Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Pengajaran Apresiasi Sastra PBIN4219 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 50 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Pengajaran Apresiasi Sastra PBIN4219 Universitas Terbuka, jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Selamat Mengerjakan.
Soal Pilihan Ganda
Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!
1. Kegiatan mengakrabi karya sastra secara sungguh-sungguh sehingga terjadi proses pengenalan,pemahaman, penghayatan, penikmatan, dan penerapan adalah pengertian dari
A. sastra
B. karya sastra
C. apresiasi sastra
D. kegiatan kreatif
2. Ekspresi sastra adalah karya sastra yang dihasilkan melalui imajinasi seseorang, sedangkan apresiasi sastra adalah .
A. Membaca karya sastra sampai dapat menyimpulkan kandungan isi karya sastra
B. Menulis karya sastra untuk dibaca seseorang
C. Menganalisis sastra agar dapat memahami isinya
D. kegiatan menggauli karya sastra(hasil ekspresi sastra) secara sungguh-sungguh sehingga terjadi proses pengenalan, pemahaman, penghayatan, penikmatan, dan penerapan
3. Tujuan pembelajaran apresiasi sastra adalah agar siswa dapat .
A. menghasilkan karya sastra bermutu
B. menulis karya sastra sehingga memperluas pengetahuan penulis dan membantu pengetahuan pembaca
C. menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
D. menjadi sastrawan yang dapat menghasilkan berbagai jenis karya sastra
4. Melalui pem belajaran apresiasi sastra siswa akan memiliki kemampuan lengkap baik pengetahuan maupun kekayaan batin karena fungsi pem belajaran apresiasi sastra adalah sebagai berikut kecuali... .
A. menjadi penelaah karya sastra
B. melatih keempat kemampuan berbahasa
C. meningkatkan wawasan kehidupan
D. membantu pembentukan watak
5. Kegiatan yang memperlihatkan keterkaitan antara pembelajaran sastra dengan menyimak adalah .
A. Guru memperdengarkan naskah pidato
B. Guru meminta siswa membaca puisi di muka kelas
C. Guru memperdengarkan casset pembacaan cerpen kepada siswa
D. Siswa menuliskan hasil diskusi mengenai tema cerita
6. Dinda biasa mendengarkan puisi-puisi karya pemirsa lain di radio kesayangannya. Kebiasaan Dinda tersebut mencerminkan adanya kaitan erat antara pembelajaran sastra dengan keterampilan .
A. menyimak
B. membaca
C. menulis
D. berbicara
7. Dalam suatu pembelajaran sastra guru berujar:Anak-anak, bacalah teks drama yang ada pada kalian selama 20 menit, setelah itu jawablah pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan. Pembelajaran tersebut menunjukkan keterkaitan pembelajaran sastra dengan keterampilan ... .
A. menulis
B. menyimak
C. membaca
D. berbicara
8. Kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menyimak adalah .
A. siswa sering diminta bercerita
B. siswa sering diminta menuliskan apa yang dibacanya
C. siswa sering diminta mencatat hal-hal yang didengarnya
D. siswa seing diminta menceritakan hal-hal yang dilihatnya
9. Bu Arini selalu memulai pembelajaran bahasa Indonesia dengan cara memperdengarkan atau menyuruh siswa membaca karya sastra sebagai bahan pengait dengan pembelajaran yang akan disajikan. Cara tersebut menunjukkan upaya guru dalam .
A. meningkatkan keterampilan berbahasa melalui pembelajaran sastra
B. mendorong siswa mengetahui isi sastra
C. memperkenalkan siswa pada karya sastra
D. mengajak siswa mengerti tentang sastra
10. Sebagai penjaga surau , kakek tidak mendapatkan apa-apa. Ia hidup dari sedekah yang dipungutnya sekali sejumat. Sekali enam bulan ia mendapat seperempat dari hasil pemunggahan ikan mas dari kolam itu. Dan sekali setahun orang-orang memanggilnya mengantarkan fitrah Id kepadanya . Tapi sebagai garin ia tak begitu terkenal.
Nilai budaya yang dapat ditangkap dari cuplikan prosa di atas adalah .
A. banyaknya pemberian orang kampung terhadap Garin
B. bagaimana budaya setempat dalam memperlakukan Garin
C. Garin di desa tersebut banyak mendapatkan penghasilan
D. di mana-mana Garin selalu bernasib sama
11. Salah satu judul karya sastra berikut berhubungan dengan sejarah .
A. Tuhanku
B. Salju
C. Melati Dari Jaya Giri
D. Karangan Bunga
12. Novel berjudul Laskar Pelangi karya Andrea Herata sangat menginspirasi pembaca karena .
A. menonjolkan kehidupan rakyat kecil yang berada di sekitar perusahaan besar
B. berisikan kisah kaum miskin di Pulau Belitong
C. mengisahkan seorang guru yang berhasil membentuk pribadi-pribadi haus ilmu sampai dinamai Laskar Pelangi
D. mengisahkan sekelompok kaum mayoritas yang tertindas oleh kaum minoritas
13. Setelah sebelumnya siswa diberi tugas membaca, pada pertemuan berikutnya guru memberikan pertanyaan yang salah satunya berbunyi Jika kamu sebagai Andrea Herata bagaimana cara kamu menghadirkan tokoh lintang dalam menghadapi kehidupannya? Kegiatan guru tersebut menerapkan teori Gordon tahap .
A. masukan informasi
B. analogi langsung
C. analogi personal
D. konflik kempaan
14. Guru menceritakan sedikit perjuangan Bu Halimah dan siswa-siswanya pada awal berdiri SD Muhamaddiyah, kemudian melalui diskusi siswa diminta menjawab pertanyaan berturut-turut Bagaimana jika kamu menjadi Andrea Herata menceritakan cerita tersebut? Bagaimana jika kamu yang menjadi tokoh Ikal ketika mendapatkan hukuman membeli kapur ke pulau lain? Setujukah kamu dengan cara yang Andrea Herata mengatasi masalah Lintang memutuskan berhenti sekolah?
Cerita tersebut menunjukkan contoh .
A. langkah 1 pada Langkah Dasar Gordon 1
B. langkah 1 dan 2 pada Langkah Dasar Gordon 1
C. Langkah Dasar Gordon kedua
D. langkah 1 dan 2 pada Langkah Dasar Gordon 2
15. Prinsip ganda karya sastra adalah bahwa karya sastra sebagai .
A. karya dan sebagai bahan yang harus diajarkan
B. karya indah dan bermutu
C. pengalaman dan sastra sebagai bahasa
D. bagian dari karya masyarakat dan perlu dikembangkan
16. Guru memperdengarkan kaset berisi pembacaan puisi berjudul Tuhanku karya Chairil Anwar. Siswa diminta membacanya secara rampak(bergantian berlainan baris). Siswa diminta menjelaskan maksud beberapa kata yang terdapat pada puisi secara berkelompok, dan menemukan kesan umum, kesan khusus, dan kesan umum setelah menyeleksi dari beberapa kesan khusus dari tiap kelompok.
Kegiatan guru tersebut menerapkan teori Moody, .
A. pelacakan pendahuluan dan penentuan sikap praktis
B. introduksi dan penyajian
C. dari tahap pertama sampai tahap keenam
D. tahap penyajian, dan diskusi
17. Setelah menempelkan chart bertuliskan puisi berjudul Bimbi, karya Titik Puspa, guru menceritakan sedikit bagaimana wajah serupa bimbi, memelas pucat pasi,menanti di jalan sepi, kemudian siswa masing-masing diminta menuliskan kesan tentang puisi tersebut. Bersama siswa guru mencoreti pernyataan yang tidak relevan dengan maksud puisi, lalu dengan melempar beberapa pertanyaan untuk memperkuat pernyataan siswa.
Kegiatan tersebut penyajian pembelajaran appresiasi sastra model ... .
A. Schuman
B. Moody
C. Gordon
D. rangkuman teori Schuman
18. Diksi, struktur kalimat, dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai adalah pertimbangan dalam memilih bahan pembelajaran sastra dari sudut .
A. budaya
B. pembaca
C. keindahan
D. bahasa
19. Pemilihan materi pembelajaran sastra untuk pembelajaran bahasa, sangat berhubungan dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai sebab .
A. dengan sastra pembelajaran menjadi menarik
B. sastra yang digunakan dalam pembelajaran bahasa berfungsi sebagai media pembelajaran
C. dengan sastra siswa akan terbiasa menggunakan bahasa yang indah seperti sastra
D. karya sastra berisi tentang kehidupan yang sarat dengan keindahan
20. Pemilihan materi pembelajaran sastra harus mempertimbangkan sudut psikologi karena .
A. isi sastra berhubungan dengan kejiwaan(psikologi) manusia
B. tahapan perkembangan psikologis manusia itu berbeda-beda
C. sastra dibuat oleh manusia yang memungkinkan psikologis pengarung berpengaruh
D. sastra berisi konflik yang terjadi dalam kehidupan manusia
21. Pada umumnya siswa usia siswa SMP berkisar antara 13, 14, 15 tahun. Untuk kelompok usia tersebut sastra yang sesuai adalah bersifat .
A. khayalan
B. romantik
C. realistik
D. generalisasi
22. Berikut ini adalah hal-hal yang dipertimbangkan dalam pemilihan materi pembelajaran sastra berdasarkan latar belakang budaya, kecuali .
A. lokasi yang diceritakan
B. kepercayaan
C. kesenian dan adat istiadat
D. mata pencaharian
23. Pada novel Laskar Pelangi karangan Andrea Herata mengisahkan perjuangan hidup anak-anak kuli PN Timah yang dikontradiksikan dengan kemegahan para pejabat. Aspek budaya yang melatarbelaknginya adalah .
A. kesenian
B. kepercayaan
C. adat istiadat
D. mata pencaharian
24. Pembelajaran sastra menurut Gordon terdiri atas dua langkah dasar yang masing-masingnya terdiri atas beberapa tahapan. Tahapan yang kedua dari Langkah Dasar pertama adalah .
A. masukan informasi
B. pengembangan konsep
C. pemfokusan kembali
D. analogi
25. Anak-anak, hari ini kita akan membahas puisi. Perhatikan puisi di depan, bagaimana awalnya penyair menemukan keyakinannya kepada Tuhan setelah lama menjauh. Pengalamn religi tersebut dituliskan dalam kalimat di pintumu aku mengetuk aku tak bisa berpaling. Pengembaraannya mencari Tuhan dituliskan dalam puisi berjudul Tuhanku. Nah cobalah kalian diskusikan melalui kelompok untuk mendapatkan pemahaman melalui pertanyaan yang ibu berikan berikut ini.
Kegiatan guru tersebut menunjukkan penerapan teori Gordon Langkah Dasar 1 tahap ... .
A. masukan informasi
B. pengembangan konsep
C. pemfokusan kembali
D. analogi
26. Guru menyajikan puisi berjudul Bimbi Karya lagu Titik Puspa.Setelah mereka menemukan makna hakiki tentang puisi tersebut melalui diskusi guru member pertanyaan, Bagaimana kitab suci kita menyatakan tentang larangan orang seperti Bimbi? Bagaimana juga menurut hadist? Apa peribahasa yang menyatakan tentang akibat hidup yang diperankan Bimbi?.
Kegiatan guru tersebut sedang menerapkan .
A. masukan informasi
B. pengembangan konsep
C. pemfokusan kembali
D. analogi
27. Pada pelaksanaan pembelajaran apresiasi puisi, guru memberikan format penilaian kepada tiap kelompok. Format tersebut dimaksudkan agar tiap kelompok menilai kelompok lain yang sedang mempresentasikan hasil diskusinya.
Menurut teori Gordon kegiatan tersebut merupakan .
A. penilaian pembelajaran apresiasi sastra menurut Gordon
B. kegiatan melatih siswa dalam menilai karya sastra
C. upaya guru agar tugasnya menjadi lebih ringan
D. bagian dari proses pembelajaran apresiasi sastra
28. Tahapan pembelajaran apresiasi menurut teori Moody adalah
A. masukan informasi, analogi, dan pemfokusan kembali
B. pengembangan konsep, analogi teknik kempaan, pertanyaan tugas analogi.
C. pelacakan pendahuluan , introduksi, penyajian, diskusi, penentuan sikap praktis, dan pengukuhan
D. penyajian masalah , hipotesis dan pengumpulan data, dan pengakhiran
29. Bu Ita akan mengajar puisi kepahlawanan di kelas 8 besok. Malam ini dia menemukan tiga puisi tentang alam karya Ramadhan KH, Apip Mustofa, dan MH Ainun Najib. Bu Ita membandingkan unsur-unsur intrinsik seperti amanat, tema, nada dan perasaan, di samping juga menganalisis metode puisi seperti diksi, majas, pengimajinasian, tipografi dan sebagainya dari ketiga puisi tersebut agar siswa dapat mudah memahami pada saat Bu ita mengajarkan puisi tersebut.
Kegiatan Bu Ita tersebut menerapkan .
A. diskusi
B. introduksi
C. Penentuan sikap praktis
D. pelacakan pendahuluan
30. Setelah puas membandingan beberapa puisi akhirnya Bu Ita memutuskan akan memilih puisi Salju karya Ramadhan KH karena dari sisi pengimajian dan nada lebih baik.
Yang dilakukan guru tersebut adalah langkah .
A. diskusi
B. Penentuan sikap praktis
C. introduksi
D. pelacakan pendahuluan
31. Menurut Moody, guru harus melakukan hal-hal berikut pada tahap penyajian yaitu
A. mencari data tentang bahan puisi yang akan disajikan
B. mengumpulkan bahan puisi yang sesuai untuk siswa
C. menyimpulkan amanat puisi berdasarkan pernyataan siswa
D. guru membaca puisi lalu meminta siswa membacakannya kembali
32. Pertanyaan berikut tepat dilakukan pada kegiatan pembelajaran apresiasi puisi berdasarkan teori Moody tahap diskusi .
A. Apa tema puisi tersebut?
B. Apa maksud Chairil Anwar menuliskan Ajal bertahta, sambil berkata, Tunjukkan perahu ke pangkuanku saja!
C. Setujukah kamu dengan yang dikatakan Chairil pada puisi tersebut?
D. Siapa pencipta puisi Cintaku Jauh Di Pulau?
33. Berikut ini tahapan pembelajaran apresiasi puisi menurut Teori Schuman kecuali ...
A. Identifikasi masalah
B. Hipotesis kemungkinan pemecahan masalah
C. Penentuan sikap praktis
D. Pengumpulan data untuk mengetahui hipotesis
34. Anak-anak, puisi Bimbi karya Titik Puspa ini terlahir karena pertemuannya dengan seseorang yang begitu berkesan pada hatinya, ketika si pencerita menceritakan siapa dirinya di masa lalu. Perhatikan susunan kataWajah serupa Bimbi, memelas pucat pasi, merintih di jalan sepi.Kalian dapat membaca dan menganalisis puisi ini selanjutnya untuk mengetahui lebih jauh bagaimana keadaan Bimbi. Kegiatan guru tersebut menggambarkan penerapan teori Schuman tahap ... .
A. Identifikasi masalah
B. penyajian masalah
C. pengakhiran
D. pengumpulan data untuk mengetahui hipotesis
35. Anak-anak, tuliskan kesan umum tentang puisi Bimbi, pada papan tulis oleh masing-masing perwakilan kelompok!
Kegiatan yang dilakukan guru adalah penerapan model Schuman tahap ... .
A. perumusan hipotesis dan pengumpulan data
B. penyajian masalah
C. pengakhiran
D. identifikasi masalah
36. Dalam pembelajaran apresiasi cerkan guru mengawali pembelajaran tersebut dengan memberikan pertanyaan Apa amanat yang ingin disampaikan pengarang dalam cerita Ketika Cinta Bertasbih ? Pertanyaan tersebut di dalam teori Gordon adalah penerapan tahap ... .
A. masukan informasi
B. pemfokusan kembali
C. Analogi 1
D. konflik kempaan
37. Di kelas pembelajaran apresiasi sastra, guru bertanya Mengapa Andrea Herata menciptakan tokoh Lintang? Setujukah kamu dengan keputusan Lintang keluar dari sekolah demi adik-adiknya? Apa yang seharusnya dilakukan Lintang dalam menghadapi masalah hidupnya?
Pertanyaan tersebut merupakan penerapan pembelajaran apresiasi sastra tahap .
A. analogi personal
B. pemfokusan kembali
C. analogi langsung
D. konflik kempaan
38. Pada tahap pelacakan pendahuluan yang dilakukan guru adalah .
A. mempelajari cerkan dari sisi isi dan cara menyajikan(pembelajarnnya) agar materi cerkan yang disajikan mudah dipahami oleh siswa
B. menyerahkan kepada siswa agar memilih cerkan yang akan mereka pelajari
C. memberikan pengarahan kepada siswa untuk mencari cerkan yang masing-masing dimiliki
D. menanyai siswa tentang karya sastra yang pernah mereka pelajari
39. Guru memilih dua cerpen, lalu dipelajarinya dari sisi unsur-unsur intrinsik keduanya dan dari kekuatan amanat dan bahasa yang diguanaknnya, kemudian dia memutuskan untuk memilih cerpen berjudu Bola Lampu karya Asrul Sani. Kemudian guru mempelajari unsur ekstrinsiknya untuk memotivasi siswa pada awal penyajian yang diperkirakan selama dua jam pelajaran. Untuk memudahkan guru mengkopi cerpen tersebut banyak jumlah siswa.
Yang dilakukan guru tersebut di dalam teori Moody adalah penerapan tahap .
A. pelacakan pendahuluan penentuan sikap praktis, introduksi
B. pelacakan pendahuluan penentuan sikap praktis
C. introduksi, diskusi
D. introduksi, penyajian, diskusi
40. Pada akhir pembelajaran, guru menginginkan siswa lebih menghayati adat istiadat yang terdapat dalam cerpen berjudul Upacara Larung yang telah mereka pelajari, dengan menyuruh siswa menuliskan upacara yang ada di lingkungan desanya.
Kegiatan guru tersebut menurut teori Moody melakukan kegiatan .
A. penyajian
B. diskusi
C. pengukuhan
D. introduksi
41. Shcuman menyarankan secara garis besar di dalam mengajarkan apresiasi sastra melakukan tiga langkah yaitu .
A. analogi, personal, analogi langsung, dan konflik kempaan
B. penyajian maA. Salah, perumusan hipotesis dan pengumpulan data, dan pengakhiran
C. penyajian, diskusi, dan pengukuhan
D. pelacakan pendahuluan, penentuan sikap praktis, dan introduksi
42. Anak-anak, Ahmad Fuadi adalah alumni pesantren putra dari Gontor yang akrab dengan berbagai hukuman dan dukungan para teman yang berhasil mengantarkan mereka kuliah di luar negri. Cerita berjudul Negri Lima Menara telah mengajarkan kepada banyak orang bagaimana hidup di pesantren yang rata-rata siswanya berhasil kuliah dengan beasiswa di luar negri. Cerita tersebut disampaikan Bu Fitri ketika mengawali pembelajaran apresiasi sastra.
Kegiatan tersebut menurut Scuman merupakan penerapan
A. fase 1 penyajian masalah
B. fase 2 perumusan hipotesis dan pengumpulan data
C. fase 3 pengukuhan
D. fase 3 menarik kesimpulan
43. Pak Yuda menjelaskan latar belakang pengarang drama yang disajikan ketika memulai pembelajaran apresiasi drama. Dalam hal ini guru sedang melaksanakan tahap .
A. masukan informasi
B. pengembangan konsep
C. pemfokusan kembali
D. analogi
44. Anak-anak, seandainya kamu sendiri yang menjadi Rano Karno (pengarang Film berjudu Si Doel Anak Sekolahan ), Apa maksud pengarang menjadikan Si Doel begitu idealis dengan keinginannya bekerja hanya di tempat yang sesuai dengan keahliannya?
Pertanyaan tersebut adalah penerapan teori Gordon tahap
A. analogi
B. masukan informasi
C. pengembangan konsep
D. pemfokusan kembali
45. Yang dilakukan guru pada tahap pelacakan pendahuluan menurut Moody adalah .
A. menugasi siswa membahas unsur-unsur drama secara individual
B. membandingkan beberapa drama, dan mempelajarinya baik mengenai isi dan metode penyampaian drama
C. menugasi siswa membandingkan antara drama asli dan terjemahan
D. menugasi siswa berlatih dan bermain drama
46. Guru memilih drama berjudul Arloji Karya P. Hariyanto karena penggunaan bahasa dan temanya sederhana dan sesuai dengan siswa, kemudian dirancanglah strategi pembelajarnnya dengan berbagai alternatif pendekatan yang telah dipersiapkan sehingga memungkinkan dapat disajikan dalam dua jam pelajaran.
Kegiatan yang dilakukan guru tersebut menurut teori Moody termasuk tahap .
A. pelacakan pendahuluan
B. introduksi
C. penentuan sikap praktis
D. penyajian
47. Nah anak-anak, setelah kalian menonton film Mak Pingin Naik Haji, cobalah identifikasi unsur-unsur film dan karakteristik tokoh film tersebut,?
Kutipan pernyataan guru tersebut merupakan pelaksanaan teori Schuman fase .
A. hipotesis
B. pengumpulan data
C. pengakhiran
D. identifikasi masalah
48. Guru mengarahkan siswa agar memperbaiki beberapa pernyataan yang dibuat sesuai dengan pengertian yang paling dekat dengan drama yang dibaca, lalu meminta siswa mempraktekan peran drama hasil hipotesis yang ditemukan.
Yang dilakukan guru tersebut merupakan penerapan prosedur Schuman tahap .
A. revisi hipotesis
B. identifikasi masalah
C. pengumpulan data
D. pengakhiran
49. Contoh pertanyaan berikut tepat untuk mengukur ranah kognitif tingakat (C2) kecuali,
A. Apa persamaan amanat pada novel Laskar Pelangi dengan Sang Pemimpi?
B. Perhatikan drama pada video berikut! Bagaimana karakter Malin kundang? kutipkan alasan yang mendukung jawabanmu dari dialog drama tersebut!
C. Di manakah terjadinya cerita tersebut?
D. Apa tema novel Sang Pemimpi?
50. Usai pembelajaran apresiasi sastra guru melontarkan pertanyaan yang bersifat mengukur pandangan siswa terhadap sastra yang dipelajari dan dapat menghubungkannya dengan kenyataan hidup yang dihadapinya atau mengukur tingkat persfektif yang sesuai teori Moody pertanyaan yang sesuai adalah
A. Apakah tokoh Lintang pada novel Laskar Pelangi ada dalam kehidupan nyata?
B. Bagaimana bahasa yang digunakan oleh pengarang?
C. Apa maksud Ebit G Ade menggunakan kata selaksa peristiwadalam puisi tersebut?
D. Gaya bahasa apa saja yang digunakan pengarang dalam cerita tersebut?
Untuk mengetahui jawaban anda silahkan cek pada halaman kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Pengajaran Apresiasi Sastra PBIN4219 Universitas Terbuka
Sumber latihan mandiri Universitas Terbuka
Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Pengajaran Apresiasi Sastra PBIN4219
Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Pengajaran Apresiasi Sastra PBIN4219 Universitas Terbuka yang berisi 50 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Pengajaran Apresiasi Sastra PBIN4219. Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 1
A. Salah, pengertian sastra adalah bahasa yang digunakan dalam tulisan yang berhubungan dengan kehidupan manusia.
B. Salah, karya sastra adalah hasil ciptaan manusia yang berbentuk teks yang mengandung nilai estetik
C. Benar, pengertian paresiasi sastra adalah kegiatan mengangakrabi(mengenal,memahami, menghayati menikmati dan dapat menerapkan karya sastra
D. Salah, kegiatan kreatif adalah kegiatan mengungkapkan penghayatan yang menghasilkan karya sastra
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 2
A. Salah, dapat menyimpulkan kandungan isi karya sastra melalui membaca, baru salah satu tahapan apresiasi dari enam tahap
B. Salah, menulis karya sastra, adalah salah satu kegiatan ekspresi sastra
C. Salah, menganalisis sastra adalah bagian dari kegiatan apresiasi sastra, karena harus memberikan pemahaman dan penghargaan bagi si apresiator
D. Benar, apresiasi sastra adalah kegiatan mengakrabi sastra melalui langkah-langkah membaca,menelaah, sehingga memahami dari hasil ekspresi sastra
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 3
A. Salah. Menghasilkan karya sastra hanya merupakan dampak pengiring dari proses pembelajaran apresiasi sastra
B. Salah. Menulis karya sastra juga dampak pengiring setelah siswa melaui pembelajaran apresiasi sastra
C. Benar, tujuan pembelajaran apresiasi sastraagar siswa dapat menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
D. Salah. Dalam proses pempelajaran apresiasi siswa dilatih memanfaatkan karya sastra sehingga mungkin saja kelak menjadi sastrawan, tapi itu bukan tujuan utama
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 4
A. Benar, pembelajaran apresiasi sastra berfungsi melatih keempat keterampilan berbahasa,menambah pengetahuan tentang hidup manusia, membantu mengembangkan kepribadian. pembentukan watak, memberi kenyamanan, keamanan, dan kepuasan, serta meluaskan dimensi kehidupan, sedangkan menjadi penelaah karya sastra bukan sebagai fungsi tetapi dampak yang belum tentu dapat dilakukan oleh setiap siswa
B. Salah, karena opsi B termasuk fungsi pembelajaran apresiasi sastra
C. Salah, karena opsi C termasuk fungsi pembelajaran apresiasi sastra
D. Salah, karena opsi D termasuk fungsi pembelajaran apresiasi sastra
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 5
A. Salah, meskipun memperdengarkan naskah pidato belum tentu di dalam pembelajaran karena tidak pasti kepada siswa atau bukan
B. Salah, tidak berkaitan dengan kegiatan menyimak, tetapi dengan kegiatan membaca (puisi)
C. Benar, menjelaskan bahwa siswa menyimak puisi dalam pembelajaran apresiasi sastra puisi
D. Salah, tidak berkaitan dengan kegiatan menyimak, tetapi dengan kegiatan menulis (tema cerita
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 6
A. Benar, mendengarkan puisi berarti belajar sastra melalui kegiatan menyimak karya sastra puisi
B. Salah, tidak berkaitan dengan membaca karena Dinda mendengar puisi bukan membaca
C. Salah, tidak berkaitan dengan menulis karena Dinda mendengar puisi bukan menulis
D. Salah, tidak berkaitan dengan kegiatan berbicara, karena Dinda mendengar puisi bukan membicarakan puisi
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 7
A. Salah, opsi A, tidak berkaitan dengan menulis karena porsi terbanyak adalah kegiatan membaca, sehingga tidak berkaitan dengan kegiatan menulis
B. Salah, tidak berkaitan dengan menyimak karena porsi terbanyak adalah kegiatan membaca, sehingga tidak berkaitan dengan kegiatan menyimak
C. Benar, jelas terlihat keterkaitan pembelajaran sastra (drama) dengan kegiatan membaca teks drama
D. Salah, meskipun ada diskusi, tapi porsi terbanyak adalah kegiatan membaca, dibandingkan berbicara
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 8
A. Salah, sering diminta bercerita berarti meningkatkan siswa dalam bercerita, bukan menyimak
B. Salah, sering diminta menuliskan hasil bacaan berarti meningkatkan siswa dalam menulis, bukan menyimak
C. Benar, jelas terlihat upaya menyimak siswa lebih banyak dari pada mencatat
D. Salah, sering diminta menceritakan berarti meningkatkan siswa dalam bercerita, bukan menyimak
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 9
A. Benar, Guru menggunakan karya sastra sebagai sarana dalam melatih siswa terampil berbahasa Indonesia
B. Salah, selalu mendengar dan membaca adalah upaya meningkatkan keterampilan berbahasa. Sedangkan mengetahui isi sastra adalah tujuan mempelajari karya sastra.
C. Salah, selalu mendengar dan membaca adalah upaya meningkatkan keterampilan berbahasa. Sedangkan memperkenalkan karya sastra adalah tujuan mempelajari karya sastra
D. Salah, selalu mendengar dan membaca adalah upaya meningkatkan keterampilan berbahasa. Sedangkan siswa mengerti tentang sastra adalah tujuan mempelajari karya sastra
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 10
A. Salah, banyaknya pemberian orang kampung terhadap Garin tidak menunjukkan budaya setempat
B. Benar, budaya masyarakat dalam memperlakukan Garin hanya sebatas kebutuhan individu masyarakat, bukan atas dasar kebutuhan pada adanya garin. Itulah budaya yang direkam
C. Salah, Budaya adalah rutinitas kegiatan masyarakat, bukan rutinitas Garin
D. Salah, Amanat cerita tersebut adalah menyampaikan begitulah perlakuan masyarakat di tempat cerita itu berlangsung karena sastra adalah rekaman kehidupan masyarakt yang diceritakan bukan tempat lain yang tidak ada hubungannya dengan cerita
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 11
A. Salah, opsi A, adalah judul puisi bertema religius
B. Benar, opsi B, adalah judul puisi bertema alam
C. Salah, opsi C adalah judul puisi bertema keindahan percintaan
D. Salah, opsi D, adalah judul puisi yang ditulis penyairTaufik Ismail utnuk memperingati meninggalnya mahasiswa dalam memperjuangkan kebenaran di kampus Salemba tahun 1966
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 12
A. Salah, bukan menginspirasi tetapi membuat prihatin dengan kehidupan mereka
B. Salah, inspirasi adalah membangkitkan motivasi banyak orang, bukan sekedar memotret kehidupan tanpa makna
C. Benar, Cerita tersebut sejak awal berkisah tentang upaya kuat guru dalam membelajarkan anak-anak kelas pinggiran
D. Salah, kisah utama adalah membangkitkan kaum marginal, tetapi yang menginspirasi adalah kegigihan guru dan siswa dalam membuka wawasan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 13
A. Salah, opsi A, menggambarkan kegiatan guru pada tahap penerapan analogi personal, sedangkan tahap masukan informasi hanyalah cara guru memotivasi siswa ketika mengawali pembelajaran
B. Salah, opsi B, menunjukkan analogi personal karena siswa dianalogikan sebagai pengarang, bukan sebagai siswa yang menjadi tokoh cerita(analogi langsung)
C. Benar, opsi C, analogi personal adalah menganalogikan siswa sebagai pengarang yang di dalam kutipan tersebut sebagai Andrea Herata
D. Salah, opsi D, pengertian konflik kempaan adalah mempertentangkan dua sudut pandang yaitu sudut pandang siswa dengan pengarang, kutipan di atas mengenai siswa sebagai pengarang.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 14
A. Salah, Langkah 1 pada Langkah Dasar Gordon1 adalah masukan informasi, sedangkan kegiatan pada kutipan tersebut sudah melaksanakan tahap kedua yaitu analogi
B. Benar, kutipan tersebut sudah menerapkan langkah masukan informasi dan analogi dalam Langkah Dasar 1
C. Salah, opsi C , Langkah Dasar Gordon2 adalah pengembangan konsep/informasi yang baru, yang belum dilakukan pada kegiatan di atas
D. Salah, Langkah 1 dan 2 pada Langkah Dasar Gordon 2 juga belum dilakukan, karena baru menerapkan Langkah 1 pada Langkah Dasar Gordon1
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 15
A. Salah, sebagai karya tentunya ada banyak bukan hanya sastra demikian pula materi ajar tentunya banyak sekali bukan hanya terbatas pada sastra
B. Salah, karya indah dan bermutu tidak hanya pada karya sastra dan bukan prinsip ganda karya sastra
C. Benar, prinsip ganda sastra adalah menempatkan sastra sebagai pengalaman yang dapat diserap batin dan sebagai bahasa yang memerlukan kemampuan kebahasaan
D. Salah, Sastra memang karya yang mengangkat kehidupan masyarakat, tetapi bukan penjelasan prinsip ganda karya sastra.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 16
A. Salah, kegiatan tersebut tidak ada pelacakan pendahuluan dan penentuan sikap praktis yang menggambarkan kegiatan guru dalam memilih bahan dan merancang pendekatan yang akan digunakan.
B. Salah, memang ada tahap penyajian yaitu membaca puisi tapi tidak ada introduksi yang menggambarkan guru mengomentari puisi sebagai pemancing keingintahuan siswa
C. Salah, kegiatan tersebut tidak ada tahap pelacakan pendahuluan, penentuan sikap praktis, introduksi, dan pengukuhan
D. Benar, kegiatan memperdengarkan kaset dan siswa membacakan secara rampak adalah tahap penyajian, sedangkan menjawab beberapa pertanyaan adalah tahap diskusi
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 17
A. Salah, Teori Schuman terdiri atas 5 langkah yaitu: identifikasi maA. Salah, hipotesis pemecahan maA. Salah, pengumpulan data, revisi hipotesis, dan kesimpulan yang diambil berdasarkan pengulangan langkah pengumpulan data dan revisi hipotesis.
B. Salah, Teori Moody terdiri atas enam langkah pelacakan pendahuluan, penentuan sikap praktis, introduksi, penyajian, diskusi dan pengukuhan
C. Salah, Teori Gordon melakukan kegiatan Langkah Dasr 1 dan Langkah Dasar 2 yang masing-masingnya terdapat beberapa langkah lagi
D. Benar, kegiatan guru tersebut tiga langkah tahapan berdasarkan tori Schuman yang dirangkum oleh Rizanur Gani
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 18
A. Salah, dari sudut budaya artinya semua materi sastra harus memenuhi pengetahuan, kesenian, moral, dan lain-lain keterampilan yang dikemas dalam sastra untuk materi siswa)
B. Salah, dari sudut pembaca tentu pertimbangannya disesuaikan dengan keinginan banyak pembaca yang tentu saja kriterianya berbeda dengan materi untuk siswa
C. Salah, dari sudut keindahan tentu pertimbangannya disesuaikan dengan as[pek keindahan baik isi sastranya, bahasanya, maupun bentuk tampilannya
D. Benar, Bahan pembelajaran apresiasi sastra untuk keperluan pembelajaran bahasa mempertimbangkan unsur-unsur kebahasaan(diksi, struktur kata, kalimat, dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 19
A. Salah, sastra memang menarik jika dijadikan media pembelajaran bahasa, bukan sebagai materi pembelajaran
B. Benar, untuk pembelajaran bahasa maka materi sastra yang digunakan hanyalah sebagai media, bukan sebagai bahan atau materi pembelajaran
C. Salah, bukan sebagai materi pembelajaran, tapi sebagai media pembelajaran tentunya dengan sastra siswa akan membentuk siswa menggunakan bahasa sastra
D. Salah, kisah tentang kehidupan dan keindahan belum tentu terkait dengan pembelajaran bahasa.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 20
A. Salah, isi sastra pada umumnya berhubungan dengan kejiwaan secara umum oleh karenanya tidak dapat disamaratakan
B. Benar, Kejiawaan seorang manusia dilalui dalam 4 tahapan yaitu masa berkhayal, romantik, realistik, dan masa genaralisasi. Hal tersebut tidak dapat disamaratakan antartahapan
C. Salah, pengaruh kejiwaan pengarang aka nada, oleh karena itu diperlukan pertimbangan psikologis
D. Salah, memang isi sastra berhubungan dengan kehidupan manusia oleh karena itu diperlukan sastra yang sesuai dengan tahapan psikologi siswa.">
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 21
A. Salah, , kisah khayalan hanya sesuai untuk siswa usia 8-9 tahun
B. Benar, kisah romantik hanya sesuai untuk siswa usia 10-12 tahun
C. Salah, kisah realistik hanya sesuai untuk siswa usia 13-15 tahun, maka itu untuk usia SMP
D. Salah, sifat generalisasi hanya sesuai untuk siswa usia 16 tahun ke atas, bukan hanya realistik tetapi juga harus dapat menjadikan siswa itu berpikir dan mengambil kesimpulan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 22
A. Benar, latar belakang budaya yang perlu dipertimbangkan dalam memilih bahan pembelajaran sastra adalah kepercayaan, adat istiadat, kesenian, dan mata pencaharian. Lokasi yang diceritakan tidak termasuk latar belakang budaya
B. Salah, kepercayaan termasuk ke dalam latar belakang budaya yang harus dipertimbangkan dalam memilih bahan pembelajaran sastra
C. Salah, kesenian dan adat istiadat termasuk ke dalam latar belakang budaya yang harus dipertimbangkan dalam memilih bahan pembelajaran sastra
D. Salah, mata pencaharian termasuk ke dalam latar belakang budaya yang harus dipertimbangkan dalam memilih bahan pembelajaran sastra
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 23
A. Salah, kesenian memang diceritakan pada novel tersebut, tapi kisah mengenai kehidupan keluarga kuli itu masuk ke dalam wilayah mata pencaharian
B. Salah, kepercayaan memang diceritakan pula pada novel tersebut, tapi kisah mengenai kehidupan keluarga kuli itu masuk ke dalam wilayah mata pencaharian
C. Salah, adat istiadat memang diceritakan pula, namun kisah kehidupan keluarga kuli itu masuk ke dalam wilayah mata pencaharian
D. Benar, budaya yang diangkat pada novel tersebut adalah kategori mata pencaharian karena mengisahkan perjuangan nasib kuli timah
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 24
A. Salah, masukan informasi adalah tahap pertama pada Langkah Dasar pertama pada pembelajaran apresiasi sastra menurut Gordon
B. Salah, pengembangan konsep adalah tahap pertama pada Langkah Dasar kedua pada pembelajaran apresiasi sastra menurut Gordon
C. Salah, pemfokusan kembali adalah tahap ketiga pada Langkah Dasar pertama pada pembelajaran apresiasi sastra menurut Gordon
D. Benar, Langkah Dasar pertama terdiri atas tiga tahapan pertama, masukan informasi, kedua analogi, ketiga tahap pemfokusan kembali
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 25
A. Benar, masukan informasi adalah tahap pertama pada Langkah Dasar pertama yaitu member informasi untuk menarik minat siswa
B. Salah, pengembangan konsep adalah tahap pertama pada Langkah Dasar kedua pada pembelajaran apresiasi sastra menurut Gordon
C. Salah, pemfokusan kembali adalah tahap ketiga pada Langkah Dasar pertama pada pembelajaran apresiasi sastra menurut Gordon
D. Salah, analogi adalah tahap member pertanyaan kepada siswa untuk menganalisis puisi dari sisi analogi personal, analogi langsung dan teknik kempaan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 26
A. Salah, masuka informasi adalah tahap pertama pada Langkah Dasar pertama sehingga belum terjadi pengembangan konsep
B. Benar, pengembangan konsep adalah upaya guru malatih siswa agar berpikir objektif dan bijaksana setelah memahami puisi yang dipelajarinya.
C. Salah, pemfokusan kembali adalah tahap ketiga pada Langkah Dasar pertama sehingga belum terjadi pengembangan konsep
D. Salah, analogi adalah tahap kedua pada Langkah Dasar pertama sehingga belum terjadi pengembangan konsep.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 27
A. Benar, menurut Gordon penilaian pembelajaran apresiasi sastra dilakukan pada proses pembelajaran dan dapat dilakukan oleh siswa atas petunjuk guru
B. Salah, melatih siswa menilai karya sastra terjadi pada kegiatan Langkah Dasar I dan II
C. Salah, Hal tersebut bukan sekedar meringasnkan tugas guru tetapi memang prosedur penilaian pembelajaran apresiasi sastra saat proses pembelajaran
D. Salah, penilaian merupakan tugas guru, bukan tugas siswa, tetapi boleh siswa dilibatkan sepanjang guru dapat menjamin keobjektifannya
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 28
A. Salah, masukan informasi, analogi, dan pemfokusan kembali merupakan teori Gordon LD1
B. Salah pengembangan konsep, analogi teknik kempaan, pertanyaan tugas analogi merupakan teori Gordon LDII
C. Benar, tahapan pembelajaran apresiasi puisi menurut Moody adalah pendahuluan, introduksi, penyajian, diskusi, penentuan sikap praktis, dan pengukuhan.
D. Salah, penyajian masalah , hipotesis dan pengumpulan data, dan pengakhiran adalah tahapan pembelajaran apresiasi puisi menurut Schuman
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 29
A. Salah, tahap diskusi adalah tahap guru memberikan pertanyaan yang harus dijawab siswa melalui langkah-langkah analisi puisi
B. Salah, tahap introduksi adalah kegiatan guru memberikan apersepsi dengan mengungkap hal-hal penting dari puisi yang dapat menjadi daya tarik bagi siswa
C. Salah, penentuan sikap praktis adalah tahap guru menentukan dan memutuskan puisi yang tepat untuk disajikan kepada siswa setelah melakukan tahap pelacakan pendahuluan
D. Benar, kegiatan guru menganalisis beberapa karya puisi dan membandingkannya dari sisi unsur pembangun dan metode puisi adalah tahap pelacakan pendahuluan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 30
A. Salah, tahap diskusi adalah tahap guru memberikan pertanyaan yang harus dijawab siswa melalui langkah-langkah analisi puisi
B. Benar, penentuan sikap praktis adalah tahap guru menentukan dan memutuskan puisi yang tepat untuk disajikan kepada siswa setelah melakukan tahap pelacakan pendahuluan
C. Salah, tahap introduksi adalah kegiatan guru memberikan apersepsi dengan mengungkap hal-hal penting dari puisi yang dapat menjadi daya tarik bagi siswa
D. Salah, pelacakan pendahuluan adalah tahap kegiatan guru menganalisis beberapa karya puisi dan membandingkannya dari sisi unsur pembangun dan metode puisi
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 31
A. Salah, mencari data tentang bahan puisi yang akan disajikan adalah tahap pelacakan pendahuluan
B. Salah, mengumpulkan bahan puisi yang sesuai untuk siswa adalah tahap pelacakan pendahuluan
C. Salah, menyimpulkan amanat puisi berdasarkan pernyataan siswa adalah tahap pengukuhan
D. Benar, guru membaca puisi lalu meminta siswa membacakannya kembali adalah tahap penyajian menurut teori Moody
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 32
A. Salah, Apakah tema puisi tersebut? Pertanyaan ini terlalu umum dan dapat dijadikan pertanyaan untuk pengukuhan setelah diskusi selesai
B. Benar, merupakan teori Moody pertanyaan tahap diskusi pertanyaan analisis unsur intrinsik
C. Salah, pertanyaan tahap diskusi bersifat analisis unsur intrinsik dan metode puisi, bukan yang hanya dijawab dengan ya dan tidak
D. Salah, pertanyaan tersebut bukan pertanyaan analisis, tapi pertanyaan ingatan rendah, tidak sesuai untuk tahap diskusi
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 33
A. Salah, tahapan pembelajaran apresiasi menurut Schuman adalah Identifikasi maA. Salah, hipotesis kemungkinan pemecahan maA. Salah, pengumpulan data untuk mengetahui hipotesis, revisi hipotesis, dan pengulangan langkah hipotesis kemungkinan pemecahan maA. Salah, pengumpulan data untuk mengetahui hipotesis sampai semua data hipotesis ditemukan
B. Salah, hipotesis kemungkinan pemecahan masalah adalah langkah kedua dalam tahapan pembelajaran apresiasi menurut Schuman
C. Benar, tahap penentuan sikap praktis adalah teori Moody yaitu tahap guru menentukan dan memutuskan puisi yang tepat untuk disajikan kepada siswa
D. Salah, pengumpulan data untuk mengetahui hipotesis adalah langkah ketiga dalam tahapan pembelajaran apresiasi menurut Schuman
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 34
A. Salah, identifikasi masalah adalah tahap pertama model Schuman sebelum dirangkum oleh A. Munir Gani. Jadi masih bagian awal dari penyajian masalah
B. Benar,tahap penyajian masalah pada teori Schuman dilakukan dengan memunculkan hal-hal menarik yang dapat menjadi bahan pengait untuk menarik minat siswa
C. Salah, tahap pengakhiran adalah tahap akhir model Schuman rangkuman A. Munir Gani.
D. Salah, pengumpulan data untuk hipotesis adalah tahap 3 model Schuman yang oleh A. Munir Gani digabungkan ke dalam perumusan hipotesis dan pengumpulan data
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 35
A. Benar, pada tahap perumusan hipotesis dan pengumpulan data yang dilakukan oleh guru adalah meminta siswa mendaftar sebanyak mungkin hipotesis tentang kesan puisi Bimbiop">
B. Salah, opsi B, tahap penyajian masalah pada teori Schuman dilakukan dengan memunculkan hal-hal menarik yang dapat menjadi bahan pengait untuk menarik minat siswa
C. Salah, tahap pengakhiran adalah tahap akhir model Schuman rangkuman A. Munir Gani.
D. Salah, identifikasi masalah adalah tahap pertama model Schuman sebelum dirangkum oleh A. Munir Gani. Jadi masih bagian awal dari penyajian masalah
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 36
A. Benar, tahap masukan informasi adalah tahap pertama dalam model Gordon yaitu guru melakukan penjajagan terhadap minat siswa melalui sedikit pertanyaan
B. Salah, tahap pemfokusan kembali adalah tahap ketika pada LD1 untuk mengarahkan agar diskusi tidak melebar.
C. Salah, tahap analogi adalah tahap kedua dalam model Gordon agar siswa mampu menganalisis cerkan dengan panduan berupa pertanyaan dari guru
D. Salah, konflik kempaan adalah bagian dari tahap kedua untuk mempertentangkan antara pengarang dengan siswa
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 37
A. Salah, analogi personal menggiring siswa agar mengetahu tujuan pengarang dalam membuat ceritapengarang, maka pertanyaan tersebut tidak mewakili hal tersebut
B. Salah, pemfokusan kembali bertujuan mengarahkan siswa agar hasil diskusi terfokus, maka pertanyaan tersebut tidak mewakili hal tersebut
C. Salah, analogi langsung mengandaikan siswa sebagai pengarang seperti pertanyaan Kalau kamu sebagai Andrea Herata?, maka pertanyaan tersebut tidak mewakili hal tersebut
D. Benar, pertanyaan guru tersebut bertujuan mempertentangkan antarpersepsi siswa dengan pengarang novel.Cara tersebut merupakan penerapan tahap konflik kempaan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 38
A. Benar, tahap pelacakan pendahuluan yang dilakukan guru menyeleksi dan mempelajari cerkan baik dari isinya maupun metode pembelajarnnya
B. Salah, materi yang akan disajikan di kelas harus dikuasai guru sebelum disajikan kepada siswa, bukan siswa yang memilih sendiri
C. Salah, menyerahkan materi sesuai dengan yang dipunyai siswa akan menjadikan pembelajaran berlarut dan kemungkinan tidak berjalan sesuai program
D. Salah, opsi D, menanyai tentang karya yang pernah dipelajari boleh saja sebagai apersepsi, tapi bukan tahap pelacakan pendahuluan .
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 39
A. Salah, Kegiatan guru tersebut baru sampai tahap mempersiapkan pembelajaran, belum sampai penyajian di kelas, jadi belum ke tahap introduksi
B. Benar, Kegiatan guru tersebut baru sampai tahap mempersiapkan pembelajaran, jadi guru telah melakukan tahap pelacakan pendahuluan dan penentuan sikap praktis
C. Salah, Kegiatan guru tersebut baru sampai tahap mempersiapkan pembelajaran, belum sampai penyajian di kelas, jadi belum ke tahap introduksi apalagi diskusi
D. Salah, Kegiatan guru tersebut baru sampai tahap mempersiapkan pembelajaran, belum sampai penyajian di kelas, jadi belum ke tahap introduksi, penyajian, dan diskusi.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 40
A. Salah, tahap penyajian dilakukan kegiatan membaca didahului oleh guru dan dilanjutkan oleh siswa, jadi kegiatan di atas adalah tahap pengukuhan
B. Salah, tahap diskusi adalah kegiatan diskusi untuk memahami isi cerpen siswa, jadi kegiatan di atas adalah tahap pengukuhan
C. Benar, tahap pengukuhan dapat dilakukan secara lisan atau tertulis bertujuan agar penghayatan siswa terhadap cerpen yang disajikan makin diasah dan diluaskan
D. Salah, tahap introduksi adalah kegiatan guru mengawali pembelajaran dengan mengangkat hal-hal yang dapat memancing minat siswa seperti latar belakang pengarang./
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 41
A. Salah, analogi, personal, analogi langsung, dan konflik kempaan adalah tahapan Langkah Dasar II dari teori Gordon
B. Benar, Langkah yang harus dilakukan dalam pembelajarn sastra menurut Schuman adalahk penyajian maA. Salah, perumusan hipotesis dan pengumpulan data, dan pengakhiran
C. Salah, opsi C, penyajian, diskusi, dan pengukuhan adalah urutan langkah 1,2,dan 3 dari teori Mood
D. Salah, pelacakan pendahuluan, penentuan sikap praktis, dan introduksi adalah urutan langkah ke-4,5,dan 6 teori Moody
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 42
A. Benar, fase 1 penyajian masalah adalah kegiatan guru menginformasikan latar belakang cerita atau hal-hal yang memancing minat siswa tapi belum masuk kepada unsur cerita
B. Salah, fase 2 perumusan hipotesis dan pengumpulan data adalah kegiatan menelusuri isi cerita melalui hipotesis yang dikumpulkan dari siswa
C. Salah, fase 3 pengukuhan adalah kegiatan guru dan siswa memperkuat hipotesis yang telah dilakukan
D. Salah, fase 3 di dalam langkah yang disarankan Shcuman bernama fase pengukuhan bukan menarik kesimpulan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 43
A. Benar, masukan informasi adalah tahap pertama pada Langkah Dasar pertama teori Gordon
B. Salah, pengembangan konsep adalah upaya guru malatih siswa agar berpikir objektif dan bijaksana setelah memahami puisi yang dipelajarinya melalui pertanyaan analogi.
C. Salah, pemfokusan kembali adalah tahap ketiga pada Langkah Dasar pertama teori Gordon
D. Salah, analogi adalah tahap kedua pada Langkah Dasar pertama teori Gordon
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 44
A. Benar, analogi adalah tahap kedua pada Langkah Dasar pertama teori Gordon yang pada kutipan di atas menunjukkan analogi personal karena siswa berandaikata menjadi pengarang
B. Salah, masukan informasi adalah tahap pertama pada Langkah Dasar pertama teori Gordon
C. Salah, pengembangan konsep adalah tahap pertama pada Langkah Dasar kedua teori Gordon untuk malatih siswa agar berpikir objektif dan bijaksana.
D. Salah, pemfokusan kembali adalah tahap ketiga pada Langkah Dasar pertama teori Gordon agar diskusi melalui analogi tidak melebar
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 45
A. Salah, tahap pelacakan pendahuluan adalah kegiatan guru menguasai materi drama dan menguasai metode pembelajarannya, bukan kegiatan siswa
B. Salah, tahap pelacakan pendahuluan adalah kegiatan guru menguasai materi drama dan menguasai metode pembelajarannya sebelum drama disajikan pada siswa
C. Benar, tahap pelacakan pendahuluan adalah kegiatan guru menguasai materi drama dan menguasai metode pembelajarannya, bukan kegiatan siswa di kelas
D. Salah, tahap pelacakan pendahuluan adalah kegiatan guru menguasai materi drama dan menguasai metode pembelajarannya sebelum drama disajikan pada siswa, bukan kegiatan siswa.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 46
A. Benar, tahap pelacakan pendahuluan adalah kegiatan guru menguasai materi drama melalui berbagai analisis unsurnya
B. Salah, introduksi adalah kegiatan guru pada awal penyajian di kelas yang mencoba menjelaskan sekelumit tentang drama yang akan disajikan guna menarik minat siswa
C. Salah, penentuan sikap praktis adalah kegiatan guru merancang strategi pembelajarannya, sampai selesainya perencanaan pembelajaran yang dipersiapkan
D. Salah, tahap penyajian dilakukan guru dengan membaca drama, yang kemudian siswa diminta membacakannya pula
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 47
A. Salah, siswa membuat hipotesis tentang pengertian drama dan bagaimana memainkan drama tersebut
B. Salah, fase pengumpulan data adalah siswa mengumpulkan data dengan membuat pertanyaan tentang naskah dram sebagai dukungan terhadap hipotesis yang telah dibuat
C. Salah, fase pengakhiran adalah siswa memerankan adegan dinilai oleh kelompok lainnya, dan saling memperbaiki penampilan yang masih kurang
D. Benar, tahap identifikasi masalah adalah guru melatih siswa mengidentifikasi unsur-unsur dan karakteristik tokoh dari dialog yang dibaca/didengarnya .
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 48
A. Benar, pada revisi hipotesis, siswa memperbaiki hipotesis yang dibuat agar mendekati pengertian drama yang akan ditampilkan
B. Salah,pada tahap identifikasi masalah siswa mengidentifikasi unsur-unsur dan karakteristik tokoh dari dialog exe_tmp_anchor>yang dibaca/didengarnya
C. Salah, pada fase pengumpulan data, siswa mengumpulkan data dengan membuat pertanyaan tentang naskah drama sebagai dukungan terhadap hipotesis yang telah dibuat
D. Salah, pada fase pengakhiran, siswa memerankan adegan, dan dinilai oleh kelompok lainnya, selanjutnya saling memperbaiki penampilan yang masih kurang.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 49
A. Benar, contoh pertanyaan kognitif tingkat analisis(C4), bukan kognitif tingkat pemahaman(C2)
B. Salah, contoh pertanyaan kognitif tingkat pemahaman(C)
C. Salah, contoh pertanyaan kognitif tingkat pemahaman(C2)
D. Salah, opsi D, contoh pertanyaan kognitif tingkat pemahaman(C2)
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 50
A. Benar, pertanyaan tingkat perspektif untuk mengukur pandangan siswa terhadap sastra yang dipelajari, dan mengetahui relevansi dengan kenyataan yang dihadapinya
B. Salah, adalah contoh pertanyaan tingkat apresiasi karena berhungan antara sastra dengan kebahasaan
C. Salah, tentang penggunaan kata selaksa peristiwapada puisi adalah contoh pertanyaan tingkat apresiasi karena berhubungan dengan diksi dan pengimajinasian)
D. Salah, pertanyaan tentang gaya bahasa berhubungan dengan pertanyaan tingkat apresiasi pada teori Moody
Sumber latihan mandiri Universitas Terbuka
ConversionConversion EmoticonEmoticon