasuk contoh prinsip pembelajaran Bahasa Indonesia yang dapat dikembangkan dari pembelajaran berbasis budaya adalah....
A. berlatih pidato dalam rangka memperingati hari jadi sekolah
B. menyimak berita dan memberi komentar tentang ide isi berita
C. berlatih bermain drama yang berjudul Cinderella
D. legenda dari pulau Bali
19. Proses akulturasi budaya dapat terjadi pada peristiwa-peristiwa berikut, kecuali ....
A. orang yang berada di suatu tempat baru mempelajari budaya masyarakat di tempat baru tersebut
B. siswa mempelajari tata kehidupan di luar yang diketahuinya selama ini
C. orang-orang daerah yang datang ke Jakarta mempelajari bahasa Betawi dan menggunakannya dalam komunikasi
D. anak-anak belajar sopan santun etika pergaulan melalui orang tuanya
20. Menurut Vygotsky, hasil pemikiran dan interaksi siswa dalam suatu konteks sosial adalah ....
A. mampu menciptakan makna dan pengertian baru, berdasarkan fenomena yang terjadi di lingkungan sosial
B. pengertian dan pengetahuan awal dimodifikasi dan diperbaharui
C. perubahan dan penambahan pengalaman baru menuju ke arah yang lebih baik
D. mampu mengonstruksikan pengetahuan atau menciptakan makna
21. Siswa dalam pembelajaran berbasis budaya diakui dan dihargai sebagai individu yang memiliki ....
A. keinginan untuk menghadirkan suasana budaya asalnya dalam pembelajaran di kelas
B.kemampuan dan keinginan untuk belajar dan menjadi kreatif berdasarkan kaidah ilmiah dalam konteks komunitas budayanya
C. kemampuan dan keinginan untuk saling beradaptasi satu sama lain untuk membangun tim yang sukses
D. kemampuan dan keinginan untuk menggunakan atribut budaya daerahnya dalam pembelajaran di kelas dengan tujuan untuk melestarikannya
22. Pemanfaatan beragam sumber belajar dalam pembelajaran berbasis budaya mencakup pemanfaatan bahasa sebagai ....
A. alat komunikasi utama dalam proses interaksi aktif dan negosiasi makna antarsiswa, siswa dan guru, serta siswa dan siswa
B. alat untuk memecahkan masalah-masalah tata bahasa yang timbul dalam pembelajaran berbasis budaya
C. alat yang membantu siswa ketika mengalami hambatan dalam memecahkan persoalan-persoalan dalam hidupnya
D. alat pemersatu siswa dan teman-temannya yang berasal dari budaya yang berbeda
23. Pembelajaran SETS, membelajarkan siswa untuk memiliki kemampuan memandang sesuatu secara terintegratif dengan memperhatikan empat unsur yaitu:
A. sains, teknologi, masyarakat, dan lingkungan
B. sains, ekonomi, lingkungan, dan politik
C. sains, ideologi, teknologi dan lingkungan
D. sains, ekonomi, teknologi dan masyarakat
24. Kualitas pribadi dalam masyarakat madani atau ditandai oleh unsur-unsur berikut, kecuali :
A. Keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
B. Keterampilan menerapkan politik praktis
C. Penghormatan terhadap hak asasi manusia
D. Perwujudan negara hukum
25. Sebelum mencapai langkah mengembangkan kebijakan publik siswa sendiri, dalam model pembelajaran A portofolio based civic education project, terdapat langkah....
A. mengembangkan rencana tindakan, mengumpulkan informasi, mengenali masalah untuk dianalisa
B. mengenal masalah untuk dipelajari, mengumpulkan informasi, menguji pemecahan
C. menguji pemecahan, mengumpulkan informasi,mengenali masalah untuk merencanakan tindakan
D. mengembangkan informasi, menguji pemecahan masalah setelah mendapatkan informasi
26. Hasil yang diharapkan dari penggunaan model pembelajaran demokrasi dan HAM adalah ....
A. banyak generasi muda yang menjadi pengacara andal
B. kualitas warga negara yang cerdas, kreatif, partisipatif, prospektif, dan bertanggung jawab
C. generasi muda yang cerdas, pandai berorganisasi, terampil mengatur keluarga dan partai
D. warga negara yang bertanggung jawab, bekerja keras, dan nasionalis
27. Model Praktik Belajar Kewarganegaraan berkaitan dengan pentingnya partisipasi seorang warga negara maka tujuan penggunaan adalah ....
A. memberikan pengalaman praktis untuk mengembangkan kompetensi kewarganegaraan yan demokratis
B. mengembangkan pemahaman tentang pentingnya partisipasi warganegara secara demokratis
C. memfasilitasi siswa untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan
D. melatih siswa menjadi warga negara yang disiplin dan demokratis
28. Timbul kelompok pro dan kontra terhadap pelaksanaan pembelajaran terpadu, salah satu alasan kelompok kontra adalah ....
A. tugas guru menjadi lebih berat
B. guru dapat menjadi lebih dinamis
C. dapat menggunakan alat/bahan pelajaran yang sederhana
D. bisa menggunakan berbagai sumber
29. Pembelajaran yang memadukan antarmateri secara spesifikasi adalah ....
A. pendekatan infusi
B. pendekatan tematik
C. pendekatan konstrukstivisme
D. pendekatan komunikatif
30. Para Siswa menyaring sendiri seluruh konsep yang dipelajarinya, seluruh mata pelajaran merupakan bagian dari sudut pandang keahlian para siswa secara individual. Model pembelajaran terpadu tersebut adalah....
A. model terkait
B. model sarang
C. model untaian
D. model terlebur
31. Berikut ini yang merupakan hal-hal yang mendukung efektivitas pembelajaran kelas rangkap kecuali....
A. meminimalisasi pekerjaan rumah
B. waktu yang luwes dan evaluasi yang positif
C. adanya tugas-tugas yang menunjang perkembangan siswa
D. pembelajaran kooperatif yang melatih siswa belajar dan mencapai hasil belajar
32. Model 221, dalam pembelajaran kelas rangkap adalah ....
A. pembelajaran dilaksanakan pada 2 tingkatan kelas yang berbeda, dengan fokus 2 mata pelajaran yang sama atau berbeda dalam satu ruangan
B. pembelajaran dilaksanakan pada 2 tingkatan kelas yang berbeda, dengan fokus pada 2 mata pelajaran berbeda atau sama dan kelas yang berbeda
C. pembelajaran dilaksanakan pada 2 ruangan yang berbeda dan bersebelahan yang dihubungkan dengan pintu
D. pembelajaran tiga mata pelajaran yang berbeda dalam 3 ruangan secara bersamaan
33. Pengertian program pembelajaran dalam inovasi pembelajaran Bahasa Indonesia adalah ....
A. perencanaan yang disusun sebelum proses pembelajaran yang berlangsung
B. acuan pokok dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia
C. penunjang keberhasilan guru dalam meningkatkan kualitasnya sebagai guru bahasa
D. rambu-rambu untuk mencapai keberhasilan pembelajaran Bahasa Indonesia
34. Belajar bahasa dalam kurikulum komunikatif adalah....
A. pembelajaran bahasa Indonesia sebagai suatu kegiatan berkomunikasi dalam kehidupan sosial masyarakat
B. aktivitas yang membuat siswa aktif menciptakan karya
C. aktivitas yang memaksa siswa agar mampu mengekspresikan perasaannya
D. kegiatan pembelajaran yang menitikberatkan pada minat siswa
35. Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah menengah berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi menekankan penguasaan aspek-aspek ....
A. kognitif saja
B. kognitif dan afektif
C. afektif dan psikomotor
D. kognitif, afektif, dan psikomotor
36. Kompetensi yang terkandung dalam kurikulum berbasis kompetensi adalah pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai, yang diwujudkan dalam....
A. kemampuan siswa dalam berinteraksi anatarsesama dalam kehidupan sehari-hari
B. kebiasaan berpikir dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari ketika berbahasa
C. kemampuan memahami bahasa Indonesia dari segi bentuk dan makna
D. kemampuan mengerjakan tes tentang kebahasaan yang ditulis dengan berbagai bentuk
37. Pada penelitian tindakan kelas, permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran ....
A. diidentifikasi dan dilakukan perbaikan dalam bentuk efektivitas pembelajaran yang inovatif
B. dikembangkan secara inovatif di kelas agar dapat diteliti secara lebih mendalam
C. dapat memacu semangat belajar siswa agar lebih baik lagi dalam menyelesaikan tugas belajar
D. mengkondisikan siswa agar lebih siap menghadapi setiap permasalahan belajar
38. Penyebaran atau difusi, dalam pembelajaran bahasa Indonesia, merupakan proses ....
A. penyebaran suatu ide baru, sumber pengembangannya kepada pemakai atau penyerap yang terakhir
B. penemuan yang mencakup segala sesuatu yang baru
C. penyerapan hasil inovasi yang yang berawal dari penerimaan, waktu, dan tipe pembaharuan
D. pengembangan yang bergandengan dengan riset
39. Hasil yang diharapkan dari penggunaan model pembelajaran demokrasi dan HAM adalah ....
A. banyak generasi muda yang menjadi pengacara andal
B. kualitas warga negara yang cerdas, kreatif, partisipatif, prospektif, dan bertanggung jawab
C. generasi muda yang cerdas, pandai berorganisasi, terampil mengatur keluarga dan partai
D. warga negara yang bertanggung jawab, bekerja keras, dan nasionalis
40. Pada penelitian tindakan kelas, permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran ....
A. penyebaran suatu ide baru, sumber pengembangannya kepada pemakai atau penyerap yang terakhir
B. penemuan yang mencakup segala sesuatu yang baru
C. penyerapan hasil inovasi yang yang berawal dari penerimaan, waktu, dan tipe pembaharuan
D. pengembangan yang bergandengan dengan riset
41. Pada penelitian tindakan kelas, permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran ....
A. diidentifikasi dan dilakukan perbaikan dalam bentuk efektivitas pembelajaran yang inovatif
B. dikembangkan secara inovatif di kelas agar dapat diteliti secara lebih mendalam
C. dapat memacu semangat belajar siswa agar lebih baik lagi dalam menyelesaikan tugas belajar
D. mengkondisikan siswa agar lebih siap menghadapi setiap permasalahan belajar
42. Pembelajaran bahasa Indonesia melalui sistem belajar jarak jauh, menggunakan modul, yang memilki persyaratan penyajian materi Pembelajaran bahasa Indonesia melalui modul adalah ....
A. harus reaktif dan analitis
B. harus informatif dan kreatif
C. harus komunikatif dan interaktif
D. harus emotif dan sensitif
43. Tutorial merupakan ....
A. bentuk kegiatan belajar yang membuat pelajar semakin dekat dengan pengajar
B. bentuk bantuan belajar yang mengandalkan modul
C. bentuk bantuan belajar yang dilakukan di rumah
D. bentuk bantuan belajar yang disediakan lembaga yang menyelenggarakan pembelajaran melalui sistem jarak jauh
44. Bentuk proses bantuan pembelajaran yang dilakukan dalam tutorial on line adalah ....
A. bantuan belajar yang berupa komunikasi melalui e-mail pada komputer dengan cara mengakses internet
B. diskusi dan tanya jawab secara langsung
C. pembelajaran yang disiarkan secara interaktif
D. bersifat terbuka, dan terfokus pada komunikasi
45. Pada penilaian pembelajaran bahasa paradigma lama, bentuk jawaban pada soal adalah ....
A. bersifat terbuka, banyak solusi jawaban benar
B. bersifat tertutup, satu jawaban benar dan satu rambu jawaban benar
C. bersifat terbuka, dengan bentuk keterampilan yang terintegrasi
D. bersifat terbuka, dan terfokus pada komunikasi
Petunjuk soal No. 46 sampai 50, pilihlah:
A. Jika opsi 1 dan 2 benar
B. Jika opsi 1 dan 3 benar
C. Jika opsi 2 dan 3 benar
D. Jika opsi 1,2 dan 3 benar
46. Komponen yang harus dibenahi dalam rangka pembaharuan di bidang pendidikan adalah ....
1. sistem berpikir
2. sistem pendukung
3. sistem rancangan
47. Standar kompetensi pada kurikulum berbasis kompetensi memperhatikan :
1. perbedaan individu
2. kebebasan berbudaya
3. konteks sosial budaya
48. Manfaat belajar kooperatif adalah ....
1. menimbulkan dinamika sosial
2. dapat diterapkan untuk semua jenjang pendidikan
3. memerlukan latihan agar siswa terbiasa belajar dalam tim
49. Manfaat belajar kooperatif adalah ....
1. menimbulkan dinamika sosial
2. dapat diterapkan untuk semua jenjang pendidikan
3. memerlukan latihan agar siswa terbiasa belajar dalam tim
50. Pembelajaran bahasa Indonesia melalui CD-ROM harus dapat menarik perhatian siswa, dan Paul(1998) mengemukakan ciri-ciri CD-ROM yang baik, yaitu ....
1. materi ditentukan dan disajikan oleh guru agar lebih terarah
2. berupa informasi yang dapat menghibur dan menarik
3. berisi naskah lengkap untuk latihan berbicara (dialog)
Untuk mengetahui jawaban anda silahkan cek pada halaman kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Pembaharuan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia PBIN4405 Universitas Terbuka
Sumber latihan mandiri Universitas Terbuka
ConversionConversion EmoticonEmoticon