Soal Latihan Mandiri Analisis Kesalahan Berbahasa PBIN4326

3:49:00 am
Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Analisis Kesalahan Berbahasa PBIN4326 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 50 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Analisis Kesalahan Berbahasa PBIN4326 Universitas Terbuka, jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Selamat Mengerjakan.


Soal Pilihan Ganda

Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1. Analisis kontrastif adalah... . 

 A. Suatu kegiatan mengamati penggunaan unsur-unsur bahasa di dalam suatu masyarakat.  
 B. suatu pendekatan di dalam pengajaran bahasa untuk membantu guru bahasa memperbaiki kesalahan berbahasa siswa  
 C. mengkaji kesalahan-kesalahan berbahasa seseorang dan mengetahui penyebabnya  
 D. mengkaji perbedaan unsur-unsur bahasa yang terdapat dalam beberapa bahasa dan membandingkannya  

2. Kesalahan-kesalahan berbahasa siswa dalam pembelajaran bahasa sebagian besar disebabkan oleh adanya interferensi B1 ke B2. Yang dimaksud dengan interferensi di sini adalah ... . 

 A. adanya persamaan antara B1 dan B2  
 B. karena perbedaan antara B1 dan B2  
 C. terjadi kerancuan penggunaan kaidah B1 terhadap B2  
 D. terdapat sumbangan B1 kepada B2  

3. Versi kuat hipotesis analisis kontrastif berpendapat bahwa kesulitan belajar B2/BA yang dihadapi siswa disebabkan oleh perbedaan yang sangat mencolok antara B2 yang dipelajari dan B1 yang telah dikuasai siswa, sedangkan versi lemah berpendapat sebagai berikut, kecuali ... . 

 A. B1 bukan merupakan satu-satunya penyebab kesulitan siswa dalam belajar B2/BA  
 B. guru yang kurang terampil dalam mengajar  
 C. lingkungan belajar yang kurang mendukung  
 D. bahasa yang dipelajari tidak bermanfaat  

4. Untuk memperbaiki kesalahan berbahasa siswa guru dapat menggunakan hipotesis model prediksi sederhana, yaitu ... . 

 A. mengajarkan B2 dengan metode yang tepat  
 B. membandingkan kompetensi siswa dalam B1 dan B2  
 C. mendeskripsikan kompetensi B1 dan B2 siswa dideskripsikan  
 D. menjelaskan perbandingan unsur-unsur yang sama dan unsur-unsur yang berbeda yang terdapat dalam B1 dan B2  

5. Secara umum tujuan analisis kontrastif adalah ... . 

 A. membantu guru dalam mengajarkan B2  
 B. mempermudah siswa dalam belajar B2  
 C. membantu siswa menyadari dan memperbaiki kesalahan berbahasa yang dilakukannya  
 D. membantu siswa menganalisis dan menemukan kesalahan-kesalahan berbahasa  

6. Penerapan langkah deskripsi oleh ahli atau guru bahasa yang dilakukan dalam kegiatan analisis kontrastif adalah ... . 

 A. mendeskripsikan sistem bahasa pertama dan bahasa kedua  
 B. menentukan unsur kebahasaan yang berbeda antara B1 dan B2  
 C. mengontraskan unsur-unsur bahasa yang diperbandingkan.  
 D. menentukan kesalahan yang dibuat siswa terhadap B2 berdasarkan perbandingan  

7. Penerapan langkah pengontrasan oleh ahli atau guru bahasa dalam kegiatan analisis kontrastif adalah... . 

 A. mendeskripsikan sistem bahasa pertama dan bahasa kedua  
 B. menentukan unsur kebahasaan yang berbeda antara B1 dan B2  
 C. menyusun unsur-unsur bahasa yang diperbandingkan secara kontras  
 D. menentukan kesalahan yang dibuat siswa terhadap B2 berdasarkan perbandingan  

8. Sehubungan dengan performansi siswa Sajavaara memberikan kritik terhadap analisis kontrastif yaitu ... . 

 A. belajar bahasa bukan sekadar mengubah tingkah laku berbahasa secara lahiriah  
 B. analisis kontrastif tidak menunjukkan performansi siswa secara aktual  
 C. sejarah, keragaman hakikat, dan teori linguistik yang digunakan analisis kontrastif masih diragukan  
 D. analisis kontrastif tidak mampu menentukan dan memperbaiki kesalahan berbahasa siswa  

9. Pengertian interferensi di dalam pembelajaran bahasa adalah ... . 

 A. gangguan pada suatu keadaan atau situasi yang sedang dihadapi oleh seseorang  
 B. masuknya unsur B1 ke B2 saat B2 digunakan oleh siswa.  
 C. bergabungnya suatu komponen dengan komponen lain  
 D. pemberian kesan atau pendapat terhadap suatu kasus  

10. Dia sekolah di SMKN. Kalimat tersebut mengandung kesalahan, yang benar adalah Dia bersekolah di SMKN. Kesalahan tersebut tergolong ke dalam jenis inteferensi ... . 

 A. Budaya  
 B. semantik  
 C. leksikal  
 D. gramatikal  

11. Daun sirih mengandung banyak manpaat. Kata manpaat pada kalimat tersebut A. Salah. Kesalahan ini tergolong ke dalam jenis interferensi ... . 

 A. gramatikal  
 B. semantik  
 C. fonologis  
 D. leksikal  

12. Menurut Tarigan analisis kesalahan berbahasa adalah ... . 

 A. suatu teknik untuk mengidentifikasi, mengklasifikasikan, dan menginterpretasikan secara sistematis kesalahan-kesalahan yang dibuat oleh siswa yang sedang belajar B2/BA,  
 B. kajian terhadap segala aspek kesalahan dalam pembelajaran bahasa  
 C. prosedur kerja yang dilakukan oleh para peneliti dan guru bahasa tentang kesalahan berbahasa  
 D. langkah-langkah yang harus ditempuh oleh peneliti dan guru bahasa saat menghadapi sejumlah contoh kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh siswa  

13. Menurut Sidhar ada empat tujuan analisis kesalahan berbahasa, salah satunya adalah menentukan urutan penyajian (mudah-sukar) butir-butir yang diajarkan di dalam kelas dan buku teks. Maksud pernyataan tersebut adalah materi pelajaran bahasa harus... . 

 A. diberi nomor sesuai urutannya  
 B. diurut/disusun berdasarkan tingkat kesulitan, dari mudah ke sedang baru ke yang sukar  
 C. ditulis dengan menggunakan bahasa yang mudah dan sukar  
 D. disajikan satu persatu atau tidak melompat-lompat  

14. Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam analisis kesalahan berbahasa menurut Sridhar, yaitu... . 

 A. mengumpulkan sampel, mengidentifikasi kesalahan, menjelaskan kesalahan, mengklasifikasi kesalahan, dan menilai taraf keseriusan kesalahan  
 B. mengumpulkan data, mengidentifikasi kesalahan, mengklasifikasi kesalahan, menjelaskan frekuensi kesalahan, mengidentifikasi daerah kesukaran/kesalahan, dan mengoreksi kesalahan  
 C. mengumpulkan data, mengidentifikasi dan mengklasifikasi kesalahan, memperingkat kesalahan, menjelaskan frekuensi kesalahan, dan mengoreksi kesalahan  
 D. mengumpulkan data, menganalisis data, mengidentifikasi/mengklasifikasi data atau jenis kesalahan, menjelaskan jenis kesalahan  

15. Menurut Tarigan langkah pertama yang harus dilakukan dalam analisis kesalahan berbahasa adalah... . 

 A. mengumpulkan sampel  
 B. mengumpulkan data  
 C. mengidentifikasi kesalahan  
 D. mengklasifikasi kesalahan  

16. Setiap orang sering melakukan kekeliruan dan kesalahan dalam berbahasa. Istilah kekeliruan dan kesalahan memiliki makna yang berbeda. Berhubungan dengan berbahasa perbedaan keduanya adalah ... . 

 A. kekeliruan dilakukan dengan tidak disengaja sedangkan kesalahan dilakukan dengan sengaja  
 B. kekeliruan disebabkan oleh kelemahan dalam performansi sedangkan kesalahan disebabkan oleh kelemahan dalam kompetensi  
 C. kekeliruan berkaitan dengan keterampilan sedangkan kesalahan berkaitan dengan kebahasaan  
 D. kekeliruan biasanya terjadi pada saat latihan sedangkan kesalahan pada saat belajar  

17. Berikut ini yang merupakan contoh kesalahan berbahasa adalah ... . 

 A. Saya sudah merubah letak hiasan dinding itu.  
 B. Pembicaraan ini berpokus pada peningkatan kualitas pendidikan.  
 C. Usia lima tahun merupakan sarat masuk ke sanggar seni itu.  
 D. Rendi dan Nina sudah syah menjadi pasangan suami istri.  

18. Kamu orang adalah pengajar. Kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh pembelajaran B2 tersebut disebabkan oleh .... . 

 A. strategi belajar  
 B. teknik pengajaran  
 C. sistem bahasa kedua  
 D. usia kedwibahasaan  

19. Hati-hati banyak anak-anak bermain Penggunaan kelompok kata banyak anak-anak merupakan contoh kesalahan berbahasa yang disebabkan oleh ... . 

 A. strategi belajar  
 B. teknik pengajaran  
 C. sistem bahasa kedua  
 D. usia kedwibahasaan  

20. Kesalahan berbahasa yang disebabkan oleh transfer bahasa adalah kesalahan yang berkaitan dengan ... . 

 A. interferensi dari bahasa ibu atau B1 kepada bahasa sasaran atau B2  
 B. hakikat materi pembelajaran bahasa dan pendekatan-pendekatannya  
 C. pendekatan siswa sendiri pada bahan yang dipelajari  
 D. cara siswa ketika berkomunikasi dengan para penutur asli di dalam situasi pemakaian bahasa secara alamiah  

21. Kesalahan berbahasa yang disebabkan oleh transfer latihan adalah kesalahan yang berkaitan dengan ... . 

 A. interferensi dari bahasa ibu atau B1 kepada bahasa sasaran atau B2  
 B. hakikat materi pembelajaran bahasa dan pendekatan-pendekatannya  
 C. pendekatan siswa sendiri pada bahan yang dipelajari  
 D. cara siswa ketika berkomunikasi dengan para penutur asli di dalam situasi pemakaian bahasa secara alamiah  

22. Kesalahan berbahasa yang disebabkan oleh penyamarataan adalah kesalahan yang berkaitan dengan ... . 

 A. interferensi dari bahasa ibu atau B1 kepada bahasa sasaran atau B2  
 B. hakikat materi pembelajaran bahasa dan pendekatan-pendekatannya  
 C. pendekatan siswa sendiri atau cara/metode yang digunakan siswa ketika belajar B2  
 D. cara siswa menstrukturkan dan mengorganisasi kembali bahan linguistik atau sistem B2  

23. Kesalahan belajar B2 yang disebabkan oleh ucapan sanak (cognate pronounciation) adalah ... . 

 A. siswa mengucapkan kata-kata sesuai dengan ejaannya  
 B. siswa mengucapkan kata-kata yang sama dengan asalnya  
 C. membentuk kumpulan dari satuan-satuan misal, dua puluh satu dari dua puluh dan satu  
 D. suatu kesalahan yang diakibatkan sebagai suatu sikap yang sangat berlebih-lebihan  

24. Suatu kesalahan di dalam belajar B2 yang disebabkan oleh sikap yang sangat berlebih-lebihan disebut .... . 

 A. interferensi  
 B. hiperkoreksi  
 C. holofrase  
 D. subsititusi  

25. Pengklasifikasian kesalahan berbahasa juga sangat bermanfaat bagi siswa agar ... . 

 A. guru, pengembang kurikulum, atau penulis dapat menjelaskan bagian-bagian yang sulit di dalam belajar bahasa  
 B. peneliti menemukan sebab musabab terjadinya kesalahan  
 C. mudah mencari solusi perbaikan terhadap kesalahan yang dilakukan  
 D. menyadarkan pembelajar bahwa kesalahan dalam berbahasa itu wajar dan motivasinya belajar B2  

26. Taksonomi kesalahan berbahasa kategori linguistik mendasarkan klasifikasi pada ... . 

 A. aspek, komponen, atau unsur-unsur linguistik  
 B. kesalahan siswa dalam pembelajaran B2  
 C. pembandingan antara struktur kesalahan yang ada pada B2 dengan tipe konstruksi yang lain  
 D. perspektif efek ujaran pada pendengar atau pembaca  

27. Taksonomi kesalahan berbahasa yang mendasari diri pada kesalahan anak/siswa dalam belajar B2 adalah taksonomi ... . 

 A. kategori linguistik  
 B. strategi permukaan  
 C. efek komunikatif  
 D. komparatif  

28. Taksonomi komparatif adalah taksonomi kesalahan berbahasa yang melandaskan diri pada ... . 

 A. aspek, komponen, atau unsur-unsur linguistik  
 B. kesalahan pembelajar dalam pembelajaran B2  
 C. perspektif efek ujaran pada pendengar atau pembaca  
 D. pembandingan antara struktur kesalahan yang ada pada B2 dengan tipe konstruksi yang lain  

29. Taksonomi kesalahan berbahasa mendasarkan diri pada perspektif efek ujaran pada pendengar atau pembaca adalah taksonomi ... . 

 A. kategori linguistik  
 B. strategi permukaan  
 C. komparatif  
 D. efek komunikatif  

30. Kesalahan berbahasa bidang leksikal adalah kesalahan yang berkaitan dengan aspek ... . 

 A. pengucapan dan penggunaan ejaan  
 B. pengimbuhan, pengulangan, atau pemajemukan  
 C. pemilihan kata atau diksi  
 D. penyusunan kalimat  

31. Kesalahan berbahasa bidang sintaksis adalah kesalahan yang berkaitan dengan aspek ... . 

 A. pengucapan dan penggunaan ejaan  
 B. pengimbuhan, pengulangan, atau pemajemukan  
 C. pemilihan kata atau diksi  
 D. penyusunan kalimat  

32. Psikolinguistik adalah ilmu yang mengkaji hubungan bahasa dengan fikiran. Kalimat tersebut mengandung kesalahan bidang ... . 

 A. fonologi  
 B. morfologi  
 C. leksikal  
 D. sintaksis  

33. Para hadirin harap bersabar, karena kesalahan teknis acara kami tunda beberapa menit. Kalimat tersebut mengandung kesalahan bidang ... . 

 A. fonologi  
 B. morfologi  
 C. leksikal  
 D. sintaksis  

34. Kalimat yang mengandung kesalahan bidang leksikal adalah ... . 

 A. Lebih baik tidak ikut dari pada harus berdiri di bus.  
 B. Pak Qurtubi bekas lurah di daerah Larangan Utara.  
 C. Surat perjanjian itu sudah ditanda tangani.  
 D. Mereka tidak mau pernah saling pengertian memang.  

35. Kesalahan berbahasa bidang sintaksis terdapat pada kalimat ... . 

 A. Tahun ini Ayub menduduki peringkat ke II.  
 B. Mahasiswa Unas mempelopori unjuk rasa di gedung DPR.  
 C. Olahraga kami hanya jalan-jalan pagi.  
 D. Karena kenaikan BBM menjadi pemicu kenaikan harga barang.  

36. Dalam taksonomi kesalahan berbahasa berdasarkan strategi permukaan, terdapat kesalahan kategori penghilangan yaitu kesalahan yang ditandai oleh adanya ... . 

 A. unsur yang ditambahkan dalam kalimat yang benar  
 B. bentukan struktur kata yang salah dalam suatu tuturan  
 C. ketidakhadiran unsur wajib dalam suatu tuturan atau kalimat yang baik dan benar  
 D. kesalahan penyusunan kata dalam sebuah kalimat  

37. Besok malam kami akan nonton film Ayat-ayat Cinta. Tuturan tersebut mengandung kesalahan kategori ... . 

 A. penghilangan  
 B. penambahan  
 C. bentukan  
 D. pengurutan  

38. Hal ini harus kita lakukan agar supaya yang kita inginkan dapat diperoleh. Kalimat tersebut mengandung kesalahan kategori ... . 

 A. penghilangan  
 B. penambahan  
 C. bentukan  
 D. pengurutan  

39. Kesalahan perkembangan dalam taksonomi kesalahan berbahasa kategori komparatif adalah kesalahan yang ... . 

 A. dilakukan pembelajar karena memperlakukan bahasa sasaran sebagai bahasa ibunya  
 B. disebabkan adanya kemiripan struktur B2 dengan struktur B1 pembelajar  
 C. tidak disebabkan karena perlakukan pembelajar terhadap B2 atau interefensi B1 terhadap B2  
 D. kemunculannya tidak pernah tetap dan tidak dapat diprediksi  

40. Contoh kesalahan berbahasa kategori kesalahan perkembangan pada pembelajar asing yang belajar bahasa Indonesia adalah ... . 

 A. Kayu ini terlalu panjang tolong dipendekin.  
 B. Urusan rumah saya serahkan kepada orang perempuan.  
 C. Saya sudah putar-putar Jakarta.  
 D. Iki Dik pesananmu, mudah-mudahan cocok  

41. Dalam menganalisis data perlu dilakukan beberapa langkah kerja yang dimulai dengan langkah ... . 

 A. bagian dari metodologi penelitian dalam proses belajar bahasa, fungsi praktis sebagai alat pengumpul data  
 B. bagian dari metodologi penelitian dalam proses belajar bahasa, fungsi praktis sebagai pemandu tindakan remedial dalam pengajaran bahasa  
 C. pemandu tindakan remedial dalam pengajaran bahasa, fungsi praktis sebagai bagian dari metodologi penelitian dalam proses belajar bahasa  
 D. pedoman pengajaran bahasa, fungsi praktis sebagai alat pembelajaran bahasa  

42. Mengidentifikasi wilayah kesulitan dalam analisis kesalahan berbahasa menurut Sridhar adalah ... . 

 A. mengumpulkan data berupa kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa  
 B. mengelompokkan kesalahan berbahasa berdasarkan jenisnya  
 C. mengidentifikasi data untuk mengetahui mana data yang diperlukan dan mana yang tidak diperlukan  
 D. mengurutkan data berdasarkan tinggi rendahnya atau banyak sedikitnya kesalahan dalam satu aspek bahasa  

43. Dalam prosedur kerja analisis kesalahan berbahasa menurut Sridhar terdapat tahap terapi kesalahan yaitu tahap ... . 

 A. mengumpulkan data berupa kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa  
 B. menggunakan hasil analisis untuk menyadarkan siswa akan kesalahannya dan memperbaikinya  
 C. mengidentifikasi data untuk mengetahui mana data yang diperlukan dan mana yang tidak diperlukan  
 D. mengurutkan data berdasarkan tinggi rendahnya atau banyak sedikitnya kesalahan dalam satu aspek bahasa  

44. Ujaran monolog yang ditugasi kepada siswa dapat menjadi data dalam analisis kesaahan berbahasa jenis bahasa ... . 

 A. daerah  
 B. isyarat  
 C. tulis  
 D. lisan  

45. Contoh pengumpulan data dengan menggunakan teknik nontes adalah ... . 

 A. mengajukan sejumlah soal berbahasa yang harus dijawab siswa  
 B. menugasi siswa menulis sebuah naskah pidato  
 C. merekam kegiatan berbahasa siswa  
 D. menugasi siswa untuk membuat sebuah laporan sebuah kegiatan  

46. Instrumen pengumpul data sangat diperlukan dalam analisis kesalahan berbahasa karena ... . 

 A. dapat melancarkan jalannya kegiatan analisis  
 B. membantu memperbaiki kesalahan berbahasa siswa  
 C. dapat memberikan data yang representatif dan proposional  
 D. memperlihatkan kelemahan guru dalam mengajar  

47. Dalam menganalisis data perlu dilakukan beberapa langkah kerja yang dimulai dengan langkah ... . 

 A. identifikasi data  
 B. klasifikasi data  
 C. penentuan frekuensi kesalahan  
 D. identifikasi wilayah kesulitan.  

48. Kegiatan yang dilakukan dalam klasifikasi data adalah ... . 

 A. mengumpulkan/mencatat seluruh data yang diperoleh  
 B. mengelompokkan data berdasarkan kategori tertentu.  
 C. menghitung frekuensi setiap kesalahan  
 D. mengurutkan tingkat frekuensi kesalahan dari yang terendah sampai ke yang tertinggi  

49. Analisis kesalahan berbahasa memiliki peranan dalam menentukan urutan bahan ajar, artinya bahan ajar disusun dari yang ... . 

 A. luas ke yang sempit  
 B. sempit ke yang luas  
 C. sulit ke yang mudah  
 D. mudah ke yang sulit  

50. Analisis kesalahan berbahasa memiliki peran dalam menentukan komponen-komponen pembelajaran dalam rangka memperbaiki kesalahan berbahasa siswa, komponen-komponen tersebut adalah sebagai berikut, kecuali ... . 

 A. kurikulum mata pelajaran  
 B. strategi pembelajaran  
 C. metode pembelajaran  
 D. media pembelajaran  


Untuk mengetahui jawaban anda silahkan cek pada halaman kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Analisis Kesalahan Berbahasa PBIN4326 Universitas Terbuka


Sumber latihan mandiri Universitas Terbuka


Artikel Terkait

Previous
Next Post »