Soal Latihan Mandiri Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia PBIN4302

4:43:00 pm
Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Kali ini soal yang diberikan adalah Soal Latihan Mandiri Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia PBIN4302 Universitas Terbuka. Soal ini berisi 40 soal pilihan ganda. Untuk mempermudah siapkanlah kertas dan pensil, kemudian tulis jawaban anda pada kertas setelah itu cek pada halaman kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia PBIN4302 Universitas Terbuka, jawaban anda benar berapa. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Selamat Mengerjakan.


Soal Pilihan Ganda

Petunjuk: Untuk soal-soal berikut, pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1. Kegiatan yang memerlukan hasil appraisal dan assessment adalah . 

 A. alat ukur 
 B. penilaian 
 C. pengukuran  
 D. measurement 

2. Berdasarkan nilai akhir bulanan, Titik menduduki ranking 4 di kelasnya. Setelah diamati lebih lanjut, ternyata menurut penilaian bulan-bulan sebelumnya, urutan ranking Titik tersebut turun. 

Kegiatan tersebut merupakan .... 

 A. penilaian 
 B. appraisal 
 C. assessment 
 D. pengukuran  

3. Televisi Pak Ade tidak dapat dihidupkan lagi. Setelah diperiksa, ternyata tidak ada arus listrik yang mengalir ke televisi tersebut. 
Alat yang digunakan untuk memeriksa ada tidaknya arus listrik adalah .... 

 A. tester 
 B. tespen  
 C. ampermeter 
 D. higrometer 

4. Tes yang cara menjawabnya adalah dengan mengisi kata atau kata-kata ke dalam pernyataan yang belum lengkap adalah .... 

 A. tes objektif 
 B. tes pilihan ganda 
 C. tes jawaban singkat 
 D. tes menyelesaikan masalah 

5. Sebagai guru, Anda ingin melihat perilaku siswa Anda yang telah berhasil Anda bina berdasarkan tingkatan perilakunya. 

Teknik pengumpulan data yang tepat digunakan adalah .... 

 A. daftar cek 
 B. wawancara 
 C. skala lajuan 
 D. bagan partisipasi 

6. Order effect dalam pemeriksaan hasil tes uraian dapat diatasi dengan cara .... 

 A. memeriksa hasil tes siswa per siswa 
 B. menggunakan dua orang pemeriksa 
 C. menutup nama siswa pada lembar jawaban ujian 
 D. tidak memeriksa hasil tes per nomor soal untuk seluruh siswa 

7. Pak Agus menghindari memeriksa jawaban berdasarkan urutan nomor. Ia memeriksa jawaban setiap nomor untuk semua siswa baru dilanjutkan pada nomor selanjutnya. Hal tersebut dilakukan agar nilai yang dihasilkan objektif. 

Dalam pemeriksaan hasil tes uraian, efek tersebut dikenal untuk menghindari .... 

 A. order effect 
 B. hallo effect 
 C. carry over effect 
 D. item to item effect 

8. Ubahlah karangan yang berbentuk prosa berikut menjadi sebuah puisi. 

Soal tersebut termasuk jenis tes .... 

 A. uraian terbuka  
 B. uraian terbatas
 C. uraian terpimpin  
 D. menyelesaikan masalah  

9. Bacalah TIK berikut: Setelah menganalisis penyebab Lumpur Lapindo, siswa dapat menyimpulkan tindakan apa yang harus dilakukan. 

Untuk mengukur TIK tersebut, tes yang tepat digunakan adalah .... 

 A. uraian terbuka 
 B. uraian terbatas  
 C. uraian terpimpin  
 D. menyelesaikan masalah  

10. Bila diberikan sebuah novel Badai Pasti Berlalu, siswa dapat menarik amanat yang disampaikan novel tersebut. 

TIK tersebut ingin mengukur tujuan pembelajaran tingkat ... 

 A. penerapan 
 B. analisis 
 C. sintesis 
 D. evaluasi 

11. Besok pada pukul 06.00, Tono harus sudah sampai di kota Medan. Kota tersebut berjarak 60 km dari rumahnya. Ia pergi mengendarai mobil dengan kecepatan 80 km per jam. Pukul berapa Tono harus berangkat dari rumah? 

a. pukul 05.00 
b. pukul 05.15 
c. pukul 05.30 
d. pukul 05.45 

Butir soal tersebut mengukur tingkat berpikir .... 

 A. penerapan  
 B. analisis  
 C. sintesis  
 D. evaluasi  

12. Gani bersepeda ke sekolah. 

Kata bersepeda dalam kalimat tersebut memiliki fungsi sintaksis, sebagai.... 

a. subjek 
b. predikat 
c. objek 
d. keterangan 

Butir soal tersebut mengukur tingkat berpikir .... 

 A. penerapan 
 B. analisis 
 C. sintesis  
 D. evaluasi  

13. Perceraian hampir selalu mempengaruhi anggota yang ada dalam keluarga. Perceraian bisa menjadi suatu kejutan yang besar bagi anak. Ada orang tua yang sudah sering bertengkar bertahun-tahun sebelum bercerai. Ada juga yang tidak pernah kelihatan bertengkar, tetapi kemudian pada suatu hari bercerai. Perceraian tidak secara otomatis menyelesaikan berbagai masalah dalam perkawinan. Terkadang perceraian malah menimbulkan masalah baru, bahkan sewaktu perceraian itu diterima dengan baik. 

Ide pokok paragraf tersebut adalah.... 

a. pengaruk perceraian 
b. masalah baru dalam perceraian 
c. perceraian 
d. masalah perkawinan 

Butir soal tersebut mengukur tingkat berpikir .... 

 A. penerapan 
 B. analisis  
 C. sintesis  
 D. evaluasi  

14. Ikan lumba-lumba bernafas dengan .... 

a. paru-paru 
b. ingsang 
c. rongga dada 
d. sirip 

Soal tersebut adalah bentuk tes pilihan ganda, ragam .... 

 A. melengkapi pilihan 
 B. hubungan antar-hal 
 C. analisis kasus 
 D. ganda kompleks  

15. Pak Nanang ingin mengujicobakan kualitas alat ukur pada siswa kelas 9. Setelah diujicobakan, Pak Nanang melakukan skoring dengan membagi 2 kelompok yaitu soal yang beromor genap dan kelompok soal yang bernomor ganjil. 

Pelaksanaan uji coba yang dilakukan oleh Pak Nanang bertujuan untuk menentukan .... 

 A. stabilitas alat ukur 
 B. ekivalensi alat ukur 
 C. ketetapan internal formula Spearman Brown 
 D. ketetapan internal formula Kuder Richardson  

16. Sebagai seorang bidan, Santi memperhatikan dan mencatat semua perkembangan bayi yang masih dalam kandungan seorang ibu. Teknik pengukuran yang digunakan oleh Santi adalah .... 

 A. pengamatan langsung 
 B. pengukuran terselubung  
 C. teknik proyektif 
 D. wawancara 

17. Bu Yanti ingin mengukur hasil belajar murid-muridnya setiap kali selesai pertemuan pembelajaran dilakukan. 

Alat ukur yang digunakan oleh Bu Yanti mengacu pada validitas .... 

 A. isi 
 B. konstruk 
 C. muka 
 D. kriteria 

18. Reliabilitas suatu tes yang terdiri atas 40 butir soal adalah 0,58. setelah ditambahkan 20 butir soal yang homogen, reliabilitas tes tersebut menjadi . 

 A. 0,60 
 B. 0,65 
 C. 0,67 
 D. 0,70 

19. Jika butir soal nomor 6 yang Anda ujikan dapat dijawab dengan benar oleh 18 dari 40 siswa, maka tingkat kesukaran butir nomor 6 tersebut adalah .... 

 A. mudah 
 B. sedang 
 C. sukar 
 D. sukar sekali 

20. Dalam menjawab butir soal nomor 9, 4dari 11 siswa yang termasuk dalam kelompok atas dapat menjawab benar dan 5 dari 11 siswa yang termasuk kelompok bawah dapat menjawab benar. 

Daya beda butir soal nomor 9 tersebut adalah .... 

 A. - 0,09 
 B. - 0,10 
 C. 0,20 
 D. 0,90 

21. Wina dapat menjawab soal dengan benar 25 butir dari 40 butir soal pilihan ganda dengan 5 alternatif jawaban. 

Jika penskorannya menggunakan formula tebakan, maka tingkat penguasaan materi Wina adalah .... 

 A. 43% 
 B. 45% 
 C. 53% 
 D. 55% 

22. No.; Nama Siswa; Nilai Tes Formatif 

1 Sumi 95
2 Rini 95 
3 Sarjiyo 91 
4 Tono 91 
5 Sriyono 91 
6 Jamilah 91 
7 Johanes 87 
8 Amril 86 
9 Ari 84 
10 Suripto 78 
11 Endang 70 
12 Heni 60 
13 Tuti 60 
14 Haholongan 60 
15 Paken 42 
16 Ratu 42 
17 Raja 35 
18 Pangeran 32 

Jika data nilai tes formatif tersebut dikelompokkan, maka batas skor untuk kuartil kelompok kurang adalah.... 

 A. 32  57 
 B. 33  55 
 C. 35  58 
 D. 36 - 58 

23. No.; Nama Siswa; Nilai Tes Formatif 

1 Sorta 70 
2 Tetty 65 
3 Arini 57 
4 Nunung 78 
5 Agus 49 
6 Nanang 50 
7 Juhana 79 
8 Lidwina 95 
9 Evan 58 
10 Ratih 84 
11 Dian 73 
12 Della 69 
13 Anti 82 

Jika data nilai tes formatif tersebut disajikan dalam tabel frekuensi distribusi, maka banyak kelas interval yang dapat dibuat adalah . 

 A. 2 
 B. 3 
 C. 5 
 D. 6 

24. No.; Nama Siswa; Nilai Tes Formatif 

1 Sorta 78 
2 Tetty 65 
3 Arini 57 
4 Nunung 78 
5 Agus 49 
6 Nanang 50 
7 Juhana 45 
8 Lidwina 95 
9 Evan 70 
10 Ratih 84 
11 Dian 73 
12 Della 70 
13 Anti 82 
14 Ichwan 59 

Median untuk data nilai tes formatif tersebut adalah 

 A. 70 
 B. 76 
 C. 80 
 D. 89 

25. No.; Nama Siswa; Nilai Tes Formatif 

1 Sorta 78 
2 Tetty 65 
3 Arini 57 
4 Nunung 78 
5 Agus 49 
6 Nanang 50 
7 Juhana 45 
8 Lidwina 95 
9 Evan 70 
10 Ratih 84 
11 Dian 73 
12 Della 70 
13 Anti 82 
14 Ichwan 59 

Rentang data nilai tes formatif tersebut adalah.... 

 A. 45 
 B. 47 
 C. 50 
 D. 51 

26. Imbuhan ter- pada kata tertinggi sama maknanya dengan imbuhan pada kata ..... 

a. tertawa b. terlanjur c. tercantik d. tergilas 

Contoh soal tersebut termasuk jenis pendekatan .... 

 A. tes diskret 
 B. tes pragmatik 
 C. tes keterampilan 
 D. tes integratif 

27. (1) Perceraian hampir selalu mempengaruhi anggota yang ada dalam keluarga. 
(2) Ada orang tua yang sudah sering bertengkar bertahun-tahun sebelum bercerai. 
(3) Ada juga yang tidak pernah kelihatan bertengkar, tetapi kemudian pada suatu hari bercerai. 
(4) Perceraian tidak secara otomatis menyelesaikan berbagai masalah dalam perkawinan. 
(5) Terkadang perceraian malah menimbulkan masalah baru, bahkan sewaktu perceraian itu diterima dengan baik. 

Kalimat-kalimat tersebut bila disusun menjadi sebuah paragraf, maka susunannya adalah .... 

a. 1, 2, 3, 4, 5 
b. 5, 4, 2, 3, 1 
c. 4, 5, 3, 1, 2 
d. 5, 4, 2, 1, 3 

Contoh soal tersebut termasuk jenis pendekatan .... 

 A. tes diskret 
 B. tes pragmatik 
 C. tes keterampilan 
 D. tes integratif 

28. Ibu akan menyanyikan sebuah lagu, kalian dengarkan baik-baik. Cobalah buat karangan dari lagu yang sudah ibu nyanyikan tadi. 

Contoh soal tersebut termasuk jenis pendekatan .... 

 A. tes diskret 
 B. tes pragmatik 
 C. tes keterampilan 
 D. tes integratif 

29. SMA Harapan Jaya melaksanakan tes seleksi pada calon siswa yang mendaftar. Hal tersebut dilakukan karena SMA Harapan Jaya menginginkan hasil lulusannya adalah yang terbaik. 

Tes yang dilaksanakan SMA Harapan Jaya dilakukan untuk mengukur validitas .... 

 A. bandingan 
 B. prediksi 
 C. kontruk 
 D. isi 

30. Agar pada saat memeriksa ujian akhir semester dapat dilakukan oleh teman yang menggantikan, Bu Arin membuat soal yang disertai dengan kunci jawaban dan pedoman penskorannya. 
Hal yang dilakukan oleh Bu Arin adalah untuk kepentingan agar pekerjaan yang dilakukan tersebut .... 

 A. valid 
 B. praktis 
 C. terpercaya 
 D. sahih 

31. Bu Santi selalu mengumpulkan tugas-tugas terstruktur ke dalam map untuk setiap tugas siswa. Tugas-tugas tersebut disebut disebut .... 

 A. penilaian kerja 
 B. hasil karya 
 C. portofolio 
 D. proyek 

32. Pak Deni membacakan sebuah cerpen, kemudian ia meminta siswanya untuk membuat puisi dari cerpen yang dibacakan tadi. 

Contoh tersebut adalah bentuk tes menyimak.... 

 A. kritis 
 B. cepat 
 C. estetis 
 D. ekspositoris 

33. Pada sebuah tes membaca disediakan 15 halaman bacaan. Setiap halaman terdiri atas 220 kata. Untuk menguji pemahaman peserta disajikan 40 butir soal tes objektif dengan ketentuan sebagai berikut: 10 butir bagian pertama berbobot 2, 10 butir bagian kedua berbobot 3, 10 butir bagian ketiga berbobot 4, dan 10 butir bagian terakhir berbobot 5. 

Peserta a menjawab dengan benar soal nomor 1-6, 8-13, 17-22, 29-39. dia mulai membaca pada pukul 8.10 WIB dan menyelesaikan bacaannya pada pukul 8.25 WIB. 
KEM peserta tersebut adalah... 

 A. 156 
 B. 153 
 C. 143 
 D. 134 

34. Dalam tes berbicara langsung komponen yang diukur adalah.... 

 A. menemukan gagasan yang sesuai dengan konteks berbicara 
 B. menyusun ide untuk dijadikan isi kegiatan beerbicara 
 C. mengurutkan ide dalam kerangka garis besar pembicaraan 
 D. mengembangkan organisasi gagasan dalam bentuk lisan 

35. Pak Evan memberikan tugas untuk memperbaiki kesalahan berbahasa dari sebuah karangan yang dibuat oleh salah seorang teman mereka. 

Dari kasus tersebut dapat disimpulkan bahwa Pak Evan menilai karangan dari segi .... 

 A. gaya bahasa 
 B. organisasi 
 C. tatabahasa 
 D. ruang lingkup gagasan 

36. Jelaskan dengan singkat apa yang dimaksud dengan kalimat minor dan kalimat mayor! Berikanlah masing-masing 2 buah kalimat contohnya! 

Soal di tersebut merupakan contoh tes.... 

 A. tatabentukan 
 B. tatamakna 
 C. kosakata 
 D. struktur 

37. (1) Setiap hari sebelum mulai bekerja, kami harus melaksanakan apel bendera. 
(2) Apel yang dibeli Ibu tadi malam ternyata sudah dihabiskan adik. 
Apakah arti kata apel pada kedua kalimat tersebut? 

Contoh soal tersebut adalah tes kompetensi .... 

 A. struktur 
 B. kosakata 
 C. sastra 
 D. tatabentukan 

38. Kesimpulan apakah yang dapat Anda ambil setelah membaca novel Badai Pasti Berlalu? 
Tes kesastraan tersebut mengukur siswa pada tingkat.... 

 A. konsep 
 B. informasi 
 C. perspektif 
 D. apresiasi 

39.Nunung memperoleh skor sebagai berikut: 

1. Tes Formatif 1 mendapat nilai 40 dari skor total ideal 60 
2. Tes Formatif 2 mendapat nilai 35 dari skor total ideal 60 
3. Rata-rata Tugas mendapat nilai 40 dari skor total ideal 100 
4. Tes Sumatif mendapat nilai 66 dari skor total ideal 80 

Nilai akhir Nunung berdasarkan skor dengan Pendekatan PAP adalah .... 

 A. 46 
 B. 56 
 C. 66 
 D. 76 

40. Berikanlah komentarmu setelah membaca novel Ronggeng Dukuh Parung! 

Bentuk soal tersebut mengukur hasil belajar.... 

 A. literal 
 B. inferensial 
 C. reorganisasi 
 D. evaluatif 




Untuk mengetahui jawaban anda silahkan cek pada halaman kunci jawaban Soal Latihan Mandiri Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia PBIN4302 Universitas Terbuka


Sumber latihan mandiri Universitas Terbuka





Artikel Terkait

Previous
Next Post »