Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Wacana Bahasa Indonesia PBIN4216

4:59:00 pm
Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Wacana Bahasa Indonesia PBIN4216 Universitas Terbuka yang berisi 40 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Wacana Bahasa Indonesia PBIN4216. Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali.


Kunci Jawaban Soal Latihan No. 1
A. Benar, karena dalam teks pada opsi A kedua kalimat itu memiliki hubungan semantik yang ditunjukkan oleh hadirnya pronominal persona ia yang mengacu secara anaforis pada bentuk burung. 
B. Salah, karena pada opsi B, kedua kalimat tersebut tidak memiliki hubungan semantik. 
C. Salah, karena pada opsi C, kedua kalimat tersebut memang membentuk sebuah wacana tetapi kedua wacana tersebut tidak memiliki hubungan semantik. 
D. Salah, kedua kalimat yang terdapat dalam teks tersebut tidak dapat dikatakan sebuah wacana. Kedua kalimat tersebut berdiri sendiri-sendiri. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 2
A. Salah, karena puitik adalah fungsi bahasa yang bertumpu kepada pesan. Dan fungsi ini digunakan untuk menyampaikan amanat kepada seseorang. 
B. Salah, karena emotif adalah fungsi yang bertumpu pada penutur. Maksudnya adalah fungsi ini digunakan oleh penutur untuk mengungkapkan keadaan psikologinya, seperti sedih, senang, marah, ataupun kesal. 
C. Benar, karena konatif adalah fungsi bahasa yang bertumpu pada penutur yang digunakan semata-mata ditujukan kepada mitra tutur kita karena ia memperoleh penghargaan atas prestasi yang telah diraihnya. 
D. Salah, karana referensial adalah fungsi yang bertumpu pada konteks. Fungsi ini digunakan saat Anda membicarakan suatu topik tertentu. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 3
A. Benar, karena teks ini digunakan untuk menyampaikan amanat kepada seseorang 
B. Salah, karena teks tersebut bertujuan oleh penutur untuk mengungkapkan keadaan psikologinya, kesal. Ini adalah contoh fungsi emotif. 
C. Salah, karena teks ini digunakan penutur untuk membicarakan suatu topik tertentu. Bentuk teks ini adalah contoh fungsi referensial. 
D. Salah, karena teks ini merupakan contoh fungsi fatik yang digunakan untuk bertegur sapa tanpa ada keinginan untuk melakukan pembicaraan lebih lanjut. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 4
A. Benar, dari teks pada opsi A sudah mengisyaratkan bahwa antara penutur dan mitra tutur mengetahui tugas yang ditanyakan, meskipun tidak dijelaskan tugas apa. 
B. Salah, karena pada opsi B mitra tutur tidak mengetahui buku yang ditanyakan oleh penutur. Berarti konteks yang dibicarakan antara penutur dan mitra tuturnya berbeda. 
C. Salah, karena pada opsi C mitra tutur tidak mengetahui saran yang diberikan oleh penutur sehingga apa yang menjadi saran dari penutur tidak sampai pada mitra tuturnya. 
D. Salah, karena pada opsi D antara penutur dan mitra tutur tidak terdapat pembicaraan yang terikat secara kontekstual sebelumnya. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 5
A. Salah, karena koherensi merupakan hubungan antarproposisi dalam sebuah teks yang tidak selamanya diwujudkan dalam hubungan yang nyata 
B. Benar, dalam kohesi kalimat-kalimat yang membentuk wacana memiliki hubungan yang jelas/eksplisit 
C. Salah, topik merupakan pokok atau inti pembicaraan 
D. Salah, karena judul merupakan nama karangan/wacana 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 6
A. Benar, dalam teks tersebut terlihat adanya keutuhan yang ditunjukkan dengan proposisi yang dinyatakan dalam bentuk pemakaian dia yang mengacu pada Santi. Perkaitan itu juga dapat dilihat pada verba dibaca dan membaca yang mempunyai kesinambungan makna. 
B. Salah, dalam teks tersebut bukan kepaduan yang terlihat tetapi keutuhan, yang ditunjukkan dengan adanya proposisi dan verba yang mempunyai kesinambungan makna. 
C. Salah, kriteria kesatuan ditunjukkan dengan topik. Pada teks ini yang ditunjukkan secara eksplisit adalah keutuhannya. 
D. Salah, dalam membentuk sebuah wacana tidak ada kriteria kerapatan. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 7
A. Salah, jawaban pada opsi A bukan merupakan koteks tetapi merupakan teks yang mencakup semua jenis ekspresi komunikasi. 
B. Salah, jawaban pada opsi B merupakan teks, yang menjelaskan bahwa harap berhati-hati di sekitar tempat tulisan itu berada terdapat anjing galak. 
C. Benar, karena pernyataan Rika bertumpu pada pertanyaan Santi. Pernyataan Rika tidak dapat dipahami jika tanpa ada pertanyaan dari Santi. 
D. Salah, jawaban pada opsi D merupakan kalimat. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 8
A. Salah, karena opsi A mengacu pada instrumentalities 
B. Benar, keterangan pada opsi B mengacu pada genre 
C. Salah, karena pesan atau amanat yang ingin dicapai dalam tindak komunikasi mengacu pada act sequence 
D. Salah, karena tanggapan yang diharapkan oleh penutur mengacu pada end atau hasil 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 9
A. Salah, karena dalam elemen wacana tidak pernah membicarakan tentang adanya megastruktur 
B. Benar, karena opsi B merupakan elemen superstruktur yaitu skematik. 
C. Salah, karena elemen yang dibicarakan dalam srtuktur mikro adalah semantik, sintaksis, stilistika, dan retoris bukan skematik 
D. Salah, karena elemen struktur makro adalah tematik bukan skematik 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 10
A. Benar, karena tema yang mewadahi program atau tujuan apa yang hendak dicapai 
B. Salah, karena judul merupakan bagian kecil dari keseluruhan wacana yang sifatnya sangat spesifik dan informatif. 
C. Salah, karena topik ruang lingkupnya lebih luas dari tema. Topik merupakan gambaran umum. 
D. Salah, karena gagasan inti, ringkasan, atau yang dibicarakan dalam sebuah teks bukanlah subtopik tetapi tema. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 11
A. Salah, karena kejelasan menyangkut pada gagasan sentral, urutan kalimat, dan rincian-rincian tema yang baik. 
B. Salah, karena keutuhan atau kesatuan menyangkut semua bagian dalam wacana yang mengacu dan menuju pada gagasan utama (tema) yang baik. 
C. Salah, karena kesatuan atau keutuhan menyangkut semua bagian dalam wacana yang mengacu dan menuju pada gagasan utama (tema) yang baik. 
D. Benar, karena keaslian atau orisinalitas dimaknai sebagai kejujuran dalam mengungkapkan fakta-fakta, gagasan, dan pikiran dengan kemampuan sendiri. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 12
A. Salah, karena komentar merupakan merupakan subkategori dari story yang mengungkapkan isi berita secara keseluruhan 
B. Benar, karena pernyataan soal merupakan lead yang termasuk dalam elemen summary 
C. Salah, karena situasi merupakan subkategori story yang merupakan latar yang mendukung episode yang disajikan dalam peristiwa. 
D. Salah, karena pernyataan soal adalah lead yang merupakan elemen yang ada dalam summary dan bukan story 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 13
A. Salah, karena membuat pendengar santai dan senang bukanlah merupakan alasan objektif yang dimaksudkan dari teks tersebut. 
B. Benar, karena pendengar mempunyai kesempatan untuk mendapatkan terapi musik gratis dengan cara mendengarkan acara musik klasik di radio Sonora 
C. Salah, opsi A bukanlah alasan objektif dari teks tentang acara music klasik di radio Sonora 
D. Salah, karena maksud dari teks tersebut bukanlah sekedar menyiarkan music klasik saja tetapi ada tujuan lain. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 14
A. Benar, karena latar merupakan bagian yang mampu mempengaruhi makna secara semantik. 
B. Salah, karena elemen detil berhubungan dengan banyaknya informasi yang ingin disampaikan penulis kepada khalayak. 
C. Salah, karena elemen maksud digunakan sebagai alat untuk menyembunyikan suatu fenomena tertentu dengan memanfaatkan bahasa 
D. Salah, karena praanggapan sering juga disebut sebagai presuposisi yang dapat ditafsirkan sebagai bahan rujukan, anggapan dasar, atau penyimpulan dasar mengenai konteks dan situasi berbahasa yang membuat bentuk bahasa menjadi bermakna bagi pendengar atau pembicara. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 15
A. Salah, karena opsi ini menjelaskan tentang praanggapan. Dalam kalimat itu mengandung kesimpulan dasar yang dianggap sebagai pengetahuan bersama antara pembicara dan pendengar, yaitu bahwa hanya anak laki-lakilah yang disunat. 
B. Benar, karena pada opsi ini informasi yang diberikan dibeberkan dengan jelas dan rinci mencakup, Acara ini dimeriahkan dengan berbagai atraksi, seperti peragaan bela diri dan defile pasukan. 
C. Salah, karena opsi ini menjelaskan latar artinya informasi yang dimaksud berhubungan dengan segala sesuatu yang melatarbelakanginya. Dalam pernyataan itu adalah informasi tentang Varian sedan ini menyusul saudaranya yakni Mazda2 versi Hatchback yang terlebih dulu hadir di Indonesia. 
D. Salah, karena opsi ini menjelaskan latar artinya informasi yang dimaksud berhubungan dengan segala sesuatu yang melatarbelakanginya, seperti Akibatnya, sejumlah penerbangan di negara-negara Eropa ditunda lantaran semburan abu tersebut dikhawatirkan mengganggu jalannya penerbangan. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 16
A. Salah, karena paralelisme merupakan aspek gramatikal keutuhan wacana 
B. Salah, karena konjungsi merupakan aspek gramatikal keutuhan wacana 
C. Benar, kolokasi adalah salah satu aspek leksikal keutuhan wacana 
D. Salah, karena elipsis merupakan aspek yang terdapat dalam kohesi gramatikal 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 17
A. Salah, karena substitusi merupakan cakupan kohesi gramatikal 
B. Salah, karena konjungsi merupakan cakupan kohesi gramatikal 
C. Salah, karena referensi merupakan cakupan kohesi gramatikal 
D. Benar, karena reiterasi bukan merupakan cakup kohesi gramatikal tetapi cakupan kohesi leksikal 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 18
A. Salah, karena pada opsi A tidak ada kasus pengacuan baik secara anaforis maupun kataforis. 
B. Benar, karena pada opsi B terdapat penggunaan pronominal nya pada manusianya, ia, dan -nya pada di sekitarnya, yang mengacu pada Google yang telah disebut sebelumnya. 
C. Salah, karena opsi C tidak ada pengacuan yang terlihat dalam teks ini, baik anaforis maupun kataforis. 
D. Salah, karena opsi D tidak ada pengacuan yang terlihat dalam teks ini, baik anaforis maupun kataforis 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 19
A. Benar, karena pronomina persona Ia pada kalimat pertama dan kedua secara kataforis mengacu pada nama diri Obama yang disebut kemudian. 
B. Salah, karena pronomina persona ia mengacu pada nama Suzie Sudarman yang telah disebut sebelumnya sebagai pengacuan anaforis. 
C. Salah, karena pronomina persona ia dan nya mengacu pada nama Obama yang telah disebut sebelumnya sebagai pengacuan anaforis. 
D. Salah, karena mereka mengacu pada kaum kulit berwarna yang telah disebut sebelumnya sebagai pengacuan anaforis. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 20
A. Salah, karena konjungsi padahal menghubungkan dua klausa yang sama penting. 
B. Salah, karena konjungsi baik.maupun menghubungkan dua bagian yang dipisahkan oleh kata Pak Anwar. 
C. Benar, karena konjungsi seandainya menghubungkan dua klausa yang tidak memiliki status sintaksis yang sama. Salah satu klausanya merupakan anak kalimat. 
D. Salah, karena konjungsi biarpun begitu menghubungkan kalimat yang satu dengan kalimat yang lain. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 21
A. Benar, karena dalam teks ini terdapat frasa aksi ini yang menunjukkan substitusi dari frasa gerakan-gerakan sosial pada kalimat sebelumnya. 
B. Salah, karena dalam teks ini tidak terdapat substitusi. Dalam teks tersebut ada kata warga tetapi kata tersebut tidak disubstitusi. 
C. Salah, karena dalam teks ini tidak terdapat substitusi. Dalam teks tersebut ada frasa pola interaksi semacam ini tetapi frasa tersebut tidak ada acuannya dalam teks tersebut. 
D. Salah, karena dalam teks ini tidak terdapat substitusi. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 22
A. Salah, karena pada opsi A tidak ada subjek ataupun predikat yang dielipsis 
B. Salah, karena pada opsi B juga tidak terlihat adanya ellipsis pada bagian subjek maupun predikat 
C. Benar, karena pada kalimat kedua pada teks opsi C terjadi ellipsis subjek. Jika kalimat kedua akan dikembalikan maka akan berbunyi Saya mengetes seberapa kuat dengkul. 
D. Salah, karena pada opsi D tidak ada bagian yang dielipsiskan. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 23
A. Salah, karena dalam teks pada opsi A pemarkah kohesi yang terlihat adalah pada kata sumbangan. Berarti pemarkah tersebut menunjukkan pengulangan bukan sinonim. 
B. Benar, karena kata facebook, twitter, dan televisi merupakan hiponim dari media massa. 
C. Salah, karena dalam opsi C kata mereka bersininim dengan kata para penggagas kion Prita, sehingga pemarkah kohesi yang ada menunjukkan pada pemarkah sinonim. 
D. Salah, karena dalam opsi D tidak terdapat pemarkah kohesi leksikal. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 24
A. Benar, teks dalam opsi A merupakan bentuk koherensi praanggapan karena antara penutur dan petutur mempunyai pengetahuan yang sama sehingga apa yang dibicarakan tidak perlu dieksplitiskan semua. Jadi Amir menganggap Tono mengetahui tentang Santo sebelumnya, begitu pula dengan Tono menganggap Amir sudah mengetahui tentang Santo sebelumnya. 
B. Salah, teks pada opsi B merupakan contoh implikatur, karena apa yang diucapkan mengacu pada sesuatu yang diimplikasikan oleh sebuah tuturan yang tidak dinyatakan secara eksplisit. 
C. Salah, teks pada opsi C menggunakan piranti kohesi untuk membentuk teks yang koheren. Hal tersebut ditunjukkan dengan klitika nya yang mengacu pada anaforis pada diri Obama dan mereka yang mengacu pada orang Amerika. 
D. Salah, karena teks pada opsi D merupakan contoh koherensi referensi. Hal tersebut ditunjukkan dengan ungkapan penutur yang sebenarnya ingin minta tolong pada kawannya agar mengumpulkan buku yang akan mereka gunakan nanti sore. Maksud penutur tidak diungkapkan secara eksplisit, tetapi kita dapat menarik infferensi dari pernyataan penutur yang mengarah pada permohonan bantuan pada temannya. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 25
A. Salah, karena bisa saja kita berasumsi bahwa orang lain dilarang beraktivitas di sekitar rumah tersebut. Jadi pernyataan tersebut A. Benar, tetapi pernyataan soal meminta kecuali. 
B. Salah, asumsi teks pada opsi B bisa saja seperti itu. Pernyataan tersebut A. Benar, karena yang diminta adalah kecuali sehingga jawabannya adalah salah. 
C. Salah, kita bisa saja mengasumsikan bahwa pemilik rumah tidak ingin anak-anak bermain atau melakukan aktivitas di sekitar rumah tersebut. Karena pernyataan tersebut benar maka jawabannya adalah salah karena yang diminta adalah kecuali. 
D. Benar, pernyataan tersebut salah karena tidak ada hubungan mengganggu penghuni rumah dengan anjing galak. Karena yang diminta adalah kecuali, maka jawaban soal ini adalah benar. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 26
A. Salah, sebenarnya Ayah meminta Tono untuk belajar, bukan seperti yang diujarkan oleh ayah. Karena implikatur merupakan ujaran yang menyiratkan sesuatu yang berbeda dengan yang sebenarnya diucapkan. 
B. Benar, karena implikatur merupakan ujaran yang menyiratkan sesuatu yang berbeda dengan yang sebenarnya diucapkan sehingga pernyataan pada opsi B benar 
C. Salah, karena pernyataan ayah tidak ada hubungannya dengan pernyataan pada opsi C 
D. Salah, karena implikatur merupakan ujaran yang menyiratkan sesuatu yang berbeda dengan yang sebenarnya diucapkan sehingga pernyataan pada opsi D salah. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 27
A. Salah, karena maksud dari teks tersebut adalah Ibu tidak dapat mengambilkan rapor Tini karena hendak ke Banjarmasin 
B. Salah, karena bukan opsi B yang dimaksud dengan kesimpulan dari dialog tersebut. Kesimpulannya adalah Ibu Tini tidak dapat mengambilkan rapor Tini karena harus ke Banjarmasin 
C. Benar, maksud dari dialog tersebut bahwa Ibu tini tidak dapat mengambil rapor Tini. Tanpa dijelaskan Tini sudah tahu Ibunya tidak dapat ke sekolahnya karena akan pergi tugas dinas. 
D. Salah, karena bukan pernyataan pada opsi D sebagai kesimpulan dari dialog tersebut. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 28
A. Benar, bentuk tuan dalam tuturan Tuan ingin minuman dingin atau hangat? menunjukkan bahwa mitra tutur kedudukannya lebih tinggi dibanding dengan penutur. 
B. Salah, karena bentuk tuan tidak menunjukkan penanda deiksis persona karena bentuk tuan tersebut tidak ada acuannya dari bentuk yang lain. 
C. Salah, karena tuturan tersebut bukanlah wacana jadi bentuk tuan tersebut tidak mengacu pada bentuk pada tuturan lainnya 
D. Salah, salah karena tidak ada jenis atau bentuk deiksis penutur 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 29
A. Salah, karena bentuk itu bukan menunjuk pada jenis deiksis waktu tetapi jenis deiksis wacana 
B. Salah, bentuk itu pada kalimat kedua mengacu pada abu vulkanik bukan pada suatu tempat sehingga jenis deiksisnya adalah deiksis wacana 
C. Salah, bentuk itu pada kalimat kedua tidak mengacu pada ungkapan perbedaan peran social antara pembicara dan lawan bicara. 
D. Benar, jenis deiksis ini adalah deiksis wacana karena bentuk itu merujuk pada bagian wacana yang telah dijelaskan/diinformasikan sebelumnya. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 30
A. Salah, karena penggunaan konjungsi dalam wacana lisan lebih sedikit dibandingkan pada wacana tulis. 
B. Benar, kalimat dalam wacana lisan kurang terstruktur dibandingkan dengan kalimat yang terdapat dalam wacana tulis 
C. Salah, karena yang menggunakan pola subjek-predikat adalah wacana tulis, sedangkan wacana lisan menggunakan pola topik-komen 
D. Salah, wacana lisan cenderung menggunakan kosakata umum, sedangkan wacana tulis menggunakan kosakata istilah 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 31
A. Benar, kalimat tersebut tidak cocok untuk wacana lisan karena menggunakan kosakata istilah seperti, komposisi, proporsional. 
B. Salah, karena kalimat tersebut berpola subjek-predikat bukan berpola topik-komen yang cocok untuk wacana lisan 
C. Salah, sedikit konjungsi adalah ciri wacana lisan tetapi cirri ini tidak sesuai dengan bentuk kalimatnya yang menggunakan kosakata istilah bukan umum 
D. Salah, dalam kalimat ini yang lebih menonjol adalah penggunaan kosakata istilah dibandingkan cirri tentang frasa benda yang panjang 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 32
A. Salah, karena kalimat pendek bukanlah ukuran untuk menentukan wacana tersebut tulis atau lisan 
B. Salah, karena hanya ada sebuah frasa benda bukan banyak 
C. Benar, kosakata yang digunakan adalah kosakata istilah yaitu modus operandi 
D. Salah, tidak ada konjungsi yang digunakan dalam kalimat ini 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 33
A. Salah, jelas opsi A adalah bukan monolog karena tidak dilakukan oleh satu orang tetapi terjadi interaksi dalam percakapan tersebut 
B. Salah, dalam wacana tersebut melibatkan lebih dari dua orang sehingga wacana lisan tersebut disebut polilog 
C. Salah, karena epilog merupakan bagian penutup pada karya sastra yang berfungsi untuk menyampaikan intisari atau menafsirkan maksud karya tersebut 
D. Benar, wacana tersebut melibatkan empat orang dalam berkomunikasi dan semua peserta memiliki hak yang sama secara bergilir menjadi penutur dan mitra tutur 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 34
A. Salah, jelas bahwa ragam tersebut adalah ragam argumentasi karena penulis berusaha untuk menampilkan data berdasarkan survei yang dilakukan. 
B. Salah, karena ragam tersebut ingin menggambarkan selentingan tentang Jebris. Berarti ragam pada opsi B adalah deskripsi. 
C. Salah, raga mini berusaha untuk mempengaruhi pembaca atau mitra tutur untuk melakukan tindakan sesuai dengan yang diharapkan oleh penutur ataupun penulis. Ragam wacana pada opsi C adalah ragam persuasi. 
D. Benar, ragam ini berusaha untuk menginformasikan tentang pembangunan Pullman Bali Legian Nirwana. Oleh sebab itu, ragam ini adalah ragam eksposisi. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 35
A. Benar, wacana ini ingin memberikan gambaran tentang jalan yang membelah perbukitan yang biasa dilewati Kasdu. 
B. Salah, wacana tersebut bukan ragam eksposisi yang bertujuan menginformasikan tetapi ragam wacana ini adalah ingin memberikan gambaran tentang jalan yang membelah bukit yang dilalui Kasdu. 
C. Salah, ragam wacana persuasi adalah ragam wacana yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca atau pendengarnya. Wacana tersebut tidak berusaha untuk mempengaruhi tetapi berusaha menggambarkan jalan yang dilewati oleh Kasdu, berarti ragam wacana tersebut adalah ragam wacana deskripsi 
D. Salah, wacana ragam narasi adalah karangan yang menyajikan sebuah kejadian atau kisah yang disusun berdasarkan urutan waktu. Sementara itu, karangan/wacana tersebut menggambarkan jalan yang dilalui Kasdu, berarti ragam deskripsi 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 36
A. Benar, karena salah satu prinsip dasar analisis wacana adalah bersifat empiris maksudnya berasal dari penggunaan bahasa dalam masyarakat tutur. 
B. Salah, karena konteks bukan prinsip dasar analisis wacana tetapi salah satu karakteristik analisis wacana kritis. 
C. Salah, karena tindakan bukan prinsip dasar analisis wacana tetapi salah satu karakteristik analisis wacana kritis 
D. Salah, karena kekuasaan bukan prinsip dasar analisis wacana tetapi salah satu karakteristik analisis wacana kritis 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 37
A. Benar, karena metode pragmalinguistik menganalisis bahasa dari sisi eksternal, maksudnya menekankan penggunaan bahasa sesuai dengan konteks yang melingkupinya. 
B. Salah, metode konten analisis digunakan untuk menganalisis isi wacana, artinya menyusun interpretasi untuk membuat inferensi dari isi dan maksud wacana, bukan untuk menekankan penggunaan bahasa sesuai dengan konteksnya. 
C. Salah, metode distribusional bertujuan untuk menganalisis wacana secara internal, maksudnya menganalisis tataran kata maupun kalimat, bukan untuk menekankan penggunaan bahasa sesuai dengan konteksnya. 
D. Salah, metode deskriptif bertujuan untuk memerikan, menggambarkan, menguraikan, dan menjelaskan fenomena objek penelitian bukan untuk menekankan penggunaan bahasa sesuai dengan konteksnya. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 38
A. Benar, opsi A sebagai contoh dari prinsip penafsiran temporal. Hal tersebut ditunjukkan dengan kata hari ini yang berkaitan dengan pemahaman mengenai waktu. 
B. Salah, opsi b bukan prinsip penafsiran temporal tetapi prinsip penafsiran lokasional. Hal tersebut ditunjukkan dengan frasa di depan pintu ini yang berkaitan dengan lokasi. 
C. Salah, opsi C merupakan contoh penafsiran personal yang berkaitan dengan siapa sesungguhnya yang menjadi partisipan dalam suatu wacana. 
D. Salah, opsi D merupakan contoh dari metode analisis wacana pragmalinguistik. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 39
A. Salah, karena opsi A merupakan contoh prinsip penafsiran lokal personal. 
B. Benar, opsi B menunjukkan bahwa orang-orang yang berada dekat dengan tulisan Awas anjing galak dituntut untuk memahami makna dan dapat mengidentifikasikan, dan menafsirkan maksud dari tulisan tersebut. 
C. Salah, karena opsi C merupakan contoh prinsip penafsiran lokal temporal 
D. Salah, karena opsi D merupakan contoh prinsip penafsiran lokal lokasional 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 40
A. Salah, penggalan tersebut bukan membicarakan pasokan listrik yang dapat teratasi tetapi ingin membicarakan bahwa kita perlu berhemat listrik hingga tiga bulan ke depan. 
B. Benar, penggalan ini memang akan membicarakan tentang perlunya berhemat listrik hingga tiga bulan ke depan. 
C. Salah, bukan menjelaskan sejumlah industri yang terganggu akibat listrik tetapi perlunya berhemat listrik sampai dengan tiga bulan ke depan. 
D. Salah, karena yang dibicarakan bukan mengenai listrik yang menimbulkan pemadaman. 


Sumber latihan mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »