Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Teori Belajar Bahasa PBIN4103

12:55:00 am
Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Teori Belajar Bahasa PBIN4103 Universitas Terbuka yang berisi 50 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Teori Belajar Bahasa PBIN4103. Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali.


Kunci Jawaban Soal Latihan No. 1
A. Benar, tahap bayi usia 7-12 tahun menunjuk keinginannya, usia sampai dengan 18 bulan mulai disertai bunyi suku kata 
B. Salah , senyuman dengan melihat adalah ciri komunikasi verbal pada bayi berusia tiga minggu 
C. Salah, memandang benda-benda di sekelilingnya adalah komunikasi verbal pada bayi berusia enam bulan 
D. Salah, Mengucapkanma,mum! sambil menunjuk minumanyang dilihatnya adalah komunikasi verbal pada bayi berusia dua tahun 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 2
A. Salah, opsi A dikemukakan oleh Sigel dan Cocking 
B. Salah, opsi B dikemukakan oleh Ruqoyah 
C. Salah, opsi C dikemukakan oleh McGraw 
D. Benar, opsi D dikemukakan oleh Krashen 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 3
A. Salah, ucapan anak belum tentu sesuai dengan apa yang dipikirkannya 
B. Salah, adakalanya apa yang dipikirkan anak tidak sesuai dengan yang dikatakannya 
C. Benar, opsi C sesuai dengan pengertian pemerolehan bahasa poin kedua dari McGraw 
D. Salah, karena organ bicara sudah ada pada diri anak sebelum anak dilahirkan 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 4
A. Benar, isi pikiran yang berupa ide terwujud melalui bahasa 
B. Salah, karena latihan berpikir baru proses bukan hasil 
C. Salah, yang terjadi sebaliknya bahasa adalah hasil berpikir 
D. Salah, meskipun keduanya hasil kerja otak,tapi bahasa yang baik adalah lambing proses berpikir baik. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 5
A. Salah, opsi A tidak terdapat giliran bahkan terjadi perebutan giliran 
B. Salah, opsi B tidak terdapat giliran bahkan terjadi perebutan giliran 
C. Benar, opsi C adalah contoh pertukaran giliran 
D. Salah, opsi D tidak ada pertukaran giliran 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 6
A. Salah, karena opsi A menjelaskan pertukaran giliran antara ibu dan anak jadi bukan kecualinya 
B. Salah, karena opsi B menjelaskan pertukaran giliran antara ibu dan anak jadi bukan kecualinya 
C. Salah, karena opsi C menjelaskan pertukaran giliran antara ibu dan anak jadi bukan kecualinya 
D. Benar, karena dalam pertukaran giliran tidak ada perebutan atau saling mengalah untuk berbicara 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 7
A. Salah. Strategi meniru berpedoman: Tirulah apa yang dikerjakan orang lain! 
B. Salah. strategi produktifitas berpedoman: Buatlah sebanyak mungkin dengan bekal yang telah Anda miliki atau peroleh! 
C. Salah, strategi produktif berprinsi:Hasilkanlah ujaran dan lihatlah bagaimana orang lain memberikan response 
D. Benar, Strategi prinsip operasi berpedoman: gunakan beberapa prinsip operasi umum untuk memikirkan serta menetapkan bahasa! 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 8
A. Salah, kematangan menyimak lebih dulu dari pada berbicara baru selanjutnya bersamaan 
B. Benar, pada awalnya kematangan menyimak lebih dulu dari pada kematangan berbicara 
C. Salah, menyimak dan berbicara bersama-sama matang setelah organ artikulasi anak berfungsi 
D. Salah, kematangan menyimak lebih dulu terjadi setelah alat artikulasi anak berfungsi baru berbicara ikut matang secara bersamaan 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 9
A. Benar, proses pemerolehan bahasa didapat secara tidak disengaja dengan mengikuti bahasa ibunya. 
B. Salah, proses pemerolehan bahasa didapat secara tidak disengaja, sedangkan belajar sudah ada bimbingan 
C. Salah, proses pemerolehan bahasa didapat secara tidak disengaja, sedangkan kursus sudah ada kesengajaan dan bimbingan 
D. Salah, pemerolehan bahasa didapat secara tidak disengaja, sedangkan kursus sudah ada kesengajaan dan bimbingan 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 10
A. Benar, arti belajar adalah usaha mengetahui bahasa dengan sadar sedang memungut bahasa dilakukan tidak sadar 
B. Salah, jika tanpa disadari artinya memungut bahasa bukan belajar 
C. Salah, dari awal hingga akhir belajar bahasa kedua melalui kesadaran penuh ingin menguasai bahasa 
D. Salah, usia prasekolah mendapatkan bahasa dari memungut bahasa, dan bukan belajar bahasa 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 11
A. Salah, proses pemerolehan B2 sangat berbeda dengan belajar B2. 
B. Benar, proses pemerolehan B2 dilakukan dengan cara memungut sedangkan belajar B2 melalui mengetahui B2 
C. Salah, bias jadi pada proses pemerolehan maupun belajar ada metode meniru tapi bukan khusus belajar 
D. Salah, mengingat adalah salah satu dari tingkatan kognitif yang paling rendah 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 12
A. Salah, kondisi interaksi adalah bagian dari faktor penyajian formal 
B. Salah, faktor penyajian berhubungan dengan tipe naturalistic atau formal 
C. Benar, faktor motivasilah yang menyebabkan dorongan sangat kuat pada diri pembelajar 
D. Salah, faktor usia berkaitan dengan usia kritis dalam untuk belajar bahasa kedua 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 13
A. Salah, menurut teori jika Uli belajar dengan penutur asli seharusnya cepat dapat fasih 
B. Salah, belajar bahasa kedua akan tersendat oleh kesalan aksen B1 
C. Benar, pemerolehan bahasa pada anak-anak ( usia 2-3 tahun )dapat sefasih penutur asli 
D. Salah, dwibahasawan akan terjadi bagi anak-anak yang sejak usia dini memperoleh dua bahasa 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 14
A. Salah, pengaruh urutan kata karena proses penerjemahan adalah salah satu yang mempengaruhi proses belajar B2. 
B. Salah, pengaruh morfem terikat pada bahasa yang dipelajari adalah salah satu yang mempengaruhi proses belajar B2 
C. Benar, usia anak bukan bagian dari pengaruh tetapi merupakan faktor-faktor keberhasilan pembelajaran bahasa kedua 
D. Salah, pengaruh dari bahasa pertama adalah salah satu yang mempengaruhi proses belajar B2 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 15
A. Salah, kemampuan berbahasa adalah satu aspek yang harus diperhatikan dalam mempelajari B2 (bukan kecualinya) 
B. Salah, usia adalah satu aspek yang harus diperhatikan dalam mempelajari B2 (bukan kecualinya) 
C. Benar, kecerdasan bukan aspek yang harus diperhatikan dalam mempelajari B2 (termasuk kecualinya) 
D. Salah, motivasi adalah satu aspek yang harus diperhatikan dalam mempelajari B2 (bukan kecualinya) 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 16
A. Salah, Panjang ucapan anak kecil merupakan indikator perkembangan bahasa yang lebih baik dari perkembangan usia kronologisnya merupakan strategi 1 dalam pemerolehan bahasa kedua 
B. Salah, Morfem rata-rata perucapan dapat digunakan sebagai ukuran panjangnya merupakan strategi 1 dalam pemerolehan bahasa kedua 
C. Salah, Di sekeliling tahap umum pemahaman nonlinguistik muncul pengertian anak terhadap situasi-situasi tertentu atau khusu merupakan strategi 1 dalam pemerolehan bahasa kedua 
D. Benar, Membagi dua yaitu kelompok anak referensial dan ekspresif merupakan strategi ketiga jadi termasuk kecualinya 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 17
A. Salah, Classical Conditioning oleh Pavlov adalah proses percobaan terhadap anjing yang diberi stimulus bersyarat sehingga memunculkan reaksi yang diinginkan 
B. Salah, Operant Conditioning oleh Skinner adalah proses mengontrol tingkah lakuorganisme melalui pemberian reinforcement yang bijaksana dalam lingkungan relative besar 
C. Salah, Social Learning oleh Bandura terkenal dengan teori belajar sosial 
D. Benar, opsi D merupakan hukum belajar Connection(S-R Bond) dikemukakan oleh Thorndike 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 18
A. Benar, Classical Conditioning adalah mengganti stimulus alami (nomor antrean) dengan nyala lampu 
B. Salah, Operant Conditioning adalah mengubah tingkah laku yang diinginkan dengan memberikan penguatan 
C. Salah, Social Learning adalah teori pemodelan yang beranggapan anak akan meniru apa saja dari model yang ada. 
D. Salah, Connection(S-R Bond) adalah belajar mulai dengan mencoba-coba, kemudian salah, sehingga dengan percobaan yang berulang. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 19
A. Salah, anggapan teori empirisme tidak mampu menjelaskan kreativitas anak dalam mengembangkan bahasanya (bukan kecualinya) 
B. Salah, anggapan kaum rasinalisme bahwa perilaku bahasa itu jauh lebih rumit dari pada suatu hubungan S-R (bukan kecualinya) 
C. Benar, anggapan belajar bahasa memerlukan pembiasaan yang akhirnya membentuk perilaku yang diinginkan (Ini yang termasuk kecualinya) 
D. Salah, anggapan Kaum behaviorisme tidak dapat menjelaskan mengapa anak dapat menyusun kalimat panjang hanya dengan memiliki sedikit kata saja (bukan kecualinya), 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 20
A. Salah, adalah ciri behaviorisme sehingga guru merencanakan pembelajaran tertata dari yang sederhana ke yang kompleks (bukan kecualinya) 
B. Salah, pencapaian diukur dari perubahan tingkah laku yang diharapkan adalah ciri behaviorisme sehingga (bukan kecualinya) 
C. Salah, opsi C benar bahwa dalam teori behaviorisme pembelajaran berorientasi pada siswa bukan pada guru (bukan kecualinya) 
D. Benar, sangat dominannya peran guru berarti siswa tidak aktif sehingga tidak terjadi S-R (stimulus-respon) .Jadi ini bukan penerapan teori behaviorisme 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 21
A. Salah, peniruan secara sistematis dan kontinyu dalam belajar akan menyebabkan anak mampu berbahasa adalah ciri behaviorisme bukan nativisme 
B. Salah, penubian yang dilakukan dalam latihan berbicara adalah ciri behaviorisme bukan nativisme 
C. Benar, yang berpandangan bahwa setiap manusia sudah dilengkapi oleh alat penguasaan bahasa yang dinamakan Language Acquisition Device( LAD) adalah teori nativisme 
D. Salah, Peniruan rangsangan alamiah dengan bentuk yang lain lebih efektif dalam memunculkan respon yang lebih baik adalah ciri behaviorisme bukan nativisme 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 22
A. Benar, teori kognitivisme berpandangan bahwa kemampuan berbahasa seseorang berasal dan diperoleh sebagai akibat dari kematangan kognitif sang anak 
B. Salah, opsi B adalah teori konstruktivisme 
C. Salah, opsi C adalah teori nativisme 
D. Salah, opsi D adalah salah satu dari teori behaviorisme hukum belajar connection 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 23
A. salah, lingkungan sosial anak merupakan pengaruh yang dikemukakan oleh teori kognitivisme 
B. salah bekal potensi bahasa anak dikemukakan oleh teori nativisme 
C. salah, untuk mengetahui kognitif anak merupakan pandangan teori kognitivisme 
D. Benar, teori fungsional tentang belajar bahasa untuk memahami fungsi-fungsi bahasa sebagai sarana berkomunikasi 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 24
A. salah, Kemampuan berbahasa seseorang diperoleh akibat kematangan kognitif anak dikemukakan oleh teori kognitivisme 
B. salah stimulus yang gencar dari luar dirinya untuk memperoleh bahasa merupakan anjuran teori kognitif 
C. salah, perolehan bahasa dipengaruhi oleh bakat seseorang yang telah ada secara alamiah adalah teori nativisme. 
D. Benar, pandangan teori konstruktivisme bahwa dalam mempelajarai bahasa manusia membentuk versi sendiri terhadap kenyataan 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 25
A. Salah, pencetus teori tahapan individu adalah Ausubel 
B. Benar , Peran Piaget dalam teori konstruktivisme sebagai pelopor teori kognitifisme 
C. salah, penentang teori Behaviiorisme adalah aliran rasionalisme yang salah satunya adalah Chomsky 
D. Salah, teori behaviorisme dikembangkan oleh Thorndike, Pavlov, Skinner, dan Bandura, bukan Piaget 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 26
A. Salah, anak bersosialisasi sesuai dengan yang ia dapatkan dari lingkungan bukan ngawur tanpa arahan 
B. Benar , kalimat B contoh anak bersosialisasi sesuai dengan yang ia dapatkan dari lingkungan 
C. Salah, anak bersosialisasi sesuai dengan yang ia dapatkan dari lingkungan bukan hanya sekali melihat langsung dipraktekan 
D. Salah, anak bersosialisasi sesuai dengan yang ia dapatkan dari lingkungan bukan tiba-tiba jadi seperti dewasa 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 27
A. Salah, kecenderungan berbeda dengan motivasi 
B. Benar , kecenderungan adalah seluruh faktor yang menyebabkan pelajar menerapkan kemampuan berbahasa untuk memperoleh bahasa tertentu 
C. salah, salah satu arti kecenderungan adalah keinginan tetapi untuk belajar bahasa bukan pengertian yang dimaksud 
D. Salah, dorongan yang kuat lebih tepat untuk pengertian motivasi 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 28
A. Salah, integrasi sosial bukan penggunaan kemampuan belajar, tetapi pendayagunaan bahasa sebagai alat mempelajari budaya 
B. Salah, integrasi sosial bukan menjadikan bahasa sebagai alat ekspresi dirinya , tetapi pendayagunaan bahasa sebagai alat mempelajari budaya 
C. Salah, integrasi sosial bukan berani tidaknya mengambil resiko, tetapi pendayagunaan bahasa sebagai alat mempelajari budaya 
D. Benar, Integrasi sosial adalah salah satu komponen kecenderungan yang mengupayakan bahasa target menjadi alat belajar budaya 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 29
A. Benar berani menggunakan bahasa target jika sudah dapat berbahasa seperti penutur aslinya bukan sikap mau mengambil resiko 
B. Salah, tidak ragu dalam menggunakan unsur-unsur kebahasaan yang baru adalah salah satu sikap mau mengambil resiko 
C. Salah, berani mengutarakan isi hati meski ada kemungkinan melakukan kesalahan merupakan sikap mau mengambil resiko 
D. Salah, karena salah satu dari sikap mau mengambil resiko adalah berani mencobakan bahasa meskipun menggunakan pola-pola yang rumit 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 30
A. Salah pengertian kapasitas dalam belajar bahasa adalah daya tampung otak untuk mengolah stimulus kebahasaan yang masuk, bukan menyerap 
B. Salah, pengertian kapasitas dalam belajar bahasa adalah daya tampung otak untuk mengolah stimulus kebahasaan yang masuk, bukan menyaring 
C. Benar, pengertian kapasitas dalam belajar bahasa adalah daya tampung otak untuk mengolah stimulus kebahasaan yang masuk 
D. Salah, pengertian kapasitas dalam belajar bahasa adalah daya tampung otak untuk mengolah stimulus kebahasaan yang masuk, bukan menolak 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 31
A. Salah bahasa yang baru masuk bukan merupakan sumbangan tetapi target bahasa 
B. Benar, karena sumbangan terbesar dalam pembelajar B2 anak adalah masukan (input) bahasa asal pembelajar 
C. Salah, sumbangan terbesar dalam pembelajar B2 anak adalah masukan (input) bahasa asal pembelajar, bukan hanya lingkungan saja 
D. Salah, tubian bahasa target merupakan hasil belajar bukan input. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 32
A. Benar, Proses berlangsunya pemerolehan bahasa secara bawah sadar, sedangkan belajar bahasa proses pemerolehannya secara sadar dan disengaja 
B. Salah, pengetahuan yang didapatkan dalam pemerolehan bahasa secara implisit sedangkan dalam belajar bahasa secara eksplisit 
C. Salah, seharusnya pemerolehan melalui memungut sedangkan belajar melalui mengetahui 
D. Salah, seharusnya pemerolehan mendapatkan pengetahuanseperti ciri-ciri penutur asli, sedangkan belajar secara formal. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 33
A. Salah, merekrut pembelajar/siswa bukan tugas utama guru 
B. Benar, guru harus mengoreksi dan mengarahkan pembelajar/member masukan demi perbaikan hasil kerja siswa 
C. Salah, mengelompokkan materi dilakukan guru di luar kelas 
D. Salah, tugas utama guru mengajar/mendidik bukan administrasi 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 34
A. Salah, bakat bahasa tidak berkaitan dengan keturunan 
B. Salah, usaha berlatih yang kuat tidak memerlukan bakat 
C. Salah, kebiasaan menyimak lebih dekat dengan karakter dari pada dengan bakat 
D. Benar, bakat muncul secara alami dan sangat membantu dalam melahirkan kemampuan 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 35
A. Salah, dalam belajar bahasa formal strategy digunakan denga cara menciptakan rumus-rumus bahasa 
B. Benar, cara yang berbeda-beda pada setiap orang dalam belajar bahasa disebut planning strategy 
C. Salah, internalizatin strategy adalah strategi belajar dengan cara menjadikan sistem B2 sebagai rujukan dan referensi bagi dirinya 
D. Salah, communication strategy adalah pemehaman pembelajaran melalui praktek berkomunikasi secara nyata 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 36
A. Salah, practice strategy adalah pemahaman pembelajar dioptimalkan oleh seringnya berlatih menggunakan B2 baik lisan maupun tulisan 
B. Salah, planning strategi adalah mengoptimalkan keberhasilan belajar B2 dengan menyertakan kesukaan misalnya dengan musik 
C. Benar, formal strategi adalah mempermudah pemahaman melalui penciptaan rumus-rumus 
D. Salah, communication strategy. adalah pemehaman pembelajaran melalui praktek berkomunikasi secara nyata 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 37
A. Salah, anak/seseorang tidak bisa memperoleh B2 bila komponen kognitif dan sosialnya belum berkembang. 
B. Benar, pemerolehan B2 berlangsung sesudah perkembangan kognitif dan sosial seorang anak terbentuk 
C. Salah, pemerolehan B2 berlangsung sesudah perkembangan kognitif dan sosial seorang anak terbentuk, bukan bersamaan 
D. Salah, hipotesis kesamaan menjelaskan pemerolehan B2 berlangsung sesudah perkembangan kognitif dan sosial seorang anak terbentuk 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 38
A. Salah, perbedaan struktur B1 dan B2 akan mempersulit penguasaan B2 
B. Salah, kesamaan struktur B1 dan B2 akan mempermudah belajar B2 
C. Benar, kesamaan struktur B1 dan B2 akan mempermudah belajar B2 
D. Salah, kesamaan dan perbedaan struktur masing-masing bahasa sangat berpengaruh dalam belajar bahasa 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 39
A. Salah, Jika belum ada stimulus dari B2 maka B1 dapat berpengaruh pada pembelajaran B2 
B. Salah, B1 tidak memiliki kontribusi terhadap B2 jika stimulus kepada B2 tidak diberikan 
C. Benar, Semakin sering pembelajar merespon stimulus semakin cepat ia memperoleh bahasa 
D. Salah, semakin sering pembelajar merespon stimulus semakin cepat ia memperoleh bahasa bukan semakin sulit 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 40
A. Benar, input bahasa anak adalah bahasa-bahasa yang diserap anak dari lingkungan keluarganya 
B. Salah, input bahasa anak adalah bahasa-bahasa yang diserap anak dari lingkungan keluarganya, bukan piranti bahasanya 
C. Salah, input bahasa anak adalah bahasa-bahasa yang diserap anak dari lingkungan keluarganya, tidak semua bahasa yang didengarnya selama masa balita saja 
D. Salah, input bahasa anak adalah bahasa-bahasa yang diserap anak dari lingkungan keluarganya, bukan hanya yang diperdengarkan kepada orang lain saja 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 41
A. Salah, tidak ada teori input mengenai penyimpangan bahasa anak 
B. Salah, tidak ada teori input mengenai keseringan anak mengatakan sesuatu di luar yang dipahaminya 
C. Salah , bukan hanya pengawasan tetapi bahasa komunikasi sehari-hari dengan anak perlu diwaspadai 
D. Benar, Input yang baik akan menghasilkan bahasa anak yang baik, sebaliknya input yang buruk akan menghasilkan bahasa yang buruk 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 42
A. Salah, karena tujuan pembelajaran berfokus pada pembelajar bukan pada guru 
B. Salah, singkat dan mudah diterima belum tentu bermanfaat bagi kehidupan pembelajar 
C. Salah, karena bila pembelajar tidak memahami berarti tidak ada kemampuan yang diperoleh 
D. Benar, karena bahasa yang autentik adalah bahasa yang terdapat/digunakan dalam kehidupan nyata 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 43
A. Salah, bahasa yang pertama kali dikenal biasa disebut bahasa ibu, bukan pengertian bahasa primer 
B. Salah, bahasa yang memiliki urutan pertama dari salah satu bahasa yang dimiliki seseorang adalah bahasa pertama, bukan pengertian bahasa primer 
C. Benar, bahasa yang sering dipakai seseorang dalam kehidupannya sehari-hari tergolong ke dalam bahasa primer 
D. Salah, bahasa yang pertama kali dikuasai seseorang dikenal sebagai bahasa ibu, bukan pengertian bahasa primer 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 44
A. Salah, peran teori fungsional mengenai bahasa sangat berhubungat erat dengan perkembangan kognitif sebagai penyangga bahasa 
B. Salah, teori fungsional tidak pernah menyinggung penghargaan lingkungan terhadap bahasa 
C. Salah, berapa banyaknya anak mendengar bahasa, bukan berarti pengetahuan anak di dunia ini hanya sebatas mendengar saja 
D. Benar, bahwa perkembangan kognitif teori fungsional beranggapan bahwa apa yang dipelajari oleh anak tentang bahasa ditentukan oleh apa yang mereka ketahui tentang dunia ini 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 45
A. Benar, dalam belajar bahasa anak-anak lebih cepat mampu memahami dari pada menuturkan 
B. Salah, dalam belajar bahasa anak-anak lebih cepat mampu memahami dari pada menuturkan bukan sebaliknya 
C. Salah, munculnya para penulis baru yang karyanya inovati. 
D. Salah, yang ditanyakan/soal tentang komprehensi(kemampuan memahami tuturan) dan produksi bukan membandingkan antara anak dan orang dewasa 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 46
A. Salah, contoh tersebut benar untuk konsep makan, anak/bayi akan menuturkan dengan mam 
B. Salah, contoh tersebut benar untuk konsep sakit, anak/bayi akan menuturkan dengan atit 
C. Salah, contoh tersebut benar untuk konsep bukan, anak/bayi akan menuturkan dengan butan 
D. Benar, menuturkan ikan untuk konsep ikan sangat mustahil mengingat anak belum mengenal fonem /k/ 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 47
A. Salah, ketepatgunaan sebuah teori penjelasan tentang efektif 
B. Salah, butir C terkait dengan dapat diaplikasikan 
C. Salah, kebergunaan dan dapat diaplikasikan mencakup keseluruhan yaitu: berguna, efektif, dan dapat tidaknya diaplikasikan 
D. Benar, berguna artinya memiliki nilai manfaat 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 48
A. Salah, membiasakan berbahasa baik akan melahirkan kebiasaan berbahasa baik, bukan tidak dibiasakan 
B. Salah, membiasakan berbahasa baik akan melahirkan kebiasaan berbahasa baik, jadi sangat berhubungan 
C. Benar, pandangan behaviorisme didasari teori Stimulus dan respon( membiasakan berbahasa baik akan melahirkan kebiasaan berbahasa baik.) 
D. Salah, membiasakan berbahasa baik akan melahirkan kebiasaan berbahasa baik(S-R) bukan bawaan 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 49
A. Salah, yang dimaksud wilayah kajian bahasa bukan wilayah geografis 
B. Salah, terlalu luasnya wilayah kajian menyulitkan penerapan teori bahasa tersebut tidak berhubungan dengan bahasa antarsuku 
C. Benar, terlalu luasnya wilayah kajian menyulitkan penerapan teori bahasa tersebut 
D. Salah, terlalu luasnya wilayah kajian menyulitkan penerapan teori bahasa tersebut bukan berkaitan dengan rumpun bahasa 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 50
A. Salah, karakteristik pembelajar yaitu latar belakang bahasa, motivasi, intelektual dan budaya pembelajar, bukan menyangkut karakter siswa 
B. Salah, karakteristik pembelajar yaitu latar belakang bahasa, motivasi, intelektual dan budaya pembelajar, buka perlakuan keluarga terhadap pembelajar 
C. Salah, karakteristik pembelajar yaitu latar belakang bahasa, motivasi, intelektual dan budaya pembelajar, bukan yang menyangkut orang tua pembelajar 
D. Benar, karakteristik pembelajar yaitu latar belakang bahasa, motivasi, intelektual dan budaya pembelajar 



Sumber latihan mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »