Soal Latihan Mandiri Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia PBIN4301

4:00:00 pm
Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia PBIN4301 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 50 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia PBIN4301 Universitas Terbuka, jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Selamat Mengerjakan.


Soal Pilihan Ganda

Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!


1. Suatu cara pandang/perspektif seseorang dalam menyikapi sesuatu disebut .... 

 A. strategi  
 B. teknik  
 C. proses  
 D. pendekatan  

2. Pembelajaran yangmengaktifkan siswa untuk menemukan sendiri informasi dan konsep-konsep adalah pembelajaran yang menggunakan strategi .... 

 A. logis  
 B. hirarkis  
 C. induktif  
 D. deduktif  

3. Pembelajaran yang menggunakan kurikulum terstruktur dan memberi waktu yang cukup kepada siswa dalam mencapai tujuan merupakan pembelajaran dengan strategi .... 

 A. belajar eksplisit  
 B. belajar langsung  
 C. belajar tuntas  
 D. belajar diskusi  

4. Hal-hal yang dipersiapkan guru sebelum mengajar atau pada tahap prapembelajaran adalah .... 

 A. persiapan tertulis, media, dan alat pembelajaran  
 B. persiapan tertulis untuk siswa  
 C. persiapan media bagi siswa dan guru  
 D. Persiapan materi dari guru dan sekolah  

5. Komponen-komponen yang terkandung di dalam perencanaan pembelajaran adalah .... 

 A. isi pelajaran, lingkungan belajar, dan hubungan antarsiswa  
 B. pemilihan materi, strategi pembelajaran, media, pengelolaan kelas, suasana kelas, dan evaluasi pembelajaran. 
 C. guru,materi pembelajaran, strategi pembelajaran, dan lingkungan belajar  
 D. Suasana kelas, guru, sekolah, fasilitas sekolah, dan lingkungan  

6. Di dalam menyampaikan materi baru, hal yang banyak dilakukan seorang guru efektif adalah .... 

 A. pengelolaan kelas dengan baik  
 B. melaksanakan evaluasi dan remedial  
 C. memberi motivasi belajar kepada siswa  
 D. memberi contoh berdasarkan pengalaman  

7. Pelajar mandiri memiliki prinsip yang berkaitan dengan pembelajaran, yakni .... 

 A. pembelajar merencanakan sendiri dimana, bagaimana, dan kapan belajar  
 B. Pengajar tidak berperan sebagai penyampai informasi tetapi sebagai pengelola pembelajaran  
 C. ruang belajar untuk belajar mandiri tidak berupa ruang kelas  
 D. media belajar dalam belajar mandiri adalah alam sekitar  

8. Dalam menggunakan keterampilan bertanya, ada hal-hal yang harus dihindari oleh guru, satu diantarannya menunjuk siswa tertentu sebelum mengerjakan pertanyaan karena akan berakibat .... 

 A. siswa menjadi kurang serius  
 B. siswa lain enggan berpikir  
 C. timbul jawaban serentak  
 D. siswa lain tidak mau mendengarkan jawaban teman  

9. Dalam kalimat bertanya, kita harus memperhatikan hal-hal seperti pertanyaan harus diajukan jelas dan singkat, pemberian acuan, pemusatan pemindahan giliran, dan lain-lain. Prinsip-prinsip tersebut dikemukakan oleh .... 

 A. Bloom Field  
 B. Henry Guntur  
 C. Tunney  
 D. fassya  

10. Pada saat guru memberi penguatan kepada siswa, di dalamnya harus terdapat kehangatan, kebermaknaan, meghindari pemakaian respon negatif. Ketentuan ini merupakan .... 

 A. penggunaan penguatan  
 B. Hakikat penguatan  
 C. tujuan pengutan  
 D. prinsip-prinsip penguatan  

11. Guru memberi tugas kepada Andika untuk menceritakan pengalamannya ketika ke musium. Lalu Andika bercerita dengan bahasa dan intonasi yang baik. Setelah selesai, guru memberi pujian: hebat, bagus, dan terima kasih Andika! Contoh proses pembelajaran di atas menunjukkan bahwa guru sedang memberi penguatan dalam bentuk .... 

 A. verbal  
 B. nonverbal  
 C. pujian  
 D. isyarat  

12. Guru yang baik pandai menerapkan variasi dalam mengajar. prinsip-prinsip penerapan variasi yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut, kecuali .... 

 A. memiliki maksud tertentu  
 B. dapat menghabiskan waktu  
 C. melaksanakan variasi secara wajar  
 D. variasi dilakukan secara berkesinambungan  

13. Prinsip memberi penjelasan yang berkaitan dengan tingkat pemahaman siswa adalah .... 

 A. penjelasan dapat dilakukan setiap waktu  
 B. penjelasan harus memperhatikan kemampuan siswa  
 C. penjelasan harus relevan dengan tujuan pembelajaran  
 D. penjelasan harus bermakna bagi siswa  

14. Kegiatan membuka dan menutup pelajaran harus mengandung prinsip bermakna, artinya .... 

 A. kegiatan yang dilakukan mengarah pada materi dan tujuan pembelajaran  
 B. Penyajian materi dilakukan secara sistematik  
 C. Pokok-pokok sajian/materi saling terkait satu dengan lainnya  
 D. sajian harus berkaitan dengan pengalaman siswa  

15. Dalam membimbing diskusi, guru harus mampu memusatkan perhatian siswa. Salah satu hal yang dilakukan dalam memusatkan perhatian tersebut adalah .... 

 A. menetapkan tujuan diskusi  
 B. memperdalam gagasan siswa  
 C. memberi penguatan verbal dan nonverbal  
 D. mengajak siswa menilai jalannya diskusi  

16. Guru yang memiliki keterampilan mengelola kelas adalah .... 

 A. guru yang dapat menciptakan pembelajaran yang efektif  
 B. guru yang baik dapat menyajikan materi pelajaran secara sistematis  
 C. guru yang dapat menciptakan media pembelajaran  
 D. guru yang dapat menyusun kegiatan ekstrakurikuler  

17. Metode demonstrasi memiliki beberapa kelemahan, salah satunya adalah .... 

 A. dapat mengurangi kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi  
 B. menjadi tidak efektif jika tidak semua siswa dapat ikut serta  
 C. menekankan kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi ketika siswa mencoba atau mengaplikasikan pelajaran  
 D. aktif mencoba dan melakukan eksperimen  

18. Media visual yang tidak diproyeksikan adalah .... 

 A. media visual yang memerlukan cahaya atau aliran listrik  
 B. media yang berada di lingkungan sekolah  
 C. media visual yang tidak memerlukan aliran listrik  
 D. media yang berisi dialog atau wawancara  

19. Karakteristik utama media audio adalah .... 

 A. berisi rekaman-rekaman gambar  
 B. berisi rekaman-rekaman suara atau bunyi  
 C. memerlukan kamera untuk merekam  
 D. memerlukan proyektor dan layar  

20. Materi pembelajaran yang berupa sandiwara dan direkam dalam kaset disebut .... 

 A. program wicara  
 B. program wawancara  
 C. program drama audio  
 D. Program dokumenter  

21. Salah satu fungsi media televisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah .... 

 A. menyiarkan segala sesuatu yang berkaitan dengan bahasa Indonesia  
 B. media interaktif antarsesama suku bangsa Indonesia  
 C. mempromosikan buku-buku pelajaran bahasa Indonesia  
 D. memberikan segala sesuatu tentang Indonesia  

22. Seorang guru sedang membuat media berupa garis-garis dan gambar sesuai dengan yang dibutuhkan. Jenis media yang sedang dibuat guru adalah media .... 

 A. realia  
 B. grafis  
 C. transparansi  
 D. audio  

23. Kegiatan belajar kolaboratif adalah kerjasama antara dua orang atau lebih untuk .... 

 A. untuk memecahkan masalah yang paling sukar  
 B. memecahkan tujuan pembelajaran tertentu  
 C. memecahkan masalah dalam rangka mencapai tujuan tertentu  
 D. memperoleh keuntungan individu dan kelompok  

24. Salah satu prinsip utama pembelajaran kuantum adalah hargai setiap usaha, artinya .... 

 A. hargai semua usaha guru  
 B. hargai setiap usaha positif siswa  
 C. guru dan siswa harus saling menghargai  
 D. siswa yang satu harus menghargai siswa yang lain  

25. Manfaat pembelajaran kooperatif yang berkaitan dengan sikap tenggang rasa adalah .... 

 A. meningkatkan hasil belajar  
 B. meningkatkan disiplin  
 C. membina kebersamaan dan kepedulian sesama  
 D. memerlukan biaya yang relatif murah dalam penerapannya  

26. Pembelajaran tematik dalam pembelajaran bahasa pada prinsipnya adalah .... 

 A. Pembelajaran bahasa secara utuh/keseluruhan (membaca, menulis, menyimak, atau berbicara)  
 B. pembelajaran tentang unsur-unsur bahasa  
 C. pembelajaran salah satu aspek berbahasa (membaca, menulis, menyimak, atau berbicara)  
 D. pembelajaran segala sesuatu yang berkenaan dengan bahasa  

27. Tujuan diciptakannya model mengajar sosial adalah .... 

 A. membentuk masyarakat belajar  
 B. mengembangkan konsep-konsep dalam pembelajaran  
 C. mengajarkan berbagai bidang studi  
 D. menilai tujuan pendidikan  

28. Yang menjadi penekanan pada model pemrosesan informasi adalah .... 

 A. pengembangan sosial belajar  
 B. cara meningkatkan pembawaan seseorang memahami dunia  
 C. pandangan tentang harga diri individu adalah rumpun model belajar personal  
 D. modifikasi perilaku, terapi pelaku, dan cybermetic  

29. Pengertian pembelajaran bahasa bersifat kontekstual adalah .... 

 A. pembelajaran bahasa dirancang untuk menciptakan kompetensi komunikatif bagi pembelajar  
 B. pembelajaran bahasa harus berhubungan dengan kebutuhan pembelajar  
 C. pembelajaran bahasa harus disampaikan secara sistematik  
 D. pembelajaran bahasa harus merangsang siswa untuk terlibat secara penuh  

30. Dengan dasar kurikulum 2004, pembelajaran bahasa Indonesia dirancang untuk membekali siswa mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan benar sesuai tujuannya mengatakan .... 

 A. siswa mampu menggunakan bahasa Indonesia secara efektif, kognitif, dan psikomoto  
 B. memahami secar luas teori-teori bahasa Indonesia  
 C. mampu membentuk perilaku positif  
 D. meningkatkan kemampuan komunikasi  

31. Fungsi pembelajaran bahasa Indonesia dapat berfungsi secara intrinsik dan secara instrumentatif, yang dimaksud dengan fungsi intrinsik adalah .... 

 A. pengembangan sistem nilai ilmu pengetahuan dan nilai norma kedewasaan yang berlaku di masyarakat 
 B. difungsikan sebagai proses pembinaan dan pengembangan bahasa sebagai alat komunikasi  
 C. meningkatkan kemampuan komunikasi pembentuk perilaku positif dan sarana pengembangan ilmu pengetahuan dan lain-lain 
 D. memahami kaidah penggunaan bahasa Indonesia  

32. Pembelajar akan belajar bahasa dengan baik apabila ia diperlakukan sebagai individu yang memiliki kebutuhan dan minat, artinya .... 

 A. pembelajar harus diberikan kesempatan seluas-luasnya dalam menggunakan bahasa  
 B. pembelajar ditenggelamkan atau diberi pengalaman langsung ketika berbahasa  
 C. pembelajar diberi umpan balik atas hasil belajar bahasa yang diperolehnya  
 D. pembelajar harus diperlakukan sebagai individu secara utuh  

33. Guru bertanya kepada siswa. Coba Tuti, kamu beri contoh salah satu kalimat bila kamu sedang membeli buah apel di pasar. Baik Pak. Bang sekilo berapa? sambil menunjuk buah tersebut. Pendekatan yang digunakan guru dalam pembelajaran tersebut adalah .... 

 A. integratif  
 B. komunikatif  
 C. whole language  
 D. CBSA  

34. Guru menceritakan situasi yang terjadi tadi pagi. Anak-anak coba kalian dengarkan cerita Bapak. tadi pagi ketika Bapak berangkat, Bapak menyaksikan kecelakaan tabrakan antara motor dan mobil, yang terluka parah pengendara motor. Sedangkan pengendara mobil hanya mobilnya yang sedikit rusak. Korban yang terluka ditolong orang dibawa ke rumah sakit terdekat. Nah buatlah 5 buah pertanyaan berdasarkan cerita tersebut. Dalam pembelajaran ini guru menggunakan penerapan metode pembelajaran .... 

 A. berbicara  
 B. menulis  
 C. membaca  
 D. menyimak  

35. Anak-anak, ibu minta kalian tenang, berkonsentrasi. ibu akan memasang radio ini. Jam 8.00 acara siaran berita di RRI. Kalian dengarkan baik-baik. Setelah itu, Ibu akan menanyakan tentang hal-hal yang kalian dengarkan. 

Bentuk media yang digunakan guru dalam pembelajaran tersebut adalah .... 

 A. audio  
 B. video  
 C. grafis  
 D. realia  

36. sebuah kompetensi berbunyi: menyimak berita; dengan indikator: a) menyimak pokok-pokok berita, b) menyimpulkan isi berita, dan c) memberi tanggapan terhadap isi berita 

Pengalaman belajar yang tepat diberikan kepada siswa adalah ....  

 A. membaca berita; menuliskan pokok berita; menjelaskan isi berita; memberi komentar  
 B. menulis pokok-pokok berita; menjelaskan isi berita; menanggapi isi berita  
 C. menyimak berita; mendiskusikan berita; menuliskan pokok-pokok dan isi berita; memberi tanggapan 
 D. menjelaskan pengertian berita; menulis berita; me,mbacakan berita; memberi komentar  

37. Tes yang cocok untuk menguji kompetensi menyimak siswa adalah .... 

 A.ceritakan kembali isi cerpen yang kalian baca
 B. Tuliskan pengalaman kamu ketika berkunjung ke Museum Teknologi  
 C. Simak baik-baik pembacaan pantun berikut ini  
 D. Jelaskan isi berita yang kalian simak kemudian berikan komentar  

38. Di kelas terdapat siswa baru pindahan dari sekolah di luar kota. Berkaitan dengan mata pelajaran bahasa Indonesia, Pak Arman memberi tugas kepada siswa tersebut untuk memperkenalkan diri dan menceritakan pengalamannya sebelum menjadi siswa di kelas Pak Arman. 

Dalam hal ini Pak arman menggunakan metode .... 

 A. bercerita  
 B. bertanya  
 C. parafrase  
 D. melaporkan  

39. Guru memberi tugas untuk mendiskusikan sebuah tempat di lingkungan sekolah secara tertulis. 

Media yang digunakan dalam proses pembelajaran tersebut adalah ....  

 A. media gambar  
 B. media video  
 C. media nyata  
 D. media audio  

40. Untuk menilai kemampuan berbicara siswa ketika berpidato, indikator-indikator aspek bahasa yang dinilai adalah .... 

 A. gagasan, keaslian gagasan, dan dukungan data  
 B. pilihan kata, susunan kalimat, dan gaya bahasa  
 C. pelafalan, volume suara, dan dinamik  
 D. penampilan, keberanian, dan mimik  

41. Guru menyiapkan naskah yang berisi cerita yang diperankan oleh beberapa tokoh. Secara berkelompok siswa ditugasi untuk membaca dan memerankan tokoh-tokoh tersebut di depan kelas. 

Metode pembelajaran berbicara yang digunakan oleh guru tersebut adalah .... 

 A. model dramatisasi  
 B. model wawancara  
 C. model percakapan  
 D. model bercerita  

42. Siswa sedang ditugasi guru membaca sebuah wacana dengan tujuan memahami intisari bacaan dengan waktu yang ditentukan. 

Metode yang digunakan dalam pembelajaran membaca tersebut adalah 

 A. metode SQ3R  
 B. Scramble  
 C. isian rumpang  
 D. metode membaca cepat  

43. Guru membawa lembaran fotokopi sebuah cerpen yang diambil dari buku kumpulan cerpen. Secara berkelompok siswa membaca dan mendiskusikan cerpen tersebut. 

Media yang digunakan guru dalam pembelajaran membaca tersebut adalah .... 

 A. surat kabar  
 B. buku fiksi  
 C. buku nonfiksi  
 D. media nyata  

44. Siswa ditugasi menjawab beberapa pertanyaan tentang isi bacaan. Kemampuan membaca yang diukur adalah .... 

 A. kemampuan literal  
 B. kemampuan inferensia  
 C. kemampuan evaluatif  
 D. kemampuan apresiasi  

45. Guru menyiapkan wacana yang bagian-bagian tertentunya sudah dihilangkan. Siswa ditugaskan untuk melengkapi bagian yang dihilangkan. 

Model pembelajaran membaca yang digunakan guru tersebut adalah model .... 

 A. SQ3R  
 B. scramble  
 C. Isian rumpang  
 D. membaca teknik  

46. Guru memberikan kalimat-kalimat topik. siswa diminta untuk mengembangkan kalimat-kalimat topik itu menjadi paragraf-paragraf yang baik. 

Dalam pembelajaran ini guru menggunakan metode pembelajaran menulis .... 

 A. eksposisi  
 B. persuasi  
 C. argumentasi  
 D. narasi  

47. Guru meminta siswa untuk mengamati sebuah gambar secara cermat. setelah itu siswa ditugasi untuk mendeskripsikan gambar berdasarkan hasil pengamatan secara tertulis. 

Dalam pembelajaran ini media yang digunakan guru adalah .... 

 A. media lingkungan  
 B. media audio visual  
 C. media nyata  
 D. media gambar  

48. Dalam menilai kemampuan menulis siswa, guru sedang mencermati pilihan kata dan struktur kalimat yang digunakan dalam tulisannya 

 A. isi karangan  
 B. kebahasaan  
 C. teknik penulisan  
 D. organisasi karangan  

49. Guru membacakan sebuah cerpen, semua siswa mendengarkan dengan seksama. setelah selesai guru membacakan, ia menugasi siswanya untuk merangkum dari apa yang disimaknya. Setelah itu setiap siswa membacakan hasil rangkumannya di muka kelas. Pola pembelajaran berbahasa yang dilakukan guru itu adalah .... 

 A. membaca - menyimak -menulis  
 B. membaca - menulis - menyimak  
 C. menyimak - berbicara - menulis  
 D. menyimak - menulis - membaca  

50. Siswa menulis teks pidato kemudian membacakannya di depan kelas. Setelah itu siswa saling memberi masukan secara lisan 

 A. mendengar - menulis - berbicara  
 B. menulis - membaca - berbicara  
 C. membaca - berbicara - menulis  
 D. berbicara - menulis - membaca  


Untuk mengetahui jawaban anda silahkan cek pada halaman kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia PBIN4301 Universitas Terbuka


Sumber latihan mandiri Universitas Terbuka


Artikel Terkait

Previous
Next Post »