Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Membaca 2 PBIN4329

4:50:00 pm
Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Membaca 2 PBIN4329 Universitas Terbuka yang berisi 40 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Membaca 2 PBIN4329. Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali.


Kunci Jawaban Soal Latihan No. 1
A. Salah, karena survei adalah kegiatan membuka-buka buku secara cepat dan melihat secara keseluruhan untuk mendapatkan gambaran umum 
B. Salah, karena read adalah kegiatan membaca tidak pada semua kalimat tetapi membaca dengan dituntun oleh pertanyaan-pertanyaan yang telah dirumuskan. 
C. Benar, Membuat catatan-catatan penting tentang bagian yang telah dibaca dengan kata-kata sendiri adalah kegiatan recite 
D. Salah, karena question adalah pertanyaan yang kita ajukan pada diri kita sendiri yang berkaitan dengan bahan yang sedang kita baca 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 2
A. Salah, karena bahagia adalah perasaan bukan tempat. 
B. Benar, karena kebahagiaan bermain bersama dengan keluarga merupakan perasaan yang dapat kita rasakan. 
C. Salah, karena kebahagiaan berhubungan dengan perasaan, sedangkan peranan berhubungan dengan fungsi. 
D. Salah, karena kebahagian berkaitan dengan emosi, sedangkan kegiatan berkaitan dengan motorik. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 3  
A. Salah. Butir A bukan fakta karena cara jajan praktis dan higienis bukan fakta tetapi opini penulis atau pemilik restoran. 
B. Salah, karena butir B bukan fakta karena lebih bersifa promosi. 
C. Salah, karena cara pembayaran baru menurut penulis, mungkin ada pembaca yang mempunyai pengalaman bahwa hal tersebut sudah lama digunakan. 
D. Benar, karena dalam bacaan tersebut ada dua kartu yang ditawarkan yaitu refundable dan nonrefundable. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 4
A. Salah, karena butir A bukanlah ide pokok melainkan paragraf pembuka. 
B. Benar, karena ide pokok wacana tersebut membicarakan tentang Red Pepper yang akan mengganti cara pembayaran. 
C. Salah, karena kalimat tersebut merupakan kalimat penjelas. 
D. Salah, karena kalimat tersebut juga merupakan salah satu ide penjelas dari wacana tersebut. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 5
A. Salah, karena butir A bukan merupakan ide penjelas. 
B. Benar, butir B merupakan ide penjelas. 
C. Salah, karena butir C bukan merupakan ide penjelas 
D. Salah, karena baru mulai September 2007 Red Pepper mengganti cara pembayarannya. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 6
A. Salah, karena butir A merupakan ide penjelas 
B. Salah, karena butir B merupakan ide penjelas 
C. Benar, karena yang dibicarakan dalam wacana tersebut adalah tentang gaya baru cara pembayaran dengan i-voucher 
D. Salah, karena butir D juga merupakan ide penjelas wacana tersebut. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 7
A. Salah, karena Anda salah menggunakan rumus 
B. Salah, Anda salah menghitung 

C. Benar. Cara menghitungnya adalah 
1200 X 7 
------------- = 419,916 Angka tersebut dibulatkan menjadi 420 
(100:60) X 12 

D. Salah, Anda salah menghitungnya 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 8
A. Salah, karena jika dihitung kalimat keseratus jatuh pada kalimat kesebelas tetapi tetapi tidak utuh. 
B. Salah, karena jika dihitung kalimat keseratus jatuh pada kalimat kesebelas tetapi tetapi tidak utuh. 
C. Benar, karena jika dihitung kalimat keseratus jatuh pada kalimat kesebelas, sehingga hitungan tersebut jatuh pada kalimat kesepuluh. 
D. Salah, karena walaupun jika dihitung kalimat keseratus jatuh pada kalimat kesebelas tetapi tidak utuh, sehingga hitungannya jatuh pada kalimat kesepuluh. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 9
A. Salah, karena Anda salah menghitung jumlah kata keseratusnya. 
B. Salah, karena Anda tidak benar cara menghitungnya. 
C. Benar, karena hitungan jatuh pada kalimat kesebelas tetapi tidak utuh yaitu jatuh pada kata ketiga dari sebelas kata yang terdapat pada kalimat kesebelas. Berarti cara menghitungnya yaitu 3 : 11 = 0,272 dibulatkan menjadi 0,272. Karena kalimat utuh jatuh pada kalimat kesepuluh berarti berdasarkan hitungan sistem desimalnya yaitu 10,27. 
D. Salah, Anda salah menghitung. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 10
A. Salah, karena Anda salah menghitung rumusnya 
B. Benar, berdasarkan penghitungan, jumlah suku katanya berjumlah 248. Oleh sebab itu 248 harus dikalikan dengan 0,6, sehingga menjadi 248 X 0,6 = 148,8 dan jika dibulatkan menjadi 149. setelat dicari titik silang 10 dan 149 berada di wilayah 7, sehingga bacaan tersebut cocok untuk siswa peringkat 6, 7, dan 8. Karena dari pilihan soal tersebut tercantum angka 7 pada butir B, berarti jawaban yang benar adalah butir B. 
C. Salah, karena Anda salah menghitung 
D. Salah, karena Anda salah menggunakan rumus. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 11
A. Salah, Anda salah menggunakan rumus. 
B. Salah, Anda salah menggunakan tabel konversi. 
C. Benar, Cara menghitungnya yaitu: (1) jumlah kalimat ada 2 buah; (2) wacana tersebut terdiri atas 54 kata yang dibulatkan menjadi 50 kata, sehingga angka konversi adalah 2,0; (3) dengan demikian jumlah kalimatnya menjadi 2 X 2,0 = 4 dan jumlah suku kata menjadi 79 X 2,0 = 158; (4) langkah selanjutnya adalah gunakan Grafik Fry seperti biasa, berdasarkan hasil penghitungan berarti tingkat keterbacaannya ada pada daerah 4 dan 158 yaitu pada peringkat 12 atau cocok untuk peringkat 11, 12, dan 13. Berarti butir C adalah jawaban yang benar. 
D. Salah, Anda salah menghitung. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 12
A. Salah, karena tingkat keterbacaan siswa tersebut 73,3%. Siswa dikatakan gagal jika berada di bawah 40%. 
B. Salah, karena tingkat keterbacaan siswa tersebut 73,3%. Siswa dikatakan frustasi atau gagal jika berada di bawah 40%. 
C. Salah, karena tingkat keterbacaan siswa tersebut 73,3%, sedangkan tingkat instruksional berada pada skor antara 41%-60%. 
D. Benar, karena siswa tersebut memperoleh skor 73,3%. Cara menghitungnya adalah berikut ini. 
(jumlah jawaban benar : jumlah semua kata ke-n)  100%. Jadi (22 : 30) X 100% = 73,3% 
Adapun kriteria penilaian yang digunakan menurut Rankin dan Culhane adalah sebagai berikut. 
(1) Pembaca berada pada tingkat independen jika memperoleh skor di atas 60%. 
(2) Pembaca berada pada tingkat instruksional jika memperoleh skor antara 41% - 60%. 
(3) Pembaca berada pada tingkat frustrasi atau gagal jika persentase skor kurang dari 40% 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 13
A. Salah, karena yang termasuk kemampuan mengaplikasikan konsep-konsep meliputi kemampuan: (1) mengikuti petunjuk-petunjuk dalam bacaan; (2) menerapkan konsep-konsep/ gagasan utama bacaan ke dalam situasi baru yang problematis; dan (3) menunjukkan kesesuaian antara gagasan utama dengan situasi yang dihadapi. 
B. Benar, karena yang termasuk ke dalam kemampuan mengingat dan mengenali meliputi kemampuan (1) mengenali ide pokok paragraf; (2) mengenali tokoh-tokoh cerita dan sifat-sifatnya; (3) menyatakan kembali ide pokok paragraf; (4) menyatakan kembali fakta-fakta/ detail bacaan; dan (5) menyatakan kembali fakta-fakta perbandingan, unsur-unsur hubungan sebab akibat, karakter tokoh, dan sebagainya. 
C. Salah, karena yang termasuk ke dalam kemampuan menganalisis isi bacaan meliputi kemampuan: (1) menangkap gagasan utama bacaan; (2) memerikan detail/fakta penunjang; (3) mengklasifikasikan fakta-fakta; (4) membandingkan antargagasan yang ada dalam bacaan; (5) membandingkan tokoh-tokoh yang ada dalam bacaan; membuat simpulan bacaan; mengorganisasikan gagasan utama bacaan; menentukan tema bacaan; menyusun kerangka bacaan; menghubungkan data sehingga diperoleh simpulan; dan membuat ringkasan. 
D. Salah, karena yang termasuk ke dalam kemampuan kemampuan menilai isi bacaan, meliputi kemampuan: (1) menilai kebenaran gagasan utama/ide pokok paragraf/bacaan secara keseluruhan; (2) menilai dan menentukan bahwa sebuah pernyataan adalah fakta atau opini; (3) menilai dan menentukan bahwa sebuah bacaan diangkat dari realitas atau fantasi penulis; (4) menentukan tujuan penulis dalam menulis; (5) menentukan relevansi antara tujuan dan pengembangan gagasan; (5) menentukan keselarasan antara data yang diungkapkan dengan simpulan yang dibuat; (6) menilai keakuratan dalam penggunaan bahasa, baik pada tataran kata, frasa, atau penyusunan kalimatnya. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 14
A. Benar, karena yang termasuk ke dalam kemampuan menginterpretasi makna tersirat adalah kemampuan: (1) menafsirkan ide pokok paragraf; (2) menafsirkan gagasan utama bacaan; (3) membedakan fakta/detail bacaan; (4) menafsirkan ide-ide penunjang; (5) membedakan fakta/detail bacaan; (6) memahami secara kritis hubungan sebab-akibat; (7) memahami secara kritis unsur-unsur perbandingan; dan (8) kemampuan mengaplikasikan konsep-konsep 
B. Salah, karena yang termasuk kemampuan mengaplikasikan konsep-konsep meliputi kemampuan: (1) mengikuti petunjuk-petunjuk dalam bacaan; (2) menerapkan konsep-konsep/ gagasan utama bacaan ke dalam situasi baru yang problematis; dan (3) menunjukkan kesesuaian antara gagasan utama dengan situasi yang dihadapi. 
C. Salah, karena yang termasuk ke dalam kemampuan menganalisis isi bacaan meliputi kemampuan: (1) menangkap gagasan utama bacaan; (2) memerikan detail/fakta penunjang; (3) mengklasifikasikan fakta-fakta; (4) membandingkan antargagasan yang ada dalam bacaan; (5) membandingkan tokoh-tokoh yang ada dalam bacaan; membuat simpulan bacaan; mengorganisasikan gagasan utama bacaan; menentukan tema bacaan; menyusun kerangka bacaan; menghubungkan data sehingga diperoleh simpulan; dan membuat ringkasan. 
D. Salah, karena yang termasuk ke dalam kemampuan kemampuan menilai isi bacaan, meliputi kemampuan: (1) menilai kebenaran gagasan utama/ide pokok paragraf/bacaan secara keseluruhan; (2) menilai dan menentukan bahwa sebuah pernyataan adalah fakta atau opini; (3) menilai dan menentukan bahwa sebuah bacaan diangkat dari realitas atau fantasi penulis; (4) menentukan tujuan penulis dalam menulis; (5) menentukan relevansi antara tujuan dan pengembangan gagasan; (5) menentukan keselarasan antara data yang diungkapkan dengan simpulan yang dibuat; (6) menilai keakuratan dalam penggunaan bahasa, baik pada tataran kata, frasa, atau penyusunan kalimatnya. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 15
A. Salah, karena yang termasuk ke dalam kemampuan menginterpretasi makna tersirat adalah kemampuan: (1) menafsirkan ide pokok paragraf; (2) menafsirkan gagasan utama bacaan; (3) membedakan fakta/detail bacaan; (4) menafsirkan ide-ide penunjang; (5) membedakan fakta/detail bacaan; (6) memahami secara kritis hubungan sebab-akibat; (7) memahami secara kritis unsur-unsur perbandingan; dan (8) kemampuan mengaplikasikan konsep-konsep 
B. Benar, karena yang termasuk kemampuan mengaplikasikan konsep-konsep meliputi kemampuan: (1) mengikuti petunjuk-petunjuk dalam bacaan; (2) menerapkan konsep-konsep/ gagasan utama bacaan ke dalam situasi baru yang problematis; dan (3) menunjukkan kesesuaian antara gagasan utama dengan situasi yang dihadapi. 
C. Salah, karena yang termasuk ke dalam kemampuan menganalisis isi bacaan meliputi kemampuan: (1) menangkap gagasan utama bacaan; (2) memerikan detail/ fakta penunjang; (3) mengklasifikasikan fakta-fakta; (4) membandingkan antargagasan yang ada dalam bacaan; (5) membandingkan tokoh-tokoh yang ada dalam bacaan; membuat simpulan bacaan; mengorganisasikan gagasan utama bacaan; menentukan tema bacaan; menyusun kerangka bacaan; menghubungkan data sehingga diperoleh simpulan; dan membuat ringkasan. 
D. Salah, karena yang termasuk ke dalam kemampuan kemampuan menilai isi bacaan, meliputi kemampuan: (1) menilai kebenaran gagasan utama/ide pokok paragraf/bacaan secara keseluruhan; (2) menilai dan menentukan bahwa sebuah pernyataan adalah fakta atau opini; (3) menilai dan menentukan bahwa sebuah bacaan diangkat dari realitas atau fantasi penulis; (4) menentukan tujuan penulis dalam menulis; (5) menentukan relevansi antara tujuan dan pengembangan gagasan; (5) menentukan keselarasan antara data yang diungkapkan dengan simpulan yang dibuat; (6) menilai keakuratan dalam penggunaan bahasa, baik pada tataran kata, frasa, atau penyusunan kalimatnya. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 16
A. Salah, karena yang termasuk ke dalam kemampuan menginterpretasi makna tersirat adalah kemampuan: (1) menafsirkan ide pokok paragraf; (2) menafsirkan gagasan utama bacaan; (3) membedakan fakta/detail bacaan; (4) menafsirkan ide-ide penunjang; (5) membedakan fakta/detail bacaan; (6) memahami secara kritis hubungan sebab-akibat; (7) memahami secara kritis unsur-unsur perbandingan; dan (8) kemampuan mengaplikasikan konsep-konsep 
B. Salah, karena yang termasuk kemampuan mengaplikasikan konsep-konsep meliputi kemampuan: (1) mengikuti petunjuk-petunjuk dalam bacaan; (2) menerapkan konsep-konsep/gagasan utama bacaan ke dalam situasi baru yang problematis; dan (3) menunjukkan kesesuaian antara gagasan utama dengan situasi yang dihadapi. 
C. Benar, karena yang termasuk ke dalam kemampuan menganalisis isi bacaan meliputi kemampuan: (1) menangkap gagasan utama bacaan; (2) memerikan detail/ fakta penunjang; (3) mengklasifikasikan fakta-fakta; (4) membandingkan antargagasan yang ada dalam bacaan; (5) membandingkan tokoh-tokoh yang ada dalam bacaan; membuat simpulan bacaan; mengorganisasikan gagasan utama bacaan; menentukan tema bacaan; menyusun kerangka bacaan; menghubungkan data sehingga diperoleh simpulan; dan membuat ringkasan. 
D. Salah, karena yang termasuk ke dalam kemampuan kemampuan menilai isi bacaan, meliputi kemampuan: (1) menilai kebenaran gagasan utama/ide pokok paragraf/bacaan secara keseluruhan; (2) menilai dan menentukan bahwa sebuah pernyataan adalah fakta atau opini; (3) menilai dan menentukan bahwa sebuah bacaan diangkat dari realitas atau fantasi penulis; (4) menentukan tujuan penulis dalam menulis; (5) menentukan relevansi antara tujuan dan pengembangan gagasan; (5) menentukan keselarasan antara data yang diungkapkan dengan simpulan yang dibuat; (6) menilai keakuratan dalam penggunaan bahasa, baik pada tataran kata, frasa, atau penyusunan kalimatnya. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 17
A. Salah, karena yang termasuk kemampuan mengaplikasikan konsep-konsep meliputi kemampuan: (1) mengikuti petunjuk-petunjuk dalam bacaan; (2) menerapkan konsep-konsep/gagasan utama bacaan ke dalam situasi baru yang problematis; dan (3) menunjukkan kesesuaian antara gagasan utama dengan situasi yang dihadapi. 
B. Salah, karena yang termasuk ke dalam kemampuan menginterpretasi makna tersirat adalah kemampuan: (1) menafsirkan ide pokok paragraf; (2) menafsirkan gagasan utama bacaan; (3) membedakan fakta/detail bacaan; (4) menafsirkan ide-ide penunjang; (5) membedakan fakta/detail bacaan; (6) memahami secara kritis hubungan sebab-akibat; (7) memahami secara kritis unsur-unsur perbandingan; dan (8) kemampuan mengaplikasikan konsep-konsep 
C. Salah, karena yang termasuk ke dalam kemampuan menganalisis isi bacaan meliputi kemampuan: (1) menangkap gagasan utama bacaan; (2) memerikan detail/ fakta penunjang; (3) mengklasifikasikan fakta-fakta; (4) membandingkan antargagasan yang ada dalam bacaan; (5) membandingkan tokoh-tokoh yang ada dalam bacaan; membuat simpulan bacaan; mengorganisasikan gagasan utama bacaan; menentukan tema bacaan; menyusun kerangka bacaan; menghubungkan data sehingga diperoleh simpulan; dan membuat ringkasan. 
D. Benar, karena yang termasuk ke dalam kemampuan kemampuan menilai isi bacaan, meliputi kemampuan: (1) menilai kebenaran gagasan utama/ide pokok paragraf/bacaan secara keseluruhan; (2) menilai dan menentukan bahwa sebuah pernyataan adalah fakta atau opini; (3) menilai dan menentukan bahwa sebuah bacaan diangkat dari realitas atau fantasi penulis; (4) menentukan tujuan penulis dalam menulis; (5) menentukan relevansi antara tujuan dan pengembangan gagasan; (5) menentukan keselarasan antara data yang diungkapkan dengan simpulan yang dibuat; (6) menilai keakuratan dalam penggunaan bahasa, baik pada tataran kata, frasa, atau penyusunan kalimatnya. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 18
A. Salah, karena yang termasuk ke dalam kemampuan menginterpretasi makna tersirat adalah kemampuan: (1) menafsirkan ide pokok paragraf; (2) menafsirkan gagasan utama bacaan; (3) membedakan fakta/detail bacaan; (4) menafsirkan ide-ide penunjang; (5) membedakan fakta/detail bacaan; (6) memahami secara kritis hubungan sebab-akibat; (7) memahami secara kritis unsur-unsur perbandingan; dan (8) kemampuan mengaplikasikan konsep-konsep 
B. Salah, karena yang termasuk kemampuan mengaplikasikan konsep-konsep meliputi kemampuan: (1) mengikuti petunjuk-petunjuk dalam bacaan; (2) menerapkan konsep-konsep/gagasan utama bacaan ke dalam situasi baru yang problematis; dan (3) menunjukkan kesesuaian antara gagasan utama dengan situasi yang dihadapi. 
C. Benar, karena yang termasuk ke dalam kemampuan mencipta isi bacaan adalah kemampuan: (1) menyerap inti bacaan; (2) membuat rangkuman atau membuat kerangka bacaan yang disusun sebagai tanggapan terhadap bacaan atau membuat kerangka bacaan yang betul-betul baru berdasarkan pengetahuan dari bacaan; dan (3) mengembangkan/menulis berdasarkan kerangka bacaan yang telah disusun. 
D. Salah, karena yang termasuk ke dalam kemampuan kemampuan menilai isi bacaan, meliputi kemampuan: (1) menilai kebenaran gagasan utama/ide pokok paragraf/bacaan secara keseluruhan; (2) menilai dan menentukan bahwa sebuah pernyataan adalah fakta atau opini; (3) menilai dan menentukan bahwa sebuah bacaan diangkat dari realitas atau fantasi penulis; (4) menentukan tujuan penulis dalam menulis; (5) menentukan relevansi antara tujuan dan pengembangan gagasan; (5) menentukan keselarasan antara data yang diungkapkan dengan simpulan yang dibuat; (6) menilai keakuratan dalam penggunaan bahasa, baik pada tataran kata, frasa, atau penyusunan kalimatnya. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 19
A. Salah, pernyataan tersebut menjelaskan isi kalimat pertama 
B. Salah, pernyataan tersebut menjelaskan isi kalimat kedua. 
C. Salah, pernyataan tersebut menjelaskan isi kalimat keempat. 
D. Benar, pernyataan tersebut menjelaskan isi kalimat ketiga. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 20
A. Benar, karena wacana tersebut bercerita tentang kacoak 
B. Salah, karena wacana tersebut bukan membahas tentang evolusi kacoak 
C. Salah, karena wacana hanya menyebutkan jumlah spesies, tetapi tidak membahasnya. 
D. Salah, karena jenis serangga yang susah dibasmi merupakan penjelasan, bukan topik. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 21
A. Salah, karena kalimat tersebut adalah opini atau pendapat. 
B. Benar, karena kalimat tersebut adalah fakta ditandai dengan adanya data. 
C. Salah, karena kalimat tersebut adalah opini. 
D. Salah, karena kalimat tersebut adalah opini. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 22
A. Salah, karena kalimat tersebut adalah fakta 
B. Benar, karena kalimat tersebut adalah opini 
C. Salah, karena kalimat tersebut adalah fakta 
D. Salah, karena kalimat tersebut adalah fakta 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 23
A. Benar, karena urutan kalimat dalam paragraf yang baik adalah kalimat (3), (2), (1), dan (4). 
B. Salah, karena bila memilih opsi B paragraf tersebut tidak runtut. 
C. Salah, karena tidak ada awal paragraf menggunakan kata namun. 
D. Salah, karena bila memilih opsi D, kalimat yang membangun paragraf tersebut tidak padu. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 24
A. Salah, karena menentukan tujuan membaca adalah pembaca sejak awal harus mengetahui mengapa membaca buku itu? Informasi apa yang diinginkan? Perlukah membaca seluruhnya? Berdasarkan tujuan itu, pada bagian mana dari bacaan itu yang perlu diberi penekanan? 
B. Benar, membaca sekilas adalah melakukan peninjauan awal secara sekilas mengenai keseluruhan bacaan, untuk melihat garis besar isi bacaan dan memutuskan apakah Anda perlu membaca bacaaan itu lebih lanjut atau tidak. 
C. Salah, karena menafsirkan dilakukan setelah membaca sekilas dan memutuskan untuk membaca bacaan itu, bacalah bacaan itu, dan interpretasikan maknanya. 
D. Salah, karena mencatat dilakukan setelah membaca secara teliti dan mengerti maknanya, buatlah catatan-catatan penting untuk diingat selamanya. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 25
A. Salah, karena bukan sekedar memberikan penerangan jalan. 
B. Benar, karena penulis mengharapkan masyarakat sadar dan peduli terhadap lingkungan. 
C. Salah, harapan penulis tidak hanya sekedar melakukan penghijauan. 
D. Salah, bukan hanya sekedar memerangi kriminalisme tetapi juga peduli terhadap lingkungan 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 26
A. Salah, pembenahan yang dilakukan pertama kali bukanlah penghijauan tetapi penerangan jalan. 
B. Salah, karena yang dilakukan setelah penerangan jalan adalah penghijauan. Jadi bukan hanya menanam tanaman obat. 
C. Salah, karena penggalakkan kerja bakti dilakukan untuk menghijaukan lingkungan Warakas. 
D. Benar, karena memang penerangan jalan adalah pembenahan yang dilakukan pertama kali untuk menghindarkan daerah Warakas dari kejahatan kriminal 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 27
A. Benar, karena memang kesimpulan kutipan karangan tersebut adalah usaha warga Warakas menghilangkan kesan kumuh dan rawan 
B. Salah, karena pembenahan lingkungan adalah salah satu cara untuk menghilangkan kesan kumuh dan rawan 
C. Salah, karena penerangan jalan adalah salah satu cara untuk menghilangkan kesan rawan 
D. Salah, karena penghijauan adalah salah satu cara untuk menghilangkan kesan kumuh 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 28
A. Salah, karena teras karangan adalah tulisan yang dicetak tebal pada karangan tersebut. Oleh sebab itu opsi A salah. 
B. Salah, karena teras karangan adalah tulisan yang dicetak tebal pada karangan tersebut. Oleh sebab itu opsi B salah. 
C. Salah, karena teras karangan adalah tulisan yang dicetak tebal pada karangan tersebut. Oleh sebab itu opsi C salah. 
D. Benar, karena bagian yang tercetak tebal merupakan teras karangan yang berisi tentang keinginan warga Warakas untuk menghilangkan kesan rawan dan kumuh. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 29
A. Salah, karena menilai karangan tidak dapat menjadi bukti bahwa seseorang dapat menilai karangan yang baru saja dibaca. 
B. Salah, menerapkan apa yang dibaca dalam perilaku sehari-hari bukanlah bukti bahwa seseorang dapat menarik simpulan dari apa yang dibaca 
C. Salah, membuat tulisan baru berdasarkan karangan yang telah dibaca tidak berarti bahwa seseorang dapat menarik simpulan dari apa yang dibaca 
D. Benar, karena membuat ringkasan dari fakta yang ada dalam karangan yang telah dibacanya dan mampu menyusun kerangka bacaan yang sudah dibaca membuktikan bahwa seseorang dapat menarik simpulan dari apa yang dibacanya. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 30
A. Benar, jelas bahwa wacana tersebut adalah bahan bacaan politik 
B. Salah, potongan wacana tersebut bukan merupakan bahan bacaan budaya 
C. Salah, potongan wacana tersebut bukan merupakan bahan bacaan ilmu sains 
D. Salah, potongan wacana tersebut bukan merupakan bahan bacaan ilmu sejarah 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 31
A. Benar, potongan karangan tersebut berisi tentang harapan Jusuf Kalla untuk segera mengakhiri perdebatan. 
B. Salah, karena hal pada opsi B bukanlah ide yang akan ditonjolkan. 
C. Salah, karena ide yang akan ditonjolkan bukanlah penyelesaian konflik tetapi harapan agar segera mengakhiri perdebatan tentang nota kesepahaman. 
D. Salah, karena bukan hal tersebut yang ingin ditonjolkan dalam karangan tersebut 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 32
A. Salah, pernyaataan tersebut merupakan harapan Jusuf Kalla. 
B. Salah, pernyaataan tersebut merupakan pendapa Jusuf Kalla. 
C. Salah, pernyaataan tersebut merupakan permintaan Jusuf Kalla. 
D. Benar, pernyaataan tersebut merupakan upaya kedua pihak. Pahami paragraf keempat. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 33
A. Salah, karena pendekatan emotif bertujuan untuk mendapatkan efek emosional yang berupa: keindahan, kelucuan, kesedihan, kemurungan, kecantikan, kesendirian, kesyahduan, dan kesepian. Puisi tersebut menginginkan efek emosional dari pembacanya. 
B. Salah, karena puisi tersebut tidak menekankan pada pemahaman biografi pengarang, peristiwa sastra dan peristiwa sejarah pada masa kehidupan pengarang. 
C. Benar, karena puisi tersebut dimaksudkan untuk mengungkapkan nilai-nilai moral atau pengajaran. Puisi mengajarkan sesuatu kepada pembacanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan keadilan, kebenaran, kebebasan, kemerdekaan, kebaikan, ketuhanan, kesopanan, dan nilai-nilai kemanusiaan yang lain. 
D. Salah, karena pendekatan parafrastik dimaksudkan untuk mengulang kata-kata, kalimat, paragraf, bait yang diciptakan oleh penyair. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 34
A. Salah, karena bukan hanya sekedar cinta pada mahacinta tetapi harus mensyukuri atas cintanya. 
B. Benar, karena penyair ingin mengajak pembaca untuk bersyukur terhadap cinta yang telah dijalani dalam hidupnya. 
C. Salah, karena bukan penulis yang sedang bertaburan dengan cinta tetapi kita diminta untuk mensyukuri taburan cinta-Nya. 
D. Salah, karena kita tahu apa yang diinginkan penulis saat menulis puisinya itu. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 35
A. Salah, karena puisi tersebut bukan membicarakan tentang kesedihan penulis. 
B. Salah, karena gagasan utamanya bukan hidup penuh cinta 
C. Salah, karena gagasan utamanya bukan taburan cinta. 
D. Benar, gagasan utama puisi tersebut tentang rasa syukur atas cinta-Nya 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 36
A. Salah, karena rising action adalah situasi yang memanas karena pelaku-pelaku dalam cerita mulai terlibat konflik 
B. Salah, karena falling action adalah kadar konflik sudah mulai menurun hingga kadar ketegangnan dalam cerita sudah mulai merendah 
C. Benar, karena potongan cerpen tersebut baru pada tahap awal yang berisi penjelasan tentang perkenalan pelaku yang mendukung cerita 
D. Salah, karena potongan cerpen tersebut bukan pada tahap penyelesaian cerita 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 37
A. Salah, karena kedudukan pengarang dalam sudut pandang objektif sebagai penutur cerita hilang. Pengarang hadir layaknya kamera yang berjalan ke mana saja dan hanya merekam saja apa yang dilihat dan didengar. Pengarang tidak memberikan komentar, interpretasi, dan memasuki alam pikiran tokoh. 
B. Salah, karena pengarang dalam sudut pandang mahatahu tidak melibatkan diri untuk mengambil peran sebagai tokoh dalam cerita. 
C. Benar, karena pengarang meleburkan diri sebagai orang pertama dalam cerita yang berkisah. Pengarang sebagai tokoh aku yang berperan sebagai tokoh utama 
D. Salah, karena pengarang dalam sudut pandang pengamat terbatas mendudukkan diri sebagai pihak ketiga (sebagai pengamat) dan sekaligus sebagai salah satu tokoh dalam cerita 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 38
A. Benar, cerpen tersebut bertemakan cinta. 
B. Salah, cerpen tersebut bukan bercerita tentang kerinduan. 
C. Salah, cerpen tersebut bukan bercerita tentang keraguan 
D. Salah, cerpen tersebut bukan bercerita tentang kegigihan 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 39
A. Salah, karena surat tersebut tidak dibaca di kereta tetapi dibaca di mobil mewah laki-laki dalam cerpen tersebut. 
B. Benar, karena orang suruhan dalam cerpen tersebut meminta aku untuk membaca surat dari laki-laki dalam cerpen tersebut di dalam mobil mewahnya. 
C. Salah, karena surat tersebut bukan dibaca di kuburan tetapi di mobil mewah laki-laki dalam cerpen 
D. Salah, karena di rumah laki-laki tersebut aku melayat, sedangkan aku membaca surat dari laki-laki dalam cerpen tersebut di mobilnya. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 40
A. Salah, karena dia baru berani mengutarakan isi hatinya setelah dia meninggal. 
B. Benar, karena laki-laki dalam kereta ragu-ragu untuk menyatakan cintanya walaupun akhirnya diutarakan setelah dia meninggal. 
C. Salah, karena tidak terlihat secara jelas bahwa watak laki-laki dalam kereta tersebut gembira 
D. Salah, karena dia bukan tertutup tetapi dia ragu-ragu untuk mengutarakan cintanya. 


Sumber latihan mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »