Komunikasi Massa

4:14:00 am
A. Pengertian Komunikasi Massa
Menurut Bittner Komunikasi Massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang. Jadi pada dasarnya komunikasi massa mengharuskan adanya media massa yang dapat menjangkau khalayak luas. Komunikasi massa bersifat satu arah, tidak langsung, terbuka kepada semua orang, pesan diterima secara serentak dan tersebar, maksudnya bahwa komunikan tidak berada dalam satu tempat melainkan tersebar di berbagai wilayah.

B. Karakteristik Komunikasi Massa

• Komunikator Terlembagakan
Berarti bahwa komunikasi massa malibatkan lembaga dan organisasi yang kompleks. Pesan yang akan disampaikan akan diproses oleh beberapa orang yang tergabung dalam suatu lembaga sebelum sampai ke komunikan.

• Pesan Bersifat Umum
Komunikasi Massa bersifat terbuka yang berarti pesan yang disampaikan ditujukan untuk semua orang dan pesan bersifat umum.

• Komunikan Bersifat Anonim dan Heterogen
Dalam komunkasi massa komunikator tidak mengenal komunikan (anonim) karena komunikasinya menggunakan media dan tidak bertatap muka. Selain itu komunikan bersifat heterogen karena terdiri dari berbagai kelompok masyarakat yang berbeda

• Media Massa Menimbulkan Keserempakan
Jumlah sasaran atau khalayak yang dicapai banyak dan tidak terbatas. Komunikasi terjalin secara bersamaan sehingga komunikan pada waktu yang bersamaan menerima pesan yang sama.

• Komunikasi Mengutamakan Isi Ketimbang Hubungan
Komunikasi memiliki dimensi isi yang menunjukkan isi komunikasi dan dimensi hubungan yang menunjukkan bagaimana berkomunikasi. Dalam komunikasi massa komunikator mementingkan isi dari pesan yang akan disampaikan karena komunikator tidak mengenal para komunikannya.

• Bersifat Satu Arah
Dalam komunikasi massa tidak ada hubungan timbal balik seperti pada komunikasi interpersonal karena penggunaan media massa yang tidak memungkinkan adanya tanggapan dari para penerima pesan. Dalam hal ini komunikator mengendalikan arus informasi karena antara komunkator dan komunikan tidak bertatap muka secara langsung.

• Stimuli (Rangsang) Alat Indra Terbatas
Pada komunikasi massa stimuli alat indra tergantung pada jenis media massa yang digunakan. Contohnya seperti radio maka komunikan hanya akan dapat mendengar pesan yang disampaikan dalam hal ini penerima pesan hanya menggunakan indra pendengar mereka untuk menangkap maksud komunikator.

• Feedback Delayed and Indirect
Umpan Balik (feedback) tertunda (delayed) karena membutuhkan waktu untuk sampai kepada komunikator sedangkan bersifat tidak langsung (indirect) karena komunikasi menggunakan media massa yang tidak memungkinkan untuk menerima umpan balik secara langsung.

C. Peranan Komunikasi Massa
Melalui komunikasi massa seseorang dapat mengetahui berbagai macam informasi. Maka, tidak heran apabila masyarakat sekarang sangat tergantung pada komunikasi massa untuk mengetahui kondisi ataupun berita yang sedang berlangsung karena sifat manusia yang selalu haus akan informasi.

D. Fungsi Komunikasi Massa Bagi Masyarakat

• Fungsi Komunikasi Massa menurut Dominick (2002):

1). Pengawasan (Surveillance): Fungsi pengawasan dibagi menjadi 2 yaitu : warning or beware surveillance yaitu ketika terjadi ancaman seperti bencana alam, dll maka media akan melakukan fungsi peringatan kepada masyarakat. Dan instrumental surveillance adalah penyampaian atau penyebaran informasi yang memiliki kegunaan untuk membantu khalayak dalam kehidupan sehari-hari.
2). Penafsiran (Interpretation): Media massa memberikan penafsiran terhadap kejadian-kejadian penting dengan tujuan mengajak khalyak luas untuk memperluas wawasan.
3). Pertalian (Linkage): Media massa dapat menyatukan anggota masyarakat sehingga membentuk suatu pertalian berdasarkan kesamaan kepantingan dan minat.
4). Penyebaran Nilai-Nilai (Transmission of Values): Disebut juga dengan sosialisasi (sosialization) yaitu cara seseorang mengadopsi perilaku dan nilai kelompok. Media massa berperan dalam menyebarkan nilai-nilai kepada masyarakat. Melalui nilai-nilai tersebut perilaku dan kepribadian seseorang dapat berubah seperti yang disampaikan oleh media.
5). Hiburan (Entertainment)

• Fungsi Komunikasi Massa menurut Effendy (1993)

1). Fungsi Informasi: media massa adalah penyebar informasi yang paling dibutuhkan karena keakuratan, kecepatan penyebaran dan tidak terbatas.
2). Fungsi Pendidikan: Media massa merupakan sarana yang efektif untuk mendidik para khalayaknya melalui penyebaran nilai, etika dan aturan.
3). Fungsi Mempengaruhi: Media massa dapat mempengaruhi khalayak.

• Fungsi Komunikasi Massa menurut DeVito (1996)

1). Fungsi Meyakinkan (to persuade): ada 4 fungsi meyakinkan yaitu mengukuhkan, mengubah, menggerakkan dan menawarkan etika.
  -. Mengukuhkan, adalah suatu usaha untuk mengubah atau mempertahankan sikap dan kepercayaan khalayak sebagai upaya agar mereka bertindak dengan cara tertentu.
  -. Mengubah, yaitu usaha media untuk mengubah khalayak yang tidak memihak pada suatu permasalahan tertentu menjadi condong ke salah satu sisi.
  -. Menggerakkan, media berusaha mengajak pembaca atau pemirsa untuk membentuk suatu sikap dan mengendalikan sikap tersebut ke arah tertentu.
  -. Menawarkan Etika, Mengungkapkan penyimpangan-penyimpangan tertentu sehingga merangsang masyarakat untuk mengubah situasi.
2). Fungsi Menganugerahkan Status: Terjadi apabila berita yang disebarkan melaporkan kegiatan individu sehingga dapat meningkatkan prestise (gengsi) mereka. Komunikasi Massa juga memiliki fungsi untuk memberi atau meperkuat kontro sosial di masyarakat.
3). Fungsi Membius (Narcotization): Media menyajikan informasi kepada khalayak yang dapat mempengaruhi dan percaya bahwa suatu tindakan harus diambil untuk menanggapi kasus atau berita tersebut.
4). Fungsi Menciptakan Rasa Kebersatuan: Komunikasi massa mampu membuat seseorang merasa menjadi anggota atau bagian dari suatu kelompok.
5). Fungsi Privatisasi: Berlimpahnya informasi dapat membuat seseorang menarik diri dari pergaulan.

E. Bagaimana Orang Menggunakan Media Massa
Terdapat 4 alasan penggunaan media massa antara lain:

• Pengetahuan (Cognition): Seseorang menggunakan media massa untuk memperoleh pengetehuan atau informasi.
• Hiburan (Diversion): Media massa sering digunakan sebagai sarana hiburan masyarakat.
• Kepentingan Sosial (Social Utility): Melalui media, seseorang dapat memperoleh kembali hubungan sosial melalui pembicaraan atau diskusi mengenai suatu informasi yang berasal dari media massa.
• Pelarian (Withdrawal): Media massa digunakan sebagai pelarian dari masalah yang dihadapi atau untuk menghindari aktivitas lain.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »