Soal Latihan Mandiri Psikolinguistik PBIN4327

5:00:00 pm
Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Psikolinguistik PBIN4327 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 50 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Psikolinguistik PBIN4327 Universitas Terbuka, jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Selamat Mengerjakan.


Soal Pilihan Ganda

Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1. Psikologi adalah disiplin ilmu yang berorientasi untuk mengkaji proses berpikir manusia dalam berbagai bentuk manifestasinya yang mengatur perilaku, sedang linguistik adalah ... . 

 A. disiplin ilmu yang berorientasi untuk mengkaji seluk beluk stimulus, respon, dan proses berpikir manusia serta yang mengatur perilaku manusia  
 B. disiplin ilmu yang berorientasi untuk mengkaji seluk-beluk dari segi sejarah, struktur, kaidah, penerapan, dan perkembangannya  
 C. disiplin ilmu yang berorientasi proses berpikir manusia dan segala bentuk manifestasinya yang mengatur perilaku manusia secara umum  
 D. disiplin ilmu yang berorientasi pada studi tentang bahasa dan pikiran  

2. Pengertian psikolinguistik menurut Simanjuntak adalah . 

 A. disiplin ilmu kombinasi antara psikologi dan linguistik dengan orientasi mengkaji proses psikologis pada orang yang sedang berbahasa  
 B. disiplin ilmu yang berorientasi pada studi tentang bahasa dan pikiran  
 C. disiplin ilmu yang berorientasi pada penguraian proses-proses psikologis yang terjadi apabila seseorang menghasilkan atau memahami kalimat dan kemampuan berbahasa yang diperoleh  
 D. disiplin ilmu dengan titik tekan pada kegiatan produksi, resepsi, dan rekognisi bahasa  

3. Kaitan antara proses berpikir dengan berbahasa adalah seperti berikut, kecuali . 

 A. dalam berpikir orang menggunakan bahasa untuk mengekspresikannya  
 B. dalam berpikir orang mengembangkan pikirannya dengan bahasa  
 C. dalam berbahasa orang perlu berpikir, tanpa berpikir, bahasa yang dihasilkan akan kacau dan sulit dipahami  
 D. dalam berpikir orang menggunakan segala kemampuan nonverbalnya  

4. Pernyataan berikut menggambarkan adanya keterkaitan antara bahasa berkaitan dengan perilaku manusia, kecuali . 

 A. bahasa yang kacau dan sulit dipahami dapat menimbulkan salah paham dan konflik interpersonal  
 B. bahasa merupakan salah satu bentuk perilaku atau produk tindakan  
 C. dengan bahasa orang dapat mengetahui perilaku seseorang  
 D. antara bahasa dengan perilaku saling mempengaruhi  

5. Objek kajian psikolinguistik menurut Aitchison seperti berikut, kecuali . 

 A. komprehensi (proses mental yang terjadi ketika orang memahami maksud orang lain)  
 B. pemerolehan bahasa  
 C. hubungan pengetahuan dan penggunaan bahasa  
 D. produksi dan resepsi bahasa  

6. Psikolinguistik teoritis adalah salah satu subdisiplin psikolinguistik yang diorientasikan untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan . 

 A. pemerolehan dan pembelajaran bahasa  
 B. teori bahasa  
 C. aspek-aspek sosial bahasa  
 D. hubungan bahasa dan otak manusia  

7. Edward Sapir, sebagai seorang linguis yang tertarik pada psikologi mempunyai pandangan bahwa . 

 A. bahasa menentukan pandangan masyarakat penuturnya  
 B. bahasa merupakan ekspresi pengalaman yang lahir karena tekanan emosi  
 C. bahasa merupakan simbol dalam otak manusia yang melambangkan atau membangkitkan pikiran  
 D. psikologi dapat menentukan dasar yang kuat bagi kajian bahasa  

8. John Dewey, sebagai seorang psikolog tertarik pada linguistik mempunyai pandangan bahwa . 

 A. mengkaji bahasa dan perkembangannya dengan cara menafsirkan analisis linguistik bahasa anak-anak berdasarkan prinsip-prinsip psikologi  
 B. bahasa merupakan alat untuk mengungkapkan pikiran  
 C. perilaku bahasa pada dasarnya sama tingkatannya dengan perilaku lain  
 D. aspek mental bahasa sulit dikaji atau didemonstrasikan karena bersifat abstrak  

9. Pengertian bahasa menurut Oka dan Suparno adalah . 

 A. sistem lambang bunyi oral arbitrer yang digunakan masyarakat  
 B. bahasa adalah sistem komunikasi  
 C. bahasa merupakan maujud sejumlah kalimat yang dapat dikreasikan secara tak terbatas  
 D. bahasa adalah tingkah laku sosial yang digunakan dalam komunikasi  

10. Berikut ini adalah contoh fungsi bahasa direktif menurut Financhiaro . 

 A. Seseorang (X) bertanya kepada temannya (Y) Sudah makan? Sebenarnya X sudah tahu kalau Y sudah makan. Hal itu dialakukan hanya sekedar berbasa-basi, untuk menjaga hubungan social  
 B. Seorang ibu bertanya kepada anaknya Kamar mandi sudah disikat nak? Pertaanyaan ibu tersebut bermaksud agar anaknya menyikat kamar mandi  
 C. Bu Ana, guru Biologi dalam mengajar tentang satwa liar di kelas 8, tidak perlu menghadirkan satwa yang dimaksud ke dalam kelas  
 D. Dialog antartokoh dalam sebuah cerita pendek  

11. Contoh ciri bahasa arbitrer yaitu . 

 A. kata rumah dalam bahasa Jawa adalah omah (kasar), sedangkan dalam bahasa Sunda imah (kasar), hal itu sulit dijelaskan alasannya  
 B. kata sarjana mengalami penyempitan makna; dulu bermakna orang yang pintar/pandai, sekarang bermakna orang yang lulus S1  
 C. dialog antara kakak dan adik  
 D. orang dapat saling berkomunikasi walaupun berada di tempat yang berbeda (jauh)  

12. Tahapan perkembangan otak manusia seperti berikut .... 

 A. tahap perkembangan kapasitas, ukuran, kemudian reorganisasi  
 B. tahap munculnya sistem fiber, tahap perkembangan kapasitas, kemudian munculnya dua hemisfer yang asimetris  
 C. tahap perkembangan kapasitas, reorganisasi, munculnya sistem fiber, kemudian munculnya dua hemisfer yang asimetris  
 D. tahap munculnya sistem fiber, perkembangan kapasitas, reorganisasi, kemudian munculnya dua hemisfer yang asimetris  

13. Kegiatan produksi dan persepsi ujaran menurut Ferdinand de Saussure yaitu .... 

 A. persepsi terhadap ujaran merupakan proses psikologis pada diri pendengar ketika mengolah suara pembicara dan memahami maksudnya  
 B. produksi dan persepsi ujaran terjadi dalam satu tindak bahasa  
 C. tindak ujar terdiri atas tiga kategori tindak, yaitu tindak lokusi, ilokusi, dan perlokusi  
 D. persepsi terhadap ujaran sama halnya dengan membangun makna dari suara  

14. Proses mempersepsi ujaran menurut pandangan modern adalah .... 

 A. dalam kegiatan berkomunikasi pembicara bertindak aktif, sedang pendengar bertindak pasif  
 B. dalam kegiatan berkomunikasi pendengar dianggap hanya menebak  
 C. dalam kegiatan komunikasi pendengar bertindak aktif, karena dalam mempersepsi ujaran melalui proses mental yang rumit  
 D. mengabaikan fakta psikologis dalam kegiatan produksi dan persepsi ujaran  

15. Proses mempersepsi ujaran tahap pertama menurut Reevers dan Temperley yaitu .... 

 A. pada saat mendengarkan suara, memastikan sistematis-tidaknya suara yang didengar  
 B. pendengar menentukan struktur suara dengan cara memilahnya menjadi konstituen yang lebih kecil  
 C. pendengar menerima rangsangan suara dan atau gambar yang disampaikan pembicara  
 D. penyimak berkonsentrasi pada rangsangan tertentu dan mengabaikan rangsangan lain yang mengganggu  

16. Contoh asumsi I dalam mempersepsi ujaran menurut Aitchison adalah .... 

 A. Gadis kecil itu mencubit temannya  
 B. Sekretaris itu sedang mengetik surat penting  
 C. Petinju itu sedang turun minum  
 D. Para demonstran sedang beraksi ketika terjadi penembakan  

17. Tahap perencanaan konstituen dalam produksi ujaran berikut adalah pendapat Clark dan Clark .... 

 A. dalam waktu yang sangat cepat pembicara merencanakan isi proposiis, ilokusi, dan struktur tematis, yang akan disampaikan  
 B. merencanakan unsur-unsur pengisi kalimat yang berupa berbagai jenis kata yang akan diujarkan  
 C. pembicara merencanakan konversasi, dekripsi, dan struktur wacana  
 D. perencanaan ujaran dilakukan dalam hitungan sepersekian detik dengan mempertimbangkan gramatika, kekuatan, dan ketepatan semasntis, sehingga maksudnya terwadahi secara optimal  

18. Pelaksanaan pemrograman artikulasi yaitu.... 

 A. pembicara memerintah organ-organ artikulatoris mengeluarkan bunyi-bunyi yang telah direncanakan  
 B. organ-organ artikulatoris diprogram untuk mengeluarkan bunyi-bunyi dalam bentuk kalimat  
 C. organ-organ artikulatoris diprogram untuk mengeluarkan bunyi-bunyi vokal  
 D. melakukan pengartikulasian per segmen fonetis  

19. Gangguan produksi ujaran yang disebut afasia motoris kortikal adalah .... 

 A. ketidakmampuan mengekspresikan isi pikiran dengan perkataan, namun dapat mrngekspresikan isi pikiran dengan membeo  
 B. ketidakmampuan mengekspresikan isi pikiran dengan tepat dan singkat, penderita menggunakan perkataan substitusi atau penggantinya  
 C. ketidakmampuan mengekspresikan isi pikiran dengan menggunakan perkataan  
 D. ketidakmampuan dalam berkomunikasi verbal karena terganggunya kemampuan linguistik pada hemisfer kiri  

20. Teori berikut ini dikembangkan oleh Osgood dalam aliran behaviorisme .... 

 A. Percobaan untuk membentuk model perilaku berbahasa  
 B. Manusia atau binatang mengirim respon atau operan tanpa adanya stimulus yang tampak  
 C. Rangsangan kebahasaan (kata atau kalimat) memancing respon mediasi  
 D. Swastimulasi adalah proses mediasi representasional, yaitu proses yang tidak tampak yang bergerak dalam diri pembelajar  

21. Teori kognitivisme menurut Paul Broca yaitu .... 

 A. pertumbuhan bahasa seseorang terkait secara genitik dengan pertumbuhan biologisnya  
 B. urutan perkembangan kognitif lebih ditentukan oleh kompleksitas semantik daripada struktural  
 C. sejak lahir anak telah dikaruniai piranti pemerolehan bahasa  
 D. bahasa bukan ciri alamiah yang terpisah, melainkan salah satu di antara beberapa kemampuan yang berasal dari kematangan kognitif  

22. Teori konstruktivisme menurut Morgan yaitu .... 

 A. perkembangan kognitif individual sebagai tindak soliter yang relatif. Jadwal biologis dan nosi tahap perkembangan merupakan dasar yang penting  
 B. tahap perkembangan dari lahir sampai umur 18 bulan merupakan tahap sensori motorik  
 C. interaksi sosial merupakan dasar yang sangat penting  
 D. anak mulai menyusun rumus-rumus pengembangan hipotesis-hipotesis, analogi, dan generalisasi menggunakan konsep yang abstrak  

23. Contoh pemerolehan sintaksis (UDK) dalam pemerolehan B1 seperti berikut, kecuali .... 

 A. Adik makan, mama minum  
 B. Anak bila diberi sesuatu dapat mengucapkan terima kasih  
 C. Bola kaka besar  
 D. Permennya enak  

24. Berikut ini merupakan variabel keunikan IQ anak pembelajar B2 .... 

 A. anak-anak lebih sukses belajar bahasa daripada orang dewasa  
 B. pada masa kritis otak memiliki tingkat kematangan untuk mengkoordinasikan ratusan otot kecil yang mengendalikan artikulasi ujaran  
 C. anak yang pandai pasti berhasil dengan baik dalam pemerolehan B2  
 D. anak yang terbuka (ekstrover) lebih berhasil dalam pemerolehan  

25. Ada persamaan antara pemerolehan B1 dan B2, yaitu seperti berikut, kecuali .... 

 A. unsur-unsur bahasa diperoleh dengan urutan-urutan yang diramalkan  
 B. pembelajar B1 dan B2 menguasai kata ganti tanya  
 C. bentuk negasi diperoleh seara rancu pada awal belajar  
 D. pelafalan dapat dikuasai dengan baik dan sempurna  

26. Berikut adalah hipotesis pemerolehan lawan pembelajaran B2 melalui cara kedua .... 

 A. dilakukan secara formal, terencana, sistematis, diterima dengan logika, dan pada umumnya terjadi di dalam kelas  
 B. proses penguasaan bahasa melalui cara alamiah dan terjadi tanpa terencana  
 C. pemerolehan bahasa melalui usaha belajar formal dan eksplisit  
 D. dapat dilakukan dengan mencelupkan diri ke dalam masyarakat/lingkungan yang berbahasa sasaran  

27. Hipotesis masukan dalam pemerolehan B2 menyatakan bahwa .... 

 A. pemerolehan bahasa berlangsung secara alamiah  
 B. kegiatan mendengarkan (reseptif untuk memahami isi wacana sangat penting)  
 C. unsur kebahasaan tertentu akan diperoleh lebih dulu, sedang kebahasaan akan diperoleh kemudian  
 D. pola pemerolehan unsur-unsur bahasa relatif stabil  

28. Yang dimaksud dengan hipotesis monitor adalah .... 

 A. pembelajar memperoleh unsur-unsur bahasa menurut urutan tertentu yang dapat diprediksikan  
 B. pemerolehan resepsi sangat berperaran dalam mempengaruhi kompetensi produktif pembelajar  
 C. pemerolehan bahasa yang diperoleh seseorang melalui pemonitoran dapat digunakan secara sadar untuk merumuskan kalimat-kalimat dan membetulkan tuturan/tulisannya dalam berbahasa produksi  
 D. seseorang menguasai bahasa melalui masukan yang dapat dipahami, yaitu dengan memusatkan perhatian pada isi informasi, bukan pada bentuk bahasa  

29. Aspek kepercayaan dalam hipotesis saringan afektif yaitu .... 

 A. pembelajar yang merasa tidak aman, sadar diri, dan takut berbuat kesalahan, cenderung menggunakan monitornya daripada yang lain  
 B. dalam proses pembelajaran, pembelajar, orang dewasa mengetahui kaidah, menyadari kaidah, dan menggunakan kaidah tersebut dalam berkomunikasi  
 C. proses penguasaan bahasa melalui cara bawah sadar dan terjadi tanpa direncanakan  
 D. hakikat pembelajar bahasa sangat personal dan egoistis  

30. Hipotesis konstrastif adalah .... 

 A. kesalahan yang dibuat dalam belajar B2 disebabkan oleh adanya perbedaan antara pemerolehan B1 dan B2  
 B. rasa percaya diri dan kecemasan memegang peranan penting dalam pembelajaran bahasa  
 C. banyak pembelajar yang menggunakan teman-temannya yang berbahasa tertentu sebagai modelnya  
 D. kecemasan bawaan yang bersifat global dan sering ambigu tidak dapat digunakan untuk meramalkan keberhasilan belajar bahasa  

31. Berikut ini adalah kebijakan dan tujuan pembelajaran bahasa, kecuali .... 

 A. ditetapkannya bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional di Indonesia  
 B. bahasa Indonesia diajarkan dari jenjang pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi  
 C. agar siswa menghargai dan membanggakan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional  
 D. pembelajar diharapkan menguasai ranah kognitif dan afektif  

32. Aspek psikolinguistik yang dapat memberi bantuan positif-afektif untuk pembelajaran harus realistis, artinya .... 

 A. sesuai dengan tujuan dan kelompok unsur pembelajar  
 B. dapat dipakai oleh pengajar dan pembelajar, dapat dipelajari dengan baik dan murah  
 C. bervariasi dan berisi pokok bahasan yang sesuai dengan kelompok pembelajar  
 D. dapat membuat pembelajar merasa berhasil atau merasa senang mempelajari materi tersebut  

33. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih model atau teknik pengajaran pada pemerolehan bahasa yaitu seperti berikut, kecuali .... 

 A. umur pembelajar  
 B. penguasaan B1  
 C. tujuan pendidikan  
 D. keterlibatan pembelajar  

34. Salah satu prinsip dalam evaluasi adalah menyeluruh, artinya .... 

 A. harus mengukur tingkat perolehan aspek kebahasaan, pemahaman, dan penggunaan  
 B. evaluasi dilaksanakan secara berencana, bertahap, dan terus menerus  
 C. setiap butir evaluasi harus mengacu pada tingkatan-tingkatan tujuan yang telah dirumuskan  
 D. kegiatan evaluasi tidak boleh lepas dari komponen pembelajaran yang lain  

35. Yang dimaksud dengan teori fungsional dalam pengembangan metode pengajaran bahasa adalah .... 

 A. memandang bahasa sebagai sistem yang memiliki unit gramatika, unit pembentukan gramatika, dan unit kosakata  
 B. memandang bahasa dari segi informasional, intelektual, emosional, moral, persuasi, dan moral  
 C. memandang bahasa sebagai alat untuk merealisasikan hubungan interpersonal dan sebagai formasi transaksi sosial antarindividu dalam masyarakat  
 D. belajar bahasa pada hakikatnya adalah proses pembentukan kebiasaan  

36. Salah satu prinsip psikolinguistik pembelajaran bahasa menurut metode alamiah yaitu .... 

 A. penguasaan bahasa lebih banyak bertumpu pada pemerolehan bahasa dalam konteks yang alamiah  
 B. mengutamakan produksi sebelum komprehensi  
 C. pemerolehan mengacu pada kemampuan linguistik yang telah diinternalisasikan secara alamiah  
 D. pemerolehan struktur gramatikal bahasa anak berada pada urutan yang dapat diramalkan  

37. Berikut ini merupakan landasan psikolinguistik dalam metode respon fisik total, kecuali .... 

 A. sebelum belajar berbicara terlebih dahulu harus menguasai keterampilan komprehensi  
 B. kelas luas, dapat dibuat formasi sesuai situasi yang sedang diperagakan  
 C. kaitan antara gerak tubuh dan penguasaan bahasa menjadi fokus dalam pemilihan teknik pembelajaran yang dikembangkan  
 D. membatasi umur pembelajar, khusus untuk anak-anak  

38. Metode sugestopedia didasari oleh beberapa prinsip, antara lain adalah .... 

 A. setelah pelajaran usai, para siswa diharuskan menghimpun kemampuan hypermnestic, yaitu kemampuan supermemory yang luar biasa  
 B. manusia dapat diarahkan untuk melakukan sesuatu dengan diberikan sugesti  
 C. pada umumnya pelajaran disampaikan dalam bentuk penugasan individual  
 D. ruang belajar diatur melingkar dengan pencahayaan yang cukup terang  

39. Yang dimaksud dengan pendekatan semantik dalam teori pemahaman adalah .... 

 A. pemahaman berdasarkan pada struktur kalimat  
 B. pemahaman dilakukan dari pengenalan bunyi, kata, lalu kalimat  
 C. pemahaman dilakukan dengan menafsirkan makna kalimat  
 D. pemahaman dilakukan dengan ujaran yang alamiah  

40. Rencana konstituen dalam teori produksi ujaran yaitu .... 

 A. penutur memutuskan wacana yang akan dihasilkan  
 B. penutur memutuskan tindak ujar yang akan digunakan  
 C. penutur memilih bunyi, kata, frasa, idiom, dan urutannya  
 D. penutur mengaktifkan otot-otot artikulatori untuk menghasilkan program artikulasi yang telah tersusun  

41. Teori mixed dalam teori ambiguitas menyatakan bahwa .... 

 A. pernyataan yang ambigu dapat lebih memperjelas penafsiran  
 B. pernyataan dapat ditafsirkan dengan tepat bila sesuai dengan konteks  
 C. suatu kalimat tidak dianggap ambigu karena hanya ada satu penafsiran  
 D. bila ada kalimat yang ambigu, harus segera diputuskan tafsiran yang benar dengan melihat konteks  

42. Yang dimaksud dengan teori kontinuitas adalah .... 

 A. setiap bunyi bahasa mempunyai sejumlah fitur sebagai pembeda bunyi  
 B. penguasaan bahasa sebelumnya akan mempengaruhi penguasaan bahasa berikutnya  
 C. kalimat komplek diajarkan sebelum kalimat sederhana  
 D. guru harus dapat menentukan tindak ujar mana yang akan diajarkan lebih dulu dan tindak ujar mana yang akan diujarkan kemudian  

43. Berikut ini merupakan contoh tindak ujar direktif .... 

 A. Seorang anak kelas 5 SD berjanji kepada ibunya, bahwa dia tidak akan main ke rumah temannya tanpa izin lebih dulu  
 B. Seorang anak TK minta dibelikan kakaknya permen coklat  
 C. Sejak kelas 3 SD Ani selalu menepati janjinya  
 D. Adi mengancam teman sebangkunya, agar boleh menyontek waktu ulangan bahasa Indonesia  

44. Upaya untuk memperkecil permasalahan dalam komponen psikolinguistik dan guru adalah sebagai berikut, kecuali .... 

 A. agar materi menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa, materi puisi yang akan disajikan dilengkapi dengan media audio atau video tentang pembacaan puisi oleh sastrawan ternama  
 B. agar materi dapat merangsang kreativitas siswa, materi yang disajikan dikemas semenarik mungkin, misalnya banyak menampilkan contoh yang nyata  
 C. guru tidak hanya menyuruh siswa untuk belajar, tapi guru juga harus banyak membaca, mengikuti seminar, atau membuka internet untuk menambah wawasan  
 D. guru harus merasa yakin kalau materi yang diajarkan dapat bermakna bagi siswa  

Petunjuk soal No. 45 sampai 50, pilihlah:
A. Jika opsi 1 dan 2 benar
B. Jika opsi 1 dan 3 benar
C. Jika opsi 2 dan 3 benar
D. Jika opsi 1,2 dan 3 benar

45. Alasan yang menguatkan pendapat Lennenberg bahwa manusia memiliki kecenderungan biologis adalah . 
  
(1) dalam otak manusia terdapat pusat-pusat syaraf yang bersifat khas  
(2) perkembangan bahasa pada semua bayi sama  
(3) pertumbuhan bahasa manusia sulit dihambat  

46. Menurut Aitchison ciri-ciri bahasa adalah  . 
  
(1) bermakna  
(2) penggunaannya spontan  
(3) berstruktur  

47. Fungsi hemisfer kiri adalah untuk ... . 
  
(1) musik  
(2) membaca  
(3) berbahasa  

48. Pemerolehan B1 berlangsung sejak lahir, tanpa disadari, dan berada dalam masa kritis, sedangkan pemerolehan B2 ... . 
  
(1) dilakukan dengan penuh kesadaran  
(2) dimulai saat pembelajar masuk bangku sekolah  
(3) didorong oleh motivasi instromental  

49. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan B2 adalah ... . 
  
(1) tujuan  
(2) pembelajar  
(3) lingkungan  

50. Hubungan otak dan bahasa terlihat seperti berikut ... . 
  
(1) sistem kerja otak memproduksi dan meresepsi bahasa yang rumit dan komplek  
(2) daerah wernick memilah-milah bunyi menjadi suku kata, kata, frasa, klausa, dan kalimat  
(3) motor korteks bertugas mempertimbangkan urutan kata, bunyi, dan fitur pada tiap bunyi yang harus diujarkan  


Untuk mengetahui jawaban anda silahkan cek pada halaman kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Psikolinguistik PBIN4327 Universitas Terbuka


Sumber latihan mandiri Universitas Terbuka


Artikel Terkait

Previous
Next Post »