Contoh Struktur Manajemen Organisasi Perusahaan Media Massa Sebuah Surat Kabar

10:15:00 pm
Secara garis besar, tugas pokok dan cakupan kerja dari masing-masing bagian dalam struktur manajemen di atas adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris, adalah para pemilik perusahaan atau beberapa orang yang ditunjuk (dalam periode waktu tertentu) untuk mewakili para pemilik perusahaan. Anggota dewan komisaris diangkat dan diberhentikan melalui rapat umum pemegang saham (RUPS). Dewan komisaris dipimpin oleh seorang komisaris utama. Tugas utama dari anggota Dewan Komisaris adalah melakukan pengawasan terhadap Dewan Direksi dalam mengelola perusahaan.

Dewan Direksi, adalah para direktur perusahaan, yang diangkat (dalam periode waktu tertentu) dan diberhentikan melalui rapat umum pemegang saham (RUPS). Dewan direksi bertanggung jawab untuk mengelola perusahaan dalam mencapai tujuan-tujuan perusahaan yang setiap ditetapkan dalam RUPS. Dewan Direksi dipimpin oleh seorang Direktur Utama yang akan membawahi, mengkoordinasi dan mengawasi pelaksanaan tanggung jawab dari tiap direktur di bawahnya.

Pemimpin Umum, bertanggung jawab terhadap semua operasi penerbitan pers yang mencakup bidang idealisme dan komersial organisasi media cetak. Pemimpin umum inilah yang menggariskan arah kebijakan media cetak tersebut.

Pemimpin Redaksi, yang populer dengan sebutan pemred, bertanggung jawab terhadap keseluruhan kinerja redaksi. Pemred memimpin para redaktur/desk/penanggung jawab rubrik. Kebijakan redaksional media cetak ditentukan oleh pemred ini dengan mengacu pada kebijakan umum organisasi penerbitan media cetak tersebut. Memimpin redaksi biasanya memimpin rapat perencanaan isi dan rapat penentuan isi media cetak.

Redaktur Pelaksana/Desk/Penanggung Jawab Rubrik, bertugas menentukan isi media cetak yang akan diterbitkan dan memutuskan pemuatan atau penolakan memuat tulisan yang dibuat wartawan atau penulis luar. Redaktur ini pulalah yang memberikan penugasan pada wartawan untuk melakukan kegiatan peliputan. Adakalanya juga redaktur melakukan penulisan ulang (re-write) tulisan yang dibuat para wartawan atau penulis luar.

Reporter/Wartawan, yang bertugas mencari, mengumpulkan, mengolah dan menulis berita. Berita yang dikumpulkan itu bisa berupa penugasan dari redaksi bisa juga merupakan inisiatif wartawan karena memperoleh informasi peristiwa yang bernilai berita. Karena itu, tugas utama reporter/wartawan adalah meliput peristiwa-peristiwa yang mempunyai nilai berita. Wartawan/reporter itu ada yang bertugas menyajikan informasi dalam bentuk tulisan sehingga disebut wartawan tulis.

Fotografer, kerja utama seorang fotografer adalah melakukan peliputan dengan kamera, biasanya kerja fotografer bersama dengan wartawan/reporter. Dengan kemampuan fotografinya diharapkan menghasilkan foto-foto yang menarik dan mampu menyampaikan informasi yang dibutuhkan pembaca. Memotret dari berbagai angle dan moment yang ada sehingga banyak variasi foto yang dihasilkan. Fotografer yang menyajikan bentuk visual atau foto sehingga dinamakan wartawan foto.

Pemimpin Perusahaan, yang bertanggung jawab terhadap kelangsungan hidup organisasi media massa. Pemimpin perusahaan bertanggung jawab atas sisi bisnis organisasi media massa. Jantung pemasaran media cetak ada di bawah kendali pemimpin perusahaan. Pemimpin perusahaan merumuskan merumuskan kebijakan perusahaan yang berkaitan dengan strategi dan taktik pemasaran, baik pemasaran produk media yang ditangani bagian sirkulasi maupun pemasaran ruang media dalam bentuk penjualan ruang untuk pemasangan iklan yang ditangani bagian iklan.

Bagian Sirkulasi, yang bertanggung jawab pada kegiatan pemasaran, baik melalui penjualan secara berlangganan maupun eceran. Bagian sirkulasi menghitung jumlah produksi, jumlah pelanggan tetap dan eceran. Tentu saja, bagian sirkulasi pun akan mencari strategi yang tepat untuk penjualan koran/majalah/tabloid, misalnya dengan cara promosi berhadiah atau penyediaan potongan harga untuk berlangganan.

Bagian Iklan, yang bertugas utama adalah manajer iklan yang mencari pemasang iklan dan menjual ruang-ruang iklan yang disediakan media bersangkutan. Persaingan media membuat bentuk-bentuk iklan makin beragam. Bagian iklan mengembangkan strategi kreatif untuk memasarkan iklan, bukan hanya dalam bentuk penjualan ruang media cetak untuk iklan display, tapi dikembangkan bentuk-bentuk baru periklanan, seperti infomercial, pariwara, advertorial, atau paket-paket periklanan menyambut hari besar keagamaan.

Administrasi/Keuangan, yang bertugas untuk menangani bidang administrasi dan keuangan. Bagian ini menangani penggajian karyawan, pembayaran honorarium penulis luar, menyusun rencana anggaran dan membukuan pendapatan. Pada bagian inilah, disusun rencana anggaran dan pendapatan tahunan satu media cetak. Oleh karena itu, bagian ini merupakan salah satu roh penting bagi usaha penerbitan media cetak.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »