Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Pengajaran Apresiasi Sastra PBIN4219 Universitas Terbuka yang berisi 50 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Pengajaran Apresiasi Sastra PBIN4219. Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 1
A. Salah, pengertian sastra adalah bahasa yang digunakan dalam tulisan yang berhubungan dengan kehidupan manusia.
B. Salah, karya sastra adalah hasil ciptaan manusia yang berbentuk teks yang mengandung nilai estetik
C. Benar, pengertian paresiasi sastra adalah kegiatan mengangakrabi(mengenal,memahami, menghayati menikmati dan dapat menerapkan karya sastra
D. Salah, kegiatan kreatif adalah kegiatan mengungkapkan penghayatan yang menghasilkan karya sastra
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 2
A. Salah, dapat menyimpulkan kandungan isi karya sastra melalui membaca, baru salah satu tahapan apresiasi dari enam tahap
B. Salah, menulis karya sastra, adalah salah satu kegiatan ekspresi sastra
C. Salah, menganalisis sastra adalah bagian dari kegiatan apresiasi sastra, karena harus memberikan pemahaman dan penghargaan bagi si apresiator
D. Benar, apresiasi sastra adalah kegiatan mengakrabi sastra melalui langkah-langkah membaca,menelaah, sehingga memahami dari hasil ekspresi sastra
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 3
A. Salah. Menghasilkan karya sastra hanya merupakan dampak pengiring dari proses pembelajaran apresiasi sastra
B. Salah. Menulis karya sastra juga dampak pengiring setelah siswa melaui pembelajaran apresiasi sastra
C. Benar, tujuan pembelajaran apresiasi sastraagar siswa dapat menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
D. Salah. Dalam proses pempelajaran apresiasi siswa dilatih memanfaatkan karya sastra sehingga mungkin saja kelak menjadi sastrawan, tapi itu bukan tujuan utama
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 4
A. Benar, pembelajaran apresiasi sastra berfungsi melatih keempat keterampilan berbahasa,menambah pengetahuan tentang hidup manusia, membantu mengembangkan kepribadian. pembentukan watak, memberi kenyamanan, keamanan, dan kepuasan, serta meluaskan dimensi kehidupan, sedangkan menjadi penelaah karya sastra bukan sebagai fungsi tetapi dampak yang belum tentu dapat dilakukan oleh setiap siswa
B. Salah, karena opsi B termasuk fungsi pembelajaran apresiasi sastra
C. Salah, karena opsi C termasuk fungsi pembelajaran apresiasi sastra
D. Salah, karena opsi D termasuk fungsi pembelajaran apresiasi sastra
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 5
A. Salah, meskipun memperdengarkan naskah pidato belum tentu di dalam pembelajaran karena tidak pasti kepada siswa atau bukan
B. Salah, tidak berkaitan dengan kegiatan menyimak, tetapi dengan kegiatan membaca (puisi)
C. Benar, menjelaskan bahwa siswa menyimak puisi dalam pembelajaran apresiasi sastra puisi
D. Salah, tidak berkaitan dengan kegiatan menyimak, tetapi dengan kegiatan menulis (tema cerita
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 6
A. Benar, mendengarkan puisi berarti belajar sastra melalui kegiatan menyimak karya sastra puisi
B. Salah, tidak berkaitan dengan membaca karena Dinda mendengar puisi bukan membaca
C. Salah, tidak berkaitan dengan menulis karena Dinda mendengar puisi bukan menulis
D. Salah, tidak berkaitan dengan kegiatan berbicara, karena Dinda mendengar puisi bukan membicarakan puisi
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 7
A. Salah, opsi A, tidak berkaitan dengan menulis karena porsi terbanyak adalah kegiatan membaca, sehingga tidak berkaitan dengan kegiatan menulis
B. Salah, tidak berkaitan dengan menyimak karena porsi terbanyak adalah kegiatan membaca, sehingga tidak berkaitan dengan kegiatan menyimak
C. Benar, jelas terlihat keterkaitan pembelajaran sastra (drama) dengan kegiatan membaca teks drama
D. Salah, meskipun ada diskusi, tapi porsi terbanyak adalah kegiatan membaca, dibandingkan berbicara
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 8
A. Salah, sering diminta bercerita berarti meningkatkan siswa dalam bercerita, bukan menyimak
B. Salah, sering diminta menuliskan hasil bacaan berarti meningkatkan siswa dalam menulis, bukan menyimak
C. Benar, jelas terlihat upaya menyimak siswa lebih banyak dari pada mencatat
D. Salah, sering diminta menceritakan berarti meningkatkan siswa dalam bercerita, bukan menyimak
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 9
A. Benar, Guru menggunakan karya sastra sebagai sarana dalam melatih siswa terampil berbahasa Indonesia
B. Salah, selalu mendengar dan membaca adalah upaya meningkatkan keterampilan berbahasa. Sedangkan mengetahui isi sastra adalah tujuan mempelajari karya sastra.
C. Salah, selalu mendengar dan membaca adalah upaya meningkatkan keterampilan berbahasa. Sedangkan memperkenalkan karya sastra adalah tujuan mempelajari karya sastra
D. Salah, selalu mendengar dan membaca adalah upaya meningkatkan keterampilan berbahasa. Sedangkan siswa mengerti tentang sastra adalah tujuan mempelajari karya sastra
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 10
A. Salah, banyaknya pemberian orang kampung terhadap Garin tidak menunjukkan budaya setempat
B. Benar, budaya masyarakat dalam memperlakukan Garin hanya sebatas kebutuhan individu masyarakat, bukan atas dasar kebutuhan pada adanya garin. Itulah budaya yang direkam
C. Salah, Budaya adalah rutinitas kegiatan masyarakat, bukan rutinitas Garin
D. Salah, Amanat cerita tersebut adalah menyampaikan begitulah perlakuan masyarakat di tempat cerita itu berlangsung karena sastra adalah rekaman kehidupan masyarakt yang diceritakan bukan tempat lain yang tidak ada hubungannya dengan cerita
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 11
A. Salah, opsi A, adalah judul puisi bertema religius
B. Benar, opsi B, adalah judul puisi bertema alam
C. Salah, opsi C adalah judul puisi bertema keindahan percintaan
D. Salah, opsi D, adalah judul puisi yang ditulis penyairTaufik Ismail utnuk memperingati meninggalnya mahasiswa dalam memperjuangkan kebenaran di kampus Salemba tahun 1966
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 12
A. Salah, bukan menginspirasi tetapi membuat prihatin dengan kehidupan mereka
B. Salah, inspirasi adalah membangkitkan motivasi banyak orang, bukan sekedar memotret kehidupan tanpa makna
C. Benar, Cerita tersebut sejak awal berkisah tentang upaya kuat guru dalam membelajarkan anak-anak kelas pinggiran
D. Salah, kisah utama adalah membangkitkan kaum marginal, tetapi yang menginspirasi adalah kegigihan guru dan siswa dalam membuka wawasan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 13
A. Salah, opsi A, menggambarkan kegiatan guru pada tahap penerapan analogi personal, sedangkan tahap masukan informasi hanyalah cara guru memotivasi siswa ketika mengawali pembelajaran
B. Salah, opsi B, menunjukkan analogi personal karena siswa dianalogikan sebagai pengarang, bukan sebagai siswa yang menjadi tokoh cerita(analogi langsung)
C. Benar, opsi C, analogi personal adalah menganalogikan siswa sebagai pengarang yang di dalam kutipan tersebut sebagai Andrea Herata
D. Salah, opsi D, pengertian konflik kempaan adalah mempertentangkan dua sudut pandang yaitu sudut pandang siswa dengan pengarang, kutipan di atas mengenai siswa sebagai pengarang.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 14
A. Salah, Langkah 1 pada Langkah Dasar Gordon1 adalah masukan informasi, sedangkan kegiatan pada kutipan tersebut sudah melaksanakan tahap kedua yaitu analogi
B. Benar, kutipan tersebut sudah menerapkan langkah masukan informasi dan analogi dalam Langkah Dasar 1
C. Salah, opsi C , Langkah Dasar Gordon2 adalah pengembangan konsep/informasi yang baru, yang belum dilakukan pada kegiatan di atas
D. Salah, Langkah 1 dan 2 pada Langkah Dasar Gordon 2 juga belum dilakukan, karena baru menerapkan Langkah 1 pada Langkah Dasar Gordon1
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 15
A. Salah, sebagai karya tentunya ada banyak bukan hanya sastra demikian pula materi ajar tentunya banyak sekali bukan hanya terbatas pada sastra
B. Salah, karya indah dan bermutu tidak hanya pada karya sastra dan bukan prinsip ganda karya sastra
C. Benar, prinsip ganda sastra adalah menempatkan sastra sebagai pengalaman yang dapat diserap batin dan sebagai bahasa yang memerlukan kemampuan kebahasaan
D. Salah, Sastra memang karya yang mengangkat kehidupan masyarakat, tetapi bukan penjelasan prinsip ganda karya sastra.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 16
A. Salah, kegiatan tersebut tidak ada pelacakan pendahuluan dan penentuan sikap praktis yang menggambarkan kegiatan guru dalam memilih bahan dan merancang pendekatan yang akan digunakan.
B. Salah, memang ada tahap penyajian yaitu membaca puisi tapi tidak ada introduksi yang menggambarkan guru mengomentari puisi sebagai pemancing keingintahuan siswa
C. Salah, kegiatan tersebut tidak ada tahap pelacakan pendahuluan, penentuan sikap praktis, introduksi, dan pengukuhan
D. Benar, kegiatan memperdengarkan kaset dan siswa membacakan secara rampak adalah tahap penyajian, sedangkan menjawab beberapa pertanyaan adalah tahap diskusi
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 17
A. Salah, Teori Schuman terdiri atas 5 langkah yaitu: identifikasi maA. Salah, hipotesis pemecahan maA. Salah, pengumpulan data, revisi hipotesis, dan kesimpulan yang diambil berdasarkan pengulangan langkah pengumpulan data dan revisi hipotesis.
B. Salah, Teori Moody terdiri atas enam langkah pelacakan pendahuluan, penentuan sikap praktis, introduksi, penyajian, diskusi dan pengukuhan
C. Salah, Teori Gordon melakukan kegiatan Langkah Dasr 1 dan Langkah Dasar 2 yang masing-masingnya terdapat beberapa langkah lagi
D. Benar, kegiatan guru tersebut tiga langkah tahapan berdasarkan tori Schuman yang dirangkum oleh Rizanur Gani
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 18
A. Salah, dari sudut budaya artinya semua materi sastra harus memenuhi pengetahuan, kesenian, moral, dan lain-lain keterampilan yang dikemas dalam sastra untuk materi siswa)
B. Salah, dari sudut pembaca tentu pertimbangannya disesuaikan dengan keinginan banyak pembaca yang tentu saja kriterianya berbeda dengan materi untuk siswa
C. Salah, dari sudut keindahan tentu pertimbangannya disesuaikan dengan as[pek keindahan baik isi sastranya, bahasanya, maupun bentuk tampilannya
D. Benar, Bahan pembelajaran apresiasi sastra untuk keperluan pembelajaran bahasa mempertimbangkan unsur-unsur kebahasaan(diksi, struktur kata, kalimat, dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 19
A. Salah, sastra memang menarik jika dijadikan media pembelajaran bahasa, bukan sebagai materi pembelajaran
B. Benar, untuk pembelajaran bahasa maka materi sastra yang digunakan hanyalah sebagai media, bukan sebagai bahan atau materi pembelajaran
C. Salah, bukan sebagai materi pembelajaran, tapi sebagai media pembelajaran tentunya dengan sastra siswa akan membentuk siswa menggunakan bahasa sastra
D. Salah, kisah tentang kehidupan dan keindahan belum tentu terkait dengan pembelajaran bahasa.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 20
A. Salah, isi sastra pada umumnya berhubungan dengan kejiwaan secara umum oleh karenanya tidak dapat disamaratakan
B. Benar, Kejiawaan seorang manusia dilalui dalam 4 tahapan yaitu masa berkhayal, romantik, realistik, dan masa genaralisasi. Hal tersebut tidak dapat disamaratakan antartahapan
C. Salah, pengaruh kejiwaan pengarang aka nada, oleh karena itu diperlukan pertimbangan psikologis
D. Salah, memang isi sastra berhubungan dengan kehidupan manusia oleh karena itu diperlukan sastra yang sesuai dengan tahapan psikologi siswa.">
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 21
A. Salah, , kisah khayalan hanya sesuai untuk siswa usia 8-9 tahun
B. Benar, kisah romantik hanya sesuai untuk siswa usia 10-12 tahun
C. Salah, kisah realistik hanya sesuai untuk siswa usia 13-15 tahun, maka itu untuk usia SMP
D. Salah, sifat generalisasi hanya sesuai untuk siswa usia 16 tahun ke atas, bukan hanya realistik tetapi juga harus dapat menjadikan siswa itu berpikir dan mengambil kesimpulan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 22
A. Benar, latar belakang budaya yang perlu dipertimbangkan dalam memilih bahan pembelajaran sastra adalah kepercayaan, adat istiadat, kesenian, dan mata pencaharian. Lokasi yang diceritakan tidak termasuk latar belakang budaya
B. Salah, kepercayaan termasuk ke dalam latar belakang budaya yang harus dipertimbangkan dalam memilih bahan pembelajaran sastra
C. Salah, kesenian dan adat istiadat termasuk ke dalam latar belakang budaya yang harus dipertimbangkan dalam memilih bahan pembelajaran sastra
D. Salah, mata pencaharian termasuk ke dalam latar belakang budaya yang harus dipertimbangkan dalam memilih bahan pembelajaran sastra
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 23
A. Salah, kesenian memang diceritakan pada novel tersebut, tapi kisah mengenai kehidupan keluarga kuli itu masuk ke dalam wilayah mata pencaharian
B. Salah, kepercayaan memang diceritakan pula pada novel tersebut, tapi kisah mengenai kehidupan keluarga kuli itu masuk ke dalam wilayah mata pencaharian
C. Salah, adat istiadat memang diceritakan pula, namun kisah kehidupan keluarga kuli itu masuk ke dalam wilayah mata pencaharian
D. Benar, budaya yang diangkat pada novel tersebut adalah kategori mata pencaharian karena mengisahkan perjuangan nasib kuli timah
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 24
A. Salah, masukan informasi adalah tahap pertama pada Langkah Dasar pertama pada pembelajaran apresiasi sastra menurut Gordon
B. Salah, pengembangan konsep adalah tahap pertama pada Langkah Dasar kedua pada pembelajaran apresiasi sastra menurut Gordon
C. Salah, pemfokusan kembali adalah tahap ketiga pada Langkah Dasar pertama pada pembelajaran apresiasi sastra menurut Gordon
D. Benar, Langkah Dasar pertama terdiri atas tiga tahapan pertama, masukan informasi, kedua analogi, ketiga tahap pemfokusan kembali
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 25
A. Benar, masukan informasi adalah tahap pertama pada Langkah Dasar pertama yaitu member informasi untuk menarik minat siswa
B. Salah, pengembangan konsep adalah tahap pertama pada Langkah Dasar kedua pada pembelajaran apresiasi sastra menurut Gordon
C. Salah, pemfokusan kembali adalah tahap ketiga pada Langkah Dasar pertama pada pembelajaran apresiasi sastra menurut Gordon
D. Salah, analogi adalah tahap member pertanyaan kepada siswa untuk menganalisis puisi dari sisi analogi personal, analogi langsung dan teknik kempaan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 26
A. Salah, masuka informasi adalah tahap pertama pada Langkah Dasar pertama sehingga belum terjadi pengembangan konsep
B. Benar, pengembangan konsep adalah upaya guru malatih siswa agar berpikir objektif dan bijaksana setelah memahami puisi yang dipelajarinya.
C. Salah, pemfokusan kembali adalah tahap ketiga pada Langkah Dasar pertama sehingga belum terjadi pengembangan konsep
D. Salah, analogi adalah tahap kedua pada Langkah Dasar pertama sehingga belum terjadi pengembangan konsep.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 27
A. Benar, menurut Gordon penilaian pembelajaran apresiasi sastra dilakukan pada proses pembelajaran dan dapat dilakukan oleh siswa atas petunjuk guru
B. Salah, melatih siswa menilai karya sastra terjadi pada kegiatan Langkah Dasar I dan II
C. Salah, Hal tersebut bukan sekedar meringasnkan tugas guru tetapi memang prosedur penilaian pembelajaran apresiasi sastra saat proses pembelajaran
D. Salah, penilaian merupakan tugas guru, bukan tugas siswa, tetapi boleh siswa dilibatkan sepanjang guru dapat menjamin keobjektifannya
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 28
A. Salah, masukan informasi, analogi, dan pemfokusan kembali merupakan teori Gordon LD1
B. Salah pengembangan konsep, analogi teknik kempaan, pertanyaan tugas analogi merupakan teori Gordon LDII
C. Benar, tahapan pembelajaran apresiasi puisi menurut Moody adalah pendahuluan, introduksi, penyajian, diskusi, penentuan sikap praktis, dan pengukuhan.
D. Salah, penyajian masalah , hipotesis dan pengumpulan data, dan pengakhiran adalah tahapan pembelajaran apresiasi puisi menurut Schuman
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 29
A. Salah, tahap diskusi adalah tahap guru memberikan pertanyaan yang harus dijawab siswa melalui langkah-langkah analisi puisi
B. Salah, tahap introduksi adalah kegiatan guru memberikan apersepsi dengan mengungkap hal-hal penting dari puisi yang dapat menjadi daya tarik bagi siswa
C. Salah, penentuan sikap praktis adalah tahap guru menentukan dan memutuskan puisi yang tepat untuk disajikan kepada siswa setelah melakukan tahap pelacakan pendahuluan
D. Benar, kegiatan guru menganalisis beberapa karya puisi dan membandingkannya dari sisi unsur pembangun dan metode puisi adalah tahap pelacakan pendahuluan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 30
A. Salah, tahap diskusi adalah tahap guru memberikan pertanyaan yang harus dijawab siswa melalui langkah-langkah analisi puisi
B. Benar, penentuan sikap praktis adalah tahap guru menentukan dan memutuskan puisi yang tepat untuk disajikan kepada siswa setelah melakukan tahap pelacakan pendahuluan
C. Salah, tahap introduksi adalah kegiatan guru memberikan apersepsi dengan mengungkap hal-hal penting dari puisi yang dapat menjadi daya tarik bagi siswa
D. Salah, pelacakan pendahuluan adalah tahap kegiatan guru menganalisis beberapa karya puisi dan membandingkannya dari sisi unsur pembangun dan metode puisi
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 31
A. Salah, mencari data tentang bahan puisi yang akan disajikan adalah tahap pelacakan pendahuluan
B. Salah, mengumpulkan bahan puisi yang sesuai untuk siswa adalah tahap pelacakan pendahuluan
C. Salah, menyimpulkan amanat puisi berdasarkan pernyataan siswa adalah tahap pengukuhan
D. Benar, guru membaca puisi lalu meminta siswa membacakannya kembali adalah tahap penyajian menurut teori Moody
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 32
A. Salah, Apakah tema puisi tersebut? Pertanyaan ini terlalu umum dan dapat dijadikan pertanyaan untuk pengukuhan setelah diskusi selesai
B. Benar, merupakan teori Moody pertanyaan tahap diskusi pertanyaan analisis unsur intrinsik
C. Salah, pertanyaan tahap diskusi bersifat analisis unsur intrinsik dan metode puisi, bukan yang hanya dijawab dengan ya dan tidak
D. Salah, pertanyaan tersebut bukan pertanyaan analisis, tapi pertanyaan ingatan rendah, tidak sesuai untuk tahap diskusi
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 33
A. Salah, tahapan pembelajaran apresiasi menurut Schuman adalah Identifikasi maA. Salah, hipotesis kemungkinan pemecahan maA. Salah, pengumpulan data untuk mengetahui hipotesis, revisi hipotesis, dan pengulangan langkah hipotesis kemungkinan pemecahan maA. Salah, pengumpulan data untuk mengetahui hipotesis sampai semua data hipotesis ditemukan
B. Salah, hipotesis kemungkinan pemecahan masalah adalah langkah kedua dalam tahapan pembelajaran apresiasi menurut Schuman
C. Benar, tahap penentuan sikap praktis adalah teori Moody yaitu tahap guru menentukan dan memutuskan puisi yang tepat untuk disajikan kepada siswa
D. Salah, pengumpulan data untuk mengetahui hipotesis adalah langkah ketiga dalam tahapan pembelajaran apresiasi menurut Schuman
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 34
A. Salah, identifikasi masalah adalah tahap pertama model Schuman sebelum dirangkum oleh A. Munir Gani. Jadi masih bagian awal dari penyajian masalah
B. Benar,tahap penyajian masalah pada teori Schuman dilakukan dengan memunculkan hal-hal menarik yang dapat menjadi bahan pengait untuk menarik minat siswa
C. Salah, tahap pengakhiran adalah tahap akhir model Schuman rangkuman A. Munir Gani.
D. Salah, pengumpulan data untuk hipotesis adalah tahap 3 model Schuman yang oleh A. Munir Gani digabungkan ke dalam perumusan hipotesis dan pengumpulan data
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 35
A. Benar, pada tahap perumusan hipotesis dan pengumpulan data yang dilakukan oleh guru adalah meminta siswa mendaftar sebanyak mungkin hipotesis tentang kesan puisi Bimbiop">
B. Salah, opsi B, tahap penyajian masalah pada teori Schuman dilakukan dengan memunculkan hal-hal menarik yang dapat menjadi bahan pengait untuk menarik minat siswa
C. Salah, tahap pengakhiran adalah tahap akhir model Schuman rangkuman A. Munir Gani.
D. Salah, identifikasi masalah adalah tahap pertama model Schuman sebelum dirangkum oleh A. Munir Gani. Jadi masih bagian awal dari penyajian masalah
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 36
A. Benar, tahap masukan informasi adalah tahap pertama dalam model Gordon yaitu guru melakukan penjajagan terhadap minat siswa melalui sedikit pertanyaan
B. Salah, tahap pemfokusan kembali adalah tahap ketika pada LD1 untuk mengarahkan agar diskusi tidak melebar.
C. Salah, tahap analogi adalah tahap kedua dalam model Gordon agar siswa mampu menganalisis cerkan dengan panduan berupa pertanyaan dari guru
D. Salah, konflik kempaan adalah bagian dari tahap kedua untuk mempertentangkan antara pengarang dengan siswa
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 37
A. Salah, analogi personal menggiring siswa agar mengetahu tujuan pengarang dalam membuat ceritapengarang, maka pertanyaan tersebut tidak mewakili hal tersebut
B. Salah, pemfokusan kembali bertujuan mengarahkan siswa agar hasil diskusi terfokus, maka pertanyaan tersebut tidak mewakili hal tersebut
C. Salah, analogi langsung mengandaikan siswa sebagai pengarang seperti pertanyaan Kalau kamu sebagai Andrea Herata?, maka pertanyaan tersebut tidak mewakili hal tersebut
D. Benar, pertanyaan guru tersebut bertujuan mempertentangkan antarpersepsi siswa dengan pengarang novel.Cara tersebut merupakan penerapan tahap konflik kempaan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 38
A. Benar, tahap pelacakan pendahuluan yang dilakukan guru menyeleksi dan mempelajari cerkan baik dari isinya maupun metode pembelajarnnya
B. Salah, materi yang akan disajikan di kelas harus dikuasai guru sebelum disajikan kepada siswa, bukan siswa yang memilih sendiri
C. Salah, menyerahkan materi sesuai dengan yang dipunyai siswa akan menjadikan pembelajaran berlarut dan kemungkinan tidak berjalan sesuai program
D. Salah, opsi D, menanyai tentang karya yang pernah dipelajari boleh saja sebagai apersepsi, tapi bukan tahap pelacakan pendahuluan .
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 39
A. Salah, Kegiatan guru tersebut baru sampai tahap mempersiapkan pembelajaran, belum sampai penyajian di kelas, jadi belum ke tahap introduksi
B. Benar, Kegiatan guru tersebut baru sampai tahap mempersiapkan pembelajaran, jadi guru telah melakukan tahap pelacakan pendahuluan dan penentuan sikap praktis
C. Salah, Kegiatan guru tersebut baru sampai tahap mempersiapkan pembelajaran, belum sampai penyajian di kelas, jadi belum ke tahap introduksi apalagi diskusi
D. Salah, Kegiatan guru tersebut baru sampai tahap mempersiapkan pembelajaran, belum sampai penyajian di kelas, jadi belum ke tahap introduksi, penyajian, dan diskusi.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 40
A. Salah, tahap penyajian dilakukan kegiatan membaca didahului oleh guru dan dilanjutkan oleh siswa, jadi kegiatan di atas adalah tahap pengukuhan
B. Salah, tahap diskusi adalah kegiatan diskusi untuk memahami isi cerpen siswa, jadi kegiatan di atas adalah tahap pengukuhan
C. Benar, tahap pengukuhan dapat dilakukan secara lisan atau tertulis bertujuan agar penghayatan siswa terhadap cerpen yang disajikan makin diasah dan diluaskan
D. Salah, tahap introduksi adalah kegiatan guru mengawali pembelajaran dengan mengangkat hal-hal yang dapat memancing minat siswa seperti latar belakang pengarang./
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 41
A. Salah, analogi, personal, analogi langsung, dan konflik kempaan adalah tahapan Langkah Dasar II dari teori Gordon
B. Benar, Langkah yang harus dilakukan dalam pembelajarn sastra menurut Schuman adalahk penyajian maA. Salah, perumusan hipotesis dan pengumpulan data, dan pengakhiran
C. Salah, opsi C, penyajian, diskusi, dan pengukuhan adalah urutan langkah 1,2,dan 3 dari teori Mood
D. Salah, pelacakan pendahuluan, penentuan sikap praktis, dan introduksi adalah urutan langkah ke-4,5,dan 6 teori Moody
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 42
A. Benar, fase 1 penyajian masalah adalah kegiatan guru menginformasikan latar belakang cerita atau hal-hal yang memancing minat siswa tapi belum masuk kepada unsur cerita
B. Salah, fase 2 perumusan hipotesis dan pengumpulan data adalah kegiatan menelusuri isi cerita melalui hipotesis yang dikumpulkan dari siswa
C. Salah, fase 3 pengukuhan adalah kegiatan guru dan siswa memperkuat hipotesis yang telah dilakukan
D. Salah, fase 3 di dalam langkah yang disarankan Shcuman bernama fase pengukuhan bukan menarik kesimpulan
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 43
A. Benar, masukan informasi adalah tahap pertama pada Langkah Dasar pertama teori Gordon
B. Salah, pengembangan konsep adalah upaya guru malatih siswa agar berpikir objektif dan bijaksana setelah memahami puisi yang dipelajarinya melalui pertanyaan analogi.
C. Salah, pemfokusan kembali adalah tahap ketiga pada Langkah Dasar pertama teori Gordon
D. Salah, analogi adalah tahap kedua pada Langkah Dasar pertama teori Gordon
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 44
A. Benar, analogi adalah tahap kedua pada Langkah Dasar pertama teori Gordon yang pada kutipan di atas menunjukkan analogi personal karena siswa berandaikata menjadi pengarang
B. Salah, masukan informasi adalah tahap pertama pada Langkah Dasar pertama teori Gordon
C. Salah, pengembangan konsep adalah tahap pertama pada Langkah Dasar kedua teori Gordon untuk malatih siswa agar berpikir objektif dan bijaksana.
D. Salah, pemfokusan kembali adalah tahap ketiga pada Langkah Dasar pertama teori Gordon agar diskusi melalui analogi tidak melebar
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 45
A. Salah, tahap pelacakan pendahuluan adalah kegiatan guru menguasai materi drama dan menguasai metode pembelajarannya, bukan kegiatan siswa
B. Salah, tahap pelacakan pendahuluan adalah kegiatan guru menguasai materi drama dan menguasai metode pembelajarannya sebelum drama disajikan pada siswa
C. Benar, tahap pelacakan pendahuluan adalah kegiatan guru menguasai materi drama dan menguasai metode pembelajarannya, bukan kegiatan siswa di kelas
D. Salah, tahap pelacakan pendahuluan adalah kegiatan guru menguasai materi drama dan menguasai metode pembelajarannya sebelum drama disajikan pada siswa, bukan kegiatan siswa.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 46
A. Benar, tahap pelacakan pendahuluan adalah kegiatan guru menguasai materi drama melalui berbagai analisis unsurnya
B. Salah, introduksi adalah kegiatan guru pada awal penyajian di kelas yang mencoba menjelaskan sekelumit tentang drama yang akan disajikan guna menarik minat siswa
C. Salah, penentuan sikap praktis adalah kegiatan guru merancang strategi pembelajarannya, sampai selesainya perencanaan pembelajaran yang dipersiapkan
D. Salah, tahap penyajian dilakukan guru dengan membaca drama, yang kemudian siswa diminta membacakannya pula
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 47
A. Salah, siswa membuat hipotesis tentang pengertian drama dan bagaimana memainkan drama tersebut
B. Salah, fase pengumpulan data adalah siswa mengumpulkan data dengan membuat pertanyaan tentang naskah dram sebagai dukungan terhadap hipotesis yang telah dibuat
C. Salah, fase pengakhiran adalah siswa memerankan adegan dinilai oleh kelompok lainnya, dan saling memperbaiki penampilan yang masih kurang
D. Benar, tahap identifikasi masalah adalah guru melatih siswa mengidentifikasi unsur-unsur dan karakteristik tokoh dari dialog yang dibaca/didengarnya .
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 48
A. Benar, pada revisi hipotesis, siswa memperbaiki hipotesis yang dibuat agar mendekati pengertian drama yang akan ditampilkan
B. Salah,pada tahap identifikasi masalah siswa mengidentifikasi unsur-unsur dan karakteristik tokoh dari dialog exe_tmp_anchor>yang dibaca/didengarnya
C. Salah, pada fase pengumpulan data, siswa mengumpulkan data dengan membuat pertanyaan tentang naskah drama sebagai dukungan terhadap hipotesis yang telah dibuat
D. Salah, pada fase pengakhiran, siswa memerankan adegan, dan dinilai oleh kelompok lainnya, selanjutnya saling memperbaiki penampilan yang masih kurang.
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 49
A. Benar, contoh pertanyaan kognitif tingkat analisis(C4), bukan kognitif tingkat pemahaman(C2)
B. Salah, contoh pertanyaan kognitif tingkat pemahaman(C)
C. Salah, contoh pertanyaan kognitif tingkat pemahaman(C2)
D. Salah, opsi D, contoh pertanyaan kognitif tingkat pemahaman(C2)
Kunci Jawaban Soal Latihan No. 50
A. Benar, pertanyaan tingkat perspektif untuk mengukur pandangan siswa terhadap sastra yang dipelajari, dan mengetahui relevansi dengan kenyataan yang dihadapinya
B. Salah, adalah contoh pertanyaan tingkat apresiasi karena berhungan antara sastra dengan kebahasaan
C. Salah, tentang penggunaan kata selaksa peristiwapada puisi adalah contoh pertanyaan tingkat apresiasi karena berhubungan dengan diksi dan pengimajinasian)
D. Salah, pertanyaan tentang gaya bahasa berhubungan dengan pertanyaan tingkat apresiasi pada teori Moody
Sumber latihan mandiri Universitas Terbuka
ConversionConversion EmoticonEmoticon