Soal Latihan Mandiri Komunikasi Pemasaran SKOM4328

12:12:00 am
Soal Latihan Mandiri Komunikasi Pemasaran SKOM4328
Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Komunikasi Pemasaran SKOM4328 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 50 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Komunikasi Pemasaran SKOM4328, jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%. Selamat Mengerjakan.


Soal Pilihan Ganda

Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1. “Pada umumnya, komunikasi pemasaran yang dilakukan perusahaan dirancang agar konsumen mengetahui adanya produk tersebut, mendorong pembelian atau komitmen, menimbulkan sikap yang positif terhadap produk, memberikan arti simbolis kepada produk, atau menunjukkan bagaimana komunikasi tersebut dapat lebih baik dalam memecahkan masalah konsumen jika dibandingkan dengan produk (barang atau jasa) kompetitor”

Pengertian komunikasi pemasaran di atas dikemukakan oleh :

A. Chris Fill (1995)
B. Schiffman dan Kanuk (2004)
C. The Chartered Institut of Marketing (CIM)
D. TerenceA. Shimp (2003)

2. Membangun citra merek (brand image) merupakan tujuan dari komunikasi pemasaran. Yang dimaksud dengan citra merek adalah ....

A. jenis asosiasi yang muncul di benak konsumen ketika mengingat sebuah merek tertentu
B. eksistensi organisasi dan produknya
C. nilai pengorbanan yang dikonversikan sebagai biaya perusahaan
D. kepercayaan terhadap kelebihan suatu produk atau suatu pelayanan

3. Pendapat yang berkaitan dengan rancangan pesan pemasaran dikemukakan oleh Kennedy dan Soemanagara (2006) yang melihat dari dimensi tujuan promosi. Tujuan promosi tersebut salahsatunya adalah menumbuhkan kesadaran keberadaan sebuah produk dan layanan baru yang dikenal dengan istilah ..........

A. motivation
B. likebility
C. knowladge
D. awareness

4. Secara konseptual, terdapat hubungan yang erat antara komunikasi pemasaran dan proses pertukaran. Salah satu di antaranya adalah restricted exchange maksudnya adalah ..........

A. tipe pertukaran terbatas
B. tipe pertukaran umum
C. tipe pertukaran kompleks .
D. univocal

5. Pada dasarnya, komunikasi pemasaran berkaitan dengan promosi organisasi dan penawarannya suatu produk atau jasa. Salah satu fungsinya sebagai informatif Yang dimaksud dengan fungsi informatif adalah .........

A. banyaknya barang dan atau jasa yang ditawarkan oleh produsen pada suatu pasar tentu, periode tertentu, harga tertentu
B. pesan disampaikan secara konsisten dengan waktu dan target yang akurat kepada khalayak 'stakeholders'
C. Salah, merupakan fungsi relational dari komunikasi pemasaran
D. menekankan aspek pengembangan saluran atau pemasaran distribusi

6. Tujuan dari komunikasi promosi adalah ( Peter dan Olson, 2000) agar konsumen (audiens) memiliki sikap merek yang positif, atau ..........

A. Recognized need
B. Aware
C. favorable brand attitude
D. perform various behaviors

7. Saluran dalam komunikasi pemasaran, pada prinsipnya memiliki dimensi yang sama dengan saluran komunikasi pada umumnya. Salah satu dimensi saluran tersebut adalah derajat kecanggihan dan tingkat kepercaya saluran tersebut, atau ………

A. Channel Credibility
B. Channel feedback
C. Channel Involvement
D. Channel Availability

8. Dalam komunikasi pemasaran, yang bertindak sebagai penerima/pembeli/konsumen dalah calon pelanggan atau pelanggan yang dibidik, audiens perantara, dan audiens yang tidak diharapkan. Contoh audiens yang tidak diharapkan adalah ……..

A. grosir,
B. distributor,
C. pedagang eceran
D. pemegang saham

9. Umpan balik merupakan bagian dari respons yang dikirimkan kembali kepada pengirim, dan hal ini merupakan aspek yang esensial bagi keberhasilan komunikasi. Umpan balik dapat berupa memutar angka telepon, pengembalian kupon, dan ……..

A. pembelian produk
B. penjualan menurun.
C. pengembalian produk
D. respon negative

10. Gangguan dalam komunikasi pemasaran dapat mempengaruhi kualitas penerimaan dan umpan balik dari audiens. Ganguan dapat terjadi pada tahap penerima (decoding) contoh ……….

A. Gambar tidak jelas karena gangguan cuaca
B. Pesan tidak focus
C. Suara tidak terdengar karena gangguan eksternal
D. Sarat dengan iklan lain

11. Stephen W. Littlejohn dan KarenA. Foss (2005) menyatakan bahwa pendekatan teoritis yang paling umum pada komunikasi adalah Teori Sistem. Ada beberapa kriteria yang terdapat dalam system salah satunya adalah satu sistem adalah bagian dari suatu sistem yang lebih tinggi atau ………….

A. Interdependensi
B. Hirarchi
C. Morfogenesis
D. Equifinality

12. Suatu sistem kesalinghubungan bagian-bagiannya lebih banyak didasarkan pada pertukaran informasi disebut …….

A. sistem sosiokultural,
B. sistem organis
C. sistem mekanis.
D. entropi

13. Pemikiran teori sistem telah diadopsi secara luas dalam bidang komunikasi pemasaran, terutama pada komunikasi relasional. Preposisi dari komunikasi relasional salah satunya pesan yang mengandung substansi atau isi, berbicara tentang apa yang sedang dibicarakan yang dikenal dengan ………

A. Pesan report
B. Pesan Command
C. Contens message
D. Komplemetaris

14. Komunikasi pemasaran dengan segala bentuk variasinya menggunakan tanda-tanda dalam menciptakan pesan dan memberikan arti. Tanda – tanda dapat dikenal dengan baik bila ……

A. suatu bentuk fisik yang dapat dirasakan oleh pancaindra kita, yang merepresentasikan atau menunjukkan sesuatu (referent) kepada seseorang (interpreter) dalam suatu konteks.
B. dipahami dengan baik berdasarkan pengalaman si pengirim maupun si penerima
C. dipahami dengan baik berdasarkan pengalaman si penerima.
D. dipahami dengan baik berdasarkan pengalaman si pengirim.

15. Komunikasi merupakan proses yang berpusat pada pesan, dan bersandar pada informasi (Littlejohn, 2005). Produksi pesan dalam komunikasi pemasaran dilihat dari perspektif psikologis, yang fokus pada sifat-sifat, keadaan, dan proses-proses individual. Salah satu teori pembentukan pesan dikembangkan oleh Barbara O’Keefe dengan message design logics atau teori logika disain pesan. Berikut tiga logika yang mendasari pembentukan pesan, kecuali ……..

A. expressive design logic,
B. conventional design logic,
C. rhetorical design logic.
D. action Assembly Theory

16. Pesan dalam konteks komunikasi pemasaran dirancang oleh sumber-sumber untuk mengubah atau memperkuat perilaku dan sikap orang lain. Oleh karena itu, teori ini sering kali dijelaskan dengan teori-teori persuasif. Berikut adalah definisi komunikasi persuasive “komunikasi persuasif sebagai “ pesan yang bertujuan untuk membentuk, memperkuat, atau mengubah respons orang lain. Definisi ini dikembangkan oleh …..

A. G.R. Miller (1980)
B. Festinger 1957;
C. Brehm
D. Cohen 1962; Aronson 1968)

17. Komunikasi terdiri dari tindakan-tindakan yang kompleks, yang membentuk pesan-pesan atau diskursus (wacana) (Littlejohn, 2005). Salah satu teori yang menerangkan sebagai berikut : “aksi bicara merupakan unit dasar bahasa yang digunakan untuk mengungkapkan makna. Aksi bicara merupakan suatu ucapan yang mengungkapkan suatu tujuan. Biasanya merupakan suatu kalimat ataupun suatu kata atau frase, sepanjang hal itu mengikuti aturan “

Teori tersebut dikenal dengan istilah .........

A. Coordinated Management of Meaning (CMM),
B. Speech Act Theory.
C. Expectancy Violation,
D. Interaction Adaptation Theories,

18. Dalam kegiatan komunikasi pemasaran, sangat dipentingkan mengembangkan dan memelihara hubungan dengan konsumen. Untuk itu diperlukan strategi sebagai berikut: 1.cara-cara kita mengumpulkan informasi tentang orang lain. 2.cara-cara individu memantau lingkungan sosialnya, sehingga ia menjadi lebih tahu tentang dirinya dan juga tentang diri orang lain.

Kedua hal tersebut di atas berkaitan dengan teori ……

A. Social Penetration Theory
B. Uncertainty Reduction Theory
C. Teori Sistem relasional
D. Teori Relasional Dialektik

19. Penelitian Baxter dan Montgomery yang dituangkan dalam teori Dialektiak Relasional difokuskan pada tiga relasional yang dialektis, yang mempengaruhi hampir tiap-tiap hubungan salah satunya yaitu: integration-separation. Yang dimaksud dengan integration-separation adalah ……

A. Tidak ada hubungan yang eksis menurut definisi kecuali jika kegiatan mengorbankan beberapa otonomi individu.
B. Ada hubungan yang eksis menurut definisi kecuali jika kegiatan mengorbankan beberapa otonomi individu. Bagaimanapun, terlalu banyak koneksi yang secara bertentangan menghancurkan hubungan tersebut, sebab identitas individu menjadi hilang.
C. Tidak ada hubungan yang eksis menurut definisi kecuali jika kegiatan mengorbankan beberapa otonomi individu. Bagaimanapun, tidak ada koneksi yang secara bertentangan menghancurkan hubungan tersebut, sebab identitas individu menjadi hilang.
D. Tidak ada hubungan yang eksis menurut definisi kecuali jika kegiatan mengorbankan beberapa otonomi individu. Bagaimanapun, terlalu banyak koneksi yang secara bertentangan menghancurkan hubungan tersebut, sebab identitas individu menjadi hilang

20. Dalam kegiatannya komunikasi pemasaran tidak dapat terlepas dari media massa. Berikut fungsi media massa kecuali ……..

A. sebagai sumber kekuatan, yakni alat kontrol, manajemen dan inovasi dalam masyarakat.
B. berperan sebagai wahana pengembangan kebudayaan
C. ikut berperan pasif sebagai penyalur (diseminator) dan “toko” informasi,
D. dimanfaatkan untuk mengendalikan arah dan memberikan dorongan terhadap perubahan social

21. Pemanfaatan media massa dalam komunikasi pemasaran memiliki efek seperti peluru yang dibidikan ke arah sasaran. Teori ini dikenal dengan nama ……

A. The Bullet Theory
B. Teori kognisi social
C. Uses and Gratifications
D. Media Systems Dependency

22. “Perubahan bentuk media komunikasi, biasanya disebabkan oleh interaksi kompleks dari kebutuhan-kebutuhan penting, tekanan-tekanan kompetitif dan politis, dan inovasi-inovasi sosial dan teknologis”. Pernyataan di atas merupakan konsep dari ……..

A. The Bullet Theory
B. Teori kognisi social
C. mediamorfosis
D. Media Systems Dependency

23. Peran strategi komunikasi dalam pemasaran sangat penting. Melalui strategi komunikasi, dapat diketahui tentang …………

A. cara yang paling sesuai untuk mengkomunikasikan rencana pemasaran organisasi kepada berbagai target pasar, dan khalayak stakeholders.
B. pasar sasaran, penentuan posisi, lini produk,
C. harga, oulet distribusi, tenaga penjualan, pelayanan, iklan, promosi penjualan, penelitian dan pengembangan,
D. riset pemasaran.

24. “proses mengkotak-kotakan pasar yang heterogen ke dalam potensial customer yang memiliki kesamaan kebutuhan dan atau kesamaan karakter yang memiliki respons yang sama dalam membelanjakan uangnya”.

Pernyataan di atas merupakan definisi dari …….

A. Segmentasi oleh Kotler
B. Segmentasi oleh Beane dan Ennis (1987)
C. Segmentasi oleh Rheinal Kasali
D. Segmentasi oleh Schiffman dan Kanuk (2004)

25. Kotler (1988) mengemukakan beberapa persyaratan yang perlu dipertimbangkan ketika akan merencanakan targeting, yaitu:

A. ukuran dan pertumbuhan segmen, daya tarik segmen, dan sasaran dan sumber daya yang dimiliki perusahaan.
B. harus dapat diukur (measurable)
C. segmen dapat diakses (accesible)
D. memungkinkan untuk digarap (actionable)

26. Kualitas, desain, bentuk, merek, kemasan jaminan dan pengembalian merupakan unsur-unsur dari …..

A. Product
B. Place
C. Price
D. Promotion

27. Konsumen dapat mengalami kontak dan terlibat dengan suatu produk melalui berbagai cara yang berbeda salah satunya adalah “keinginan melakukan dan perilaku pembelian ulang” disebut dengan istilah……..

A. divided brand loyalty
B. brand loyalty switches
C. brand loyalty with an occasional switch
D. brand loyalty

28. Dalam orientasi kognitif, diperlukan beberapa aspek untuk pepmrosesan informasi, Aspek tersebut adalah, kepribadian, persepsi, belajar, sikap, dan ………

A. pengaruh lingkungan.
B. budaya
C. kelompok
D. Kelas social

29. Pengetahuan tentang proses keputusan pembeli oleh konsumen sangat penting agar tipe informasi yang benar dapat ditransmisikan pada waktu yang tepat dan dalam cara paling tepat pula. Ada beberapa tahapan yang dilalui oleh konsumen memutuskan pembelian suatu produk atau jasa yaitu, pengenalan masalah, pencarian informasi, dan …….

A. evaluasi alternative
B. keputusan pembelian
C. keputusan pembelian dan evaluasi pasca pembelian
D. evaluasi alternative keputusan pembelian dan evaluasi pasca pembelian

30. Faktor yang penting yang berkaitan dengan proses keputusan pembelian suatu produk atau jasa yaitu risiko yang dirasakan oleh konsumen. Risiko dapat dirasakan karena pembeli memiliki sedikit informasi atau tidak ada pengalaman tentang kinerja produk atau jasa tersebut. Salah satu cara yang paling tepat dilakukan oleh pelaku komunikasi pemasaran untuk mengurangi resiko adalah ……..

A. pemberian hadiah
B. pemberian voucher
C. garansi
D. potongan harga.

31. Pada umumnya, semua pihak yang terlibat dengan eksistensi organisasi dan/atau perusahaan tersebut dinamakan stakeholders. Freeman (1984, dalam Fill, 1995). Stakeholders merupakan kelompok di dalam ataupun di luar perusahaan yang memiliki kepentingan terhadap kinerja organisasi. Pernyataan Stakeholders dikemukakan oleh ……

A. Chris Fill (1995)
B. Freeman (1984, dalam Fill, 1995)
C. Richard L. Daft (2006)
D. Robbins dan Coulter (2004) 


32.


Lihat gambar tersebut di atas : Jika stakeholders ekternal itu penting, namun tidak menentukan serta ketidakpastian lingkungan rendah, maka para manajer biasanya mengandalkan ........

 A. mengelola stakeholder 
 B. mencakup batas 
 C. kemitraan stakeholders 
 D. mengamati dan memonitor lingkungan 

33. Setelah Anda menjawab soal nomor 32, maka tentukanlah apa yang baik dilakukan oleh para manejer?

A. Pada kondisi demikian, maka para manajer perlu menjadi proaktif dalam upaya mereka mengelola hubungan dengan stakeholders.
B. Pada kondisi ini, maka para manajer dapat menggunakan upaya pengelolaan stakeholders langsung
C. Pada kondisi ini, maka para manajer harus menggunakan kemitraan stakeholders (stakeholders partnership)
D. Pada kondisi demikian, maka para manajer biasanya mengandalkan hanya semata-mata mengamati dan memonitor lingkungan untuk mengetahui kecenderungan-kecenderungan dan kekuatan yang mungkin berubah

34. Terdapat tiga unsur utama yang merupakan inti bagi pembentukan citra perusahaan, yaitu: (1) corporate personality, (2) corporate identity, (3) corporate image. Yang dimaksud dengan corporate image adalah ....

A. Persepsi khalayak yang berbeda terhadap perusahaan dan hasil dari interpretasi khalayak tentang tanda-tanda visual yang direpresentasikan oleh organisasi.
B. Formulasi melalui tanda-tanda visual di mana stakeholders dapat mengenali dan mencirikan perusahaan.
C. totalitas untuk karakteristik-karakteristik yang menjadi identitas perusahaan.
D. nilai-nilai yang dipegang oleh perusahaan.

35. aspek penting yang termuat dalam definisi riset pemasaran adalah: Pertama, riset pemasaran itu sistematis dan terkontrol. Kedua, riset pemasaran itu bersifat empiris. Yang dimaksud dengan riset pemasaran empiris adalah ..........

A. riset tersebut tertata dengan cara tertentu sehingga peneliti dapat memiliki keyakinan kritis mengenai hasil penelitian.
B. pendapat atau keyakinan subjektif harus diperiksa dengan menghadapkannya pada realitas objektif.
C. Riset untuk identifikasi masalah
D. Riset untuk pemecahan masalah

36. Aktivitas riset pemasaran dapat dikelompokkan melalui berbagai cara, seperti yang dilakukan oleh Kinnear dan Taylor (1987), yang mengidentifikasi menjadi kategori eksploratori, konklusif dan monitoring kinerja. Riset pemasaran monitoring kinerja adalah ......

A. riset mengarahkan perumusan dan tes secara khusus hipotesis tentang pasar.
B. menjelaskan tentang jangkauan aktivitas yang dirancang untuk menjajaki dan mengevaluasi efektivitas dari program komunikasi.
C. Riset berupaya untuk menyediakan ekspresi yang dikuantifikasikan
D. Riset yang bekerja secara normal untuk individual atau kelompok kecil, dan bertujuan mengeksplorasi kedalaman yang lebih tinggi tentang mengapa konsumen itu berpikir, merasa atau bertindak melalui cara-cara tertentu.

37. Pada dasarnya, terdapat hubungan antara faktor lingkungan dengan komunikasi pemasaran. Sebagai contoh kebiasan masyarakat membeli pakaian baru pada saat lebaran, natal dan perayaan lainnya sehingga mempengaruhi cara membuat pesan dari pelaku komunikasi pemasaran. Hal ini merupakan kekuatan dari faktor lingkungan dalam aspek .........

A. Kekuatan sosial
B. Kekuatan teknologi
C. Kekuatan ekonomi
D. Kekuatan musiman.

38. Aspek berikutnya dari perspektif dasar pengaruh lingkungan terhadap organisasi/perusahaan adalah kekuatan kompetitif. Berikut adalah kekuatan kompetitif menurut Griffin, (2004). yaitu:

- ancaman dari para pendatang baru (threat of new entrants),
- persaingan kompetitif (competitive rivalry), dan .......

A. ancaman dari produk substitusi (threat of substitue product),
B. kekuatan pembeli ( power of buyers),
C. kekuatan pemasok (power of suppliers).
D. ancaman dari produk substitusi (threat of substitue product), kekuatan pembeli ( power of buyers), dan kekuatan pemasok (power of suppliers).

39. Sebuah perusahaan, dalam kehidupannya, tidak pernah lepas dari lingkungannya. Griffin (2004) mengemukakan enam mekanisme dasar yang dapat digunakan organisasi/perusahaan untuk beradaptasi dengan lingkungannya antara lain information management dengan memberikan pemahaman tentang lingkunan perusahaan serta saat memantau tanda-tanda perubahan yang terjadi pada lingkungan. Salah satu teknik untuk mengelola informasi adalah boundary spanner. Yang dimaksud dengan boundary spanner adalah .........

A. seorang karyawan, seperti seorang wiraniaga atau agen pembelian yang banyak menghabiskan waktunya untuk berhubungan dengan pihak-pihak yang berada di luar perusahaan. Karyawan tersebut berada dalam posisi yang baik untuk mempelajari aspek-aspek yang dilakukan oleh organisasi lain.
B. mempertahankan kondisi yang sedang berlangsung, sedikit mengubah strategi, atau mengadopsi suatu strategi yang sama sekali baru
C. cara-cara perusahaan beradaptasi dengan lingkungannya
D. mempengaruhi pemasoknya dengan menandatangani kontrak jangka panjang dengan harga yang tetap sebagai perlindungan terhadap inflasi.

40. John R. Rossiter dan Larry Percy (1997). Mereka mengatakan bahwa, paling tidak, ada lima jenis dampak yang diberikan informasi promosi terhadap konsumen, yaitu:

a. recognized need
b. aware
c. favorable brand attitude,
d. intention to purchase
e. perform various behaviors

Yang dimaksud dengan perform various behaviors adalah ..............

A. masyarakat dan atau konsumen akan memiliki kebutuhan yang disadari terhadap suatu kategori produk atau bentuk produk,
B. konsumen menjadi sadar tentang keberadaan suatu produk (baik barang maupun jasa),
C. konsumen menjadi memiliki sikap merek yang positif
D. konsumen menjadi melakukan berbagai macam perilaku untuk membeli merek tertentu (misalnya, pergi ke toko, mencari dan menemukan merek tertentu di toko tersebut, berbicara dengan pramuniaga menanyakan tentang produk, dan lain-lain).

41. Kotler (1997) mengatakan bahwa “Pemasaran modern memerlukan lebih dari sekedar mengembangkan produk yang baik, menawarkannya dengan harga yang menarik, dan membuatnya mudah di dapat oleh pelanggan sasaran” selanjutnya ia berkata “Perusahaan harus juga berkomunikasi dengan para pelanggan yang ada sekarang dan pelanggan potensial, pengecer, pemasok, pihak-pihak yang memiliki kepentingan pada perusahaan tersebut, dan masyarakat umum”. Selanjutnya Kotler mengemukan “bagi sebagian besar perusahaan, pertanyaannya bukanlah apakah akan melakukan komunikasi tersebut atau tidak, tetapi ......................

A. apa yang dikomunikasikan
B. kepada siapa dikomunikasi
C. seberapa sering dikomunikaskan
D. lebih pada apa yang akan dikomunikasikan, kepada siapa, dan seberapa sering.

42. “Strategi komunikasi pemasaran itu adalah menetapkan pesan atau serangkaian pesan yang akan sampaikan kepada khalayak sasaran tertentu melalui bauran komunikasi yang optimal”. Pernyataan ini merupakan garis besar pengertian strategi komunikasi pemasaran yang dikemukan oleh ...............

A. Chris Fill (1995)
B. Smith, Berry dan Pulford (1999)
C. Govani, Eng dan Galper (1986)
D. Engel, Warshaw dan Kinnear (1994)

43. Dari sisi penganggaran komunikasi pemasaran, manajemen membagi unsur-unsur bauran promosi menjadi dua kelompok, yaitu........

A. pertama terdiri dari periklanan, promosi penjualan dan public relations, dan kedua aspek- aspek finansial yang berkaitan dengan personal selling (penjualan pribadi).
B. pertama terdiri dari periklanan, promosi penjualan, dan kedua aspek-aspek finansial yang berkaitan dengan personal selling dan public relations
C. pertama terdiri dari, promosi penjualan dan public relations, dan kedua aspek- aspek finansial yang berkaitan dengan personal selling dan periklanan
D. pertama terdiri dari, promosi penjualan dan personal selling, dan kedua aspek- aspek finansial yang berkaitan dengan public relations dan periklanan

44. Mengkomunikasikan perusahaan dan/atau organisasi yang berkaitan dengan merek, produk, dan kelembagaannya sendiri, sering kali disampaikan kepada masyarakat-terutama konsumen- melalui berbagai alat promosi (tools of promotion), yang salah satu di antaranya adalah periklanan (advertising).

Shimp (2003) mengemukakan bahwa paling tidak, ada 5 fungsi periklanan, yaitu: informing, persuading, reminding, adding value, dan assisting

Yang dimaksud dengan adding value ialah .............

A. periklanan menunjukkan bahwa melalui periklanan, banyak konsumen yang menyadari (aware) terhadap keberadaan merek-merek baru yang dihasilkan oleh perusahaan.
B. iklan yang dirancang dengan baik dapat membujuk dan mempengaruhi masyarakat/konsumen untuk mencoba produk (baik barang maupun jasa) yang diiklankan.
C. mengingatkan konsumen yang belum membeli produk dan/atau merek yang tersedia, yang lebih banyak menguntungkan ketimbang merek pesaing.
D. melalui periklanan, nilai tambah merek dapat ditingkatkan,

45. Berikut beberapa gaya pesan yang sering kali digunakan oleh para pemasar dan/atau pengiklan dalam menyampaikan pesannya, yaitu: slice of life, lifestyle, fantasy, dan mood or image.

Yang dimaksud dengan mood or image adalah ..........

A. Dalam gaya ini, dipertunjukkan iklim atau beberapa orang yang menggunakan suatu produk dalam situasi yang normal, seperti iklan coba-cola yang memperlihatkan suasana di meja makan, di mana sebuah keluarga makan bersama, dan menikmatinya;
B. di mana gaya pesan ini menekankan bagaimana suatu produk itu sesuai dengan suatu gaya hidup tertentu,
C. gaya pesan yang memperlihatkan keadaan-keadaan yang dibawa ke dalam situasi yang tidak nyata. Dengan kemajuan teknologi komputer dan digital, para pemasar dan/atau pengiklan dapat menghasilkan urutan fantasi yang seolah-olah nyata,
D. gaya pesan yang membangkitkan suasana atau citra di sekitar produk. Misalnya, kecantikan, cinta dan ketenangan.

46. Paket penurunan harga, premi yang tidak berhubungan dengan produk, kontes dan undian, tawaran pengembalian dan potongan perdagangan, merupakan merupakan promosi penjualan yang mencakup promosi ..........

A. konsumen,
B. perdagangan,
C. bisnis
D. wiraniaga

47. Perusahaan yang menggunakan public relations yang berorientasi pemasaran, seringkali menggunakan jenis publisitas sebagai berikut, yaitu: product releases, executive-statement releases, dan feature article (Shimp, 2004).

Feature article adalah ........

A. pengumuman tentang produk baru, fitur dan manfaat produk dan iformasi tambahan lainnya yang berkenaan dengan produk.
B. merupakan news release mengenai CEO dan para eksekutif perusahaan lainnya
C. merupakan penjelasan yang rinci mengenai produk atau program lain yang layak diberitakan, yang telah ditulis untuk segera dipublikasikan atau ditayangkan dengan cara dicetak atau disiarkan, atau didistribusikan melalui situs internet yang tepat.
D. mengembangkan berbagai cerita mengenai anggur dan menempatkannya di majalah-majalah top dan di surat kabar

48. Kegiatan komunikasi pemasaran yang mencakup investasi dalam event dan causes yang bertujuan mencapai berbagai tujuan perusahaan, terutama meningkatkan kesadaran merek, memperkuat citra merek, dan memperbesar volume penjualan, adalah ....

A. Sponsorship
B. Exhibition
C. Advertising
D. Personal selling

49. Evaluasi menyeluruh perusahaan dimana stakeholders memperolehnya dari berbagai kepercayaan tentang perusahaan tersebut yang melembaga sebagai citra perusahaan. Disebut ............

A. corporate personality,
B. corporate identity,
C. corporate image.
D. corporate reputation

50. Ada empat kategori yang memotivasi seseorang untuk melakukan word of mouth communication, yaitu: (1) product involvement, (2) self-involvement), (3) other involvement, dan ....

A. message involvement
B. media involvement
C. Channel involvement
D. Distribution involvement




Untuk mengetahui jawabannya silahkan buka halaman Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Komunikasi Pemasaran SKOM4328


Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
Friday, October 20, 2017 1:58:00 pm delete

kak ga bs di copy ya? boleh minta linknya kak? buat latihan. diaheta@gmail.com

terimakasih

Reply
avatar