Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia PBIN4301 Universitas Terbuka yang berisi 50 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia PBIN4301. Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 1
Jawaban A salah. Strategi adalah perencanaan yang disusun/dirancang secara cermat dalam rangka mencapai tujuan
Jawaban B salah. Teknik adalah kiat atau cara yang dipilih untuk melaksanakan suatu kegiatan
Jawaban C salah. Proses adalah alur kegiatan dalam memperoleh hasil/produk
Jawaban D benar. Cara pandang/pandangan seseorangdalam menyikapi sesuatu disebut pendekatan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 2
Jawaban A salah. Logis adalah bernalar menurut logika
Jawaban B salah. hirarkis bernalar secara sistematik
Jawaban C benar. Dalam pembelajaran, guru tidak memberi contoh terlebih dahulu tapi siswa akhirnya menemukan sendiri maka pendekatan ini disebut pendekatan induktif
Jawaban D salah. Deduktif adalah penalaran dari hal yang khusus ke hal-hal yang umum
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 3
Jawaban a salah. Pembelajaran eksplisit adalah pembelajaran yang menuntut guru memberi perhatian kepada siswanya
Jawaban B salah. Pembelajaran langsung memiliki empat komponen, yaitu: 1. penentuan tujuan; 2. pembelajaran dipimpin oleh guru; 3. monitoring hasil belajar yang cermat; 4. metode organisasi dan pengelolaan kelas.
Jawaban C benar. Penekanan belajar tuntas penggunaan kurikulum terstruktur dan pencapaian tujuan
Jawaban D salah. Belajar diskusi berbeda dengan belajar tuntas
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 4
Jawaban A benar. Hal-hal tersebut merupakan komponen-komponen yang dipersiapkan sebelum pembelajaran
Jawaban B salah. Persiapan tertulis akan digunakan oleh guru, bukan diberikan kepada siswa
Jawaban C salah. Hal tersebut hanya satu dari tiga yang diperlukan
Jawaban D salah. Materi pelajaran tidak dipersiapkan oleh sekolah
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 5
Jawaban A salah. Isi pelajaran, lingkungan, dan hubungan antarsiswa hanya bagian kecil dari persiapan pembelajaran
Jawaban B benar. Hal-hal tersebut merupakan komponen-komponen pembelajaran
Jawaban C salah. Guru, materi pembelajaran, strategi pembelajaran, dan lingkungan belajar bagian dari persiapan proses belajar
Jawaban D salah. Suasana kelas, guru, sekolah, fasilitas sekolah, dan lingkungan tidak tercantum dalam perencanaan pembelajaran
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 6
Jawaban A salah. Kegiatan mengelola kelas berada di luar kegiatan menyajikan materi
Jawaban B salah. Evaluasi dilaksanakan setelah penyajian materi
Jawaban C salah. Memberi motivasi sebaiknya dilaksanakan sebelum penyajian materi
Jawaban D benar. Guru yang efektif selalu memberi contoh konkret dalam menyajikan materi
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 7
Jawaban A benar. Pebelajar yang belajar mandiri dapat menyusun rencana kegiatan belajar sendiri
Jawaban B salah. Prinsip pengajar pada belajar mandiri bukan prinsip yang berkaitan dengan pebelajar
Jawaban C salah. Berkaitan dengan ruang belajar, bukan dengan pebelajar.
Jawaban C salah. Berkaitan dengan media, bukan dengan pebelajar
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 8
Jawaban A salah disebabkan guru terlalu sering mengulang pertanyaan
Jawaban B benar disebabkan guru telah menunjuk seorang siswa untuk menjawab
Jawaban C salah disebabkan guru mengajukan pertanyaan kepada seluruh siswa
Jawaban D salah disebabkan guru selalu mengulang jawaban siswa
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 9
Jawaban A salah. Hal-hal pengajuan pertanyaan pemberian acuan bukan pendapat Bloom Field
Jawaban B salah. hal-hal itu bukan pendapat Henry Guntur
Jawaban C benar. Menurut Tunney, kalimat tanya yang diajukan guru harus jelas, singkat, diberi acuan, pemusatan giliran secara tepat
Jawaban D salah. fassya tidak mengemukakan hal-hal yang menyangkut syarat-syarat kalimat tanya
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 10
Jawaban A salah. Penggunaan penguatan meliputi hal-hal meningkatkan perhatian siswa, memudahkan siswa belajar, dan seterusnya.
Jawaban B salah. Hakikat penguatan respons terhadap suatu perilaku yang dapat meningkatkan kemungkinan terulangnya kembali perilaku tersebut
Jawaban C salah. Tujuan penguatan untuk meningkatkan kemungkinan terulangnya kembali perilaku yang lalu.
Jawaban D benar. Kehangatan dan kebermaknaan dalam proses pembelajaran adalah hal-hal yang menyangkut prinsip-prinsip penguatan.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 11
Jawaban A benar. Penguatan verbal contohnya: pujian, seperti kata bagus, hebat, terima kasih, dan lain-lain
Jawaban B salah. Penguatan nonverbal adalah penguatan yang tidak menggunakan kata-kata tetapi dengan anggukan, senyuman, acungan jempol, dan lain-lain
Jawaban C salah. Pujian bagian dari penguatan verbal
Jawaban D salah. Isyarat merupakan bagian dari penguatan nonverbal
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 12
Jawaban A salah. Bukan opsi pengecualian, termasuk satu dari empat prinsip penerapan variasi
Jawaban B benar. opsi pengecualian, tidak termasuk prinsip menerapkan variasi
Jawaban C salah. Bukan opsi pengecualian
Jawaban d salah. Bukan opsi pengecualian
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 13
Jawaban A salah. Prinsip memberi penjelasan yang berkaitan dengan waktu
Jawaban B benar. Prinsip penjelasan yang berkaitan dengan kemampuan siswa dalam memahami
Jawaban C salah. Prinsip penjelasan yang berkaitan dengan tujuan pembelajaran
Jawaban D salah. Prinsip memberi penjelasan yang berkaitan dengan kebermaknaan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 14
Jawaban A benar. Prinsip membuka dan menutup pelajaran yang bermakna harus dapat menarik perhatian, motivasi siswa, berkaitan dengan materi dan tujuan pembelajaran
Jawaban B salah. Penyajian materi dilakukan pada kegiatan inti
Jawaban C salah. Pokok-pokok materi berkaitan dengan penyajian
Jawaban D salah. Jelas bukan membuka dan menutup pelajaran
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 15
Jawaban A benar. Menetapkan tujuan diskusi merupakan salah satu cara guru memusatkan perhatian siswa
Jawaban B salah. Memperdalam gagasan siswa dilakukan ketika menjelaskan masalah
Jawaban C salah. kegiatan ini dilakukan untuk menunjukkan kontribusi siswa
Jawaban D salah. Kegiatan ini dilakukan ketika menutup diskusi
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 16
Jawaban A benar. pengelolan kelas yang baik akan menciptakan pembelajaran menjadi efektif
Jawaban B salah. Penyajian materi berkaitan dengan pemilihan dan penggunaaan metode
Jawaban C salah. Media pembelajaran tidak harus diciptakan oleh guru dan tidak berkaitan dengan pengelolaan kelas
Jawaban D salah. Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilaksanakan di luar jam pelajaran
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 17
Jawaban A salah. Perhatian siswa dapat terpusat
Jawaban B benar. Tidak efektif jika siswa tidak hadir semua
Jawaban C salah. dapat menekankan kesalahan-kesalahan ketika siswa mencoba atau mengaplikasikan pelajaran
Jawaban D salah. Kelebihan adalah siswa turut aktif dalam pembelajaran
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 18
Jawaban A salah. Pernyataan tersebut merupakan definisi media visual yang diproyeksikan
Jawaban B salah. Pernyataan tersebut merupakan devinisi media realia
Jawaban C benar. Pernyataan tersebut adalah definisi media visual yang tidak diproyeksikan
Jawaban D salah. Pernyataan tersebut menjelaskan tentang media audio
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 19
Jawaban A salah. media yang berisi rekaman gambar adalah media visual
Jawaban B benar. media audio berisi materi yang disuarakan untuk didengarkan
Jawaban C salah. Untuk membuat media audio tidak memerlukan kamera
Jawaban D salah. Untuk membuat dan menggunakan media audio tidak memerlukan proyektor dan layar
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 20
Jawaban A salah. program wicara bukan program audio yang berupa sandiwara
Jawaban B salah. Program wawancarapun tidak termasuk program audio berupa sandiwara
Jawaban C benar. Program audio yang berupa sandiwara adalah program drama audio
Jawaban C salah. Program dokumenter tidak termasuk dalam bentuk program audio yang berupa sandiwara
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 21
Jawaban A benar. Siaran televisi yang berisi tentang bahasa Indonesia dapat menjadi materi pelajaran bahasa
Jawaban B salah. Pernyataan tersebut tentang suku bangasa bukan tentang pembelajaran bahasa Indonesia
Jawaban C salah. Promosi buku tidak dapat dijadikan materi pelajaran melainkan penjualan
Jawaban D salah. Tentang Indonesia berarti tentang keadaan negara Indonesia bukan tentang bahasa Indonesia
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 22
Jawaban A salah. media realia adalah media nyata atau hidup
Jawaban B benar. Media grafis berupa garis, tulisan, gambar tebal atau grafik
Jawaban C salah. Media transparasi memerlukan aliran listrik, proyektor, dan layar
Jawaban D salah. Media audio adalah media yang digunakan untuk didengarkan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 23
Jawaban A salah. Kegiatan tersebut terdapat pada pembelajaran kuantum
Jawaban B salah. Tidak ada kegiatan untuk memecahkan tujuan
Jawaban C benar. Hakikat belajar kolaboratif adalah memecahkan masalah bersama untuk mencapai tujuan tertentu
Jawaban D salah. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan dalam pembelajaran kooperatif
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 24
Jawaban A salah. Prinsip ini tidak ditujukan kepada guru
Jawaban B benar. Penghargaan ditujukan pada setiap usaha siswa
Jawaban C salah. Penghargaan di sini tidak berkaitan dengan harga diri
Jawaban D salah. serupa dengan opsi C
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 25
Jawaban A salah. hasil belajar tidak berkaitan dengan sikap tenggang rasa
Jawaban B salah. Disiplin berkaitan dengan tata tertib bukan tenggang rasa
Jawaban C benar. Tenggang rasa berkaitan dengan hubungan antarsesama
Jawaban D salah. Tenggang rasa tidak berkaitan dengan biaya
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 26
Jawaban A benar. Tema berfungsi sebagai pengingat dalam menerampilkan siswa berbahasa
Jawaban B salah. Tematik dalam bahasa tidak memisahkan satu unsur dengan unsur yang lain
Jawaban C salah. Tematik juga berfungsi menyatakan aspek-aspek berbahasa
Jawaban D salah. Pembelajaran bahasa di sekolah tidak mempelajari pengetahuan bahasa apapun modelnya
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 27
Jawaban A benar. Rumpun model mengajar sosial diciptakan untuk membentuk masyarakat belajar
Jawaban B salah. Mengembangkan konsep dalam pembelajaran adalah model pemrosesan informasi
Jawaban C salah. Mengajarkan berbagai bidang studi adalah model berpikir induktif
Jawaban D salah. Menilai tujuan pendididkan adalah model pemrosesan informasi
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 28
Jawaban A salah. Pengembangan sosial belajar adalah model rumpun model sosial
Jawaban B benar. Model pemrosesan informasi menekankan pada cara meningkatkan pembawaan seseorang dalam memahami dunia
Jawaban C salah. Pandangan tentang harga diri adalah model belajar personal
Jawaban D salah. Modifikasi, perilaku, terapi perilaku, dan cybermetic adalah istilah dari dasar teoretik sistem perilaku
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 29
Jawaban A salah. Pembelajaran bahasa yang bersifat komunikatif
Jawaban B benar. Kontekstual bermakna ada hubungannya situasi atau kehidupan sehari-hari
Jawaban C salah. Pembelajaran bahasa yang bersifat sistematis
Jawaban D salah. pembelajaran bahasa yang bersifat aktif
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 30
Jawaban A benar. Tujuan pembelajaran bahasa dalam kurikulum 2004 adalah siswa mampu menggunakan nbahasa Indonesia secara efektif, kognitif, dan psikomotor
Jawaban B salah. Manfaat pembelajaran bahasa memahami teori-teori bahasa secara luas
Jawaban C salah. Mampu membentuk perilaku positif adalah manfaat belajar bahasa
Jawaban D salah. Manfaat pembelajaran bahasa meningkatkan kemampuan berkomunikasi
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 31
Jawaban A salah. Pengembangan sistem nilai ilmu dan norma kedewasaan yang berlaku di masyarakat adalah manfaat pembelajaran bahasa Indonesia
Jawaban B benar. Fungsi pembelajaran bahasa secara intrinsik adalah sebagai proses pembinaan dan pengembangan bahasa sebagai alat komunikasi
Jawaban C salah. Pernyataan jawaban B adalah manfaat praktis dari pembelajaran bahasa Indonesia
Jawaban D salah. Salah satu sifat bahasa Indonesia (bersifat sistematis)
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 32
Jawaban A salah. Prinsip pemberian kesempatan berbahasa (prinsip 2)
Jawaban B salah. Prinsip pemberian pengalaman (prinsip 5)
Jawaban C salah. Prinsip pemberian umpan balik (prinsip 7)
Jawaban D benar. Prinsip kebutuhan dan minat berbahasa (prinsip 1)
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 33
Jawaban A salah karena tidak tampak keterpaduan dalam kegiatan berbahasa
Jawaban B salah karena bahasa digunakan dalam kegiatan komunikasi
Jawaban C salah karena tidak tampak ciri-ciri kelas whole language
Jawaban D benar karena tidak tampak aktivitas dan kreativitas siswa secara nyata
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 34
Jawaban A salah. Metode pembelajaran berbicara lebih menekankan siswa untuk terampil berbicara
Jawaban B salah. Metode pembelajaran menulis melatih dengan menugasi siswa menulis
Jawaban C salah. Metode pembelajaran membaca lebih ditekankan pada pemahaman siswa terhadap bacaan
Jawaban D benar. siswa berusaha memahami cerita guru
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 35
Jawaban A benar. Sumber belajar yang diambil dari siaran radio berupa audio
Jawaban B salah. Video adalah media yang berupa gambar rekaman
Jawaban C salah. Grafis adalah media yang berupa tulisan, garis, atau bagan-bagan
Jawaban D salah. Realia adalah media nyata yang terdapat di alam
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 36
Jawaban A salah. Dilihat dari kompetensi siswa diharapkan terampil menyimak bukan membaca
Jawaban B salah. Dilihat dari kompetensi siswa diharapkan terampil menyimak bukan menulis
Jawaban C benar. siswa dilatih untuk terampil menyimak
Jawaban D salah. Tidak sesuai dengan kompetensi dan indikator yaitu terampil menyimak berita
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 37
Jawaban A salah. Tes kemampuan membaca
Jawaban B salah. Tes kemampuan menulis
Jawaban C salah. Rumusan kegiatan belajar, bukan evaluasi
Jawaban D benar. mengukur kemampuan menyimak berita
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 38
Jawaban A benar. siswa bercerita tentang pengalaman
Jawaban B salah. guru tidak bertanya tentang sesuatu
Jawaban C salah. Parafrase: mengubah bentuk wacana ke bentuk lain
Jawaban D salah. Melaporkan: ada satu kegiatan/acara yang dilaporkan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 39
Jawaban A salah. Media gambar membentuk cerita dengan melihat dan memahami maksud gambar-gambar yang diperlihatkan gurunya
Jawaban B salah. Media video adalah media visual yang menggunakan elektronik
Jawaban C benar. Lingkungan merupakan salah satu jenis media yang nyata (dilihat dan dirasakan)
Jawaban D salah. Media audio adalah media yang berkaitan dengan alat dengar
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 40
Jawaban A salah. Indikator-indikator tersebut merupakan indikator aspek isi pidato
Jawaban B benar. pilihan kata, susunan kalimat, dan gaya bahasa indikator aspek kebahasaan
Jawaban C salah. Indikator-indikator tersebut merupakan indikator aspek nonkebahasaan
Jawaban D salah. Indikator-indikator tersebut merupakan indikator aspek nonkebahasaan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 41
Jawaban A benar. Beberapa siswa memerankan tokoh dalam cerita, artinya melakukan dramatisasi
Jawaban B salah. Wawancara hanya dilakukan oleh dua orang siswa
Jawaban C salah. Model percakapan menekankan masalah percakapan, tetapi pada dramatisasi menekankan masalah dan karakter tokoh.
Jawaban D salah. Bercerita dilakukan oleh satu orang (siswa) yang berperan sebagai pengarang dan juga tokoh-tokoh cerita
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 42
Jawaban A salah. metode SQ3R adalah metode membaca secara prosedural
Jawaban B salah. Metode scramble adalah belajar membaca dengan cara menyusun huruf, kata, kalimat, atau paragraf menjadi kata, kalimat, atau wacana yang baik
Jawaban C salah. Metode isian rumpang adalah untuk melatih keterampilan membaca siswa dengan cara mengisi bagian-bagian wacana yang dirumpangkan atau dikosongkan
Jawaban D benar. Metode membaca cepat melatih siswa memahami intisari atau isi bacaan dengan waktu yang ditetapkan (cepat)
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 43
Jawaban A salah. Dalam pembelajaran tersebut guru tidak menggunakan surat kabar
Jawaban B benar. Guru menggunakan cerpen dari buku kumpulan cerpen. Cerpen merupakan satu dari sekian banyak karya fiksi
Jawaban C salah. perhatikan rambu B
Jawaban D salah. Media nyata berupa benda-benda atau makhluk yang ada di alam
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 44
Jawaban A benar. Kemampuan literal adalah kemampuan memahami segala sesuatu yang tertuang secara tersurat (literal) dalam bacaan
Jawaban B salah. Kemampuan inferensia adalah kemampuan memahami isi teks yang tersirat (tidak langsung berkaitan dengan teks)
Jawaban C salah. Kemampuan evaluatif adalah kemampuan menilai isi teks
Jawaban D salah. Kemampuan apresiasi adalah kemampuan menghargai isi teks
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 45
Jawaban A salah. SQ3R adalah model pembelajaran membaca ini untuk membaca tingkat lanjut karena siswa harus dapat menilai hasil bacaannya
Jawaban B salah. Scramble adalah model pembelajaran membaca sambil bermain dengan cara mengurutkan susunanya kembali
Jawaban C benar. Model isian rumpang adalah model pembelajaran membaca yang salah satunya melengkapi bacaan
Jawaban D salah. membaca teknik adalah model pembelajaran yang mengutamakan teknik membaca, yaitu intonasi, tanda baca, dan lain-lain
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 46
Jawaban A salah. metode yang tepat dalam pembelajaran menulis eksposisi menggunakan paragraf-paragraf pendek yang diacak
Jawaban B salah. Metode yang tepat dalam pembelajaran menulis persuasi adalah meniru model
Jawaban C salah.. Metode yang tepat dalam pembelajaran menulis argumentasi adalah memberikan pertanyaan-pertanyaan bimbingan kepada siswa
Jawaban D benar. Pembelajaran menulis narasi memberikan/menyediakan kalimat-kalimat topik untuk dikembangkan oleh siswa merupakan metode yang baik dalam berlatih menulis narasi
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 47
Jawaban A salah. Karena dengan media lingkungan yang menjadi objek tulisan adalah alam sekitar siswa
Jawaban B salah. Media audio visual adalah sesuatu yang didengar dan dilihat (pertunjukan) yang menjadi objek pembelajaran menulis
Jawaban C salah. media nyata adalah objek berupa orang, benda, atau makhluk lain yang menjadi objek dalam pembelajaran menulis
Jawaban D benar. Media gambar adalah yang berupa gambar-gambar sebagai objek pembelajaran menulis
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 48
Jawaban A salah. Isi karangan adalah hal/masalah, topik yang dikembangkan dalam tulisan
Jawaban B benar. Aspek kebahasaan meliputi pilihan kata, kalimat, paragraf, ejaan, dan tanda baca
Jawaban C salah. Teknik penulisan berkaitan dengan keruntutan atau sistematika tulisan
Jawaban D salah. Organisasi karangan berkaitan dengan hubungan antartopik/bagian dari teknik penulisan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 49
Jawaban A salah. Kegiatan berbahasa pertama kali dilakukan siswa adalah menyimak pembacaan cerpen
Jawaban B salah. serupa dengan rambu A
Jawaban C salah. Setelah siswa menyimak pembacaan cerpen, siswa menulis rangkuman/ringkasan cerpen, bukan berbicara
Jawaban D benar. Susunan kegiatan yang dilakukan siswa dalah menyimak pembacaan cerpen, menulis rangkuman, dan membaca hasil rangkuman
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 50
Jawaban A salah. susunan kegiatan berbahasa yang dilakukan oleh siswa adalah menulis, membaca, dan berbicara tidak dimulai dengan mendengarkan
Jawaban B benar. Perhatikan rambu A
jawaban C salah. Perhatikan rambu A
Jawaban D salah. perhatikan rambu A
Sumber latihan mandiri Universitas Terbuka
ConversionConversion EmoticonEmoticon