Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia PBIN4301

4:02:00 pm
Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia PBIN4301 Universitas Terbuka yang berisi 50 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia PBIN4301. Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali.


Kunci Jawaban Soal Latihan No. 1
Jawaban A salah. Strategi adalah perencanaan yang disusun/dirancang secara cermat dalam rangka mencapai tujuan 
Jawaban B salah. Teknik adalah kiat atau cara yang dipilih untuk melaksanakan suatu kegiatan 
Jawaban C salah. Proses adalah alur kegiatan dalam memperoleh hasil/produk 
Jawaban D benar. Cara pandang/pandangan seseorangdalam menyikapi sesuatu disebut pendekatan 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 2
Jawaban A salah. Logis adalah bernalar menurut logika 
Jawaban B salah. hirarkis bernalar secara sistematik 
Jawaban C benar. Dalam pembelajaran, guru tidak memberi contoh terlebih dahulu tapi siswa akhirnya menemukan sendiri maka pendekatan ini disebut pendekatan induktif 
Jawaban D salah. Deduktif adalah penalaran dari hal yang khusus ke hal-hal yang umum 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 3
Jawaban a salah. Pembelajaran eksplisit adalah pembelajaran yang menuntut guru memberi perhatian kepada siswanya 
Jawaban B salah. Pembelajaran langsung memiliki empat komponen, yaitu: 1. penentuan tujuan; 2. pembelajaran dipimpin oleh guru; 3. monitoring hasil belajar yang cermat; 4. metode organisasi dan pengelolaan kelas. 
Jawaban C benar. Penekanan belajar tuntas penggunaan kurikulum terstruktur dan pencapaian tujuan 
Jawaban D salah. Belajar diskusi berbeda dengan belajar tuntas 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 4
Jawaban A benar. Hal-hal tersebut merupakan komponen-komponen yang dipersiapkan sebelum pembelajaran 
Jawaban B salah. Persiapan tertulis akan digunakan oleh guru, bukan diberikan kepada siswa 
Jawaban C salah. Hal tersebut hanya satu dari tiga yang diperlukan 
Jawaban D salah. Materi pelajaran tidak dipersiapkan oleh sekolah

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 5
Jawaban A salah. Isi pelajaran, lingkungan, dan hubungan antarsiswa hanya bagian kecil dari persiapan pembelajaran 
Jawaban B benar. Hal-hal tersebut merupakan komponen-komponen pembelajaran 
Jawaban C salah. Guru, materi pembelajaran, strategi pembelajaran, dan lingkungan belajar bagian dari persiapan proses belajar 
Jawaban D salah. Suasana kelas, guru, sekolah, fasilitas sekolah, dan lingkungan tidak tercantum dalam perencanaan pembelajaran 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 6
Jawaban A salah. Kegiatan mengelola kelas berada di luar kegiatan menyajikan materi 
Jawaban B salah. Evaluasi dilaksanakan setelah penyajian materi 
Jawaban C salah. Memberi motivasi sebaiknya dilaksanakan sebelum penyajian materi 
Jawaban D benar. Guru yang efektif selalu memberi contoh konkret dalam menyajikan materi 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 7
Jawaban A benar. Pebelajar yang belajar mandiri dapat menyusun rencana kegiatan belajar sendiri 
Jawaban B salah. Prinsip pengajar pada belajar mandiri bukan prinsip yang berkaitan dengan pebelajar 
Jawaban C salah. Berkaitan dengan ruang belajar, bukan dengan pebelajar. 
Jawaban C salah. Berkaitan dengan media, bukan dengan pebelajar 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 8
Jawaban A salah disebabkan guru terlalu sering mengulang pertanyaan 
Jawaban B benar disebabkan guru telah menunjuk seorang siswa untuk menjawab 
Jawaban C salah disebabkan guru mengajukan pertanyaan kepada seluruh siswa 
Jawaban D salah disebabkan guru selalu mengulang jawaban siswa 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 9
Jawaban A salah. Hal-hal pengajuan pertanyaan pemberian acuan bukan pendapat Bloom Field 
Jawaban B salah. hal-hal itu bukan pendapat Henry Guntur 
Jawaban C benar. Menurut Tunney, kalimat tanya yang diajukan guru harus jelas, singkat, diberi acuan, pemusatan giliran secara tepat 
Jawaban D salah. fassya tidak mengemukakan hal-hal yang menyangkut syarat-syarat kalimat tanya 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 10
Jawaban A salah. Penggunaan penguatan meliputi hal-hal meningkatkan perhatian siswa, memudahkan siswa belajar, dan seterusnya. 
Jawaban B salah. Hakikat penguatan respons terhadap suatu perilaku yang dapat meningkatkan kemungkinan terulangnya kembali perilaku tersebut 
Jawaban C salah. Tujuan penguatan untuk meningkatkan kemungkinan terulangnya kembali perilaku yang lalu. 
Jawaban D benar. Kehangatan dan kebermaknaan dalam proses pembelajaran adalah hal-hal yang menyangkut prinsip-prinsip penguatan. 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 11
Jawaban A benar. Penguatan verbal contohnya: pujian, seperti kata bagus, hebat, terima kasih, dan lain-lain 
Jawaban B salah. Penguatan nonverbal adalah penguatan yang tidak menggunakan kata-kata tetapi dengan anggukan, senyuman, acungan jempol, dan lain-lain 
Jawaban C salah. Pujian bagian dari penguatan verbal 
Jawaban D salah. Isyarat merupakan bagian dari penguatan nonverbal 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 12
Jawaban A salah. Bukan opsi pengecualian, termasuk satu dari empat prinsip penerapan variasi 
Jawaban B benar. opsi pengecualian, tidak termasuk prinsip menerapkan variasi 
Jawaban C salah. Bukan opsi pengecualian 
Jawaban d salah. Bukan opsi pengecualian 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 13
Jawaban A salah. Prinsip memberi penjelasan yang berkaitan dengan waktu 
Jawaban B benar. Prinsip penjelasan yang berkaitan dengan kemampuan siswa dalam memahami 
Jawaban C salah. Prinsip penjelasan yang berkaitan dengan tujuan pembelajaran 
Jawaban D salah. Prinsip memberi penjelasan yang berkaitan dengan kebermaknaan 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 14
Jawaban A benar. Prinsip membuka dan menutup pelajaran yang bermakna harus dapat menarik perhatian, motivasi siswa, berkaitan dengan materi dan tujuan pembelajaran 
Jawaban B salah. Penyajian materi dilakukan pada kegiatan inti 
Jawaban C salah. Pokok-pokok materi berkaitan dengan penyajian 
Jawaban D salah. Jelas bukan membuka dan menutup pelajaran 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 15
Jawaban A benar. Menetapkan tujuan diskusi merupakan salah satu cara guru memusatkan perhatian siswa 
Jawaban B salah. Memperdalam gagasan siswa dilakukan ketika menjelaskan masalah 
Jawaban C salah. kegiatan ini dilakukan untuk menunjukkan kontribusi siswa 
Jawaban D salah. Kegiatan ini dilakukan ketika menutup diskusi 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 16
Jawaban A benar. pengelolan kelas yang baik akan menciptakan pembelajaran menjadi efektif 
Jawaban B salah. Penyajian materi berkaitan dengan pemilihan dan penggunaaan metode 
Jawaban C salah. Media pembelajaran tidak harus diciptakan oleh guru dan tidak berkaitan dengan pengelolaan kelas 
Jawaban D salah. Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilaksanakan di luar jam pelajaran 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 17
Jawaban A salah. Perhatian siswa dapat terpusat 
Jawaban B benar. Tidak efektif jika siswa tidak hadir semua 
Jawaban C salah. dapat menekankan kesalahan-kesalahan ketika siswa mencoba atau mengaplikasikan pelajaran 
Jawaban D salah. Kelebihan adalah siswa turut aktif dalam pembelajaran 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 18
Jawaban A salah. Pernyataan tersebut merupakan definisi media visual yang diproyeksikan 
Jawaban B salah. Pernyataan tersebut merupakan devinisi media realia 
Jawaban C benar. Pernyataan tersebut adalah definisi media visual yang tidak diproyeksikan 
Jawaban D salah. Pernyataan tersebut menjelaskan tentang media audio 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 19
Jawaban A salah. media yang berisi rekaman gambar adalah media visual 
Jawaban B benar. media audio berisi materi yang disuarakan untuk didengarkan 
Jawaban C salah. Untuk membuat media audio tidak memerlukan kamera 
Jawaban D salah. Untuk membuat dan menggunakan media audio tidak memerlukan proyektor dan layar 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 20
Jawaban A salah. program wicara bukan program audio yang berupa sandiwara 
Jawaban B salah. Program wawancarapun tidak termasuk program audio berupa sandiwara 
Jawaban C benar. Program audio yang berupa sandiwara adalah program drama audio 
Jawaban C salah. Program dokumenter tidak termasuk dalam bentuk program audio yang berupa sandiwara 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 21
Jawaban A benar. Siaran televisi yang berisi tentang bahasa Indonesia dapat menjadi materi pelajaran bahasa 
Jawaban B salah. Pernyataan tersebut tentang suku bangasa bukan tentang pembelajaran bahasa Indonesia 
Jawaban C salah. Promosi buku tidak dapat dijadikan materi pelajaran melainkan penjualan 
Jawaban D salah. Tentang Indonesia berarti tentang keadaan negara Indonesia bukan tentang bahasa Indonesia 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 22
Jawaban A salah. media realia adalah media nyata atau hidup 
Jawaban B benar. Media grafis berupa garis, tulisan, gambar tebal atau grafik 
Jawaban C salah. Media transparasi memerlukan aliran listrik, proyektor, dan layar 
Jawaban D salah. Media audio adalah media yang digunakan untuk didengarkan 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 23
Jawaban A salah. Kegiatan tersebut terdapat pada pembelajaran kuantum 
Jawaban B salah. Tidak ada kegiatan untuk memecahkan tujuan 
Jawaban C benar. Hakikat belajar kolaboratif adalah memecahkan masalah bersama untuk mencapai tujuan tertentu 
Jawaban D salah. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan dalam pembelajaran kooperatif 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 24
Jawaban A salah. Prinsip ini tidak ditujukan kepada guru 
Jawaban B benar. Penghargaan ditujukan pada setiap usaha siswa 
Jawaban C salah. Penghargaan di sini tidak berkaitan dengan harga diri 
Jawaban D salah. serupa dengan opsi C 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 25
Jawaban A salah. hasil belajar tidak berkaitan dengan sikap tenggang rasa 
Jawaban B salah. Disiplin berkaitan dengan tata tertib bukan tenggang rasa 
Jawaban C benar. Tenggang rasa berkaitan dengan hubungan antarsesama 
Jawaban D salah. Tenggang rasa tidak berkaitan dengan biaya 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 26
Jawaban A benar. Tema berfungsi sebagai pengingat dalam menerampilkan siswa berbahasa 
Jawaban B salah. Tematik dalam bahasa tidak memisahkan satu unsur dengan unsur yang lain 
Jawaban C salah. Tematik juga berfungsi menyatakan aspek-aspek berbahasa 
Jawaban D salah. Pembelajaran bahasa di sekolah tidak mempelajari pengetahuan bahasa apapun modelnya 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 27
Jawaban A benar. Rumpun model mengajar sosial diciptakan untuk membentuk masyarakat belajar 
Jawaban B salah. Mengembangkan konsep dalam pembelajaran adalah model pemrosesan informasi 
Jawaban C salah. Mengajarkan berbagai bidang studi adalah model berpikir induktif 
Jawaban D salah. Menilai tujuan pendididkan adalah model pemrosesan informasi 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 28
Jawaban A salah. Pengembangan sosial belajar adalah model rumpun model sosial 
Jawaban B benar. Model pemrosesan informasi menekankan pada cara meningkatkan pembawaan seseorang dalam memahami dunia 
Jawaban C salah. Pandangan tentang harga diri adalah model belajar personal 
Jawaban D salah. Modifikasi, perilaku, terapi perilaku, dan cybermetic adalah istilah dari dasar teoretik sistem perilaku 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 29
Jawaban A salah. Pembelajaran bahasa yang bersifat komunikatif 
Jawaban B benar. Kontekstual bermakna ada hubungannya situasi atau kehidupan sehari-hari 
Jawaban C salah. Pembelajaran bahasa yang bersifat sistematis 
Jawaban D salah. pembelajaran bahasa yang bersifat aktif 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 30
Jawaban A benar. Tujuan pembelajaran bahasa dalam kurikulum 2004 adalah siswa mampu menggunakan nbahasa Indonesia secara efektif, kognitif, dan psikomotor 
Jawaban B salah. Manfaat pembelajaran bahasa memahami teori-teori bahasa secara luas 
Jawaban C salah. Mampu membentuk perilaku positif adalah manfaat belajar bahasa 
Jawaban D salah. Manfaat pembelajaran bahasa meningkatkan kemampuan berkomunikasi 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 31
Jawaban A salah. Pengembangan sistem nilai ilmu dan norma kedewasaan yang berlaku di masyarakat adalah manfaat pembelajaran bahasa Indonesia 
Jawaban B benar. Fungsi pembelajaran bahasa secara intrinsik adalah sebagai proses pembinaan dan pengembangan bahasa sebagai alat komunikasi 
Jawaban C salah. Pernyataan jawaban B adalah manfaat praktis dari pembelajaran bahasa Indonesia 
Jawaban D salah. Salah satu sifat bahasa Indonesia (bersifat sistematis) 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 32
Jawaban A salah. Prinsip pemberian kesempatan berbahasa (prinsip 2) 
Jawaban B salah. Prinsip pemberian pengalaman (prinsip 5) 
Jawaban C salah. Prinsip pemberian umpan balik (prinsip 7) 
Jawaban D benar. Prinsip kebutuhan dan minat berbahasa (prinsip 1) 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 33
Jawaban A salah karena tidak tampak keterpaduan dalam kegiatan berbahasa 
Jawaban B salah karena bahasa digunakan dalam kegiatan komunikasi 
Jawaban C salah karena tidak tampak ciri-ciri kelas whole language 
Jawaban D benar karena tidak tampak aktivitas dan kreativitas siswa secara nyata 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 34
Jawaban A salah. Metode pembelajaran berbicara lebih menekankan siswa untuk terampil berbicara 
Jawaban B salah. Metode pembelajaran menulis melatih dengan menugasi siswa menulis 
Jawaban C salah. Metode pembelajaran membaca lebih ditekankan pada pemahaman siswa terhadap bacaan 
Jawaban D benar. siswa berusaha memahami cerita guru 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 35
Jawaban A benar. Sumber belajar yang diambil dari siaran radio berupa audio 
Jawaban B salah. Video adalah media yang berupa gambar rekaman 
Jawaban C salah. Grafis adalah media yang berupa tulisan, garis, atau bagan-bagan 
Jawaban D salah. Realia adalah media nyata yang terdapat di alam 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 36
Jawaban A salah. Dilihat dari kompetensi siswa diharapkan terampil menyimak bukan membaca 
Jawaban B salah. Dilihat dari kompetensi siswa diharapkan terampil menyimak bukan menulis 
Jawaban C benar. siswa dilatih untuk terampil menyimak 
Jawaban D salah. Tidak sesuai dengan kompetensi dan indikator yaitu terampil menyimak berita 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 37
Jawaban A salah. Tes kemampuan membaca 
Jawaban B salah. Tes kemampuan menulis 
Jawaban C salah. Rumusan kegiatan belajar, bukan evaluasi 
Jawaban D benar. mengukur kemampuan menyimak berita 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 38
Jawaban A benar. siswa bercerita tentang pengalaman 
Jawaban B salah. guru tidak bertanya tentang sesuatu 
Jawaban C salah. Parafrase: mengubah bentuk wacana ke bentuk lain 
Jawaban D salah. Melaporkan: ada satu kegiatan/acara yang dilaporkan 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 39
Jawaban A salah. Media gambar membentuk cerita dengan melihat dan memahami maksud gambar-gambar yang diperlihatkan gurunya 
Jawaban B salah. Media video adalah media visual yang menggunakan elektronik 
Jawaban C benar. Lingkungan merupakan salah satu jenis media yang nyata (dilihat dan dirasakan) 
Jawaban D salah. Media audio adalah media yang berkaitan dengan alat dengar 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 40
Jawaban A salah. Indikator-indikator tersebut merupakan indikator aspek isi pidato
Jawaban B benar. pilihan kata, susunan kalimat, dan gaya bahasa indikator aspek kebahasaan 
Jawaban C salah. Indikator-indikator tersebut merupakan indikator aspek nonkebahasaan 
Jawaban D salah. Indikator-indikator tersebut merupakan indikator aspek nonkebahasaan 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 41
Jawaban A benar. Beberapa siswa memerankan tokoh dalam cerita, artinya melakukan dramatisasi 
Jawaban B salah. Wawancara hanya dilakukan oleh dua orang siswa 
Jawaban C salah. Model percakapan menekankan masalah percakapan, tetapi pada dramatisasi menekankan masalah dan karakter tokoh. 
Jawaban D salah. Bercerita dilakukan oleh satu orang (siswa) yang berperan sebagai pengarang dan juga tokoh-tokoh cerita 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 42
Jawaban A salah. metode SQ3R adalah metode membaca secara prosedural 
Jawaban B salah. Metode scramble adalah belajar membaca dengan cara menyusun huruf, kata, kalimat, atau paragraf menjadi kata, kalimat, atau wacana yang baik 
Jawaban C salah. Metode isian rumpang adalah untuk melatih keterampilan membaca siswa dengan cara mengisi bagian-bagian wacana yang dirumpangkan atau dikosongkan 
Jawaban D benar. Metode membaca cepat melatih siswa memahami intisari atau isi bacaan dengan waktu yang ditetapkan (cepat) 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 43
Jawaban A salah. Dalam pembelajaran tersebut guru tidak menggunakan surat kabar 
Jawaban B benar. Guru menggunakan cerpen dari buku kumpulan cerpen. Cerpen merupakan satu dari sekian banyak karya fiksi 
Jawaban C salah. perhatikan rambu B 
Jawaban D salah. Media nyata berupa benda-benda atau makhluk yang ada di alam 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 44
Jawaban A benar. Kemampuan literal adalah kemampuan memahami segala sesuatu yang tertuang secara tersurat (literal) dalam bacaan 
Jawaban B salah. Kemampuan inferensia adalah kemampuan memahami isi teks yang tersirat (tidak langsung berkaitan dengan teks) 
Jawaban C salah. Kemampuan evaluatif adalah kemampuan menilai isi teks 
Jawaban D salah. Kemampuan apresiasi adalah kemampuan menghargai isi teks 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 45
Jawaban A salah. SQ3R adalah model pembelajaran membaca ini untuk membaca tingkat lanjut karena siswa harus dapat menilai hasil bacaannya 
Jawaban B salah. Scramble adalah model pembelajaran membaca sambil bermain dengan cara mengurutkan susunanya kembali 
Jawaban C benar. Model isian rumpang adalah model pembelajaran membaca yang salah satunya melengkapi bacaan 
Jawaban D salah. membaca teknik adalah model pembelajaran yang mengutamakan teknik membaca, yaitu intonasi, tanda baca, dan lain-lain 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 46
Jawaban A salah. metode yang tepat dalam pembelajaran menulis eksposisi menggunakan paragraf-paragraf pendek yang diacak 
Jawaban B salah. Metode yang tepat dalam pembelajaran menulis persuasi adalah meniru model 
Jawaban C salah.. Metode yang tepat dalam pembelajaran menulis argumentasi adalah memberikan pertanyaan-pertanyaan bimbingan kepada siswa 
Jawaban D benar. Pembelajaran menulis narasi memberikan/menyediakan kalimat-kalimat topik untuk dikembangkan oleh siswa merupakan metode yang baik dalam berlatih menulis narasi 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 47
Jawaban A salah. Karena dengan media lingkungan yang menjadi objek tulisan adalah alam sekitar siswa
Jawaban B salah. Media audio visual adalah sesuatu yang didengar dan dilihat (pertunjukan) yang menjadi objek pembelajaran menulis 
Jawaban C salah. media nyata adalah objek berupa orang, benda, atau makhluk lain yang menjadi objek dalam pembelajaran menulis 
Jawaban D benar. Media gambar adalah yang berupa gambar-gambar sebagai objek pembelajaran menulis 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 48
Jawaban A salah. Isi karangan adalah hal/masalah, topik yang dikembangkan dalam tulisan 
Jawaban B benar. Aspek kebahasaan meliputi pilihan kata, kalimat, paragraf, ejaan, dan tanda baca 
Jawaban C salah. Teknik penulisan berkaitan dengan keruntutan atau sistematika tulisan 
Jawaban D salah. Organisasi karangan berkaitan dengan hubungan antartopik/bagian dari teknik penulisan 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 49
Jawaban A salah. Kegiatan berbahasa pertama kali dilakukan siswa adalah menyimak pembacaan cerpen 
Jawaban B salah. serupa dengan rambu A 
Jawaban C salah. Setelah siswa menyimak pembacaan cerpen, siswa menulis rangkuman/ringkasan cerpen, bukan berbicara 
Jawaban D benar. Susunan kegiatan yang dilakukan siswa dalah menyimak pembacaan cerpen, menulis rangkuman, dan membaca hasil rangkuman 

Kunci Jawaban Soal Latihan No. 50
Jawaban A salah. susunan kegiatan berbahasa yang dilakukan oleh siswa adalah menulis, membaca, dan berbicara tidak dimulai dengan mendengarkan
Jawaban B benar. Perhatikan rambu A 
jawaban C salah. Perhatikan rambu A 
Jawaban D salah. perhatikan rambu A 


Sumber latihan mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »