Bentuk-Bentuk Media Massa

4:22:00 am
A. Surat Kabar
        Secara kontemporer surat kabar memiliki 3 fungsi utama dan fungsi sekunder. Fungsi utama surat kabar adalah (1) to inform, memberikan informasi  (2) to comment, mengomentari berita dan (3) to provide, menyediakan keperluan informasi dari pembaca. Sedangkan fungsi sekunder adalah untuk (1) kampanye proyek yang bersifat kemasyarakatan, (2) memberikan hiburan, (3) melayani pembaca. Dari fungsi media massa tersebut, fungsi yang paling menonjol adalah fungsi informasi.
        Seorang komunikator yang akan menyampaikan pesan pada surat kabar harus memiliki pengetahuan tentang karakteristik surat kabar. Karakteristik tersebut adalah Publisitas (publicity), Periodesitas, Universalitas, Aktualitas danTerdokmentasikan. Surat kabar dikategorikan menurut ruang lingkup, bentuk dan bahasa yang digunakan.
B.  Majalah
        Majalah membentuk segmentasi baru pada publik karena majalah memberikan informasi khusus yang dibedakan menurut jenis majalah tersebut. Fungsi dari majalah sama dengan fungsi surat kabar namun untuk fungsi yang lebih spesifik tergantung pada jenis majalah tersebut. Karakteristik khusus yang membedakan majalah dari surat kabar adalah (1) majalah memiliki penyajian yang lebih dalam, (2) nilai aktualitas majalah lebih lama, (3) majalah dilengkapi dengan gambar dan foto yang lebih banyak sehingga lebih menarik, (4) cover atau sampul majalah menjadi daya tarik tersendiri.
C.  Radio Siaran
          Salah satu keunggulan radio siaran dibanding dengan media lain adalah kemampuannya untuk dapat dinikmati kapan dan dimana saja. Selain sebagai sarana hiburan, radio siaran juga memiliki fungsi sebagai kontrol sosial. Kekuatan radio terletak pada daya langsung berarti penyampaian pesan dapat berlangsung sangat cepat, daya tembus, radio tidak mengenal jarak dan rintangan dan daya tarik.
        Radio memliki karakteristik yang membedakan dengan media massa lainnya. Karakteristik tersebut mencakup auditori, radio is the now, imajinatif, akrab, gaya percakapan yang simple dan radio juga dapat menjaga mobilitas.
D.  Televisi
        Televisi adalah media massa yang paling berpengaruh karena menggabungkan unsur  audio dan visual. Selain itu pengoperasian televisi lebih kompleks dengan banyaknya orang yang dibutuhkan untuk mengoperasikan peralatan. Metode penyajian yang diberikapun juga jauh lebih menarik.
E.   Film
        Film atau gambar bergerak awalnya hanya ditujukan sebagai media hiburan namun seiring dengan berjalannya waktu, film juga dapat digunakansebagai media penyebaran informasi dan media edukasi.
F.   Komputer dan Internet
        Internet merupakan jaringan longgar dari ribuan komputer yang menjamngkau jutaan orang di seluruh dunia. Penggunaan internet kini mencakup berbagai kalangan dan mulai menjadi gaya hidup baru bagi orang-orang yang ingin memperoleh informasi secara cepat, mudah, dimanapun dan kapanpun.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »