Soal Latihan Mandiri Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia PBIN4328

4:56:00 pm
Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia PBIN4328 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 50 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia PBIN4328 Universitas Terbuka, jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Selamat Mengerjakan.


Soal Pilihan Ganda

Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1. Adanya kegiatan pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia dilatarbelakangi oleh .... 

A. masyarakat Indonesia yang multilingual  
B. masyarakat Indonesia yang bilingual  
C. meningkatkan mutu pemakaian bahasa  
D. meningkatkan mutu bahasa  

2. Tumbuhnya perasaan bangga dan cinta terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa negara adalah tujuan pembinaan bahasa Indonesia dalam.... 

A. mengembangkan bahasa Indonesia  
B. meningkatkan gairah berbahasa Indonesia  
C. meningkatkan mutu pemakaian bahasa Indonesia  
D. mengukur keberadaan sikap positif seseorang terhadap bahasa Indonesia  

3. Penggunaan kata take off menjadi lepas landas, pain menjadi nyeri, dan dubbing menjadi sulih suara adalah usaha yang dilakukan dalam rangka kegiatan 

A. pembinaan bahasa Indonesia  
B. pengembangan bahasa Indonesia  
C. peningkatan mutu pemakaian bahasa Indonesia  
D. penumbuhan sikap posisif terhadap bahasa Indonesia  

4. Yang menjadi sasaran pengembangan bahasa Indonesia adalah .... 

A. orang yang tidak bersekolah  
B. orang yang masih bersekolah  
C. bahasa itu sendiri  
D. para pakar bahasa  

5. Kegiatan pembinaan bahasa tidak dapat dilepaskan dari kegiatan pengembangan bahasa. Hal tersebut disebabkan karena.... 

A. kegiatan pengembangan dan pembinaan bahasa sama-sama menyelaraskan pemakaian istilah atau kata  
B. kegiatan pembinaan bahasa menentukan nuansa makna kata, sedangkan kegiatan pengembangan bahasa menyelaraskan pemakainan kata tersebut  
C. kegiatan pengembangan bahasa menghasilkan istilah atau kata, sedangkan kegiatan pembinaan bahasa memasyarakatkan istilah dan kata tersebut ke masyarakat  
D. kegiatan pembinaan bahasa menghasilkan istilah atau kata, sedangkan kegiatan pengembangan bahasa memasyarakatkan istilah atau kata tersebut ke masyarakat  

6. Contoh yang menunjukkan usaha untuk pembinaan bahasa adalah peristiwa.... 

A. meningkatkan kelengkapan atau sarana bahasa melalui pembakuan bahasa  
B. menghasilkan sebuah kata dari proses awalan, akhiran, sisipan, dan imbuhan gabung  
C. menghasilkan kaidah-kaidah kebahasaan yang mantap, dinamis, seragam, dan bernalar  
D. menyebarluaskan kata dan istilah melalui Kamus Besar Bahasa Indonesia kepada pemakai bahasa  

7. Kegiatan yang berhubungan antara pengembangan dan pembinaan bahasa terlihat pada.... 

A. usaha memantapkan kaidah-kaidah kebahasaan untuk distandarisasikan  
B. memasyarakatkan kosa kata atau istilah baru kepada khalayak pemakainya  
C. menyosialisasikan berbagai jenis kamus kepada industri media massa elektronik maupun cetak  
D. membentuk sejumlah kosa kata dan istilah serta menyebarluaskan pada khalayak pemakai bahasa  

8. Usaha yang harus dilakukan agar pengembangan bahasa Indonesia agar menjadi bahasa modern atau internasional dengan cara.... 

A. lisan dan berkala  
B. tertulis dan manasuka  
C. lisan dan terus-menerus  
D. terus- menerus dan tertulis  

9. Salah satu kekuatan yang dimiliki oleh bahasa Melayu adalah.... 

A. sebagai lingua franca bahasa Melayu menjadi bahasa pasaran  
B. mengenal perbedaan bahasa kasar dan halus  
C. sudah menjadi bahasa resmi kerajaan  
D. sistem bahasa Melayu sederhana  

10. Contoh perubahan penulisan kata dari Ejaan Van Ophuijsen ke Ejaan Soewandi 

A. ber-adu menjadi be-radu  
B. njanji menjadi nyanyi  
C. dikantor menjadi di kantor  
D. pembentu-kan menjadi pembentuk-an  

11. Perkembangan bahasa Indonesia secara kronologis pada kata 髯r, ra'yat, ajam, djual menjadi ekor, rakyat, ayam,jual merupakan perkembangan bahasa Indonesia dari segi.... 

A. ejaan  
B. pemakaian  
C. jumlah penutur  
D. daerah penyebaran  

12. Pada tahun 1950-an, mulai terlihat kelemahan pada ejaan Soewandi yang menggunakan dua huruf sebagai lambang dari satu bunyi. Oleh sebab itu, pemerintah mengganti ejaan Soewandi dengan.... 

A. Ejaan Van Ophuijsen  
B. Ejaan Republik  
C. Ejaan Melindo  
D. Ejaan Yang Disempurnakan  

13. Bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu atau bahasa pertama semakin banyak digunakan oleh masyarakat. Peristiwa ini disebabkan oleh hal-hal berikut, kecuali.... 

A. arus urabanisasi  
B. perkawinan antarsuku  
C. ekonomi keluarga meningkat  
D. bahasa yang pertama kali kita dengar  

14. Salah satu syarat pembentukan kata atau istilah baru dalam bahasa Indonesia adalah.... 

A. mempunyai kesinambungan antara hakikat bahasa dulu dan sekarang  
B. mengungkapkan makna atau sifat yang dimaksud secara tepat  
C. mempertajam daya ungkar pemakai bahasa Indonesia  
D. sesuai dengan ejaan yang berlaku  

15. Contoh kata berikut dibentuk berdasarkan pada bahasa serumpun yang lama atau yang sudah mati.... 

A. koma digunakan untuk istilah tidak sadar  
B. tunak digunakan sebagai padanan kata steady  
C. dampak digunakan untuk istilah pengaruh yang besar  
D. awahama digunakan sebagai istilah bebas dari hama penyakit  

16. Penulisan istilah yang benar... 

A. bungalow  
B. morphem  
C. episode  
D. portfolio  

17. Istilah yang tepat digunakan dalam bahasa Indonesia dari istilah bahasa asing adalah.... 

A. bound morpheme diterjemahkan menjadi morfem takbebas  
B. fast food diterjemahkan menjadi makanan layan cepat  
C. greenthumb diterjemahkan menjadi ibu jari hijau  
D. high fashion diterjemahkan menjadi adibusana  

18. Penyerapan kata maksimum dari kata maximum mengikuti penyerapan kata dengan cara.... 

A. penerjemahan  
B. penyesuaian ejaan  
C. penyesuaian konsep  
D. penyesuaian keadaan  

19. Untuk memperkuat kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia, kita harus mempunyai landasan dalam melaksanakan pembinaan dan pengembangan bahasa. Landasan yang digunakan pemerintah untuk usaha tersebut adalah.... 

A. Pusat Bahasa  
B. Kebijakan Bahasa Nasional  
C. Kamus Besar Bahasa Indonesia  
D. Seminar Politik Bahasa Nasional  

20. Sebagai hotel bertaraf internasional , manajemen Hotel Pondok Cabe Internasional tidak mengubah namanya menjadi International Pondok Cabe Hotel. Hal tersebut menunjukkan berjalannya fungsi bahasa Indonesia sebagai.... 

A. alat penyatuan  
B. alat penghubung  
C. lambang identitas bangsa  
D. lambang kebanggaan nasional  

21. Sikap positif kita terhadap bahasa nasional tercermin dalam... 

A. mematuhi kaidah bahasa Indonesia  
B. menjinjing bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional  
C. menyamakan bahasa Indonesia dengan bahasa asing  
D. menyerap kata atau istilah asing ke dalam bahasa Indonesia  

22. Sebagai seorang camat, Pak Evan selalu berbahasa Indonesia bila memimpin rapat di depan para lurahnya. Hal yang dilakukan Pak Evan dalam hubungannya dengan fungsi bahasa Indonesia sebagai.... 

A. lambang jati diri bangsa  
B. bahasa resmi kenegaraan  
C. alat pengembangan ilmu pengetahuan  
D. alat pengantar dalam pengembangan kebudayaan  

23. Sumpah Pemuda dapat memperkuat kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia. Landasan tersebut merupakan faktor.... 

A. idiil  
B. kebahasaan  
C. kesejarahan  
D. konstitusional  

24. Kedudukan UUD45 dapat memperkuat kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa negara. Hal ini merupakan faktor.... 

A. idiil  
B. kebahasaan  
C. kesejarahan  
D. konstitusional  

25. Ragam bahasa yang didasarkan pada tingkat pendidikan penutur adalah...

A. dialek atau daerah  
B. resmi dan tidak resmi  
C. terpelajar dan tidak terpelajar  
D. berdasarkan pokok persoalan  

26. Dalam kegiatan berbahasa, ragam lisan dan tulis memiliki ciri yang berbeda. Perbedaan tersebut terletak pada.... 

A. komunikasi tulis sangat tergantung oleh waktu  
B. ragam lisan tidak tergantung oleh ruang dan waktu  
C. orang yang terlibat dalam berbahasa lisan harus berada pada waktu dan ruang yang sama  
D. penulis dan pembaca dalam komunikasi tulis tidak dapat terpisah waktu maupun tempatnya  

27. Kalimat berikut yang mendapat pengaruh ragam daerah .... 

A. Saya punya mama minggu depan akan pergi ke luar kota  
B. Adik selalu marah bila dilarang bermain sepak bola  
C. Tadi pagi, ayah dan ibu datang dari Surabaya  
D. Ayam yang kemarin dibeli ayah sakit tetelo  

28. Kalimat yang menggunakan ragam kalimat terpelajar.... 

A. Buku yang saya punya dipinjam teman sekolahku.  
B. Sebentar sore, ayah pulang dari tugas luar kotanya.  
C. Ibunya Nunung akan pergi ke tanah suci tahun depan  
D. Besok pagi, kami akan mengunjungi nenek di kampung.  

29. Ragam bahasa berikut yang menunjukkan ragam tidak resmi.... 

A. Bagaimana kira-kira kalimat topiknya?  
B. Pak, saya mohon izin meninggalkan kelas.  
C. Bagus! Sekarang dengarin lagi dengan seksama.  
D. Siapa yang dapat menceritakan kembali isi puisi tadi?  

30. Kalimat berikut yang dibuat berdasarkan pokok persoalan yang terkait dengan ragam teknologi adalah.... 

A. Pemerintah akan menutup seluruh kekurangan biaya produksi PT PLN (Persero) dengan subsidi  
B. Potensi hujan terdapat di wilayah Jabodetabek, Senin (10/8), terutama pada siang dan malam hari  
C. Spyware berbeda dengan virus yang menginfeksi handset lewat e-mail, dan file-file yang masuk lewat internet atau bluetooth  
D. Mantan juara dunia, Niki Lauda, mengatakan, Michael Schumacher sebenarnya menyesal memutuskan saat mengundurkan diri dari ajang F1 pada akhir musim 2006.  

31. Hal-hal berikut ini merupakan landasan dalam pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia, kecuali.... 

A. UUD45  
B. Sumpah Pemuda  
C. Kongres Bahasa Indonesia II di Medan  
D. Ketetapan MPRS no. XXVII/MPRS/1966  

32. Masalah-masalah dalam kebijakan bahasa nasional berfokus pada bahasa berikut, kecuali.... 

A. bahasa Indonesia  
B. bahasa daerah  
C. bahasa asing  
D. bahasa ibu  

33. Bahasa daerah dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya dalam memperkaya kosakata bahasa Indonesia. Hal tersebut menunjukkan bahwa bahasa daerah berfungsi sebagai.... 

A. pendukung bahasa Indonesia  
B. alat pendukung kebudayaan daerah  
C. alat pengembang kebudayaan daerah  
D. daerah bahasa pengantar di SD pada daerah tertentu  

34. Kegiatan yang menghasilkan bahan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pengembangan bahasa dan sastra termasuk dalam butir kegiatan .... 

A. pembakuan bahasa  
B. penelitian bahasa dan sastra  
C. penyuluhan bahasa di bulan bahasa dan sastra  
D. pemantapan kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia  

35. Tujuan Kongres Bahasa Indonesia IV adalah memantapkan kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi pemerintahan, pengembang kebudayaan, pendidikan dan pengajaran, serta pengembangan ilmu dan teknologi modern. Tujuan tersebut mengarahkan pada.... 

A. pembinaan dan pengembangan bahasa dan sastra Indonesia dalam hubungannya dengan pelaksanaan pembangunan nasional  
B. kedudukan bahasa, pengembangan bahasa, dan pembinaan bahasa  
C. tindak lanjut pembinaan dan pengembangan bahasa  
D. pemantapan peran bahasa dan sastra Indonesia  

36. Kegiatan kebahasaan yang dilakukan pada saat Bulan Bahasa dan Sastra adalah.... 

A. pintu terbuka  
B. diskusi sastra di kalangan siswa  
C. pertemuan sastrawan dengan siswa  
D. apresiasi sastra melalui radio dan televisi  

37. Hasil Kongres Bahasa Indonesia III di Jakarta adalah.... 

A. putusan bidang kebahasaan dan pengajaran bahasa  
B. tindak lanjut pembinaan dan pengembangan bahasa  
C. kedudukan bahasa serta pembinaan dan pengembangan bahasa  
D. berbagai konsep pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia  

38. Sasaran pembinaan bahasa Indonesia adalah.... 

A. kalangan pengelola agama dan kepercayaan  
B. bukan penutur asli bahasa Indonesia  
C. orang yang tidak bersekolah  
D. semua lapisan masyarakat  

39. Melakukan kritik sastra merupakan materi sasaran pembinaan bagi.... 

A. orang yang masih bersekolah  
B. guru di berbagai tingkat sekolah  
C. kalangan khalayak bidang penerbit  
D. komunikasi media massa  

40. Dalam usaha memodernkan bahasa Indonesia, cara menulis atau aturan tulis-menulis dalam bahasa Indonesia sangat perlu diutamakan karena tulisan tempat mencurahkan pikiran penulis. Hal tersebut menunjukkan pentingnya pembinaan bahasa Indonesia pada bahan.... 

A. lafal  
B. ejaan  
C. bentuk dan pilihan kata  
D. pengetahuan bahasa  

41. Contoh materi lafal yang menjadi bahan pembinaan bahasa Indonesia adalah.... 

A. makna yang meluas dan menyempit  
B. keteraturan ide yang disampaikan  
C. Pedoman Umum EYD  
D. dialek kedaerahan  

42. Laras bahasa merupakan ragam bahasa yang digunakan dalam berbagai ranah kehidupan di dalam berbagai jenis situasi. Kalimat Yogurt yang sehat tetaplah yogurt asli dan segar yang berwarna putih dan rasanya sangat asam menunjukkan laras.... 

A. kimia  
B. ekonomi  
C. pariwisata  
D. kesehatan  

43. Laras bahasa sains terdapat dalam kalimat.... 

A. Tiga gol pun mampu dikumpulkan Madrid hanya dalam waktu 12 menit.  
B. Jika suhu bumi naik hingga dua derajat, maka Planet Bumi akan menuai bencana  
C. Berbagai jenis mahluk karang dapat dinikmati dari permukaan laut Maluku yang biru dan jernih.  
D. Sebagian besar penumpang Kereta Api (KA) Mutiara Timur yang terguling di Rejoso, Pasuruan, Jawa Timur, hingga Selasa (11/8) pukul 07.30 WIB masih berada di lokasi kejadian  

44. Sasaran yang hendak dicapai oleh pengembangan bahasa Indonesia, salah satunya adalah sebagai alat dan sarana politik. Hal tersebut menunjukkan peranan bahasa Indonesia dalam bidang.... 

A. pembangunan bangsa  
B. penyelenggaraan negara  
C. perencanaan pembangunan  
D. persatuan dan kesatuan bangsa  

45. Salah satu tujuan pola pembinaan bahasa Indonesia adalah memberi bekal keterampilan berbahasa Indonesia tulis untuk keperluan komunikasi dinas tertulis, dengan harapan pemakaian bahasa Indonesia dengan baik dan benar lebih memasyarakat. Oleh sebab itu, penataran yang tepat untuk keperluan tersebut menggunakan pola.... 

A. 8 jam  
B. 32 jam  
C. 50 jam  
D. 96 jam  

46. Pembinaan yang diperuntukkan bagi pejabat Eselon III dan IV menggunakan pola.... 

A. 8 jam  
B. 32 jam  
C. 50 jam  
D. 92 jam  

47. Bahan suluhan yang lebih banyak diberikan untuk pembinaan pola 92 jam adalah.... 

A. apresiasi sastra  
B. kebijakan bahasa nasional  
C. fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia  
D. pelatihan dan praktik kerja kemampuan berbahasa tulis  

48. Kegiatan yang memungkinkan tercapainya berbagai upaya pengembangan bahasa, termasuk pengembangan peristilahannya merupakan kegiatan langsung dari .... 

A. pengembangan BIPA  
B. pembentukan komisi istilah  
C. kerja sama kebahasaan antarpakar  
D. kerja sama kebahasaan antarnegara  

49. Kegiatan penyertaan yang telah dilakukan oleh bahasa Indonesia pada jalur ekonomis, politik, budaya, dan seni menunjukkan bahwa bahasa Indonesia.... 

A. memperkenalkan bahasa Indonesia ke dunia internasional  
B. tidak tertinggal jauh dari bahasa-bahasa lain  
C. memantapkan kaidah-kaidah bahasa  
D. memodernkan bahasa  

50. Padanan istilah dari bahasa asing yang tidak langsung dapat diterima dalam masyarakat.... 

A. nyamansebagai ganti comfort  
B. pramugarasebagai ganti stewar  
C. tamansebagai ganti kata garden  
D. lepas landassebagai ganti take off  


Untuk mengetahui jawaban anda silahkan cek pada halaman kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia PBIN4328 Universitas Terbuka


Sumber latihan mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »