Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Bahasa Indonesia PBIN4303 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 50 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Bahasa Indonesia PBIN4303 Universitas Terbuka, jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Selamat Mengerjakan.
Soal Pilihan Ganda
Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!
1. Berikut ini merupakan pengertian kurikulum yang tertera dalam UU No. 2 tahun 1989, yaitu ....
A. Segala upaya sekolah untuk mempengaruhi siswa supaya belajar, baik dalam ruang kelas, di halaman sekolah, maupun di luar sekolah
B. Kurikulum sebagai suatu ide
C. semua kegiatan yang diberikan kepada siswa di bawah tanggung jawab sekolah
D. seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penylenggaraan kegiatan belajar-mengajar.
2. Salah satu peranan kurikulum adalah peranan kreatif yang menekankan bahwa....
A. kurikulum dapat dijadikan sarana untuk mentransmisikan nilai-nilai warisan budaya masa lalu yang dianggap masih relevan dengan masa kini
B. kurikulum dapat menilai dan memilih nilai dan budaya serta pengetahuan baru yang akan diwariskan
C. Kurikulum harus mampu mengembangkan sesuatu yang baru sesuai dengan perkembangan zaman
D. kurikulum harus turut aktif berpartisi[asi dalam kontrol atau filter sosial
3. Fungsi integrasi mengandung makna bahwa kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu ....
A. menghasilkan pribadi-pribadi yang utuh
B. mempersiapkan siswa untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan berikutnya
C. memberi pelayanan terhadap perbedaan individu siswa
D. mengarahkan siswa agar mampu menyesuaikan diri dengan lingkunganya
4. Salah satu komponen penunjang kurikulum adalah ....
A. materi/isi
B. sistem bimbingan dan penyuluhan
C. evaluasi
D. strategi pembelajaran
5. Yang dimaksud dengan tujuan nasional adalah ....
A. tujuan yang diharapkan dicapai oleh suatu lembaga pendidikan
B. tujuan tingkat bawah yang harus dicapai setelah suatu proses pembelajaran
C. tujuan yang ingin dicapai secara nasional yang dilandasi oleh falsafah suatu negara
D. penjabaran dari tujuan institusional yang berisi program-program pendidikan yang menjadi sasaran suatu bidang studi atau mata kuliah
6. Berikut ini yang merupakan kriteria dalam melakukan pemilihan isi/materi kurikulum adalah....
A. isi kurikulum harus sesuai dengan minat siswa
B. isi kurikulum harus memenuhi kebutuhan sekolah
C. isi kurikulum harus disesuaikan dengan pengalaman guru
D. isi kurikulum tidak dapat dipelajari
7. Salah satu prinsip pembelajaran adalah mengembangkan keterampilan memecahkan masalah. Prinsip ini menuntut siswa ....
A. berhasil menguasai materi pelajaran
B. memperoleh informasi secara mandiri dan kreatif
C. melatih kepekaan dan keingintahuan terhadap segala hal
D. menjadi manusia kritis yang dapat memecahkan masalah yang dihadapinya
8. Kurikulum perlu dikembangkan dengan tujuan agar dapat menghadapi dan mengantisipasi ....
A. Kebutuhan siswa
B. kebutuhan guru
C. kebutuhan sekolah
D. kebutuhan orang tua siswa
9. Dalam mengembangkan kurikulum, landasan sosiologis sangat penting untuk mengarahkan kajian mengenai kurikulum yang dikaitkan dengan.....
A. filsafat
B. kebudayaan
C. perilaku siswa
D. perilaku manusia
10. Salah satu prinsip pengembangan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) adalah penguasaan integritas nasional. Prinsip ini mengharuskan kurikulum sebagai alat pendidikan hendaknya dapat ...
A. memberi peluang yang sama untuk memperoleh pengalaman belajar
B. memperkuat kehidupan nasional dengan saling menghargai terhadap perbedaan dan keragaman
C. memberi pengalaman kehidupan nyata agar siswa memiliki kesiapan untuk melaksanakan tugas-tugas kehidupan yang akan dihadapannya
D. memberikan kesempatan pada siswa untuk memperoleh pengalaman belajar yang seimbang antara pengetahuan, sikap, dan keterampilan serta sebagai manusia ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
11. Pernyataan yang menjelaskan pendekatan administratif dalam pengembangan kurikulum adalah ....
A. pengembangan kurikulum muncul atas inisiatif para pejabat pendidikan
B. pengembangan kurikulum diawali dari keresahan guru tentang kurikulum yang berlaku
C. pengembangan kurikulum yang bertitik tolak dari mata pelajaran sebagai suatu disiplin ilmu
D. pengembangan kurikulum yang bertitik tolak dari suatu masalah tertentu dalam masyarakat atau lingkungan sekolah
12. Berikut ini yang bukan merupakan prinsip pengembangan kurikulum 2004 adalah ....
A. Peningkatan keimanan, budi pekerti luhur, dan penghayatan nilai-nilai budaya
B. Keseimbangan etika, logika, estetika, dan kinestetika
C. penguatan integritas nasional
D. Kesatuan dalam kebijakan dan keberagaman dalam pelaksanaan
13. Standar kompetensi lulusan SMP yang berkaitan dengan lingkungan adalah ....
A. menyenangi dan menghargai seni
B. berpikir secara logis, kritis, kreatif,dan inovatif
C. menjalankan hak dan kewajiban untuk berkarya dan memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab
D. menjalani pola hidup bersih, bugar, dan sehat
14.Tugas kepala sekolah sebagai tenaga kependidikan adalah ....
A. melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan, dan pelayanan profesional untuk menunjang pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada satuan pendidikan
B. merencanakan proses pembelajaran dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran
C. melaksanakan proses pembelajaran dalam rangka menerapkan rencana pembelajaran
D. mengevaluasi pelaksanaan dan pengelolaan pendidikan dalam rangka mengukur keberhasilan proses dan hasil belajar
15. Berikut ini yang bukan merupakan ciri pembelajaran life skills adalah ....
A. terjadi proses penguasaan kecakapan personal, sosial, akademik, manajerial, dan kewirausahaan
B. terjadi proses identifikasi kebutuhan belajar
C. terjadi proses penyadaran untuk hidup mandiri
D. terjadi proses pemberian pengalaman dalam melakukan pekerjaan
16. Manfaat keterampilan melek informasi bagi seorang siswa adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. terbiasa belajar meneliti sesuatu dengan strategi ilmiah
B. rajin menyimak dan berbicara
C. menambah pengetahuan dan wawasan siswa
D. menambah kecerdasan siswa
17. kegiatan berikut yang termasuk contoh kegiatan pelaksanaan keterampilan melek informasi adalah ....
A. menonton sebuah pertunjukan drama
B. mendiskusikan isi drama yang ditontonnya
C. memerankan tokoh dalam sebuah naskah drama
D. membuat resensi novel
18. Kelemahan utama model pengembangan rencana pembelajaran Gerlach dan Ely adalah ....
A. setiap guru dapat dengan mudah mengerti dan mengikuti langkah-langkah yang harus diikuti
B. mendorong guru untuk tetap memakai model yang telah dilakukan selama ini
C. menyusun rumusan tujuan husus secara hierarkis
D. guru dapat mudah mengerti dan mengikuti langkah-langkah yang harus dilaksanakan
19. Berikut ini yang bukan merupakan pengertian kegiatan ekstarakurikuler adalah ....
A. kegiatan yang dilaksanakan di luar jam pelajaran
B. kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan secara efisien dan efektif untuk mencapai kompetensi yang ditentukan
C. kegiatan yang bertujuan untuk menunjang keberhasilan program intrakurikuler
D. program pengayaan dan perbaikan sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sekolah
20. Pernyataan berikut ini yang benar adalah ....
A. program ekstrakurikuler bersifat tidak wajib dan tidak mengikat
B. program ekstrakurikuler bersifat tidak wajib dan mengikat
C. program intrakurikuler bersifat tidak wajib dan tidak mengikat
D. program intrakurikuler bersifat tidak wajib dan mengikat
21. Berikut ini yang merupakan contoh kegiatan ekstrakurikuler yang berhubungan dengan pembinaan hidup sehat dan kesegaran jasmani adalah ....
A. kegiatan paskibraka
B. kegiatan pramuka
C. kegiatan PMR (Palang Merah Remaja)
D. kegiatan bakti sosial
22. Berikut ini yang merupakan pengertian perencanaan pembelajaran adalah ....
A. Program pembelajaran yang berisi tentang apa dan bagaimana mengajarkan serta menilai proses dan hasil belajar
B. cermin kemampuan peserta didik dalam memenuhi suatu tahapan pencapaian pengalaman belajar dalam suatu kompetensi dasar
C. seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai kompetensi dasar
D. rincian hasil belajar secara spesifik
23. Berikut ini yang merupakan pengertian silabus adalah ....
A. proses penyusunan materi pelajaran, penggunaan media pengajaran, penggunaan pendekatan, metode pengajaran, dan penilaian hasil belajar
B. cermin kemampuan peserta didik dalam memenuhi suatu tahapan pencapaian pengalaman belajar dalam suatu kompetensi dasar
C. seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai kompetensi dasar
D. rincian hasil belajar secara spesifik
24. Hal yang dituntut dalam kurikulum guna memenuhi keseimbangan etika peserta didik adalah ....
A. menanamkan cara berpikir kreatif dan inovatif
B. menanamkan nilai-nilai rasa dan karsa
C. menanamkan/melatih kemampuan psikomotor
D. menanamkan nilai-nilai moral dan sosial
25. Salah satu tujuan pembelajaran bahasa Indonesia adalah siswa memahami bahasa Indonesia dari segi berikut, kecuali ....
A. fungsi
B. tujuan
C. bentuk
D. makna
26. Salah satu fungsi mata pelajaran bahasa Indonesia adalah ....
A. siswa memiliki disiplin dalam berpikir dan berbahasa
B. sarana pembinaan kesatuan dan persatuan bangsa
C. siswa menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia
D. siswa menghargai dan membanggakan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa negara
27. makna kompetensi dalam kurikulum adalah ....
A. suatu harapan yang berorientasi pada siswa
B. berbagai kemampuan berbahasa yang diperoleh melalui tahapan-tahapan
C. suatu kinerja yang melibatkan pengetahuan dan keterampilan berbahasa
D. suatu proses dalam mencapai kemampuan berbahasa dengan satu fokus bahan pembelajaran
28. Di dalam rambu-rambu pembelajaran disebutkan bahwa kurikulum berbasis kompetensi disajikan dalam empat komponen berikut, kecuali ....
A. standar kompetensi
B. kompetensi dasar
C. media pembelajaran
D. materi pokok
29. Kompetensi dasar : Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog dalam naskah drama.
Aspek pembelajaran yang terdapat pada kompetensi dasar tersebut adalah ....
A. menyimak
B. berbicara
C. membaca
D. menulis
30. Kompetensi Dasar : Menanggapi hal yang menarik dari kutipan novel remaja.
Berdasarkan kompetensi dasar tersebut, keterampilan berbahasa yang dominan akan diperoleh sebagai hasil belajar adalah ....
A. menyimak dan membaca
B. menyimak dan menulis
C. berbicara dan menulis
D. berbicara dan membaca
31. Kompetensi dasar berikut ini yang didalamnya terdapat pembelajaran menyimak adalah ....
A. menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat
B. menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra dengan teknik membaca cepat
C. menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk paragraf naratif
D. menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita)
32. Kompetensi dasar berikut ini yang didalamnya terdapat pembelajaran berbicara adalah ....
A. menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama
B. menganalisis pementasan drama berdasarkan teknik pementasan
C. membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan dengan hikayat
D. mengekspresikan perilaku dan dialog tokoh protagonis dan atau antagonis
33. Kompetensi dasar berikut ini yang didalamnya terdapat pembelajaran membaca adalah ....
A. menulis rangkuman/ringkasan isi buku
B. menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengarkan
C. membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam
D. membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat
34. Kompetensi dasar yang menuntut siswa berlatih menulis adalah ....
A. menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam sastra Melayu klasik
B. mengidentifikasi alur, penokohan, dan latar dalam cerpen yang dibacakan
C. mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama
D. mendeskripsikan perilaku manusia melalui naskah drama
35. Kompetensi Dasar : menyusun percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan
Berdasarkan kompetensi dasar tersebut maka standar kompetensi dalam pembelajaran tersebut adalah ....
A. mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk dialog
B. mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan
C. mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk pengumuman
D. mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk laporan
36. Contoh indikator berikut ini yang di dalamnya terdapat pembelajaran berbicara adalah ....
A. membuat laporan hasil pengamatan
B. membacakan laporan hasil pengamatan
C. mengomentari laporan hasil pengamatan yang dibacakan
D. mendengarkan laporan hasil pengamatan
37. Indikator yang melatih siswa kemampuan membaca siswa adalah
A. mendengarkan pembacaan sebuah berita
B. mengomentari pembacaan sebuah berita
C. membacakan sebuah berita
D. menulis sebuah berita
38. Indikator yang mengandung pengalaman belajar bemulis adalah ....
A. merancang bentuk surat undangan
B. mendiskusikan isi surat undangan
C. membuat surat undangan
D. mengomentari isi surat undangan
39. Contoh kegiatan pembelajaran aspek kemampuan mendengarkan karya sastra adalah ....
A. memparafrasekan sebuah puisi
B. mendengarkan pembacaan sebuah puisi
C. memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
D. membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
40. Berikut ini yang termasuk teknik pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah....
A. audiolingual
B. bisik berantai
C. terjemah
D. membaca
41. Kegiatan berikut ini yang termasuk contoh kegiatan membuka pelajaran yang dilakukan seorang guru adalah ....
A. menginformasikan tujuan/kompetensi
B. menjawab pertanyaan siswa
C. menerangkan materi pembelajaran
D. menyimpulkan materi pembelajaran
42. Kegiatan berikut ini yang bukan termasuk contoh kegiatan inti pembelajaran yang dilakukan siswa adalah ....
A. berdiskusi secara berkelompok
B. menerangkan materi pelajaran
C. menjawab pertanyaan guru
D. mengerjakan sosl latihan
43. Kegiatan pembelajaran
1.siswa membaca teks sebuah puisi
2.berdiskusi tentang unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam
3.menyampaikan laporan hasil diskusi di depan kelas
4.guru memberikan umpan balik
5.menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dijelaskan oleh guruberdasarkan kegiatan pembelajaran tersebut, yang termasuk kegiatan menutup pembelajaran adalah ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 5
44. Indikator: Siswa menuliskan isi berita yang didengarnya ke dalam beberapa kalimat
Berdasarkan indikator tersebut, media yang tepat digunakan di dalam kegiatan pembelajaran adalah....
A. TV
B. internet
C. koran
D. majalah
45. Di dalam kegiatan membuka pembelajaran terdapat salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh guru yaitu kegiatan memotivasi siswa dengan tujuan agar siswa ....
A. memiliki semangat dan bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas-tugas yang akan diberikan
B. mengetahui kompetensi yang akan dicapai setelah proses pembelajaran
C. mudah menyelesaikan tugas latihan dan soal-soal tes
D. mengetahui manfaat apa yang akan diperoleh setelah melakukan kegiatan
Petunjuk soal No. 46 sampai 50
A. Pilihan No. 1 dan No. 2 Benar
B. Pilihan No. 1 dan No. 3 Benar
C. Pilihan No. 2 dan No. 3 Benar
D. Pilihan No. 1, No. 2 dan No. 3 Benar
46. Salah satu faktor keberhasilan kegiatan ekstrakurikuler adalah sumber daya manusia yang meliputi ....
1) orang tua siswa
2) kepala sekolah
3) guru-guru
47. Berikut ini yang termasuk komponen identitas mata pelajaran yang terdapat dalam format persiapan mengajar (satuan pelajaran) adalah ....
1) nama mata pelajaran
2) kelas dan semester
3) kompetensi dasar
48. Kompetensi dasar : mengidentifikasi unsur cerita tentang cerita rakyat yang didengarnya
Indikator dari kompetensi dasar pembelajaran menyimak tersebut adalah ....
1) menyimak pembacaan cerita rakyat
2) mengidentifikasi unsur intrinsik dari cerita rakyat yang didengarkan
3) menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan isi cerita rakyat yang didengarkan
49. Salah satu indikator penilaian membaca karya sastra adalah intonasi yang meliputi aspek ....
1) alunan nada
2) tekanan nada
3) tinggi rendah nada
50. Berikut ini yang merupakan indikator penilaian keterampilan menulis adalah ....
1) penggunaan ejaan dan tanda baca
2) kejelasan lafal dan intonasi
3) penggunaan struktur kalimat
Untuk mengetahui jawaban anda silahkan cek pada halaman kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Bahasa Indonesia PBIN4303 Universitas Terbuka
Sumber latihan mandiri Universitas Terbuka
ConversionConversion EmoticonEmoticon