Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Komunikasi Pemasaran SKOM4328

7:15:00 am
Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Komunikasi Pemasaran SKOM4328

Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Komunikasi Pemasaran SKOM4328 Universitas Terbuka yang berisi 50 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Komunikasi Pemasaran SKOM4328, Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 1
A. Salah, Chris Fill (1995) mengemukakan pengertian Komunikasi pemasaran merupakan proses manajemen melalui pengembangan organisasi, penyajian dan evaluasi serangkaian pesan untuk diidentifikasi khalayak stakeholders
B. Betul, seperti yang tertulis pada soal.
C. Salah, CIM mengemukan pengertian sebagai proses penyajian sekumpulan rangsangan secara terintegrasi kepada pasar dengan maksud untuk membangkitkan sekumpulan respons yang diinginkan dalam sekumpulan pasar tersebut.
D. Salah, sedangkan TerenceA. Shimp (2003) mengemukan pengertian komunikasi pemasaran dapat dipahami dengan menguraikan dua unsur pokoknya, yaitu komunikasi dan pemasara

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 2
A. Benar, masyarakat berdasarkan informasi yang diterimanya akan memberikan citra terhadap organisasi dan produk tersebut.
B. Salah, sebagai tanda bagi organisasi atau produk
C. Salah, biaya dan pengorbanan yang besar belum tentu dapat membangun citra merek
D. Salah, kepercayaan akan timbul bila konsumen telah merasakan produk atau jasa.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 3
A. Salah, motivation adalah kemampuan mengajak konsumen untuk melakukan apa yang diinginkan oleh iklan atau produk dan layanan yang disampaikan.
B. Salah, likeability kemampuan menumbuhkan kesukaan terhadap penampilan pesan
C. Salah, knowledge kemampuan memberikan informasi yang dibutuhkan atas penggunaan sebuah produk dan layanan
D. Benar, awareness menumbuhkan kesadaran keberadaan sebuah produk dan layanan baru

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 4
A. Benar, tipe pertukaran terbatas adalah berkaitan dengan hubungan-hubungan timbal balik (reciprocal) antara dua pihak
B. Salah, tipe pertukaran umum adalah menunjukkan hubungan-hubungan yang bersifat timbal balik
C. tipe pertukaran kompleks . merupakan sistem hubungan mutual (mutual system) antara sekurang-kurangnya tiga pihak
D. salah, univocal adalah hubungan yang bersifat timbal balik

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 5
A. Salah, pengertian dari fungsi penawaran dari komunikasi pemasaran
B. Betul, fungsi informatif dengan menyampaikan pesan secara konsisten dan akurat.
C. Salah, merupakan fungsi relational dari komunikasi pemasaran
D. Salah, merupakan fungsi menjaga hubungan baik dari komunikasi pemasaran.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 6
A. Salah, Recognized need yaitu memiliki kebutuhan yang disadari terhadap suatu kategori produk atau bentuk produk.
B. Salah, (aware) Sadar terhadap produk.
C. Betul, favorable brand attitude yaitu memiliki sikap merek yang positif
D. Salah, perform various behaviors yaitu melakukan berbagai macam perilaku untuk membeli merek tertentu.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 7
A. Betul derajat kecanggihan dan tingkat dipercaya saluran tersebut, seperti yang dirasakan penerima
B. Salah, Channel feedback keberadaan saluran memberikan kesempatan kepada penerima untuk memberi respons
C. Salah, Channel Involvement usaha-usaha perseptual dibutuhkan oleh semua alat indera dalam upaya memilih informasi dari saluran komunikasi
D. Salah, Channel Availability luas saluran yang mungkin digunakan untuk menjangkau audiens yang lebih banyak

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 8
A. Salah, merupakan audiens perantara
B. Salah, merupakan audiens perantara
C. Salah, merupakan audiens perantara
D. Betul, pemegang saham merupakan orang yang terbuka terhadap pesan yang tidak ditargetkan .

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 9
A. Benar, audiens langsung merespon dengan pembelian produk
B. Salah, tidak ada respon setelah promosi
C. Salah, tidak ada respon setelah promosi
D. Salah, tidak ada respon setelah promosi

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 10
A. Salah gambar tidak jelas karena gangguan cuaca merupakan gangguan pada saluran
B. Salah, pesan tidak focus pada tahap encoding atau penyusunan pesan
C. Betul , suara tidak terdengar karena gangguan eksternal
D. Tidak tepat biasanya terjadi pada saat memilih media

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 11
A. Salah, Interdependensi adalah saling ketergantungan
B. Betul, Hirarchi  adalah satu sistem adalah bagian dari suatu sistem yang lebih tinggi
C. Salah, Morfogenesis  adalah  istilah  teknis bagi perubahan sistem
D. Salah, Equifinality  adalah suatu keadaan final tertentu bisa jadi diselesaikan dengan cara-cara yang berbeda dan dari titik awal yang berbeda

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 12
A. Betul, sistem sosiokultural,  sistem ini juga dapat bersifat purfosif 
B. Salah, sistem organis kesalinghubungan bagian-bagiannya lebih didasarkan pada pertukaran informasi ketimbang pertukaran energi
C. Salah, sistem mekanis kesaling-hubungan dari bagian-bagiannya didasarkan pada transfer energi
D. Salah, entropi  tendensi sistem untuk surut (run down)

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 13
A. Betul, pesan report yang mengandung substansi atau isi
B. Salah, Pesan Command yang berbicara tentang hubungan antara pihak-pihak yang berkomunikasi
C. Salah Simetris satu bentuk perilaku diikuti oleh lawannya
D. Salah Komplemetaris satu bentuk perilaku diikuti oleh lawannya

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 14
A. Salah, merupakan definisi dari tanda.
B. Betul, tanda-tanda harus di pahami dengan baik oleh kedua belah pihak
C. Salah, tanda-tanda tidak dapat dipahami oleh hanya sepihak hanya penerima saja.
D. Salah, tanda-tanda tidak dapat dipahami oleh hanya sepihak hanya pengirim saja.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 15
A. Salah, expressive design logic salah satu  dari tiga logika dari pembentukan pesan
B. Salah, conventional design logic,  salah satu  dari tiga logika dari pembentukan pesan
C. Salah,  rhetorical design logic.  salah satu  dari tiga logika dari pembentukan pesan
D. Betul, action Assembly Theory  bukan  salah satu  dari tiga logika dari pembentukan pesan teori pembentukan tindakan yang dikembangkan oleh John Greene (1984).

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 16
A. Betul, G.R. Miller (1980)
B. Salah, Festinger 1957 dalam konteks ini ahli ini menerangkan tentang  Teori Disonansi Kognitif, pelajari kembali  modul 2 halaman  49 dst.
C. Salah, Brehm dalam konteks ini ahli ini menerangkan tentang  Teori Disonansi Kognitif, pelajari kembali  modul 2 halaman  49 dst.
D. Salah, Cohen 1962; Aronson 1968 dalam konteks ini ahli ini menerangkan tentang  Teori Disonansi Kognitif, pelajari kembali  modul 2 halaman  49 dst.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 17
A. Salah Coordinated Management of Meaning (CMM),  mohon pelajari kembali modul 2 hal 70 dst.
B. Betul Speech Act Theory. Ini penting untuk dipahami.
C. Salah,  Expectancy Violation, mohon pelajari kembali modul 2 hal 70 dst
D. Salah, Interaction Adaptation Theories, mohon pelajari kembali modul 2 hal 70 dst

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 18
A. Salah pelajari kembali modul 3 Kegiatan belajar 1   dst
B. Betul Uncertainty Reduction Theory  atau  Teori Reduksi Ketidakpastian (Littlejohn dan Foss, 2005).
C. Salah pelajari kembali modul 3 Kegiatan belajar 1   dst
D. Salah pelajari kembali modul 3 Kegiatan belajar 1   dst

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 19
A. Salah, kurang lengkap, amati halaman  3.28
B. Salah, kurang tepat, amati halaman  3.28
C. Salah, kurang tepat, amati halaman  3.28
D. Betul, lihat halaman 3.28

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 20
A. Salah, merupakan fungsi media massa
B. Salah, merupakan fungsi media massa
C. Betul, media massa  ikut berperan aktif sebagai penyalur (diseminator) dan “toko” informasi
D. Salah, merupakan fungsi media massa

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 21
A. Betul, atau disebut juga  Hypodermic-Needle Theory
B. Salah, Teori kognisi social menyatakan bahwa terjadi banyak pembelajaran melalui pengamatan pada perilaku manusia
C. Salah, Uses and Gratifications mengemukakan pernyataan kerangka kajian Uses and Gratifications
D. Salah, Media Systems Dependency mengemukakan sistem “tripartite”, di mana  media, audiens, dan masyarakat dilihat sebagai memiliki hubungan yang saling ketergantungan.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 22
A. Salah, The Bullet Theory Pemanfaatan media massa dalam komunikasi pemasaran memiliki efek seperti peluru yang dibidikan  ke arah sasaran
B. Salah, Teori kognisi social menyatakan bahwa terjadi banyak pembelajaran melalui pengamatan pada perilaku manusia
C. Betul, menjelaskan hubungan antara media baru dan media lama
D. Salah, Media Systems Dependency mengemukakan sistem “tripartite”, di mana  media, audiens, dan masyarakat dilihat sebagai memiliki hubungan yang saling ketergantungan.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 23
A. Betul, lihat halaman 4.6.
B. Salah, pernyataan ini merupakan strategi pemasaran menurut Kotler.
C. Salah, pernyataan ini merupakan strategi pemasaran menurut Kotler.
D. Salah, pernyataan ini merupakan strategi pemasaran menurut Kotler.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 24
A. Salah, Kotler, menjelaskan bahwa segmentasi pasar itu “mengidentifikasi dan membentuk kelompok pembeli yang berbeda, yang mungkin meminta produk dan/atau bauran pemasaran tersendiri.
B. Salah, Segmentasi oleh Beane dan Ennis (1987), tentang segmen dapat dirasa berpeluang sama
C. Betul, Segmentasi oleh Rheinal Kasali, seperti yang tertera pada soal.
D. Salah, Segmentasi oleh Schiffman dan Kanuk (2004) menyatakan  strategi segmentasi memungkinkan produsen menghindari persaingan langsung di pasar, dengan membedakan penawaran mereka, yang tidak hanya berdasarkan harga, tetapi juga berdasarkan corak, kemasan, daya tarik promosi, cara distribusi, dan pelayanan yang unggul.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 25
A. Betul, ukuran dan pertumbuhan segmen, daya tarik segmen, dan sasaran dan sumber daya yang  dimiliki perusahaan.
B. Salah, berdasarkan ciri-cirinya, strategi positioning dari Aaker dan Shansby, 1982
C. Salah, berdasarkan penggunaan atau penerapan,  strategi positioning dari Aaker dan Shansby, 1982
D. Salah, berdasarkan pengguna produk, strategi positioning dari Aaker dan Shansby, 1982

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 26
A. Betul  
B. Salah, Place terdiri dari saluran, penyortiran, lokasi
C. Salah Price, daftar harga, rabat, syarat, potongan
D. Salah Promotion, iklan, promosi penjualan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 27
A. Salah divided brand loyalty adalah konsumen kadang-kadang berpindah merek untuk berbagai macam alasan.
B.Salah brand loyalty switches merupakan sasaran bersaing dalam pasar yang pertumbuhannya lamban atau sedang menurun.
C.Salah brand loyalty with an occasional switch konsumen kadang-kadang berpindah merek untuk berbagai macam alasan.
D. Betul brand loyalty loyalitas merek dapat dipandang sebagai suatu garis kontinum dari loyalitas merek yang tak terbagi hingga ke pengabaian merek.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 28
A. Betul, pengaruh lingkungan karena tak ada satu dari konsumen yang steril dari lingkungan.
B. Salah, karena budaya merupakan factor dari lingkungan
C. Salah, karena kelompok merupakan factor dari lingkungan
D. Salah, karena Kelas social merupakan factor dari lingkungan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 29
A. Belum lengkap   baca modul 4 halaman 69 dst 
B. Belum lengkap   baca modul 4 halaman 69 dst  
C. Belum lengkap    baca modul 4 halaman 69 dst
D. Lengkap, baca modul 4 halaman 69 dst

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 30
A. Salah, pemberian hadiah tidak mengurangi resiko
B. Salah pemberian voucher tidak mengurangi resiko
C. Betul, garansi dapat mengurangi resiko karena jaminan purna jual.
D. Salah potongan harga. tidak mengurangi resiko

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 31
A. Salah, Chris Fill (1995) berpendapat salah satu aspek yang dititikberatkan komunikasi pemasaran adalah pada masalah “bagaimana stakeholders yang berbeda-beda berinteraksi satu sama lain serta berinteraksi dengan organisasi dan/atau perusahaan”.
B. Salah, menurut Freeman (1984, dalam Fill, 1995) stakeholders itu adalah kelompok-kelompok atau individu-individu yang dapat mempengaruhi atau yang dipengaruhi pencapaian tujuan-tujuan organisasi
C. Betul, soal ini merupakan pendapat Richard L. Daft (2006) tentang stakeholders
D. Salah, Robbins dan Coulter (2004) menjelaskan bahwa stakeholders itu adalah semua pihak dalam lingkungan perusahaan yang terpengaruh oleh keputusan dan tindakan organisasi.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 32
A. Salah, perhatikan kembali gambar
B. Salah, perhatikan kembali gambar
C. Salah, perhatikan kembali gambar
D. Betul. Selamat Anda bisa membaca gambar tersebut.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 33
A. Salah, pelajari kembali modul halaman  5.23
B. Salah, pelajari kembali modul halaman  5.23
C. Salah, pelajari kembali modul halaman  5.23
D. Betul, selamat Anda dapat menjawab soal ini.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 34
A. Betul corporate image merupakan persepsi  khalayak  yang berbeda terhadap perusahaan dan hasil dari interpretasi khalayak tentang tanda-tanda visual yang direpresentasikan oleh organisasi .
B. Salah, formulasi melalui tanda-tanda visual di mana stakeholders dapat mengenali dan mencirikan perusahaan mengertian dari   corporate identity
C. Salah, totalitas untuk karakteristik-karakteristik yang menjadi identitas perusahaan merupakan Corporate personality
D. nilai-nilai yang dipegang oleh perusahaan, merupakan corporate personality

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 35
A. Salah, riset tersebut tertata dengan cara tertentu sehingga peneliti dapat memiliki  keyakinan kritis mengenai hasil penelitian hal ini menunjukan penelitiaan ini sistematis dan terkontrol.
B. Betul, penelitian empiris merupakan pendapat atau keyakinan subjektif harus diperiksa dengan menghadapkannya pada realitas objektif.
C. Salah, karena riset untuk identifikasi masalah merupakan klasifikasi ruang lingkup dari riset pemasaran menurut Rangkuti
D. Salah, karena riset untuk pemecahan masalah merupakan klasifikasi ruang lingkup lainnya dari riset pemasaran menurut Rangkuti

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 36
A. Salah  riset   mengarahkan   perumusan dan tes secara khusus hipotesis tentang pasar merupakan riset eksploratori.
B. Betul,  menjelaskan tentang jangkauan aktivitas yang dirancang untuk menjajaki dan mengevaluasi efektivitas  dari program komunikasi merupakan riset monitoring kerja.
C. Salah, riset  yang berupaya untuk menyediakan ekspresi yang dikuantifikasikan  merupakan riset kuantitatif menurut pembagian yang dikembangkan oleh Chris Fill (1995)
D. Salah, riset yang bekerja secara normal  untuk individual atau kelompok kecil, dan bertujuan mengeksplorasi kedalaman yang lebih tinggi tentang mengapa konsumen itu berpikir, merasa atau bertindak  melalui cara-cara tertentu. merupakan riset kualitatif menurut pembagian yang dikembangkan oleh Chris Fill (1995)

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 37
A. Salah, aspek  kekuatan sosial misalnya  demografi, usia, jumlah keluarga, sehingga kegiatan komunikasi pemasaran disesuikan dengan  kondisi demografi atau usia dsb. Baca kembali modul 6 Kb 1. SubB.
B. Salah, aspek kekuatan teknologi, misalnya penggunaan media elektronik mempengaruhi cara membuat pesan. Baca kembali modul 6 Kb 1 Sub B
C. Salah, aspek kekuatan ekonomi misalnya ketika   kondisi ekonomi yang senantiasa berubah maka pemasang iklan pun perlu menyesuaikan cara promosi produknya kepada konsumen. Baca kembali modul 6 Kb 1  Sub B
D. Betul aspek kekuatan musiman kegiatan komunikasi pemasaran disesuikan dengan  kondisi kebutuhan musiman.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 38
A. Belum lengkap, karena Griffin  mengemukakan  lima kekuatan kompetitif
B. Belum lengkap, karena Griffin  mengemukakan  lima kekuatan kompetitif
C. Belum lengkap, karena Griffin  mengemukakan  lima kekuatan kompetitif
D. Betul, karena Griffin  mengemukakan  lima kekuatan kompetitif

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 39
A. Betul, selamat lanjutkan ke soal berikutnya.
B. Salah, baca kembali modul halaman  6.65
C. Salah, baca kembali modul halaman  6.65
D. Salah, baca kembali modul halaman  6.65

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 40
A. Salah, ini pengertian dari recognized need
B. Salah, ini pengertian dari aware
C. Salah, ini pengertian dari favorable brand attitude
D. Betul, ini pengertian dari perform various behaviors

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 41
A. Tidak lengkap
B. Tidak lengkap
C. Tidak lengkap
D. Lengkap, sehingga keberadaan promosi dan strategi komunikasi pemasaran merupakan hal yang  tak terelakan bagi sebuah perusahaan yang benar-benar ingin berhasil dalam aktivitas bisnisnya.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 42
A. Salah, menurut Chris Fill (1995) “strategi komunikasi pemasaran itu memerlukan sasaran hasil dan persyaratan positioning perusahaan dan produknya yang dapat dicapai.”
B. Betul, Smith, Berry dan Pulford (1999)
C. Salah, menurut Govani, Eng dan Galper (1986) strategi komunikasi pemasaran itu meliputi empat kunci alat komunikasi, yaitu periklanan, promosi penjualan, penjualan dan public relations, ini merupakan komponen dari strategi komunikasi pemasaran
D. Salah Engel, Warshaw dan Kinnear (1994) menyebutkan integrasi, kontrol dan komunikasi tentang kebutuhan-atribut pemuasan/manfaat bagi konsumen merupakan komponen inti dari strategi komunikasi pemasaran.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 43
A. Betul
B. Salah, pelajari kembali modul 7 Kb. 2
C. Salah, pelajari kembali modul 7 Kb. 2
D. Salah, pelajari kembali modul 7 Kb. 2

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 44
A. Salah jawaban ini merupakan fungsi  informing,
B. Salah jawaban ini merupakan fungsi  persuading, 
C. Salah jawaban ini merupakan fungsi  reminding,
D. Betul  jawaban ini merupakan fungsi  adding value

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 45
A. Salah jawaban ini merupakan potongan kehidupan (slice of life).
B. Salah jawaban ini merupakan gaya hidup (lifestyle), 
C. Salah jawaban ini merupakan fantasi (fantasy), 
D. Betul, jawaban ini merupakan suasana atau citra (mood or image), 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 46
A. Betul
B. Salah, pelajari modul 8, Kb 1 tentang promosi penjualan.
C. Salah, pelajari modul 8, Kb 1 tentang promosi penjualan
D. Salah, pelajari modul 8, Kb 1 tentang promosi penjualan

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 47
A. Salah,  merupakan pengertian dari product releases
B. Salah,  merupakan pengertian dari executive-statement releases,
C. Betul.
D. Salah,  merupakan salah tujuan publisitas.

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 48
A. Betul
B. Salah, pelajari kembali modul 9 KB 1
C. Salah, pelajari kembali modul 9 KB 1
D. Salah, pelajari kembali modul 9 KB 1

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 49
A. Salah, pelajari kembali modul 9 KB 1 hal 9.21
B. Salah, pelajari kembali modul 9 KB 1 hal 9.21
C. Salah, pelajari kembali modul 9 KB 1 hal 9.21
D. Betul

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 50
A. Betul
B. Salah, pelajari kembali halaman  9.51
C. Salah, pelajari kembali halaman  9.51
D. Salah, pelajari kembali halaman  9.51





Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »