Berikut adalah soal latihan mandiri mata kuliah Pengantar Statistik Sosial ISIP4215 Univertas Terbuka. Dengan rajin membaca modul dan mengerjakan latihan mandiri diharapkan mahasiswa siap menhadapi UAS dan memperoleh nilai yang baik. Latihan mandiri ini disertai kunci jawaban sehingga dapat digunakan untuk memperdalam materi.
1. Statistika yang dimulai dengan pengumpulan dan penyajian data, kemudian semakin berkembang dengan ditemukannya ....
A. Teori probabilitas dan teori keputusan
B. Software SPSS adalah alat bantu untuk mengolah data statistik
C. Tabel z normal
D. Korelasi regresi
Benar. Statistika yang dimulai dengan pengumpulan dan penyajian data, kemudian semakin berkembang dengan ditemukannya teori probabilitas dan teori pengambilan keputusan yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari agar efisien pada semua bidang, baik sosial, ekonomi, politik, manajemen, maupun teknik.
Salah. Software SPSS adalah alat bantu untuk mengolah data statistik
Salah. Tabel z normal digunakan untuk mencari nilai distribusi normal
Salah. Korelasi regresi digunakan untuk mengukur kekuatan hubungan antar variabel
2. Jumlah keluarga miskin pada tahun 2009 ini meningkat 10% dibandingkan tahun sebelumnya. Kasus ini dapat diklasifikasikan ke dalam statistika ....
A. Terapan
B. Inferensia
C. Deskriptif
D. Parametrik
Salah. statistika terapan bukan termasuk jenis-jenis statistika
Salah. Statistika inferensia berhubungan dengan pengujian hipotesis, sementara kasus di atas tidak menuntut uji hipotesis
Benar. Statistika deskriptif pada contoh tersebut hanya menguraikan apa yang terjadi, tanpa menarik sebuah kesimpulan.
Salah. Statistik Parametrik berhubungan dengan penarikan kesimpulan
3. Data pada tabel di atas adalah contoh dari tabel frekuensi kualitatif yang menggunakan skala pengukuran ....
Gambar
A. Interval
B. Rasio
C. Nominal
D. Ordinal
Salah. Skala Interval memiliki derajat lebih tinggi dari skala nominal dan ordinal
Salah. Skala rasio memiliki semua karakteristik dari skala pengukuran dan memiliki nilai nol mutlak
Benar. Skala nominal adalah pengukuran berdasarkan kategori bukan peringkat atau interval
Salah. Skala ordinal adalah pengukuran dengan menggunakan peringkat
4. Data pada diagram adalah data penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang masuk kuliah di UT. Diketahui N = 30, maka untuk kategori individu yang memilih UT karena faktor biaya kuliah mendapatkan kategori wilayah sebesar …..
Gambar
A. 81
B. 31,5
C. 103,5
D. 180
Salah. Untuk mencari luas wilayah menggunakan rumus n/Nx3600
Salah. Untuk mencari luas wilayah menggunakan rumus n/Nx3600
Salah. Untuk mencari luas wilayah menggunakan rumus n/Nx3600
Benar. Untuk mencari luas wilayah menggunakan rumus n/Nx3600
5. Berikut ini adalah data hasil nilai akhir tutorial online matakuliah Pengantar Statistik Sosial
67 72 65 82 72 91 67 73 71 70
65 76 71 65 91 79 75 69 66 85
Berdasarkan data tersebut, banyak kelas yang bisa digunakan adalah
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
Salah. Banyaknya kelas diperoleh dengan menggunakan kaidah Sturgess, banyak kategori atau kelas yang ditentukan dengan menggunakan rumus:
Salah. Banyaknya kelas diperoleh dengan menggunakan kaidah Sturgess, banyak kategori atau kelas yang ditentukan dengan menggunakan rumus:
Salah. Banyaknya kelas diperoleh dengan menggunakan kaidah Sturgess, banyak kategori atau kelas yang ditentukan dengan menggunakan rumus:
Benar. Banyaknya kelas diperoleh dengan menggunakan kaidah Sturgess, banyak kategori atau kelas yang ditentukan dengan menggunakan rumus:
6. Berikut ini adalah data hasil nilai akhir tutorial online matakuliah Pengantar Statistik Sosial
67 72 65 82 72 91 67 73 71 70
65 76 71 65 91 79 75 69 66 85
Apabila data tersebut, disajikan dalam bentuk tabel distribusi kuantitatif maka nilai 76 berada dalam kelas ke-....
A. 5
B. 4
C. 3
D. 2
Salah. Berdasarkan perhitungan maka nilai 76 berada dalam kelas ke-3 dengan interval 75 – 79
Salah. Berdasarkan perhitungan maka nilai 76 berada dalam kelas ke-3 dengan interval 75 – 79
Benar. Berdasarkan perhitungan maka nilai 76 berada dalam kelas ke-3 dengan interval 75 – 79
Salah. Berdasarkan perhitungan maka nilai 76 berada dalam kelas ke-3 dengan interval 75 – 79
7. Untuk menyajikan data dalam bentuk ogive maka digunakan data tabel ....
A. Distribusi frekuensi kualitatif
B. Binomial
C. Distribusi frekuensi kumulatif
D. Chi-square
Salah. Tabel distribusi frekuensi kualitatif digunakan untuk data kualitatif
Salah. Tabel binomial tidak dapat digunakan untuk mneyajikan data dalam bentuk ogive
Benar. Penyajian data dalam bentuk ogive menggunakan data frekuensi kumulatif positif dan negatif
Salah. Penyajian data dalam bentuk ogive menggunakan data frekuensi kumulatif positif dan negatif
8. Diketahui data penjualan modul Pengantar Statistik Sosial dalam satu tahun sebagai berikut
250 155 200 135 120 220 200 189 170 160 110 210
Berapa rata-rata penjualan modul dalam satu tahun?
A. 170
B. 175,4
C. 177,5
D. 179,5
Salah. Nilai rata-rata diperoleh ?Xi/N
Salah. Nilai rata-rata diperoleh ?Xi/N
Salah. Nilai rata-rata diperoleh ?Xi/N
Benar. Nilai rata-rata diperoleh ?Xi/N
9. Diketahui data penjualan modul Pengantar Statistik Sosial dalam satu tahun sebagai berikut
250 155 200 135 120 220 200 189 170 160 110 210
Berapa nilai modus penjualan modul dalam satu tahun?
A. 200
B. 210
C. 220
D. 250
Salah. Nilai modus diperoleh dengan mencari nilai yang terbesar atau tertinggi
Salah. Nilai modus diperoleh dengan mencari nilai yang terbesar atau tertinggi
Salah. Nilai modus diperoleh dengan mencari nilai yang terbesar atau tertinggi
Benar. Nilai modus diperoleh dengan mencari nilai yang terbesar atau tertinggi
10. Diketahui data penjualan modul Pengantar Statistik Sosial dalam satu tahun sebagai berikut
250 155 200 135 120 220 200 189 170 160 110 210
Berapa nilai range penjualan modul dalam satu tahun?
A. 120
B. 135
C. 140
D. 160
Salah. Nilai range diperoleh dari selisih antara nilai terbesar dan nilai terkecil
Salah. Nilai range diperoleh dari selisih antara nilai terbesar dan nilai terkecil
Benar. Nilai range diperoleh dari selisih antara nilai terbesar dan nilai terkecil
Salah. Nilai range diperoleh dari selisih antara nilai terbesar dan nilai terkecil
11. Data pembelian buku gambar oleh 10 siswa adalah sebagai berikut
20, 30, 21, 19, 15, 10, 11, 22
Dari data tersebut, deviasi rata-ratanya adalah
A. 2,76
B. 3,75
C. 5,25
D. 6,29
Salah. deviasi rata-rata diperoleh dengan rumus MD =
Salah. deviasi rata-rata diperoleh dengan rumus MD =
Salah. deviasi rata-rata diperoleh dengan rumus MD =
Benar. deviasi rata-rata diperoleh dengan rumus MD =
12. Data pembelian buku gambar oleh 10 siswa adalah sebagai berikut
20, 30, 21, 19, 15, 10, 11, 22
Dari data tersebut, Standar deviasi adalah
A. 2,76
B. 3,75
C. 5,25
D. 6,67
Salah. Standar deviasi diperoleh dengan rumus
Salah. Standar deviasi diperoleh dengan rumus
Salah. Standar deviasi diperoleh dengan rumus
Salah. Standar deviasi diperoleh dengan rumus
13. Saya berkeyakinan 90% bahwa pada tahun 2012 krisis keuangan global akan melanda Negara-negara di Benua Asia. Contoh probabilita ini dapat diklasifikasikan ke dalam pendekatan ….
A. klasik
B. subyektif
C. frekeunsi relatif
D. frekuensi kumulatif
Salah. Rumus yang digunakan untuk pendekatan klasik adalah P(A)=X/n
Benar. Pendekatan Subjektif adalah Perhitungan probabilita yang didasarkan pada tingkat kepercayaan seseorang terhadap suatu kejadian.
Salah. Frekuensi relatif adalah nama lain dari persentase
Salah. Frekuensi kumulatif dihasilkan dari tabel frekuensi kuantitatif
14. Ada empat lulusan UT yang melamar pekerjaan di perusahaan asing. Empat lulusan tersebut adalah Aryo, Bima, Amir, dan Arman. Dari keempat lulusan itu, peluang Aryo untuk terpilih adalah ....
A. 0,25
B. 0,3
C. 0,4
D. 0,5
Benar. Peluang Aryo untuk terpilih adalah 0,25 yang diperoleh dari ¼.
Salah. Peluang Aryo untuk terpilih adalah 0,25 yang diperoleh dari ¼.
Salah. Peluang Aryo untuk terpilih adalah 0,25 yang diperoleh dari ¼.
Salah. Peluang Aryo untuk terpilih adalah 0,25 yang diperoleh dari ¼.
15. Apabila suatu perusahaan akan melakukan pergantian pimpinan cabang. Kandidat yang akan dipilih ada 4 orang. Ada berapa cara yang mungkin dilakukan?
A. 5
B. 4
C. 3
D. 2
salah. hasil diperoleh dengan rumus
Benar. Hasil diperoleh dengan rumus
salah. hasil diperoleh dengan rumus
salah. hasil diperoleh dengan rumus
16. Dalam satu kasus, ada 10 mahasiswa yang mengikuti tutorial tatap muka Pengantar Statistik Sosial. Apabila mahasiswa diberi kesempatan tidak masuk tutorial 2 kali dari 8 pertemuan, berapa peluang semua mahasiswa jika ada satu mahasiswa yang tidak masuk?
A. 0,1211
B. 0,1877
C. 0,2684
D. 0,3474
Salah. Nilai binomial diperoleh dengan rumus
Salah. Nilai binomial diperoleh dengan rumus
Benar. Nilai binomial diperoleh dengan rumus
Salah. Nilai binomial diperoleh dengan rumus
17. Apabila seorang pekerja bisa memproduksi kerajinan tangan rata-rata 200 per hari maka berapa peluang pekerja tersebut dapat menghasilkan 200 – 350 dalam satu hari dengan deviasi 100 per hari?
A. 0,4332
B. 0,4345
C. 0,4357
D. 0,4370
Benar. Untuk menghitung distribusi normal, kita bisa memakai rumus berikut. Rumus: Z =
Salah. Untuk menghitung distribusi normal, kita bisa memakai rumus berikut. Rumus: Z =
Salah. Untuk menghitung distribusi normal, kita bisa memakai rumus berikut. Rumus: Z =
Salah. Untuk menghitung distribusi normal, kita bisa memakai rumus berikut. Rumus: Z =
18. Penarikan sampel acak berstrata digunakan apabila populasinya memiliki karakteristik ….
A. homogen
B. berjumlah sangat besar
C. heterogen
D. berjumlah sedikit
salah. untuk populasi yang mempunyai anggota atau elemen yang homogen dapat menggunakan metode klaster
Salah. Jumlah yang besar bukan karakteristik dari metode strata
Benar. Penarikan sampel acak berstrata (stratified random sampling) digunakan untuk populasi yang mempunyai anggota atau elemen yang tidak homogen.
Salah. Jumlah yang sedikit bukan karakteristik dari metode strata
19. Seorang peneliti bermaksud meneliti asa usul makanan “kerak telur” dalam komunitas Betawi. Untuk keperluan ini, peneliti menjadikan komunitas Betawi di daerah Condet sebagai sampel penelitian. Metode penarikan sampel yang dilakukan peneliti tersebut dapat diklasifikasikan sebagai metode ….
A. judgment sampling
B. expert sampling
C. snow ball sampling
D. accidental sampling
Benar. judgment sampling, yaitu penarikan sampel berdasarkan penilaian terhadap karakteristik anggota sampel yang disesuaikan dengan tujuan penelitian.
salah. expert sampling adalah metode yang ingin menggali data/informasid ari para ahli di bidangnya
salah. snow ball sampling adalah metode yang digunakan apabila peneliti ingin mencari informan lain dari informan yang diwawancarai
Salah. accidental sampling adalah metode sampling dengan cara menentukan informan secara aksidental
20. Salah satu perusahaan akan meneliti dampak iklan produk terhadap penjualan. Untuk itu dilakukan penelitian terhadap 150 gerai penjualan sebanyak 3 kali dengan metode acak. Jika diketahui rata-rata penjualan sampel I adalah 450, rata-rata sampel II adalah 500, dan rata-rata sampel III adalah 550 maka berapa rata-rata penjualan di tingkat populasi?
A. 450
B. 500
C. 550
D. 600
Salah. rata-rata penjualan di tingkat populasi diperoleh dari 450+500+550/3 = 500
Benar. rata-rata penjualan di tingkat populasi diperoleh dari 450+500+550/3 = 500
salah. rata-rata penjualan di tingkat populasi diperoleh dari 450+500+550/3 = 500
salah. rata-rata penjualan di tingkat populasi diperoleh dari 450+500+550/3 = 500
21. Dari suatu penelitian di 4 wilayah di Kabupaten Kerinci diketahui bahwa rata-rata tingkat pendapatan per kapita masyarakat adalah 7.296.740. Jika diketahui standar deviasi sampel adalah 500.000, berapakah interval kepercayaan jika digunakan tingkat kepercayaan 99%?
A. 500.000 - 7.296.740
B. 6.145.740 - 7.296.740
C. 6.145.740 - 8.447.740
D. 7.296.740 – 8.447.740
Salah. nilai estimasi interval diperoleh dengan rumus
Salah. nilai estimasi interval diperoleh dengan rumus
Salah. nilai estimasi interval diperoleh dengan rumus
Benar. nilai estimasi interval diperoleh dengan rumus
22. Besaran sampel ideal untuk penelitian-penelitian sosial umumnya adalah
A. Minimal 70% dari populasi
B. Minimal 50% dari populasi
C. Minimal 40% dari populasi
D. Minimal 25% dari populasi
Salah. Dalam hal besaran sampel yang ideal, memang masih banyak diperdebatkan oleh ahli sosial. Ada yang mengatakan bahwa kita bisa mengambil 10% dari seluruh populasi yang ada. Ada juga yang mengatakan bahwa minimal 25% dari populasi.
Salah. Dalam hal besaran sampel yang ideal, memang masih banyak diperdebatkan oleh ahli sosial. Ada yang mengatakan bahwa kita bisa mengambil 10% dari seluruh populasi yang ada. Ada juga yang mengatakan bahwa minimal 25% dari populasi.
Salah. Dalam hal besaran sampel yang ideal, memang masih banyak diperdebatkan oleh ahli sosial. Ada yang mengatakan bahwa kita bisa mengambil 10% dari seluruh populasi yang ada. Ada juga yang mengatakan bahwa minimal 25% dari populasi.
Salah. Dalam hal besaran sampel yang ideal, memang masih banyak diperdebatkan oleh ahli sosial. Ada yang mengatakan bahwa kita bisa mengambil 10% dari seluruh populasi yang ada. Ada juga yang mengatakan bahwa minimal 25% dari populasi.
23. Pemilihan jenis uji statistik yang sesuai harus mempertimbangkan beberapa aspek berikut ini, kecuali ....
A. Tingkat pengukuran
B. Instrumen penelitian
C. Jumlah sampel
D. Variabel
Salah. Ada beberapa kriteria yang harus dipertimbangkan sebelum kita memilih rumus yang akan kita pakai. antara lain tingkat pengukuran (di sini kita bicara mengenai skala dari variabel penelitian), jumlah sampel, serta ada tidaknya variabel independen dan variabel dependen).
Benar. Ada beberapa kriteria yang harus dipertimbangkan sebelum kita memilih rumus yang akan kita pakai. antara lain tingkat pengukuran (di sini kita bicara mengenai skala dari variabel penelitian), jumlah sampel, serta ada tidaknya variabel independen dan variabel dependen).
Salah. Ada beberapa kriteria yang harus dipertimbangkan sebelum kita memilih rumus yang akan kita pakai. antara lain tingkat pengukuran (di sini kita bicara mengenai skala dari variabel penelitian), jumlah sampel, serta ada tidaknya variabel independen dan variabel dependen).
Salah. Ada beberapa kriteria yang harus dipertimbangkan sebelum kita memilih rumus yang akan kita pakai. antara lain tingkat pengukuran (di sini kita bicara mengenai skala dari variabel penelitian), jumlah sampel, serta ada tidaknya variabel independen dan variabel dependen).
24. Apabila dari suatu penelitian diperoleh data sebagai berikut:
Gambar
Apabila dilakukan uji hipotesis maka nilai z hitungnya adalah
A. 8.94
B. 8.52
C. 5.47
D. 2.22
salah. Nilai Z hitung diperoleh dengan rumus z =
Benar. Nilai Z hitung diperoleh dengan rumus z =
salah. Nilai Z hitung diperoleh dengan rumus z =
salah. Nilai Z hitung diperoleh dengan rumus z =
25. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, 70% siswa wajib belajar di Tangerang tidak memiliki buku pelajaran. Untuk itu, dilakukan penelitian dengan sampel 75 siswa dan diperoleh hasil ternyata hanya 23 siswa yang tidak memiliki buku pelajaran. Apabila dilakukan uji hipotesis dengan alpha 0,05, maka nilai z hitungnya adalah ....
A. – 7,36
B. 7,36
C. 8,36
D. 9,36
Benar. nilai Z hitung diperoleh dengan rumus z :
Salah. nilai Z hitung diperoleh dengan rumus z :
Salah. nilai Z hitung diperoleh dengan rumus z :
Salah. nilai Z hitung diperoleh dengan rumus z :
26. Dari 15 orang yang diteliti, mereka ditanya apakah mereka setuju atau tidak setuju tentang kenaikan BBM. Dari jawaban mereka, 8 orang mengatakan tidak setuju, dan 7 orang mengatakan setuju. Pola jawaban mereka adalah sebagai berikut.
T S S T S T T S T T S T T S S
Berdasarkan data tersebut, nilai run-nya adalah
A. 9
B. 10
C. 11
D. 12
Salah. nilai run dihitung berdasarkan perubahan peristiwa yang terjadi T S S T S T T S T T S T T S S
Benar
Salah. nilai run dihitung berdasarkan perubahan peristiwa yang terjadi T S S T S T T S T T S T T S S
Salah. nilai run dihitung berdasarkan perubahan peristiwa yang terjadi T S S T S T T S T T S T T S S
27. Dari suatu penelitian diketahui bahwa gaya belajar mahasiswa FISIP adalah sebagai berikut: belajar setiap hari (30), belajar seminggu sekali (40), belajar sebulan sekali (25), dan belajar ketika mau ujian saja (55). Apabila dilakukan uji hipotesis dengan alpha 0,05 berapa nilai expected-nya?
A. 30
B. 31
C. 32,5
D. 37,5
Salah. nilai expected diperoleh dengan cara membagi seluruh jumlah pengamatan dengan banyaknya kategori yang ada dalam variabel yang akan diteliti.
Salah. nilai expected diperoleh dengan cara membagi seluruh jumlah pengamatan dengan banyaknya kategori yang ada dalam variabel yang akan diteliti.
Salah. nilai expected diperoleh dengan cara membagi seluruh jumlah pengamatan dengan banyaknya kategori yang ada dalam variabel yang akan diteliti.
Benar. nilai expected diperoleh dengan cara membagi seluruh jumlah pengamatan dengan banyaknya kategori yang ada dalam variabel yang akan diteliti.
28. Seorang mandor perusahaan percetakan menyatakan bahwa tingkat kesalahan dalam pencetakan buku sebesar 5%, yakni setiap 5 buku ada 1 buku yang salah. Setelah dilakukan penelitian ternyata dari 60 buku ada 12 buku yang mengalami cacat produksi. Apabila dilakukan uji hipotesis dengan alpha 0,05 maka nilai adalah ....
A. 1,214
B. 1,399
C. 1,421
D. 1,532
Salah. dengan alpha 0,05 maka nilainya adalah 1,532 (lihat pembahasan tentang uji goodness of fit: Binomial)
Salah. dengan alpha 0,05 maka nilainya adalah 1,532 (lihat pembahasan tentang uji goodness of fit: Binomial)
Salah. dengan alpha 0,05 maka nilainya adalah 1,532 (lihat pembahasan tentang uji goodness of fit: Binomial)
Benar
29. seorang peneliti hendak mengetahui persepsi masyarakat terhadap keberadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah. Untuk itu, diambil dua sampel yang dipilih secara random sebanyak 50 warga. Hasil penelitian menunjukkan pada sampel 1 warga yang setuju hanya 5 warga dan pada sampel 2 warga yang setuju hanya 7. Apabila dilakukan uji hipotesis dengan alpha 0,05 maka nilai p1 adalah
A. 0,04
B. 0,1
C. 0,14
D. 2,5
Salah. nilai P1 diperoleh dengan rumus x1/n1
Benar. nilai P1 diperoleh dengan rumus x1/n1
Salah. nilai P1 diperoleh dengan rumus x1/n1
Salah. nilai P1 diperoleh dengan rumus x1/n1
30. Seorang peneliti ingin mengetahui perbedaan nilai UAS mahasiswa UT yang bekerja dan tidak bekerja. Hasilnya adalah sebagai berikut:
Gambar
Jika peneliti menggunakan uji Mann-Whitney maka jumlah skor rangking nilai UAS mahasiswa yang sudah bekerja adalah
A. 11
B. 12
C. 13
D. 14
Salah. Jumlah skor rangking diperoleh dengan cara membuat rangking terlebih dahulu, kemudian menjumlahkan rangking berdasarkan kategori.
Benar
Salah. Jumlah skor rangking diperoleh dengan cara membuat rangking terlebih dahulu, kemudian menjumlahkan rangking berdasarkan kategori.
Salah. Jumlah skor rangking diperoleh dengan cara membuat rangking terlebih dahulu, kemudian menjumlahkan rangking berdasarkan kategori.
31. Suatu penelitian dilakukan untuk mengetahui efektivitas tiga metode pembelajaran di kelas. Untuk mengetahui hal ini, dilakukan penelitian dengan mencoba ketiga metode tersebut pada tiga kelompok siswa yang dipilih secara random. Masing-masing kelompok terdiri atas 10 siswa. Apabila dilakukan uji hipotesis dengan interval keyakinan 5%, maka nilai chi square tabel adalah
A. 4.605
B. 5.991
C. 6.635
D. 7.824
Salah. nilai tabel chi square diperoleh dengan mempertimbangkan derajat bebas dan interval keyakinan
Benar
Salah. nilai tabel chi square diperoleh dengan mempertimbangkan derajat bebas dan interval keyakinan
Salah. nilai tabel chi square diperoleh dengan mempertimbangkan derajat bebas dan interval keyakinan
32. Suatu penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan tingkat penjualan tiga produk minuman selama 3 bulan terakhir. Data yang terkumpul adalah sebagai berikut:
Gambar
Dengan menggunakan alpha 0,05, maka nilai kruskal wallis-nya adalah
A. 57
B. 56.91
C. 55.5
D. -0.087
salah. nilai kruskall wallis diperoleh dengan rumus
salah. nilai kruskall wallis diperoleh dengan rumus
salah. nilai kruskall wallis diperoleh dengan rumus
Benar
33. Suatu penelitian dilakukan untuk membandingkan penghasilan guru Sekolah dasar di kota dengan guru sekolah dasar di desa. Pada guru sekolah dasar di kota dipilih sebanyak 40 guru sebagai sampel. Rata-rata penghasilan guru sekolah dasar di kota adalah Rp900.000,00 dengan standar deviasi 5000. Untuk guru sekolah di desa dipilih sebanyak 30 guru. dan diketahui rata-rata penghasilan mereka adalah Rp600.000,00 dengan standar deviasi 4000. Apabila digunakan taraf signifikansi sebesar 0.05, maka nilai Z hitungnya adalah
A. 0.259
B. 0.359
C. 0.459
D. 0.559
Benar
Salah. nilai Z hitung diperoleh dengan rumus
Salah. nilai Z hitung diperoleh dengan rumus
Salah. nilai Z hitung diperoleh dengan rumus
34. Suatu penelitian ingin mengetahui pola mobilitas para pendatang di Jakarta. Penelitian ini ingin memperbandingkan antarpedagang jamu keliling dengan pedagang sayur keliling dalam melakukan kegiatan pulang kampung. Salah satu variabel yang digunakan adalah frekuensi pulang kampung dalam setahun. Pada pedagang jamu keliling ditarik sampel sebanyak 20 dan diketahui rata-rata hitungnya sebesar 7 dengan standar deviasi 2. Sedangkan pada pedagang sayur keliling ditarik sampel sebanyak 14 dan diketahui rata-rata hitungnya sebesar 4 dengan standar deviasi 2. Apabila dilakukan uji hipotesis dengan taraf nyata 0,01 maka nilai t hitungnya adalah
A. 0.565
B. 0.665
C. 0.765
D. 0.865
Salah. nilai t hitung diperoleh dari
Salah. nilai t hitung diperoleh dari
Benar.
Salah. nilai t hitung diperoleh dari
35. Suatu penelitian ingin mengetahui pola mobilitas para pendatang di Jakarta. Penelitian ini ingin memperbandingkan antarpedagang jamu keliling dengan pedagang sayur keliling dalam melakukan kegiatan pulang kampung. Salah satu variabel yang digunakan adalah frekuensi pulang kampung dalam setahun. Pada pedagang jamu keliling ditarik sampel sebanyak 20 dan diketahui rata-rata hitungnya sebesar 7 dengan standar deviasi 2. Sedangkan pada pedagang sayur keliling ditarik sampel sebanyak 14 dan diketahui rata-rata hitungnya sebesar 4 dengan standar deviasi 2. Apabila dilakukan uji hipotesis dengan taraf nyata 0,01 maka nilai derajat bebasnya adalah
A. 32
B. 31
C. 30
D. 29
Benar
Salah. derajat bebas diperoleh dengan cara n1+n2-2
Salah. derajat bebas diperoleh dengan cara n1+n2-2
Salah. derajat bebas diperoleh dengan cara n1+n2-2
Sumber latihan mandiri Universitas Terbuka
ConversionConversion EmoticonEmoticon