Semua organisasi membutuhkan pemasaran, begitu juga dengan organisasi
media, baik media komersial, media publik, atau media komunitas. Media
komersial membutuhkan pemasaran untuk meraih laba, media publik akan
membutuhkan pemasaran agar kehadirannya bisa bersaing dengan media
komersial. Media komunitas memerlukan pemasaran untuk isi medianya agar
mendapat dukungan publik.
Salah satu istilah pemasaran yang saat ini popular, diperkenalkan oleh
Neil H. Borden tahun 1965, adalah bauran pemasaran (marketing mix) yang
merupakan paduan antara 4P, yaitu product, price, place, dan promotion.
William J. Stanton mengemukakan bahwa pemasaran adalah ” suatu sistem
total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan
harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat
memuaskan keinginan dan jasa baik kepada konsumen saat ini maupun
konsumen potensial”.
Kotler mendefinisikan bahwa “bauran pemasaran adalah kelompok kiat
pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya
dalam pasar sasaran“. Sedangkan Jerome Mc-Carthy dalam Fandy Tjiptono
(2004) merumuskan bauran pemasaran menjadi 4 P (Product, Price,
Promotion dan Place).
Berdasarkan definisinya bauran pemasaran adalah kombinasi dari empat
variable atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran
perusahaan, yakni produk, struktur harga, kegiatan promosi, dan sistem
distribusi (B. Swasta DH).
Secara singkat kita akan menelaah keempat P tersebut.
Product (Produk)
Produk adalah barang atau jasa yang dijual satu perusahaan atau
organisasi bisnis. Produk disini bisa berupa apa saja (baik yang
berwujud fisik maupun tidak) yang dapat ditawarkan kepada pelanggan
potensial untuk.memenuhi kebutuhan dan keinginan tertentu. Produk
merupakan semua yang ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, diperoleh
dan digunakan atau dikonsumsi untuk dapat memenuhi kebutuhan dan
keinginan yang berupa fisik, jasa, orang, organisasi dan ide. Dalam
konteks media massa, produk yang dipasarkan adalah isi media yang berupa
isi yang bersifat informatif, edukatif, dan menghibur.
Price (Harga)
Harga adalah jumlah uang (ditambah beberapa barang kalau mungkin) yang
dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta
pelayanannya. Tentu saja penghasil produk akan menetapkan harga tertentu
untuk produknya. Tujuan penetapan harga adalah (1) mendapatkan laba
maksimal, (2) mendapatkan pengembangan investasi yang ditargetkan atau
pengembalian pada penjualan bersih, (3) mencegah atau mengurangi
persaingan, dan (4) mempertahankan atau memperbaiki pangsa pasar. Dalam
bisnis media, banyak kebijakan harga yang digunakan untuk memenangkan
persaingan. Media memasang harga, misalnya untuk pemasangan iklan yang
bersaing dengan kompetitornya.
Place (Saluran Distribusi)
Produk yang dihasilkan produsen tentu tidak langsung dipasarkan kepada
konsumen, melainkan akan ada jaringan distribusi atau saluran
distribusi. Bila produsen memasarkan langsung pada konsumennya, akan
tinggi biaya distribusinya. Saluran distribusi adalah saluran yang
digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang dari produsen sampai ke
konsumen atau pemakai industri. Meski dalam beberapa hal, pendekatan
penjualan langsung banyak dilakukan oleh organisasi media, namun dalam
praktiknya tetap membutuhkan jasa saluran distribusi. Majalah remaja
misalnya, yang dijual satu penerbit majalah tetap membutuhkan layanan
perusahaan ekspedisi untuk menyampaikan majalah pada pelanggannya.
Promotion (Promosi)
Promosi, yang juga sering disebut dengan komunikasi pemasaran pada
dasarnya merupakan penyampaian informasi produk dari produsen pada
konsumen. Dalam konteks bauran pemasaran, kita juga mengenal bauran
promosi. Maksudnya komunikasi produk antara produsen dan konsumen tidak
menggunakan media tunggal, melainkan menggunakan berbagai saluran
komunikasi. Ada saluran komunikasi lisan yang dilakukan petugas
pemasaran, wiraniaga, sales promotion. Ada komunikasi kelompok yang
memanfaatkan keberadaan kelompok-kelompok dalam masyarakat untuk
menjelaskan produk. Tentu saja juga ada saluran komunikasi massa,
seperti iklan yang disiarkan majalah, suratkabar, radio, atau televisi.
ConversionConversion EmoticonEmoticon