Soal Latihan Mandiri Berbicara PBIN4330

9:24:00 pm
Selamat berjumpa pada latihan mandiri matakuliah Berbicara (PBIN4330). 

Saudara mahasiswa, himbauan saya sebagai tutor dengan Anda mempelajari matakuliah Berbicara ini dengan baik, Anda sebagai seorang guru dan sebagai anggota masyarakat dapat memiliki wawasan dan kemampuan dalam mengemukakan pikiran dan pendapat sehingga dapat berperan lebih dalam pembangunan pendidikan.

Secara keseluruhan, Latihan Mandiri Matakuliah Berbicara menyajikan empat item latihan berbicara. Pada setiap item latihan terdapat komponen-komponen sebagai berikut: 

Indikator Kompetensi (TIK), yaitu kemampuan/keterampilan yang diharapkan dapat Anda peroleh setelah Anda melakukan belajar mandiri (membaca modul dan mengerjakan latihan-latihannya) dan tercermin pada pelaksanaan Latihan Mandiri Berbicara ini. 

Item Latihan Mandiri, yang berbentuk teks esai.

Kompetensi 
Mahasiswa terampil menerapkan teori-teori dan prinsip-prinsip kegiatan wawancara untuk berbagai keperluan 

Latihan 1

Wawancara 
Situasi: 
Di sebuah SMA yang sedang memerlukan seorang guru pengelola perpustakaan. Situasi memperlihatkan kegiatan wawancara antara kepala sekolah dengan pelamar. 

Mahasiswa A (kepala sekolah/pewawancara) 

Tugas: 
Anda mewawancara seseorang yang melamar menjadi guru di SMA Anda. Anda mengetahui kalau pelamar tersebut lulusan S1 Pendidikan Bahasa Indonesia, sedangkang Anda memerlukan seorang guru untuk mengelola perpustakaan. Tanyakanlah kepadanya dengan empat (4) pertanyaan yang berkenaan dengan keahliannya. Kemudian setelah dia menjelaskan tentang keahliannya, katakan padanya bahwa SMA Anda menerimanya sebagai guru yang dipercayakan untuk mengelola perpustakaan. 

  
Mahasiswa B (pelamar/terwawancara) 

Tugas: 
Jawablah keempat pertanyaan tersebut sesuai dengan keahlian yang Anda miliki baik yang Anda peroleh pada pendidikan formal maupun nonformal. Setelah Anda dinyatakan diterima dan Anda menyatakan menerima pekerjaan tersebut, ungkapkanlah perasaan Anda walaupun sedikit kecewa. Gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar. 
  

Langkah-langkah melakukan latihan: 

1.Rumuskanlah pertanyaan-pertanyaan jika Anda menjadi mahasiswa A (kepala sekolah/ pewawancara) dan jawaban-jawaban pertanyaan jika Anda sebagai mahasiswa B (pelamar/ terwawancara).
2.Mintalah bantuan teman sejawat untuk melakukan latihan mandiri ini baik sebagai pemeran maupun sebagai pengevaluasi kegiatan. 
3.Berlatihlah berbicara dalam kegiatan wawancara baik sebagai pewawancara maupun terwawancara dengan menggunakan pedoman wawancara yang telah Anda buat (nomor.1)
4.Berlatihlah dengan teman sejawat untuk melakukan peran baik sebagai kepala sekolah/pewawancara maupun sebagai pelamar/terwawancara.
5.Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.


Untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi yang diharapkan, mintailah teman sejawat untuk mengisi Daftar Nilai pada bagian Evaluasi untuk Latihan 1 Kegiatan Wawancara berdasarkan penilaiannya dengan merujuk pada Rambu-Rambu Penilaian 


Latihan 2

Kompetensi 
Mahasiswa terampil menerapkan berbagai metode pidato dalam berbagai keperluan. 

Pidato 

Situasi : 
Situasi resmi gedung pertemuan dengan dihadiri para calon kepala desa dan warga. Akhir-akhir ini banyak pergantian kepemimpinan dalam pemerintahan. Kebetulan di daerah Anda akan diadakan pemilihan kepala desa. 

Tugas: 
Untuk melihat kemampuan Anda dalam berbicara di depan umum (publik), kemukakanlah program-program apa saja yang akan dilaksanakan setelah Anda terpilih sebagai kepala desa dan jelaskan solusi/penyelesaian salah satu masalah yang sedang terjadi di masyarakat. Gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar. 

Langkah-langkah melakukan latihan 

1. Buatlah persiapan naskah pidato tersebut dengan waktu 10 s.d. 15 menit 
2.Berlatihlah berbicara dengan naskah pidato tersebut sebagai pegangan Anda. 
3.Alangkah baiknya, jika Anda berlatih dengan teman sejawat.



Latihan 3

Kompetensi 
Mahasiswa terampil menerapkan teori-teori dan prinsip-prinsip kegiatan dalam melakukan tugas kepemanduan. 

Kepemanduan 

Situasi: 
Perjalanan wisata ke daerah pegunungan di tempat Anda. Bulan Juni merupakan bulan liburan bagi siswa Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi dan sekaligus sebagai bulan untuk acara wisata budaya atau wisata alam. Banyak tempat wisata yang dikunjungi. 

Mahasiswa (pemandu) 
Tugas: 
Anda diberi tugas oleh pimpinan travel biro perjalanan tempat Anda bekerja sebagai pemandu wisata untuk memandu siswa-siswa Sekolah Dasar. Jelaskan pada mereka wisata apa saja yang ada didaerah tersebut. Anda harus menjelaskan kepada mereka minimal 3 buah tempat wisata di daerah tersebut. Jelaskan apa saja yang dapat mereka lihat disana dan kelebihannya dari tempat lain. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 

Langkah-langkah melakukan latihan 

1. Buatlah persiapan bahan kepemanduan tersebut  
2. Rumuskanlah perjalanan apa saja yang akan Anda jelaskan tentang tempat wisata tersebut. Akan lebih baik jika latihan ini dilakukan bersama teman Anda. 



Latihan 4

Kompetensi 
Mahasiswa terampil menerapkan teori-teori dan prinsip-prinsip berbicara dalam dalam kegiatan seminar/ simposium. 


Seminar/Simposium 
Situasi: 

Pada kegiatan seminar  Hari Guru 

Mahasiswa A ( penyaji makalah) 

Tugas: 
Anda bertugas menyajikan suatu makalah seminar dengan judul Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran Guru Tingkat Menengah Atas. Sajikan makalah tersebut secara singkat (5 menit). Kemudian jawablah 2 (dua) pertanyaan yang ditanyakan oleh salah seorang peserta yang tidak setuju dengan ide yang Anda kemukakan pada makalah Anda sejelas-jelasnya. 

Mahasiswa B (peserta yang mengajukan pertanyaan) 

Tugas: 
Ada hal yang tidak Anda setujui dari ide yang terdapat pada makalah tersebut. Kemukakan 2 (dua) buah pertanyaan atas ketidaksetujuan Anda tersebut. 




Evaluasi


Rambu-rambu Penskoran 

Skor 
 Ketepatan Melaksanakan Tugas 
 Ketepatan Menggunakan Bahasa 
 Penalaran/ Penggunaan Kalimat 
 Pemilihan Kosakata 
 Intonasi dan Ekspresi 

Baik Sekali (4) 
Menuangkan/menyampaikan ide berdasarkan topik/tugas dengan sangat tepat 
Menyampaikan ide dengan sangat sistematis 
Cara menyampaikan ide sangat lancar 
Pelafalan baik vokal maupun konsonan tidak dipengaruhi unsur kedaerahan 
Tidak menggunakan kosakata bahasa daerah 
Kalimat yang digunakan adalah kalimat bahasa Indonesia baku yang tidak dipengaruhi oleh unsur kedaerahan. 
Seluruh kalimat yang digunakan efektif sehingga pembicaraan sangat komunikatif. 
Diksi atau pilihan kata tepat dan bervariasi, sehingga pembicaraan atau penyampaian ide jelas dan penyajian sangat menarik 
Intonasi (jeda, tempo, dinamik, dan irama) sangat tepat, sehingga maksud pembicaraan dapat ditangkap dengan sangat jelas 
Volume suara dan ekspresi sangat membantu pendengar dalam menangkap isi pembicaraan. 

Baik (3) 
Menuangkan/ menyampaikan ide berdasarkan topik/tugas dengan tepat 
Menyampaikan ide dengan sistematis 
Cara menyampaikan ide lancar. 
Pelafalan baik vokal maupun konsonan sedikit dipengaruhi oleh unsur kedaerahan tetapi masih dapat ditangkap maksudnya 
Menggunakan beberapa kosakata bahasa daerah 
Kalimat yang digunakan adalah kalimat bahasa Indonesia baku, tetapi sedikit dipengaruhi oleh unsur kedaerahan. 
Terdapat beberapa kalimat yang tidak efektif sehingga pembicaraan agak kurang komunikatif. 
Ada beberapa diksi yang kurang tepat dan kurang bervariasi, namun penyampaian ide cukup jelas dan penyajian sedikit kurang menarik. 
Intonasi (jeda, tempo, dinamik, dan irama) tepat, sehingga maksud pembicaraan dapat ditangkap dengan jelas 
Volume suara dan ekspresi dapat membantu pendengar dalam menangkap isi pembicaraan 



Sedang (2) 
Menuangkan/menyampaikan ide berdasarkan topik/tugas dengan kurang tepat. 
Menyampaikan ide dengan kurang sistematis 
Cara menyampaikan ide kurang lancar. 
Pelafalan baik vokal maupun konsonan sebagian dipengaruhi oleh unsur kedaerahan sehingga agak sukar ditangkap maksudnya 
Sebagian kosakata yang digunakan adalah kosakata bahasa daerah 
Kalimat yang digunakan adalah kalimat bahasa Indonesia tidak baku dan dipengaruhi oleh unsur kedaerahan. 
Sebagian besar kalimat tidak efektif sehingga pembicaraan kurang komunikatif 
Sebagian diksi tidak tepat sehingga ide yang disampaikan kurang jelas dan penyajian kurang menarik 
Intonasi (jeda, tempo, dinamik, dan irama) kurang tepat, sehingga maksud pembicaraan kurang dapat ditangkap karena membingungkan 
Volume suara dan ekspresi kurang membantu pendengar dalam menangkap isi pembicaraan 


Kurang (1) 
Menuangkan/ menyampaikan ide berdasarkan topik/tugas dengan tidak tepat. 
Menyampaikan ide dengan tidak sistematis 
Cara menyampaikan ide tidak lancar. 
Pelafalan baik vokal maupun konsonan banyak dipengaruhi oleh unsur kedaerahan sehingga sukar ditangkap maksudnya 
Lebih banyak menggunakan kosakata bahasa daerah dibandingkan kosakata bahasa Indonesia 
Kalimat yang digunakan banyak dipengaruhi unsur kedaerahan. 
Seluruh kalimat yang digunakan tidak efektif sehingga pembicaraan tidak komunikatif 
Sebagian besar diksi tidak tepat, sehingga ide yang disampaikan tidak jelas dan tidak menarik. 
Intonasi (jeda, tempo, dinamik, dan irama) tidak tepat, sehingga maksud pembicaraan tidak dapat ditangkap atau tidak dimengerti. 
Volume suara dan ekspresi tidak dapat membantu pendengar dalam menangkap isi pembicaraan 




Sumber latihan mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »