12 Cara Jadi Orang Baik

6:24:00 am
Orang baik itu sulit dilakukan? Jawabannya ternyata, Tidak. Berbuat baik itu mudah, apalagi jika kita menjadikan hal tersebut sebagai kebiasaan kita

Ada 12 Cara Jadi untuk menjadi Orang Baik. Berikut diantaranya:

1. Lebih Pandai Identifikasi Benar dan Salah
Mengetahui benar dan salah adalah suatu hal utama yang harus diketahui dan diusahakan agar diri kita menjadi orang lebih baik dan berakhlak.
Mengapa ini penting ?
Pasti kita tau bahwa tidak mungkin orang yang benar akan merasa takut ketika dituduh dan orang salah akan berani menentang. Dari hal itu bisa diambil pelajaran bahwa kita harus berusaha selalu menjadi orang yang baik dalam artian jujur melakukan semua hal dengan benar dan memperbaiki segala kesalahan menjadi lebih baik supaya kita tidak takut karena kita benar.
Selain itu ingat bahwa orang yang berjalan pada kebenaran akan selalu mendapat berkah dan orang yang berjalan pada kesalahan akan mendapat ketidaktenangan dan kegelisahan dihatinya.

2. Menjadi Lebih Optimis dan Berfikir Positif
Usaha untuk selalu optimis dan berpikir positif meskipun menghadai situasi buruk adalah suatu hal yang harus dilakukan. Jika kita berpikir positif maka kita akan merasa tenang, dan jika tidak bisa tenang setidaknya kita bisa berfikir dengan tanpa tergesa-gesa mengenai bagaimana cara untuk keluar dari situasi yang buruk.
Memiliki pikiran positif akan memberikan perubahan terhadap pola kehidupan kita. Masalah akan lebih mudah untuk dipecahkan, dan ini membantu kita menghadapi tantangan yang lebih hebat dalam hidup. Sehingga karena hal itu otomatis akhlak kita akan bisa berubah menjadi lebih baik seiring berjalannya waktu.

3. Berusaha Untuk Berempati
Berusaha untuk menempatkan diri pada posisi orang lain perlu untuk dilakukan sebab hal itu akan membantu kita dalam memahami orang yang lebih baik dan dengan sendirinya tentu akan membuat diri kita menjadi ikut lebih baik.
Berempati selalu membuat hubungan antar sesama menjadi lebih baik, bukan hanya itu melainkan rasa peduli juga akan membuat akhlak kita menjadi lebih baik karena bila kita berhasil dalam memahami perasaan orang lain dan tidak bersikap egois, jelas hati akan tersentuh dan akhirnya muncul efek baik dari hal tersebut.

4. Tidak Pernah Pandang Bulu
Perilaku pilih-pilih dalam hal berteman harus segera dituntaskan. Pandang bulu hanya akan membuat kita menjadi tidak dapat teman. Kita tidak boleh membedakan antara satu dan yang lainnya, karena semuanya diciptakan oleh Allah dalam keadaan sama dan tiada perbedaan. Perbedaan manusia hanyalah karena orangnya sendiri, karena ilmu dan pengetahuanlah orang menjadi berbeda-beda.
Kita harus menuntut ilmu dan pengetahuan sebanyak mungkin agar harga diri kita bisa terangkat baik didunia dan di akhirat. Tapi kita tidak boleh lupa untuk selalu menghargai dan tidak pilih-pilih teman agar jiwa kita tidak menjadi orang yang sombong.
Mari belajar untuk memberikan perlakuan yang sama kepada semua orang. Bisa memposisikan semua orang sama dalam hal pergaulan merupakan pokok penting yang harus kita lakukan untuk menjadi orang yang baik.
Orang-orang yang memiliki kualitas seperti ini kebanyakan akan menjadi orang yang dihargai di semua tempat dan memiliki sifat yang baik.

5. Jaga Perkataan
Jika berbicara lakukan dengan hati¬-hati dan sebelum bicara pertimbangkan dulu apakah perkataan itu baik diomongkan atau tidak, dan jika tidak baik maka lebih baik diam, karena semua kata¬-kata yang telah diucapkan tidak akan dapat ditarik kembali.
Jika kita berbicara dalam cara yang kasar, bisa-bisa melukai orang lain dan akan membuat perilaku yang tidak baik bagi kita. Oleh karena itu mari selalu mencoba untuk menjadi lembut disetiap berbicara. Manfaatnya tanpa kita sadar selain akan membuat diri kita menjadi orang yang berakhlak dan berbudi pekerti baik kita juga akan disukai banyak orang.

6. Selalu Menghormati Orang Lain
Semua orang butuh sebuah penghargaan. Bila kita ingin dihormati maka kita harus menghormati terlebih dahulu orang disekitar kita. Dengan memberi penghormatan sikap atau perilaku kepada orang lain tidak akan mengurangi kehormatan kita melainkan jauh akan lebih membuat diri kita menjadi lebih baik.

7. Selalu Memaafkan Dan Minta Maaf
Hidup ini tidak kekal dan hidup ini terlalu singkat untuk menyimpan dendam, maka mari kita lepaskan kemarahan dengan melakukan hal positif serta memaafkan orang yang membuat sebuah kesalahan kepada kita.
Sesuai fakta dan kenyataan, bila kita melakukan hal ini maka tanpa disuruh nanti dengan sendirinya kita akan tumbuh menjadi orang yang lebih baik dan menjadi orang berakhlak mulia.
Meminta maaf kepada orang lain bila kita mempunyai masalah kepadanya tentu juga tidak akan mengurangi harga diri kita sebagai seorang manusia yang baik, tapi akan membuat kita menjadi terbebas dari masalah serta citra dan akhlak kita akan menjadi lebih baik. Dengan kita meminta maaf pada orang yang telah kita buat marah dan sebagainya maka dengan itu akhlak akan terbawa menjadi lebih baik dengan sendirinya.

8. Jaga Pergaulan
Pergaulan sangat menentukan akhlak serta kepribadian seseorang, sehingga dalam bergaul kita boleh memilih setiap orang dan jadikan semua orang sebagai kawan tetapi kita harus bisa memilah perilaku yang baik untuk dicontoh. Kita tidak boleh ikut terjerumus dalam lubang yang gelap bila teman kita termasuk orang yang berakhlak kurang baik.
Lebih baik selalu dekati teman yang berperilaku baik dan berakhlak baik dengan tanpa menjauhi teman yang memiliki akhlak kurang baik agar teman kita menjadi banyak. Kita harus memiliki teman baik dan kurang baik secara imbang. Manfaatnya supaya kita bisa mendapat pengaruh baik dari teman yang baik dan memilah perilaku jelek dari kawan yang perilakunya kurang baik.

9. Tidak Mengulangi Kesalahan
Bila kita ingin menjadi orang yang lebih baik lagi, maka kita harus belajar untuk mengidentifikasi kesalahan¬-kesalahan untuk dijadikan pedoman agar kita tidak terjerumus pada lubang kesalahan untuk yang kedua kalinya.

10. Cari Hal Yang Disuka Orang Lain
Mencari suatu hal yang disuka orang lain itu penting. Hl ini dilakukan supaya kita bisa meminimalisir dalam melakukan suatu hal yang dibenci orang terdekat kita. Bila kita meminimalisir serta memilah kebaikan dan hal yang disuka orang maka cenderung kita akan mudah untuk melakukan hal yang baik serta hal itu pula akan disukai orang lain dan nanti akhlak kita dengan sendirinya akan menjadi lebih baik.

11. Berusahalah Menjadi Orang Yang Bermanfaat Bagi Orang Lain
Pahami kelebihan kemudian berusahalah untuk menjadi orang yang berguna bagi orang lain dan jangan pernah menyerah, selalu bantu orang yang membutuhkan pertolongan itu wajib. Karena dari melakukan kebaikan sekecil apapun itu kita akan menjadi lebih baik.

12. Mendekatkan Diri
Sesudah kita berusaha maka kita harus berdoa meminta kepada Allah agar akhlak dan pribadi kita dirubah menjadi lebih baik dan dijauhkan dari hal yang jelek. Dengan ridhonya, segala hal yang kita inginkan termasuk menjadi orang yang lebih baik akan semakin mudah tercapai.
Menjadi pribadi yang baik tentu harus jujur dalam setiap berbicara atau melakukan sesuatu walau kepada diri sendiri dan orang lain, bila berminat,

Demikian mengenai cara menjadi orang yang lebih baik dan berakhlak. Saya berharap semoga pembaca memaklumi bila saja menjumpai kesalahan baik dari segi tutur kata atau bahasa karena saya juga hanyalah manusia biasa yang tidak jauh dari kesalahan.
Itulah kurang lebih cara-cara sederhana menjadi orang yang berakhlaq baik.
Mulai sekarang, kita praktikin yuk?

Dengan membagikan artikel ini  anda berusaha mengajak orang lain untuk berbuat baik dan salah satu cara menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain.
Please share...


Baca juga:
Nikmat Allah mana lagi yang kita dustakan
Tips hidup tenang dan damai
Tak perlu sebuah penyesalan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »